27 March 2019

Gebyar Undian 2018 Jayametro Semarang




Saat ini, kebutuhan untuk memiliki rumah dengan aneka fasilitas yang mendukung, sudah menjadi harapan semua orang. Menjalankan aktivitas sehari-hari di rumah akan terasa menyenangkan ketika menempati hunian yang oke. Plus ditunjang dengan aksesibilitas yang mudah, maka segala dinamika hidup keseharian akan makin terasa lancar.

Sudah kenal dengan pengembang perumahan yang oke di Semarang? Kalau belum bisa lho dibaca dulu beberapa artikel di bawah ini : 
Read More »

26 March 2019

Cerdas Membuat Keputusan Finansial Di Era Serba Digital





Ketika ada yang tanya apa isi dompetmu, kayaknya saat ini sudah nggak jamannya lagi menunjukkan gepokan-gepokan uang sebagai penanda kejayaan. Orang jaman now tak lagi membawa uang banyak kemana-mana. Malah akan tampak beberapa deret kartu kredit di dompet, salah satunya bisa saja dari bank terpercaya macam BNI. Pertanyaannya : sulitkah melakukan proses pengajuan kartu kredit BNI?

Sebelum kita lanjut dengan tahapan proses pengajuan kartu kredit tersebut, yang perlu kita tanyakan pada diri sendiri adalah alasan kita memutuskan untuk memiliki kartu kredit. Sekedar untuk jaga-jaga, atau untuk mempermudah aktivitas belanja, atau malah sekedar untuk gaya-gayaan?

Waaah... sebisa mungkin jangan sampai ya kita punya kartu kredit hanya karena ingin dibilang keren. Bagaimanapun juga berhutang itu kan kadar kerennya tergantung dilihat dari perspektif mana. Kalau emak milenial sepertiku akan terpana pada orang yang cerdas membuat keputusan finansial demi meningkatkan harkat hidup orang lain.

Contohnya apa?

Banyak kan saat ini anak muda yang bergerak secara cepat untuk berkarya di berbagai bidang yang sangat berbeda dengan jaman piringan hitam lahir. Tak hanya kerja untuk diri sendiri, anak muda jaman sekarang menciptakan berbagai project yang bisa menjadi lapangan kerja bagi orang lain.

Nggak usah jauh-jauh deh ambil contohnya. Itu tuh para pencipta ide start up yang kini kian handal, terbayangkah oleh mereka yang hidup di era jadul bakal akan muncul aneka start up yang membantu kita dari segi transportasi, belanja online maupun pinjaman online? Ini benar-benar suatu loncatan kemajuan yang menunjukkan betapa manusia keren terus bergerak untuk menciptakan perubahan. Dari sisi apa pun.

Tak hanya mereka saja yang termasuk manusia cerdas loh, kita pun yang orang awam juga bisa menjadi manusia yang cerdas saat membuat keputusan finansial. Apalagi kini kita hidup di era yang serba digital. Transaksi apa saja sudah jarang melibatkan temu muka antara pengguna jasa dan penyedia jasa.

Makin kesini, orang kian nyaman menjalani gaya hidup cashless ketika berkaitan dengan transaksi keuangan. Seperti yang sudah kubilang di atas tadi, udah nggak jamannya orang bangga dengan dompet tebal berisi gepokan uang. So old banget laaahh...

Untuk pembayaran berbagai aktivitas keuangan, kini orang-orang sudah lebih memilih menggunakan layanan fintech. Mulai dari pengusaha, pedagang hingga anak muda kreatif, mereka sudah terbiasa juga menggunakan kartu kredit saat bertransaksi.





Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memutuskan untuk memiliki kartu kredit :

  1. Pelajari lebih dahulu syarat dan ketentuan. Biasakan baca dan pahami dengan benar-benar dan teliti agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Soalnya nih, ada beberapa hal penting mengenai kartu kredit yang sering kali tidak disadari oleh penggunanya. Contoh : iuran tahunan semula kita tidak aware, ternyata begitu ditagih jumlahnya cukup besar.
  2. Tetapkan limit sesuai penghasilan. Terkadang ketika seseorang sudah tertib membayar tagihan kartu kreditnya, pihak bank akan menawarkan upgrade limit. Ini godaan banget dong tentunya, apalagi bagi pemilik kartu yang hobi belanja. Perlu diingat ya, semakin tinggi limit yang dimiliki, maka resiko peminjaman dana akan makin meningkat. Jangan sampai saat tagihan datang langsung terjengkang.
  3. Manfaatkan cicilan 0 persen. Beli barang dengan cara mencicil boleh-boleh saja dong. Bukankan memang ini andalan para pemilik kartu kredit? Yang perlu diingat, pilihlah merchant yang menawarkan cicilan 0%. Tenornya juga sebisa mungkin jangan yang terlalu lama agar beban membayar cicilan tidak berasa seumur hidup. Juga perhatikan hal ini : gunakan kartu kredit hanya untuk pembelanjaan yang menawarkan poin reward. Poin ini nantinya dapat ditukarkan dengan aneka penawaran yang menarik dari kartu kredit. Misalnya nih, diskon dengan jumlah menarik di beberapa toko barang branded yang bekerja sama dengan pihak kartu kredit. Kan lumayan tuh, kapan lagi bisa memiliki barang branded dengan potongan harga menarik.
  4. Hindari tarik tunai. Nah, yang satu ini rupanya menjadi godaan maha berat bagi para pemilik kartu kredit. Pernah menyaksikan sendiri betapa pemilik kartu kredit harus mengembalikan dana dengan biaya administrasi yang lumayan besar gara-gara mengandalkan uang dari hasil tarik tunai ini. Emang sih dapetnya gampang, tapi kan resiko pencurian data juga tinggi. Saat bulan depan tagihan muncul ternyata ada data transaksi pembelanjaan yang kita tak tau, gimana coba?


Selain keempat hal mendasar tadi, saat hendak membuat kartu kredit perlu juga mempertimbangkan kompetensi bank yang bersangkutan. Baca saja track record berbagai bank itu saat melayani keluhan pelanggan yang menggunakan kartu kredit.

Salah satu sumber bacaan yang bisa dijadikan referensi di sini nih https://www.cekaja.com/banks/bni/kartu-kredit, teman-teman bisa pelajari seputar pengajuan maupun pengelolaan kartu kredit ketika terjadi permasalahan.

Biasakan cari referensi dari sumber yang terpercaya ya. Kalau hal-hal seputar finansial, pas banget kalau teman-teman menjadikan CekAja.com sebagai sumber referensi yang handal. 

Happy browsing yaaa...

Read More »

20 March 2019

Tips Praktis Saat Si Kecil Mogok Makan Sayur




Sawi tuh pahit ya, Bu?

Hmmm... mulai deh. Ketika si kecilku sudah bertanya seperti ini naga-naganya bakalan ada sayuran yang tercecer di pinggir piringnya. 

Sebenarnya anak lanang tuh bukan termasuk picky eater. Dalam kesehariannya, apa saja yang dihidangkan pasti akan dimakan. Tapi ya namanya juga anak-anak yang demen ngebandingin makanannya dengan makanan teman-teman di sekolah.

Read More »

18 March 2019

Hindari Pencurian Data Pribadi Saat Transaksi Pinjaman Online





Sempat terkaget-kaget nih saat suatu hari aku ditelpon oleh seseorang. Sebenarnya udah males banget sih mau angkat, biasanya kalau nomor belum kesimpen gitu ntar percakapannya bakal 'tidak menyenangkan'. 

Feeling rupanya kalah oleh rasa penasaran. Pengin tau siapa nih yang telpon, kalik orang mau kasih job kan yaaa.... *moto ijo

Read More »

13 March 2019

Daftar Harga Rumah Murah di Depok, Cocok Dijadikan Investasi


Rumah Murah di Depok
(Photo: iStock)

Beberapa kali ke Jakarta, aku masih saja belum melakukan 'petualangan' ke berbagai lokasi di sana. Padahal banyak banget ya tempat menarik di Jakarta. Pun dengan kawasan-kawasan yang ada di dekatnya. Salah satunya adalah Depok.

Sebagai salah satu kawasan suburban ibu kota, Depok, seakan menjadi lokasi idaman bagi warga kota Jakarta untuk berburu harga rumah murah.

Read More »

10 March 2019

7 Tips Perawatan Wajah yang Tepat untuk Kulit Sensitif





Jerawatmu kok tumbuh subur gitu sih?

Dulu jaman kuliah aku sering menanyakan hal ini kepada salah satu teman kuliah yang jerawatnya seperti tidak pernah absen dari wajahnya. Suka prihatin sih melihatnya. Temanku itu sudah melakukan pengobatan dengan segala macam cara dan menghindari banyak makanan penyebab jerawatnya.

Namun tetap saja deh, jerawat terus menyerang. Bekas-bekasnya pun jadi lama hilangnya. Mungkin temanku ini termasuk yang memiliki kulit sensitif ya.

Emang kalau kulit sensitif tuh seperti apa? Harus bagaimana cara perawatannya?

Read More »

06 March 2019

Natur-E Kembalikan Cantik Mudamu




Kembalikan cantik mudamu...

Laahh... langsung otomatis usap-usap muka dan pantengin pantulan di cermin, kepo banget cari berbagai gurat halus maupun bintik hitam. Bolak-balik memandang cermin, kadang berseru kaget ketika menyadari makin banyak bintik di kulit. Trus mencoba melihat juga pantulan wajah yang menggunakan kacamata ini dengan seksama, apakah sudah terlihat terlalu sepuh di usiaku yang kesekian puluh.

Apakah hanya aku di dunia ini yang mengalami hal di atas?

Read More »

01 March 2019

Siranda View, Hunian Nyaman di Semarang dengan Konsep Keasrian Taman Buah





Semarang panase pol ya

Begitulah... Mungkin sudah kesekian kalinya aku mendapat pertanyaan ini dari teman-teman yang berasal dari luar kota Semarang. 

Bagiku yang sejak lahir tinggal di Kota Lunpia ini, cuaca panas dan menyengat sudah menjadi makanan sehari-hari. Udah biasa banget gitu loh. Tapi tidak dengan mereka para pendatang. Apalagi mereka yang datang ke kota ini untuk mencari nafkah dan membutuhkan tempat tinggal. 
Read More »