16 December 2020

7 Destinasi Hits di Bandung Selatan, Apa Saja?


Berbicara soal wisata Bandung memang tak ada habisnya. Jika pandemi ini nantinya sudah berakhir, ingin sekali aku bisa jalan-jalan bersama keluarga ke sana. Kota Kembang ini punya banyak sekali destinasi wisata yang tersebar di seluruh kawasan, bukan cuma Lembang saja. 

Kira-kira bisa melangkahkan kaki kemana saja ya apabila ada kesempatan ke Bandung? Jadi kepikiran nih untuk menikmati momen istimewa seperti perayaan akhir tahun ini (semisal pandemi telah berakhir) ke Bandung Selatan.




Mengapa Pilih Bandung Selatan?


Wilayah Bandung Selatan juga punya banyak destinasi wisata hits yang patut kita kunjungi lho. Tapi sebelumnya, pastikan dulu kita sudah memiliki tiket travel ke Bandung ya. Karena Bandung jadi tujuan wisata akhir tahun yang populer, ada kemungkinan tiket travel ludes terjual.

Jika sudah mengantongi tiket travel ke Bandung, berikut ada rekomendasi 7 destinasi wisata hits di Bandung Selatan yang tidak boleh dilewatkan


1. Kawah Putih


Bukan rahasia lagi jika Kawah Putih punya pemandangan yang begitu magis dan juga eksotik. Hamparan kawah dengan kabut yang bisa dijelajahi pinggirannya memberikan banyak sekali angle foto yang keren.

Kawah Putih, sumber : wia.id

Belum lagi pohon-pohon kering yang ada disekitarnya semakin menambah keeksotisan tempat ini. Sepanjang perjalanan dari pintu masuk hingga tempat parkir kendaraan kita akan disuguhi dengan keindahan hutan yang asri.

Kawah putih juga punya spot foto hits di bagian tengah kawah. Jika ingin berfoto di spot ini harus bersabar ya karena biasanya selalu ramai.



2. Ranca Upas


Ranca Upas, sumber : ciwideyoutbound.com

Ingin merasakan sensasi camping sambil ditemani rusa yang lucu? 

Mampir saja ke Ranca Upas. Bumi perkemahan ini memiliki berbagai fasilitas lengkap, mulai dari outbond, kolam air panas hingga penangkaran rusa.

Selain camping, kita juga bisa melakukan kunjungan harian ke sini. Suasana savana di Ranca Upas juga begitu cantik untuk dijadikan latar berfoto lho!



3. Barussen Hills


Destinasi wisata yang satu ini hits di kalangan anak muda karena selain menawarkan keindahan alam Bandung Selatan juga menyediakan banyak spot foto yang keren.

Barussen Hills, sumber : idntimes.com

Taman bunganya yang diberi nama Barusan Garden tak hanya cantik dan memanjakan mata, tetapi juga asyik untuk berfoto-foto. Tak hanya itu, disini juga tersedia kolam renang dan tempat bermain anak lho.



4. Ciwidey Valley Resort


Ciwidey Valley Resort, sumber : ciwideyvalley.com

Ingin tempat wisata yang menawarkan paket komplit? Kunjungi saja Ciwidey Valley Resort. Di sini tersedia kolam hangat bagi teman-teman yang ingin berendam di tengah sejuknya cuaca Bandung Selatan. Ada juga waterpark untuk anak-anak.

Selain itu tersedia juga camping ground bagi kita semua yang suka berkemah di alam. Atau bisa juga menginap di cottage yang telah disediakan.



5. Kebun Teh Rancabali


Yuk manjakan mata di kebun teh Rancabali dengan hamparan perkebunan tehnya yang begitu cantik. Kamu bisa jalan santai di perkebunan ini, berfoto di menara pandang yang tersedia, dan bisa juga berfoto di antara pohon teh yang tumbuh subur disini.

Kebun Teh Rancabali, sumber : tempatwisatadibandung.id

Tak hanya hamparan pohon teh, pemandangan di sekitar kebun teh ini juga begitu indah. Kita juga bisa main flying fox, wisata edukasi ke pabrik teh Walini, bermain gokart dan masih banyak lainnya. 

Seru kan?



6. Bukit Jamur Rancabolang


Tempat wisata yang satu ini menawarkan area perbukitan unik. Di bukit ini terdapat taman yang unik dan juga bagus untuk latar berfoto. 

Bukit Jamur Rancabolang, sumber : merdeka.com

Pohon cemara kerdil dibentuk/dipangkas mirip tanaman jamur payung dan ditanam berjejer di area taman. Lokasi wisata ini cocok bagi yang ingin refreshing di momen akhir tahun kali ini.



7. Situ Patenggang


Situ Patenggang adalah wisata di Bandung Selatan yang tidak boleh dilewatkan. Keindahan danau ini begitu memukau dengan pemandangan yang asyik diabadikan dalam foto.

Situ Patenggang, sumber : tempatwisatadibandung.info

Tak jauh dari Situ Patenggang kita bakalan menemukan Pinisi Resto & Glamping Lakeside yang menawarkan tempat foto seru sekaligus tempat makan. Kesampain juga tuh yang punya cita-cita pengin glamping di sini yaaa....



Itu tadi info mengenai wisata keren dan hits di kawasan Bandung Selatan yang bisa kita kunjungi jika bepergian ke Bandung di momen akhir tahun kali ini. Sebelum terlambat, pesan tiket travel sekarang juga.

Caranya gimana?

Kita bisa nih beli tiket Xtrans di Traveloka dengan mudah. Tinggal buka aplikasi atau webnya, pesan sesuai tanggal yang diinginkan dan tiket pun akan dikirim ke email. Mudah dan praktis, bukan? 

Selamat menikmati akhir tahun berkesan!


43 comments:

  1. Halo teh uniek setelah baca ini baru deh kebayang itenerary kalau mau ke bandung gimana jDi emang susun berdasarkan lokasi ya biar trip dan waktunya lebih optimal

    ReplyDelete
  2. Waduh, dari 7 baru 1 aja nih Mba yang saya datangi, baru Kawah Putih hehehe. Harus sering-sering cek tiket Xtrans di traveloka ni sekarang, soalnya kalo ke Bandung emang lebih nyaman pake travel kalo aku :)

    ReplyDelete
  3. Waduh, dari 7 baru 1 aja nih Mba yang saya datangi, baru Kawah Putih hehehe. Harus sering-sering cek tiket Xtrans di traveloka ni sekarang, soalnya kalo ke Bandung emang lebih nyaman pake travel kalo aku :)

    ReplyDelete
  4. Tempat legendaris semua nih di daerah Bandung selatan, kecuali bukit jamur ini baru happening sekarang2. Rekomen semua daah.
    Cuzzz agendain ke Bandung explore Bandung selatan seminggu cukup liburaannya, ehh..

    ReplyDelete
  5. saya pernah ke bandung tapi belum pernah ngunjungi tempat2 yang mba sebutkan.. haha kurang afdhol yaa nanti kapan2 balik bandung lagi deh :D

    ReplyDelete
  6. disebutin ke tujuhnya, tapi belum pernah kesana sama sekali :( padahal aku bandung selatan mba hahaa ampun ya

    ReplyDelete
  7. Menurutku bandung selatan jalannya lebih bagus dan sepi hehe jadi lebih nyaman jika ke daerah bandung selatan.. saat ke setu patenggang dan kawah putih aku merasakan jalannya masih sangat enak dilalui dan sepanjang jalan puas denan pemandangannya hehe.. ke bandung dengan xtrans dan dibelinya di traveloka emang udah paling cakep

    ReplyDelete
  8. kayaknya aku pernah ke sini smua deh, hehe.Rumah ibu mertua kan di utara jadi bosen kalo ke lembang atau cikole, jd seringnya main ke selatan,ada tol soroja juga skrg, lbih cepet

    ReplyDelete
  9. Wah ternyata masih banyak tempat di Bandung Selatan yang belum saya kunjungi. Baru Kawah Putih sama Rancaupas aja yang udah. Kadang fokusnya di kota Bandung aja kalau mau liburan. Ternyata Bandung Selatan banyak pilihan juga hehe

    ReplyDelete
  10. Belom pernah sama sekali ke satupun tempat di atas dong, hahaha.
    Tapi pengennya sih ke kebun tehnya, eh padahal ya di dekat sini ada kebun teh hahaha.

    Kawah putih tuh menarik, entah kapan bisa ke sana :D
    Kalau naik bus rame-rame gitu menarik juga ya, apalagi pesannya di Traveloka, duh kangen ubek-ubek Traveloka deh :)

    ReplyDelete
  11. Traveloka sekarang makin lengkap ya mbak. Tidak hanya menyediakan tiket pesawat dan hotel, juga ada Xtrans yang bisa dimanfaatkan untuk membeli tiket tempat wisata. Tak harus antri di tempat wisata, cukup beli tiket pakai Xtrans maka kita tinggal membawa buktinya saat menuju tempat wisata yang kita inginkan. Banyak banget tempat wisata menarik di Bandung, dengan spot2 yang bikin takjub pengunjungnya.

    ReplyDelete
  12. Mpo kurang mengerti daerah bandung. Tidak tahu yang namanya bandung selatan atau barat. Mungkin kali ye itu kaya jakarta timur/barat/selatan.

    Ya sudahlah tidak usah pikirin daerah mana yang penting bandung Selatan daerah yang asri, pemandangan cantik dan bisa ajak keluarga untuk liburan.

    Nanti kalau mpo ke Bandung. Mpo cari ini tempat wisata bandung selatan

    ReplyDelete
  13. Bener banget mba kalau ngomongin Bandung itu ga ada habisnya selain tempat destinasi yang banyak, kuliner disana pun banyak bangetttt yang unik dan enak. Duhh jadi kangen Bandung hehe.

    ReplyDelete
  14. jadi pengen ke sini lagiii.. baru 2 tempat di list ini yang aku datangi mbbaaa Un

    ReplyDelete
    Replies
    1. kangen Bandung ya mbak & cuacanya yang adem enak banget. Aku pingin ngerasain kemping gitu di sana

      Delete
  15. Bandung Selatan terkenal dengan udara & pemandangannya ya asyik buat liburan. Situ Patenggang & Kawah Putih satu paket nih biasanya kalau ke Ciwedey. Naik travel enak ya gak mikir dalam perjalanan

    ReplyDelete
  16. waaah keren-keren ya tempat Wisata di Bandung Selatan ini. Kebanyakan berada di outdoor sehingga nggak terlalu khawatir akan penyebaran covid-19 kalau di alam terbuka begini.

    ReplyDelete
  17. Aiih~
    Seru banget liburan ke Bandung Selatan. Walau kini masih angan, tapi mau tulis list nya aah...hihii....sekalian bermalam lebih seru kali yaa...

    ReplyDelete
  18. aku penasaran banget sama ranca upas mba, rencananya akhir tahun mau kesana tapi ternyata pandemi masih panjang ya huhu

    ReplyDelete
  19. MasyaAllah semuanya menggoda untuk dikunjungi, aku belum pernah mba Uniek mupeng banget. Semoga pandemi lekas berlalu, biar bisa main jauh.

    ReplyDelete
  20. Hiks hiks bagus semua ya!
    Aku belum pernah ke destinasi itu semua, kalo ke Bandung bolak balik tu cuman itu itu aja yang dituju, sedih kan!

    Aku deket sama Xtrans nih jeng Uniek. Kalo kemana mana emang lebih enak naik XTrans

    ReplyDelete
  21. Ranca Upas!! MaassyaAllah belum kesampean nih mak aku ke sana, meski rencana ada mungkin sejak 2-3 tahun yang lalu. Cakep pisan euy

    ReplyDelete
  22. Bandung bisa disebut sebagai kota yang sering saya singgahi, Mbak. Setiap pulang dari Cilacap, pasti mampir ke Bandung dan bermalam untuk melepas penat sembari mengunjungi wisata Bandung yang selalu menarik. Bandung Selatan memang menyuhkan panorama alam yang pasti ingin dikunjungi. Kawah putih, situ patenggang, ciwedey yang sudah aku kunjungi. Oleh-oleh wisata ke sana hamil Fira Mbak, jadi kangen pengen ke sana lagi

    ReplyDelete
  23. jadi ingin kemping ke Rancaupas deh, rencanain ah kesana sama anak dan suami. Asik kali yah

    ReplyDelete
  24. Mba Unieeekkk,

    Baca ini aku jadi keingat iparku.
    Dia kemarin telpon katanya pengin ajak aku, ibu mertua dan anakku road trip ke BDG! Hadeuuuhh, jadi mupeng maksimal euy. Ehhh, la kok iki pas buangeett baca blog ttg Bandung :D

    maklumlah, hampir setahun daku ga traveling. Sekarang rasanya SAKAW wkwkwk

    ReplyDelete
  25. Baru Situ Patenggang yang pernah aku kunjungi, lainnya belum pernah. itu pun udah tahun 2008, sekarang pasti udah banyak perubahan juga di sana

    ReplyDelete
  26. Bandung memang enggak ada habisnya ya dieksplor..dan list wisata di Bandung Selatan ini beneran impian, apalagi kalau ke sananya pakai XTrans dan belinya di Traveloka..Tinggal nyiapin diri dan cusss ke sana

    ReplyDelete
  27. Duh duh kayaknya aku cuma pernah ke Ciwidey ey memang kurang piknik deh daku semoga abis corona bisa menjelajah lagi aamiin...

    ReplyDelete
  28. Belum sempat nih main-main ke Bandung Selatan. Destinasinya lebih nature banget ya. Seringnya aku ke Bandung tuh ke area kotanya. Pernah ada yang mau ajakin ke arah Selatan Bandung, tapi pandemi keburu muncul dan sedang hamil pula. Jadi, bundanya agak lama nih.

    ReplyDelete
  29. ciwidey dan kawah putih adalah 2 dari sekian banyak objek wisata di bandung yang familiar di telingaku mbak unik. pingin kali Bandung sejak lama. semoga keinginan itu bisa terwujud

    ReplyDelete
  30. Senangnya kalau beneran bisa ke Bandung saya
    Udah mau cari epic sale Traveloka selama 2021 ini
    Semoga kebagian dan bisa sekalian silaturahim ke blogger Bandung

    ReplyDelete
  31. Banyak banget ya tempat wisata di Bandung yang recommended. Udah gitu hawanya yang sejuk bikin betah berlama-lama. Aku pengin deh someday bisa ke Kawah putih..belum pernah kesana soalnya..

    ReplyDelete
  32. wahh baca ini aku jadi kangen ke bandung mbak
    selama ini klo ke bandung cuma ke kota dan lembang saja, ternyata banyak banget yg bs dikunjungi di bandung selatan
    cuss mau cari epic sale Traveloka ah

    ReplyDelete
  33. Saya penasaran banget sama bukit jamur rancabolang... Liat orang-orang foto di sana, hasilnya keren-keren...

    ReplyDelete
  34. Duuuh jadi mupeng mau ke 7 tempat itu, terutama ke kawah putih, ciwidey balley resort dan situ patenggang. Sayang skrg covid ya, Mba jadi ga bisa kemana mana... huhuhu... kangen jalan2

    ReplyDelete
  35. Wuaaa makasih banget mba Uniek.. Udah sekain lama berencana main ke bandung selatan belum kesampaian terus, dan sekarang emang lagi berencana ke sana, ternyata menarik2 ya di bandung selatan, sehari ga cukup nih...

    ReplyDelete
  36. Aku pernah ke Bandung tapi belum pernah mengunjungi tempat wisata di atas jadi pengen balik ke Bandung lagi.

    ReplyDelete
  37. Waw cantik banget bukit jamurnya, dari atas fotonya. Serasa mau metik itu jamur ijo hahaa

    ReplyDelete
  38. Bandung selatan banyak banget seakrang wisata yang bisa dikunjungi ya. Aku sendiri belum ke no yang 2 3 dan 6 saja.

    ReplyDelete
  39. Jadi kangen sama Bandung, dan tempat2nya itu dingin semuanya. Aku blm semua mengunjungi tempat yg dituliskan di atas. Pengen ke sana..

    ReplyDelete
  40. Lihat foto-foto keindahan alam di Bandung Selatan, belum ada satu pun yang aku datangi.
    Heuheuu...auto tarik napas...merasakan kesegaran udara Bandung daerah pegunungan.
    Segarnyaaa~

    ReplyDelete
  41. Akkkkkk pengen banget ke Ranca Upas deh Maaak. Tahun lalu saya udah rencana ke Bandung tapi belum bisa meluangkan waktu dan tenaga untuk ke sana. Semoga tahun ini bisa ya Maaak :')))

    ReplyDelete
  42. Cakep-cakep banget tempat wisata di Bandung Selatan ini. Terakhir ke Bandung tuh sekitar 10 tahun lalu. semoga bisa ke sana lagi.

    ReplyDelete