30 Juni 2021

Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat

 
asuransi perjalanan traveloka

Ada kalanya kita ataupun anggota keluarga lainnya masih harus melakukan perjalanan meskipun kondisi masih tak menentu seperti ini. Ketika ada keperluan mendesak untuk menyelesaikan urusan tertentu yang tak bisa dilakukan melalui jaringan internet, mau tak mau kita tetap harus menjalaninya. 

Parno nggak sih bepergian di masa pandemi gini?

Tak dapat dipungkiri, selalu ada rasa khawatir ketika hendak melakukan perjalanan. Kalau tidak ada yang penting banget sih memang sebaiknya di rumah saja.

Bagi yang memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan di luar rumah, memang harus mempersiapkan banyak hal ketika hendak melakukan perjalanan. Taat protokol kesehatan merupakan hal yang mutlak dilakukan, tak bisa ditawar-tawar lagi.

Di samping urusan menjalankan prokes tadi, ketika hendak melakukan perjalanan jauh kita tentu harus melakukan persiapan yang matang. Berbagai persiapan ini kita perlukan sebagai langkah antisipasi terhadap beraneka hal yang mungkin terjadi. Maunya kan selama perjalanan kita selalu dalam kondisi aman, nyaman, dan tanpa kendala yang berarti.

Biasanya yang pertama dipersiapkan ketika akan bepergian adalah armada yang akan digunakan. Jika menggunakan alat transportasi umum, kita tentu juga harus menentukan mau naik apa dan pesan tiket sesuai jadwal acara.

Salah satu hal yang sering terlupakan ketika hendak melakukan perjalanan bagi sebagian besar orang adalah memikirkan tentang asuransi perjalanan. Mengapa kita butuh mengurus tentang hal ini sih? Bukankah kalau sudah beres tiketnya ya tinggal berangkat aja.



Mengapa Butuh Asuransi Perjalanan?


Siapapun pastinya ingin perjalanannya berjalan lancar-lancar saja. Entah itu harus menempuh perjalanan untuk urusan kedinasan ataupun urusan keluarga. Namun di saat tertentu, ada saja aral yang melintang.

Kita tentu tak mau mengalami hal-hal tersebut. Tapi gimana lagi ya, kadang ada kejadian yang di luar kuasa kita. Untuk itulah kita perlu melakukan ikhtiar untuk melindungi kepentingan kita tersebut. Salah satunya dengan memiliki asuransi perjalanan. 

asuransi perjalanan traveloka


Ada 4 alasan kita membutuhkan asuransi perjalanan ketiga sedang bepergian, yaitu:


1. Perlindungan Keterlambatan Penerbangan

Bakalan stres nggak sih ketika terjadi penundaan atau bahkan pembatalan penerbangan. Bisa berantakan semua jadwal yang sudah disusun.

Kita tentu tidak berharap hal ini terjadi, namun adakalanya rencana tidak seindah kenyataan ye kaaann... Ketika kita dengan sangat terpaksa mengalaminya, inginnya sih ada yang bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi.

Iya kan, udah lah rugi waktu, bisa juga ada kerugian materi atas kegagalan perjalanan kita tersebut. Penting bagi kita untuk melindungi kepentingan tersebut dengan mendapatkan uang tanggungan yang memadai.



2. Perlindungan Kecelakaan

Tak ada satupun dari kita yang mengharapkan nasib buruk, salah satunya adalah kecelakaan ketika sedang melakukan perjalanan. Na'udzubillah...

Untuk itulah kita memerlukan perlindungan sepenuhnya ketika harus menghadapi situasi yang tidak diinginkan. Asuransi perjalanan bisa mengambil resiko tersebut dengan memberikan uang tanggungan dalam jumlah tertentu.



3. Mendapat Pertanggungan Biaya Medis

Saat melakukan perjalanan, kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi pada badan kita. Kayaknya sih sehat-sehat saja ya. Namun ketika harus menjalani perawatan darurat, apakah kita bisa mengelak?

Hal tersebut tentu saja sangat tidak menyenangkan, terutama ketika harus membayar biaya rumah sakit yang mahal. Apabila kita memiliki asuransi perjalanan, maka biaya tambahan yang bisa menguras kantong tersebut bisa ditanggung oleh asuransi.



4. Perlindungan Bagasi Hilang

Aku pribadi biasanya lebih memilih membawa barang yang bisa masuk ke kabin. Memilih membawa sesedikit mungkin barang agar tidak harus repot mengurus bagasi.

Namun acapkali ada urusan pekerjaan ataupun keperluan keluarga yang membuat kita harus membawa segambreng barang. Harus masuk bagasi dong kalau bawaannya gede.

Tak mau kan ya ketika mendarat di tempat tujuan tapi bagasi kita raib entah kemana. Apabila hal ini terjadi, asuransi perjalanan yang kita miliki akan memberikan ganti rugi dalam jumlah tertentu.  




Memilih Asuransi Perjalanan dari Traveloka


Kesempatan untuk mendapatkan keempat perlindungan di atas tadi bisa kita ambil dengan memilih produk asuransi perjalanan yang tepat. Mengurus proses asuransi kini sangat mudah, tak lagi harus mendatangi penyedia jasa asuransi di tempat tertentu. Kita bahkan bisa membeli asuransi perjalanan secara online dengan bantuan smartphone yang kita miliki. 

Saat ini kita bisa memilih Traveloka asuransi perjalanan agar merasa lebih tenang dan aman menghadapi segala aktivitas perjalanan. Sepaket perlindungan penuh bisa kita dapatkan hanya melalui aplikasi pada smartphone kita. #JujurGunaBanget

Banyak alasan untuk melengkapi perjalanan dengan asuransi perjalanan dari Traveloka. Layanan terbaru ini memberikan perlindungan secara menyeluruh untuk membebaskan kita dari rasa cemas yang ditimbulkan dari potensi gangguan yang mungkin timbul.

Dengan Traveloka Asuransi Perjalanan, kita akan mendapatkan perlindungan atas penundaan atau pembatalan penerbangan hingga Rp 7,5 juta. Ketika terjadi kecelakaan, perolehan pertanggungan berkisar hingga Rp 15 juta per orang. 

Biaya pertanggungan medis untuk kondisi darurat di rumah sakit pun tersedia hingga maksimal Rp 500 juta per orang. Bagasi hilang atau rusak? Asuransi Perjalanan Traveloka siap memberi ganti rugi hingga Rp 15 juta.

Semudah itukah mendapatkan perlindungan hanya melalui aplikasi di smartphone?

Yup. Yang perlu dilakukan hanya meng-install aplikasi Traveloka di smartphone kita. Langkah-langkah apply asuransi perjalanan Traveloka bisa dilihat di bawah ini: 

1. Install aplikasi Traveloka di smartphone.

2. Saat di halaman utama (home), klik menu ALL PRODUCTS.

3. Scroll terus sampai ke bagian bawah hingga menemukan bagian TRAVEL GUIDE & ADD-ONS. Pilih yang ada logo INSURANCE.

asuransi perjalanan traveloka


4. Perhatikan berbagai jenis asuransi yang ditawarkan oleh Traveloka.

asuransi perjalanan

Untuk mendapatkan perlindungan selama dalam perjalanan, klik yang menu TRAVEL INSURANCE.


5. Pilih asuransi perjalanan yang dikehendaki, bisa single trip maupun annual trip, bisa juga perjalanan dengan rute Internasional maupun Domestic.

Misal kita hendak melakukan perjalanan domestik, langkah-langkah yang bisa dilakukan bisa dilihat melalui infografis berikut ini:

traveloka asuransi perjalanan

Ikuti langkah-langkah di atas mulai dari nomer 1 hingga 3. Isiannya tentu saja menyesuikan dengan rencana perjalanan yang hendak kita tempuh.

6. Setelah klik SEARCH PLANS, maka akan muncul berbagai pilihan asuransi perjalanan yang ditawarkan oleh Traveloka, mulai dari yang kelas Silver, Gold, hingga Platinum. Besaran biaya pertanggungan yang harus dibayarkan sesuai dengan benefit yang didapat.

Misal kita pilih yang Domestic Travel Platinum, maka tampilannya akan terlihat sebagai berikut:

traveloka asuransi perjalanan


Terlihat poin-poin yang di-cover oleh Traveloka seperti delays & cancellation, accident & medical expenses, juga baggage protection

7. Klik saja tombol orange dengan tulisan SELECT. Informasi detail tentang apa saja yang akan ditanggung oleh Traveloka Asuransi Perjalanan akan muncul. Kita bisa menyimak informasi tersebut dan menimbang-nimbang, besaran ganti rugi mana yang sesuai dengan ekspektasi kita.


Saat memilih Domestic Travel Platinum dengan jadwal yang sudah kita masukkan tadi, maka benefit yang akan kita peroleh terlihat seperti grafik di atas. Kita bisa putuskan, apakah nilai pertanggungan yang kita bayarkan itu worthed bagi nilai asuransi yang ditawarkan. 

8. Jika setuju dengan term yang ditawarkan, maka lanjutkan dengan pengisian data diri yang dibutuhkan.

traveloka asuransi perjalanan


9. Klik CONTINUE untuk melanjutkan ke tahap pembayaran.

asuransi perjalanan traveloka

Maka akan terlihat jumlah uang dan metode pembayarannya. Saat klik PAY WITH BCA TRANSFER, maka akan muncul nomer rekening dan jumlah uang dengan kode unik untuk memudahkan pengecekan. 

Jika sudah melakukan pembayaran, bisa klik I HAVE COMPLETED PAYMENT. 


Sudah, gitu aja sih langkah-langkah membeli asuransi perjalanan Traveloka. No ribet-ribet team lah kita yaaa... Langkah mudah dengan menggunakan aplikasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Dalam beberapa tahapan saja tanpa harus keluar rumah, kita bisa mendaftarkan sendiri sekaligus memproses pembayarannya. Mudah kan?


Jadi gimana, menurut teman-teman seberapa penting asuransi perjalanan bagi kalian?


34 komentar:

  1. Kupikir asuransi perjalanan cuma untuk kecelakaan. Ternyata, bisa dapat 4 perlindungan ini, ya

    BalasHapus
  2. Baru tahu nih ada asuransi perjalanan di Traveloka. Dulu sih biasanya asal pesan tiket aja hehehe, kayaknya kapan-kapan boleh dicoba ya

    BalasHapus
  3. Penting banget mbak. Biar tenang selama perjalanan. Dulu pernah kenal teman yang hobi bepergian, beberapa kali keliling dari 1 negara ke negara lainnya. Sebelumnya dia aman-aman saja kemana-mana. Suatu waktu sakit di negara orang. Dia kelabakan ga ada asuransi, ga ada yang urus, ga ada uang yang cukup, menderita dan ribet pokoknya, sampai akhirnya orang dari kedutaan (kalau ga salah ingat) yang bantu dia.

    BalasHapus
  4. Adududuu mbaa jadi kangen traveling ye kaann :D
    Dahlahh, ini buat siap2 aja, kalo ntar C segera bubar jalan dari planet Bumi, hayuklah kita cuss ngebolang!
    Nah, utk travel insurance, serahkan saja pada ahlinyaa..... TRAVELOKA :D

    BalasHapus
  5. Wah salut sama Traveloka.. Pasti terdampak luar biasa gara-gara pandemi..tapi tetap melaju dengan berbagai fitur yang memanjakan penggunanya. Ini ada asuransi perjlanan yang bisa dipilih juga..makin kangen jalan-jalan deh..bareng Traveloka.

    BalasHapus
  6. Penting banget nih Mba Uniek asuransi perjalanan.
    Aku suka pake asuransi perjalanan juga , sebelom pandemi aja khawatir, apalagi sekarang pas pandemi yaa. Kalo perjalanan pake pesawat, biasanya ambil yang single trip aja. Rasanya lebih tenang, aman selama dalam perjalanan.

    Sekarang mah, stay at home duluuu akutuu!!

    BalasHapus
  7. Mudah banget ya kalau mau daftar. Oh ya, berarti ini dibeli terpisah dengan pembelian tiket ya Mbak.
    Selama ini belum pernah sih pakai asuransi perjalanan, padahal penting, dan perasaan jadi lebih tenang.

    BalasHapus
  8. Wah aku blom pernah nih make asuransi perjalanan padahal ternyata sangat penting ya.. Terima kasih sharingnya..mau kepoin lebih jauh aaah..

    BalasHapus
  9. Aih baru tahu kalau ada asuransi perjalanan di Traveloka. Biasanya juga cuman order-order tiket aja. Makasih Mbak Nik informasi kerennya. Ternyata banyak banget manfaat jika pakai asuransi perjalanan

    BalasHapus
  10. Ini yg kadang orang suka ragu2 untuk purchase asuransi perjalanan, padahal ngebantu bgt klo pas situasi lagi ga menentu gini... Kyk untuk flight, biasanya yg ambil long flights juga butuh asuransi, termasuk pas pesen hotel, kdg ada pas ngga pas, udah booking tipe tertentu eh pas dtg ga ready, ini bisa ter-cover juga

    BalasHapus
  11. Penting banget dong apalagi buat yg sering dinas luar kota dan luar negeri kan harus ada proteksi ya mbak. Ntar kalo situasi sudah terkendali dan bisa traveling lagi harus buka traveloka nih utk buat asuransi perjalanan

    BalasHapus
  12. Zaman sekarang, asuransi sangat diperlukan ya. Gak cuma asuransi kesehatan, jiwa, atau pendidikan. Tapi juga asuransi perjalanan. Keadaan sangat gak bisa diprediksi. Hari ini begini, besok gak tahu. Dengan proteksi, kita bisa jadi tenang jika ada apa-apa.

    BalasHapus
  13. Saat suami masih kerja di luar Jakarta asuransi perjalanan wajib dimiliki. Dan memang penting sekali. Alasan pertama saat ada rescheduling dari maskapai ada penggantian. Dan mayan banget kan...Apalagi ada manfaat lain terkait proteksi yang bisa didapatkan.
    Senang Traveloka sudah menyediakan layanan asuransi perjalanan yang makin bikin nyaman saat melakukan perjalanan

    BalasHapus
  14. Seringkali gak kepikiran untuk punya asuransi perjalanan. Alasannya karena gak mau terjadi apa pun yang tidak diinginkan. Padahal penting juga, ya. Justru untuk jaga-jaga

    BalasHapus
  15. Ibukku pernah kak, mengalami hal yang gak mengenakkan ketika bepergian.
    Bagasinya ilang, tanpa kabar. Padahal pas itu bawa 2 koper.
    Alhamdulillahnya karena dulu asuransi perjalanan itu selalu include kan..jadinya digantikan semua isi koper dan diberi uang juga.

    Alhamdulillah,
    Lega...sekaligus deg-degan pas ngalamin itu.

    BalasHapus
  16. Wah aku baru tahu kalau Asuransi Perjalanan Traveloka ada perlindungan kesehatan juga, tapi di masa pandemi ini faktor kesehatan jadi sangat penting ya. Dengan manfaat yang lengkap ini asuransi perjalanan sangat penting...aku aja belanja online selalu masukin asuransi apalagi yang berhubungan dengan perlindungan keselamatan diri, wajib punya.

    BalasHapus
  17. asuransi perjalanan traveloka akan mendapatkan perlindungan atas penundaan atau pembatalan penerbangan hingga Rp 7,5 juta. Trus ya amit-amit nih kalo terjadi kecelakaan, perolehan pertanggungan berkisar hingga Rp 15 juta per orang.

    BalasHapus
  18. Nah, iya Salah satu asuransi yang kadang terlupakan itu asuransi perjalanan. Memang Kita pengennya selamat sampai tujuan saat melakukan perjalanan tapi buat jaga-jaga itu penting. Untung ya ada Traveloka yang menyediakan asuransi perjalanan juga

    BalasHapus
  19. Ini membantu para hobiis travelling jadi ekstra tenang ya.
    Ada jaminan, kalau kalau ada sesuatu yg buruk terjadi. Walau tentu saja sebisa mungkin dihindari, dan trip tetap running well and smooth.

    BalasHapus
  20. sekarang lebih mudah ya mbak. bisa beli tiket, hotel, dan asuransi perjalanan sekalian di traveloka! makin enak aja karena cuma butuh satu apps

    BalasHapus
  21. Sekarang melakukan perjalanan makin aman dan terjamin ya mba Uniek, kalau punya asuransi perjalanan begini. Aku belum pernah coba, sejak pandemi stop nggak ke mana-mana moga lekas bebas k ita dari pandemi terus traveling lagi deh.

    BalasHapus
  22. Bulan lalu aku beli tiket lewat Traveloka ada penawaran asuransi perjalanan ini. Selain itu ada asuransi tentang covid juga. Dari dulu betah beli tiket perjalanan lewat Traveloka karena prosesnya mudah dan apps-nya user friendly.

    BalasHapus
  23. Mba Uniek ini prosesnya mudah sekali ya ternyata langkah-langkahnya kalau diamati. Belum pernah coba, tapi bisa nih dan wajib punya biar perjalanan makin lancar

    BalasHapus
  24. Fitur Traveloka tambah lengkap ya mam. Kemarin bisa paylater, sekarang bisa asuransi perjalan. Makin suka deh dengan traveloka. Perjalanan makin aman dan nyaman ya.

    BalasHapus
  25. Aku baru sekali ngalamin perjalanan delay pake kereta. Itu terjadi karena ada banjir jadi semua rute dan jam keberangkatan kereta tertunda. Ya udah buru-buru pesen ojol dan meluncur ke travel. Nyampe emang ke Jakarta cuma telat, karena macet di jalan hihihi. Waktu itu belum ada asuransi perjalanan. Kan enak ya kalau udah ada, pas delay bisa dapat kompensasi. Eh tapi kalau kita memutuskan batal gitu karena pertimbangan waktu, tetep bisa klaim ga sih?

    BalasHapus
  26. Wah iya, sekarang ini kebutuhan akan asuransi perjalanan itu juga penting ya mbak
    apalagi buat yg sering melakukan perjalanan dinas
    Suka dgn layanan traveloka yg makin lama makin lengkap

    BalasHapus
  27. Wah traveloka sekarang ada asuransinya juga keren2, makin lengkap aja fasilitas traveloka..bikin perjalanan aman dan nyaman

    BalasHapus
  28. Iya Mbak, di masa sulit seperti ini pun kadang ada saja hal penting untuk dilakukan sehingga membuat kita harus keluar kota bahkan keluar negeri yang menghendaki naik pesawat atau kapal laut. Penting banget pakai asuransi perjalanan.

    BalasHapus
  29. Terima kasih ulasannya ya Mba, saya sih belum paham banget soal asuransi perjalanan ini mungkin karena sudah jarang jalan-jalan, jadi mendahulukan yang di depan mata aja, hehehe

    BalasHapus
  30. Wah, asyik juga ya sekarang di Traveloka ada asuransi perjalanan. Terutama buat teman2 yang sering banget bepergian bisa membantu banget kalau ada peristiwa-peristiwa tertentu.

    BalasHapus
  31. udah lama gak jalan-jalan aku mbak, tapi kalau suatu hari jalan-jalan lagi, aku juga lebih prefer dengan menghidupkan pilihan asuransi mbak. apalagi di traveloka ini jaminan asuransinya jelas yaa, jadi kita perjalanan juga aman dan nyaman.

    BalasHapus
  32. Ngerasain banget poin nomor 1, itu terjadi beberapa kali. Dari yang terlambat sampai nggak jadi berangkat dan delay berjam2 jam. Untungnya pakai asuransi perjalanan, jadi alhamdulillah ada solusi yang baik juga dan nggak rugi.

    BalasHapus
  33. Baca asuransi perjalanan ini jadi teringat sudah lama tidak melakukan perjalanan, baik darat dan Udara. Laut memang tidak saya sebut karena tidak pernah mencobanya.

    Asuransi bikin tenang dalam perjalanan dan pernah saya rasakan ketika koper ikut dengan pesawat lain. Seandainya tidak ada asuransi mungkin saat koper beda pesawat sudah dijadikan bahan mainan pihak yang tidak bertanggungjawab

    Mari kita cek Traveloka untuk perjalanan tahun depan aaah

    BalasHapus
  34. Wah perlindungan bagasi hilang ini membantu banget. Kalau bepergian terus bagasi hilang itu sering bikin repot semua urusan. Apalagi kadang klaimnya ke penyedia layanan perjalanan lama dan ribet loh.m traveloka ngerti banget nih yang jadi kebutuhan traveler

    BalasHapus