04 Agustus 2022

Pentingnya Corporate Social Responsibility (CSR) bagi Perusahaan

 
Sering dengar atau baca kan istilah CSR yang dilakukan oleh berbagai perusahaan? Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan CSR?



Orang awam kadang mikirnya gini, ngapain sih sebuah perusahaan repot-repot melakukan ini itu kepada masyarakat, yang kadang-kadang kerepotannya itu tidak ada kaitannya dengan lini bisnis yang dijalankan. Aaahh... ada maunya nih pastinya.

Yang mungkin belum dipahami oleh sebagian besar orang, setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan di mana dia berada. Tanggung jawab sosial inilah yang kemudian kita kenal sebagai CSR atau Corporate Social Responsibility

Perusahaan tumbuh dan berkembang tidak sekadar mencari profit dan imbal hasil untuk para pemegang saham. Perusahaan juga harus memiliki kebermanfaatan lainnya kepada masyarakat hingga lingkungan. Oleh karena itu, perusahaan harus secara sukarela memberikan ”kompensasi” kepada semua stakeholder.

Corporate Social Responsibility (CSR) dipraktikkan oleh perusahaan sebagai komitmen untuk memberikan kontribusi pada pembangunan ekonomi sekaligus memperbaiki kualitas hidup angkatan kerja dan keluarganya serta komunitas lokal dan masyarakat secara keseluruhan. 

CSR ini juga menjadi bentuk tanggung jawab perusahaan atas dampak yang mungkin timbul di dalam  masyarakat, biasanya terkait dengan masalah sosial dan lingkungan hidup. Jadi tak bisa dipungkiri lagi, perusahaan harus memiliki komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitarnya. Berkontribusi melalui  sumber daya perusahaan yang dimiliki merupakan wujud kepedulian perusahaan pada lingkungan.


Piramida tanggung jawab sosial perusahaan, sumber : firstmedia.co.id






Mengapa Perusahaan Harus Melakukan CSR


Ada beberapa alasan yang menjadi dasar bagi perusahaan melakukan tindakan wajib dalam bentuk CSR ini. Berikut beberapa alasan pentingnya CSR bagi perusahaan :
 

1. Mendapatkan Kepercayaan  dari Masyarakat


Perusahaan melakukan CSR sebagai langkah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Keberadaan perusahaan di suatu tempat, tentunya akan membawa bagi masyakarat sekitar. Perkembangan perusahaan tersebut di masa depan pun dipengaruhi oleh masyarakat sekitar.

CSR adalah bentuk timbal balik yang dilakukan perusahaan atas peran masyarakat. Dengan adanya CSR ini, diharapkan masyakarat dapat menilai bahwa perusahaan tidak hanya mementingkan keuntungan semata tetapi juga memiliki peranan tertentu di dalam masyarakat yang bermanfaat bagi mereka. Diharapkan dengan dilakukannya CSR ini,  kepercayaan masyarkat dapat meningkat.

 

2. Memperluas Akses Sumber Daya


Selain berusaha mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, perusahaan juga akan mendapatkan kesempatan untuk memperluas akses sumber dayanya. Sumber daya ini bisa dalam bentuk sumber daya manusia maupun kondisi masyarakat dalam tataran tertentu yang bisa mendukung kelancaran bisnis. 

Semakin dekat perusahaan dengan masyarakat di sekitarnya, maka akan makin lancar perluasan akses sumber daya ke dalam masyarakat. Tak akan ada lagi rasa curiga yang muncul dari masyarakat ketika pihak perusahaan melakukan pendekatan kepada mereka. 
 





3. Mengembangkan Target Pasar


CSR juga bisa membantu perusahaan dalam melebarkan akses terhadap target pasar yang ingin dicapai. Kepercayaan masyarakat yang dibangun secara terus menerus akan menimbulkan kesan positif secara global. 

Bukan tidak mungkin jika di kemudian hari, citra positif inilah yang mendukung perluasan target pasar dari perusahaan tersebut. Orang tak lagi ragu-ragu untuk percaya pada perusahaan karena dalam perjalanan waktu, perusahaan tersebut telah menunjukkan perilaku positif. 
 



4. Meningkatkan Reputasi Perusahaan


CSR dapat meningkatkan reputasi yang dimiliki olehperusahaan. Perusahaan yang melakukan CSR pasti akan mendapatkan citra positif dibandingkan perusahaan yang tidak melakukan CSR. Hal ini akan sangat berpengaruh ke aktivitas bisnis perusahaan tersebut, termasuk kepercayaan karyawan terhadap perusahaan.

Di samping itu, CSR akan menjadi pembeda perusahaan tersebut dengan perusahaan lain. Meskipun menawarkan produk yang sama di dalam bisnisnya, dengan adanya program CSR ini perusahaan akan memiliki citra yang berbeda dengan perusahaan lain.



5. Membangun Hubungan Baik dengan Berbagai Relasi Bisnis


Melalui CSR ini perusahaan dapat secara optimal membangun hubungan baik dengan berbagai relasi bisnis, mulai dari masyarakat, pemerintah, investor, hingga partner bisnis lainnya.

CSR dianggap sebagai keseriusan sebuah perusahaan untuk memberikan peran positif di dalam masyarakat. Dengan adanya program rutin dari perusahaan sebagai wujud CSR, para relasi bisnis tak ragu lagi memberikan kepercayaan terhadap perusahaan tersebut.

 


Perusahaan yang Mendapatkan Penghargaan atas Program CSR yang Dilakukannya


Berbagai perusahaan berusaha melakukan program CSR yang diharapkan dapat memiliki dampak besar kepada masyarakat dan lingkungannya. Sesuai dengan kondisi yang sedang berjalan, sudah lebih dari 2 tahun ini kita semua terkena dampak pandemi. 

Berbagai program CSR pun digelontorkan di masa pandemi ini. Para pemangku kebijakan di dalam perusahaan menetapkan visi yang jelas, keberadaan program CSR dapat membantu meringankan permasalahan-permasalahan sosial di masyarakat.

Hal inilah yang mendasari The Iconomics sebagai media yang mengkhususkan diri dalam analisis ekonomi, memberikan penghargaan kepada perusahaan yang secara nyata melakukan CSR. The Iconomics sangat mendukung berbagai inovasi dan terobosan-terobosan yang dilakukan oleh perusahaan terkait CSR tersebut. 

Pada Indonesia CSR Brand Equity Awards 2021, terpilih 40 perusahaan yang mendapatkan apresiasi sebagai perusahaan di Indonesia yang berkontribusi dalam CSR. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki citra tanggung jawab sosial terbaik di kategori masing-masing.

Untuk mengetahui perusahaan apa saja yang bisa menjadi contoh pelaku CSR terbaik di tahun lalu, yuk langsung kita lihat daftarnya di bawah ini. Ada berbagai kategori yang diwakili oleh masing-masing perusahaan yang memiliki program CSR terbaik di tahun 2021.


No.

Corporate

Kategori

1

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia

Leading Ministries in Promoting Social Welfare in Indonesia

2

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Bank

3

PT Bank Central Asia Tbk

Bank

4

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Bank

5

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Bank

6

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Bank

7

PT BNI Life Insurance

Asuransi

8

PT Prudential Life Assurance

Asuransi

9

PT Jasa Raharja

Asuransi

10

PT Great Eastern Life Indonesia

Asuransi

11

PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero)

Asuransi

12

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk

Consumer Goods

13

PT Kimia Farma Tbk

Farmasi

14

PT Kalbe Farma Tbk

Farmasi

15

PT April Pulp & Paper

Industri Dasar (basic Industry)

16

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)

Jasa Kurir

17

PT Adhi Karya (Persero) Tbk

Konstruksi

18

PT Waskita Karya (Persero) Tbk

Konstruksi

19

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk

Konstruksi

20

PT PLN (Persero)

Listrik & Infrastruktur Kelistrikan

21

PT Pembangkitan Jawa-Bali

Listrik & Infrastruktur Kelistrikan

22

Pertamina Foundation

Foundation

23

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero)

Logistik

24

PT Pertamina (Persero)

Migas

25

ExxonMobil Indonesia

Migas

26

PT Medco E&P Indonesia

Migas

27

PT Astra International Tbk

Otomotif, komponen otomotif, Industri Berat

28

PT Perkebunan Nusantara III (Persero)

Perkebunan

29

PT Perkebunan Nusantara X (Persero)

Perkebunan

30

PT Petrokimia Gresik

Petrokimia

31

PT Pupuk Kujang

Petrokimia

32

PT Astra Agro Lestari Tbk

Sawit

33

PT Sampoerna Agro Tbk

Sawit

34

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk

Sawit

35

PT Triputra Agro Persada, Tbk

Sawit

36

PT Semen Padang

Semen

37

PT Bukit Asam Tbk

Tambang Mineral & Batubara

38

PT Adaro Energy Tbk

Tambang Mineral & Batubara

39

PT Kaltim Prima Coal

Tambang Mineral & Batubara

40

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

Telekomunikasi



Ada perusahaann yang bergerak di bidang perbankan, asuransi, konstruksi, farmasi, perkebunan, tambang, logistik hingga perusahaan kurir. Salut dengan sepak terjang perusahaan-perusahaan di atas dalam menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat di sekitarnya.

Salah satunya yang aku tahu selama ini memberikan kontribusi kepada masyarakat adalah JNE sebagai penyedia jasa kurir terpercaya di Indonesia. Boleh baca artikelku sebelumnya untuk tahu beberapa program CSR yang sudah dilakukan oleh JNE. πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡





JNE telah mengimplementasikan visi Connecting Happiness yang selama ini diusung ke dalam berbagai program CSR-nya. Salut pada perusahaan tersebut yang secara konsisten berbagi kebaikan, sejak dari founder-nya dulu hingga ke generasi penerusnya. 

Jadi berasa heran ketika ramai sekali terjadi perbincangan seputar penguburan beras yang dianggap sebagai kesengajaan oleh JNE untuk menimbun beras bantuan dari presiden. Secara pribadi, aku berharap klarifikasi JNE sebagai pihak transporter beras itu bisa menjelaskan fakta sebenarnya. 

Yuk kita tetap positive thinking dulu sebelum tahu kebenaran di balik suatu peristiwa yang menurut kita luar biasa dan layak terus diperbincangkan. Jangan sampai kita sudah menyebarkan berbagai kabar, eeehh ntar taunya di kemudian hari ternyata apa yang kita yakini itu ternyata salah. 


Oya, di dekat tempat tinggal kalian adakah perusahaan yang sudah menerapkan CSR-nya dengan baik dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat? Boleh lhooo berbagi di kolom komentar. Siapa tau perusahaan tersebut di tahun ini atau tahun-tahun mendatang bisa mendapatkan penghargaan juga atas inovasi di dalam program CSR yang telah dilaksanakannya. 




------------------------------

Referensi:
  • https://maucash.id/alasan-perusahaan-wajib-melakukan-csr
  • https://ecolify.org/blog/mengapa-perusahaan-harus-melakukan-csr
  • http://www.firstmedia.co.id/responsibility/corporate-social-responsibility
  • https://www.theiconomics.com/brand-equity/daftar-perusahaan-indonesia-csr-brand-equity-awards-2021/

67 komentar:

  1. CSR merupakan bagian dari kegiatan promosi, ketika CSRnya meninggalkan kesan di masyarkat maka brand dengan mudah mendapatkan kepercayaan dari sekitar

    Keren JNE telah memberangkatkan umrah karyawannya! πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Salut banget JNE yang memberangkatkan umroh karyawannya. Hebat ya JNE menjadi salah satu perusahaan yang mempunyai program CSR terbaik . Satu diantara 40 perusahaan

      Hapus
  2. Wah keren JNE. Perusahaan2 besar aja malah urutan bawah. Kalau joke temanku yg kerja sbg CSR staf, tugasnya ngabisin duit, sedangkan marketing tugasnya nyari duit. Tapi kalau jobdesc seriusnya ya seperti artikel di atas, harus amanah.

    BalasHapus
  3. Suka sih sm CSR perusahaan jika tepat sasaran, manfaatnya bisa dirasakan orang banyak. CSR juga salah satu andalan mahasiswa narik sponsor event diluar danus. Hehehe

    BalasHapus
  4. Aku sering juga membaca hal2 baik terkait CSR perusahaan ini..sungguh membantu bg masy yg membutuhkan ya.. Semoga semakin banyak perusahaan yg sadar lingkungan dan mempunyai CSR yg bermanfaat buat masy

    BalasHapus
  5. Bener banget mba kita harus bijak menanggapi postingan apalagi menyangkut isu negatif. Lebih baik diam dulu, telaah permasalahannya jangan langsung judge gt.

    BalasHapus
  6. CSR Memang menjadi bentuk kepedulian perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat sehingga perusahaan juga membawa dampak posiitif bagi sosial dan negara. JNE dari dulu program CSR nya memang keren2 sih

    BalasHapus
  7. Semoga JNE dan juga perusahaan lain yg menerapkan CSR selalu menebar manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat, termasuk pengadaan buku-buku bacaan untuk anak. :)

    BalasHapus
  8. Keliatannya perusahaan mengeluarkan uang dan menguntungkan penerima, tapi ternyata perusahaan pun juga mendapat keuntungan ya mbak. jd keinget aku dulu pas di kantor jg bagian ngurusin CSR salah satunya kasi beasiswa buat anak2 mahasiswa di jurusan alumni univ bos2. Ternyata juga lumayan bawa nama branding perusahaan hehe.'JNE juga salah satu perusahaan yang SR-nya bagus yaa.

    BalasHapus
  9. CSR ini juga bisa menghindarkan perusahaan dari konflik dengan masayarakat setempat. Khususnya kalau itu untuk perusahaan perkebunan. Biar nggk bentrok gitulah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya nih benet banget, soalnya kan perusahaan jd kyk berkenalan dengan masyarakat sekitar gtu dan memberikan manfaar ya mbak. Gak sekadar diem aja gk berkontribusi apapun.

      Hapus
    2. Betul banget. Mengenal masyarakat sekita kadang juga perlu untuk perusahaan. Apalagi kayak perusahaan perkebunan yang emang lebih dekat sama masyarakat.

      Hapus
  10. Wah ternyata CSR ini banyak manfaatnya ya. Saya sendiri baru tahu istilah ini beserta manfaatnya, maklum awam sekali dunia perusahaan haha. Nambah ilmu nih!

    BalasHapus
  11. Aku salut banget dengan konsistensi perusahaan yang mengalokasikan dana untuk program CSR ini. Dan seperti yang kita tahu, program SCR ini tentu haru tepat dan cepat. mendengar apa yang dibutuhkan warga dan bisa bermanfaat.

    Dan sukses untuk JNE dengan segara program CSRnya yang luar biasa menginspirasi.

    BalasHapus
  12. Bener banget mba, csr ini bentuk kepedulian perusahaan utk sekitarnya. Syukur2 kl bisa bagi2 produknya ya, jadi sekalian memperkenalkan produknya ke sekitar. JNE selalu di hati urusan ekspedisi.

    BalasHapus
  13. CSR sangat bermanfaat untuk masyarakat apabila tepat sasaran.
    Salut banget saat ini ada program seperti ini yang dapat membantu meringankan beban masyarakat misalnya untuk bantuan sembako dsb.

    BalasHapus
  14. Bisa jadi contoh banget perusahaan yang terpilih dengan program CSR-nya yang terbaik ini ya Mba. Beberapa toko aku juga sudah melihat pada masang banner menjadi CSR gitu, jadi banyak terbantkan.

    BalasHapus
  15. Pas masih kerja d korporat, aku bbrp kali terlibat handling CSR perusahaan.
    Dan baru paham bgt, klo manfaatnya warrbiyasakk mbaaa
    Bener² kasih multiplier effect utk masyarakat dahh

    BalasHapus
  16. Eh bentar mbak,..di nomor satu ada Kemendes. Aku bingung nih, kok kementrian dapat nominasi di CSR? Aku ndak mudeng... Kupikir kalau kementrian itu kan bukan corporate? Aku butuh niamicide utk otak deh ini hihihi... Pas dulu zaman BTP jd gub jakerda, lumayan rame juga ya soal CSR untuk bangun fasum.

    Btw, soal kasus timbun beras itu, aku pertamanya kaget pas baca disebut JNE. Soalnya, JNE itu kan brandnya positif/. Aku belum baca nih lanjutan kasusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kategorinya khusus sebagai leading minitries itu terpilihnya.

      Hapus
  17. Kagum banget sama program2 CSR di perusahaan besar termasuk JNE yang peduli dengan sekitarnya. Dengan cara ini masyarakat jadi terbantu karena bisa turut merasakan manfaatnya

    BalasHapus
  18. Dengan suatu perusahaan menjalankan CSR tentunya banyak memberikan manfaat bagi berbagai pihak, diantaranya: Meningkatkan citra positif dan memperkuat brand perusahaan di mata publik. Dapat membuka kesempatan kerja sama baru antara perusahaan dengan pihak lain. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi target CSR.

    BalasHapus
  19. Perusahaan kecil kayak tempatku bekerja ini belum memiliki CSR Mbak, tapi ya perannya buat masyarakat juga jangan ditanya. Kayaknya kalau perusahaan kecil seringnya berkontribusi, tapi yg melakukan adalah tim khusus, jadi sebutannya bukan CSR lagi,. hihi

    BalasHapus
  20. Beragai program CSR yang digelontorkan terutama selama pandemi beneran membantu sekali bagi semua. Dan tak banyak perusahaan yang terus berkontribusi terkait CSR ini, JNE salah satunya yang terus konsisten melakukan! Salut!

    BalasHapus
  21. Semoga aja kasusnya bisa terselesaikan dengan baik ya, tapi saya salut sih ama JNE yang kasih program CSR ke masyarakat seperti pembinaan UMKN, beasiswa SMK dan lainnya

    BalasHapus
  22. Dulu skripsiku tentang CSR ini mbak
    CSR itu sangat penting bagi perusahaan
    Agar perusahaan dan masyarakat disesuaikan bisa bekerja sama dengan baik

    BalasHapus
  23. CSR JNE senang banget selalu dijalankan dengan baik dan tetap berpengalaman. Semua wilayah Nusantara hampir terjangkau sudah oleh JNE

    BalasHapus
  24. Setelah membaca artikel kak Un, aku jadi ingat kalau banyak perusahaan besar memanfaatkan program CSR untuk meningkatkan trust masyarakat. Bisa jadi mengarah pada branding yang kuat, tetapi lebih daripada itu, semakin menebarkan kebaikan dan kebermanfaatan untuk masyarakat terutama bila tepat sasaran.

    BalasHapus
  25. CSR itu bagai koin bermuka dua ciela,,, di satu sisi memang kewajiban sekaligus cara perusahaan mendeketakan diri kepada masyarakan sehingga brand imagenya sampai ke mereka sekaligus sebagai hikmat bagi masyarakat yang mendapatkan manfaat. Semoga makin banyak perusahaan yang aware dengan CSR seperti JNE

    BalasHapus
  26. CSR JNE memang the best lah pokoknya. Selain banyak kegiatan untuk menyebarkan kebahagiaan terhadap lingkungan sekitar dan sesama manusia, JNE juga selalu mendukung UMKM sebagai contoh nyata yang selalu memberikan ruang untuk terus bangkit.

    BalasHapus
  27. Banyak juga ya perusahaan yang telah menjadi pelaku CSR dan yg terbaik tahun 2021 ada 40 perusahaan, sayangnya JNE belum ke dalam kategoti 40 terbaik. Padahal kalau dilihat programnya, bisa banget JNE masuk dalam kategori ini. Semoga tahun 2022 sudah bisa melampau perusahaan lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu di artikel ada mba nama JNE di list, nomer 16.

      Hapus
  28. Sekarang ini lagi bucin-bucinnya pakai produk skincare, selain milih produk vegan, cruelty free, aku juga lihat program csr dari brand tersebut, seperti kolab sama organisasi peduli lingkungan, dll. Beneran deh, brand dg csr ini bikin makin percaya. Keren banget JNE, nggak nanggung CSRnya, memberangkatkan karyawan umroh

    BalasHapus
  29. CSR memang menjadi jembatan bagi perusahaan untuk ikut menebar manfaat ke lingkungan sekitar ya Mbak. Semoga semakin ke sini, manfaat CSR semakin luas dan tepat sasaran. Salut dengan JNE yang program CSRnya keren-keren.

    BalasHapus
  30. Selama ini CSR JNE banyak membantu masyarakat sekitar dengan berbagai programnya, paling terharu daging kurban itu ya Allah banyak banget penerimanya ya

    BalasHapus
  31. JNE selalu menginspirasi. Banyak program CSRnya yang berkesinambungan sehingga manfaat jangka panjang inilah yang bisa dirasakan masyarakat sekitar. Semoga JNE selalu sukses.

    BalasHapus
  32. CSR? Saya baru tahu istilah ini Mbak. Jadi, ini semacam kaya personal branding dari suatu perusahaan gitu bukan sih, Mbak? Anyway aku melongo lo mbak saat baca JNE ada program memberangkatkan umroh para karyawannya

    BalasHapus
  33. Semoga perusahaan perusahaan ini bisa terus menebarkan manfaat lewat program CSR nya termasuk JNE nih yang selalu kreatif dengan program bantuannya. semoga berlanjut terus dan makin banyak yang terbantu

    BalasHapus
  34. Untuk mengurangi pajak juga, sih. Hehehe.. Tapi baguslah kegiatan CSR begini bikin perusahaan lebih menyatu dengan masyarakat, ya

    BalasHapus
  35. Bagaimana CSR tersebut sangat penting sekali tidak hanya bagi perusahaan perusahaan

    BalasHapus
  36. Dengan adanya CSR jadi jembatan antara perusahaan dan masyarakat. Selain itu ngebantu banget masyarakat buat berkembang karena sering mendapatkan bantuan baik dalam berupa barang, maupun dalam bentuk pelatihan-pelatihan yang berkala.

    BalasHapus
  37. Aku pernahnya ikut bagian CSRnya pembalut charm mbak. Kami edukasi2 kegiatan menstruasi ke sekolah2 di Jakarta, Bekasi dan Bandung. Seru sih ehhe

    BalasHapus
  38. Adanya CSR disbuah prusahaan memberikan kepercayaan lebih untuk orang sekitar.. Seperti JNE yg telah memberikan bantuan tidak hanya pada karyawannya, tp juga pada orang lain..

    BalasHapus
  39. CSR perusahaan bisa bermanfaat bagi perusahaan sendiri juga bagi masyarakat/konsumennya ya.. Sayangnya blm semua peusahaan terbuka / mempunyai akses mudah utk pemanfaatan CSRnya, aku pernah menemui yg agak sulit ditsmbus. hehe.. Nah klo JNE dan perusahaan2 yg di list ini mah patur diacungi jempol ya..

    BalasHapus
  40. Ternyata JNE banyak banget ya program CSR nya. Terharu juga nih pas baca 140 karyawan JNE diberangkatkan umroh. Semoga berkah ya

    BalasHapus
  41. Dulu waktu belajar mata kuliah CSR, memang sebuah perusahaan itu harus punya unsur 3P mbak, Profit, People, Plannet
    Nah 3P itu bisa diterapkan dengan adanya kegiatan CSR

    BalasHapus
  42. Aku dari dulu suka yang namanya CSR. Perusahaan jadi peduli dengan lingkungannya.

    BalasHapus
  43. Dari sudut pandang ilmu kehumasan, CSR bagus untuk menaikkan citra perusahaan, reputasi, apalagi ketika ada kasus tertentu yang kebetulan menyangkut nama perusahaan. Tentunya perlu diimbangi dengan yang namanya komunikasi manajemen krisis, ini berkaitan dengan klarifikasi dan penjelasan yang dilakukan korporasi terkait kasus tersebut.

    BalasHapus
  44. beberapa perusahaan memang sudah menerapkan CSR, umumnya sudah menjadi kebijakan perusahan bagi mereka untuk berkontribusi di masyarakat dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat
    JNE banyak ya program CSRnya

    BalasHapus
  45. CSR itu sendi penting di perusahaan yang sering di underestimate. Salut sama CSR JNE yang memberi manfaat ke masyarakat banyak

    BalasHapus
  46. Paling bagus kalo CSR tepat sasaran ya mbak jd manfaatnya bener2 dirasakan masyarakat dan masyarakat pun akan tumbuh rasa percaya sama perusahaan. Kaya JNE tuh CSR nya selalu juara dan selalu peduli sama UMKM. Itu yg jarang dilakukan perusahaan lain

    BalasHapus
  47. Wah bener sekali ini. Perusahaan yg sudah menerapkan CSR bisa dibilang lebih bagus dan peduli terhadap keberlangsungan kehidupan di sekitarnya, jadinya kesannya positif dan banyak yang mendukung juga

    BalasHapus
  48. Programnya JNE tu emang selalu keren dan banyak membantu yaaa, kbener bener connecting happiness sih ini, apalagi JNE juga selalu support para UMKM,

    BalasHapus
  49. Yang saya tahu didekat rumahku baru ada satu saja yang CSRnya benar-benar kerasa banget manfaatnya, yaitu PDAM.

    btw senang membaca betapa JNE makin ke sini makin keren berbagai programnya. salut deh.

    BalasHapus
  50. Program CSR menjadi sebuah tanggung jawab perusahaan sebagai sebuah bentuk timbal balik yang berada di wilayah masyarakat. Keren ya..JNE pun sudah melakukan beragam CSR dimana salah satunya memberangkatkan umroh

    BalasHapus
  51. Kalo perusahaan besar selalu punya program CSR ya mbak, karena ternyata banyak menfaatnya untuk perusahaan tersebut. Kalo perusahaan kecil ada banyak juga yang melakukan CSR meski dengan skala kecil juga, menyesuaikan sih mbak. Biasanya ikut mengisi sedekah Jumat Berkah, menyantuni anak yatim, gitu biasanya. Ada juga dulu toko roti dekat rumah, tiap ada pengajian di masjid, selalu menyediakan ratusan dos sesuai kebutuhan jemaah yang datang

    BalasHapus
  52. Ngga hanya memikirkan keuntungan ya perusahaan yang baik juga peduli dengan masyarakat sekitar pabrik atau kantor biar lebih sejahtera lewat kegiatan CSR

    BalasHapus
  53. CSR bisa bantu masyarakat yg kesulitan. Banyak perusahaan yg punya program CSR yg keren, termasuk JNE

    BalasHapus
  54. Iya biasanya perusahaan yg melakukan CSR memiliki nilai lebih ya mbak di mata masyarakat. Kyk Djarum itu. Keren pokoknya

    BalasHapus
  55. Perusahaan dengan CSR yang kuat, jadi nilai plus buat masyarakat.
    Jadi semacam ada daya pikatnya tersendiri, seperti JNE ini.

    BalasHapus
  56. CSR ini memang berguma banhet untuk banyak pihak ya mbak, dan kayak JNE ini memanh programnya keren2

    BalasHapus
  57. Ternyata sepenting itu ya adanya csr tu..apalagi jika manfaatnya dibutuhkan sekitar

    BalasHapus
  58. Setuju manfaat CSR itu banyak banget bagi perusahaan. Btw aku pernah beberapa kali aku ikut CSR beberapa perusahaan diatas dan CSR mereka tuh benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

    BalasHapus
  59. Penting banget ya perusahaan punya CSR, dan salut sama program JNE yang sudah berkontribusi dan peduli dengan kebutuhan masyarakat.

    BalasHapus
  60. Ya penting banget sih, selain kebaikan bagi perusahaan. Berguna juga bagi relasi perusahaan. Menambah portofolio perusahaan juga ya mba.

    BalasHapus
  61. Kalau mpo dari PLN. Lumayan dapat sembako seabrek saat puasa ramadhan

    BalasHapus
  62. Sebagai warga Gresik, melihat ada nama PT. Petrokimia di daftar ini, aku ikut bangga. Karena memang, perusahaan ini aksi nyata CSRnya terlihat dimana-mana, baik dari usaha perorangan sampai bantuan secara kelompok

    BalasHapus