27 Oktober 2019

Program Pembangunan 99 Masjid Johari Zein Foundation


Apakah teman-teman sudah tahu tentang Johari Zein dan Johari Zein Foundation?

Boleh baca dulu nih 2 artikel di bawah ini jika ingin berkenalan dengan Bapak Johari Zein. πŸ˜‰






Johari Zein Foundation merupakan lembaga filantropi yang didirikan oleh tokoh logistik nasional  bernama Djohari Zein pada tahun 2017. Visinya menjadi wasilah terwujudnya umat yang bertakwa melalui pembangunan 99 masjid di 8 penjuru dunia.

Berasa adeeemmm banget ya baca visi dari Johari Zein Foundation ini. Lembaga ini menginisiasi program Indonesia Bersedekah Jariah (Indonesia Berseri), yaitu program pembangunan, pengembangan dan pemakmuran 99 masjid di delapan penjuru dunia.

Menurut Djohari Zein, masjid adalah tempat yang paling tepat untuk meningkatkan keimanan,. Ketika semakin kuat keimanan seseorang, maka akan semakin besar pula perlindungan Allah padanya. Demikian pula halnya, terhadap bangsa yang beriman, maka mereka akan senantiasa dalam lindungan Allah. Dan sesempurna-sempurnanya orang beriman adalah yang paling baik akhlaknya (beradab).

Djohari Zein lahir tahun 1954 di Medan dari keluarga pedagang sederhana, WNI Tionghoa, dalam lingkungan keluarga Budha namun mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah Katholik hingga SMA.

Alhamdulillah dalam perjalanan hidupnya, Djohari Zein menemukan Islam sebagai agama terpilihnya. Beliau menjadi mualaf di tahun 1982. Sejak saat itu, Al-Quran telah menjadi petunjuk hidupnya. Hal ini dikemukakan Djohari Zein dalam sambutannya di peluncuran Program Indonesia Berseri di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 2019.

Pada acara tersebut, Djohari Zein juga menyampaikan di usia ke 65 tahun, hampir setengah dari usianya dihabiskan untuk membangun perusahaan logistik. JNE adalah perusahaan logistik di Indonesia yang Djohari impikan bisa menjadi perusahaan logistik yang jadi tuan rumah di negeri sendiri.

Hingga saat ini, JNE mampu bertahan sebagai market leader di bidang logistic di Indonesia. Djohari Zein menikmati perjalanannya bersama JNE. Di sanalah beliau banyak mendapat ilmu dan pengalaman. Selain uang yang cukup, beliau bertemu dengan guru spiritual yang istimewa, yaitu bapak Alm H. Soeprapto, dermawan dan entrepreneur luar biasa.

Berangkat dari pengalaman spiritual tersebut, lahirlah Johari Zein Foundation. Sebuah lembaga filantropi yang bercita-cita membangun, mengembangkan dan memakmurkan 99 masjid di 8 penjuru dunia. Angka 99 diambil dari nama-nama baik Allah (Asmaul Husna) yang berjumlah 99.

Dari 99 masjid, saat ini Johari Zein Foundation telah membangun masjid Zeinurrahim di desa Medana Lombok Utara. Sesuai dengan cita-cita tersebut, jika 99 masjid sudah terbangun, Johari Zein Foundation akan kembali membangun 99 masjid lainnya, seperti halnya orang yang sedang berthawaf.


Johari Zein Foundation
Djohari Zein dan Muhammad Nuh (Ketua Badan Wakaf Indonesia)

Hadir juga dalam Peluncuran Program Indonesia Berseri Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Muhammad Nuh. Dalam sambutannya, Muhammad Nuh menjelaskan bahwa dirinya sangat senang atas cita-cita yang diinisiasi oleh Johari Zein Foundation. Ia berharap, cita-cita pembangunan tidak berhenti pada 99 masjid, tapi terus bertambah lagi.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut juga berharap masjid yang akan dibangun Johari Zein Foundation memiliki empat fungsi masjid. Yaitu, fungsi peribadatan, pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

Bukan sekedar membangun masjid biasa, tapi sebagai fungsi peradaban, minimal ada fungsi pendidikan, paling tidak ada PAUD, dan TPQ sehingga anak kecil sudah biasa mengenal Alquran. Begitulah harapan Muhammad Nuh di sela-sela acara peluncuran ini.

Untuk menyukseskan program Indonesia Berseri, Johari Zein Foundation membentuk komunitas Relawan Bangun Masjid (RBM). RBM bertujuan untuk menghimpun, menyebarkan, dan mendukung program pembangunan peradaban manusia yang unggul dan berakhlak mulia melalui masjid. RBM adalah bagian dari Program Indonesia Berseri Johari Zein Foundation.


Johari Zein Foundation
Para tokoh ikut mendukung Program Indonesia Berseri Johari Zein Foundation

Turut hadir dalam peluncuran Indonesia Berseri dan deklarasi RBM dari para tokoh nasional, di antaranya ada Ketua Badan Wakaf Indonesia Muhammad Nuh, Seniman Dik Doank, Anggota Dewan Syariah Nasional MUI Kyai Cholil Nafis dan Adiwarman Karim, praktisi ekonomi Syariah.

Semoga apa yang dilakukan oleh Djohari Zein ini bisa menjadi inspirasi bagi semua orang. Atas segala karunia dan berkah yang didapat dalam hidup, ada proporsi dari keberkahan itu yang menjadi milik orang lain yang membutuhkan.


With wealth comes responsibility
(Jonathan Sacks)




54 komentar:

  1. kalau di penjuru dunia pasti sangat luas.

    BalasHapus
  2. Salut dengan Pak Jo, mulia sekali cita-citanya, 99 Masjid. MaasyaAlloh.

    BalasHapus
  3. salut sama programnya, semoga berkah selalu ya buat Pak Jo, dan sudah kasih inspirasi ke orang lain

    BalasHapus
  4. Saluut untuk Pak Johari dan Johari Zein Foundation nya. Semoga program mulia ini sukses.. Aamiin..

    BalasHapus
  5. Tak sanggup berkata-kata, aku kagum sejak mengetahui kemuliaan hati pak Jo. Semoga lancar pembangunan 99 masjid lainnya, berkah, insyaa Alloh ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Jo masya Allah bikin merinding, menginspirasi dengan impiannya membangun peradaban. Dari masjid, mengajak anak-anak untuk belajar ngaji bisa menjadi salah satu cara mewujudkan mimpinya

      Hapus
  6. Masyaallah, keren nih pak Jo, selain masjid ada PAUD dam TPQ juga. Semoga Allah mudahkan jalan beliau untuk mewujudkan impiannya bangun 99 masjid ya

    BalasHapus
  7. Amiiin Ya Rabb, turut mengAminkan semua Visinya Pak Jo ini yang Insya Allah akan menjadi ladang Pahala Jariyyah-nya. Sangat memotivasi sekali niat mulianya, Masya Allah.

    BalasHapus
  8. MAsyAAllahs esuatu yang kerap kali jarang untuk terpikirkan ya mba namun dilakukan dengan mulia. Semoga niat baik ini didukung banyak orang dan penuh berkah. Aamiin

    BalasHapus
  9. Luar biasa ya niat dan komitmennya mba.. semoga Allah SWT meringankan langkahnya yaa

    BalasHapus
  10. Pertama kali bertemu dengan pak djohari ada kesan berbeda dari setiap pesan dan sambutannya. Aku baru tau kalo beliau juga ternyata punya foundation. Luar biasa banget kangkah beliau membesarkan umat.

    BalasHapus
  11. Masyaallah tabarakalah, semoga niat yang diusung Pak Zein bisa dimudahkan Allah ya. Baru tau aku kalo founder JNE seorang Muslim.

    BalasHapus
  12. Keren ya program dan komitmennya, semoga semakin berkembang dan selalu dimudahkan untuk mencapai visi dan misinya :)

    BalasHapus
  13. Johari Zen Foundation ini punya misi dan visi sosial yg luar biasa.
    bener2 mengaplikasikan sabda Rasul "Khairunnas anfauhum lin naas"

    BalasHapus
  14. merinding baca visinya menjadi wasilah terwujudnya umat yang bertakwa melalui pembangunan 99 masjid di 8 penjuru dunia MasyaAlloh semoga dilancarkan semuanya aamiin

    BalasHapus
  15. Wah pak Djohari.. masya Allah, pernah aku ketemu beliau di acara Paxel Surabaya, Mbak. Beliau cerita kisah pendeknya saat jadi mualaf dan dapat "hidayah". Inspiratif banget memang beliau ini.

    BalasHapus
  16. Keren banget ini campaignnya mba ternyata bukan hanya untuk di Indonesia ya tapi di 99 masjid di seluruh penjuru dunia

    BalasHapus
  17. alhamdulillah Johari Zein Foundation membangun 99 masjid di 8 penjuru dunia, semoga program yang berlangsung dalam masjid-masjid tersebut pun bisa berjalan lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. lalu akan terus dijalankan sehingga bisa memberikan manfaat bagi sodara muslim di sekitar bangunan masjid

      Hapus
    2. luarbiasa sih ini gagasannya untuk membangun 99 masjid di 8 penjuru dunia ya mba. Barakallah terus buat Johari Zein Foundation

      Hapus
  18. Wah udah lama gak liat Dik Doang...sekarang aktif di RBM ya.. Pak Johari Zein ini inspiratif banget ya...meski sudah berusia lanjut tapi semangatnya masih warbiasaakk...Ditambah sekarang ada RBM..makin topp...Semoga programnya dimudahkan..

    BalasHapus
  19. Mantap banget nih targetnya 99 masjid di 8 penjuru dunia. Yang sudah dibangun baru satukah di Lombok itu?

    BalasHapus
  20. Masya Allah, inspiratif sekali beliau ini. Semoga ke-99 masjid yang dibangunnya lancar dan menjadikannya amal jariyah.

    BalasHapus
  21. Mulia sekali cita-citanya Pak Johari...aku suka kata-katanya with wealth comes responsibility...sebuah pengingat untuk tetap bertanggung jawab pada lingkungan

    BalasHapus
  22. Setuju pakai banget, pas sampai di sini:

    "... bukan sekedar membangun masjid biasa, tapi sebagai fungsi peradaban, minimal ada fungsi pendidikan, paling tidak ada PAUD, dan TPQ sehingga anak kecil sudah biasa mengenal Alquran."

    Yup, fungsi peradaban sekaligus pendidikan.

    Semoga umat semakin termotivasi memakmurkan mesjid!

    BalasHapus
  23. waaah ini keren banget nih programnyaa, semoga segala sesuatunya berjalan lancar dan sesuai dengan rencana yaaa, mulia banget cita citanya

    BalasHapus
  24. Semoga semakin banyak mukmin yang mengikuti jejak inspiratif Pak Johari.
    Aamiin ya Rabb.

    BalasHapus
  25. Wah..mmg hebat ya pak djohari ini. Pingin bisa jadi filantropi spti beliau...amin

    BalasHapus
  26. Bagus banget programnya Johari Zein ini. Alhamdulillah ternyata beliau mualaf ya

    BalasHapus
  27. Terharu banget baca sejarahnya Pak Johari.
    Inspiring sekali. jadi malu umur segini belum bikin apa apa. belum menghasilkan apa apa. huhuhu. :(

    BalasHapus
  28. inspiratif sekali kisahnya:") udah gitu mulia banget tujuannya. semoga diberikan kelancaran mengenai kegiatannya yang sangat mulia

    BalasHapus
  29. Aku langsung browsing mengapa beliau mendirikan yayasan ini, yaitu:

    - Hidup harus memiliki keseimbangan, antara komersial dan sosial
    - Bangsa yang kuat adalah bangsa yang beriman

    Barokallah, Pak Djohari Zein!

    BalasHapus
  30. Masya Allah, salut sama visinya:
    Menjadi wasilah terwujudnya umat yang bertakwa melalui pembangunan 99 masjid di 8 penjuru dunia.

    Semoga Bapak Djogari sehat selalu dan bisnisnya lancar sehingga kegiatan filantropinya semuanya bisa terlaksana dengan baik

    BalasHapus
  31. Cita2nya agung sekali. Sebuah contoh yg patut ditiru ya, ketika sudah on top tapi ga lupa berderma untuk mereka yg msh di bawah. Semoga programnya berjalan lancar dan sukses ☺

    BalasHapus
  32. masyaAllah mulia banget ya kak.. tujuannya semoga Kita bisa dpt pelajaran aplg bisa membangun masjid impian aku bngt tuh mba

    BalasHapus
  33. Pak Johari Zein ternyata punya foundation juga. Aku baru tahu nih mba..
    Luar biasa ya visi misi nya. Aku jd terinspirasi ingin seperti beliau yg mana foundation nya bisa buat masjid

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah aku pun pernah bertemu beliau he's so inspiring, program-program beliau memang selalu inspiratif dan bikin salut

    BalasHapus
  35. Program seperti ini sangat bermanfaat sekali ya .apalagi cita2 pak Johari ini sangat mulia banget aku sangat salut...

    BalasHapus
  36. Barakallahu fiik, Pak Jo.
    Semoga semakin berkah dan senantiasa mengajak ummat untuk berbuat kebaikan terus dan terus.

    BalasHapus
  37. keren ya pak johari ini. semangat filantropis sbg pernyataan hidup berimannya luar biasa. jd contoh utk semua agama dan kepercayaan

    BalasHapus
  38. Pak Johari selalu keren banget ya
    suka dengan tujuan2 beliau yang sangat inspiratif.
    Mengalir energi positifnya

    BalasHapus
  39. Semoga apa yang dicita-citakan oleh Pak Johari bisa terwujud. Sangat mulai cita-citanya. 99 Masjid di seluruh dunia. Semoga Allah memudahkannya. Benar-benar menginspirasi.

    BalasHapus
  40. Masya Allah niatnya baik bangeet pak Zein, semoga dimudahkan ya pak dan bisa terwujud pembangunan 99 masjidnya. Sehat terus ya pak dan terus menginspirasi.

    BalasHapus
  41. pernah bersua langsung dengan beliau. iyah cerita kalau mualaf dan pengen beribadah sebanyak-banyaknya. baik banget orangnya

    BalasHapus
  42. Ngga nyangka ya ternyata mulia sekali. Semoga bisa jadi contoh dan motivasi untuk semua ya. Barakallah fiikum.

    BalasHapus
  43. Amin, mba. Semoga masjid yang dibangun bisa menyokong keimanan menjadi lebih kuat dan bisa dimanfaatkan untuk pendidikaa juga

    BalasHapus
  44. Masya Allah... Keren banget ini pak Johari Zein, dengan niat membangun 99 masjid di 8 penjuru dunia. Semoga semakin banyak juga orang seperti pak Johari ini.

    BalasHapus
  45. Ya Allah mulia sekali ya cita-citanya. Semoga berkah harta dan usianya Pak Djohari Zein. Bagaimana kami menyusul pahala-pahala yang tidak bisa dicapai seperti ini ya?

    BalasHapus
  46. Pak Jo tak henti-hentinya menginspirasi.
    Semoga Pak Jo selalu diberikan kesehatan dan keberkahan usia.

    BalasHapus
  47. Selama ini sering banget pake jasa logistik JNE. Tapi baru tau pendirinya sekarang. Keren banget JNE sekarang.

    BalasHapus
  48. Wow, cita-citanya sangat mulia. Bayangkan seandainya semua masjid yang dibangun makmur semua, berapa banyak amal jariyah yang mengalir kepadanya dan tidak akan pernah putus. Semoga dilancarkan semua niatnya...

    BalasHapus
  49. hebat ya Pak Jo menginspirasi sekali, semoga segala hal yang dilakukannya membawa berkah dan manfaat

    BalasHapus
  50. Masya Allah menginspirasi sekali ini kisah hidupnya Pak Johari, bikin masjid 99 keren banget semoga berkah dan banyak relawan yang bergabung ikut membantu ya.

    BalasHapus
  51. Menginspirasi..keren banget, mungkin karena niat yang mulia itu..makanya kini JNE menjadi makin maju dan sukses..pakai JNE secara gak langsung ikut mewujudkan misi baik ini..

    BalasHapus