28 September 2020

Tips Memunculkan Nuansa Bali pada Hunian Minimalis




Tinggal di Pulau Bali mungkin menjadi salah satu mimpi bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Mimpi punya rumah yang dikelilingi alam dan lingkungan yang asri, juga identik dengan kekentalan budaya dan kearifan lokalnya. 

Hal inilah yang menjadi alasan masyarakat betah tinggal berlama-lama di sana. Sekalipun di Ibukotanya yakni Denpasar, nuansa dari elemen-elemen tersebut turut hadir menyelimutinya.

Perbedaan tersebut sangat kontras dengan tinggal di kota-kota atau kawasan kecil di Jabodetabek dan wilayah lainnya yang jauh dari unsur-unsur nuansa tersebut. Daripada berdiam diri hanya bermimpi tinggal di Pulau Dewata, tidak ada salahnya untuk membawa nuansa bermukim di Pulau Dewata ke dalam rumah tempat tinggal kita. 

Dalam lima tahun terakhir, unsur nuansa 'Ke-Bali-an' pun diketahui banyak diadopsi oleh para pengembang properti. Sebut saja MASGROUP yang mengembangkan perumahan bernama perumahan Bali Resort Bogor di Kawasan bogor. Perumahan terpopuler di kawasan Bogor yakni perumahan Bali Resort Bogor, mungkin menjadi salah satu contoh perumahan zaman sekarang yang berhasil membawa nuansa Bali kedalam huniannya. 

Perumahan Bali Resort Bogor merupakan pionir dari perumahan yang mengkolaborasikan unsur-unsur arsitektur modern minimalis dengan unsur ornamen rumah tradisional Bali serta nuansa tropis asri selayaknya tinggal di resort-resort pulau dewata. 

Melihat apa yang dilakukan pada perumahan Bali Resort Bogor tersebut, berikut ini adalah sejumlah tips untuk memunculkan nuansa pulau Dewata ke dalam sebuah hunian minimalis. 



Tips Memunculkan Nuansa Bali pada Hunian Minimalis



Ornamen Ukiran dan Batu Alam 


Menambahkan ukiran kayu dan batu alam, baik di sejumlah tempat seperti jendela, pintu, dan tembok, sering dikatakan menjadi langkah sederhana untuk menyulap rumah selayaknya memiliki nuansa 'ke-bali-an'. Jika dilakukan dalam masa renovasi, tips yang satu ini memang memerlukan pengerjaan yang menghabiskan cukup waktu dan biaya. 

credit : dekoruma.com

Namun, ketika ornamen ukiran dan batu alam ditambahkan di sudut-sudut area hunian, kita bisa langsung memberikan dampak sentuhan Bali yang besar pada rumah kita. Tidak hanya dalam renovasi minor atau besar, kita juga bisa memberikan sentuhan nuansa bali hanya dengan membeli furnitur-furnitur atau aksesoris khas Bali. 

Tidak perlu ke Bali, beberapa penyedia barang ini pun dapat ditemukan dekat area tempat bermukim kita. 



Taman Tropis 


Jika Anda memiliki sepetak tanah di bagian luar maupun dalam rumah, ada baiknya untuk memanfaatkannya menjadi sebuah area taman tropis. Taman tropis ini dapat merepresentasikan keasrian dari Pulau Dewata. 

Taman tropis di rumah, sumber ide : Kickshaw Inc. di Pinterest

Tidak ada patokan khusus tanaman apa yang harus ditanam, namun kami menyarankan untuk memilih tanaman yang banyak ditemukan di Bali dan tidak sulit perawatannya seperti pohon pisang, kamboja, daun pandan, atau bunga sepatu. Ketiganya dapat mudah ditanam dengan metode stek batang/akar. 



Aroma Terapi 


sumber ide aroma terapi : etsy.com

Menempatkan wewangian atau aroma terapi sangat identik dengan nuansa rumah Bali yang selalu dikelilingi dengan aroma wewangian. Jika di Bali biasanya berasal dari dupa untuk kegiatan sembahyang, kita dapat menggantinya dengan beberapa pewangi semprotan ataupun lilin aroma terapi. 

Menghadirkan aroma dari aroma terapi juga disebut dapat meningkatkan nuansa yang lebih cozy dan hangat dalam kediaman Anda.


Dari ketiga tips di atas, mana yang paling mudah dan paling sesuai dengan keinginan kalian, teman-temanku? Boleh ya share pendapatmu di kolom komen.

42 comments:

  1. Aksesoris yang kayak angklung tapi melingkar. Digantung di teras, ntar kalau kena angin kemudian bunyi itu lho, Mbak, itu juga bisa jadi alternatif ya.

    Dulu, zaman piknik pas SMA, aku beli aksesoris itu, khas Bali banget. Tapi, nggak tahu deh, setelah aku nikah kan banyak bongkar sana-sini kok jadi nggak ada.

    ReplyDelete
  2. Kamboja kuning! Khas Bali banget menurutku, mbak. Paling cantik dijejerin sama ukiran batu. Cakep abis!

    ReplyDelete
  3. Kalau berada di Bali Resort Bogor ini berasa Bali di Bogor berarti ya Mbak Uniek. Penasaran kayak apa.

    ReplyDelete
  4. Aku pilih yang taman tropis, mbak Unik. Alasannya memang karena aku suka tanemaaannn. Adem trs tenang gitu kalau lihat ada yang hijau hijau di rumah.

    ReplyDelete
  5. Ketiganya suka semua. Waah tapi yg paling pengen banget itu punya yang kedua tanaman tropis. Suasana Bali pengen deh kesana

    ReplyDelete
  6. Menurutku aroma terapi khas ini yang bikin berasa banget di Bali. Dan apalagi ini kan mudah diperoleh ya mba :)

    ReplyDelete
  7. Paling mudah menempatkan aroma terapi, Mbak. Tinggal simpan aja di sudut ruangan.
    Setelah itu baru membuat taman tropis dan menambahkan ornamen ukir kayu serta batu alam untuk memunculkan nuansa Bali, ya, Mbak

    ReplyDelete
  8. Wih beneran kayak lagi di Bali loh. Emang bener ya penempatan ornamen tertentu dan juga wewangian di rumah tuh bisa banget membangun aura yang kita inginkan. AKu suka yang bagian tanaman hijau tuh. Bikin sensasi ademm, gitu

    ReplyDelete
  9. impian yaa tinggal di tempat eksotis seperti Bali. Kalau aku malah prefer di Lombok, lho. Ga se-touristy Bali dan lebih tenang.

    Btw, ukiran-ukirannya keknya cocok buat ditaruh di pagar dekat kolam renang. *mimpi dulu

    ReplyDelete
  10. taman tropisnya masyaaAllah, kalo ada di tengah2 rumah dgn konsep Ruang Terbuka Hijau gitu, hmmm..

    ReplyDelete
  11. asli impianku banget mba, pengen punya rumah di bali.
    tapi ngebayangin bekasi dan bali kok rasanya jauh ya hehe. boleh nih tipsnya, mungkin dicoba dari yang paling mudah dan murah dulu kali ya mba, yaitu aroma terapi.

    ReplyDelete
  12. Wah ada ya mbak di Bogor hunian dengan nuansa Bali, jadi penasaran deh. Di daerah mana ya mbak?

    BTW makasih ide dekorasi rumahnya. Aku lagi pengen cari suasana baru nih selama pandemi

    ReplyDelete
  13. Dari ketiganya yg udah dilakukan menanam tanaman tropis mbak. Jadi rumah terasa adem san kayak rumah2 di Bali.

    ReplyDelete
  14. Taman tropis ini bagus sekalii...
    Pemilihan tanamannya pun harus lebih jeli yaa, kak Uniek.
    Tanaman yang biasa ada di Bali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi inget kalau tetanggaku ada orang Bali.
      Rumahnya penuh dengan ornamen Bali. Tapi sayangnya, pemiliknya sudah meninggal...jadi tampak rumahnya tidak terurus.

      Delete
  15. I always love the bananas I’m Beyonce man all the tropical punch at home. I guess I would love to have one as well

    ReplyDelete
  16. Rumah saya di Mataram ini kebetulan dekat dengan kampung orang-orang Bali yang tinggal di sini. Jadi sedikit banyak yaa ikut merasakan nuansa Bali. Hahaha. Oh ya, sebagian besar hotel-hotel di Lombok pun banyak yang menerapkan nuansa Bali di tiap desainnya.

    ReplyDelete
  17. aromatheraphyy !!! kesukaan aku banget. hampir ditiap ruangan dan kamarmandi. awet banget dan wangi banget. plus lukisa. hihihi

    ReplyDelete
  18. Khas banget ya kalo taman yang bernuansa Bali itu seringnya ada tanaman pisangnya. Khas tropis banget

    ReplyDelete
  19. Taman tropis & aroma terapi khas banget ini dengan Bali ya, kala mau menampilkan rumah nuansa Bali tinggal beli wewangian gitu ya.

    ReplyDelete
  20. Kalau saya paling aroterapi. Itu juga milih-milih wanginya. Gak terlalu suka yang wangi bunga banget

    ReplyDelete
  21. Suka bangeett sama perumahan yang punya nuansa Bali lengkap dengan taman tropisnya. Jadi bayangin punya rumah du Bali beneran kan. Makasi tipsnya, mbak. Bisa ditiru nih di rumah

    ReplyDelete
  22. Aduuuhh, assoy geboyy kalo punya rumah dgn ambience ala ala Bali.
    Sekarang kan kita lebih sering di rumah, ya.
    Jadi sedapat mungkin kudu bikin rumah dgn suasana menenangkan

    ReplyDelete
  23. Kamboja, daun pandan iya aku tau harumnya enak. Tapi baru ngeh kalau bunga sepatu juga bisa menjadi aroma terapi ya mbak. Nuansa Bali memag yang unik dan ga ada duanya di dunia.

    ReplyDelete
  24. Wah benar banget ni mbak...
    Bisa ya dipakai untuk menghadirkan suasana bali di rumah

    ReplyDelete
  25. Idenya boleh juga dicoba mba. Aku baru pertama kali ke Bali tapi kesan nyaman dan tentram selama disana masih terbayang hingga saat ini. Ku jadi tertarik bikin hunian nuansa bali.. :)

    ReplyDelete
  26. Kalau menurut aku yang punya anak kecil tanpa ART yang paling mudah itu nyediain aroma terapi mba hahaha πŸ˜‚. Soalnya kalau nanem suka takut ga sempet ngerawat dan nyiramnya tiap hari *alasan banget ya aku hahaha πŸ˜‚. Tapi buat yang suka tanaman atau berkebun pilihan no 2 cocok banget buat mereka ya. Kalau aku pilih aroma terapi sekaligus buat nenangin diri juga kalau lagi capek ngurus rumah ama anak hihihi.

    ReplyDelete
  27. Kalau ada rezeki ke Bogor, perlu mengunjungi perumahan ini, siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk menciptakan hunian ala Bali.

    ReplyDelete
  28. Duh, pengen banget punya taman tropis kaya gitu di rumah, supaya suasananya kaya di bali...

    ReplyDelete
  29. Nuansa hijau memang menyejukkan dan menyegarkan mata. Betah dirumah kalau begini mah

    ReplyDelete
  30. aku paling suka kalau ada taman tropis dan aneka tumbuhan hijau yang buat rumah tambah asri dan sejuk yaaa

    ReplyDelete
  31. maasyaallah indah banget nih kalo hunian minimalis ada nuansa Bali nya juga. Jadi pengen rumah dibuat begini hehhee.. insyaaallah kalo ada rejeki yaa

    ReplyDelete
  32. pernah pake aroma terapi kiriman teman di bali dan bener banget. Mangkus mba.. rumah berasa nuansa bali banget jadinya, apalagi kalau di rumah banyak hijau2nya.

    ReplyDelete
  33. Taman tropis dan aroma terapi layak nih diadopsi biar rumah seperti Bali looks!

    Apalagi kalau pas pagi hari, buka jendela langsung melihat view kebun, dijamin mampu mendongkrak mood!

    ReplyDelete
  34. Kalau perumahannya kayak Bali suasananya pasti bikin betah ya Mbak, apalagi kalau tanamannya rindang..segar pisan...

    ReplyDelete
  35. Haha bener biasanya banyak pohon pisang dan kamboja gtu ya?
    Di deket rumahku ada komplek dengan nama keBali2an gtu banyak pohon2 kek gtu. Trus ornamennya juga khas Bali banget :D

    ReplyDelete
  36. I have several handicraft products from Bali. the biggest Balinese fan, this really looks like a balinese nuance. guests are also easy to recognize

    ReplyDelete
  37. Banyak nuansa balinya ya rumah di sana seru pasti instagramable. Aromaterapi iya itu beneran di bali suka bau dupa gt xD

    ReplyDelete
  38. Ukiran Bali ya, masya Allah.. bagus gitu motif-motifnya.
    Perlu dicoba semuanya nih elemen-elemen yang dihadirkan di rumah kalau ingin ada nuansa Bali-nya :)

    ReplyDelete
  39. Aroma terapi khas Bali banget ya..wangi semacam dupa . Sy suka sm kain motif Bali kerajinannya juga khas

    ReplyDelete
  40. Aku juga suka aroma terapi tapi sekarang lebih suka diffuser krena lebih simpel ya Mba, suka juga dengan rumah rumah ala Bali karena bikin suasana jadi adem dan tenang ya Mba Uniek

    ReplyDelete
  41. hunian Bali tuh minimalis yah, sejuk dan tenang gitu. Apalagi dengan aroma terapinya

    ReplyDelete