30 March 2020

Menjadi Istimewa Bagaikan Bintang dan Princess

kemewahan mandi parfum dengan Vitalis perfumed moisturizing body wash
Siapa sih yang tidak ingin menjadi orang yang istimewa? Pasti enggak ada kan ya. Meskipun secara lisan bakalan terucap "Ah, saya mau jadi orang biasa-biasa saja," namun dalam hati, jauuuhh di dalam lubuk hati, kita tentunya mau banget jadi orang yang istimewa.



Bagaimana sih bentuk keistimewaan yang kita inginkan?

Banyak orang mengartikan istimewa itu adalah nilai kita di mata orang lain. Sering kita lupa bahwa berawalnya keistimewaan diri ini ya dari dalam diri kita sendiri.


Treat yourself with the same kindness you show other people
(Dominique Bertolucci dalam buku The Kindness Pact)

Bagi perempuan, termasuk para ibu yang dalam kesehariannya disibukkan dengan berbagai aktivitas terkait rumah tangga dan pekerjaan, terkadang memperlakukan diri sendiri luput dari prioritas. Taunya ya semua kewajiban harus dipenuhi. Keseimbangan antara memenuhi kebutuhan keluarga/rekanan dan diri pribadi jadi 'njomplang'.

Memperlakukan diri sendiri dengan baik merupakan sarana mencapai kebahagiaan. Hanya mereka yang sudah bisa meraih kebahagiaan ini lah yang bakalan merasakan sensasi istimewa di dalam dirinya.

Seperti yang diungkapkan dalam buku The Kindness Pact karya Dominique Bertolucci, ada 8 hal yang harus dilakukan oleh perempuan untuk dirinya sendiri. Infografis berikut ini akan membantu sedikit pemahaman tentang hal tersebut.





8 Hal Istimewa yang Harus Dilakukan Perempuan untuk Dirinya Sendiri


Membuat diri sendiri merasa istimewa tak melulu soal pengakuan dari pihak luar. Terkadang kita lupa bahwa untuk menjadi istimewa, kita bisa berdialog pada diri sendiri. Melakukan yang terbaik dan memberikan penghargaan pada diri, itu yang paling kita butuhkan.

Ada kan ya yang memiliki limit sangat tinggi dalam menentukan target. Sepanjang dia merasa itu bukan hal yang mustahil, plus bahagia melakukannya, semua sah-sah saja untuk dilakukan.

Dari uraian dan infografis singkat di atas, perempuan layak merasa bahagia dan istimewa dengan 8 langkah berikut ini:


1. Menerima Ketidaksempurnaan Diri

Tak ada yang sempurna di dunia, tul nggak?

Begitu banyak orang melelahkan diri dan mengikis kepercayaan diri mereka untuk mengejar kesempurnaan. Padahal ketika di suatu titik kita bisa menerima ketidaksempurnaan diri, kita jadi tahu tentang kekuatan dan kelemahan yang ada. 

Bukanlah suatu hal yang salah ketika kita bisa mengakui bahwa seperti orang lain, kita memiliki sisi positif, juga ada hal-hal lain yang kurang positif. Nggak apa-apa dooongg.... Itu kan suatu hal yang wajar. 

Ketika kita bisa melepaskan diri dari beban 'harus sempurna' tadi dan mulai bisa menerima ketidaksempurnaan yang ada, kita bisa mengarahkan berbagai sisi positif diri untuk mencapai tujuan semaksimal mungkin. Sedangkan dari sederet kelemahan yang kita miliki, tentukan mana yang mau kita perbaiki dalam waktu dekat dan bersifat urgent. Adapun kelemahan yang lain ya udah sih mau gimana lagi, itu kan satu paket yang ada dalam diri kita yang semestinya dimaklumi orang lain. Santuy aja laaah... 


2. Selalu Melakukan yang Terbaik

Kadang kala menetapkan target yang terlalu tinggi itu bikin kita 'sakit' ketika tak bisa mencapainya. Kata orang sih itu 'mission impossible'. Jika sekiranya peluang untuk berhasil amat susah untuk dicapai, siapkan saja mental jika sebagai kemungkinan terburuknya kita akan mengalami kegagalan, meskipun kita sudah melakukan yang terbaik. 

Ya, melakukan yang terbaik juga harus ada pertimbangannya. Dilihat dari sisi kebaikan dan kemaslahatannya juga. Harga diri kita terkadang tak hanya sekadar soal berhasil dan tidak berhasil melakukan sesuatu, tapi menyangkut sisi realita dan rasa suka cita ketika kita sudah melakukan yang terbaik versi kita sendiri. 

Kadang-kadang kita gembira, kadang-kadang mengalami hal tidak mengenakkan, itu hal yang lumrah. Jangan biarkan hal ini mempengaruh perasaan kita dan menggerus semangat untuk menjalani hari berikutnya. 


3. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Melihat kelebihan orang lain bisa jadi memacu semangat kita untuk menjadi lebih baik. Tapi harap waspada loh, jika terlalu sering melakukannya dan tidak melihat kondisi diri sendiri, maka perasaan tidak mampu bisa menghampiri. 

Di lain sisi, ketika kita menilai diri kita sendiri jauh lebih baik dari orang lain, nah... saat itulah sifat takabur akan timbul. Itu juga kurang baik. 

Ketika kita berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain, satu-satunya orang yang perlu dibuat terkesan adalah diri kita sendiri. Kepercayaan diri akan kita peroleh dari dalam jiwa dan itu tidak akan lagi dipengaruhi oleh apapun yang dikatakan atau dilakukan orang lain.


4. Percaya pada Potensi/Kemampuan Diri

"Aku ingin hidupku bahagia dan bermanfaat." 

Ketika kita menetapkan tujuan hidup seperti itu, maka pesan tersebut akan masuk ke alam bawah sadar. Tak perlu mengkhawatirkan hal-hal belum terjadi. Saat kita percaya pada potensi diri, kita dapat memusatkan perhatian dan segala daya upaya untuk membuat hal-hal yang kita inginkan menjadi kenyataan. 

Kegagalan ataupun hal-hal buruk dalam hidup bisa saja terjadi. Namun dengan menyadari potensi diri, kita bisa menyingkirkan segala ketakutan yang tadinya kita rasakan. 


5. Hindari Berlaku Kasar pada Diri Sendiri

Siapa sih yang bisa menjadi penjaga terbaik untuk diri kita?

Ya. Hanya diri kita sendiri lah yang bisa melakukannya. Oleh karena itu baik-baiklah terhadap diri sendiri. Cara kita berbicara kepada diri sendiri memiliki pengaruh besar pada bagaimana perasaan  tentang diri kita sendiri.

Coba deh bayangkan ketika kita bicara dengan cara yang sangat kasar kepada orang lain, kira-kira bagaimana perasaan orang itu? Begitu pula yang terjadi pada diri kita. Ketika kita menilai diri sendiri dengan semena-mena, selalu merendahkan diri, tak pernah mempercayai kemampuan diri, menganggap diri adalah sejelek-jeleknya orang, maka kepercayaan diri kita lama kelamaan akan menghilang. 

Mencoba memperbaiki diri atas kesalahan yang pernah terjadi adalah hal yang wajar dilakukan. Semua orang pernah melakukan kesalahan. Oleh karena itu tak perlu terus menyalahkan diri dan berlaku tidak bersahabat bagi diri kita sendiri. 


6. Menantang Diri Keluar dari Zona Nyaman

Secara bertahap, tingkat kesulitan dalam menjalani hidup akan meningkat. Terkadang kita sudah terlalu keenakan berada dalam zona nyaman. Kita menjadi kurang melatih keyakinan dan kepercayaan diri untuk keluar dari zona tersebut. 

Ibarat otot, keyakinan dan kepercayaan diri itu perlu dilatih agar tumbuh lebih kuat. Salah satu cara terbaik untuk membangun otot-otot ini adalah dengan melangkah keluar dari zona nyaman. Ketika kita sanggup menantang diri sendiri, secara otomatis alam bawah sadar kita akan percaya pada diri sendiri dan memberikan dukungan. 

Terlepas dari bagaimana perasaan kita saat melakukan sesuatu yang baru, kita akan selalu merasa bahagia karena telah melakukannya. Ketika mulai melangkah keluar dari zona nyaman, kita menghadapi tantangan atau mempelajari sesuatu yang baru. Kita mulai membuka diri dan meningkatkan kepercayaan diri, sadar bahwa diri kita sebenarnya tidak terlalu buruk saat mencoba hal-hal baru yang tadinya kita tak tahu bahwa kita sanggup melakukannya. 


7. Berhenti Membuat Alasan

Ketika kita kurang maksimal dalam menjalankan apa yang menjadi target hidup, kita perlu memeriksa kembali apa saja halangan yang kita hadapi. Kira-kira sudah kita coba untuk mencari solusi atas apa yang sudah menjadi penghalang itu, ataukah kita membiarkannya begitu saja? Ayo, jujur pada diri sendiri yaaa... 

Bisa jadi kita belum berani menghadapi kenyataan dan membiarkan saja permasalahan terjadi tanpa terselesaikan. Lalu kemudian menjadikannya sebagai alasan kegagalan. Mari kita coba untuk berhenti membuat alasan begini. Bertanggung jawablah pada diri sendiri dan hadapi segala cobaan yang di kemudian hari akan menjadikan kita orang hebat. 


8. Mencintai Diri Sendiri Seutuhnya

Jika ingin merasakan segala kebaikan dalam hidup, jadikanlah kepercayaan diri sebagai prioritas utama. Cintai diri kita sendiri. 

Perlakukan diri kita dengan cinta dan kasih sayang seperti yang kita lakukan terhadap keluarga, teman, sahabat dan kekasih. Pahami dan maafkan kegagalan yang pernah ada. 


Sulit nggak sih mempraktikkan kedelapan hal di atas? 

Aku jadi ingat pada beberapa karakter animasi dari Disney yang pas banget untuk menggambarkan citra perempuan yang mengerti akan potensi diri dan menjalankan kedelapan hal di atas. Meskipun mereka berbentuk karakter hasil imajinasi manusia, namun banyak kesamaan dengan diri kita dalam dunia nyata.

Penggambaran karakter animasi tentu saja penuh khayalan. Namun berbagai nilai tentang keutuhan diri dan kekuatan personal ada di dalamnya.

Nggak percaya? Boleh lho kita lihat beberapa karakter animasi perempuan yang diciptakan oleh Disney, yang bisa jadi merupakan kesukaanmu juga. Nggak usah malu, meskipun saat ini sudah dewasa, bahkan telah menjadi seorang ibu, menggemari film animasi tidak ada salahnya kok.



Putri Impian yang Sadar pada Potensi Diri




Bagi teman-teman yang menggemari film-film Disney, tentu paham ya pada 2 tokoh putri yang punya karakter kuat ini. Yang satu hidup di darat, satunya lagi berasal dari dalam samudera.


POCAHONTAS

Penggambaran animasi atas putri kepala suku penduduk asli Amerika ini didasari pada kisah nyata. Pocahontas merupakan putri kepala suku Powhatan yang telah dijodohkan dengan Kocoum, seorang prajurit yang gagah berani. Namun Pocahontas kurang sreg dengan Kocoum yang tidak sesuai bagi dirinya yang menyukai kebebasan.

Ketika ada pendatang dari Inggris yang hendak berburu emas datang ke tanah asli penduduk Amerika itu, kepala suku memerintahkan penduduknya untuk mencegah orang asing menguasai tanah tumpah darah mereka itu.

Kapten kapal Inggris yang mendarat di tanah tersebut bernama John Rolfe. Namun dalam film besutan Disney nama tersebut diubah menjadi John Smith. Ketika tanpa sengaja Smith dan Pocahontas bertemu, Smith mengatakan bahwa dia sedang mencari emas untuk digali di lokasi tersebut. Oleh Pocahontas dijelaskan bahwa di sana tidak ada emas.

Kesalahpahaman antara kepala suku Powhatan yang menganggap orang Inggris ingin menguasai daerah tersebut, akhirnya menyulut peperangan antar keduanya. Padahal di sisi lain Pocahontas dan Smith telah saling jatuh cinta.

Agak panjang sih ceritanya kalau hendak dijabarkan secara detail. Intinya, kepala suku Powhatan akhirnya menyadari kesalahpahaman ini dan mempersilakan Smith untuk kembali ke Inggris. Smith terluka cukup parah akibat pertempuran antara pasukan Inggris dengan suku Powhatan. Powhatan dengan tangan terbuka akan menerima Smith kapan pun dia akan kembali dan merestui hubungan Smith dengan Pocahontas.

Karakter Pocahontas yang kuat membuatnya memutuskan diri tidak ikut dengan Smith pulang ke Inggris. Meskipun cintanya sangat kuat pada Smith, namun Pocahontas tetap memilih berada di tempat kelahirannya dan membantu ayahnya memimpin suku tersebut.

Sifat Pocahontas yang mandiri dan menyadari potensi dirinya ini amat menonjol di antara tokoh putri dalam kisah Disney. Pocahontas berani menyuarakan pendapatnya dan membuat keputusan berdasarkan pemikirannya sendiri, bukan karena pengaruh orang lain.

Aahhh... jadi kesengsem deh dengan ketegaran dan ketegasan neng Pocahontas ini. Di dunia nyata, banyak juga kan ya perempuan yang teguh pendirian seperti Pocahontas ini.


ARIEL

Jika di daratan ada Pocahontas putri si kepala suku, maka di lautan ada Ariel, putri bungsu King Triton. Ariel selalu penasaran dengan kehidupan manusia di daratan dan seringkali secara sembunyi-sembunyi mencari tahu tentang dunia yang amat berbeda dengan dirinya ini. Padahal oleh ayahnya telah dibuat larangan bagi semua penduduk Atlantica untuk bersinggungan dengan dunia manusia.

Keingintahuan Ariel membuatnya beberapa kali mengalami masalah, baik dengan ayahnya maupun dengan manusia. Apalagi dia telah jatuh cinta pada Pangeran Eric, manusia tampan yang sangat memikat hatinya. Berbagai cara ditempuh Ariel agar bisa menjadi manusia dan mendapatkan cinta Eric.

Karakter Ariel ini menggambarkan perempuan yang berpikir dan bertindak secara independen, tidak hanya pasif menunggu takdir tiba. Karakter inilah yang membuatnya jauh berbeda dibandingkan dengan tokoh-tokoh putri Disney lainnya seperti Cinderella dan Putri Salju yang bergantung pada pangeran mereka.





AURORA

Aurora terlahir sebagai putri raja yang harus keluar dari istana sejak bayi. Dia telah dikutuk oleh seorang penyihir jahat akan mati pada saat menjelang ulang tahunnya yang ke-16 akibat terkena jarum alat pintal.

Sang Raja sangat khawatir dengan kutukan tersebut dan memerintahkan semua alat pintal di negara tersebut untuk dimusnahkan. Adapun Aurora diungsikan dari negara tersebut dan diasuh oleh 3 orang peri di hutan.



Aurora selalu sendirian, kesepian, menikmati dunianya sendiri yang tak terhubung dengan siapapun. Dia memiliki campuran berbagai karakter yang baik yang tumbuh seiring dengan kecintaannya pada alam dimana dia tinggal saat itu.

Aurora tumbuh menjadi gadis yang baik hati, romantis, pemimpi, pemalu, anggun, lemah lembut dan bagai malaikat pembawa kedamaian. Semua sifat manisnya dibuat untuk mewakili sisi feminitas para perempuan yang ada di dunia.

Kekuatan Aurora terlihat pada kemampuan dirinya untuk mengelola kesepian yang dialaminya menjadi energi positif yang disalurkannya pada kecintaan terhadap alam di sekitarnya. Bahkan dalam film Disney lainnya yang berjudul Maleficent, Aurora memutuskan untuk membebaskan penyihir jahat yang dulu mengutuknya itu dari perangkap sang raja yang hendak menangkap dan membunuh Maleficent.

Keteguhan sikap Aurora ini tidak banyak dimiliki oleh karakter princess lain di berbagai film Disney. Meskipun ide dasar pembuatan karakter Aurora terinspirasi dari Sleeping Beauty, namun dalam perkembangannya karakternya digambarkan tidak sekadar 'nrimo', nungguin prince charming-nya datang untuk menciumnya agar bangun dari tidur berkepanjangan.





ANNA

Nah, yang paling kekinian dari kisah princess dari Disney adalah Anna, Princess of Arendelle yang ada di film Frozen. Tokoh animasi ini memang muncul di saat kita para generasi X sudah berumur. Namun aku yakin banyak dari gen X ini yang menemani putra-putrinya nonton film ini kaaaan... Atau ada juga kayak aku yang sengaja nonton film ini sendirian, ya khusus untuk memenuhi keinginan nonton film animasi. Film-film seperti ini tuh tetap asyik ditonton loh, bahkan oleh mama mama sekalipun. πŸ˜‰

Yang paling menarik dari karakter Anna adalah kehadirannya yang bukan tokoh utama. Kisah yang diilhami dari legenda Denmark "The Snowy Queen" ini sebenarnya hanya memiliki 1 tokoh utama yang kemudian dikenal sebagai Elsa. Namun Elsa yang dipenuhi dengan kegelapan dan ketakutan, jelas bukan tokoh yang mudah dicerna oleh anak-anak dalam pemahaman tentang seorang karakter putri.

Maka hadirlah Anna sebagai adik Elsa (pewaris tahta kerajaan Arendelle) yang tampil dengan pembawaan optimis, enerjik, pantang menyerah, tak kenal takut dan berani menantang bahaya. Kuatnya karakter Anna tampak ketika dia menyusul kakaknya ke dalam hutan bersalju, menempuh segala marabahaya yang menghadang selama menyusuri hutan tersebut. Ancaman kedinginan, ancaman hewan buas, semua ditempuh Anna untuk membawa kembali sang kakak tercinta yang melarikan diri karena ketahuan memiliki kekuatan ajaib mampu membekukan alam sekitarnya. 

Kekuatan Elsa sang kakak ini memang bawaan lahir dan berusaha ditutup-tutupi oleh kedua orangtua mereka sejak kecil. Namun ketika raja dan ratu meninggal karena kecelakaan, Elsa terpaksa naik tahta menggantikan raja. Saat pelantikan itulah kemampuan Elsa ini terlihat oleh semua orang. Apapun yang dipegangnya berubah membeku. Semakin takut Elsa, maka akan semakin beku semua yang bersentuhan dengan dirinya. Oleh karena itu Elsa melarikan diri sejauh mungkin dari kerajaan.

Ordinary people doing extraordinary things

Keteguhan hati Anna dan rasa cintanya pada sang kakak membuatnya rela meninggalkan semua kenyamanan di istana untuk menyelamatkan kerajaan dan keluarganya. Anna menyusuri hutan salju demi menemukan kembali kakak tercintanya. 

Bisa dikatakan, tokoh Anna ini mewakili tipe orang biasa yang mampu melakukan banyak hal luar biasa. Ordinary people doing extraordinary things. Ada kan ya di sekitarmu yang seperti itu, kawan? Atau bahkan dirimu sendiri yang luar biasa seperti ini?



Karakter Istimewa Perempuan Masa Kini


Rasanya masih seperti bergelut dengan karakter princess di atas yaaa.. Meskipun ketiga karakter di atas hanya ada di dunia khayal, namun sejatinya di dunia nyata banyak perempuan memiliki karakter yang sama dengan mereka. 

Menghadapi beratnya kehidupan, penuh tantangan, sekaligus bawaan lahir untuk menyalurkan kasih sayang, membuat perempuan masa kini ditempa menjadi orang yang kuat, menjadi perempuan yang istimewa. 

Karakter istimewa perempuan masa kini terlihat dari berbagai gabungan karakter yang ada pada tokoh-tokoh princess di atas, yaitu:






Bagi para perempuan istimewa, tentu saja ada banyak hal istimewa yang bisa didapatkannya. Salah satunya adalah wewangian yang sesuai dengan karakternya

Karakter istimewa dari ketiga kelompok princess tadi dapat kita temukan pada berbagai ragam wewangian yang ada saat ini. Yang bikin aku dan banyak perempuan bakalan happy nih ya, kini menikmati aroma parfum kesukaan kita tak melulu harus semprat-semprot minyak wangi di sekujur tubuh lho. Ketika mandi pun kita sudah bisa menjadi perempuan istimewa bagaikan bintang dan princess.

Nggak percaya? Sini aku kenalin pada penghuni baru rak toiletrisku yaaa... 






Mengenal Karakter Berdasarkan Aroma Parfum


Tak kenal maka tak sayang...

Masih ingat kan pepatah bijak ini, yang memiliki arti bahwa ketika kita ingin tahu lebih lanjut tentang sesuatu atau seseorang, kenalilah dia dengan lebih mendalam. Termasuk ketika ingin mengenal keistimewaan seorang perempuan.

Perempuan tak lepas dari aroma tubuh yang memikat. Berbagai jenis parfum kini telah tersedia dengan aneka wewangian yang menyenangkan. Kita bebas memilih sesuai dengan kesukaan.

Tapi tahukah tentang bagaimana parfum itu diformulasikan dan dihadirkan untuk menciptakan saat-saat istimewa, terutama bagi perempuan?

Para ahli parfum telah membuat berbagai jenis fragrance atau wewangian dari aneka jenis bahan alam. Mulai dari yang aroma buah, bunga, hingga kayu-kayuan. Karakter seseorang dapat diketahui dari pemilihan jenis parfum yang menjadi favoritnya.

Nah, teman-teman senang jenis wewangian yang seperti apa?

Ternyata, ketika para ahli memformulakan wewangian ke dalam parfum jenis tertentu, tak sekadar ada satu jenis aroma saja yang dimasukkan ke dalam formula parfum tersebut. Wewangian itu memiliki tahapan aroma, mulai dari yang dari awal tercium indera kita, hingga berlapis-lapis menuju wangi yang nempel paling lama di tubuh.

Aroma seseorang ternyata menunjukkan aura dan bukti kehadirannya di suatu tempat. Oleh karena itu, memilih wewangian yang istimewa akan membawa ingatan manis seseorang pada diri kita.

Lapisan aroma yang menguar dari wewangian yang kita gunakan itulah yang menjadi tanda kehadiran ketika kita menggunakannya. Dalam dunia pembuatan parfum, hal ini dikenal dengan istilah fragrance notes. Sama dengan not-not musik yang menyatu menjadi lagu yang indah, begitu juga dengan fragrance notes ini. Terdiri dari beberapa aroma, yang ketika digabung dan disatukan akan menghasilkan parfum yang menyenangkan untuk dicium-cium.

Pembuat parfum dengan hati-hati akan memilih bahan yang tepat untuk memastikan aroma wangi  yang dihasilkan akan menyenangkan dan membangkitkan pengalaman tertentu.

Urutan fragrance notes ini jika digambarkan sebagai piramida akan tampak seperti ini:


sumber foto : fragrancex.com


1. TOP NOTES

Top notes ini merupakan lapisan paling atas pada wewangian. Dengan kata lain, top notes adalah aroma yang kita deteksi pertama kali setelah menyemprotkan parfum. Bisa jadi, bagian inilah yang disebut sebagai kesan pertama saat mencium aroma parfum.

Top notes biasanya menguap dengan cepat, hanya bertahan selama lima hingga lima belas menit pertama. Lapisan aroma teratas ini dibuat untuk mengeluarkan aroma awal dan kemudian menuju ke aroma berikutnya.

Bagian awal aroma parfum ini pada umumnya terdiri dari molekul yang lebih ringan dan lebih kecil. Seringnya menggunakan aroma yang segar seperti lemon, jeruk, dan bergamot. Bisa juga aroma bunga yang lembut seperti lavender dan mawar. Basil dan adas manis juga biasa digunakan sebagai top notes.


2. MIDDLE NOTES

Middle notes merupakan "jantung" dari wewangian. Oleh karena itu sering juga disebut sebagi heart notes. Fungsinya untuk mempertahankan aroma dari top notes, sekaligus juga memperkenalkan aroma baru untuk kesan yang lebih mendalam.

Middle notes ini juga berfungsi sebagai penyangga untuk base notes, yang jika berdiri sendiri tidak begitu menyenangkan aromanya. Komposisi middle notes ini sekitar 70 persen dari total aroma,  biasanya bertahan lebih lama dari top notes.

Sensasi middle notes ini muncul ketika top notes mulai memudar, terus bertahan lama untuk menciptakan sensasi aroma di tubuh. Yang masuk ke dalam kategori middle notes biasanya minyak bunga aromatik seperti melati, geranium, neroli dan ylang-ylang, serta kayu manis, lada, pinus, serai, lada hitam dan kapulaga.


3. BASE NOTES

Bersamaan dengan middle notes, base notes membentuk dasar dari wewangian. Karena berfungsi sebagai dasar parfum, base notes memiliki aroma yang terkesan pekat, berat, dan tahan lama. Aromanya akan menguar setelah sekitar 30 menit pemakaian.

Bersamaan dengan middle notes, si base notes ini akan menciptakan aroma wewangian yang memikat. Base note ini meresap ke dalam kulit sehingga aromanya akan bertahan paling lama dan dapat bertahan selama enam jam atau lebih.

Yang populer digunakan sebagai base notes adalah vanilla, amber, musk, patchouli, dan kayu seperti cendana dan kayu cedar.


Ternyata merancang parfum itu tak semudah yang kita bayangkan ya. Butuh keahlian khusus untuk menggabungkan top notes, middle notes dan base notes dalam parfum agar dapat dinikmati oleh penggunanya secara maksimal. Aroma wangi yang muncul dari awal penggunaan hingga beberapa waktu kemudian merupakan keistimewaan tersendiri.

Bagi yang tidak suka menggunakan parfum, jangan khawatir. Kemewahan parfum dengan wewangian yang berlapis-lapis ini kini telah dapat dinikmati dalam bentuk sabun mandi.

Apaaa.... sabun mandi yang bisa bikin kita mandi parfum? Pasti nggak percaya kan.

Tapi beneran loh. Saat ini, PT. UNZA VITALIS sebagai produsen andal untuk berbagai merk wewangian telah menyedian Vitalis body wash yang memiliki keistimewaan tersendiri. Berfungsi ganda, sebagai pembersih badan yang melembabkan sekaligus memberikan sensasi mandi parfum ketika digunakan.

Apakah aku sudah mencoba mandi dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash ini?

Tentu sudah dong, makanya bisa cerita ngalor-ngidul tentang princess dan varian Vitalis body wash ini. Soalnya memang cocok banget sih karakter perempuan yang diwakili oleh para princess di atas dengan ketiga varian Vitalis body wash ini.

Yuuk lah kuajak piknik ke kamar mandi. Ehh... maksudnya ikutan menyimak pengalaman mandi nan memikat dengan Vitalis ini. πŸ˜‰



Menjadi Istimewa Bagaikan Bintang dan Princess dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash



FRESH DAZZLE


Ketika pertama nyobain Vitalis body wash, yang pertama kulirik adalah yang botol dengan kemasan warna hijau. Kubaca-baca ingredient-nya dan kira-kira seperti apa aromanya.

Aaahh... buatku yang mengagumi tipikal karakter penuh petualangan ala Pocahontas dan Ariel, sensasi segar dari Yuzu Orange dan Green Tea yang ada di varian Fresh Dazzle ini jelas langsung jadi favorit dong.



Kandungan dari Yuzu Orange dan Green Tea ini menjaga kulit tetap wangi dan segar. Paling cocok digunakan untuk mandi di pagi hari. Serasa membangkitkan mood agar terus terjaga sepanjang hari. Pas banget kan untuk menghadapi beratnya masa-masa serangan badai virus Covid-19 yang melanda tanah air. Duuuhh... coba ya si Covid-19 ini bisa langsung sirna dengan diguyur body wash kesayanganku ini. Rela deh sehari mandi sepuluh kali.




Vitalis body wash varian Fresh Dazzle ini wewangiannya dibuka dengan segar wanginya Bergamot,  Cassis (gabungan antara blackberry dan blackcurrant) serta Pear, berlanjut ke notes berikutnya wangi floral bouquet yang elegan dan disukai wanita. Ditutup dengan kekuatan base notes musk, amber dan cedarwood yang long lasting.


  

Ketika dituang ke telapak tangan, tampak tekstur body wash berwarna hijau muda yang kental. Saat mandi aku menggunakan spons sehingga busa yang keluar banyak. Asyik loh mandi busa yang menyegarkan ini.



WHITE GLOW


Varian kedua yang kucoba adalah yang berwarna pink. Dengan kemasan botol plastik berwarna cantik gini, jadi ingat Princess Aurora nan menawan. Baik tampilan maupun aroma varian White Glow ini terasa maniiiisss....



White Glow ini diperkaya ekstrak Licorice dan Susu, merawat kulit hingga makin tampak bersih cerah dan bersinar.

Bergamot yang mengawali seluruh rangkaian aroma varian White Glow ini kayak aroma yang tercium di Earl Grey tea loh, sensasi jeruk purut yang menggugah semangat. Aroma bergamot mewakili energi, kreatifitas dan gerak impulsif.




Nuansa romantic, dreamy, sweet dan full of imagination merupakan efek yang langsung terasa ketika berada dalam balutan lembutnya busa Vitalis body wash varian botol pink ini. Imajinasiku terasa berlarian di tengah padang rumput nan segar dan hutan yang teduh, seperti Aurora yang selalu ceria meskipun harus menghabiskan 16 tahun hidupnya hanya dengan 3 orang peri hutan yang mengasuhnya. 

Vitalis body wash varian White Glow ini memiliki top notes bergamot, cherry dan raspberry. Adapun middle notes-nya terdiri atas aroma marshmallow, gardenia dan rose yang memberikan kesan dapat dimakan. Hmmm...  sangat menggoda ya. Kemudian base notes yang menutup rangkaian parfum mewah Vitalis White Glow terdiri dari cedarwood, sandalwood dan musk.



SOFT BEAUTY


Nah, ini nih varian dari Vitalis body wash yang paling misterius aromanya bagiku. Diawali dengan wangi segarnya Fruity Aldehydic, dilanjutkan dengan wangi Rose dan Violet yang feminin. Di akhir akan terasa manisnya Tonka Bean dan Sandalwood yang memberikan kesan premium. 




Vitalis varian Soft Beauty ini diperkaya dengan ekstrak Avocado dan Vitamin E yang menutrisi kulit agar tetap elastis dan lembut. Dibalik tampilannya yang elegan, ternyata body wash dalam kemasan ungu ini memiliki efek yang sangat merawat tubuh.




Kok kayak Anna of Arendelle yang begitu merawat kasih sayang terhadap sang kakak yang selalu takut menghadapi kenyataan. Anna yang optimis, pantang menyerah, enerjik dan tak mengenal rasa takut, sungguh pas mewakili karakter Tonka Bean yang hangat, manis dan cenderung beraroma seperti vanila. Gabungan aroma almond, kayu manis, dan cengkeh yang sungguh menggoda indera penciuman.


Itu tadi cerita dan pengalamanku mencoba Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash yang membuatku benar-benar merasa istimewa bak princess Disney kesayanganku. Kulit jadi terasa lembut dan wangi. Tak ada kejadian body wash tumpah-tumpah gitu karena tutup kemasan menggunakan sistem push cap, tinggal tekan di satu sisi maka akan muncul lubang di sisi yang lain untuk mengeluarkan cairan sabunnya. Jadi misal botol Vitalis ini tersenggol tak sengaja dan jatuh, isinya tak langsung tumpah.


Tutup kemasan dengan sistem push cap, anti tumpah saat tak sengaja terjatuh

Udah deehh.. yang ada hanya bahagia dan perasaan istimewa ketika mandi menggunakan Vitalis body wash. Melihat busanya yang begitu lembut, mengusapkannya di tubuh dan menikmati wewangian parfum berkelas, rasanya mandi ga pengin kelar. Coba kalau anak dan suami enggak ketuk-ketuk pintu kamar mandi, mungkin sudah kos di dalam kamar mandi kalik yaaa... πŸ˜‰

Oya, bagi kaum muslim, nggak usah khawatir ya saat ingin mencoba Vitalis body wash ini. Sudah ada logo Halal di bagian belakang kemasan. Untuk mendapatkannya pun mudah. Di supermarket maupun minimarket terdekat sudah ada kok. Nah kalau mau membeli secara online, bisa tengok di official store Vitalis yang ada di Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Lazada, dan Shopee. Harganya terjangkau banget. Rp 9.700 untuk kemasan 100 ml, Rp 18.000 untuk kemasan 200 ml. Sedangkan untuk kemasan refill versi pouch, yang 250 ml harga Rp 14.700 dan Rp 25.900 untuk kemasan 450 ml.

Dengan segala kemudahan untuk mendapatkannya, plus pengalaman istimewa yang sudah kuceritakan di atas, sudahkah kalian mencoba Vitalis body wash ini juga, teman? Jika sudah, boleh dong bagi pengalaman mandi parfum kalian bareng Vitalis di kolom komen.



Salam berbuih-buih dari star wannabe dan princess ketuaan. πŸ˜‹πŸ˜‰



Jangan lupa untuk bahagia dan menjadi istimewa di setiap saat yaaa...



Sumber referensi :
  • health.com/mind-body/8-promises-every-woman-should-make-to-herself 
  • fragrancex.com/blog/fragrance-notes/
  • pesonavitalis.com

171 comments:

  1. Aku belum coba, tapi liat banyak temen-temen pada pakai, aku jadi pengen. Apalagi aku kadang suka lupa pakai parfum, jadinya kayaknya ini cocok deh jadi solusiku buat gantiin parfum dengan sabun mandinya vitalis. Enaknya beli varian apa dulu ya? πŸ€”

    ReplyDelete
  2. Aku paling suka sama Vitalis yang ungu mba Niek. Wanginya aku sukaa, bahkan parfum ku pun pake Vitalis yg ungu. Wanginya segar dan bikin aku jadi semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku sukanya yang pink kak. yang white glow. wanginya manis dan lembut banget. terus sensasi mandi parfumnya mantep deh kusuka

      Delete
  3. Habis baca ini kalau mandi pakai Vitalis Body wash berasa kek putri dari negeri dongeng �� aku paling suka yang aroma fresh dazzle. Bikin seger dan mood membaik

    ReplyDelete
  4. Beneran deh Mbak setelah mandi pakai Vitalis berasa lebih percaya diri, memperbaiki mood, wangiiiii... makin bangga juga pas tau kalau sobat kuliah dulu jadi salah satu tim quality control produk Vitalis ini.

    ReplyDelete
  5. Waah mbak uniek sabun kita sama, kalau disuruh milih aku paling suka wanginya yang ungu soalnya lembut dan menenangkan bikin mood baik balik lagi

    ReplyDelete
  6. Paling susah memang untuk tidak mbandingkan diri sendiri dengan orang lain Mbak. Dia bisa kok saya nggak? Alih-alih mendapatkan inspirasi yang ada malah iri hati. Kayak gini ini yang selalu kubenci. Benci pada diri sendiri

    Ya udah, daripada mikir aneh-aneh akan orang lain. Saatnya untuk hidup los gak rewel, haha

    Mandi aja yuk yang lama biar wangi. Pakai Vitalis yang seakan diguyur parfum hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bener, Mbak, kalau mau menghindari banyak orang, mana mungkin? Mau nggak buka sosmed wong kerjaannya ya di sosmed. Akhirnya ya banyak-banyak istighfar sama ingat sama yang punya hidup ini, Allah SWT.

      Delete
  7. Semua aroma wanginya memiliki khas sendiri-sendiri, jadi bingung kalau disuruh milih wangi favorite. Pakai ketiganya aja tergantung suasana, kalau pengin yang seger2 semakin fresh, yang hijau cocok nih untuk meningkatkan mood baik

    ReplyDelete
  8. 8 poin itu kujalani dan ku praktekan mbaa, emang butuh latihan dan ku sukaaa itu, ketika berhasil..
    Biar menjadi istimewaa atulaah..dan menjadi bintaang eeaa

    Ahh jadi pengen mandiiii parfum, beneran gak ga usah pake parfum sekujur tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. poin ini menyedihkan yaaa

      Ketika kita menilai diri sendiri dengan semena-mena, selalu merendahkan diri, tak pernah mempercayai kemampuan diri, menganggap diri adalah sejelek-jeleknya orang, maka kepercayaan diri kita lama kelamaan akan menghilang.


      hiks hiks.....

      terus, nganggo ngene'an ki ilang po piye mbak Uniek?

      Delete
  9. Kalau saya sejak dulu lebih suka aroma fruity daripada floral. Tetapi, aroma floral di Vitalis masih tetap saya suka, sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga lebih suka aroma buah, tapi pas nyobain Vitalis Body Wash yang floral ternyata wangi juga dan gak bikin pusing karena harumnya manis

      Delete
    2. Nah iya. Wangi floral Vitalis gak bikin pusing. Makanya saya suka juga sama yang floral

      Delete
  10. Mba, dirimu hebat banget siikk milih angle artikel :D
    Jadi bernas buangettt nih blogpost-nya
    Saluuuutt aku Mba :)
    Yepp, Vitalis siap menemani perempuan jaman now untuk jadi BINTANG kehidupan yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik ya pemilihan angelnha sesuai dengan namanya Uniek hehehe. Senoga menjadi bintang juga ceritanya, tapi jangan lupa mandi pakai Vitalis Body Wash biar wangi terus

      Delete
    2. Aamiin... terima kasih untuk apresiasinya.

      Iya yuuk mandi lagi, biar wangi terus. ;)

      Delete
    3. nah kaaaan jadi pada rajin mandi. Gara-gara Vitalis, nih! Memang enak sih wanginya

      Delete
    4. Habis mandi pake Vitalis tuh emsng berasa kayak princess deh, soalnya wangi tahan lama kan pede gitu 😁

      Delete
  11. kalau aku paling suka karakter pocahontas mba, kalau anakku jelas anna hahahaa korban frozen dia

    ReplyDelete
  12. Kalau Mbak Uniek termasuk tipe karakter yang mana nih? Ariel atau Anna? :)
    Perempuan harus bisa 8 hal mengenai perempuan yang dilakukan perempuan untuk dirinya sendiri, selain mandiri juga untuk mengapresasi diri juga ya. Salah satu cara mengapresiasi ya me time mandi berlama-lama pakau sabun yang harum kaya Vitalis Body Wash ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya Anna nih, soalnya aku kan orang biasa-biasa aja. Hanya punya cinta untuk memperjuangkan sesuatu. Haissyyy.... *lebay

      Delete
    2. Mandi bak princess setelahnya nih impianku banget, syg ntuk itu mesti mgeluarin budget banyak eh ternyata gak perlu jauh2 soalnya udah ad ya mandi parfum Vitalis Perfume Moisturizing Body Wash

      Delete
  13. Kadang kita lupa memikirkan diri sendiri ya Mba akibat mengedepankan aktifitas sehari2.. Padahal penting juga memanjakan diri dgn mengedepankan 8 hal tsb..

    ReplyDelete
  14. Wihh jadi nambah wawasan nih ttg type2 keharuman dan karakter perempuan versi animasi

    ReplyDelete
  15. wow mba Uniek nice artikel about vitalis nih, karena menampilkan sudut pandang dengan karakter dari Disney juga. Aku itu paling suka sama Pocahontas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka semua nih, karakter heroins of Disney yang bagus semua. ;)

      Delete
  16. Mba Uniek mantap nih sudut pandangnya dan bisa dikaitkan gitu ya. Hahahaa. Tapi emang ya vitalis ini emang oke banget wanginyaa

    ReplyDelete
  17. Aku suka wanginya vitalis yang botol hijau (fresh dazzle), berarti karakter ku berjiwa petualang ya mba..? hihi

    ReplyDelete
  18. Mbaaaa... ini keren bangeeetttt.
    Isi kontennya bermanfaat banget, tampilannya unyuuuu..
    Duhhh, kok bisa nggak pernah kepikiran dihubungkan dengan para princes tersebut ya, padahal mereka itu tokoh anak kecil yang sebenarnya punya nilai menyenangkan buat dicontek :D

    Btw, yang paling susah itu tidak membandingkan.
    Jujur ini yang bikin saya jadi semacam anti sosial, terlebih setelah jadi IRT, di rumaaahhh saja, karena takut malah iri liat si ini si itu.

    Meskipun sebenarnya juga bagus sih sebagai motivasi diri, tapi seringnya bablas jadi insecure sendiri huhuhu.

    Noted banget nih, untuk selalu merasa bahagia dengan diri sendiri dan pilihan hidup sendiri.
    Karena kita adalah bintang untuk diri kita sendiri hingga spread ke sekeliling kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya memang harus dilatih, Rey. Kayak olahragawan lah, ototnya kan dilatih dengan rajin sehingga bisa diajak tanding. Sama dengan kekuatan mental, harus dilatih juga agar lentur menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan. ;)

      Mending mandi parfum dulu laaahh biar mood membaik, setujuuu..??

      Delete
    2. Hahaha setuju Mba, asyik banget tuh.
      Pas mood jadi nggak asyik, mending melipir ke kamar mandi, mandi parfummm, sambil nyanyi-nyanyi lagunya tangled *eh :D

      Btw jadi sebaiknya memang kita bersyukur jika mental kita diuji yak, dengan begitu akan semakin kuat mental kita, semakin tidak goyah dengan hal-hal yang sebenarnya remeh tapi jadi besar karena pikiran sendiri hahahaha

      Delete
  19. Komentar Mba Rey sungguh komprehensif.
    Mewakili isi hati kita semua ini maaahhhh

    ReplyDelete
  20. 8 poin yang sangat penting dan kalo berhasil menjalaninya, bisa membuat kita menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  21. hal yang paling penting mencintai diri sepenuhnya, memang beda ya mbak saat mulai mencintai sepenuhnya :)
    Btw, aku suka smua variant dari Vitalis body wash ini, tapi paling suka yang warna ungu, soft beuaty :)

    ReplyDelete
  22. Nyambung komen lagi, ah... Penjelasan Mbak Uniek tentang karakter istimewa perempuan masa kini cukup bikin merenung dan refleksi diri. Jadi tambah semangat untuk terus menggesa diri menjadi pribadi yang lebih baik.

    ReplyDelete
  23. Tidak membandingkan diri dengan orang lain, tp berusaha pd diri sendiri utk bisa meyakinkan diri kalau aku berusaha paling sedikit pasti aku bisa. Mengenai wewangian, konon,karakter seorang wanita ditunjukkan oleh harum wewangian yg dipakainya. Vitalis sangat mengerti kebutuhan para wanita dengan produk2nya yg selalu memiliki sesuatu yg sophisticated dlm penampilan.

    ReplyDelete
  24. Masih jadi PR buatku adalah tidak membandingkan diri dengan orang lain dan masih kurang PD, kudu semangat memperbaiki diri. Makasih buat pengingatnya ya Mbak Uniek... Izin ngesave ringkasan karakter princessnya �� Makasih..

    ReplyDelete
  25. Mencintai diri sendiri sepertinya mudah, tapi kenyataan tidak mudah ya Mbak. Banyak penyebab mengapa kita kurang menghargai diri sendiri. Tips-tips di atas perlu dicoba. Begitu pun Vitalis Body Wash yang wangi :)

    ReplyDelete
  26. Nah, nomor 7 itu, tantangan banget, "Berhenti membuat alasan!"

    Apalagi di usia lolita ini, benar-benar sangat teruji, agar bisa tetap bersaing dengan blogger millenial yang energik, khususnya!

    Tapi, aku percaya,
    Bagian kita adalah melakukan yang terbaik, selebihnya, serahkan pada Yang Maha Kuasa!

    Ganbatte!

    ReplyDelete
  27. Mbaaaaak.. Kok karakter Beauty and the Beast nggak ditampilin sih? Huhuuhu..

    Btw busway, aku kok suka sama ketiga-tiganya. Maksudku Vitalis itu. Tiap hari moodnya kan berbeda tuh, jadi bisa disesuaikan sama mood saat mau mandi itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga menanti Merida, si Princess dari Brave.
      Karena pas nonton langsung terpukau.
      Atau Mulan?

      Hihii...seru ngomongin tokoh princess.

      Delete
    2. Nah iya Mulan kayaknya strong tapi feminin, tak kalah sama Pocahontas.

      Kira-kira, mereka bakal pakai Vitalis yang mana ya?

      Delete
  28. Wah tulisannya lengkap banget euy. Aku baca sampai detail Hehehe. Aku kadang masih membandingkan diri sama orang lain. Tapi terus sadar kalo tiap orang pasti punya kelebihan masing 2 ya. Yang penting harus terus belajar

    ReplyDelete
  29. Menerima kekurangan diri sendiri, ehm...aku sering nih mengingat-ingat kesalahanku di masa lampau, Mbak. Terus mikir jeruuuu banget, kok iso yo aku melakukan hal bodoh seperti itu. Gituuuuu terus. Semoga bisa kukurangi kebiasaan burukku itu.

    ReplyDelete
  30. Poin2 di atas setuju semua mbak. Menerima kekurangan dan mencintai diri sendiri seringnya kita kelupaan ya krn terbiasa mendahulukan kepentingan orang lain. Makanya sesekali aku suka mengapresiasi diri sendiri dgn hal2 simple kek nyalon, beli sesuatu yg aku suka termasuk mandi dan pake yg wangi2. Aku nyoba pilihan mbak uniek yg botol ijo and i like it. Suegeerr

    ReplyDelete
  31. Poin mencintai diri sendiri dan menerima ketidak sempurnaan bagi perempuan adalah kunci untuk bahagia Btw aku paling suka varian soft beauty dari Vitalis nih

    ReplyDelete
  32. Whainiiiii, seneng aku di artikel Mbak Uniek ada penjelasan top notch, medium dan base fragrancenya. Jadi buat yang belum pernah nyobain Vitalis kaya aku, bisa kebayang baunya mana yang cucok sama kepribadian. Kayanya aku bakal suka sama yang Fresh Dazzle iniiiii!!! Ada Bergamot sama pear di top, jadi pas mandi langsung ces seger dan cemungudh. Lalu musk di base, favorit suami hihihi....

    ReplyDelete
  33. Bener bangeeet. Menerima diri sendiri dan bahagia menjadi diri sendiri itu sangat penting. Dan yang paling penting, biar pede, kita jaga kesehatan an kebersihan diri ya. Salah satunya dengan mandi ini.

    ReplyDelete
  34. Menerima diri sendiri serta bisa membuat orang bahagia itu sangat menyenangkan ya mbak. Kalau aku juga senang menjaga kesehatan dengan Vitalis Body Wash terkhusus White Glow karena menyenangkan banget.

    ReplyDelete
  35. bener banget mbak,,, kadang suka mbanding2in diri sndiri sama org lain alhasil capek batin sndiri. kurang bersyukur kali yaa


    btw aku juga suka yang pake ungu nih,,, enak baunya

    ReplyDelete
  36. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain dan kalaupun melihat orang lain maka lihatlah selalu dari sisi baik mereka supaya kita terpacu melakukan kebaikan yang sama atau bahkan lebih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget bun, aku setuju.
      Jangan melihat buruknya aja ya kan.
      Meski manusia penuh dengan cela.
      Tetap semangat tetap mandi dengan vitalis

      Delete
  37. Bisa aja mbak gambarin kartun Disneynya hehehe.
    Ya bener sekali siapa lagi yang bisa mencintai diri kita kalau bukan kita sendiri ya mbak. Sblm minta dicintai org lain ya kita cintai dulu diri sendiri.
    Bener tu memilih sabun mandi juga kudu menyesuaikan kepribadian dan karakter ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar untuk mencintai diri sendiri dan berhenti membandingkannya dengan orang lain ya, Mbak. Harus lebih banyak bersyukur.

      Delete
  38. Setuju dengan pemikiran untuk mencintai diri sendiri dan jangan selalu membanding-bandingkan dengan orang lain. Karena setiap individu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing ya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang masih terus diasah dalam diri ini adalah keluar dari zona nyaman dan berhenti untuk selalu beralasan dalam menghadapi berbagai tantangan. Noted! Pr banget, Mbak

      Delete
  39. Banyak point yang harus diterapkan untuk diri sendiri.
    Mba Uniek keren, aku berasa abis nonton dongeng tapi banyak banget yang bisa didapatkan. Tetap harus jadi diri sendiri ya mba Uniek, ah aku selalu ingat ini. Makanya penting banget buat jaga badan, biar wangi terus eaaa vitalis ini solusinya ya kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku berasa di dongengin juga, ampe mo lelaaap inii..

      Delete
  40. Stop deh ngebandingin diri sendiri dengan orang lain terus menerus yang ada malah capek hati ya mbak.. yuk ah bahagiakan diri sendiri dengan mandi menggunakan Vitalis body wash sambil menikmati wewangian parfum berkelas hehe semakin betah deh lama lama mandinya.. lupa deh kalo lagi bad mood ya mbak

    ReplyDelete
  41. Mba Uniek, aku tuh termausk orang yang malas keluar dari zona nyaman. Kalo udah nyaman, ogah ganti. Hehhe. Btw, aku juga pakai Vitalis mba :)

    ReplyDelete
  42. mandi pakai vitalis tu menyenangkan sekali, wanginya bikin rileks dan bikin suami sama anakku nempel mulu hahahaa

    ReplyDelete
  43. Wah baru tau nih mengenali karakter berdasarkan aroma parfum, pantesan mengapa aku menyukai wangi white glow ya, tapi varian Vitalis body wash yang lain juga gak kalah oke koq :)

    ReplyDelete
  44. Aku suka Fresh Dazzle, apakah karakterku sesuai dengan Si Ijo? Heheh. Keren ih informasinya beneran komplit dan bikin ngeh kenapa wewangian itu aromanya suka berubah-ubah saat baru dipakai hingga beberapa jam berikutnya. ya karena ada tingkatannya itu tadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Podo aku ya suka si ijo, ku rasa wanginya tu lebih keluar gtu :D
      Mungkin kita adalah jelmaan putri ijo #hallah
      Yg jelas suka banget ada inovasi sabun rasa parfum ke Vitalis :D

      Delete
  45. Your article is like a gem, mbak Uniek. Sampai bisa mengaitkan antara sabun mandi dengan kepribadian para princess hihiiii. Salute! ❤

    ReplyDelete
  46. Setuju dengan 8 hal yang Mbak Uniek sebut. Kita perempuan tuh istimewa dengan kekurangan kita. Mari tetap semangat menghargai diri

    ReplyDelete
  47. Wah dapat pengetahuan baru nih tentang parfum: top, middle dan base
    Serumit itu ya bikin parfum. Pantes kl harga parfum bagus itu mahal

    ReplyDelete
  48. Yups nobody perfect Dan suka banget ilustrasi tentang princess of Disney semua aku suka termasuk keharuman vitalis body wash

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, wanginya endolitaaa banget ya Mba
      Aku sukaak yg ungu, nih
      Relaxing bgt

      Delete
  49. Jadi inget kalau belum mandi.. pas check stok sabun, eh ada juga dirumah sabun vitalis.. mandi ahhh pakai vitalis yang warna hijau.. favorite banget

    ReplyDelete
  50. kadang sebagai seorang ibu, kita lupa memikirkan diri sendiri. Yang dipikirkan hanya suami, anak dan rumah. Kita pun harus punya waktu utk rileksasi salah satunya dgn mandi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, setuju Mbak. Kadang kita lupa untuk me time membersihkan diri dan mendapatkan kesegaran diri dan Fikiran.

      Delete
  51. Me time di rumah emang penting banget apalagi kalau mandi2 manja dengan keharan body wash dari vitalis. Nah yang paling aku suka dan sering gunakan adalan varian white glow karena rasanyaaaa enak dan menyegarkan sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku sukanya yang Fresh Dazzle yang kemasan ijo :D
      Soalnya wanginya lebih strong, abis mandi rasanya jd makin seger kyk namanya :D

      Delete
  52. Akhirnya aku paham apa itu istilah top notes dari postingan Mba Uniek. Biasanya beli parfum, dibilang top notesnya tuh ini bla bla bla aku iya iya aja. Suka baunya ya bungkus. Hihi... Kalau aku dari vitalis body wash ini sudah coba ketiganya dan suka mandi dengan fresh dazzle atau soft beauty. Kalau anakku pilih white glow karena kemasannya pink!

    ReplyDelete
  53. sejak mandi pakai vitalis, kami sekeluarga jadi rain mandi mbak, karena kalau nggak mandi berasa ada yg kurang hehehee

    ReplyDelete
  54. Aiiih...kumplit banget deh tulisan ini. Banyak hal positif yg kudapat dg membacanya. Jadi tahu bgmn cara mencintai diri sendiri dg lbh baik, dpt mencontoh sitat2 positif pada princess daaan...menemukan keharuman Vitalis bodywash di akhir tulisan. Sukaaa deh..

    ReplyDelete
  55. vitalis ini warna packagingnya elegant banget, kak aku suka loh sama parfume vilasi juga, apalagi body washnya ini yang sungguh buat aku merasa segar disepnjang hariku. menjadikankunpercaya diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih kalau body wash kebanyakan keknya belum ada yang seharum Vitalis ini ya mbak. Baru ini yang wnagi banget dan awet harumnya.

      Delete
  56. Wah, jd pingin nyobain Vitalis nih mbak..iya bener jgn lupa berbahagia dan menjd istimewa setiap saat

    ReplyDelete
  57. Duh jd inget masa kecil suka ngayal jd princess spt di dongeng2. Btw karakter princessnya memang patut ditiru. Sy palong suka tuh ga mencari alasan hahah suka alasan sibuk ga bisa dsb padahal ya bisa dikondisikan.

    ReplyDelete
  58. Sungguhan berasa jadi princess abis mandi pakai Vitalis Body Wash yaa, kak Uniek.
    Apalagi dengan wanginya yang segaarr...

    Sungguh bisa membuat kepercayaan diri meningkat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan kak Uniek mengenai wewangian mengingatkanku sama parfum racikan.
      Kalau bener racikannya, serius jadi wanginya "gue banget".

      Delete
  59. Kecantikan yang alami sejatinya berasal dari dalam diri ya. Karena itu cantik rupa saja tidaklah cukup. Hati dan jiwa harus lebih dahulu cantik jika ingin aura cantik menaungi kita.

    ReplyDelete
  60. Aaak. Semua karakter princess ada dalam dirimu muah muah. Vitalisku udah hampir habis nih. Tinggal yg pink karena serumah makai. Kudu beli refillnya nih, udah telanjur cocok wangi segarnya.

    ReplyDelete
  61. Aku ingin hidupku menjadi bermanfaat, setuju banget mba Uniek. Mencintai diri sendiri, percaya kepada diri akan membuat kita makin optimis.
    Tentunya rahasia cantik kayak mba Uniek mandi dengan vitalis nih

    ReplyDelete
  62. Masing-masing kita adalah puteri bagi para orang tua dan orang-orang yang menyayangi kita. Selalu ada sisi istimewa yang mungkin banyak orang tidak tahu.

    ReplyDelete
  63. Mandi menggunakan Vitalis Body wash serasa menjadi lebih istimewa seperti wanita sesungguhnya ya, Mbak. Wanginya mewakilkan kekhas-an seorang wanita

    ReplyDelete
  64. Suka banget bacaanya, apalagi yg bagian princess2...dan bener kata Mba Uniek yg bisa membuat diri ini terasa istimewa ya emang diri sendiri sih, dan self love dgn merawat diri itu bakalan bikin kita merasa spesial juga

    ReplyDelete
  65. aku sih emak 3 putri salju Mba, hihihi. yang jelas dengan mandi juga bikin kita bisa nyaman, hubungan dengan orang lain juga baik, ngak ada yang menjauh karena kita burket, hubungan ama suami juga lengket karena kita wangi meski dasteran,

    ReplyDelete
  66. Jadi pas mandi tuh like a princess yang sedang mandi parfum heheh, apalagi mandi pakai yang whiteglow, harumnya asik.

    ReplyDelete
  67. Aku sedang belajar menantang diri sendiri keluar dr zona nyaman mba. Dan itu gak mudaah.. Apalagi kalo drakor godaannya..haaa

    ReplyDelete
  68. Kadang yang membuat sulit itu berdamai dengan diri sendiri, tapi 8 hal yang dikasih tau mbak Uniek alhamdulillah sudah ku terapkan.

    ReplyDelete
  69. Ijin quote yang Treat yourself with the same kindness you show other people
    (Dominique Bertolucci dalam buku The Kindness Pact). 🏒

    Tadinya kupikir tulisan ttg karakter ternyata tentng wangi seharian pakai vitaliss

    ReplyDelete
  70. Saya tuh pertama tau fragrance note dari novel aroma karsa mbak...
    Enak ya wanginya vitalis body wash...

    ReplyDelete
  71. Dimana mana review sabun Vitalis body wash. Jadi penasaran sama wanginya nih. Cobaa aah

    ReplyDelete
  72. almost I am done apa yang dikatakan oleh Dominique Bertolucci, meski nomor 1 masih kadang-kadang suka muncul, dan mempengaruhi semuanya, but overall I can control, absolutely I love myself

    ReplyDelete
  73. Putri-putri dari negeri dongeng yang nggak cuma cantik, tapi juga punya kepribadian yang kuat.
    Aku pun ingin menjadi wanita istimewa, badan segar dan harum, otak smart dan juga punya karakter kuat

    ReplyDelete
  74. Ternyata aroma parfum ada berbagai tingkatan juga, ya. Berarti nanti bisa tercium aroma marshmellow, ya. Unik juga.

    ReplyDelete
  75. Iih, gemes banget... bisa aja mbak Uniek menghubungkan wangi parfum dan karakter-karakter Disney. AKu sukanya sama Mulan, tapi bukan Mulan Jameela hehe. Tapi kalau Vitalis sama kaya mbak Uniek.. sukanya yang warna hijau... baunya seger terus menyegarkan banget. Jadi bikin pengen mandi terus.. padahal biasanya aku malas mandi.

    ReplyDelete
  76. Duuh, aku poin 6. Mencoba keluar dari zona nyaman. Masih belum berani akutu, huhu. Terkadang juga masih suka ngeles dengan sejuta alasan. Mesti belajar lagi aku untuk menjadi yang teristimewa, buat berani menantang diri sendiri ya

    ReplyDelete
  77. 8 point diatas mewakili banget mba dan bener2 kalo bisa tercapai kita bisa mencintai diri sendiri dengan optimal.

    ReplyDelete
  78. Berasa jadi princess deh sayaa Mbak baca artikel Mba Uniek ini...btw makasih tips2nya buat diri sendiri itu. Setuju banget Mbak... kl kita gak baik memperlakukan diri sendiri bakalah gak baik juga ke orang yahh. thanks

    ReplyDelete
  79. Karena banyak yang me-review Vitalis Body Wash aku jadi pingin mandi lagi heheheh wanginya itu lho

    ReplyDelete
  80. Setuju banget nih mba. Cintai diri sendiri dan jangan membanding-bandingkan. Karena no body perfect ya kan..love this article

    ReplyDelete
  81. Ini lengkap banget penjelasan soal wanginya Vitalis Body Wash. Jadi yang mau coba, bisa ngira-ngira dulu yaaa meskipun ga menghirup langsung hehehe.

    ReplyDelete
  82. Abis ikutan olahraga terus mandi deh pakai ini duhhh enak bangett seger deh malah betah mandinya heheh

    ReplyDelete
  83. Vitalis ini banyak banget variannya yang bisa disesuaikan dengna kita ya Mba Uniek, jadi bahagia. Mandi dengan wangi yang kita suka, aku yang pink mau abis. Jadinya pink emang cocok kali ya buatku yang lain masih banyak wakakak

    ReplyDelete
  84. Buatki salah satu yang membangkitkan mood baik itu kalo fresh selesai mandi sabunnya wangi

    ReplyDelete
  85. Wah mantul mba, sampe karakter disney ada aku ga perhatiin detail tp baca ini oh iya bener juga karakter si putri2 ini..btw aku juga pake vitalis nih syka wanginya

    ReplyDelete
  86. Waw mantap nih penjelasannya Mba. Banyak sekali yg sudah mereview vitalis ini, jadi tertarik mau coba juga.

    ReplyDelete
  87. Masing-masing karakter punya kesenangan tersendiri dalam memilih wewangian yah. Aku pun suka mandi parfum Vitalis dengan varian yang hijau.

    ReplyDelete
  88. Bener banget sih karakter2 tersebut punya sifat yang harus ditiru juga, btw aku juga setuju kalo kita wangi bisa meningkatkan kepercayaan diri kita

    ReplyDelete
  89. Paling senang dengan aroma yang diberikan Vitalis ini mbak dan senang dengan white glow karena memberikan kelembutan dan relaksasi.

    ReplyDelete
  90. Kluar kamar mandi berasa princess. Setuju bgt aku, krna wanginya semerbak banget dan tahan lama juga. Duh cinta bgt

    ReplyDelete
  91. Wah seneng banget deh mandi pakai vitalis body wash. Beneran menghadirkan sensasi mandi parfum terus tanpa perlu pakai parfum lagi. Jadi pengen mandi terus. Harum Sepanjang hari. Kalau aku sukak yang hijau si fresh Dazzle. Aromanya cocok dan bikin segar. Hihihi jadi kayak princess yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem mabk aku juga paling suka si Fresh Dazzle, menurutku wanginya tu strong dan tahan lama bbrp waktu setelah mandi hehe

      Delete
  92. Makasih Mbk sharingnya.. Memanjakan diri sendiri memang penting banget ya Mbk. Kok aku jadi pengen mandi parfum juga yak, biar wangi hehe

    ReplyDelete
  93. aakh.. aku belum nonton pocahontas, kayaknya seru ya, harus nonton .
    mandi pakai vitalis bodywash memang menyegarkan, wanginya enak dan tahan lama, mskipun gak pake parfum bisa tetep pede

    ReplyDelete
  94. Kalau akujuga pake vitalis dong, dan aku pakainya yang hijau, wanginya bikin Freshh. Memanjakan diri aku banget

    ReplyDelete
  95. seru banget mba Uniek pembahasan dari tokoh-tokoh Disney itu aku itu selalu ngefans sama sosok Pochahontas nih!

    ReplyDelete
  96. Wohohoho.. saya jadi paham deh soal wangi parfum serta hubungannya dengan karakter manusia. Dan itu bener loh, Mba. Memang tipikal karakter saya macam pocahontas, suka berpetualang. Semakin sempurna kecocokannya, karena saya pun suka dengan wangi vitalis fresh dazzel dibanding 2 varian vitalis lainnya. Wanginya segar. Jadi klop kaan.

    ReplyDelete
  97. Aku baru tahu kalo fragrance ada layer2nya. Btw, aku juga pake vitalis mba. Skrg lg pake yg ijo, yg ungu ud abis duluan 🀭

    ReplyDelete
  98. Saya orangnya nggak pedean alias minder mbak, jadi tertantang untuk keluar dari zona nyaman dan lebih ekspresif nih hehe. Hhmmm, kira-kira bisa nggak yaaa ...

    Mungkin wangi sabun mandi vitalis bisa meningkatkan rasa pede saya ya. Jadi pengen beli nih, apalagi harganya terjangkau, masih mampulah saya membelinya :)

    ReplyDelete
  99. Saya belum pernah pake body wash Vitalis nih Mbak. Jadi penasaran deh sama wangi parfumnya. Pasti bikin mood kembali segar dan bersemangat mih. Oh ya, anak-anak juga pasti suka ya dengan wanginya.

    ReplyDelete
  100. Betul banget, jadi betah deh di kamar mandi kalau mandinya pakai vitalis body wash ya. Badan jadi segar dan wangiii. Sudah nggak perlu semprot2 parfum lagi habis mandi, pikiran juga jadi fresh.

    ReplyDelete
  101. Mandi itu super duper menyenangkan.
    Mandi aroma parfum Vitalis, super relaxing.
    Ini semua bikin mood booster dan meningkatkan imunitas tubuh ya

    ReplyDelete
  102. Bisa wangi sepanjang hari ini kalau pakai Vitalis

    ReplyDelete
  103. Saya pakai Vitalis parfum/body spray.. Emang aromanya enak dan menyegarkan meski saya laki-laki.. kalau mandi, saya pakai sabun antiseptik Mbak.. bau obat gitu deh.. makanya, kehadiran vitalis body spray mampu mengembalikan rasa PD saya saat bertemu dengan teman-teman dan mamah-mamah muda :)

    ReplyDelete
  104. woww aku juga pake vitalis nih.. suka sama wanginya... seger.. beneran kayak mandi parfum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi pas lagi panas-panasnya yaa, kak Di.
      Paling seger mandi pakai Vitalis Body Wash.

      Delete
  105. Mantapppp....wangi atau pemilihan aroma sabun bisa juga jadi moodbooster kita yaa... Kayaknya kudu coba nii body washnya vitalis

    ReplyDelete
  106. Jadi ingat, aku pernah terpesona oleh salah satu wewangian yang aku cium saat kebagian duduk di aisle seat entah ke mana. Gak bisa terlupa aromanya dan penasaran. Sayangnya nggak pernah ketemu lagi sama yang memakai parfum itu atau orang lain yang memakai wewangian sama. Sekian lama kemudian, aku cium lagi aroma parfum itu dan tentunya, langsung cari tahu. Istimewa memang ya, dampak wewangian kalau aromanya cocok di hidung. Bertahun-tahun nggak terlupakan, eh :P

    ReplyDelete
  107. Mandi parfum gini emang beneran jadi mood booster ya mbak.. Abis mandi itu bawaannya jadi fresh dan hepi

    ReplyDelete
  108. Vitalis pernah pakai ...suka aromanya 😍

    ReplyDelete
  109. Ada princess princessnya..wanginya emang bikin kita kayak bintang

    ReplyDelete
  110. Tulisan di awal tentang karakter ituu baguss juga. Jadi tau nihh sbeenrnya saya masuk ke karakter yang mana :) Vitalis ini ngerti karakter perempuan yaa, makanya bisa menciptakan varian Vitalis Body Wash sesuai karakter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata ngaruh banget ya karakter princess di Disney mana yang cocok untuk kita, dengan body wash dari Vitalis. Tapi emang karakter Vitalis body wash ini kuat dengan wanginya yang mantap

      Delete
  111. Perempuan itu berharga, bak bintang Dan princess. Makanya mandi pakai vitalis bodywash berasa dimanjain banget. Wanginya mewah. Aku suka yang pink

    ReplyDelete
  112. Wah, suka banget sama tulisannya yang memadukan jenis harum Vitalis sama karakter Princess. Saya paling suka yang hijau memang wanginya segar cocok untuk princess yang suka bertualang di alam bebas.

    ReplyDelete
  113. Jadi pengen ada wewangian pangeran kian santang...

    ReplyDelete
  114. Suka dengan ulasannya terkait karakter perempuan yang ada dalam film Disney. Yup setiap perempuan emang terlahir istimewa, berharga bagai bintang dan seorang putri. Well saya juga sudah merasakan sensasinya mandi parfum dengan sabun Vitalis yang rasanya uwoow banget.

    ReplyDelete
  115. Suka banget deh awalnya cerita tentang diri kita dan ada image jagoan perempuannya mb, aku kayanya suka karakter pocahontas dulu pernah main games- mirip itu kayanya hahahah. Mandi pakai sabun Vitalis pastinya seger dan bikin badan ademm juga ya k. Wangi fresh dazzle-nya segerr banget suka sama vitalis ini.

    ReplyDelete
  116. huwoww kumplit n keren ulasannya mak :D
    aku suka vitalis yg pink berarti aku romantis kaaan

    ReplyDelete
  117. Suka lah pada Vitalis Body Wash ini. Fungsi gandanya itu lho. Selain sebagai pembersih badan, melembabkan dan memberikan sensasi mandi parfum itu. Sepertinya belum ada sabun mandi yang seperti ini

    ReplyDelete
  118. Nuansa romantic, dreamy, sweet dan full of imagination terasa saat mandi dengan lembutnya busa Vitalis body wash varian botol pink ya mba

    ReplyDelete
  119. Banyak banget yang pake, jadi pengen coba juga. Yang fresh dazzle kayaknya cocok deh buat saya...

    ReplyDelete
  120. Dari ketiga sabun Vitalis Body Wash aku suka yang pink, wanginya lembut banget mbk. Mbkkk ngefans sana tulisannya, komplit bangetttt ^^

    ReplyDelete
  121. Ternyata rak toilettries kita sama, ada vitalis body wash di sana. Memang menjadi istimewa bagaikan bintang rasanya setelah memakainya. Kusuka tulisan ini lengkap sekaliii

    ReplyDelete
  122. cerdas.
    Memang, warna saja bisa mewakili karakter seseorang. Saya tu nggak pernah sukses nyimak cerita pocahontas, entah film, entah buku, entah kenapa. Padahal princess disney lainnya udah hapal di luar kepala. Jadi selamat mbak. Ini adalah pertama kalinya saya baca kisahnya pocahontas :D
    Beberapa teman saya yang menunjuk dia suka vitalis yang mana, memang terlihat kok mewakili karakter dirinya yg bagaimana

    ReplyDelete
  123. Daku sudah coba yang Fresh Dazzle dan White Glow, penasaran sama aroma parfumenya yang Soft Beauty.
    Kalau mandi sama vitalis body wash bisa berlama-lama saking pengen ngerasain harumnya.

    ReplyDelete
  124. Wiwin | pratiwanggini.netApril 8, 2020 at 11:14 AM

    Sukaaaaa saya pake Vitalis body wash ini. Jelas bikin makin rajin mandi karena kelembutan dan keharumannya yang awet ituhhhh.. Btw poin 6 dan 7 dari 8 hal istimewa itu masih lumayan menempel pada diri saya nih, mba.. :D

    ReplyDelete
  125. Wah, jadi penasaran nih pengin nyobain vitalis body wash. Biar badan jadi segar dan jadi tambah semangat bersemangat beraktifitas.

    ReplyDelete
  126. Aku juga udah nyobain 3 varian Vitalis Body Wash dan semua wangi parfumnya aku suka banget, memang bikin rileks wangi parfumnya, lumayan buat emak-emak seperti saya yang setiap hari ribet ngurusin anak-anak terutama saat stay at home ini...wkwkwk, bikin kepribadian emak jadi turun drastis...hahaha.

    ReplyDelete
  127. Jadi berpikir, untuk tokoh disney yang disebutkan kira-kira aku yang mana ya..hihi...btw aku juga sudah pakai vitalis body wash. Dan bener, wanginya tahan lama...

    ReplyDelete
  128. Aku mba model yang suka ga pede keluar zona nyaman. Ya gini ae tapinya πŸ˜‚
    Nyobain ah pakai vitalisss biar makin se Echa banget

    ReplyDelete
  129. Noted Mbak, dari ketidaksempurnaan wanita bisa terus belajar menerima keadaan ya, menjadikan diri lebih berkembang dan mencapai bahagia dengan melakukan step step di atas. Makasih ilmunya Mbak.

    ReplyDelete
  130. Jadi lebih istimewa memang kalau pas mandi parfum gini, dimanjain banget deh sama Vitalis yah, harumnya itu loh

    ReplyDelete
  131. Wah Vitalis oke banget kayanya ya. Aku masih penasaran dengan yang Fresh Dazzle. Aku sendiri pernah suka banget dengan Aurora karena dia independen, main aja di hutan sama binatang, hehe

    ReplyDelete
  132. mandi pakai sabun vitalis itu emang enakkeun pisan, suka banget juga mandi pakai ini tuh. emang abis mandi tuh kaya princess ya wangi terus soalnya hihi

    ReplyDelete
  133. Aroma wanginya sampe sini mbak wkwk baca sambil bayangin Vitalis

    ReplyDelete
  134. wah dikira princess disneynya juga mandi sabun. aku suka banget sama karakter pocahontas hihi. jadi nostalgia ya, btw jadi kepingin nyoba sabun vitalis deh mbak

    ReplyDelete
  135. nice share mba... 3 warna kemasan vitalis menggambarkan karakter ya mba. aku suka pink

    ReplyDelete
  136. Noted untuk 8 pesan istimewanya, mbak. Memang istimewa itu, harus dimulai dari diri sendiri dulu ya. Menyukai diri, mencintai diri, supaya orang lain melihat unner beauty kita dg baik

    ReplyDelete
  137. Kece tulisannya mbak..
    Baru tahu aku klo wewangian itu punya karakter tersendiri
    Btw Q sudah coba smua jenis vitalis
    Favoritku yg pink

    ReplyDelete
  138. Pokoknya mah ya..mandi pakai vitalis body wash bikin berasa cantik, wangi bagai putri hehehe.Aku suka yang aroma fresh dazzel, bikin mood membaik

    ReplyDelete
  139. Mandi dengan Vitalis emang menyegarkan banget ya, Mbak. Aku paling suka dengan yang pink, walopun 2 variant lainnya juga nggak nolak. Semua memiliki wangi yang menggoda, sama dengan pesona 3 putri di atas.

    ReplyDelete