Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

15 January 2015

Ngapain Sih Ikut KEB?

Ngapain sih ikut KEB? Apakah sobat-sobat blogger perempuan pernah menanyakan itu kepada diri sendiri?

Kalau aku sih malah enggak kepikiran ya kenapa harus ikut Kumpulan Emak Blogger (KEB). Buatku, asalkan akan membawa banyak kebaikan, kenapa enggak turut bergabung. Siapa tau kaaaann... saat kita berada di dalam wadah satu komunitas (komunitas apa pun), kita jadi bisa menambah teman / kolega, bisa meng-upgrade kemampuan basic yang kita miliki, bertukar wacana dan ikut menyebarkan berbagai kebaikan sekecil apapun.

Aku tidak ingat kapan persisnya bergabung ke dalam KEB dan siapa yang mengenalkanku pada komunitas ini. Detail cara gabungnya bisa lihat contekan postingan ini. Tapi ada satu hal pasti yang kuingat tentang kenapa sampai sekarang masih betah aja ngejogrok barengan emak-emak blogger di sini : MULTI INTERESTS.

Loh, kok macam-macam kepentingan malah bikin betah? Kenapa enggak pilih komunitas yang satu kepentingan ajah?

dokumentasi Mariana 18 Juni 2014, kopdar dadakan di Semarang
Wohoooo.... memangnya apa sih yang dicari dalam berkomunitas? Teman? Materi? Popularitas? Pengetahuan? Pengalaman? Bisa saja ada beberapa kepentingan yang kita jadikan alasan untuk bergabung. Namun apa perlunya coba untuk digali lebih dalam? Sependek pemikiran seorang emak simple macam aku ini, sekali memutuskan untuk bergabung dengan komunitas, yaaa enjoy aja laaahh... Apapun alasan kita untuk bergabung ke dalamnya sudah bukan bahan yang penting untuk diperbincangkan.

Terus terang aku ini belum begitu lama ngeblog. Saat orang lain di tahun 2008 sudah mulai pada ngeblog, aku masih rusuh ajah ngurusi kerjaan yang seakan-akan bertumpuk-tumpuk hingga ke loteng ;) Bekerja dari pagi hingga hampir tengah malam, kejar tayang jadwal loading export yang terus menghimpit. 

Untunglah seiring dengan pertambahan usia, akhirnya aku menemukan jodoh terakhirku saat ini dalam bekerja. Sebuah perusahaan yang membuatku tidak perlu bekerja tanpa kenal jam seperti dulu. Aku jadi masih memiliki waktu untuk mengerjakan hal yang lain dan mengembangkan wacana. Life has just begun kalau kata simbahku yang orang indo *Indonesia maksudnya ;)

Salah satunya ya bisa ngeblog itu. Dengan ngeblog banyak sekali pencapaian yang kuraih. Yaaa mungkin tidak sama lah ya dengan para seleb blog, tapi dari seorang ibu bekerja yang tadinya riweuh melulu dengan gawean dan rumah, sekarang sudah mampu membagi waktu untuk ngeblog juga. Opo ora keren ngene iki dab? *pyooookkk...diguyang wedang teh sakgendul ;)

foto milik Mak Lidya Fitrian, belajar break the limit dari mereka
Nggak deh, itu tadi sekedar intermezzo. Pada dasarnya, dengan ngeblog aku telah menetapkan pada diri sendiri untuk terus mencoba menembus limit diri sendiri. Break the limit untuk masing-masing orang kan beda-beda yak. Nah aku sih baru sanggup hingga tataran ini. Bisa konstan ngeblog aja udah hebat banget buat aku. Sering lirak lirik juga sih kepada emak blogger yang bisa menjadikan blog mereka ladang penghasilan. Siapa juga yang enggak pengin begitu.

Tetapi balik lagi lah ya kepada niatan ngeblog itu sendiri. Apapun alasan yang kita miliki, itu hak kita masing-masing. Tak hendak diriku ini nge-judge blogger lain. Melalui KEB lah aku belajar banyaaaaakk sekali perihal ngeblog. Terlalu banyak yang KEB berikan padaku, sedangkan aku belum mampu berkontribusi apa-apa untuk KEB. Dimaapkeun kan yaaa... ;)

Beberapa moment istimewaku bersama KEB :

Kopdar pertama kali dg makmin dan emak2 KEB lainnya... asli heboh dan nyenengin banget (foto milik Mak Mira Sahid)

Foto di atas diambil saat event Blogger Nusantara 2013. Di sanalah bener-bener pertama kali aku bertemu muka dengan emak-emak anggota KEB lainnya. Yang tadinya cuma bersapa di dunia maya, tiba-tiba bertemu langsung dan disambut dengan hangat itu sesuatu banget.


perhelatan Srikandi Blogger 2014, foto milik Pakdhe Abdul Cholik

Nah masuk di tahun 2014, hampir 2 tahun aku mulai ngeblog, dapet kesempatan istimewa ikutan event Srikandi Blogger. Menjadi bagian dari perhelatan dan bertemu dengan banyak emak blogger yang keren-keren itu sungguh emejing. Secara loh yaaa... aku ini parno akut pergi ke Jakarta. Sampai dibela-belain ke sana demi apa cobaaaaa... ;)  Kayaknya tak perlu dipertanyakan lagi lah ya. Biarlah hanya aku dan Yang Maha Tau yang mengetahuinya *tiba-tiba angin seperti berhenti berhembus

Soal rejeki istimewa lain saat perhelatan Srikandi Blogger 2014 pernah kutulis di postingan ini dan ini. Dapet sampel produk baru yang belum keluar di pasaran juga bisa terjadi karena gabung di KEB, ada loh di sini ceritanya. Lebih banyak asyiknya lah bergabung di KEB. Kalau masalah friksi atau pergesekan antar personal, siapa siiihh coba di dunia yang enggak pernah bergesekan. What's the point then? Hayoook mendingan melaju bersama biar makin solid.

Selamat ulang tahun yang ke-3 ya KEB.... semoga makin jaya, membumi dan memajukan banyak emak di Indonesia agar lebih berdaya dan bermanfaat. Jangan lupa yaaa... emak di daerah seperti diriku ini sangat merindukan ramainya semesta blogging offline loooh :)  Semoga meski tak semeriah di ibukota, Semarang bisa makin menggeliat dengan sentuhan mesra dari KEB. Muuuaaachhhh....

courtesy of Indah Nuria


36 comments:

  1. Selamat ulang tahun KEB. Mak Uniek sukanya mepet nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg mepet2 itu asyik loh Mak Lidya ;)

      Delete
    2. wah apaan tuh yang dipepet-pepet, kagak enak tau, sempit dan sesak, xixix..

      Delete
  2. Mba Uniek, dirimu adalah orang yang uniek yg pernah kukenal. Seuniek namamu..dan seneng bisa jumpa langsung..berkat acara KEB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang juga bisa kenal emak blogger keren seperti dirimu, Mak Arin :*

      Delete
  3. Hepi milad KEB, nek mak Uniek gak melok KEB mana aku bisa kenal ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul betul betuuuulll...bisa kenal dg Mak Tanty yg banyak share ilmu ini juga berkat KEB. Senang bisa menjadi temanmu Mak.

      Delete
  4. ikut meng amin kan doanya untuk KEB. salam juga mak dari Tangerang :)

    ReplyDelete
  5. Kui foto terakhir keren banget sik.....nek critane ra bedo adoh karo aku...hihihihi

    ReplyDelete
  6. Aamiin. Setuju pakek banget kalau yang Semarang jadi rameh. Inget obrolan random ganjel rel :v

    Tingkiyu udah selalu "ngomelin" dakuw yah. I heart you :*

    ReplyDelete
  7. KEB memang bikin in kangeeen...senangnyaaaa segala kelucuaaan dan keseruannya ya mak...makanya kita pun bisa ketemu, usel2an hehehe...semoga KEB makin majuuuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mama Bo fotonya aku pake yaaaa... kangen euuuyyy

      Delete
  8. Ayo balikin gendul tehku mak Uniek....

    Setuju jugaaak...Semarang makin riuuuh ^^

    ReplyDelete
  9. Semakin beragam, multi-interest, semakin kaya dengan perbedaan... Tetap dengan satu kesatuan harmonis... Itulah komunitas KEB ya Mak... Semoga komunitas ini & kita tambah bermanfaat :)

    ReplyDelete
  10. KEb memang membuat dunia emak jadi lebih berwarna :)
    Salam kenal mak

    ReplyDelete
  11. Aaah terharu bacanya Mak .....
    Suka baca tulisan2 emak2 KEB, warna-warni dan mengena.
    Tulisan ini juga amat mengena. Yang dari hati pasti sampai ke hati. :*

    Btw, suka sama model huruf postingan Mak Uniek ... keren .... tulisan jenis apa ini ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mak Niar. Tulisanku biasanya khas....khas amburadulnya :)
      Ini pake fontnya Varela, ambil aja di google font banyak jenisnya mak.

      Delete
  12. Keseruan KEB emang juara ya Mak saya nyesel baru gabung beberapa bulan lalu hahaha telaaat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh jangan nyesel Mak Maureen, hayuuukk aku diajarin banyak. Blogmu keren looohhh

      Delete
  13. Yach... sayangnya aku g bisa ikutan ya

    ReplyDelete
  14. waaaa da lophe lophenyaaa fotonyaa.

    ReplyDelete
  15. halo mak kece, senang bisa mengenalmu di KEB, selalu inget GA pertama ku adalah mengikuti GA nya mak uniek ini hahaa

    ReplyDelete
  16. Iyeay, tp aku kenal mak Uniek dr grup warung blogger :D
    pertama ketemu di blognus
    terus mulai sok sok akrab semenjak kita terdampar menjadi finalis SB2014 dan masuk dalam lembah yang isinya emak ceria haha

    Mak uniek ini galak tp ngangenin deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mosok galak sih, fitnah banget deeehhhh :p

      Delete
  17. Pengin ngikik pas baca diguyang wedang teh sakgendul :) salah fokus.

    ReplyDelete
  18. Kumpulan Emak Blogger kayaknya mulai mendunia nih..hehehe

    ReplyDelete
  19. Aamiin buat doanya, mak... Saya merasa ditulari semangat deh, baca postingan ini.. :D

    Btw, mak Uniek kayaknya cuman balas komen yang dikenal aja ya... *gagalfokus* Klo gitu, salam kenal aja ya Mak. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihii...koq gitu sih. Kan ada juga komen yg tidak butuh dikomen balik mak, iya kan ;)

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. --" jadi salah komen tadi harusnya diblog mama bo hahahaha..

    mak antag tetaplah antag hahaha yang pasti berkat keb kita jadi ceria,...muahhh

    ReplyDelete
  22. Dear Mak Uniek, Seneng deh baca postinganya...dan Seneng juga bisa gabung di KEB ini, Kemaren baru pertama kali ikutan kopdar di arisan ilmu semarang, beneran acaranya bermanfaat. Ketemu orang-orang baru yang hobynya sama...sukses terus ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang juga bisa kenalan dg Mak Muna yang lain hihiii...

      Delete