28 September 2020

Sayangi Jantungmu, Cegah CVD Mulai Dari Diri Sendiri

 
Sayangi jantungmu. Yuk cegah CVD. 


Ada yang tahu apa itu CVD?  Bukan CFD lho yaaa...

CVD merupakan singkatan dari Cardiovascular Disease yang secara mudah bisa dijelaskan sebagai penyakit kardiovaskuler berupa penyakit jantung dan stroke. Sampai saat ini, si CVD ini masih menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia.

Nomor satu di hatimu lah seru, hatapi nomor satu sebagai pembunuh manusia apa serunya coba?

Serangan jantung tak pandang bulu. Jika kita beranggapan bahwa hanya orang tua saja yang bisa terkena penyakit ini, ough... it's a big mistake. Serangan jantung dan stroke yang merupakan CVD ini bisa menyerang siapa saja. Umur berapa pun, bahkan dalam kondisi segar bugar sekalipun, seseorang bisa terkena CVD. 

Ih ngeri amat sih kok pembahasannya malah tentang serangan jantung gini sih.

Jika kita bersedia sejenak memikirkan tentang kondisi dunia saat ini versus kesehatan jantung, kaitannya amat erat loh. Orang yang paling berat melawan virus Covid-19 adalah mereka yang saat ini memiliki penyakit berat dalam tubuhnya. Salah satunya dalah penderita CVD. 

Penderita CVD yang sudah empot-empotan menjaga kesehatan jantungnya, masih harus bekerja keras untuk melawan virus Covid-19 yang bandelnya luar biasa, sampai sekarang kok ya nggak pergi-pergi gitu loh. Dalam kondisi normal saja, sembuh dari penyakit jantung sudah luar biasa berat.

Bagi kita yang saat ini dengan penuh percaya diri bilang kalau kita ini sehat, yakinkah jika kondisi jantung kita berada dalam kondisi prima? Tentu ingat kan ya, segimana sehatnya Adji Massaid dulu ketika dengan amat mendadak terkena serangan jantung.

Apa dong yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung?



Pola Hidup Sehat, Ikhtiar Menjaga Kesehatan Jantung


Jika Adjie Massaid yang segitu sehatnya aja bisa tiba-tiba terkena serangan jantung, apa kabarnya kita yang dengan bangga mendzolimi badan kita sendiri. Iya, aku bilang mendzolimi tuh tak harus berupa perilaku menyakiti badan secara frontal loh. Memasukkan segala jenis makanan yang sudah jelas bikin enggak sehat termasuk salah satu manifestasi perilaku dzolim tadi.

Makan yang sehat dan bergizi? Enggak, makan aja apa yang enak. Hidup kok dibikin susah.

Sudah berolahraga? Males. Keringetan, capek.

Sudah atur waktu tidur dan istirahat yang cukup? Sibuk. Sibuk nonton drakor. *no baper kalo teman-teman tidak termasuk yang ini yaa...

Begitulah. Berbagai alasan kita sampaikan untuk membenarkan gaya hidup sehari-hari yang kita lakukan. Mumpung masih hidup di dunia ye kaann.. nikmati aja.

Lah... padahal mumpung hidup di dunia kan ya saatnya mencintai badan dan menjaganya agar tetap sehat. Meskipun kehidupan di alam selanjutnya itu pasti, tentu kita tak boleh mengesampingkan pola hidup sehat ketika masih bernapas di dunia.

Tahukah teman, meskipun penyakit jantung masih menempati nomor satu sebagai penyebab kematian, penyakit ini dapat dicegah sejak dini lho. Melalui penerapan gaya hidup sehat, kita bisa membuktikan langkah sayangi jantung untuk mencegah CVD. 

Sebenarnya enggak sulit-sulit amat lho menjaga kesehatan jantung tuh. Jika teman-teman tidak memiliki kelainan jantung bawaan, maka yang perlu diperhatikan tentu saja pola perilaku sehari-hari. Mulai dari makan hingga melakukan berbagai aktivitas yang mendukung gerakan sayangi jantung.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini loh. Sebut saja kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan berlemak, juga kondisi berat badan yang berlebih atau obesitas. Adapula faktor lainnya seperti diabetes, kolesterol tinggi hingga tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, lakukan langkah sayangi jantungmu melalui cara-cara di bawah ini:


1. Berhenti Merokok


Seperti yang telah kita ketahui, merokok bisa menimbulkan berbagai dampak negatif pada tubuh. Baik perokok pasif maupun aktif, tetap saja efek negatif yang timbul nantinya di kemudian hari. 

Saat langkah berhenti merokok dilakukan, maka tubuh akan memiliki banyak waktu dan kesempatan menjaga kesehatan jantung.  



2. Banyak Makan Buah dan Sayur


Tentu tak ada salahnya menyantap berbagai hidangan lezat yang tersaji di depan mata. Jika dalam suatu waktu kita ingin menikmati hidup dengan makan enak, maka untuk waktu-waktu lainnya sebaiknya asupan nutrisi yang penting untuk tubuh lah yang kita utamakan.


Gampangnya gini, dalam suatu jamuan makan, atau mungkin sedang berkunjung ke tempat lain kita disuguhi makanan enak nan berlemak, tak apa-apa kita menikmatinya untuk menghargai tuan rumah. Namun setelah itu, ya jangan kebablasan mengonsumsi makanan sejenis. Ketika sedang tidak kemana-mana, atau tidak ada moment spesial, cobalah disiplin pada diri sendiri terkait pola makan ini.

Terlalu banyak makan hidangan berlemak tentu potensial menimbulkan timbunan plak yang bisa menyumbat pembuluh darah. Lebih baik kembalikan pola makan dengan mengonsumsi makanan yang tidak terlalu banyak mengalami proses pengolahan. Apakah itu?


Tentu saja buah dan sayur dong. Kita bisa melahap buah apa saja tanpa rasa bersalah. Salah satu buah yang rasanya gurih (bukan segar seperti kebanyakan buah lainnya) tuh alpukat. Segurih itu pun banyak manfaatnya loh. Alpukat memiliki kandungan kalium yang bagus untuk menutrisi jantung. 

Selain alpukat, tentu saja kita bisa menyantap buah-buahan lain seperti tomat, pisang, anggur dan aneka buah-buahan lainnya. Harganya memang jauh lebih mahal dibandingkan sepotong dua potong gorengan yang bikin kenyang dan puas, namun efek jangka panjangnya bakalan bikin kita lebih bahagia. Nikmat sehat itu karunia dari Allah yang pasti bikin kita bahagia kan?



3. Olahraga secara Teratur


Banyak yang beranggapan olahraga itu susah. Padahal sebenarnya yang susah itu di bagian niat dari dalam diri. Jalan kaki di seputar rumah aja sudah termasuk olahraga loh. Jika kita tak mau melakukannya dengan berbagai alasan, tentu saja bukti bahwa kita menyayangi jantung itu mustahil belaka.


Nggak usah deh terlalu njelimet mikirin harus olahraga ini itu. Yang penting melakukan gerakan yang teratur yang bisa bikin keluar keringat dan bernapas lebih dalam. Hal ini membantu jantung kita memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh dan otak. 

Salah satu penyebab stroke itu ya karena asupan oksigen ke otak terhambat. Oleh karena itu melatih badan agar secara rutin bergerak amatlah penting untuk dilakukan. 

Olahraga yang baik untuk dilakukan dalam rangka menjaga kesehatan kardiovaskuler adalah jalan kaki, berenang dan bersepeda. Ketika belum musim pandemi, aku sangat menyukai rutinitas berenang. Namun hingga kini aktivitas yang satu ini masih dilarang. Banyak kolam renang yang masih tutup, belum diijinkan untuk beroperasi.

Makanya aku pilih bersepeda saja. Selain bisa dijadikan sarana untuk mengaktifkan jantung secara perlahan-lahan, bersepeda keliling kota tuh asyik loh. Menikmati berbagai tempat menarik di Kota Semarang yang memang cantik amatlah membahagiakan. 

Hati yang bahagia adalah obat.

Tidak sulit kan menyayangi jantungmu dan menjaga kesehatan tubuh? Lakukan 3 hal mudah di atas tadi secara teratur. 

48 comments:

  1. Bahagia adalah obat, olahraga dan menjaga pola hidup adalah ikhtiar.
    Jangan lupa bahagia dan selalu jaga kesehatan mba Niek, biar imun tetep kuat. Insyallah hempas semua penyakitt.

    ReplyDelete
  2. Tadinya kukira CVD tuh covid mbaaa :D
    Btw, iya nih PR banget untuk terus komitmen menjaga kesehatan ya
    Makin ke sini penting bgt untuk nerapkan gaya hidup sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh kukira juga covid...yang disamarkan..ternyata emang nama penyakit serem lainnya ya...Semoga dijauhkan dengan penyakit ini...semangat sehat pokoknyah....

      Delete
  3. Ternyata menjaga kesehatan jantung cukup dengan pola hidup sehat seperti di atas ya mbaa. Tapi memang usia nggak.ada yang tahu, kayak alm Adjie Masaid yg mba bilang. Dia segitu sehatnya juga ternyata CVD juga.

    Tapi nggak ada salahnya menjaga kesehatan demi diri sendiri yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iyaa
      jadi keinget almarhum.
      blio rajin olahraga padahal yaa

      Delete
  4. Aku bukan perokok aktif tapi mungkin pasif. Gak benar-benar PD bahwa 100% sehat dan jauh dari penyakit. Makanya tetap kudu jaga kesehatan. Itu bagian sibuk ngedrakor, aku banget, hahaha. Tapi sekarang udah gak begadang yaaa. Gak kaya dulu pokoknya

    ReplyDelete
  5. Banyak banget sekitarku yang meninggal karena serangan jantung, apalgi orang orang terdekat, hiks.
    Semoga selalu bisa menjalankan pola hidup sehat seperti di atas dan semoga selalu diberikan kesehatan

    ReplyDelete
  6. Membayangkan saja ngeri rasanya, sebelum itu terjadi ada baiknya kita menjaga kesehatan jantung mulai sekarang. Dulu, saya gak suka banget makan buah dan sayur kecuali sayur dan buah tertentu tapi demi hidup sehat harus suka, alhamdulillah lama kelamaan juga terbiasa 😊

    ReplyDelete
  7. PR aku banget ini Mbak untuk rajin berolahraga kadang kalau sudah malas jadi lupa deh perlu banget ini Jaga kesehatan dan juga jantung kita

    ReplyDelete
  8. Intinya atur gaya hidup kita menjadi sehat ya. Kalau terbiasa begadang, makan tidak sehat, dan malas berolahraga, alamat deh itu penyakit mendekat.

    ReplyDelete
  9. Hahahaha iya mb saya kira CFD, dan saya baru tahu istilah untuk penyakit jantung CVD. Betul banget ya mb penyakit CVD ini memang paling mematikan dan terkadang datang tanpa diduga. Informatif makasih mb

    ReplyDelete
  10. Jangan lupa untuk menjaga pikiran supaya nggak stress 😌 kesehatan organ vital memang penting banget buat d jaga ya, Mba..

    ReplyDelete
  11. olahraga ini harus dimulai dan dirutinkan, supaya tubuh sehat dan jantung sehat. trus banyak makan sehat juga ya

    ReplyDelete
  12. Aku memiliki pengalaman mendampingi suami yang kena serangan jantung. Dokter bilang juga penyebabnya dari makanan jaman masih muda. Gak kebayang kan, karena 10 tahun terakhir udah menjalankan pola hidup sehat, makan buah dan sayur tiap hari. Tapi emang tiga tahun jelang serangan itu dia kerjanya kayak orang kejar setoran. Jadi bisa aja stres juga penyebabnya

    ReplyDelete
  13. Huhuhu.. klise but true.

    Pssst... Tapi apa kabar suaminya BCL yang makan sangat sehat, rajin olahraga, masih sangat muda dan selama ini ga pernah aneh aneh hidupnya?

    ReplyDelete
  14. Jalan kaki ternyata bagus ya buat kesehatan jantung. Saya suka sih olahraga ini

    ReplyDelete
  15. Sedang berusaha rajin jogging dan zumba nih mba biar sehat aamiin, apalagi musim gini kudu setrong ya daya tahan tubuh..

    ReplyDelete
  16. Nah, dholim pada diri sendiri..duh jleb banget ini, makan asal-asalan, olaharaga mood-mood an ..mau sehat darimana coba. Padahal aneka penyakit berbahaya bisa mengintai kita, CVD diantaranya

    ReplyDelete
  17. benar sekali mbak uniek
    pola hidup sehat itu bisa mencegah kita dari berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung

    ReplyDelete
  18. Gara-gara takut sama penyakit jantung ini, saya sekarang jadi memaksakan diri jalan kaki minimal 30 menit sehari, Mbak. Konon bagus untuk melatih jantung. Tapi bukan jalan santai yah, jalan kaki yang power walk gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kayanya belum cukup ya olahraga doang, harus perbaiki pola makan nih. Semoga bisa jugaaa.

      Delete
  19. Tahun-tahun sebelumnya sudah mulai rajin sepedaan dan awal tahun ini beberapa bulan sudah rajin lari. Makanan juga dijaga walau nggak bergizi-gizi amat, yang penting mengurangi minyak dan gluten. Tidur sudah diusahakan minimal 6 jam. Sudah berasa perubahan ke badan jadi lebih ringan dan enak aja gitu Mbak. Semoga bisa terus memperbaiki.

    ReplyDelete
  20. Malah baru tahu alpokat salah satu buah yang bermanfaat untuk jantung. Memang penyakit jantung lebih banyak disebabkan karena gaya hidup ya. Jadi harus mau ubah ke gaya hidup sehat jika ingin jantungnya sehat. Noted..

    ReplyDelete
  21. Hati yang bahagia adalah obat! Setuju sekali denga ungkapan tersebut.
    Sedih kalau ingat ternyata udah dzolim pada diri sendiri, masih suka makan gorengan dan jarang sekali olahraga, hiks

    ReplyDelete
  22. Ngeri banget penyakit mematikan nomor 1 di dunia ini. Emang nggak pandang bulu banget, yang muda pun bisa kena serangan jantung. Jadi reminder aku nih mbak buat olahraga teratur. Selama ini masih males-malesan, lebih seneng rebahan hiks.

    ReplyDelete
  23. Remaja juga skr ada yang kena serangan jantung gak cuma orang dewasa, faktor gaya hidup banget. Olahraga udah tapi masih suka tidur malem jadi kurang istirahat padahal gak bagus ya.
    Kangen berenang akunih, jadi sepedaan sama jalan kaki aja deh, lari udah males banget :-D

    ReplyDelete
  24. so i want to be happiness person, because is look easy, watching drakor, eat good food and always positif thinking about all of, aren't you!

    My Mommy have been CVD, so i know that little..

    ReplyDelete
  25. sedang memperhatikan kesehatan dengan rajin jalan kaki, namun sering lupanya mau lanjut ah besok dengan ngezumba aja

    ReplyDelete
  26. nah iya nih lagi menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga teratur, serem ya sama CVD ini.. Kayanya sekarang nggak menimpa yang tua aja, tapi di usia muda banyak juga yang terserang penyakit jantung ya.. huhu

    ReplyDelete
  27. Wah baru tahu saya mbak ternyata CVD itu cardiovascular disease. Saya sudah lama khawatir sama suami saya mbak, Karena dulu pernah jantungnya berhenti sebentar kayaknya gara gara obesitas juga. Skrg Saya atur pola makanya agar ga terlalu gendut dan mulai rajin olahraga. Alhamdulillah sekarang lebih sehat.

    ReplyDelete
  28. Duh..bagian olahraganya nih saya yang kurang. Baru rutin olahraga seminggu aja udah bangga banget. Setelahnya? Males lagi. Huhuhu gak heran nih kalau BB nambah terus :(

    ReplyDelete
  29. Aku niih...suka banget makanan manis, kak Uniek.
    Permen bisa tiap hari, sambil nulis, sambil BW, makan permen.
    Heuheuu~
    Tau banget kalau kinerja organku jadi berat memecah gula. Harus dengan olahraga rutin.

    ReplyDelete
  30. duh jadi inget akhir akhir ini pola makan lagi nggak bagus banget, lagi segala dimakan dan olahraga juga tergantung mood hihuhu

    ReplyDelete
  31. Olahraga ini memang penting banget ya buat tubuh, Alhamdulillah masih rutin jalan kaki pagi biar tetap fit nih diriku

    ReplyDelete
  32. Banyak kasus yang terjadi, orang yang kelihatannya sehat tiba2 meninggal, ternyata setelah di telusuri riwayat kesehatannya karena terserang penyakit jantung. Aduh, rasanya kok gimana gitu dengernya mbak. Apalagi usia sudah tidak lagi muda, menjaga pola makan dan rajin olahraga swpertinya memang menjadi ikhtiar agar tetap sehat.

    ReplyDelete
  33. aku masih sering bolos makan buah, ngga tau kenapa beli buah sampe busuknya mba, lupaaaa terus. kalau ngopi malah ingat terus, ampun deh

    ReplyDelete
  34. Iya bener banget ya mba, harus dari diri sendiri untuk menjaga kesehatan terutama jantung ini. Membiasakan olahraga ini awalnya memang berat ya meski kalau udah terbiasa terasa bangget manfaatnya...

    ReplyDelete
  35. Duh dari ketiga hal yang disebutkan, sepertinya saya yang kurang itu olah raga. Saya enggak pernah merokok. Suka makan buah dan sayur, tapi kayaknya ini harus lebih rutin. Yang suka mood-mood-an itu olah raga :D Apalagi kalau malamnya habis binge-watching korean drama. Ahahaha. Rasanya pengen molor di kasur :D :P

    ReplyDelete
  36. benar sekali, Mbak Uniek. Sehat itu, ya usaha dari diri sendiri. Karena badan sendiri, maka pasti tahu apa yang pas untuk tubuh dan apa yang tidak pas untuk tubuh. termasuk menjaga kesehatan jantung juga wajib, karena merupakan organ vital dalam tubuh ya, Mbak. Makan makanan sehat, olahraga teratur, isitrahat dan cukup, dan memang sellau berusaha membuat hidup terus merasa bahagia.

    ReplyDelete
  37. Berhenti merokok itu penting banget. Kadang2 banyak yang mau makan obat apa saja, mau makan makanan sehat saja tapi nggak mau berhenti merokok. Jadinya risiko akan terus ada.

    ReplyDelete
  38. Menjalankan pola hidup aktif, bergerak setiap hari penting banget ya Mbak,, bs menjaga asupan oksigen ke otak sehingga terhindar dr oksigen ya

    ReplyDelete
  39. Ibuku mengalami jantung bocor. Salah satu katupnya tidak tertutup sempurna ketika harusnya tertutup. Tapi sangat berayukur masih sehat dan kuat. Memang harus jaga kesehatan dan pola makan.

    ReplyDelete
  40. Benar banget mba, gaya hidup masa kini yang kurang sehat menimbulkan berbagai macam penyakit terutama CVD ini. Semoga kita semua diberikan kesehatan

    ReplyDelete
  41. Karena keluargaku ada turunan penyakit jantung aku diwanti-wanti untuk menjaga pola makan dan olahraga, olahraga yg lagi aku coba yoga mba, di rumah aja soalnya hihi

    ReplyDelete
  42. aku cukup rajin kok makan buah dan sayur
    olahraga juga sedang dirutinkan
    jalan kaki 1 jam
    next inshaa Allah nambah 1,5 jam

    ReplyDelete
  43. Semangat sehat, iya aku suka masih males banget olahraga nih,kesel yak.

    ReplyDelete
  44. Balik lagi, sayangi dan cintai diri sendiri serta keluarga. Kalo udah gitu, mustinya jadi peduli untuk menjaga kesehatan. Sehingga terhindar dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung ini.

    ReplyDelete
  45. aku tadinya baca sekilas CVD jadi covid :|
    ternyata beda, dari semua yg belum kulakukan cm olahraga teratur.. bergerak sudah, tapi kurang buat dibilang sebagai olahraga

    ReplyDelete