17 Juni 2022

140 Karyawan JNE Diberangkatkan Umrah Tahun 2022 Setelah Dua Tahun Pandemi

 
jne berangkatkan 140 karyawan umrah ke tanah suci

Sampai sekarang masih terngiang-ngiang pertanyaan petugas biro haji dan umrah yang membantu perjalanan umrah ibuku sekitar 5 tahun yang lalu. Saat itu si bapak yang penuh wibawa tersebut bertanya: Mengapa tidak menemani ibunda umrah?

Seandainya si bapak itu memahami keinginanku yang membuncah untuk bisa segera menjejak tanah suci masih berbanding terbalik dengan kondisi keuangan yang ada, pasti beliau akan ikut sedih merasakannya. Kondisi keuangan memang masih terbatas saat itu, dana yang ada hanya bisa untuk ibu saja.

Tak putus-putus doa yang terlantunkan agar segera bisa diijinkan untuk menjadi tamu di Baitullah. Tentunya semua umat muslim pun mengikhtiarkan hal yang sama. Siapa sih yang tak ingin melakukan perjalanan ibadah ke Tanah Suci?



Perjalanan Ibadah ke Tanah Suci yang Mengharukan Bagi 140 Karyawan JNE

 
Melakukan perjalanan ibadah ke Tanah Suci yang meliputi Mekah-Madinah, baik itu umrah maupun haji, tentunya menjadi impian setiap umat muslim di seluruh dunia. Selain harus berada dalam kondisi fisik dan mental yang bagus, untuk melakukan perjalanan ini dibutuhkan pula dana yang tidak sedikit untuk bisa menjalankan ibadah tersebut. 

Sampai saat ini, hati ini terus mengharapkan segera tiba saatnya untuk bisa menjejakkan kaki di Tanah Suci. Ya, biaya yang harus dikeluarkan pastilah tidak sedikit. Hal tersebut tentunya akan terbayarkan dengan rasa haru yang bakalan menyeruak tatkala menginjakkan kaki di Tanah Suci terutama di depan Ka’bah. Selama ini sudah sering membaca dan mendengarkan cerita, banyak jamaaah yang terharu hingga menangis saat berada di sana. Ibuku pun menceritakan hal yang sama, yang kudengarkan sembari berkaca-kaca, membayangkan kapan mimpiku untuk bisa pergi umrah ataupun berhaji segera terlaksana. 


umroh jne


Mungkin rasa haru tak terbendung itulah yang akan kurasakan ya jika nanti sudah diijabah oleh Allah untuk bisa datang ke Tanah Suci. Seperti yang dialami oleh 140 orang Ksatria dan Srikandi JNE ini, sebutan bagi karyawan JNE yang menjadi jamaah umrah kloter pertama yang mulai berada di sana pada 16-24 Mei 2022 yang lalu. Mereka mengaku terharu dan bangga hingga meneteskan air mata saat pertama kali berada di Masjidil Haram di depan Ka’bah.   
 
“Setelah dua tahun sempat tertunda akhirnya para karyawan ini dapat diberangkatkan kembali ke tanah suci."
~M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE 


Menurut M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE, kegiatan memberangkatkan umrah karyawan JNE ini dilakukan sesuai dengan amanah yang diberikan oleh ayahanda beliau, sekaligus founder JNE (Alm) H. Soeprapto Soeparno, yang menggagas umrah gratis bagi para karyawan JNE yang sudah mengabdi kepada perusahaan selama lebih dari 12 tahun. 


jne berangkatkan 140 karyawan ke tanah suci


Karyawan yang berangkat umrah tersebut berasal dari berbagai kantor cabang JNE, seperti dari Jakarta, Tangerang, Cilegon, Bandung, Cirebon, Purwakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Pontianak, Sidoarjo dan juga cabang utama yang lainnya. Mereka tampak serius dan antusias mengikuti seluruh rangkaian ibadah umrah yang dipandu oleh Ustadz Akhyar Mahpudin.

“Suasana Kota Mekah begitu luar biasa indahnya, membuat perasaan saya menjadi terharu. Seperti mimpi yang menjadi kenyataan, karena jika mengingat Mekah yang tertuju adalah Ka’bah. Di depan Ka’bah saya menangis karena Allah telah mengabulkan doa saya untuk bisa sampai ke Mekah ini.” 
~Dara, jamaah umrah dari JNE Medan
 
Ada pula yang spontan menangis ketika pertama kali melihat Ka'bah di Masjidil Haram. Karyawan JNE bernama Edi, peserta rombongan dari Departemen EGD JNE Pusat Jakarta, menangis karena teringat semua kesalahan dan dosa-dosanya. Saat di Tanah Suci, Edi mendapatkan berbagai keajaiban dan kenikmatan, selalu mendapatkan kemudahan di awal waktu, misalnya sarapan di awal maupun mendapatkan pembagian kunci kamar di awal. Sungguh, yang seperti ini menjadikan kita sebagai makhluk Allah yang penuh rasa syukur. 

Salah seorang Ksatria JNE lainnya bernama Yunus juga memberikan testimoni. Dia merasa sangat bersyukur menjadi karyawan JNE, dimana perusahaan tersebut punya program memberangkatkan umrah karyawannya. Hal itu sudah lama menjadi impiannya. Umrah ini juga menjadi kado istimewa dari Allah bagi Yunus, karena  tanggal keberangkatan 15 Mei 2022 merupakan hari ulang tahunnya. Masya Allah, sungguh membuat merinding deh penuturan dari Yunus ini. 

Karyawan lainnya, Bubun Bunyamin pun mengaku sangat bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada JNE yang telah memberangkatkan karyawannya, termasuk dirinya yang telah bekerja lebih dari 12 tahun di JNE Cilegon.  Baginya, ini rezeki dari Allah melalui JNE sehingga dia bisa berangkat ke Tanah  Suci Mekah. Saat berada di sana, Bubun Bunyamin fokus ibadah dan berdoa untuk keluarga dan juga untuk kemajuan JNE. 

Impian untuk bisa bersujud di depan Ka'bah ini juga sama denganku loh. Semoga saja mimpiku dan mimpi teman-teman semua untuk bisa pergi ke Tanah Suci segera diijabah yaa... Aamiin... Aamiin...

Salah satu persiapan penting untuk menjalankan ibadah dengan khusyu' adalah dilakukannya manasik. Salah seorang Srikandi dari JNE Sidoarjo Jawa Timur Devinta, membagikan informasi tentang hal ini. Baginya, manasik umrah merupakan bekal ilmu yang harus dimiliki, sehingga nantinya saat di Tanah Suci tidak ada lagi keraguan dalam menjalankan rangkain ibadah umrah.


jne berangkatkan 140 karyawan ke tanah suci


Momen yang sangat berkesan ketika umrah salah satunya adalah saat masuk ke Masjid Nabawi ke area Raudhah. Antusias jamaah untuk masuk ke sana luar biasa, sampai antri dan berdesakan. Dibutuhkan kesabaran untuk bisa masuk ke area yang ada makam Rasullullah Muhammad SAW dan sahabat Abu Bakar serta Umar bin Khatab tersebut. Hal ini dinyatakan oleh Yeni, jamaah umrah dari sekretariat JNE Semarang. Dia sangat terharu karena merasa diberikan kemudahaan untuk dapat melaksanakan sholat di Raudhah. 
 
Pengakuan juga datang dari Yuda Hermawan. Jamaah umrah dari JNE Solo ini juga mengaku bangga dan terharu bisa menjadi tamu Allah. Saat itu yang teringat di dalam pikirannya adalah dosa-dosa selama hidup. Tak terasa, saat memikirkan hal itu, dia sampai meneteskan air mata dan seakan tidak percaya kalau akhirnya bisa melihat Ka’bah secara langsung dan nyata. 
 
Dalam perjalanan menuju Ka’bah dirinya bertemu dengan seorang kakek yang terlepas dari rombongan keluarganya. Atas inisiatif dari Ustadz pemimpin rombongan JNE menyarankan untuk menyelesaikan tawaf. Selama tawaf Yuda dan rekannya Agus menggandeng Sang Kakek agar tidak terlepas dari rombongan JNE. Setibanya di bukit Safa akhirnya Sang Kakek bertemu kembali dengan keluarga dan rombongan jamaahnya. Saat itu Yuda lega sekaligus bersyukur karena Sang Kakek dapat berkumpul kembali dengan keluarganya. Ketika tawaf sambil menggandeng Kakek tersebut rasanya kedua almarhum orangtuanya menyertai badal umrah yang dilakukannya untuk mereka. Masya Allah....

Tak kunjung henti rasa haru ini membaca berbagai kisah yang disampaikan oleh Ksatria dan Srikandi JNE di atas. Banyak sekali pelajaran hidup yang bisa ditimba dari pengalaman mereka yang tak menyangka akhirnya kesempatan untuk beribadah ke Tanah Suci bisa terlaksana.


jne berangkatkan 140 karyawan ke tanah suci


Salut dengan semangat yang diusung oleh JNE yang tak putus menjalankan amanah dari pendirinya untuk memperhatikan kesejahteraan karyawan, temasuk dalam hal ibadah ini. JNE sebagai perusahaan yang amanah dan memperhatikan kesejahteraan karyawannya, tentu saja akan memiliki karyawan yang loyal dan memiliki semangat kerja yang bagus. Segala doa terbaik yang dipanjatkan oleh karyawannya maupun pihak-pihak lain yang sudah sangat terbantu oleh JNE, semoga bisa menempatkan JNE sebagai perusahaan logistik terdepan di bidangnya. 
  

35 komentar:

  1. Umrah, luar biasa rasanya saat bisa menunaikan rukun iman yang terakhir ini. Sukses selalu untuk JNE, salut sama program-programnya yang membantu banget. Mulai dari meningkatkan UMKM, berbagai kebahagiaan, sampai memberangkatkan umrah karyawan. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Wah, Puji Tuhan. Senang sekali tahu kabar baik ini. Denger kabar juga kalau sudah semakin banyak yang diberangkatkan ke Tanah Suci, ya. Semoga jadi berkah.

    BalasHapus
  3. Luar biasa banget, komitmen dan inovasi serta perjuangan yang sudah tertorehkan. Gak heran JNE bisa terus konsiten dan menjadi vendor layanan kirim barang terbaik di Indonesia. Bukan hanya berfokus kepada layanan kepada konsumen dan masyarakat, tapi para pegawai dan karyawannya juga sangat amat diperhatikan. Luar biasa

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, senang sekali mendengar kabar bahagia ini. Bangga sih sama berbagai program yang dilakukan oleh JNE selama ini, semoga JNE tetap eksis selamanya.

    BalasHapus
  5. Wah keren JNE. Sy pernah liputan ke kantornya sekali, emang terasa banget aura kekeluargaannya. Semoga semua karyawan jne bisa berangkat ke tanah suci.

    BalasHapus
  6. Subhanallah, keren banget JNE. Semoga semakin sukses ya buat JNE. Pasti seneng banget karyawannya ya

    BalasHapus
  7. Wah luar biasa JNE
    Seimbang sekali untuk urusan kesejahteraan karyawan, baik lahir maupun batin
    Bukan hanya kebutuhan duniawi, kebutuhan spiritual juga terpenuhi

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah ya, meski sempat off karena pandemi, sekarang sudah bisa memberangkatkan lagi, semoga ke depannya semakin kondusif dan normal seperti sebelumnya

    BalasHapus
  10. Masyaallah senangnya yang berangkat umrah, ya. Gratis, lagi. JNE gitu, lo... Moga barokah deh buat semua

    BalasHapus
  11. Saya cumak bisa berdoa dan berharap, semoga JNE bisa terus mempunyai program Unggulannya. Terutama ibadah haji dan atau umroh

    BalasHapus
  12. Keren banget ya JNE, nggak tanggung-tanggung lo berangkatin karyawan umroh langsung 140 orang. Semoga sebagai karyawan, saya punya kesempatan seperti karyawan JNE juga. Diberangkatin umroh sama kantor. Aamiiiin.

    BalasHapus
  13. Salut untuk JNE yg memberangkatkan umroh para karyawannya. Semoga ke depannya program ini bisa terus betjalan. Maju terus untuk JNE, sukses untuk JNE. Barakalloh.

    BalasHapus
  14. Bahagia banget dong pastinya para karyawan JNE yang bisa umrah diberangkatkan oleh JNE. Sukses terus untuk JNE dengan program-program yang keren dan unggul.

    BalasHapus
  15. Salut utk JNE dengan program kerennya ini. Salah satu upaya memberi penghargaan kepada karyawan sekaligus meningkatkan etos kerja ya.. Semoga berkah utk semuanya

    BalasHapus
  16. Amin yaAllah mbak semoga kita segera dipanggil ke rumah Allah ya. Haruuu banget di musim haji gini banyak yg posting. InsyaAllah banyak cara menuju Ka'bah ya, kayak JNE dgn program seperti ini :")

    BalasHapus
  17. Masya Allah kebayang gimana perasaan mereka, para ksatria dan Srikandi JNE yang diberangkatkan umroh. Cerita di tanah suci memang selalu bikin haru, pasti banyak kenangan indah yang menjadi pengalaman baru. Semoga Mba Uniek dan keluarga juga mendapat kesempatan pada waktu terbaik bisa beribadah umroh dan haji, aamiin

    BalasHapus
  18. Keren banget JNE program programnya selalu berfaedah, kemaren aja support UMKM sekarang berangkatin umroh karyawan. Pantes aja selalu JNE selalu eksis dan berkembang pesat bisnisnya.

    BalasHapus
  19. ma syaa Allah JNE mantab sekali makin berkah dan meluas karena memberangkatkan karyawannya umroh, ma syaa Alalh keren banget, sambil ikut doa semoga Allah juga izinkan kami ke sana huhu

    BalasHapus
  20. Pantas JNE selalu mendapatkan hati dimasyarakat ya Mba Uniek. Selalu. Mensejahterakan karyawan dan juga konsumennya yang sudah pake jasanya. Patut dijadikan inspirasi perusahaan lain ini.

    BalasHapus
  21. Ya Allah aku ikut terharu bacanya. Pasti happy banget yang diberangkatkan Umroh. Keren banget deh JNE, nggak cuma sering membahagiakan customer, tapi juga karyawannya. Semoga berkah selalu deh.

    BalasHapus
  22. Kayaknya baru JNE ini ya Mba ekspedisi yang segitu memperhatikan karyawan sampai diajakin umroh. Terharu banget sama para atasan mereka

    BalasHapus
  23. MasyaAllah, senang banget lihat mereka para Srikandi dan Ksatria JNE yang bisa berangkat Umrah di tahun ini ya Mbak, semoga kita juga bisa seperti mereka ya, jadi tamu Alllah, Aamiin :)

    BalasHapus
  24. Dapat pertanyaan seperti di awal tulisan ini rasanya gimana gitu ya ....
    Sama sih, Mbak Unik, pengen juga bisa ke baitullah. Para pegawai JNE ini beruntung ya, masya Allah ... semoga JNE rezekinya lancar, tahun depan bisa memberangkatkan karyawan lainnya lagi.

    BalasHapus
  25. Dapat pertanyaan seperti di awal tulisan ini rasanya gimana gitu ya ....
    Sama sih, Mbak Unik, pengen juga bisa ke baitullah. Para pegawai JNE ini beruntung ya, masya Allah ... semoga JNE rezekinya lancar, tahun depan bisa memberangkatkan karyawan lainnya lagi.

    BalasHapus
  26. maasya Allah keren banget JNE.. barokallah. pasti happy bangeet itu yang kebagian rezeki dapat ke tanah suci. semoga terus maju dan bisa menyejahterakan karyawannya terus yaa JNE

    BalasHapus
  27. MasyaAllah gak tanggung-tanggung, karyawan yang diberangkatin Umroh ada 140 orang. Senangnya mendapat penghargaan yang layak dari perusahaan bekerja. Selamat JNE selalu suka dengan semangat ownernya yang tidak saja bekerja tapi juga menyejahterakan karyawannya.

    Semoga kelak saya pun bisa dimampukan Allah bisa berangkat umroh suatu saat, Aamiin ya Allah

    BalasHapus
  28. Program JNE ini bagus sekali jadi semakin banyak karyawan yang semangat kerja. Semoga kebaikannya dibales dengan lancar bisnisnya. Amin πŸ™

    BalasHapus
  29. Duh keren banget JNE ga kebayang pahalanya itu luar biasa, pengen banget bisa jadi pengusaha seperti JNE ini. Semoga menginspirasi yang lain juga... :D

    BalasHapus
  30. Keren memang ya JNE. Program sosialnya banyak bangeeet. Yang gak cuma intern tapi juga ekstern. Dan yang ini, wow, memberangkatkan sekian banyak karyawannya untuk umroh. Masya Allah. Semoga semakin sukses deh JNE. Dan semakin bermanfaat bagi semuanya.

    BalasHapus
  31. Masya Allah..mereka pasti senang banget. Kebayang gimana kontribusi mereka selama ini bekerja dengan amanah di kantornya, Insya Allah dinilai pahala oleh Allah SWT, dapat rezeki tambahan pula diberangkatkan umrah gratis. Senangnya..

    BalasHapus
  32. Masyaallah, senang sekali bisa diberangkatan oleh JNE, semoga pahalnya mengalir deras terus menerus ya

    BalasHapus
  33. Ikut senang baca testimoninya. Jadi pingin direkrut sebagai karyawan JNE, hehe..
    Sebuah apresiasi yang teramat keren diberikan perusahaan untuk stafnya. 140 orang itu banyak lo

    BalasHapus
  34. Merindiing baca artikel kak Uniek.
    MashaAllah~
    Betapa Allah sangat murah jika sudah memberikan hambaNya rejeki. Melalui JNE, alhamdulillah berangkat 140 jamaah dan dengan ijinNya maka segalanya dimudahkan.

    Barakallahu fiikum.
    semoga JNE sejahtera dan bermanfaat selalu.

    BalasHapus
  35. Mantap banget nih programnya JNE. Sangat mempedulikan kesejahteraan karyawannya ya termasuk untuk urusan ibadah yg menjadi impian umat muslim, berangkat ke tanah suci. Syukur juga kondisi saat ini sudah membaik sehingga ibadah umrah maupun haji dapat kembali dilaksanakan

    BalasHapus