Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

28 September 2016

Trik Jitu Membeli Rak Buku Minimalis



Bagi penghuni rumah yang suka aktivitas membaca tentu saja membeli rak buku minimalis  menjadi hal yang sangat penting. Tak hanya untuk menyimpan buku saja sebenarnya, rak buku minimalis bisa memiliki multi fungsi bagi penggunanya. Nggak usah heran loh kalau akhirnya justru rak tersebut berfungsi menyimpan piring, tas, sepatu dan masih banyak benda lainnya yang ada di rumah. 

Untuk itu sebelum kita membeli barang tersebut ada baiknya kita mulai selektif memilih jenis yang tepat sesuai kebutuhan. Nggak mau dong ya kalau nantikan kita malah dapet barang yang tidak sesuai dengan keinginan kita. 

Setelah tengok kiri kanan dan cari tau kemana-mana, ada beberapa trik jitu yang sebaiknya dilakukan sebelum membeli rak buku minimalis. Please perhatikan beberapa unsur berikut ini ya : 


  1. Bentuknya. Saat ini dengan banyaknya persaingan yang ada membuat bentuk dari rak tersebut memang sangat beragam. Tentukan terlebih dahulu jenis ruangan yang akan digunakan untuk menempatkan rak buku tadi, luas dan bentuk ruangannya perlu banget menjadi bahan pertimbangan. Dengan demikian kita nanti akan lebih mudah saat menata rak tersebut di ruangan yang telah ditentukan. Pilihan bentuk rak yang horizontal maupun vertikal pun bisa menjadi salah satu faktor penting agar tampak cantik dan elegan saat dipandang. Bisa juga loh mendiskusikan hal ini bersama pasangan kita dalam menata ruangan yang ada di rumah. Ya kan mau dipakai bareng-bareng, tentunya bakalan lebih berasa hangat dan harmoni kalau mikirnya dan menentukan pilihannya juga berdasarkan keputusan bersama. Yakin deh ntar hasilnya akan menjadi lebih menyenangkan. 
  2. Jenis bahan. Kita sebaiknya juga menentukan jenis bahan rak buku seperti apa yang paling pas digunakan. Kan kita perlu banget nih menyesuaikan rak buku tersebut dengan konsep ruangan yang ada di rumah kita masing-masing. Tiap rumah kan beda spesifikasinya kan. Apa saja sih bahan dasar dari rak buku tersebut? Banyak lah, ada yang kaca, kayu, besi dan masih banyak bahan lainnya. Semua pemilihannya berdasarkan dari kesukaan masing-masing orang. Oya, biasanya rak buku itu kan ada penutup kaca di bagian depannya kan? Sebenarnya yang jenis begini ini kurang fleksibel bagi kita yang memiliki kuantitas membaca buku sangat tinggi, harus buka tutup terus kan ya. 
  3. Ukuran. Mulailah dengan melihat ukuran rumah kita, terumata pada ruangan yang akan ditempati rak buku minimalis tadi. Bisa diperkirakan bagaimana nanti posisi rak tersebut, berimbang atau tidak kah dengan space yang tersedia pada ruangan yang akan digunakan. Nggak mau dong ya tentunya setelah rak tersebut dipasang malah kita jadi kecewa, tidak puas pada penataan ruangnya. Misalnya nih rak bukunya gede padahal ruangannya sempit, begitu juga sebaliknya ruangannya lebar banget tapi raknya terlalu kecil dan menyisakan banyak tempat lowong. Ketidakseimbangan ukuran ini kalau bisa kita minimalkan dengan perencanaan yang matang sebelumnya. 
  4. Model dan warna. Selain bentuk, jenis dan ukuran rak, jangan lupa loh kalau model dan warna rak juga patut menjadi pertimbangan kita selanjutnya. Meskipun fungi utama rak menjadi perhatian utama, jangan lupa kalau rak tersebut pun bermanfaat juga sebagai hiasan dalam memperindah ruangan. Istilahnya nggak cuma untuk naruh barang kan, kita juga maunya menikmati perpaduan warna yang asyik antara rak yang kita miliki dengan warna cat dinding dan perabotan yang kita miliki. Bakalan lebih rapi kan kalau warnanya bisa senada, atau kalau konsepnya kontras sekalipun ntar kontrasnya juga terlihat bagus. Yang paling netral sih kalau rak tersebut menggunakan warna yang netral seperti warna kayu. 
  5. Harga. Pastikan untuk melihat dan menanyakan mengenai jenis bahan yang digunakan untuk menentukan harganya. Kita harus lebih teliti dalam pemilihannya agar sesuai dengan keinginan. Kualitas rak yang akan kita beli harus sesuai dengan harganya sehingga nanti kita tidak kecewa di belakang hari. Udah bayar mahal-mahal eh ternyata kok kualitasnya gitu doang, baper kan yaaa... Lebih baik memang kita bijaksana dalam membeli barang, harga lumayan tinggi tak mengapa asalkan kualitasnya terjamin dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Prinsip hemat dan cermat dong ah ;) 
  6. Jenis barang yang akan diletakkan di atas rak. Mulailah untuk menggunakan rak minimalis sesuai dengan fungsinya. Jenis barang yang mau kita letakkan di rak tersebut pun diklasifikasikan dulu, misalnya mau untuk taruh tas, buku, map, boneka, atau jenis-jenis barang lainnya. Biar nggak keliatan acak adut gitu ya kalau sembarang benda ditata menjadi satu di rak tersebut. Ntar jadi kayak pasar senggol aja deh semua bececeran :) 

Yuuukkk beberes rak di rumah yuuukk....

6 comments:

  1. Sekarang emang lucu - lucu yah bentuk rak nya

    ReplyDelete
  2. kalau adik saya nih pasti motif dan warna yang paling harus di tentukan, karena kalau yang biasa-biasa aja dia gak mau pake :-)

    ReplyDelete
  3. masih punya mimpi ada ruang khusus untuk perpus semoga ada rejekinya biar bisa beli rak-rak buku keceee

    ReplyDelete
  4. Aku sebenere lebih suka lemari daripada rak karena jadi lebih rapi. Tapi lemari itu terlalu mengkonsumsi tempat dan lebih mahal.

    ReplyDelete
  5. Nah lagi pengen bangeeet beli rak lagi...

    ReplyDelete
  6. Masih belum punya rak buku, masih campur dengan lemari multi fungsi laiinya.
    Ada buku yang di lemarin A, b dan C. kadang pusing carinya.

    Klo ada rak khusus buku gini jadi enak, tinggal cari di satu tempat dan lebih terorganinir. maunya sih, Rak buku yang minimalis.

    ReplyDelete