19 December 2020

Tips Merencanakan Asuransi Jiwa untuk Masa Tua

 
Masa muda merupakan waktu yang tepat untuk meniti karir sekaligus mengumpulkan pundi-pundi uang yang sebanyak-banyaknya untuk persiapan di masa tua. Karena ketika muda, seseorang akan lebih produktif dibandingkan dengan mereka yang sudah berusia lanjut. 

taspen life

Perlu diingat, mempersiapkan masa tua dengan sebaik-baiknya merupakan suatu keharusan mengingat nantinya kita akan menghadapi masa-masa itu seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga bisa dibilang merencanakan masa tua yang baik sejak masih muda sangatlah penting, terutama dari segi finansial. Maunya kan nanti ketika menjalani masa tua kita bisa hidup dengan tenang dan nyaman.

Untuk mempersiapkan masa tua dengan baik, asuransi jiwa menjadi pilihan tepat dalam hal ini. Produk asuransi yang memiliki banyak jenisnya ini, seperti asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa murni dwiguna, dan masih banyak lagi ini selain berguna untuk meminimalisir kerugian finansial saat mengalami musibah kematian, juga bermanfaat untuk mempersiapkan tabungan masa tua dengan baik. 

taspen smart save


Agar bisa memiliki asuransi jiwa di masa tua, ada beberapa tips perencanaan yang perlu kita lakukan, yaitu:
  1. Mulai menabung dan kurangi kebiasaannya berhura-hura.
    Agar bisa memiliki dana pensiun, sebaiknya mulai menabung dan mengurangi kegiatan yang bersifat konsumtif, seperti melakukan kebiasaan berhura-hura yang menyita banyak pengeluaran.
  2. Mulai berhitung uang pensiun yang dibutuhkan.
    Produk asuransi hari tua yang tepat yaitu jika uang pertanggungan yang didapatkan bisa sesuai dengan yang dibutuhkan. Maka dari itu, kita bisa menghitungnya terlebih dahulu agar hasil yang didapatkan sesuai. Untuk menghitung uang pensiun, caranya dengan memanfaatkan kalkulator pensiun yang disediakan oleh pihak asuransi. 
  3. Persiapkan tabungan darurat.
    Sebaiknya siapkan juga untuk memiliki tabungan darurat yang terpisah dari anggaran asuransi jiwa maupun kesehatan. Tabungan darurat diperlukan untuk mengantisipasi timbulnya hal-hal tidak terduga. 
  4. Miliki usaha sampingan dan investasi.
    Memiliki usaha sampingan akan membantu mendapatkan penghasilan tambahan, terutama jika penghasilan utama yang saat ini didapatkan kurang bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. 
Itu tadi beberapa tips merencanakan asuransi jiwa untuk persiapan masa tua yang bisa dilakukan. Pastikan kita memilih asuransi jiwa yang terbaik agar mendapatkan manfaat yang maksimal dan terhindar dari kerugian di masa mendatang. 


Produk asuransi jiwa dari Taspen Life bisa menjadi partner yang tepat dalam merencanakan asuransi jiwa untuk masa tua. Karena ada banyak sekali produk yang dimiliki oleh Taspen Life dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

24 comments:

  1. Hari tua memang harus dipikirkan sejak masih muda. Apalagi kalau kita bukan orang yang terima pensiun. Haus ada persiapan, salah satunya dengan memiliki asuransi

    ReplyDelete
  2. Aku ga mau anakku nanti jadi generasi sandwich yg kudu men-support full bapak/ibunya di masa lansia.
    Jadi aku kudu persiapkan diri untuk tetep punya 'duit aman' setelah aku dan suami beranjak tua, mba.
    BISMILLAH. Semoga kita bisaaaa dan dimampukan ALLAH ta'ala. Aamiiin

    ReplyDelete
  3. supaya saat pensiun nanti bisa mandiri tanpa membebani siapapun ya, makanya harus disiapka sejak masih muda

    ReplyDelete
  4. Persiapan sejak dini penting banget nih, reminder juga buat aku yang tidak muda lagi harus tetap memilah mana kebutuhan dan keinginan demi hari tua nanti nggak ngerepotin orang lain :)

    ReplyDelete
  5. Memang semuanya harus dipersiapkan dengan matang yah mbaaak,
    Sambil ngumpulin biaya kuliah anak, sembari nabung juga buat dana pensiun nih jangan sampai nantinya di masa tua kita jadi merepotkan anak-anak yaaah

    ReplyDelete
  6. Kami juga pakai asuransi jiwa dari Taspen, alhamdulillah agak tenang menghadapi hari tua nanti.

    ReplyDelete
  7. Untuk hari tua yang indah dan ga membebani siapapun, ada baiknya kita mempunyai persiapan matang, seperti asuransi ini. Mesti mulai dari sekarang jangan nanti-nanti karena namanya umur ga ada yang tau.

    ReplyDelete
  8. The earlier we get prepared the better ya mba, jadi bisa tenang di masa tua

    ReplyDelete
  9. Memiliki asuransi jiwa emang penting, kadang dulu mikir males banget punya asuransi tapi dengan berjalannya waktu akhirnya aku dan suami memutuskan untuk memiliki asuransi jiwa.

    ReplyDelete
  10. Wah aku jadi ingat belum ada asuransi jiwa nih buat kelak. PAdahal ini juga jadi cara juga ya untuk lebih siap masa tua tanpa hambatan

    ReplyDelete
  11. sepakat, hari tua emang harus dipikirkan sejak masih muda, supaya masa tua tak lagi merasakan susah dan payah. Saya suka sedih kalau lihat orang-orang yang setelah pensiun, nampak hidupnya secara ekonomi lebih susah

    ReplyDelete
  12. Kak Uniek, aku pikir Taspen itu hanya untuk pegawai negeri.
    Karena Budeku yang seorang guru, juga sering menceritakan setiap bulan antri di bank untuk mengambil dana pensiun ini.

    ReplyDelete
  13. Setuju banget mbk. Hari tua harus dipikirkan. Ibaratnya sedia payung sebelum hujan. Salah satunya dengan mempersiapkan dana pensiun

    ReplyDelete
  14. Jadi ingat keluarga di kampung yang kebanyakan PNS kalau sedang ngobrol selalu bilangin dan mgobrolin taspen ini.

    ReplyDelete
  15. Perlu banget ini persiapan di hari tua apalagi kalau memiliki penyakit dan memerlukan perawatan

    ReplyDelete
  16. jadi generasi sandwich itu nggak enak mbak, aq mengalaminya
    makanya aku nggak mau anakku mengalaminya
    jadi aku juga mulai mempersiapkan asurasni di hari tua,jadi punya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sekarang

    ReplyDelete
  17. Mempersiapkan hari tua memang harus dilakukan sejak dini ya. Selagi masih muda persiapkan masa tua dengan baik. Jangan sampai masa tua kita malah merepotkan anak atau cucu

    ReplyDelete
  18. Kok ya bertepatan banget sama aku yang baru saja ngobrol tentang AJ sama sahabat dekat yang juga rekan kerja, rekan berjuang bersama tentang gimana kami ingin merencanakan masa depan kami dan ingin membuka AJ bersama, makasih refrensinya mak Uniek, ini akan kami masukan sebagai salah satu pertimbangan juga

    ReplyDelete
  19. iya memang perlu dipersiapkan dari sekarang ya mba, selagi muda dan punya energi yang cukup buat menabung dan menyisihkan penghasilan. Kalau diundur-undur bisa-bisa ga jadi dan malah keduluan tua... :-)

    ReplyDelete
  20. protektif emang butuh ya mak biar semua jadi tenang aman nyaman masa depannya. karena kalau tidak dari sekarang, kapan lagi ya buat yg terbaik untuk keluarga

    ReplyDelete
  21. Untuk ikutan asuransi hari tua ini maksimal usianya berapa tahun ya Mba? Apakah bisa dimulai ketika usia kita masuk 40 atau 50an?

    ReplyDelete
  22. Yup, selain dana pendidikan anak, dana pensiun juga sudah harus dipikirkan dan dipersiapkan dari sekarang ya...

    ReplyDelete
  23. Usia pensiun di masa tua memang harus dipikirkan sejak saat ini ya mbak. Bapak mertuaku juga sekarang pensiunannya dari Taspen Life. Simple mudah dan ga ribet buat orang usia lansia kayak bapak. Pokoknya kayak Terima gajian bulanan aja deh, ga ribet-ribet lagi.

    ReplyDelete
  24. Taspen ini asuransi swastakah mbak? Penasaran berapa preminya perbulan? Juga udah termasuk dana pensiun juga?
    Emang pas tua kalau bisa gak ngrepotin anak ya. Punya asuransi akan lbh memudahkan. Moga sehat terus lha aamiin

    ReplyDelete