25 February 2020

Cara Mudah Mencari Hotel di Semarang

Sudah pernah berkunjung ke Semarang?

Bagi yang belum tahu nih dimana itu Semarang, boleh ya kapan-kapan main yuk ke ibukota provinsi Jawa Tengah ini. Kota yang tak seberapa ramai jika dibandingkan Jakarta dan Surabaya, namun jalanannya sudah mulai macet dimana-mana. πŸ˜‰

Menikmati Liburan di Semarang Tanpa Terkena Macet



Agar gampang mengingat-ingat Semarang, boleh banget nih kalau kita bahas tentang tempat wisata ikoniknya. Pasti ntar ga bakalan lupa lagi. Apa sih tempat wisata ikonik di Semarang?

Iya, benar sekali. Kalau membincang Semarang, pasti nggak bakal lepas dari dua tempat yang sangat identik dengan Kota Lunpia ini. Lawang Sewu dan Sam Po Kong, bakalan selalu masuk daftar tempat yang wajib dikunjungi bagi mereka yang baru pertama kali ke Semarang, atau bahkan untuk mereka yang sudah beberapa kali ke Semarang namun amat menyukai tempat-tempat bersejarah.

Apa sih yang menarik dari kedua tempat tersebut?


1. SAM POO KONG 


Kehebatan kisah seorang laksamana Tiongkok bernama Cheng Ho tentu telah banyak diketahui oleh orang. Tak hanya di satu tempat saja sang laksamana ini singgah. Beberapa kota yang ada di Nusantara pernah menjadi tempat persinggahannya.

Salah satu kota yang pernah disinggahi oleh Cheng Ho adalah Semarang. Saat banyak awak kapalnya yang sakit, Cheng Ho pun melempar sauh dan mendarat di tempat yang menjadi cikal bakal Semarang. Tempat merapatnya kapal tersebut yang diabadikan menjadi Sam Poo Kong saat ini.

Sam Poo Kong memiliki arti goa tiga orang sakti. Cheng Ho dulu memang berlabuh dan berlindung di sebuah gua. Gua yang saat ini dibangun menjadi tempat ibadah kaum Konghucu inilah yang kemudian dikenal oleh masyarakat luas sebagai Kelenteng Sam Po Kong.


cara mudah mencari hotel di semarang


Salah satu fakta menarik yang kutemukan saat berkunjung ke sana dan ditemani oleh pemandu wisata terlatih, rupanya legenda Sam Po Kong yang menurut beberapa versi cerita dulunya bangunan tersebut adalah masjid, ternyata tidak benar. Cheng Ho tidak mendirikan masjid di sana meskipun dia sendiri beragama Islam. Sam Poo Kong ini murni dibangun sebagai petilasan dan untuk menghargai jasa Cheng Ho dalam membantu awak kapal dan masyarakat sekitar dengan peninggalan barang-barang berharga yang dibawanya. Sampai saat ini, barang-barang berharga seperti guci dan benda antik lainnya masih disimpan loh di suatu ruangan yang menjadi titik awal dibangunnya Sam Poo Kong.

Wisatawan yang datang ke Sam Po Kong bisa menyewa jasa pemandu wisata agar mengetahui sejarah tempat ini. Selain itu, para pengunjung juga bisa merasakan keistimewaan berfoto di depan kuil dengan menggunakan baju cheongsam.



Pada foto di atas ini aku menggunakan baju berwarna kuning yang unyuk banget ya. Setiap orang yang berkunjung ke Sam Poo Kong bisa menyewa cheongsam sebesar Rp. 80.000, sudah termasuk jasa fotografer, cetak 1 foto ukuran 5R, dan soft copy beberapa foto pilihan kita. Mau foto-foto tambahan dengan menggunakan smartphone juga bisa.

Tuuh asyik kaann... sayang banget loh jika dilewatkan berfoto cantik menggunakan baju khas dari Tiongkok ini. Bagi yang dari luar kota, jauh-jauh ke Semarang ya masak enggak nyobain foto kece begitu. πŸ˜‰


Baca juga : 5 Tips Backpacker Bersama Keluarga



2. LAWANG SEWU 


Semarang bagai tak terpisahkan dari salah satu bangunan yang entah kenapa justru terkenal karena kisah mistisnya. Padahal sebenarnya tidak ada apa-apa di gedung indah yang memiliki banyak sekali pintu tersebut.

Salah satu fakta menarik yang kadang terlupakan oleh orang, saking terintimidasinya dengan kengerian kisah mistis yang membumbui ingatan, Lawang Sewu nan cantik dan megah ini dulunya merupakan kantor perkeretaapian tertua di Indonesia. Nggak nyangka banget kan ya bangunan semegah ini dulunya kantor.

Semarang yang pernah disebut sebagai Little Netherland ini memang memiliki banyak bangunan kuno peninggalan Belanda. Makanya tak heran jika banyak gedung dengan arsitektur Belanda berada di kota ini.



Bertahun-tahun Lawang Sewu pernah mangkrak dan tidak digunakan. Bangunannya menjadi suram karena kosong sekian lama. Itulah yang mengundang rasa misterius di gedung tersebut. Namun setelah diperbaiki dan dimanfaatkan sebagai ruang publik, Lawang Sewu selalu memancarkan keindahannya baik pagi, siang hingga malam hari.

Coba deh datang ke Lawang Sewu dan pilih menggunakan jasa pemandu wisata. Berbagai informasi bermanfaat akan menjadi tambahan ilmu sepanjang perjalanan mengelilingi bangunan peninggalan Belanda yang kokoh dan bernilai arsitektur tinggi ini.


Boleh mampir sini yaaa... Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan



Mencari Hotel di Semarang dengan Mudah


Ketika memutuskan untuk mengunjungi Semarang, bagi teman-teman yang sama sekali belum pernah ke sini, mungkin ada kekhawatiran ya ntar bakalan nginep di mana. Apalagi kalau tidak punya sanak keluarga di sini, bisa jadi akan timbul keresahan seputar akomodasi yang akan digunakan.

Saat ini sebenarnya sudah tidak ada yang sulit terkait pencarian hotel. Kita bisa buka aplikasi Pegipegi untuk menemukan hotel Semarang yang sesuai dengan kriteria pencarian kita. Coba deh klik di sini untuk mencari tahu lebih lanjut.

Nah, bulan depan kan ada liburan Nyepi tuh tanggal 25 Maret, jatuh pas hari Rabu. Jika bermaksud melakukan liburan di 2 hari 'kejepit' yaitu di tanggal 23 dan 24 Maret, bisa banget loh kalau mau ke Semarang.  Ini sekadar contoh saja sih, untuk ilustrasi cara booking hotel di Semarang.

Agar mudah untuk mencari hotel di Semarang yang sesuai keinginan, bisa instal dulu aplikasi Pegipegi. Lalu lakukan langkah-langkah berikut:




1. Klik pilihan HOTEL pada halaman utama.

2. Masukkan kota tujuan yaitu Semarang pada bagian TUJUAN.

3. Masukkan isian tanggal mulai Check in dan akan Check Out. Klik saja nanti tanggal sesuai keinginan.

4. Jika sudah masuk semua isian, klik CARI KAMAR untuk melanjutkan pencarian.




5. Setelah keluar tampilan pilihan hotel-hotel di Semarang, kita bisa pilih sesuai kategori yang kita inginkan. Lihat yang kuberi kotak orange, ada pilihan Semua, Favorit, Syariah, Pasangan, Family, Mewah dan Heat. Coba saja klik masing-masing dan lihat pilihan hotel yang ditawarkan oleh Pegipegi.

6. Kita bisa melihat harga masing-masing hotel beserta foto-foto kamar dan semua fasilitas hotel yang akan kita pilih. Setelah menemukan yang sesuai dengan kebutuhan, klik nama hotelnya. Untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, klik PILIH KAMAR.




7. Pilih jenis kamar sesuai keinginan. Setiap hotel memiliki jenis kamar yang berbeda. Untuk contoh ilustrasi, di Fave Hotel ini ada tipe Superior dan Deluxe. Setelah memilih jenis kamar, klik PESAN KAMAR.

8. Isi data diri dengan lengkap, mulai dari alamat email hingga nomor telepon yang nantinya akan digunakan untuk pengiriman kode booking. Jika sudah tepat isian data yang kita masukkan, klik LANJUT.




9. Tahap terakhir berkaitan dengan proses pembayaran. Kita bisa memilih metode pembayaran sesuai dengan keinginan. Bisa menggunakan Kartu Kredit, Virtual Account, Transfer ATM, KlikBCA ataupun bayar di minimarket. Kita tinggal mengikuti langkah-langkah yang ditunjukkan oleh Pegipegi.

10. Kita akan menerima konfirmasi booking hotel. Segera lakukan pembayaran agar booking hotel ini tidak mengalami pembatalan.




Okaayy... selesai sudah proses mencari hotel di Semarang dengan menggunakan aplikasi Pegipegi. Guampaangg banget kan ya. Kita bebas memilih hotel dengan harga dan fasilitas yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Jadi gimana, kapan nih teman-teman main ke Semarang? Jangan lupa ya ntar kalau main ke sini colek-colek diriku. Pengin loh bisa kopdar dengan kalian. Ditunggu yaaa....

66 comments:

  1. Mbak, apa kabar?
    Untungnya saya sudah mengunjungi Sam Poo Kong dan Lawang Sewu waktu dulu ke Semarang itu, diantar jalan-jalan oleh Mas Wawan. Eh, apa kabarnya Mas Wawan ya Mbak?
    Ini bener Mbak, waktu ke Semarang itu saya booking hotelnya yang di Simpang Lima itu lewat Pegipegi. Terus terang itu baru kali pertama saya booking hotel tidak langsung ke hotelnya tapi lewat Pegipegi. Dan tidak mengecewakan, urusannya lancar.
    Ah jadi kepikiran, kapan ya saya ke Semarang lagi, hadiri lagi Loenpia Jazz...

    Salam dari saya di Sukabumi,

    ReplyDelete
  2. pernah ke Semarang dan memilih bertahan di stasiun karena tak banyak tau info hotel begini. Harusnya kemarin buka pegi-pegi dan booking hotel dg mudah

    ReplyDelete
  3. saya belum pernah ke semarang mbak, kapan2 mau ah sekalian ke klenteng sam po kong yang ikonik itu :)

    ReplyDelete
  4. Semarang selalu menjadi tempat menyenangkan untuk liburan ya Kak. Akupun pas tahun baru kmrn sempet roadtrip Jawa dan melipir kesana. Mungkin next time bisa sekalian coba nginep pake PegiPegi ahhh 😍

    ReplyDelete
  5. Aku baru pernah ke lawang sewu. Sebentar banget ke semarang waktu itu. Sekitar tahun 2013

    ReplyDelete
  6. Udah lama banget saya pengen jalan-jalan lagi ke Semarang. Kayaknya terakhir sekitar 4 tahun lalu. Tapi, cuma transit numpang tidur semalam. Kapan-kapan pengen lebih lama, deh

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah ke semarang mba. Keliatan ya jarang jalan-jalannya hihihi. Sekarang itu makin enak ya mba kalau mau jalan-jalan tinggal buka aja pegi-pegi. Tinggal klik dan pesan semua jadi beres ya.cukup lwat handphonw bisa ya

    ReplyDelete
  8. aku udah 2x mampir ke Semarang tapi kedua tempat itu gak sempat aku kunjungi cobaaa :((
    Pengen ke Sam Poo Kong, eh ada penyewaaan bajunya juga ya? Sama ya harganya kayak di cafe Korea di Bandung itu, harganya juga segituan.

    ReplyDelete
  9. Aku udah lamaaaaa ngga k SMG
    Puingiin main ke sana lagi, siapa tau bisa ketemu Pak Ganjar Pranowo :)))
    Pakai PegiPegi udah bener bangeett ya Mak Uniek

    ReplyDelete
  10. Wah, uda pernah ke sam poo kong juga mbak, sampe rental bajunya, keren banget. Betewe kalau di semarang pas lawang sewu, kira2 tutupnya jam berapa yaa mbak? Mau coba kesana weekend besok.

    ReplyDelete
  11. Dulu ke Semarang tanpa rencana, asal jalan aja gitu dari Jogja, eh tiba-tiba aja udah nyampe Semarang, pas dulu tol Solo - Semarang baru jadi, belum bayar :D

    Terus nyampe Semarang udah malam, bingung cari hotel, padahal tinggal buka Pegi-Pegi ya beres ya hahaha.

    Besoknya kami ke Simpang 5 dan Lawang Sewu aja.
    Terus ke Brown Canyon dan nyasar ke hutan hahaha.

    Duh kangen Semarang, harus balik lagi buat menjelajah tempat lainnya :)

    ReplyDelete
  12. Jadi kangen Semarang, terutama kulinernya.. Kangen juga ama mbak Uniek. Pengen deh nginep di Semarang ngajak krucils. Btw, pesen hotel pake pegipegi praktis dan gak ribet ya, mbak..

    ReplyDelete
  13. Rencananya sih mau ke Semarang pertengahan tahun ini, Mbaaak. Liburan beberapa hari deh di sana.

    ReplyDelete
  14. Suka cek PegiPegi kalau ada acara keluarga dadakan z soalnya di sana sering ada diskon penginapan hehe

    ReplyDelete
  15. Kedua tempat ini memang paling populer kalau bicara tentang Semarang. Belum pernah ke sana sih tapi sungguh saya tertarik, mau foto-foto juga seperti fotonya mbau Uniek, cantiiknyaaa.

    ReplyDelete
  16. Pernah ke Semarang tapi belum pernah nginap mba di Semarang, Syedih kan ya. Hiks. Dan aku kayaknya akan ke Semarang buat nginap ah suatu saat nanti :)

    ReplyDelete
  17. Ntar kalau ke Semarang, pengen lebih menikmati Semarang makannya nginap di sana kayaknyaa :) Makaish infonya mbaa :)

    ReplyDelete
  18. Aku dulu pernah ke Semarang sekali, mbak. Tapi gak bisa lama-lama dan waktunya terbatas banget karena dulu pas banget ngurusin administrasi buat penelitian gitu.
    Hmm, sekarang jadi pengen deh ke Semarang lagi. Kudu nyempetin waktu dan bikin itinerary biar bisa mampir di tempat² yang recommended banget buat dikunjungin di Semarang nih...

    ReplyDelete
  19. Ah iya mbk uniek, cerita lawang sewu yg terkenal cerita mistisnya. Katanya bekas penjara gitu. Bener nggak sih? Tp kalau lihat bangunan lawang sewu yg kece badai begini ya malah jauh dr kesan mistis, yg ada malah kesan pgn jeprat jepret pepotoan hahay. Next, pgn deh aku jln2 ke semarang lalu ngunjungin sam poo kong sn lawang sewu dn sbgnya. Pasti btuh berhari hari kn. Jd mungkin aku ngikutin dikau mbk uniek utk cari penginapan di pegi pegi aja.

    ReplyDelete
  20. Aku mauuuk ke destinasi2 ini semuaaaaa
    Tak lupa maem lumpia yg endolitaaa tiada taraaa
    Cuss ke PegiPegi ahh

    ReplyDelete
  21. wuahhhh ada persewaan babu cheongsam juga ya di Sam Poo Kong mbak, dulu tahun 2016 ke sana belum ada apa akunya yang kurang teliti hihihihi.

    ReplyDelete
  22. aku sudah punya hotel favorit di Semarang hehehe..ngga terasa sempat bolak - balik ke Semarang dalam waktu dekat yaa kemarin mba Un

    ReplyDelete
  23. Waktu ke Semarang saat hamil saya belum mengenal banyak blogger Semarang. Termasuk Mbak Uniek. Saat itu lupa nginap di hotel mana. Sekarang kalau ke Semarang cari penginapan lebih mudah ya...

    ReplyDelete
  24. Trakhir kemarin ke Semarang aku malah nggak pergi ke kedua tempar itu mba. Kelamaan di Ayanaz trus sampe Semarang kecapekan. Cuma sempet ke Kota Tua. Itupun gak bisa apa-apa taking penuh sesak .Hehehe. Akhirnya cuma mampir bentar trus balik hotel. Hotelnya juga booking pake pegipegi. Seneng deh hotelnya nyaman Dan makanannya enak. Gak salah pake pegipegi mah.

    ReplyDelete
  25. Saya pas ke Semarang kesorena, Mbak. jadi hanya sempat ke lawang Sewu. Ke Sam Poo Kong sudah tutup huhuhu. Besok ke Semarang lagi lah, apalagi pesan hotelnya sudha mudah hehehe.

    ReplyDelete
  26. Wah..udah lama banget nih gak ke Semarang. Dulu sih waktu masih kuliah di Jogja sering ke Semarang kalo mau ke Kudus. Pasti dah banyak perubahan ya..pengen deh kapan-kapan ke Semarang, apalagi sekarang OTA yang membantu mempermudah cari transportasi dan hotelnya.

    ReplyDelete
  27. Pingin ke Lawang Sewu, Semarang deh Mbak Uniek... meski serem kayaknya hihi... akibat dulu pernah nonton reality show Uji Ny*ali di TV hihi... tp kan itu tempat bersejarah ya. Mudah2an deh ada kesempatan bs jalan2 ke sana. Makasih rekomendasi Pegipegi nya ya Mbak.. salam kenal dari Medan

    ReplyDelete
  28. wah asik rencana minggu depan mau ke Semarang, terima aksih sudah tipsnya dan lumayan buat nginep murah ya, asiiikkk deh saya juga pengguna setia Pegi-pegi lho mba heheh

    ReplyDelete
  29. Memang sangat membantu adanya PegiPegi ini ya.. Mo cari hotel tinggal klak-klik saja..gampiil...

    ReplyDelete
  30. Kota Semarang memang identik dengan budaya dan sejarah ya, Mbak.
    Kayaknya gak cukup sehari kalau mau berlibur ke Semarang. Harus pake nginep juga :))

    ReplyDelete
  31. Nanti kalau pulkam lagi, pengin ke Sam Poo Kong lagi ah. Dulu ke sana kurang puwasss

    ReplyDelete
  32. Pengen banget ke Semarang. secara ingin tahu lawung sweu mbak aku belum pernah lawung sewu versi aslinya.

    ReplyDelete
  33. Pake pegi2 tuh praktis buat traveling. Aku jg suka cek tiket ato hotel di apps pegi2. Hehehe

    ReplyDelete
  34. Anakku udah lama ngajak ke Lawang Sewu tapi belum kesampaian, nanti kalo ke Semarang cek ricek dulu ke Pegipegi deh

    ReplyDelete
  35. Aku belum pernah nih ke Semarang pengen banget mampir ke Lawang Sewu, btw sekarang udah serba praktis yaa Pegipegi memang membantu banget

    ReplyDelete
  36. Halo mba Uniek. Lebaran lalu sempat niat main ke Lawang Sewu tapi teryata penuh banget. Mau cari tempat parkir aja susah. Kayaknya harus datang pas nggak musim liburan ya :)

    ReplyDelete
  37. Pengen ke Semarang lagi deh, dulu waktu ke Semarang belum ngerti apa apa jadi melewatkan banyak tempat wisata. Setelah baca ini jadi kepengen balik lagi. Next cari hotelnya di pegi-pegi ahh

    ReplyDelete
  38. Pengen pake baju cheongsamnya juga deh. Ntr, kalau ke semarang aku sempatin ke sam poo kong deh.

    ReplyDelete
  39. Baru sekali berkesempatan main ke semarang tapi udah bikin kangen pengen bisa main ke sana lagi

    ReplyDelete
  40. Semarang itu salah satu kota yang ingin aku kunjungi bersama keluarga. Semoga suatu saat nanti bisa ke kota ini. Soalnya banyak sekali tempat yang bagus dan makanannya tuh banyak banget.

    Sekarang booking hotel pakai Pegi Pegi lebih mudah ya, mbak :)

    ReplyDelete
  41. Aku kalau ke Semarang mau nebeng di tempat Mbak Uniek aja, bahahaha. Tapi kalau mau staycation, boleh nih lihat penginapan di PegiPegi ya

    ReplyDelete
  42. Terakhir ke semarang pertengahan 2000-an. Ga sempat mampir ke objek wisata. Eh di zaman itu belum marak wisata juga sih seingatku.

    Beda sama sekarang. Semua berbenah ingin dikunjungi. Efek instagram juga kayaknya, ya.

    ReplyDelete
  43. Pengen banget main ke Sam Poo Kong. Tapi kok ya belum ada kesempatan untuk main ke Semarang lagi. Pengen juga pakai baju ala-ala begitu, terus sewanya juga murah meriah, 80rb itu udah termasuk fotografer, cetak foto dan dapat soft filenya.

    ReplyDelete
  44. Aku pernah ke sam poo kong.. Emang ikonik bgt sih sama kayak lawang sewu mbak..

    Jadi pgn ke Semarang lagi dan kunjungin destinasi wisata lain yg ditulis mba uniek nih

    ReplyDelete
  45. Setuju banget sekarang Semarang sudah jadi kota wisata juga seperti Jogja, makin mudah menemukan hotel sesuai budget kita ya, kuliner enak dan tempat wisatanya makin dipercantik...love it..

    ReplyDelete
  46. Duh Semarang, kangen deh main ke sana lagi. Jalan-jalan, makan-makan, dan staycation di hotelnya. Kapan ya bisa ke Semarang lagi?

    ReplyDelete
  47. Jangankan Sam Poo Kong,Lawang Sewu aja saya belum pernah Mbak hiks, selama ini kalau ke Semarang mampir di tempat bandeng prestonya aja hihihi.
    Next harus mampir, deh!

    ReplyDelete
  48. Belum pernah saya menyambangi Semarang nih, Noted banget siapa tau nanti bisa ke Semarang dan nginep di hotelnya pasti nyari di pegi pegi

    ReplyDelete
  49. Belum pernah main sengaja gitu ke Semarang. Banyak halangan terus. Masih penasaran ingin main ke Lawang Sewu.

    ReplyDelete
  50. Semarang itu terakhir pas dulu mampir ke sana. Belum pernah lawng sewu secara kok serem walau dah bagus

    Tapi nanti kalau jalan-jalan ke Semarang tolong di guidein yaaaaaaa mbaa

    ReplyDelete
  51. berkali-kali main ke Semarang, dah ngga pernah puas. Selalu ada saja yang dieksplor. Jadi seringnya extend liburan gitu. Untung pakai pegi2, hotel jadi lebih murah!

    ReplyDelete
  52. Kalau ke Semarang mau dehh mampir atau berkunjung ke rumah Mbak Uniek πŸ˜‚πŸ™ˆ
    Ntar nginepnya cari di pegi pegi dulu ya πŸ˜…
    Trus kapan ke Semarang nya? πŸ˜…

    ReplyDelete
  53. Semarang selalu ngangenin, meski berkali2 juga. Tapi blm pernah foto pKe kostum kayak mbak Uniek di Sam Poo Kong, hihihi. Btw kapan2 cobain ah pesen hotel lewat pegi2 ☺

    ReplyDelete
  54. Ke Semarang dulu cuma lewat aja dan belum pernah ke Semarang lagi, rencana kalau mau ke Semarang emang mau ke tempat wisatanya dan pastinya kudu nginep dong :)

    ReplyDelete
  55. Kemarin Januari kami ke Semarang. Main ke Cimory hehehe. Mau main ke Lawang Sewu ayahnya ga mau. Takut pada horor katanya. Padahal aku pengen banget

    ReplyDelete
  56. Jadi kangen Semarang, udah lama banget nggak main ke sana. Padahal jaraknya ama Solo nggak terlalu jauh ya. Ntar deh nunggu libur agak panjang, pengen kulineran di sana.

    ReplyDelete
  57. Waiya nih bisa jadi opsi kalo aku ke Semarang. Makasih, Mbak, sebetulnya udah lama pengen kulineran ke Semarang belom kesampaian mulu.

    ReplyDelete
  58. Meskipun dekat, saya belum pernah ke Semarang. Padahal pengen ke kota lama dan menikmati lunpia basah khas sana

    ReplyDelete
  59. Waah jadi pengen ke Sam Poo Kong dan sewa baju di sana Mbak. Lucuu banget yaa serasa putri di Cina gituuu..

    ReplyDelete
  60. Liburan bisa lebih terkonsep dan tidak kehilangan arah, bahkan bisa lebih eksplorasi tempat wisata di tempat yang kita tuju dengan Pergi Pegi ini ya

    ReplyDelete
  61. Tahun lalu itu wacana aku sama suami berkunjung k Semarang, terutsma ke Sam Poo Kong itu

    ReplyDelete
  62. Baru rencana pergi ke sana tapi belum deket-deket ini. Kalau ada ada waktu, beneran harus disempetin sihhh.

    ReplyDelete
  63. Makin ciamik apik ya kota Semarang. Jadi pengin ke Semarang lagi. Siap booking hotel lewat pegi-pegi ya. Makasih mbakku.. See you ngemil Lumpia yaaaa

    ReplyDelete
  64. dulu udah pernah main ke kedua tempat itu sih, tempat pertama kali kopdar sama mbak uniek. tapi pengen deh main-main lagi ke semarang berempat. ntar pesan hotelnya bisa intip-intip di pegi-pegi

    ReplyDelete
  65. Mbak Nieeeekkk, aku lho ke Sam Po Kong ga sempat nyoba bajunya. Hahaha. Kesel ih, iri dengan fotonya yang keren itu. Mbokan nek aku ke Sam Po Kong dikancani. πŸ˜†

    ReplyDelete
  66. Pas banget bunda, Januari lalu saya ke Semarang lho. Sam Poo Kong dan Lawang Sewu sudah. Saya sempat ke Kota Lama dan Pasar Imlek Semawis. Seru banget!

    ReplyDelete