18 January 2020

Nyeri Muncul Sehabis Aktivitas Padat? Cari Tau Yuk Solusinya




Aktivitas berupa memikul beban berat dapat menyebabkan sendi kita sakit. Tentunya, sangat tidak nyaman apabila kita tidak segera mengobatinya. Hal ini membuat badan kita selalu merasakan nyeri dan pegal linu yang tidak berkesudahan.

Kita perlu memiliki obat pereda nyeri yang efektif, salah satunya menggunakan koyo hansaplast. Penggunaan koyo bukanlah barang baru bagi keluarga Indonesia. Tau kan ya saat ini banyak beredar di pasaran beragam obat penghilang rasa nyeri baik ringan maupun berat. Hal ini tergantung kebutuhan kita.

Langkah pertolongan pertama, kita dapat menyediakan koyo untuk melengkapi peralatan pertolongan pertama. Ketika melakukan aktivitas fisik yang lumayan berat, misal berolahraga, jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu. Apabila tidak, biasanya tubuh akan merasakan respon berupa rasa nyeri. Hal ini menunjukkan bahwa tubuh kita kaget karena tidak biasa melakukan aktivitas fisik sebelumnya.

Koyo adalah salah satu obat yang digunakan untuk meredakan pegal-pegal pada tubuh dengan cara ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Namun, kita perlu berhati-hati ya apabila menggunakan koyo, terutama jika memiliki kulit yang sensitif yang dapat menyebabkan inflamasi (peradangan). Fungsi koyo sangat beragam dan memiliki efek yang baik ketika dipergunakan.

Sakit yang diderita ini bisa disebabkan oleh aktivitas fisik yang berat seperti memikul beban berat, berolahraga dengan intensitas yang sangat kompleks maupun memulai aktivitas olahraga tanpa melalui pemanasan. Hal ini dapat membuat tubuh terasa nyeri dan pegal-pegal. Tentu saja rasa nyeri ini bisa membuat tidur terasa tidak nyaman.



Salah satu produk yang sangat tepat untuk mengurangi rasa nyeri ialah koyo hansaplast. Produk ini didesain secara ekonomis dan praktis agar mudah untuk digunakan. Kita tidak perlu ribet untuk memakainya. Cara pemakaiannya hanya menghilangkan kertas pelapis yang merekat lalu ditempelkan pada tubuh yang sakit.

Selain mengurangi rasa sakit, koyo ini mampu memberikan rasa hangat dan membuat tubuh kita terasa nyaman. Mau tau kan terkait tentang fungsi koyo bagi tubuh? Simak ya berikut ini:
  1. Mengurangi dan menghilangkan rasa pegal pada tubuh
    Masyarakat Indonesia sebenarnya tidak asing dengan obat-obat penghilang nyeri maupun pegal-pegal, baik berupa salep, pil maupun koyo. Kita dapat memilih mana yang kita suka di antara berbagai jenis obat tersebut. Namun, yang memiliki risiko rendah ialah koyo. Produk ini memberikan rasa hangat dan melemaskan otot yang sakit agar tidak menimbulkan rasa nyeri. Biasanya rasa nyeri ini disebabkan oleh kekakuan otot. 
  2. Memperlebar pembuluh darah
    Salah satu fungsi koyo ialah untuk membuka sirkulasi darah yang menyempit yang menjadi penyebab peredaran darah tidak lancar. Selain itu, peredaran darah menuju jantung dan ke seluruh tubuh dapat terhambat apabila tidak segera dilakukan penanganan. Biasanya muncul gejala masuk angin. Penggunaan koyo dapat dijadikan alternatif untuk mensirkulasikan oksigen yang terhambat pada saluran peredaran darah. 
  3. Stimulasi Sistem Syaraf
    Penggunaan koyo pada bagian tubuh yang sakit juga menstimulasi sistem syaraf pusat untuk mengurangi rasa sakit jangka panjang. Rasa sakit akibat memikul beban berat dapat dikurangi dengan menggunakan koyo yang menekan jaringan syaraf agar dapat disembuhkan. Sistem syaraf pusat memiliki jaringan yang sangat kompleks dan saling terhubung antara satu dengan yang lain. 

Koyo hansaplast memiliki zat aktif yang dapat memberikan rasa hangat dan kenyamanan bagi sendi maupun otot kaku. Kinerja tubuh yang melampaui ambang batas dapat menyebabkan kinerja tubuh melemah dan menimbulkan kesalahan letak urat.

Sekali lagi yang perlu diingat ya, kita harus melakukan pemanasan terlebih dahulu ketika akan melakukan olahraga baik ringan maupun berat. Hal ini dilakukan agar tubuh kita tidak kaget.

Jadi satu catatan penting nih. Kita perlu menyiapkan peralatan pertolongan pertama sebagai langkah berjaga-jaga. Tak akan pernah bisa diperkirakan kapan kita mengalami nyeri sendi maupun otot. Lebih baik sedia koyo sebelum keseleo kan? 

48 comments:

  1. Almarhum Mbahku sering banget tuh minta dibeliin koyo, biasanya yang hansaplast. Di Drakor juga sering tuh ada adegan nempel koyo kalau lagi pegel2

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat temenku saat ke Singapura beberapa bulan lalu. Di sana kan tiap hari jalan kaki terus, dia udah sedia koyo hansaplast ini. Ditempelin di kaki, di pundak, pokoknya di bagian badannya yang pegel.
    Dia bawa banyaaaak koyo hansaplast, dibagi ke aku juga hahaha. Tapi emang badan yg pegel2 jadi lebih enakan.

    ReplyDelete
  3. Baru tau kalo koyo banyak gunanya, selain efek panas tentu saja.
    obat transdermal, atau yang sekarang sering dikenal sebagai koyo, memang adalah metode pengobatan dengan mengantarkan obat melalui dermis atau permukaan kulit. Kuperhatikan, sekarang koyo menjadi media penghantar untuk aneka herbal yang ditaruh di dalam koyo

    Kalo di Jepang dikenal dengan nama Mori-No-Ki. Koyo “ajaib” penghisap racun dalam tubuh. Nice post, jadi inget lagi hahaha

    ReplyDelete
  4. Akuu suka kaya gitu juga ko, nyeri otot. Baru minggu lalu terapi abis jatoh ototnya kena, trus ditempelin koyo ma si dokter hahhaaa, hot pisan. Lumayan berasa ringan lagi.

    ReplyDelete
  5. Saya belum pernah pakai koyo. Sesekali terpikir mau cobain karena sekarang makin akrab dengan minyak gosok yang diolesin ke punggung karena makin sering pegal tapi belum yakin juga.Tapi baca tulisan ini jadi penasaran karena koyo bisa untuk stimulasi sistem syaraf dan mengatasi pegal, ya Mbak Uniek.

    ReplyDelete
  6. Aku suka nyeri kalau lihat isi dompet mbak, hehehee... Tapi kemarin ngalamin banget nih nyeri persendian gitu, terus aku tempel dengan koyo. Lah ini malah baru tau aku kalau si Hansaplast punya koyo juga, boleh juga nih buat stok di rumah.

    ReplyDelete
  7. Nah mba kadang aku olahraga, kayaknya kurang pemanasan mba. Btw, koyo hansaplast ini wajib banget aku miliki mba. Hehehe. Jadinya andalan banget

    ReplyDelete
  8. Saya suka koyo hansaplast. Lebih nempel ke kulit. Kainnya lebih elastis. Selalu ada stok koyo ini di rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya biasanya pakai koyo kalau lagi banyak aktivitas. Badan suka pegel-pegel gitu. Ditempelin koyo udah lumayan enak, deh

      Delete
  9. Saya kalau pusing, biasanya nempelin koyo di pelipis, sambil di pijit-pijit. Kalau untuk nyeri sehabis beraktivitaas belum pernah nyoba

    ReplyDelete
  10. Baca ini, akutu inget Mbak ipar. Kalo beli koyo langsung yang kemasan box. Eyampuuun... aku sampai hairan. Kalo make bisa beberapa biji langsung, jejer2 di satu area.
    BTW mbak, jangan berat2 kalo bawa beban to. Kasihin ke Dilan saja. Wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Hansaplast ini memang brand kolonial ya, artinya sudah lama malang melintang di ibu pertiwi.

    Btw, aku langsung browsing lho tentang hansaplast.

    Ternyata hansaplast adalah merek dagang plester produksi Beiersdorf untuk di Eropa dan Asia, sedangkan untuk Australia, Kanada, Selandia Baru, Hongkong, Afrika Selatan dan Britania Raya pakai Elastoplast

    ReplyDelete
  12. Biasanya saya bawa hansaplast koyo ini kalau naik gunung Mbak. Sangat bermanfaat kalau pegal linu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kita yang terbiasa menunduk untuk menggunakan laptop dan HP, sampe pegel ... eh itu sih saya ya hehehe. Bagus ya menggunakan koyo ini. Seperti yang tertera di atas:

      Penggunaan koyo pada bagian tubuh yang sakit juga menstimulasi sistem syaraf pusat untuk mengurangi rasa sakit jangka panjang.

      Delete
  13. Keren ya aku baru tau kalau Hansaplast ini itu ada buat koyo ya.. Buat jaga2 kalau pegel-pegel gitu lumayan banget ya...

    ReplyDelete
  14. Aku jadi pingin nyobain nih katanya rasanya kaya dipijit-pijit ya mbak pakai koyo Hansaplast, mau aku buktikan :-D
    Bapakku nih suka pakai juga kalau lagi masuk angin

    ReplyDelete
  15. Enyaaakkk kalo pakai koyo
    Bodi jadi kayak "dipijet" heheheh
    Apalagi pake koyo Hansaplast, makin enjoy!

    ReplyDelete
  16. aku juga suka nyeriiii mbaaa..tapi kalau pakai koyo cari yang wanginya agak manusiawi hehehe. Soalnya banyak yang lumayan menyengaaat yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalaiu nyengat bahaya takut kesetrum ya mbak :-D oops
      Aku cobain ah kalo pas pegal-pegal beli koyo Hansaplast

      Delete
  17. Aku semenjak sakit saraf kejepit ga bisa jauh-jauh dari koyo mb
    Kebayang banget pusingnya kalau tiba2 gak sedia pas sakit. Tapi ini koyo hansaplast enak seh. Secara dia ga bikin perihhhh kayak koyo lain.

    ReplyDelete
  18. Bener bngt penolong pling mudah d Cari
    Koyo hansaplast yg punya zat aktif yang memberikan rasa hangat dan nyaman bagi sendi maupun otot kaku...

    ReplyDelete
  19. Aku belum pernah sih pake koyo. Ternyata bisa buat pegel2 juga ya

    ReplyDelete
  20. seminggu lalu kejadian sama saya mba, lari tanpa pemanasan, langsung 4 keliling lpangan bola, udahnya otot kaki kanan berasa ketarik, sakit, huhu. yup pemanasan emang penting banget, biar tubuh gak kaget

    ReplyDelete
  21. Salah satu penghilang nyeri yang ada di kotak obat di rumah itu koyo Hansaplast. Bisa jadi solusi kalau badan pegal-pegal

    ReplyDelete
  22. Wah baru tau mbak kalau Hansaplast juga ada koyonya sekarang, taunya plester aja. Emang sih kalau pegel enaknya ditempelin koyo yang nampol panasnya ya. Rasanya pegel2 jd ilang gtu hehe

    ReplyDelete
  23. koyo kayany andalan dan temennya emak2 banget deh, hehehe, apalagi di punggung sama betis, duh aku mah suka sakit kalo malem

    ReplyDelete
  24. Seringnya pegel kalau abis olahraga, kak...
    Njarem, kalau kata orang Jawa mah..

    Bisa pakai Hansaplast koyo yaa...

    ReplyDelete
  25. Kemarin saya lupa bawa Hansaplast waktu padat kegiatan di BI
    Baru deh pulangnya tempel koyo Hansaplast sana sini hehehe

    ReplyDelete
  26. Aku selalu stok ini.
    Sejak melahirkan sesar 2x
    Punggung suka ngilu luar biasa.
    Apalagi kalo dinaiki anak-anak.
    Aduh !
    Rasanya sakiit banget.

    Pas banget kalau langsung tempel koyo.
    Hangat !
    Nyeri pun berangsur membaik

    ReplyDelete
  27. zaman masih mahasiswa aku stock koyo mba wkwkwk apalagi pas OSPEK koyoan tempel sana sini, sekarang justru lupa stock baca ini jadi pengen stock lagi koyo betul banget manfaat koyo itu buat kurangi rasa pegal

    ReplyDelete
  28. aku juga ngilangin nyeri sendir pake koyo loh mbak.. punya stok banyak aku mlah

    ReplyDelete
  29. Bagi aku yang gelian saat dipijat, paling enak memang pakai koyo buat ilangin pegel-pegel. Biasanya tempel di pundak sama punggung

    ReplyDelete
  30. Pas banget mbak uniek. Lagi sakit nih dibagian itu. Pake koyo ternyata.Mungkin efek duduk seharian apalagi didepan laptop.

    ReplyDelete
  31. Wah aku baru tahu ini koyo hansaplast. Boleh nih dicoba kalau punggung lagi pegel, bahu efek gendong batita

    ReplyDelete
  32. Pegel itu menyiksa susah mau bergerak. Maka jaman mpo aktif olehraga selalu bawa obat oles krim yang berguna sebagai pemanas otot dan koyo.

    Koyo yang berkhasiat dan gampang dilepas tanpa menyiksa seperti hansaplast itu favorit ku.

    ReplyDelete
  33. Hihihi kalau uda banyak aktivitas memang suka pegel dibagian tubuh tertentu ya :)
    kalau uda gini pengen banget dipijitin tapi apa daya harus keluar uang yang banyak. Solusi yang murah dan cepatnya memang ditempelan koyo ya, mbak :)

    ReplyDelete
  34. Mbak aku juga baru tahu fungsi koyo itu memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah lancar. Kalau pegal memang selain kusuk, koyo adalah solusinya apalagi kalau lagi masuk angin.

    ReplyDelete
  35. Aku kalo travelling andalannya bawa koyo hansaplast hahahah. Maklum ya balung tuwa

    ReplyDelete
  36. Aku kemarin sakit2 nih badan sekarang jg masih, tp ternyata malah kena flu..bs pke ini mungkin ya utk mengurangi sakit2 nya..

    ReplyDelete
  37. aku tuh tipe org yang seneng pake koyo hansaplat klo pegel2 kecapekan

    dan juga pas nyeri krna haid, di perut sama kaki pasti ku tempel koyo yang paling panas. hhihi mengalihkan rasa nyeri ke rasa panas itu work sih

    ReplyDelete
  38. biasanya nih kalau saya nyeri setelah aktifitas itu karena ga warming up sebelumnya mba, sama kelamaan mager,wkwkw

    ReplyDelete
  39. Aku lagi sering banget nih mbak, mengalami nyeri pada bagian tubuh tertentu. Mana nyerinya tau- tau datang gitu, jadi gak enak banget.

    Koyo Hansaplast ini andalan banget memang, gak cuma kalau pas nyeri di rumah aja, kalau lagi jalan jauh kan suka pegel badan nih, kelamaan di jalan dan memang manjur banget buat meredakan pegal- pegal

    ReplyDelete
  40. koyo aku tuh selalu ada di tas wkwkwk.. ternyata emang enak nyaman gakj lengket

    ReplyDelete
  41. Andalanku banget tiap travelling sangu koyo banyak-banyak hahahaa.. pernah nyoba Hasaplast juga dan cocok, ga bikin saat dipakai dan setelah dilepas, kan ada koyo yang lemnya bikin iritasi.

    ReplyDelete
  42. Belum pernah aku MBa Uniek coba yang koyo hansaplast pengen coba ah kapan-kapan
    apalagi aku sering duduk lama nulis, nyeri punggung. Bisa make ini ya?

    ReplyDelete
  43. Belum pernah make koyo aku tu. Ampek waktu kecil dulu klo liat tetangga yang sakit gigi pada make koyo, aku pengen juga pipinya ditempel koyo gitu, kayaknya bagus gitu pipinya ada kain putihnya. Wakakak tapi gak pernah dibeliin sama mamakku.

    Kayaknya nyaman ya dipakein koyo klo lagi pegel.

    ReplyDelete
  44. Suami saya paling sering nih mengalami pegal-pegal dan biasa minta pijit, tapi saya nggak kuat pijitin, hehe jadi koyo hansaplast bisa jadi pengganti nih untuk mengatasi badan yang pegal

    ReplyDelete
  45. Koyo Hansaplast itu jadi salah satu koyo selalu ada di loker kerja saya. Soalnya saya tuh suka pegal-pegal saat kerja, khususnya lengan. Mungkin karena efek ngetik mulu ya ngerjain artikel hehehhe

    ReplyDelete