19 January 2020

Sunblock yang Baik untuk Kulit




Bicara soal perlindungan kulit terhadap terik matahari, ada produk yang diberi nama sunblock dan ada pula yang dinamai sunscreen. Keduanya banyak yang mengatakan sama, padahal ada perbedaan antara sunblock dengan sunscreen.

Kita perlu mengetahui perbedaannya loh, apalagi kalau punya kulit yag gampang bermasalah seperti rawan terkena jerawat, berubah warna, atau bertipe sensitif. Mengetahui perbedaan kedua produk ini dapat membantu kita untuk memutuskan mana yang lebih baik terhadap kulit, apakah menggunakan tabir surya jenis sunscreen ataukah produk sunblock. Yang kita butuhkan adalah krim yang tidak mudah menyerap sinar UV, namun memantulkannya kembali. Sunblock biasanya mengandung bahan organik dan nonorganik yang dapat bertahan di permukaan kulit untuk mencegah sinar matahari merasuk dalam kulit.

Produk sunblock (mineral sunscreen) merupakan produk yang bertindak sebagai penghalang (secara fisik) antara kulit dan sinar UV. Sunblock bekerja dengan cara menciptakan lapisan pelindung di permukaan kulit.

Jika sunblock bekerja secara fisik, lain halnya dengan sunscreen yang bekerja secara kimiawi dengan cara mencegah kerusakan jangka panjang akibat sinar matahari. Sunscreen (chemical sunscreen) biasanya lebih populer ketimbang sunblock.

Dikutip dari Skin Care and Repair dari Harvard Medical School, sunscreen menyerap sinar UV dan bukan memantulkannya seperti sunblock tadi. Bahkan oleh American Academy of Dermatology muncul rekomendasi penggunaan sunscreen dengan rating SPF minimal 15.

Setelah diserap oleh sunscreen (bukan kulit), sinar UV lalu disaring dan efek buruknya diputar-balikkan sehingga tak sampai merusak kulit. Tidak heran jika dianjurkan untuk mengoleskan sunscreen apabila ingin keluar ruangan.

NIVEA sun merupakan produk sunblock yang memiliki formula kedap air dua kali lebih efektif (4 x 20 menit) telah diuji sesuai dengan metode standar internasional (metode COLIPA 2005). Setelah (2 x 20 menit) masuk ke dalam air, misalnya, sunblock masih mempertahankan setidaknya 50 persen dari nilai SPF sebelumnya.

Ketika mengoleskan sunblock, jangan sampai terlupakan untuk mengoleskan di belakang daun telinga dan telapak kaki. Jika kita menggunakan produk sunblock yang tepat, seterik apapun sinar matahari, kulit kita akan tetap terlindungi. Karena produk ini berbentuk krim, maka sunblock dapat hilang jika terkena pasir, air, handuk atau ketika kita sedang berkeringat. Oleh karena itu, kita harus mengolesinya lagi setiap dua jam sekali. Hal ini harus kita perhatikan karena kulit membutuhkan perlindungan dari bahaya sinar UV.




Produk NIVEA sun sangat efektif dan nyaman untuk digunakan. Produk ini dapat diandalkan untuk melindungi serta merawat kulit kita dari terik sinar matahari yang dapat memberi pengaruh buruk terhadap kulit. Perlu kita ketahui Sun block harus dioleskan kembali setiap dua jam dan sehabis mandi. Munculnya keringat di tubuh, terkena air dan aktifitas lainnya tanpa kita sadari terkadang membuat sunblock yang kita pakai hilang. Yang perlu diperhatikan ketika mengoleskannya kembali ke tubuh, bukan berarti jangka waktu perlindungan kulit natural kamu bertambah.

Penting juga untuk diingat oleskan dengan jumlah yang sesuai. Dengan begitu, perlindungan terhadap sinar matahari secara maksimal akan kita dapatkan. Kita harus memastikan bahwa sunblock yang kita pakai dapat melindungi diri dari sinar matahari sepanjang hari. Bahaya banget loh efek sinar matahari terahadap kulit jika kita tidak memakai tabir pelindung. Reaksi yang akan didapat bisa saja seperti  iritasi, alergi dan lainnya.

Sudah menggunakan produk sunscreen dan sunblock ketika beraktivitas di luar ruangan? Semoga artikel ini bermanfaat ya.

40 comments:

  1. Aku juga pakek Nivea. Anak-anakku juga pakek Nivea Kids. Sejak awal pemakaian gak pernah mengalami reaksi aneh-aneh sama sunblock yang satu ini. Hasilnya pun oke dan terbukti melindungi. Sekarang mah, mau renang kapan pun kita nyebur aja. Yang penting gak lupa pakek NIvea dulu.

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya mbak uniek. Belum pernah pakai sunblock nih.sehabis baca ini semoga bisa reminder buat pakai sunblock.

    ReplyDelete
  3. Ooo jadi gitu bedanya, ya? Kirain tuh sama aja, lho. Saya pakai sunscreen biasanya. Kalau mau pergi-pergi agak jauhan saja, sih. Kalau cuma ke supermarket atau jemput anak sekolah gitu keseringan nggak pakai. Padahal itu kan terpapar sinar matahari juga, ya. Terima kasih infonya ya Mak.

    ReplyDelete
  4. Kalau NIVEA udah gak diragukan lagi, deh. Sejak kecil sama orang tua juga udah dikenalkan dengan brand ini. Apalagi kalau mau berenang

    ReplyDelete
  5. Saya memakai produk nivea sejak lama, sunblock dan handbody adalah pilihan saya.

    ReplyDelete
  6. Ini ya aku kalau pas lagi liburan dan selalu terpapar matahari malah lupa banget pakai sunblock, makanya kemarin balik dari liburan menyisakan kegosongan. Heheheheee... Sekarang lagi pemulihan banget ini.

    ReplyDelete
  7. Nivea terkenal banget dari zaman saya sekolah dengan produk sunblocknya. Saya pernah pakai Nivea cuma gak telaten hiks. Harus lebih konsisten lagi nih kalau mau keluar rumah perlu do sunblockin

    ReplyDelete
  8. Memakai sunblock ini suka lupa mengulanginya lagi kalau lagi main air di water boom gitu. Padahal main airnya sering di atas 2 jam. Jadi ya gitu, kulit yang ga tertutup tetap gosong.
    Makasih infonya mba. Nivea memang andalan dari dulu.

    ReplyDelete
  9. Nivea nih andalanku banget kalau pas renang. Sebadan smp muka2 semua belepotan nivea. Biarin daripada gosong, toh bukan sesi pemotretan di kolam renang wkwkwk

    ReplyDelete
  10. aku pernah dikasih tips sama temen yang passion banget soal fashion. Katanya, gapapa ga pake bedak, ga touch up make up lain kayak lipstik, eyeliner, alis, dll asal jangan pernah ninggalin sunblock atau sunscreen. Soalnya iklim Indonesia dan mataharinya yang menggelegar bisa bahaya buat kulit kalau nggak dilindungi sunblock.

    ReplyDelete
  11. aku juga sering bangeet pakai sunblok yang kuat dan bagus, apalagi kalau mau diving or snorkeling trip sehariaaan

    ReplyDelete
  12. Saya baru tahu perbedaan sunscreen Dan sunblock... Untung pakai sunblock kalau di rumah... Pengen nyoba juga pakai Nivea ini sepertinya bagus dan terjangkau

    ReplyDelete
  13. Keluarga saya kalau mau berenang atau pergi ke pantai, selalu sedia Nivea. Sebisa mungkin kulit yang terbuka, tidak tertutup kain, diolesin sunblock dulu

    ReplyDelete
  14. Akutuh paling sedih kalau main ke pantai di siang bolong mbak. Kulit wajahku seketika belang, padahal sudah pakai sunblock. Rupanya ada caranya mengoles ya, dan tiap dua jam dioles kembali. Mungkin aku harus nyobain Nivea ini, seperti cocok banget digunakan untuk melindungi kulit wajah di siang hari. Dan dua2nya harus dipakai, baik sunblock maupun sunscreen ya....TFS mbak.

    ReplyDelete
  15. Aku dulu gak aware kalo gak pake sunblock bisa membahayakan kulit. Sekarang udah rutin pake Mbaa

    ReplyDelete
  16. Nivea Sun ini memang favorit orang banyak ya kak, bener-bener melindungi kulit banget yes apalagi kalau lagi berenang gitu.

    ReplyDelete
  17. Nah penting banget nih tips nya untuk persiapan liburan nanti. Biasanya aku terlalu cuek..haha...

    ReplyDelete
  18. Jadi pakai Sunblock ini idealnya ke seluruh bagian tubuh yang terkena matahari saja atau yang gak terkena juga perlu diusap, kak?

    ReplyDelete
  19. Sunblock jadi senjata andalan waktu main ke pantai atau sebelum berenang. Anakku itu hampir tiap hari berenang jadi ya siap sedia sunblock di rumah. Kalau gak, kulitnya bisa gosong

    ReplyDelete
  20. aku pernah nih ga pake sunblock krna malas. beberapa hari kemudian mukaku kayak garing bruntusan gitu hik hik.

    nivea sunblok andalan yg aku tahu dari jaman masih kecil kalo main ke pantai pasti dibalur nivea dulu :)

    ReplyDelete
  21. Noted. Baru tau beda sunscren dan sunblock

    Jadi sekarang bukan sekadar mengoles krim tabir surya (sunscreen) tapi juga memblokir (sunblock) sinar matahari

    ReplyDelete
  22. Wah sunscreen wajib sekali dipakai tiap pagi, mau beraktivitas di luar. Panasnya sekarang ini loh, menyengat kulit. Huhuhu
    Belum coba untuk sunblock dari Nivea, so far pakai produk Nivea itu untuk handbody :D

    ReplyDelete
  23. Kemana-mana aku juga pakai sunblock dari Nivea mbak, memang brand ini sudah terkenal dari dulu dan aromanya soft untuk sejenisnya.

    ReplyDelete
  24. Makasi mba Info bermanfaatnya
    Aku baru tau loh ternyata beda antara Sunblock dan sunscreen
    Selama ini main pakai aja
    Kirain produk yg sama cuma beda nama
    Hehehe

    ReplyDelete
  25. Sudah rutin pakai kok suncreen untuk sehari-hari trus kalau buat berenang pakai sunblock. Bener gak sih mbak pemakaiannya aku?

    ReplyDelete
  26. Kakak ku ga pake jilbab dia klo pake sublok suka lupa gak sampe daun telinga deh prasaaan.
    .nnti ku kasih tau dehhh..

    Mksih ya mbakk.. Sunblok emang wajib buat yg pada suka diluar ruangan

    ReplyDelete
  27. Jadi ada perbedaan ya antaran sunscreen dan sunblock. Saya kira sama saja ternyata kandungannya juga beda ya. Yang pastinya sunblock ini bisa melindungi kulit kita dari sinar matahari ya Mbak.

    ReplyDelete
  28. Wah noted jdnya ada yang dipantulkan ada pula yang diserep dan disaring, takkiro yo podho we selama ini. Noted Nivea ini. Pas lagi butuh rekomen nih, gara2 3 mingguan anjem anak sendiri buat penghematan biaya ojol. nih tangan ma kaki belang2 huhuhu

    ReplyDelete
  29. Nive aku pernah make mba Uniek, asli langsung kulit jadi lembab dan baik ga kasar seperti seebelumnya. Tapi karena dulu jaman sekolah, ya kalo habis nuggu duit kumpul dulu baru beli hehehe

    ReplyDelete
  30. belum pernah pakai nivea sunblock..kata adikku enak dan ringan dipakai. boleh nih kapan-kapan cobain

    ReplyDelete
  31. Aku belum rutin pakai sunblock dan sunscreen, Mbak. Paling kalau aku main ke pantai, aku pakai sunblock, itu pun kalau gak lupa.

    Produk Nivea itu memamg bagus, lembut di kulit.

    ReplyDelete
  32. Anakku pakai Nivea Sun ini, mbak. Terutama pas buat berenang. Lumayan lah, anak2 sula juga dengan sun screen ini..

    ReplyDelete
  33. Zaman sekarang emang panasnya makin panas dan beneran deh sekali keluar gak pakai pelindung apapu pun langsung gosong kulit. Apalagi kalau traveling di outdoor yg namanya sublock wajib dipakai

    ReplyDelete
  34. Nivea ini produk yang sudah senior sekali ya mba. Untuk produk sunblocknya, aku mmng belum pernah make sih..
    Masih sebatas handbody..

    Tp thank infonya

    ReplyDelete
  35. Produk Sunblock Nivea emang udah populer banget ya mbak, bahkan dari aku kecil setiap berenang selalu dipakein sunblock dari Nivea

    ReplyDelete
  36. Wah kudu dicatet nih, kalo mau renang harus bawa sunblock dari Nivea. Soalnya gak mau khan kalo mau sehat malah item gegara lupa gak bawa sunblock hehe. Apalagi panasnya Surabaya ulala deh mbak :D

    ReplyDelete
  37. aku baru tahu perbedaannya mba sunscreen dan sunblock soalnya selama ini ya pakenya sunscreen sih dan belum coba juga nivea sun jadi pengen coba deh

    ReplyDelete
  38. Nivea ini emang dari dulu banget hits yaa.. body lotion nya yang seau aku pake sih.. sunscreen nya patut dicoba jg nih

    ReplyDelete
  39. aku kadang suka kelupaan ngolesin dibelakang telinga kalau anak-anak pake sunblock mau renang hahaha... noted-lah mba uniek hihi

    ReplyDelete
  40. Baru tahu mb, perbedaan sunblock dan sun screen...kirain sama saja. Sama-sama berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Selama ini masih pakai produk yang menganduhg spf, jd belum gunain tabir surya secara terpisah. Mau nyoba nivea sun ah...biar kulit aman...tfs...

    ReplyDelete