13 January 2020

Perbedaan Hosting dan Domain yang Paling Penting untuk Diketahui




Sekilas kita bisa melihat bahwa kecanggihan teknologi akan membuahkan manfaat besar. Begitu juga dari penggunaan domain dan hosting yang keduanya sangat berpengaruh pada kompetensi persaingan blog dan website. Oleh sebab itu, perbedaan hosting dan domain selalu memberikan aspek dominan, sampai akhirnya ada beberapa konsep paling tepat yang selalu bisa dikembangkan menjadi modal utama untuk mencermati akses domain dan hosting di satu website. 

Domain sampai hosting ini sangat mempengaruhi berbagai karya digital anak bangsa. Tak sedikit lagi orang yang familier dengan pemanfaat domain dan hosting. Kini kita bisa melihat, pengembangan berbagai situs website memperlihatkan kemajuan yang luar biasa. 

Namun sayangnya masih ada sejumlah kalangan yang masih belum mengetahui apa saja perbedaan dari domain dan hosting. Ada beberapa poin penting yang wajib kita cermati terkait hal tersebut. 


Mengenal Istilah Hosting dan Domain 


Tidak hanya fokus pada perbedaan saja, namun kita juga harus bisa mencermati apa yang menjadi pertimbangan utama pemilihan domain dan hosting terbaik. Kini telah ada berbagai platform yang menghadirkan sarana dan fasilitas terbaik untuk mengakses domain dengan lebih terjangkau. Yang tak boleh ketinggalan juga adalah pelayanan hosting berkapasitas besar. 

Lalu seperti apa perbedaan dari hosting dan domain yang saat ini terus dicermati oleh banyak kalangan? 


• Mengenal Domain 


Domain menjadi salah satu istilah yang kerap ada di dalam pengembangan website. Untuk itulah domain sendiri bisa diartikan sebagai nama singkat yang lokasinya berada di akhir alamat situs. 

Untuk itulah domain menjadi sebuah komponen dengan fungsi memberi pengarahan untuk bisa masuk ke dalam server hosting ataupun tepatnya IP Adreess. Kemudian dari pengelolaan nama domain selalu ada di bawah pengaturan instansi regulasi secara global atau ICANN. 



• Mengenal Hosting 


Berikutnya kita bisa melihat perbedaan mendasar dari hosting dan domain. Hosting sendiri menjadi satu ruang penyimpanan data dengan ukuran tertentu. Bisa diartikan sebagai penyimpanan file di komputer. 

Sedangkan dari bentuk hosting ini disebut sebagai server, kemudian dari sisi perangkat yang digunakan untuk server biasanya memiliki processor, RAM, dan harddisk berukuran besar. Jadi hosting memiliki bentuk fisik dan juga bisa digunakan sebagai pendukung kinerja website hingga mudah diakses pengunjung. 



Perbedaan Domain dan Hosting 


Kita dapat mencermati bahwa ada perbedaan hosting dan domain dimana sanggup memberikan akses baru dan terbaik untuk semua keperluan penggunaan situs website ataupun server hosting. Untuk itulah sebelum kita menggunakan hosting dan domain, akan lebih baik jika mengenali apa saja perbedaan dari dua aspek penting tersebut.


• Dari Segi Fungsinya 


Pertama kita lihat pada aspek fungsinya. Sudah jelas terlihat bahwa adanya domain dan hosting ini benar-benar bisa tampak ketika kita mencermati penggunaannya.

Secara detail domain dan hosting memiliki perbedaan fungsi. Terlihat hosting memiliki fungsi sebagai penyimpanan data, akan tetapi jenis dari hosting ini dibedakan menurut beberapa komponen. Hosting ini bisa digunakan pada perangkat komputer, biasa kita disebut sebagai web hosting murah DomaiNesia.

Dari sinilah ada sejumlah pengalaman paling tepat penggunaan hosting untuk beragam penyimpanan data terkoneksi internet secara luas bahkan bisa digunakan antar perangkat.

Adapun domain memiliki fungsi sebagai sebuah media untuk mempermudah dalam akses di sebuah situs dengan pengarahan perangkat langsung ke dalam IP Address. Beberapa kemudahan dan koneksi terhadap server hosting juga sangat dibutuhkan. Sehingga keterikatan antara domain dan hosting ini sudah tidak bisa dipisahkan.





• Dari Segi Bentuknya 


Dari segi bentuk bisa kita cermati perbedaan hosting dan domain, yang mana benar-benar bisa dilihat ataupun tidak dapat dilihat secara kasat mata. Hosting sendiri bentuknya tidak dapat dilihat bahkan bisa menyerupai perangkat keras ataupun perangkat lunak. Beberapa aspek seperti RAM, processor, dan harddisk juga menjadi komponen penting yang ada di dalam hosting.

Hosting bisa berada di dalam situs website berukuran besar, kemudian untuk mengaksesnya membutuhkan server hosting hingga stabilnya koneksi internet. Yang penting nih kecepatan website bisa diandalkan dan tidak ada gangguan.

Adapun domain itu berupa URL ataupun tulisan di belakang nama website. Domain akan langsung memberi arahan ke dalam situs. Melalui domain ini kita bisa mengakses situs dengan lebih mudah. Istilahnya kita jadi cepat gitu untuk menuju suatu situs tertentu.

Ada beberapa nama domain yang selama ini kita kenal diantaranya.id, .com, .ac.id dan masih banyak lainnya.


Baca juga : Beli SSL murah di Indonesia


Tidak sedikit yang menginginkan informasi seputar perbedaan hosting dan domain sebelum menggunakannya. Maka dari itu ada fungsi-fungsi antara domain dan hosting yang wajib dicermati sebagai modal utama membuat website.

Kita harus bisa mencermati hal-hal penting dalam menggunakan domain dan hosting. Bila perlu panduan ataupun pemesanan hosting hingga domain terbaik, akseslah DomaiNesia yang benar-benar memberikan banyak manfaat bagi pemilik website.

19 comments:

  1. Aku tahunya udah pakai nama domain sendiri baru ngerti perbedaannya, hihii
    Sebelumnya memang gak paham, itu lah pentingnya banyak baca tentang domain ya agar gak salah mengerti

    ReplyDelete
  2. betul Mak, soal domain dan hosting memang harus dipahami buat yang ngeblog pakai nama sendiri, dan ini penjelasannya sangat detail

    ReplyDelete
  3. Wah sekarang aku jadi lumayan ngerti soal hosting n domain. Selama ini karena bikinnya blog pribadi aja jd asal pasrah sama penyedia jasanya. Kalo bikin web yg lebih profesional soal hosting ini perlu dpt perhatian lebih ya.

    ReplyDelete
  4. Aku tuh awam bsnget soal2 teknis, namun Alhamdulillah ada post2 bergizi seperti ini yg membuatku sedikit bisa melek teknis..hrhe.. Suwun, Dik..

    ReplyDelete
  5. Paling gampang tuh ngingetnya, hosting tuh tanah tmpt mendirikan bangunan yg beralamatkan domain milik kita, bisa gitu juga kan Mba

    ReplyDelete
  6. Akusampai sekarang masih awam soal domain dan hosting, masih terus belajar salh satunya lewat tulisan-tulisan yang bermanfaat yang dibagi seperti ini... thank you for sharing mbak uniek...penjelasannya detail :)

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya saya termasuk orang yang cuek perihal urusan teknis domain dan hosting, namun dengan membaca blog milik mba di atas, jadi ingin lebih memahami lagi antara hosting dan domain itu seperti apa. Karena, sebagai blogger harus mengerti peruntukannya untuk apa.

    ReplyDelete
  8. Aku yg masih ketuker antara domain dan hosting nih bulik...ulasan lengkap banget... Terimakasih yaaa

    ReplyDelete
  9. Alhamdhulilah baca artikel ini aku jadi lebih paham bedanya domain sama hosting. Awal2 bikin blog pribadi manut aja apa kata penyedia jasa, terima beres hehe.. tp pelan2 mau ga mau harus ngerti lah masalaha teknis gini. Tfs mbak

    ReplyDelete
  10. wah auto aku bookmark dulu deh ini. Penting banget, aku blogger mana ngerti ginian wkwkw

    ReplyDelete
  11. Wah keren banget ulasannya. Sekarang aku paham tentang perbedaan hosting dan domain.

    ReplyDelete
  12. Sebelumnya suka bingung kalau temen ngomongin domain dan hosting, eh nemu bacaan bergizi begini. Tengkiu udah berbagi ya mbak?

    ReplyDelete
  13. Jadi berbeda yah. Ternyata selama ini aku salah memahami. Thank you telah berbagi info disini, mbak.

    ReplyDelete
  14. Aah bisa ini kubagikan kalau ada yang Tanya soal domain dan hosting. Kadang bingung menjelaskannya. Kalau pas bikin web buat perusahaan atau organisasi gitu, penting banget pilih hosting yang pas.

    ReplyDelete
  15. Aku masih galau soal hosting, identik dengan harga yang mahal. Tapi sekarang mulai banyak hosting yang harganya ramah di kantong yaa

    ReplyDelete
  16. Kalau domain aku sudah paham sebelumnya. Tapi kalau hosting sempat bingung. Ternyata hosting itu sejenis tempat peminjaman file ya. Mbak Uniek sendiri sudah pakai hosting berarti ya untuk blognya?

    ReplyDelete
  17. Awalnya, aku pun dulu kurang paham tentang hosting dan domain. Setelah terjun di dunia blogging ini makin tahu deh perbedaan keduanya. Namun, untuk pemilihan tempat yang kurang tau, selama ini minta tolong belikan ke teman sesama blogger.

    ReplyDelete
  18. Dari kemarenan aku lagi bingung perbedaan domain sama hosting nih kak..alha Alhamduli baca artikel ini jadi lebih paham.. maklum newbie hehehe.. banyak yg belum ngerti.. abis ini jadi bisa pilih yang pas deh .. thanks kak 😊

    ReplyDelete
  19. Awalnya saya tidak tahu sama sekali apa itu domain dan hosting, Mbak Uniek. Termasuk perbedaannya. Lalu setelah Namun setelah sedikit-sedikit belajar, saya paham, kalau domain seperti alamat rumah, sedangkan hosting besar kecilnya rumah. Sampai saat ini saya belum sewa hosting. Mungkin ke depannya akan sewa sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete