15 Agustus 2022

ROG Flow X16, Laptop Gaming Convertible 16-inci Pertama dan Satu-Satunya di Dunia

 

ASUS resmi memperkenalkan ROG Flow X16 (GV601) di Indonesia. ROG Flow X16 merupakan laptop gaming convertible pertama dan satu-satunya dengan layar 16-inci yang ditenagai olehAMD Ryzen™ 6000 Series Processor terbaru. 

rog flow x16

Tidak hanya itu, ROG Flow X16 juga dibekali dengan sistem pendingin baru yang inovatif, serta teknologi layar Nebula Display sehingga laptop gaming ini tidak hanya andal untuk bermain game, tetapi juga sempurna untuk para konten kreator.

Di masa sekarang ini, makin banyak gamer yang membutuhkan laptop ringkas, berlayar besar, dan hadir dengan performa tinggi. Tidak hanya sekadar menghadirkan laptop gaming dengan kriteria tersebut, ASUS ROG menciptakan sebuah inovasi terbaru yaitu laptop gaming convertible berlayar 16-inci sehingga gamer juga dapat lebih leluasa mengekspresikan kreativitasnya dalam pembuatan konten. 



ROG Flow X16 merupakan laptop terbaik untuk gamer sekaligus content creator. ROG Flow X16 juga merupakan laptop gaming inovatif yang belum pernah ada sebelumnya.
~ Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director

AMD sebagai mitra ASUS sangat bangga dengan peluncuran terbaru ROG Flow X16 bertenaga AMD Ryzen™ 6000 Series Processor. AMD sangat berkomitmen untuk memberikan pengalaman tak tertandingi bagi para kreator dan gamer, meningkatkan pengalaman mereka dengan arsitektur core “Zen 3+” 6nm yang sangat efisien dan tingkatan kemampuan grafis built-in yang belum pernah ada sebelumnya.

Fitur-fitur modern yang tersemat dalam AMD Ryzen™ 6000 Series Processor memberikan keandalan performa untuk kreasi konten dan gaming AAA 1080P yang revolusioner. ROG Flow X16 bertenaga Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series layak dimiliki oleh para gamer dan kreator sebagai solusi laptop gaming tipis portabel dengan performa unggul, efisiensi luar biasa, dan ketahanan daya baterai yang menakjubkan.




Ditenagai AMD Ryzen™ 6000 Series Processor


AMD Ryzen™ 6000 Series Processor kini hadir di ROG Flow X16. Prosesor generasi terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur Zen 3+ tersebut tidak hanya menawarkan performa lebih baik dari generasi sebelumnya, tetapi juga efisiensi daya yang lebih baik. Peningkatan tersebut membuat laptop gaming ASUS terbaru yang ditenagai oleh AMD Ryzen™ 6000 Series Processor memiliki performance-per-watt yang lebih baik yang berpengaruh langsung pada daya tahan baterai.

 
rog flow x16


Keunggulan lain dari AMD Ryzen™ 6000 Series Processor juga terdapat pada chip grafis terintegrasinya. Kali ini AMD menghadirkan chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ yang menggunakan arsitektur AMD RDNA™ 2  yang lebih powerful dan efisien. Chip grafis dengan  AMD RDNA™ 2 tersebut mampu menghadirkan performa yang optimal untuk bermain game AAA pada resolusi 1080p tanpa menguras daya baterai berlebih.




ROG Nebula™ Display, Standar Terbaru Layar Premium Laptop Gaming


Kali ini ASUS ROG juga memperkenalkan standar baru layar laptop gaming yaitu ROG Nebula™ Display. ROG Nebula™ Display dibangun atas kebutuhan dasar gaming yaitu kecepatan, tingkat kecerahan, dan kualitas visual. Kali ini, ROG Nebula™ Display hadir di lini ROG Flow X16.

Layar laptop gaming yang menggunakan ROG Nebula™ Display seperti ROG Flow X16 dipastikan mengusung panel yang memiliki color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan 500 nits, dilengkapi fitur Adaptive Sync, serta memiliki response time 3ms. Tidak hanya itu, layar ROG Nebula™ Display juga telah mengantongi sertifikasi PANTONE® Validated Display untuk akurasi warna, TÜV Rheinland untuk low blue light dan anti-flicker, serta mendukung teknologi dari Dolby Vision. Spesifikasi tersebut menegaskan bahwa ROG Nebula™ Display dirancang tidak hanya untuk para gamers, tetapi juga untuk para kreator.




Dilengkapi MUX Switch


ROG Flow X16 telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming semakin baik, salah satunya adalah MUX Switch. Seluruh laptop gaming ROG dan TUF di tahun 2022 akan dilengkapi dengan MUX Switch, yaitu chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch sangat berguna saat laptop ROG bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

 



Powerful untuk Gamers dan Konten Kreator


Selain ditenagai oleh AMD Ryzen™ 6000 Series Processor, ROG Flow X16 juga dibekali oleh chip grafis hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti. Chip grafis generasi terbaru dari NVIDIA® tersebut tidak hanya powerful untuk gaming, tetapi juga kreasi konten. Chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3000 Series dilengkapi oleh Tensor Core dan RT Core yang berfungsi untuk megakselerasi pemrosesan berbasis kecerdasan buatan (AI) yang telah digunakan di berbagai game serta aplikasi kreatif.

ROG Flow X16 dibekali dengan penyimpanan berupa NVMe PCIe Gen4 SSD. Penyimpanan generasi terkini tersebut juga menghadirkan kecepatan transfer yang sangat tinggi, yaitu dengan kecepatan baca hingga 7Gbps. SSD berkecepatan tinggi tersebut membuat proses loading di aplikasi, game, hingga booting dapat dilakukan lebih cepat. Menemani penyimpanannya, ROG Flow X16 dibekali dengan memori DDR5 4800MHz berkapasitas 16GB (2x8GB). Memori generasi baru tersebut membuat pengalaman gaming serta multitasking lebih baik di ROG Flow X16.





Dibekali Teknologi Pendingin Terbaru


ROG Flow X16 merupakan laptop pertama di dunia yang ditenagai sistem pendingin Frost Force Technology. Sistem pendingin terbaru tersebut mengandalkan tiga kipas khusus. Dua kipas bertugas untuk mengalirkan udara panas dari CPU dan GPU ke luar chasis melalui lubang udara yang sudah dirancang khusus. Sementara kipas ketiga bertugas mendinginkan komponen penting lainnya yang terhubung langsung ke Pulsar Heatsink agar pendinginan lebih maksimal. Kipas ketiga tersebut membuat ROG Flow X16 dapat beroperasi dengan suhu hingga 7⁰C lebih rendah ketimbang sistem pendingin laptop gaming tradisional.

 


Tak hanya mengadopsi sistem pendingin terbaru, ROG Flow X16 juga tetap dibekali dengan liquid metal sebagai pengganti thermal compound tradisional yang biasanya menggunakan bahan silikon. Liquid metal yang secara khusus dihadirkan oleh Thermal Grizzly tersebut mampu mengalirkan panas pada komponen penting di ROG Flow X16 secara lebih optimal sehingga menghasilkan performa pendinginan yang lebih baik.




Konektivitas Terbaik, Kompatibel dengan ROG XG Mobile


ROG Flow X16 telah dilengkapi dengan fitur konektivitas yang tergolong sangat lengkap untuk sebuah laptop convertible yang sangat ringkas. Port seperti USB 3.2 Type-C dan Type-A, HDMI 2.0b, hingga 3.5mm combo audio jack. Port USB 3.2 Type-C yang ada di jajaran laptop gaming ASUS terbaru juga telah mendukung fitur DisplayPort 1.2 serta USB Power Delivery. Keduanya memungkinkan port USB Type-C tersebut dapat digunakan sebagai display output serta fasilitas pengisian daya melalui adapter USB Type-C atau bahkan power bank.

ROG Flow X16 juga masih dilengkapi dengan port khusus ROG XG Mobile Interface yang memungkinkan laptop gaming ini untuk dapat dihubungkan dengan GPU eksternal ROG XG Mobile. Berbeda dengan solusi GPU eksternal lainnya, ROG XG Mobile menggunakan koneksi langsung ke jalur PCIe sehingga tidak menyebabkan efek bottleneck pada performa grafis yang ditawarkan. ROG XG Mobile juga dilengkapi dengan berbagai port tambahan sekaligus dapat berfungsi sebagai power adapter yang dapat mengisi daya ROG Flow X13 saat dihubungkan. ROG XG Mobile tersedia dengan varian chip grafis NVIDIA® RTX™ 3070 dan RTX™ 3080. ASUS juga akan menghadirkan ROG XG Mobile dengan chip grafis AMD Radeon™ RX 6000 series dalam waktu dekat.

 


Tidak hanya dalam hal kelengkapan port, ROG Flow X13 terbaru juga telah dibekali dengan teknologi WiFi 6E terbaru. Berbeda dengan pendahulunya yaitu WiFi 6, teknologi WiFi 6E hadir dengan tambahan frekuensi koneksi 6GHz selain frekuensi standar 2,4GHz dan 5GHz. Melalui frekuensi 6GHz, WiFi 6E mampu menghadirkan konektivitas dengan kecepatan lebih tinggi serta stabil, dan sejalur dengan kebutuhan para gamer.


Main Spec.

ROG Flow X16 (GV601)

CPU

AMD Ryzen™ 9 6900HS Processor (8-core/16-thread, up to 4.9 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 7 6800HS Processor (8-core/16-thread, up to 4.7 GHz max boost)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

2x8GB LPDDR5

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD

512GB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD

Display

16-inch, QHD+ (2560 x 1600) 16:10, Nebula Display, 165Hz 3ms, 500nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, Adaptive Sync, Dolby Vision

Graphics

NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti

NVIDIA® GeForce RTX™ 3060

NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b support HDMI switch, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery + G-SYNC, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 1x ROG XG Mobile Interface

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2

Audio

Dolby Atmos, AI noise-canceling technology, Hi-Res certification, Support Microsoft Cortana near field/Far field, Built-in 3-microphone array, 4-speaker system with Smart Amplifier Technology

Battery

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

35.5 x 24.3 x 1.94 ~ 1.94 cm

Weight

2.10 Kg

Colors

Off Black

Price

Rp42.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3070Ti / 2x8GB RAM / 1TB SSD / QHD+ 165Hz)

Rp37.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 1TB SSD / QHD+ 165Hz)

 Rp29.999.000 (Ryzen 7 / RTX 3050Ti / 2x8GB RAM / 512GB SSD / QHD+ 165Hz)

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty


31 komentar:

  1. waaa adiku pasti seneng banget nih liat laptop gaming kaya giniii hihihi, otw nabung dulu aaah buat beliin si adiiik

    BalasHapus
  2. Pengen deh punya laptop game ROG. Lagi menabung, untuk mewujudkan mimpi tersebut. Secara, laptop gamin harganya gak murah kan.

    BalasHapus
  3. Asus ini memang kece produknya
    Tidak pernah berhenti berinovasi
    Wajib nabung dulu nih, buat kado ultah ponakan yang gamer

    BalasHapus
  4. Ulalaaa..keren byangeeet Asus ROG Flos X16 ini. Kuinfokan ke adikku yg gamer pasti dia langsung mupeng deh! sholawatin dulu aah..

    BalasHapus
  5. Anak saya lagi latihan nge-game buat ikut liga mahasiswa e-sport di kampusnya. Kan, jadi pengen punya laptop gaming ASUS

    BalasHapus
  6. kereenn banget ya Mbak, specnya bikin melongo ini.
    ngegame ataupun kerja dengan laptop sekeren ROG Flow X16 ini jadi lebih kencang dan tangguh ya, wort it banget lah ya dengan harganya yang sefantastis itu :)

    BalasHapus
  7. anakku di kasih laptop ini bahaya, bisa ga berenti ngegame wkwkwk udahnya wuss bikin lupa waktu jadinya

    BalasHapus
  8. Beberapa kali pakai ASUS dengan AMD Ryzen dengan spesifikasi keren. ROG Flow X16 ini salah satu yg terbaik apalagi untuk gaming keren ya mbak.

    BalasHapus
  9. Kunci banget yaa..
    Seorang konten kreator dengan gadget yang mumpuni. Aku naksir sama ROG Flow X16 (GV601). Karena laptop yang bisa segalanya dengan cepat sekaligus tetap dingin. Anti nge-lag dan bikin pekerjaan cepet selesai nih..

    BalasHapus
  10. Laptop gaming emang suka bikin ngiler nih speknya... mantap banget nih kebayang kalau dipakai buat kerjaan...cepet banget kerjanya

    BalasHapus
  11. Ini laptoip gaming halunya anakku yang SMP, wkwkw. Karena dia hobby banget main game dan pengen punya laptop gaming yang ga bikin ngelag. Jangan kan anaknya, emaknya juga mau buat kerja ya, spek bikin mupeng

    BalasHapus
  12. Inget banget dulu waktu SMA atau SMP gt, pas mau beli PC, ada yg bilang jangan yang AMD. Lah sekarang AMD malah bagus banget, apalagi ini barengan sama ASUS buat jadi laptop gaming. Laptop gaming adalah impian para anak muda belia, tapi aku pun ga nolak punya sih, heuheu.

    BalasHapus
  13. Wah, aku tertarik pas baca ROG Flow X16 adalah laptop pertama di dunia yang ditenagai sistem pendingin Frost Force Technology. Dan gak hanya itu , ROG Nebula™ Display yang dibangun berdasar kebutuhan gaming : kecepatan, tingkat kecerahan, dan kualitas visual. Dua poin tsb bikin mupeng banget loh utk memiliki laptop ini ^_^

    BalasHapus
  14. Anakku request laptop Asus yg iniii

    Emaknya kudu rajin nabung bangettt euy.

    Spesifikasi nya sungguh mantab jiwaaa

    BalasHapus
  15. Mba, ini sih keren banget laptopnya. Udah powerfull, desainnya juga ciamik banget. ASUS nih emang bisa banget bikin pencintanya seneng.

    BalasHapus
  16. satu - satunya di dunia yaa mba.. mantaaap! btw, kemarin abis beliin si Bo Asus Tuff buat bikin PR design visual coursenya.. tapi kayaknya malah gaming mulu hahaha

    BalasHapus
  17. Wow kebutuhan anakku banget nih. Laptop gaming, saat ini anakku sedang kuliah perfilman. Pas banget ya. Nabung dulu deh, naksir dengan benefit yang diberikan

    BalasHapus
  18. Waaaw 16 inch. Ini ngegames dan lain2 makin betah ajaaa. Duduk manjaaah depan laptop yg kayak gini mah mba.. aku suka πŸ˜†
    Selain itu spek storagenya udah top ya file2 foto, video, amaaan penyimpanannya..

    BalasHapus
  19. kece banget emang spesifikasinya mba... terkagum-kagum akutuh. pas lihat price-nya uwow... pantesan bandrol harganya emang mantul suruntul sih

    BalasHapus
  20. Anakku pengin banget mabar pakai laptop. Tapi yaaaa...laptop emaknya jadul bin lemot. Jadi, sekarang doski lagi nabung buat beli laptop. Wiuuuh, kalau bisa punya laptop asus ini, pasti dia seneng banget dooong. Kayak melaju di tol main game-nya...anti lemot.

    BalasHapus
  21. Laptop gaming baru sudah hadir di Indonesia. Makin andal dan kuat nih buat online ngegame seharian tanpa lag dan ngadat.

    BalasHapus
  22. ya ampun satu satunya di dunia, kalau anakku lihat langsung auto pengen hihi, laptop gaming itu specnya emang suka bikin takjub ya

    BalasHapus
  23. Gusti, Asus gak ada matinya. Belum punya tipe kemarin, ini udah muncul lagi tipe terbaru. Saya jadi berasa tertinggal terus. Sementara satu pun tidak pernah memiliki nya hehehe

    BalasHapus
  24. Wowww kereen banget produk terbaru Asus, sepadan dengan bandrol harganya ya maak. Jadi mupengg...

    BalasHapus
  25. ROG Flow X16 laptop impian para gamer nih, jangan dilihatin sama anakku pasti kepengen banget nih hehe. Spek dan performa keren pastinya

    BalasHapus
  26. Buat gamer atau konten kreator, pilihan laptop gaming tuh kudu oke salah satunya ya ROG Flow X16 ini. Jadi pas latihan atau lainnya, gak ada drama panas-panas. Kan pendinginnya mantap

    BalasHapus
  27. Kalau soal inovasi memang selalu keren ya mba.. dengan sistem pendingin biarpun dipake lama2 gak mudah panas apalagi ada WiFi 6E mampu menghadirkan konektivitas dengan kecepatan lebih tinggi serta stabil, pas dg kebutuhan para gamer.

    BalasHapus
  28. Sudah nggak diragukan lagi
    Laptop gaming yang recommended? Ya pasti yang ini ya mbak

    BalasHapus
  29. Byuh harganyaaaaa :D
    Tapi emang buat gamers atau konten kreator penting buat "senjata" yang tahan banting kyk laptop ini ya mbak. APalagi sistem pendinginnya OK. Cocok buat yang kerja hampir 24 jam buka laptop mulu niihh TFS infonyaa

    BalasHapus
  30. Laptop ini idaman para gamers pastinya Mba. Ada teknologi pendinginnya ya, jadi nggak mudah panas kalau lagi main game. Designnya juga stylish dan elegant

    BalasHapus
  31. wow harganya lumayan banget yaa. tapi memang kalau laptop game spesifikasinya memang harus tinggi ya jadi wajar harganya lebih mahal

    BalasHapus