20 December 2019

5 Tips Backpacker Bersama Keluarga


Halooo... apa kabar teman-teman? Gimana nih rencana liburan tahun baru ini? 

Bagi sebagian besar orang, liburan menjadi sesuatu hal yang sangat disukai serta sangat ditunggu- tunggu. Jelas banget dong ditunggu, karena liburan gini bakalan bikin pikiran jadi lebih segar setelah melakukan pekerjaan yang berat secara terus-menerus di waktu-waktu sebelumnya. 


Tips Backpacker Bareng Keluarga


Jadi nggak salah jika orang-orang kemudian menyempatkan diri untuk bepergian dalam rangka liburan itu, yaahh meskipun cuma dua atau satu hari saja sudah bisa memberikan dampak positif loh. 

Kalau kalian sendiri gimana, teman-teman? Biasanya lebih pilih liburan yang seperti apa?

Jika menyukai liburan a la backpacker, berikut ini ada beberapa tips backpacker bersama keluarga yang bisa ditiru. Backpacker dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk liburan mengingat tidak perlu persiapan yang cukup lama serta tidak membutuhkan biaya yang mahal. 


Tips Backpacker Bersama Keluarga yang Low Budget


Bisa jadi sebagian besar orang mempunyai pendapat ataupun jalan pikiran kalau liburan wajib mempunyai uang yang lumayan banyak. Hal ini mengingat kewajiban harus pesan tiket pesawat beserta hotel buat menginap, transportasi di lokasi tempat wisata, biaya makan, serta keperluan yang lain. 

Sebenarnya mindset semacam itu bisa saja tidak berlaku untuk sebagian orang. Ada yang berpendapat bahwa liburan tuh tidak harus selalu mewah. Kita dapat liburan seperti para backpacker

Liburan a la bacpacker dapat kita terapkan bagi yang memiliki alokasi low budget untuk liburan. Liburan seperti ini tidak membutuhkan banyak uang.

Gimana metode liburan a la backpacker bersama keluarga?


1. Tetapkan Destinasi Wisatanya


Sebelum melakukan segala tetek bengek persiapan liburan, yakinkan terlebih dulu tempat yang hendak kita kunjungi. Pastikan kita telah memilih tempat liburan yang aman, sebab kali ini kita tidak sendiri melainkan bersama keluarga.

Tidak hanya aman, sebaiknya kita juga memilih tempat yang berhubungan dengan alam. Sebagai contoh nih, liburan ke pantai ataupun ke puncak, taman wisata, hutan pinus, dan lain sebagainya.  Yang berbau-bau alam gitu lah pokoknya.




Oya, jangan lupa ya pertimbangkan juga kondisi lingkungan dengan usia anak-anak. Bocah kecil biasanya sering lasak dan berlarian kesana kemari. Namun ada juga anak yang kurang suka pada kondisi alam tertentu. Intinya pemilihan destinasi wisata ini disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing keluarga. 


2. Tetapkan Waktunya


Selain memikirkan destinasi wisatanya, pemilihan waktu juga merupakan salah satu hal yang penting untuk dipikirkan.

Sebaiknya rundingkan terlebih dahulu bersama keluarga kapan waktu keberangkatan yang tepat. Yakinkan pula jadwal kembali supaya tidak mengganggu jadwal lain yang sudah diatur sebelumnya.

Dianjurkan tidak lebih dari 2 hari misalnya mengambil waktu di akhir pekan. Tak usah khawatir, walaupun cuma sebentar namun liburan bersama ini akan terasa sangat berkualitas.  


3. Siapkan Budget 


Tanpa budget pastinya kita tidak dapat berangkat liburan bersama keluarga. Liburan tidak wajib mempunyai budget yang besar sih. Siapkan budget sesuai kebutuhan saja. Tak perlu terlalu pening memikirkan untuk beli oleh-oleh mahal serta membayar fasilitas mewah kala liburan. 

Menghabiskan waktu bersama keluarga saja telah dapat membuat bahagia seperti bermain di tepi pantai atau berkemah di kaki pegunungan.  


4. Makan Makanan Lokal atau Membawa Bekal 


Makanlah apa yang dimakan penduduk setempat, jika tidak cocok lebih disarankan untuk membawa makanan kering dari rumah. Pertimbangkan juga kesehatan dan kebutuhan keluarga. Terlebih jika jika memutuskan tujuan wisata ke luar negeri, perihal menentukan makanan ini perlu banget disiasati.


5. Tetapkan Transportasi 


Ketika kita berniat mau liburan ala-ala backpacker bersama keluarga, jangan lupa memikirkan soal transportasinya. Cari aja yang mudah dan praktis ya, baik itu mau liburan di dalam kota ataupun luar kota.




Kalau menurutku sih paling enak bawa kendaraan pribadi ya. Emang sih bakalan terasa lama dalam perjalanan sebab menempuh jarak yang jauh jika kita bawa kendaraan pribadi gini. Tapi bakalan lebih nyaman untuk seluruh anggota keluarga. 

Kendaraan pribadi menjadi pilihan yang paling rasional meskipun memang akan lebih melelahkan karena harus menyetir sendiri. Nah, kalau pengin benar-benar menikmati liburan tanpa repot harus menyetir sendiri, mungkin sudah saatnya mencoba layanan rental mobil include supirnya sehingga lebih memudahkan. 

Contohnya nih,  ketika memutuskan untuk piknik ke Yogyakarta dan Semarang sekaligus, biar bisa mengunjungi banyak tempat kan enakan kalau bawa mobil. Kalau harus berpindah-pindah menggunakan transportasi umum, alamaakk... bakalan tua di jalan. πŸ˜€

Bisa dipertimbangkan loh menggunakan layanan rental mobil lengkap dengan sopirnya. Dengan begitu, kita bisa benar-benar menikmati liburan bersama keluarga dengan harga yang tidak jauh berbeda seperti yang ditetapkan para backpacker

Apalagi layanan sewa mobil saat ini makin terjangkau dan praktis karena bisa dipesan secara online baik melalui situs resmi ataupun aplikasi seperti yang ditawarkan oleh TRAC. 

Jika teman-teman butuh rekomendasi, silakan kunjungi situs resmi https://www.trac.astra.co.id/ untuk mendapatkan paket rental mobil terbaik dari TRAC dengan supir yang berpengalaman. Nggak cuma itu, ntar teman-teman juga bisa mengunduh aplikasi TRAC to GO melalui Google Play Store maupun App Store dengan sangat mudah.

Gimana, sudah siap untuk backpackeran bareng keluarga di musim liburan ini?

57 comments:

  1. Naah enak kemana2 nyewa sih semisal ya destinasinya jauh dari lokasi asal. Bebas capek kan ga nyetir tinggal duduk manis huehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau di kawasan Flores nih Mbak. Enaknya memang sewa mobil sendiri bisa explore Flores dari ujung ke ujung

      Delete
  2. Nice info nih. Sewa mobil. Gak kepikir sebelumnya. Karen dengan sewa mobil setidaknya posisi sopir tergantikan, tenaga dapat dialihkan untuk yang lain.

    ReplyDelete
  3. Tipsnya usable banget ni.
    Bakal kepake banget juga, utamanya buat para mudikers.
    Momen mudik yang kerap disambi dengan trip a la backpackers.
    Hihihihi ..

    ReplyDelete
  4. Itinerary yang jelas bisa menekan budget secara signinifikan aku juga sudah beberapa kali membuktikan, maklum emak-emak kan nggak mau rugi hehehehe

    ReplyDelete
  5. Tipsnya bermanfaat banget. Apalagi poin ketiga siapkan budget wajib banget apalagi backpackeran sama keluarga.

    ReplyDelete
  6. Ternyata tipsnya ada 5, ya. Masalah budget itu yang paling penting. Secara semangatnya kan backpackeran.

    ReplyDelete
  7. Trac ini udah terpercaya banget Mak, lumayan membantu perjalanan bahkan buat perjalanan dinas pun :)

    ReplyDelete
  8. Bener, kalau liburan sekeluarga lebih murah dan nyaman sewa mobil beserta sopirnya sekalian. Sepakat, karena saya nggak punya mobil pribadi hehehe.... kalau pakai angkutan umum, repot

    ReplyDelete
  9. Wah mantab nih tips nya..bisa dicoba nih kapan2.. Apalagi klo sdh ada rental.mobil terpercaya ya..makin mantab deh acara piknik barengnya..

    ReplyDelete
  10. Setuju. Apalagi kalau anak-anaknya udah remaja. Pasti deh mereka maunya dilibatkan dulu untuk urusan rencana. Suka protes kalau langsung diajak gitu aja

    ReplyDelete
  11. Asyik dapat tips backpacker bersama keluarga ini. Soalnya aku termasuk yang suka traveling ala backpacker. Selain hemat budget, rasanya lebih seru aja. Oh ya untuk transportasi, aku juga senang sewa mobil di lokasi tujuan lho, atau minimal sepeda motor.

    ReplyDelete
  12. Jiwa saya adventure, jiwa suami tidak. Agak kesel sih. Jadinya saya kadang travelingnya sendiri, biasanya sih daerah yg deket2 aja

    ReplyDelete
  13. Sekarang mah udah simple semuanya ya Mba, bener kalo ngangkot gonta-ganti pindah. Mobilan asik banget, apalagi ada trac sekarang tinggal pesan dan siapkan budget jalan deh.

    ReplyDelete
  14. Sewa mobil ini membantu banget memang ya kalo lagi wisata ke tempat lain, nggak perlu capek nyetir juga. Mudah-mudahan nanti ada tambahan layanan untuk pindahan dari trac astra

    ReplyDelete
  15. kepikiran pengen traveling tp suami ga usah capek nyetir. kapan2 mau coba sewa mobil juga ah. mudah2an bejodoh :)

    ReplyDelete
  16. Backpacker bareng keluarga emang asyik banget. Makanya kami berharap anak-anak jane lebih sering libur. Wkwkwk. Kami juga suka sewa Mobil Mbak. Ke kota tujuan pakai kereta dulu baru sesampainya pakai rental. Leluasa bgt.

    ReplyDelete
  17. Saya bersama anak dan suami selalu bekpekeran kemanapun bepergian. Sayangnya justru gak pernah direncanakan jauh hari sebelumnya. Kalau banyak persiapan justru malah sering gak jadi berangkat hehehe

    ReplyDelete
  18. Kalau liburan memang lebih enak bawa mobil sendiri biar bisa ke berbagai macam tempat, kerennya Trac itu di berbagai kota tersedia jadi memudahkan banget buat yg ingin pakai jasa rental mobil terpercaya

    ReplyDelete
  19. Nomor 2 nih kemarin sempat terlupakan. Saat lagi peak time..malah camping...alhasil penuh sesak Kaya cendol.. nggak nyaman Juga kalau di gunung terlalu banyak orang.. kurang syahdu jadi nggak bisa menikmati malam di gunung dengan romantis wkwk. Thanks mbak tipsnya buat Aku yang masih cupu masalah jalan-jalan.. manfaat banget nih.

    ReplyDelete
  20. Pas sebelum punya anak, suka backpakeran sama suami. Tapi ini karena anaknya masih piyik-piyik, kayaknya mikir dulu deh buat backpakeran. Padahal backpakeran itu seru lho, dapat pengalaman langsung!

    ReplyDelete
  21. Pernah sekali traveling model backpacker pas dulu Ama suami. Tapi makin kesini, nth Napa jd ga bisa. Ttp koper jd pilihan utama. Walo cm 2 HR pun, aku LBH prefer koper, apalagi bareng anak2. Tapi utk wisata dll nya, ga masalah sih cari yg budget, ato wisata gratis :D. Yg ptg kan kebersamaannya dapet :). Udh lama ga liburan bareng anak2 , selama ini aku travelingnya slalu Ama temen ato suami.

    ReplyDelete
  22. tambahan klo wisata di alam raya kaya hutan-hutan gitu. pertimbangkan juga bawa lotion anti nyamuk biar nggak digigit nyamuk

    ReplyDelete
  23. Memang ya enaknya bawa kendaraan sendiri kalau sekeluarga, kalau naik-turun kendaraan umum bisa tua di jalan, sudah gitu bisa jadi mihil yak. :)

    ReplyDelete
  24. Kami pernah nyoba sekali ke Malaysia & langsung gagal wkwkwkwk. Sejak itu belum pernah nyoba lagi sekeluarga. Tapi anakku pernah nyoba lagi ke Bali sama teman2nya. Pas ngantar ke terminal bus, suamiku langsung garuk2 kepala karena pada bawa koper besar2 wkwkwk

    ReplyDelete
  25. Kalo saya prefer semi backpack kalo sama anak sih, jadi gak rempong-rempong amat gitu. Terutama soal penginapan saya pilih yang strategis lokasinya jadi kalo mau cari makan juga mudah. Nice tipsnya mba, impianku nanti bisa travelling duet sm anak lelakiku.

    ReplyDelete
  26. Kalau bareng keluarga enaknya memang rental mobil ya Mbak. Nggak repot turun naik kendaraan. Apalagi bawa anak kecil kasihan banget rempong emaknya, capek juga anaknya.

    ReplyDelete
  27. Boleh juga nih tips liburannya Mbak. Emang kalau mau liburan gitu kudu dipersiapkan baik-baik dulu ya Mbak apalagi kalau low budget. Denga. Persiapan juga pastinya bikin liburan makin asyik dan lancar.

    ReplyDelete
  28. Setuju sama tipsnya, memang kalo mo bawa keluarga backpacking persiapannya rada ribet tapi mending disiapkan jauh2 hari supaya perjalanan jd menyenangkan

    ReplyDelete
  29. Bener banget mbak emang kalau namanya wisata itu kita harus bener2 memperhatikan semuanya dengan detail.. Akupun sekeluarga juga perlu nieh kayak gini..

    ReplyDelete
  30. Iya biasanya kalau liburan sekeluarga kami sewa mobil biar lebih mudah menjangkau tempat wisatanya..

    ReplyDelete
  31. Wah sudah mulai nih ya promo sewa mobil. Trac to Fo pas nih buat sewa mobil mudik lebaran.memang harus dr sekarang kita dah aware sama transportasi yg dipakai saat mudik nanti.

    ReplyDelete
  32. Menetapkan waktu bagi saya setelah anak-anak mulai SD jadi agak sulit. Soalnya gak nyaman kalau keseringan izin. Sekalinya bisa izin, suami lagi sibuk. Padahal kurang suka juga jalan-jalan saat peak season karena ramai. Tetapi, sesekali memang harus direncanakan untuk jalan-jalan biar fresh lagi

    ReplyDelete
  33. Biasanya budget terbesarku buat liburan adalah rental mobil, BBM sama makan. Kalo nginep biasanya sih numpang di rumah saudara, hihi. Kan mayan, ga usah bayar hotel.

    ReplyDelete
  34. Biasanya nih kalau pergi sama keluarga suka keluar dari rencana yang sudah ditetapkan. Kayaknya memang harus bikin komitmen untuk pergi sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan.

    ReplyDelete
  35. Backpacker an ama bocah emang menyenangkan.. anak2 dapet banyak. experience ya.. tapi emang kudu well prepared.. Nah...kalo pake mobil sewaan makin nyaman.. hehe

    ReplyDelete
  36. Liburan sama keluarga sebisa mungkin menyenangkan untuk smeua ya termasuk anak-anak. Sebagai orangtua harus tau apa yang disukai & kebiasaan mereka. Ajak aku jalan-jalan dong mbak :)

    ReplyDelete
  37. bisa ngga Ka, traveling bawa anak?
    Di usia berapa anak siap diajak traveling?

    ReplyDelete
  38. Biasanya menghindari peak season kalau mau keluar kota. Alamak macetnya bikin pusing, niatnya santai malah kejebak macet, padahal cuma liburan ke Malang.

    ReplyDelete
  39. Iyap sewa Mobil d TRAC nyaman bngt supirnya Juga friendly dah bbrp Kali pake ketika mau k Cirebon

    ReplyDelete
  40. Yup...pemilihan destinasi dan transportasi penting banget. Agar bisa disiapkan jauh sebelumnya. Untuk destinasi wisata yang medannya sulit, saya juga lebih suka sewa mobil dan sopirnya. Biar kita bisa duduk manis menikmati suasana..

    ReplyDelete
  41. Liburan menjadi tempat pelarian di tengah kejenuhan rutinitas bekerja. Penting sekali guna merefresh pikiran agar kembali segar. Nambah senang liburan di tempat wisata bareng keluarga tercinta. Kuy ahh liburan, tipsnya bermanfaat nih.

    ReplyDelete
  42. kalau bareng keluarga gini lebih hemat dan nyaman emang rental mobil yah.

    ReplyDelete
  43. Aku belum bisa backpackeran gini masih deg2an takut ada yg ga kebawa
    Mungkin nunggu agak gedean kali ya mbak
    Enak ada trac bisa sewa di tempat tujuan ya

    ReplyDelete
  44. Jadi ingat punya niat backpackeran juga sama keluarga, eh waktunya suami malah ga ada, sibuk terus. Padahal pengen deh, pasti seru. Tipsnya akan kuingat mba, semoga nanti bisa mewujudkan backpakeran.

    ReplyDelete
  45. Emang beneran sih mak, kalau mau pergi backpacking enaknya sih pake mobil. Sayang banget aku belum bisa nyupir dan sekeluarga masih bergantung banget sama Bapak. Bakal nyoba belajar dulu supaya bisa lebih enak dan lebih aman pergi ke mana-mana :D

    ReplyDelete
  46. makasih tipsnya mbak. butuh mobil elf nih biar keangkut semua... :D

    ReplyDelete
  47. keren sekali tipsnya, Mbak Uniek.
    Jadi walau hanya libur 2 hari misalnya, tapi karena sudah tersusun rapi semuanya, maka akan maksimal ya, Mbak.
    Dan memang kalau jarak dekat, enak naik bawa mobil. Kalau jarak jauh, bisa sewa di tempat juga. Pokoknya jalan-jalan itu memang menyenangkan ya, Mbak hehehe.

    ReplyDelete
  48. Bisa juga nih kalo sudah ada anak untuk backpackeran dengan mencoba sewa mobil dari Trac to Go ini mba Uniek, kemarin kepikiran lagi buat road trip

    ReplyDelete
  49. Aku ikut tips nya nanti deh setelah berumahtangga berhubung selama ini hanya tahu mengolah budget untuk solo backpacker. Beberapa hal memang banyak yang harus dipertimbangkan yah terutama destinasinya untuk anak-anak. Dan kalo memang budget masih minim sepertinya harus pilih lokasi yang tidak terlalu jauh. Hmm, yang penting tetap bisa liburan seru bersama keluarga ya kan,mbak.

    ReplyDelete
  50. Aku termasuk yang berpendapat liburan itu nggak harus wah nunggu duit berlimpah. Makanya suka banget liburan ala backpacker. Kalau tujuan wisatanya jauh lebih suka rental mobil, suami bisa nyetir sendiri jadi hemat biaya driver, meskipun jadi lebih capek dan makan waktu. Apalagi bawa anak2 kan kudu fleksibel banget 😁

    ReplyDelete
  51. bener banget kak, kalau aku liburan bareng keluarga pengennya yang ringkes aja tinggal duduk manis. Maklum bawa orang tua kan ya kasian kalo diajak naik turun gonta ganti transport.

    ReplyDelete
  52. Alhamdulillah dapat informasi menarik mengenai wisata backpacker dengan low budget :) kebetulan ada rencana mau jalan-jalan dengan keluarga tercinta tapi backpacker tapi bingung mulai persiapannya bagaimana... Makasih ya tips nya

    ReplyDelete
  53. Sebelum nikah aku lebih suka pake angkutan umum kemana2 kalau backpackeran. Soalnya pengen menikmati kearifan lokal. Hehe. Tapi setelah punya buntut, memang bawa kendaraan pribadi itu paling pas lah pokoknya. Ga ribet 😁

    ReplyDelete
  54. Kalau bawa bayi dua gini, aman kan ya Mbak?
    Saya jadi mau nelpon ke Astra nih rasanya, hehe

    ReplyDelete
  55. Pernah tuh saya diprospek sama Trac Astra saat ada pamerab wisata halal di Surabaya
    Huhuhu jadi kepengen rasanya backpackeran sekeluarga juga

    ReplyDelete