Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

29 July 2015

Souvenir dan Oleh-oleh Khas Semarang

jo lali karo Semarang = jangan lupakan Semarang ;)

Ada yang belum pernah ke Semarang? Duh nggak komplit banget sih hidupmu bhahahaa... *ditoyor cantik

Buat yang tinggal di luar kota, tentunya berkunjung ke kota ini nggak komplit pake banget deh kalau tidak membawa pulang souvenir dan oleh-oleh khas Semarang. Emangnya apaan aja sih itu?

Bentaaar...bentaaarrrr... sebelumnya mau tanya dulu nih, Semarang itu ada di mana sih? Disabdo malaikat jadi orang yang beriman dan kaya raya loh kalau nggak tau Semarang itu dimana :) Kalau memang tidak tau bisa kok di-gugelmep-in, dijamin sepersekian detik udah muncul. S&K berlaku... terutama tergantung kondisi sinyal anda mahahahaaa...

Ngobrolin soal souvenir dari Semarang, hmm... ada macam-macam nih. Mulai dari kaos, gantungan kunci, tempelan kulkas, dan pernak-pernik buatan cah Semarang dan sekitarnya. Macam kaos yang fotonya ada di atas tadi. Foto tadi hasil jepretan Lia, seorang famous blogger yang baik hati dan tidak sombong. Kapan hari beliau berkunjung ke Semarang dan mendapatkan souvenir murah meriah itu.

Nggak cuma orang luar kota loh yang butuh dan seneng souvenir khas Semarang. Pernah ya kapan hari aku berburu kartu pos luar negeri di grup yang isinya peminat tuker-tukeran kartu pos gitu (lebih gampangnya disebut postcrosser). Bukannya milih kartu pos koleksiku malah postcrosser dari Jerman ini bertanya apakah aku punya tempelan kulkas dari kota tempat tinggalku.

tempelan kulkas Lawang Sewu, Semarang
Enteeenggg dong, dadekke thok to yaaaa... (kata orang Semarang sih gitu)  Souvenir ini bisa dibeli di salah satu toko oleh-oleh yang terkenal akan persediaan kartu posnya yang muraaaahhh bingit. Murah dan bagus. Percaya aja lah kalau postcrosser yang bilang. Kalau nggak percaya boleh nitip beliin kok sini, tapi jangan lupa bonusnya yaaaa :)

Jadi selain oleh-oleh khas Semarang seperti wingko babad yang menjadi andalan di toko itu, pernak-pernik berupa souvenir juga tersedia di situ. Ada beberapa warna untuk tempelan kulkas Lawang Sewu tadi. Kalau kepengin punya ya sini japri saja, tapi dilarang gratis loh ya, jangan mempermalukan diri sendiri dengan hobi cari gretongan hahahaaa.... Duh, ketauan Mak Irits bisa perang dunia nih :)

miniatur Pagoda Avalokitesvara
Untuk cindera mata lainnya yang khas juga, ada ini nih :

Bila menyempatkan diri untuk jalan-jalan ke bagian atas kota Semarang, salah satu tempat yang bisa  dikunjungi adalah Vihara Buddhagaya. Berlokasi di daerah Watugong, tempat ibadah yang bebas dikunjungi oleh turis ini tak pernah sepi. Meskipun tak sepadat Masjid Agung Jawa Tengah, ada saja pengunjung yang datang karena tertarik dengan arsitektur pagodanya. Hanya saja yang perlu diperhatikan, karena ini tempat ibadah, ada baiknya menghormati pengunjung lain yang sedang melakukan ritual sembahyangan. Lebih baik menjaga kesantunan di sana, tidak mengeluarkan suara yang mengganggu.

Disana dijual juga beberapa pernak-pernik khas yang bisa dibawa pulang oleh pengunjung. Seperti gambar di atas, miniatur pagoda yang cantiknya nggak ketulungan itu. Harganya lumayan tinggi, tapi sepadan banget dengan keindahan barangnya. Selain pagoda itu, ada juga miniatur patung Buddha dengan warna keemasan yang senada. 

Pagoda Avalokitesvara, 22 Juli 2015

Bentuk pagodanya membuat kita seakan-akan berada di negeri asalnya. Di timeline FBku, foto di atas sudah sukses menipu orang hihihiii... dikira sedang ke luar negeri. Duh, Indonesia aja kaya akan tempat-tempat indah lhoooo... Cintailah negeri sendiri. Kalau bukan kita, siapa lagiiii?? *sirik sama yang ke luar negeri betulan :)

Nah, itu tadi beberapa pilihan souvenir yang bisa sobat blogger dapatkan. Kalau oleh-oleh?

lunpia Semarang yang super duper yummyyyy.... credit : tokopedia.com

Banyaaaakkk... mulai dari lunpia yang ngehitsnya seantero dunia itu, sampai wingko babad (yang sebenarnya berasal dari Kota Babad di Jawa Timur), bandeng presto, otak-otak bandeng, dan petis Yudistira. Petis Yudistira ini laris banget dibeli oleh para penikmat petis ala Semarangan. Manis legit dan tidak terlalu amis. Teman-temanku yang kapan hari berkunjung ke Semarang pas lebaran juga pada borong petis ini. Di kota tempat tinggal mereka nggak ada soalnya.

Penasaran kepengin dapetin souvenir dan oleh-oleh khas Semarang? Hayuuukk.... marilah kemari hey hey heyyy... mari bertandang ke kota yang suhu tropisnya aduhai seksinya ini ;) Sehari suntuk ga bakalan habis loh kalau mau jalan-jalan ke berbagai tempat menarik plus wisata kulineran. Bakalan nikmat dan hangat berada di kota ini, apalagi ditemani bloher rempong nan jelita seperti penulis postingan ini :D

Jadi, kapan sobat mau berkunjung ke Semarang? Forget-me-not loh yaaaa.... koling koling kopdaraaaann....


27 comments:

  1. kaose apik mbak..warnae loh seneng aku...eh itu napa makanan nampang di penghujung terakhir yak...perut udah gemeteran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bumil mo pesen? aq baik hati loh mau orderin biar dedek nggak ngiler hahahaa...

      Delete
  2. Jadi penasaran sama Semarang, mbak. Selama ini cuma lewat, nggak pernah berlama-lama di sana. *lumpianya bikin ngeces* hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuukk sini mba kita kopdaran yuuukk... kopdar sambil ngemil lunpia asyik looohhh *evilwink :D

      Delete
    2. Samaaa, aku juga tiap tahun cuma numpang lewat kalo mudik ke Klaten..

      Pengen liburan yang bener-bener beberapa hari ke Semarang. :)

      Delete
  3. Eh baru tahu loh Semarang juga ada kaosnya, kayak Surabaya punya kaos cakcuk buat oleh2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak sih mba jenis kaosnya, produsennya macem2.

      Delete
  4. Dan aku tersungging bingit Mak karena belum pernah ke Semarang. Iya bener traveling rasanya hambar belum ke sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaaa... maapkeun daku Mb Lina. Makanya to hayuuk kita kopdaran biar nggak hambar. Hidupmu akan jauh lebih berarti bila sudah bertemu aku mba :D :D *pede badaiiiiii

      Delete
  5. nah ini penampilan lumpianya enak banget ya mbak, gorengnya kering kulitnya

    ReplyDelete
  6. Kirimin lumpia ke lamper yo Mbk hehe

    ReplyDelete
  7. aku mau lunpia sama wingko babad nya. Eh baru tau lho petis ala semarang, di toko oleh2 jual juga?

    ReplyDelete
  8. adik ipar saya tinggal di Semarang, lumpia dan baso tahu ungaran nya yg paling top :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah iya mbak tahu baso khas semarang dari dulu ngidam belum keturutan hehe

      Delete
  9. Pagodanya lebih cakep dari yang ada di Pulau Kemaro, Palembang.

    Itu kaosnyaaaa bagus yaaaa. Lumpianyaaaa oh tidaaaaak bikin laper

    ReplyDelete
  10. Emang bagus banget pagodanya. Nggak nyangka itu di Semarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengin kopdar sama Mak Lusi di sini :D :D

      Delete
  11. Wingko babad lebih terkenal mnjadi oleh2 khas semarang yo, Mbak.

    Pagodane menggoda. Pingin mrono!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku wes rikues suami utk jalan-jalan ke Semarang tapi belum kelakon. DUluu ada keponakan yg kuliah di sana tapi juga gak sempat nyambangi sampai di lulus kuliah

      Delete
  12. pagodanya cakep bangett mbakk.. sayangnya saya baru ke jogja aja wilayah jatengnya belum pernah ke semarang, next trip yeyy

    ReplyDelete
  13. Nanti kalo aku ke Semarang, anterin ya beli kaos yg ada tulisan aemarang ituu... ;)

    ReplyDelete
  14. Pernah sih sekali dulu ke semarang waktu adek mau masuk kuliah, kuliahnya di UNDIP, tembalang atas ya kalo gak salah namanya
    Tapi ya belom sempet kemana-mana cuma nganterin dia ke kampus, cari kos-kosan, belanja barang kos, udah deh
    Gak sempet kulineran juga, pengen deh kapan-kapan kalo ada rezeki :)

    ReplyDelete