24 January 2019

5 Alasan Kenapa Harus ke Purwokerto

5 alasan kenapa kamu harus ke Purwokerto




Mau ke Jawa nih, enaknya liburan kemana ya?

Pertanyaan ini sering kudapat ketika masa liburan datang. Banyak teman dari luar provinsi, bahkan dari luar pulau, melontarkan pertanyaan seperti ini bersamaan dengan datangnya masa liburan sekolah.

Padatnya aktivitas keseharian memang membuat seseorang bakal merindukan liburan. Kepenatan yang dirasakan ketika menjalani rutinitas butuh dilepaskan. Apalagi coba obatnya kalau tidak piknik?

Iya, bepergian ke tempat tertentu dan bercengkerama dengan keluarga merupakan pelepas dahaga tiada tara bagi mereka yang kesehariannya sibuk menggeluti rutinitas hisup. Melakukan aktivitas yang itu itu saja membuat batin bisa kering kerontang.



Jadi nggak heran dong ketika musim libur tiba, banyak orang yang menyambutnya dengan suka cita. Berbagai tempat wisata mendadak jadi primadona. Keceriaan orang yang berkumpul di tempat-tempat hiburan pun tampak nyata. Ada yang bepergian mendadak, ada pula yang sudah merencanakannya jauh-jauh hari.

Nah, bila Jawa Tengah menjadi tujuan liburanmu, maka destinasi mana saja yang bisa dipilih?

Selama ini Jawa Tengah identik dengan Semarang. Semarang merupakan ibukota provinsi Jawa Tengah yang memiliki keunikan tersendiri. Wilayahnya membentang mulai dari pinggiran pantai hingga nun jauh sana ke areal perbukitan. Tak heran jika Semarang mewakili cuaca yang berkombinasi antara panas terik di area kota bawah, namun juga sejuk karena memiliki wilayah perbukitan.

Masak sih Jawa Tengah hanya Semarang saja yang harus dikunjungi?

Tentu tidak dong. Ada banyak sekali kota nan cantik yang bisa teman-teman kunjungi di Jawa Tengah. Salah satunya adalah Purwokerto.

Purwokerto itu sendiri merupakan ibukota Kabupaten Banyumas yang letaknya cukup strategis. Berada di bagian barat Jawa Tengah, Purwokerto bakalan mudah sekali dijangkau oleh mereka yang tinggal di ibukota negara.



5 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Purwokerto


Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang memiliki bentang geografis yang cukup luas. Luas wilayahnya mencapai 32.548 km² atau sekitar 28,94% dari luas Pulau Jawa.

Itu berarti ada banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi ketika teman-teman memutuskan untuk liburan ke Jawa Tengah. Berikut ini alasan-alasan kuat yang membuatmu harus datang ke Purwokerto:


1. Mudah Dijangkau


Bagi teman-teman yang tinggal di Jakarta maupun Jawa Barat, amatlah mudah jika ingin berkunjung ke Purwokerto. Berbagai fasilitas transportasi darat dapat dipilih apabila akan jalan-jalan ke kota ini.

Purwokerto berada di tengah-tengah Pulau Jawa, sehingga jarak tempuh kota ini bila dicapai dari Jakarta tak akan makan waktu lama. Naik kereta api palingan hanya sekitar 5 jam. Mau menggunakan mobil pun sekarang sudah tak perlu berlama-lama berkat jalan tol trans Jawa yang makin memudahkan pergerakan semua orang ketika bepergian.

Begitu juga bagi teman-teman yang tinggal di Jawa Barat seperti Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran dan beberapa wilayah lainnya, Purwokerto tak terlalu jauh untuk ditempuh. Yang tinggal di Jawa Tengah pun juga bisa banget ke Purwokerto karena jaraknya relatif dekat. Teman-teman yang tinggal di Tegal, Wonosobo, Brebes, Kebumen, Purbalingga dan sekitarnya bisa dengan mudah piknik ke Purwokerto.


2. Daya Tarik Alam yang Memesona


Kenapa Harus ke Purwokerto
Pemandangan ke arah Gunung Slamet (sumber : en.wikipedia.org)


Dulu waktu masih kuliah dan hobi naik turun gunung, tak pernah terpikir untuk singgah ke Purwokerto saat menyambangi Gunung Slamet. Padahal Purwokerto termasuk salah satu kota yang ada di dekat lereng gunung tertinggi di Jawa Tengah ini.

Jangan ditanya dong segimana cantiknya nuansa kota yang memiliki pegunungan gini. Asri dan sejuk kemana saja mata memandang dan langkah kita ayunkan. Panorama alam yang tidak kita temui di perkotaan makin membuat betah untuk berlama-lama menikmati hamparan pegunungan, pematang sawah, juga alunan suara air sungai yang berkecipak.

Dan yang tidak ketinggalan, keramahan penduduk sekitar khas orang-orang pedesaan/pegunungan dapat kita rasakan. Beda banget loh dengan yang sering kita temui di kota, dimana orang-orangnya rata-rata hidup individualis dan minim beramah-tamah.



3. Banyak Tempat Wisata dengan Konsep Unik


Jangan bilang kalau Purwokerto tidak memiliki hal-hal yang menarik. Secara umum, berbagai daya tarik wisata sudah mulai dilirik banyak pihak. Pemerintah pun juga telah memberikan support yang luar biasa terhadap perkembangan ekonomi di sektor pariwisata.

Para pegiat wisata kini makin menyukai tempat-tempat wisata yang memiliki konsep unik. Jadi lokasi tersebut dibuat dengan satu tema khusus yang tetap mengandung unsur wisata, hiburan sekaligus pengetahuan.
Tempat wisata di Purwokerto Small World
Miniatur landmark dunia di Small World, Baturaden, Purwokerto

Salah satunya yang pernah kukunjungi adalah Small World. Jujugan wisata yang satu ini terletak di daerah Baturaden, kawasan yang identik dengan daya tarik wisata alamnya. Hawa dingin khas pegunungan dapat kita nikmati di sana.

Di Small World kita dapat menemukan puluhan icon khas kota-kota di dunia. Seperti foto di atas itu, ada pagoda yang mencirikan negara dengan mayoritas umat Budha yaitu Thailand dan Tiongkok. Ada juga Menara Pisa, Petronas Tower, Merlion Tower, Taj Mahal, White House dan masih banyak landmark ikonik yang ada di seluruh penjuru dunia.

Selain Small World, ada juga The Village bagi mereka yang ingin banget pepotoan di Eropa tapi budget masih cekak. Yes, datang saja ke Purwokerto dan nikmati foto-fotomu yang instagramable layaknya sedang berada di Eropa. πŸ˜‰



4. Kuliner Khas yang Menggugah Selera


Ketika kita liburan ke suatu tempat, yang bakalan tak luput dari incaran kita salah satunya adalah kuliner khas. Tentunya dooongg.... masak sih sudah datang jauh-jauh kok enggak menikmati makanan khas. Sayang sayang kan?

Apa sih kuliner khas Purwokerto yang menggugah selera?




Bener banget, mendoan is da best. 😍

Jika kita datang ke Purwokerto, kuliner khasnya yang ga boleh ketinggalan untuk dinikmati adalah mendoan. Tempe khas yang khusus dibuat untuk bahan mendoan memang khasnya Purwokerto. Tempe yang setengah jadi dan tipis luar biasa ini diolah dengan cara dibalur tepung dengan berbagai bumbu istimewa.

Mendoan hangat bisa kita santap sembari menikmati teh panas. Atau bisa juga dinikmati bareng Soto Sokaraja yang juga merupakan kuliner khas Kabupaten Banyumas. Nikmat banget tuh, menyantap semua hidangan khas Purwokerto ini sembari menikmati pemandangan alam yang adem dan damai kayak Gunung Slamet. Heaven!!


5. Mudah Mencari Penginapan


Ketika kita keluar dari rumah dan memutuskan untuk menjelajah tempat lain, salah satu yang harus kita pikirkan adalah soal akomodasi. Ntar berhenti di mana, mau menginap di mana?

Urusan menginap sih kalau di Purwokerto nggak perlu pusing. Ada banyak sekali hotel dan motel yang tersedia di sana. Mau yang tipe apa dan budget berapa bisa banget kita pilih sesuai selera.


hotel di Purwokerto
Hotel Grand Karlita Purwokerto

Tahun lalu aku pernah pergi liburan berdua saja dengan anak lanang untuk menikmati indah dan damainya Kota Purwokerto. Nggak susah saat mencari penginapan di sana. Tinggal search saja yang sesuai dengan selera.

Kebetulan jagoan kecilku nih kalau diajak menginap di hotel maunya yang ada kolam renang. Khas bocah banget sih ya keinginannya. Emaknya pengin leyeh-leyeh, eh dia malah aktif banget ingin mainan air.

Grand Karlita ini bisa jadi pilihan teman-teman jika ingin staycation di Purwokerto. Fasilitasnya lengkap banget, makanannya enak, kamarnya bersih dan nyaman, kolam renangnya juga bagus.




Merencanakan Akomodasi Saat Berkunjung ke Purwokerto


Sulit nggak sih memilih mau nginap dimana ketika kita di Purwokerto? Apa harus survei satu-satu gitu keliling Purwokerto untuk menemukan yang paling sesuai kebutuhan?

Sekarang sih udah nggak perlu ribet lagi ya kalau mencari hotel di Purwokerto. Tinggal buka saja smartphonemu dan manfaatkan aplikasi pegipegi. Masukkan kata kunci Purwokerto di laman pencarian hotel.




Gambarannya seperti diagram di atas ya. Instal dulu aplikasi pegipegi di smartphonemu. Jika sudah membuat akun di sana, kita tinggal klik tab khusus Hotel seperti yang ditunjukkan pada gambar sebelah kanan.




Selanjutnya masukkan saja keyword Purwokerto saat tampil pilihan 'cari hotel terdekat'. Klik saja sesuai lokasi yang akan kita kunjungi. Mau Purwokerto kota ataupun area bisa kita pilih semua.

Jangan lupa masukkan saja tanggal kita akan mulai menginap lengkap dengan tanggal check out-nya. Juga jumlah orang yang akan menginap. Baru deh pencet 'Cari Kamar'.

Huhuuyy... semudah itu kan mencari hotel di Purwokerto. Nggak pakai ribet, nggak pakai puyeng. Hare gene gitu loh, kita sudah terbantu dengan berbagai aplikasi smartphone yang memudahkan segala aktivitas penting.


Nah, kapan teman-teman mau piknik ke Purwokerto? Jangan lupa colek-colek aku ya kalau udah bikin postingan tentang jalan-jalan di Purwokerto. Pengin juga membaca cerita perjalanan menarik dari teman-teman semua. πŸ˜‰

61 comments:

  1. Zaman sekarang mau liburan nggak perlu ribet ya mba, cukup install PegiPegi dan cuzz kita bebas mau pergi kemana aja. Jadi kangen sama mendoan. ^_^

    ReplyDelete
  2. Wow.. aku belum pernah ke Purwokerto mba.. semoga next ada kesempatan kesana dan pastinya gak akan jadi ribet kalau pake PegiPegi 😘

    ReplyDelete
  3. Wah boleh juga nih purwokerto buat tujuan wisata.. tempat wisatanya apik2 ya.. makanan e juga enyaak...

    ReplyDelete
  4. Aku sering wara wiri lewat Purwokerto Mba. Tapi liwat aja siii, pas mau ke Purworejo atau Jogya. Ntar pengen mampir ah ke Purwokerto kalo semisal mau pulkam ke Jawa :)

    ReplyDelete
  5. Eh small world ini di Purwokerto? Kirain di kota lain. Soalnya bayangan saya tuh Purwokerto kota kecil. Hihi. Untung mbak nulis ttg ini

    ReplyDelete
  6. Purwokerto, salah satu kota di pulau Jawa yang aku penasaran buat berkunjung.

    ReplyDelete
  7. Satu laginih referensi kota temoat liburan yang keren. Semoga ada rejeki, nanti bakal ke sana.

    ReplyDelete
  8. mendoan dabest ya mbaa, puerto rico ini cakep aku tapi nggak pernah singgah lamaaa, sekali2 ingin deh ^^
    khas bocah ya, hotel yang ada kolam renangnya.. hihi

    ReplyDelete
  9. Waaaaaah aku tinggal di sini nih wkwkwk pwt emg ngangenin bgt sihhh

    ReplyDelete
  10. Ke Purwokerto kotanya sih lewat2 aja kalau ke Jakarta. Terakhir kesana itu ke Baturaden aja, nggak kekotanya. Hujan deras pula jadi nggak bisa berlama-lama. Kapan2 kudu nyempetin menjelajah kotanya.

    ReplyDelete
  11. Hi mb uniek, wah sedih aku orang jawa malah belum ke purwokerto, tapi sejak baca tulisan ini boleh lah masuk list destinasi trip selanjutnya, thank infonya dan salam kenal mb 😊

    ReplyDelete
  12. Saya belum pernah ke Purwokerto nih, duh pengen jelajah jawa saya. Kurang jauh mainnya nih.

    ReplyDelete
  13. Wah..jadi kangen ke Purwokerto lagi nih.. Oya kalo ibuku senenge getuknya..tapi yg belum digoreng empuuk... Hehe..

    ReplyDelete
  14. Purwokerto ini emang selalu ngangenin. Baik tempat wisatanya maupun kulinernya. And sehari nggak akan cukup buat ke sini doang.

    ReplyDelete
  15. sukaa liat pemandangan gunungnya. senang deh kalau ke suatu daerah dan sudah banyak fasilitasnya. smoga suatu saat bs ke purwokerto

    ReplyDelete
  16. Itu miniatur landmark dunia keren banget ya. Anak-anakku kalo ke sana pasti kesenengan. Berasa main ke tempat asalnya.

    ReplyDelete
  17. Pengen juga doong Mbak ke Small World itu. Biar berasa udah jalan2 ke luar negeri juga gitu. Biarlah ke miniaturnya dulu, kali ke tempat aslinya bisa segera menyusul juga :D

    ReplyDelete
  18. Aku belum pernah ke purwokerto, tapi soal kulinernya sudah sering mencoba karena sering dibawain oleh-oleh dari temen

    ReplyDelete
  19. Ku baru ngeh gunung slamet yang katanya seram itu ada di purwokerto ya mba? Btw ini 5 jam naik kereta dari jakarta? Wah lebih deket ke purwokerto dari ke jogja donk ya

    ReplyDelete
  20. Aku tertantang banget, Mbak, pergi hanya berdua sama anak lanang. Seru banget kan ya? Sayang, aku masih agak takut kalau dia rewel di jalan. Hadeh. Nunggu agak gedean dulu kali ya biar bisa diajak jalan2 juga ke Purwokerto.

    ReplyDelete
  21. Duh kusuka mendoan membayangkan tempe tipis berbalut tepung kok jadi laper gini mba..hehe..

    ReplyDelete
  22. Hal yang tak bisa saya tinggalkan jika mudik ke kampung, tempe mendoan makannya lagi anget pakai sambal kecap

    ReplyDelete
  23. Ahhh Purwokerto selalu menjadi kota yang berkesan. Dulu waktu masih usia sekolah dasar, hampir tiap tahun pasti ke Purwokerto. Ada famili bapakku tinggal di sana. Dan mendoan itu udah jadi makanan sepanjang hari kalo sedang di Purwokerto

    ReplyDelete
  24. Aku belum pernah ke Purwokerto nih. Dan pastinya wajib nyicipin mendoannya. Jadi laper deh. Besok pagi sarapan sama mendoan aja gitu, ya? Hihihi

    ReplyDelete
  25. Aku masih pengin ke Purwokerto, mendoannya memanggil2 untuk dicicipi lagi dan lagi. Menikmati baturaden saat musim yg berbeda jg bikin penasaran.

    ReplyDelete
  26. Saya kan masih punya sepupu yang tinggal di Gombong. Waktu main ke rumahnya, pernah berencana mau sekalian ke Purwokerto karena jaraknya kayaknya gak terlalu jauh. Tapi, karena jarang ketemu, jadinya malah mager di Gombong hehehe. Lain kali kalau ke sana lagi, main juga ke Purwokerto

    ReplyDelete
  27. Ke Purwokerto lewat doang pas mau Ke Jogja Mba Uniek. Pengen juga eksplore lebih lama dan bisa jalan-jalan ke tempat lain. Mau agendakan ah sekalian nabung hehehheh. Makasih sharingnya perjalanan ke Purwokerto nya mba Un.

    ReplyDelete
  28. Masyaa Allah pemandangan gunung slamet bagus banget yah mba, pengen rasanya menjelajah kota jawa kalau lihat review liburan daerah jawa ini apalagi penginapa sekarang udah mudah diakses yah mba..

    ReplyDelete
  29. Punya teman asal Purwokerto tapi doi merantau ke Batam. Dia selalu cerita tentang kampung halamannya dan bikin aku pengin banget tau Purwokerto apalagi setelah baca tulisan ini Mbak Uni

    ReplyDelete
  30. Noted Mbak. Jangan kaget yah nanti kalau saya ke Purwokerto saya kitik-kitik hhehe...

    ReplyDelete
  31. Oke explore Purwokerto akan masuk agenda kalo aku road trip sama suami dan anakku. Pasti seru nih, dan itu mendoannya juga menggodaaa, yummy..

    ReplyDelete
  32. Rekan kerja saya ada nih yang suamminya asli purwokerto dan tiap lebaran pasti pulkam ke sana. Selalu deh pas di kantor beliau cerita tentang gimana kondisi purwokerto yang ngangenin dan ramah-ramah orangnya. Selama ini saya cuma lewat aja kalo lagi jalan-jalan ke daerah Jateng.

    ReplyDelete
  33. Yang paling nancep di atii adalah MENDOANN
    Di tempat lain enggak seenak aslinyaa
    Y iyalah hehe

    ReplyDelete
  34. Kebetulan Ada saudara di Purwokerto jadi kepingin mampir dn explore tempay wisatanya aplg Tempe mendoan khas sana,, e tapii tahu asli sana juga enakk

    ReplyDelete
  35. Small World mengingatkanku sama Film Despicable Me yaa, kak Uniek.
    Bangunan kecil yang dicuri dari tempat aslinya.

    Hiihii~
    Berasa jadi raksasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soto Sokaraja itu sama soto yang biasanya bedanya apa, kak?
      Aku juga fans nya mendoan.
      Hihii~
      Dimakan sama petis, nyaamm~

      Delete
  36. Mbak aku belum pernah ke Purwokerto. Pengen donk kesana ditunggu mbak cerita selanjutnya tentang Purwokerto

    ReplyDelete
  37. Mudah dijangkau bener banget kalau dari Jakarta bisa naik bis atau kereta ya mbak tutun di Purwokerto.
    Anak-anak memang seneng banget di hotel yang ada kolam renangnya bisa puas mereka main di sana

    ReplyDelete
  38. Sebagai orang yang punya mantan ora g purwokerto...aku mengiyakan baahwa kota kecil Purwokerto bener2 rekomended utk dikunjungi. Aku juga ada rencana ke sana dalam waktu dekat tapi nunggu imlek dulu biar ga hujan terus.

    ReplyDelete
  39. mobs ya kami diundang ke Purwokerto gitu lho mbaaa..pengen juga main ke miniatur dunia yang pasti lucu plus hotel kereeen itu :)

    ReplyDelete
  40. Kalau Eyangkungnya Rayyaan bukan dari Purwokerto, tapi Purwakarta hihi. Beda huruf vokal jadi beda tempat & provinsi. Tapi keluarga besar juga rata2 orang jawa tengah, hmm.. siapa y yang masih punya kampung di Purwokerto?

    ReplyDelete
  41. Mau ke PWT gak jd2 haha. Suamiku dulu kuliah di sana. Katanya dulu gak ada lokasi wisata asyik, kalau skrng udah makin banyak destinasi yang keren2 utk dikunjungi ya. Moga2 tahun ini bisa ke PWT :D

    ReplyDelete
  42. Purwokerto salah satu destinasi impianku nih Mba Uniek, aku belum ke sampaian aja ke sana. Padahal kalo dari Pekalongan tidak jauh juga ya. Aksesnya ini semua serba sudah ada, asikk kapan2 main ah

    ReplyDelete
  43. Belum pernah ke purwokerto, tapi pengen ke sana

    ReplyDelete
  44. belum pernah ke Purwokerto, kapan ya bisa kesana..

    ReplyDelete
  45. waaah aku belum pernah nih main ke purwokerto, pemandangan gunung slamet nya cantik banget yaaa, terus makananya juga menggoda nih hehehe, semoga kapan kapan bisa main ke sana

    ReplyDelete
  46. Kalau ke Purwokerto, nuansa pedesaan nya masih terasa banget ya. Cocok untuk jadi destinasi liburan buat yg penat dengan suasana kota nih.

    ReplyDelete
  47. Wah sejauh ini aku belum permah sih jalan jalan ke purwokerto.. kaya nya wajib dimasukin ke dlm wishlist traveling ya next time.

    ReplyDelete
  48. aku pernah ke Purwokerto tapi pas masih SMA, duh masih inget banget hangatnya mendoan campur kecap asin pakai cabe :)

    ReplyDelete
  49. Aku juga punya alasan tambahan nih ke purwokerto. Karena ada pamanku yg tinggal di sana dan biaya hidup di sana sangat murah.

    ReplyDelete
  50. wah aku belum pernah main ke Purwokerto. tapi sepertinya menarik ya untuk dikunjungi hehehe...

    ReplyDelete
  51. banyak banget wishlist tempat yang ingin ku kunjungi, salah satunya di sini

    ReplyDelete
  52. Ternyata banyak tempat wisata ya disana, baru tau loh mbaa, untuk penginapan juga bagus keliatannya , untung skrg udh banyak aplikasi yang memudahkan kita untuk cari online

    ReplyDelete
  53. Banyak alasan buat berwisata ke Purwokerto, tempat-tempat wisatanya yang menarik dan bisa dijangkau dari Jakarta pakai moda transportasi kereta, bus atau mobil

    ReplyDelete
  54. Menarik banget nih artikelnya mbak aku baru tahu di purwokerto banyak spot wisata yang menarik nih, lumayan nanti pinggin singgah kalo ke jawa

    ReplyDelete
  55. wah iya ya, kalo di pikir pikir selama ni kalo mau rencanain liburan pasti ga pernah masukin purwokerto as wishlist, padahal disana banyak yg bisa di kuknjungi

    ReplyDelete
  56. wah kayaknya aku harus nyoba trip ke Jawa Tengah selain Jogja aja ya mba hehe. Jujur belum pernah k Semarang, apalagi Purwekerto, bahkan Solo aja belum, duuuuuh. Itu mendoan emang paling dabest banget, dimakan dengan cocolan kecap cabe rawit, sedap.

    ReplyDelete
  57. Aku belum belum pernah jalan-jalan ke purwokerto, Aku jadi penasaran nih pengen jalan-jalan ke purwokerto juga

    ReplyDelete
  58. Destinasi alam yang indah selalu jadi bahan pertimbangan utama buat saya untuk travelling, kudu ke Purwekerto nih mba :)

    ReplyDelete
  59. mba uniek foto gunung diatas mirip scene nya sama gunung agung yang ada di Bali, sebelum sy ke purwokerto gimana kalau mb uniek sekeluarga yang main ke Bali dulu, ditunggu lo

    ReplyDelete
  60. belom pernah kesana akuu. pas liat ini jadi pengen kesana karna suka banget sama wisataa wisataa

    ReplyDelete