20 Maret 2024

ASUS ROG Phone 8 Dukung Kaum Digital Savvy Makin Mapan




Apakah kamu termasuk orang yang berlarut-larut dalam perdebatan tentang apa gunanya punya ponsel gaming padahal enggak nge-game? Well... jangan kelamaan deh, keburu orang lain sudah lari cepat melesat dengan karya dan semua prestasinya, sedangkan kamu masih terombang-ambing dengan segala ketidakpastian : penting nggak sih punya ASUS ROG Phone 8?

Let me tell you something...


Digital Savvy : Tuntutan Jaman


Apakah kalian familiar dengan istilah digital savvy, atau bisa sebut juga tech savvy?

Ya, kita semua saat ini hampir sebagian besar merupakan kaum digital savvy alias melek digital. Tidak hanya generasi muda saja yang sudah menguasai penggunaan perangkat digital dalam menunjang kehidupan, emak-emak kayak saya ini juga mau tak mau harus mengasah diri dan meningkatkan kemampuan agar tidak kalah bersaing.




Emang mau saingan apa, mak?

Setiap individu di jaman serba digital seperti sekarang ini, diharapkan memiliki banyak ketrampilan dan penguasaan teknologi digital agar tidak terbuang dari arus jaman. Ah elaaahh... tinggi amat bahasa emak-emak ini yaaa... 😁

Beneran loh, tidak hanya kaum lelaki dan anak muda saja yang harus melek teknologi digital. Bagi perempuan STW (setengah tuwek/tua) ataupun yang masih aktif dalam dunia kerja, menjadi digital savvy bukan lagi pilihan. Suka nggak suka, mau nggak mau, kita semua harus berada dalam arus digital yang tak terhindarkan.

Saya masih ingat, sekitar 20 tahun yang lalu ketika awal bekerja menjadi budak korporat, bisa mengoperasikan komputer, laptop, scanner, printer dan mesin fax secara mandiri merupakan 'nilai jual' yang cukup tinggi. Apalagi setelah memiliki kecakapan untuk berkomunikasi dengan pembeli luar negeri dan berurusan dengan birokrasi yang berwenang memberikan ijin ekspor (semuanya dilakukan melalui perangkat digital), duh duuhh... ibaratnya sudah tak tergantikan lah waktu itu.

Jika 2 dasawarsa yang lalu penguasaan teknologi digital sudah menjadi keunggulan bagi seseorang, apalagi di masa sekarang kan yaaa... 

Tiap orang berlomba-lomba untuk cakap digital, tak ada yang mau tertinggal.  

Yang ketinggalan bisa-bisa dinyanyiin: SING KERI COKOT BOYO (yang terakhir bakalan digigit buaya). πŸ˜‚πŸ˜




Ponsel Gaming yang Melampaui Batasan


Sebagian besar orang punya keistimewaan, begitu juga dengan produk-produk yang diciptakannya. Terkait dengan perkembangan teknologi dan tuntutan menjadi digital savvy, saat ini hampir semua orang menggunakan ponsel pintar atau smartphone. Berbagai fitur ditanamkan pada ponsel untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Kerja digital tidak melulu menggunakan perangkat besar seperti laptop, desktop maupun kamera digital. Kehadiran ponsel pintar mampu menjembatani kebutuhan penuntasan pekerjaan versus mobilitas tinggi. Banyak tugas bisa diselesaikan dengan bermodal si kotak berukuran setelapak tangan ini.

Ketika datang era bermain games, para produsen gawai pun berlomba-lomba menciptakan ponsel gaming dengan iming-iming fitur andal yang ditanamkan pada perangkat. Menjanjikan layar sebening embun lah, refresh rate secepat kilat lah, kualitas audio segahar dentuman petir lah, dan masih banyak spesifikasi mumpuni lainnya. 

Nge-game bukan lagi dianggap sebagai keisengan dalam mengisi waktu. Para gamer telah menunjukkan bahwa kemampuan yang mereka miliki ini dapat menghasilkan cuan. Dalam jumlah cukup signifikan pula. Berbagai kompetisi e-sport pun digulirkan, bahkan didukung oleh pemerintah, membuka kesempatan kerja anti mainstream, yang bagi banyak orang dulu tahunya bekerja itu ya jadi dokter, guru, tentara, insinyur dan lain sebagainya. 

Dari sekian banyak ponsel gaming yang bermunculan, jenama apakah yang selama ini paling identik dengan kemampuannya dalam mendukung para gamer?




ASUS selaku produsen gawai ternama, secara konsisten menghadirkan ASUS ROG Phone dari tahun ke tahun dengan perkembangan yang mengikuti kebutuhan penggunanya. Berawal di tahun 2018, ASUS secara resmi memperkenalkan ROG Phone 1, yang waktu itu masih menggunakan prosesor Snapdragon 845 (sudah unggul pada jamannya loh itu).

Lalu setiap tahun ASUS menghadirkan seri ROG Phone baru dengan peningkatan kemampuan yang disesuaikan jaman, hingga tahun ini ASUS ROG Phone 8 hadir di tengah-tengah keriuhan kaum digital savvy yang bekerja secara optimal menggunakan gawai.

Ponsel gaming dengan spek dewa kini bisa menjadi senjata andalan bagi semua kalangan, tak terbatas pada gamer saja. Emak blogger seperti saya, atau para content creator yang aktif memproduksi karya digital, juga butuh ponsel mumpuni agar semua pekerjaan bisa diselesaikan sat set tanpa tunda, dimana pun berada.

Nah, pertanyaannya sekarang, mengapa ASUS ROG Phone 8 ini bisa dibilang melampaui batasan, tidak hanya untuk bermain games atau beyond gaming?




ASUS ROG Phone 8 : Gahar sekaligus Elegan


ASUS ROG Phone 8 bisa dibilang menjadi dambaan kaum digital savvy. Tidak lagi eksklusif untuk para gamer lhoooo... 

Hari ini tanggal 20 Maret 2024, bertempat di Mall FX Sudirman, ASUS ROG Phone 8 resmi diluncurkan bagi khalayak luas. Hal ini menjadi awal dari perjalanan revolusioner bagi ASUS ROG Phone 8 series dalam memberikan dukungan digital maksimal bagi penggunanya. 

Melalui proses redesign terbesar dalam sejarahnya, ROG Phone 8 Series telah berkembang dari ponsel gaming murni menjadi perangkat premium futuristik dan revolusioner. Bentuk ponsel yang lebih ramping, lebih ringan, dan bezel yang lebih tipis, bikin ASUS ROG Phone 8 menjadi ponsel yang mendukung gaya hidup kekinian nan sempurna. 



Performanya yang menakjubkan dirancang untuk memenuhi kebutuhan para gamer, streamer, content creator, dan masih banyak lagi. 

Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur ramah gaming yang dikombinasikan dengan performa menakjubkan. Ada dukungan kecerdasan buatan (AI) pada perangkat ini, desain premium, serta praktis untuk penggunaan sehari-hari. 

ASUS ROG Phone 8 dirancang untuk memiliki kinerja lebih canggih, menawarkan fitur teknologi terkini, desain inovatif, serta berkomitmen untuk menciptakan pengalaman penggunaan yang luar biasa.

Selaras dengan transformasi ROG Phone yang 'bukan lagi sekadar ponsel gaming', maka Jimmy Lin selaku ASUS Regional Director Southeast Asia memberikan pernyataan: 

“Tahun ini, kami bangga dapat memperkenalkan ROG Phone 8 Series di Indonesia. Dengan tetap mempertahankan reputasi gamingnya yang sempurna sekaligus memperluas daya tariknya bagi siapa pun yang mencari lebih dari sekedar ponsel harian, untuk membantu mereka meraih berbagai hal yang luar biasa.

Desain baru yang menarik perhatian ini hadir lebih tipis hingga 15%. ROG Phone 8 Series memiliki prosesor Mobile Platform Snapdragon® 8 Gen 3 yang tangguh, didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0 untuk kecanggihan yang menunjang segala kebutuhan."


Gimana, sudah ada gambaran tentang detail spesifikasi dan kelebihannya? Kalau belum ada gambaran, mari mari sini... kita bedah bersama-sama keunggulannya agar makin sayang pada si ASUS ROG Phone 8. Ya kan, kata orang bijak : tak kenal maka tak sayang. 







Keunggulan ASUS ROG Phone 8 : Beyond Gaming


1. Desain Keren yang Lebih Ramping

ROG Phone 8 telah didesain ulang sepenuhnya, tampak perubahan terbesar dalam sejarah panjangnya. Ponsel ini berevolusi dari ponsel gaming murni menjadi perangkat premium yang futuristik sekaligus tetap bisa digunakan untuk nge-game. Tampilannya lebih ramping, ringan, dengan bezel tipis yang menjadikannya ponsel gaya hidup yang sempurna bagi para gamer.

Perbandingan ukuran ROG Phone 8 dengan seri sebelumnya : lebih ramping


ROG Phone 8 ini 17% lebih kecil dibandingkan ROG Phone 7, 15% lebih tipis, dan juga 9% lebih ringan. Bentuk ponsel gaming terbaru ini mematahkan stigma tentang ponsel gaming itu pasti berat dan besar bentuknya. No no nooo.... ROG Phone 8 gitu looohh...

Selain itu, ROG Phone 8 tampil makin gaya dengan Aura RGB.  Kayak apa sih?





Nih yang kelap-kelip kayak gini ini loh. ROG Phone 8 membebaskan penggunanya untuk menyesuaikan dengan mood pemilihan warna pada logo ROG Fearless Eye. Kece banget yaaaakk... 😍



2. Kendali Penuh Saat Nge-game

Saat para gamer berteriak-teriak penuh kekesalan gara-gara ponselnya nge-lag, para pengguna ROG Phone 8 enggak dooongg... Emang boleh sesantai dan senyaman itu?

Boleh bangeeettt... ROG Phone 8 punya fitur pendukung sebagai berikut:


AIR TRIGGER



Kontrol AirTrigger yang tertanam pada ROG Phone 8 memberikan kenyamanan saat ujung-ujung jari kita mengendalikan permainan. Sudah kayak menggunakan consol aja tuh nge-game-nya. Kendali maksimal deh pokoknya dengan AirTrigger ini,  mendukung berbagai gerakan, seperti Dual Action, Press and Lift, dan Gyroscope Aiming


AEROACTIVE COOLER




AeroActive Cooler X bisa digunakan untuk menghadirkan dua tombol fisik tambahan. Nge-game pun makin seru dan menyenangkan dengan menggunakan perangkat ini. Desain ultra-kompak membuatnya sempurna, bagaikan nge-game menggunakan konsol loh. 

AeroActive Cooler X ini dipersenjatai chip pendingin termoelektrik dan kontrol termal AI yang telah diperbarui, sehingga pengguna ROG Phone 8 tetap nyaman saat nge-game dalam jangka waktu panjang. Yang lebih asyiknya lagi, pengguna bisa dengan mudah mengisi daya langsung dari ROG Phone 8 Series. 

Dalam bentuk yang ringkas, AeroActive Cooler X memiliki keunggulan pada chip pendingin termoelektrik 2,6x lebih besar dan peningkatan kecepatan kipas 1,1x, sehingga menghasilkan peningkatan efisiensi termal sebesar 1,3x. Saat perangkat terpasang, suhu bagian belakang body bisa turun hingga 36°C.




Berkat sistem pendingin termoelektrik AI yang mutakhir, sistem ini secara otomatis mendeteksi suhu ponsel dan mengoptimalkan mode pendinginan, mencegah terjadinya lag dan suhu panas yang berlebih, bikin baterai ponsel awet masa pakainya.

AeroActive Cooler X terhubung ke baterai ROG Phone 8 melalui pengisian daya USB-C samping, tak perlu ribet dengan kabel tambahan lagi. 

Kini AeroActive Cooler X bahkan lebih compact, sangat nyaman untuk jari-jari kita saat menggunakannya. Desainnya yang berukuran saku mudah dibawa kemana-mana. Nge-game saat bepergian pun jadi gampang.



3. Sistem Pendingin yang Andal




Meskipun bentuknya lebih ramping dibandingkan seri sebelumnya, ROG Phone 8 memiliki struktur pengaturan suhu yang presisi. GameCool 8 mengadopsi desain Sistem Pendingin SoC 360° Gen 2 yang inovatif, menghasilkan peningkatan efisiensi suhu sebesar 22%. Ditunjang oleh penggunaan AeroActive Cooler X terbaru, lebih bertenaga untuk kinerja ekstra, efisiensi termal hingga 20% lagi.


Rapid-cooling conductor pada ASUS ROG Phone 8


Teknisi perancang ROG telah menemukan solusi pendinginan pasif terbaik. Sistem Pendingin SoC 360° Gen 2 menempatkan Rapid-cooling conductor tepat di antara SoC dan logam di dekat penutup belakang, sehingga panas disebarkan secara merata. Ketika AeroActive Cooler X dipasang, lokasi Rapid-cooling conductor sama persis dengan tempat chip pendingin termoelektrik menyentuh ponsel. Chipset pun didinginkan secara langsung dan efisien.



4. Prosesor Dahsyat

ASUS ROG Phone 8 ditenagai oleh prosesor Snapdragon® 8 Gen 3 mobile platform 3,3 GHz, CPU menjadi 30% lebih cepat dan GPU 25% lebih cepat dibandingkan sebelumnya. ROG Phone 8 juga dibekali RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan ROM UFS 4.0.






5. Sistem 3 Kamera


ROG Phone 8 memiliki sistem tiga kamera canggih untuk berbagai mode pengambilan gambar. Pengguna bisa dengan leluasa mengambil gambar ultrawide yang menakjubkan, memperbesar objek dari jarak jauh, dan juga bisa merekam video dengan super stabil.




Kamera utama : 50 MP IMX890
Kamera utama ini menghasilkan gambar yang super jernih dengan kekuatan 50 MP IMX890 dari Sony. Lensa lebar 24mm yang dimilikinya membuat saat-saat jepret di jalanan makin sempurna. Hasil foto sangat tajam.


Gimbal Stabilizer 3.0 dengan 6-Axis
Kamera utama memiliki Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 dengan 6-Axis (sumbu) yang luar biasa untuk video yang lebih halus dan foto bebas guncangan saat bepergian, dengan koreksi gerakan ±3 derajat. Mode pemotretan standar dan portrait kini didukung oleh gimbal canggih ini. Memfoto dalam kondisi cahaya minim pun hasilnya tetap sempurna.

ROG Phone 8 juga makin baik stabilitas videonya. Perangkat keras anti-guncangan OIS dan algoritme perangkat lunak EIS yang ditingkatkan (dengan gyro sebagai pendeteksi gerakan), memungkinkan penyesuaian dinamis pada bidang pandang. Video yang dihasilkan pun tetap stabil.


Kamera Telefoto 3x dengan OIS
Untuk pertama kalinya, ROG Phone 8 dilengkapi kamera telefoto 32 MP yang maksimal menangkap objek jauh. Kamera telefoto 3x ini memiliki Optical Image Stabilization (OIS) internal untuk memastikan hasil yang terang dan tajam, serta mendukung mode Fotografi Malam untuk bidikan cahaya rendah yang menakjubkan.

ROG Phone 8 juga menggunakan teknologi HyperClarity menggunakan file yang belum diproses (RAW) agar setiap detail tampak sempurna. Gambar yang ditangkap lebih jelas bahkan ketika kita memperbesarnya hingga 10x hingga 30x.


Kamera Ultrawide 13 MP 0,7x  
Kamera ultrawide 13 MP pada ROG Phone 8 sangat cocok untuk memotret foto lanskap, atau potret di bidang yang sempit. Kamera ini menggunakan desain optik pemodelan permukaan bentuk bebas dan algoritma terbaru untuk mengurangi distorsi lensa dan menghasilkan gambar yang menakjubkan namun alami.


Kamera Selfie ultrawide RGBW 32 MP 
Kamera depan memiliki FoV ultrawide 90° yang sempurna untuk selfie grup. Pengguna dapat memilih antara bidang pandang standar 1x atau sudut ultra lebar 0,7x untuk berbagai angle. Tidak hanya itu, dengan tambahan piksel putih pada sensor RGBW 32 MP agar bisa menangkap lebih banyak cahaya, gambar yang dihasilkan jadi bersih dengan lebih sedikit noise bahkan dalam kondisi cahaya redup.

 


6. Layar Amoled yang Mencerahkan

ROG Phone 8 dilengkapi dengan panel AMOLED (fleksibel) E6 6,78” baru yang mendukung refresh rate adaptif untuk mengurangi konsumsi daya. Pengguna juga dapat memilih refresh rate hingga 165 Hz untuk permainan yang lancar, dan kecepatan pengambilan sampel sentuh mencapai 720 Hz yang mengesankan untuk respons instan.




Kecerahan maksimal kini ditingkatkan hingga 2500 nits, memungkinkan pengguna bermain game atau menonton film bahkan di bawah sinar matahari langsung tanpa masalah. Enggak silau lagi, men... 

Dengan mengurangi bezel, ROG Phone 8 mencapai display-to-body ratio sebesar 94%. Layar ponsel ini dilindungi oleh Gorilla® Glass Victus™ 2  untuk meningkatkan daya tahan.




7. Audio Menggelar Bak Panggung Teater

Dirac Virtuo™ untuk Headphone menghadirkan kualitas audio spasial ke semua headphone, baik yang menggunakan kabel, Bluetooth®, atau USB-C — sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman seperti teater saat bermain game, streaming film, atau mendengarkan musik. 




Dengan mengadopsi teknologi AI Noise Cancellation terbaru, kebisingan latar belakang yang tidak diinginkan dapat langsung dihilangkan agar suara  tetap terdengar jernih.

ROG Phone 8 juga mendukung Qualcomm® aptX™ adaptif dan aptX Lossless untuk memastikan audio Bluetooth dengan latensi super rendah dan fidelitas tinggi.


8. Baterai Sekuat Monster

ROG Phone 8 hadir dengan baterai berkapasitas besar bak monster dan pengisi daya USB PD HyperCharge 65 watt yang kuat. Tambahan pengisian daya nirkabel 15 watt bikin lebih fleksibel saat bepergian.







Secara umum, ROG Phone 8 bakalan jadi perangkat pendamping yang sempurna bagi pengguna tingkat lanjut, baik penyuka game berat, hobi scrolling medsos, hingga streaming film.


Untuk detail spesifikasinya, boleh lhooo diintip pada grafis di bawah ini:





Gimana, udah naksir yang mana niiiyy.... Sebagai panduan, sudah saya sertakan juga harga masing-masing ROG Phone 8 sesuai spec-nya




Harga & Ketersediaan ROG Phone 8
  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000


Jika ingin lebih hemat, kalian bisa loh menggunakan kesempatan promo yang dimulai hari ini hingga tanggal 23 Maret 2024. 


1. First Sale Promo

Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.
Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.


2. Consumer Launch Sales Promo

Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Mar hingga 23 Mar 2024.




Catatan penting untuk pengguna ponsel gaming yang tidak khusus menggunakannya untuk nge-game
Berbanggalah bisa menggunakan ponsel gaming, khususnya ASUS ROG Phone, meskipun dirimu bukan gamer. Ponsel gaming andal ini bisa menjadi perangkat untuk menyelesaikan aneka kerja digital yang harus kalian selesaikan secepatnya. NO LAG, NO BLUR, NO STRESS 😍

Jika saat ini masih bermimpi untuk memiliki ASUS ROG Phone 8, jangan lupa... semesta memiliki isyarat tersendiri kapan mimpi itu akan terwujud. Ikhtiarkan dengan doa dan bekerja yaaa... salah satunya dengan mengikuti lomba blog seperti ini. 

Selalu semangat menulis...







Referensi tulisan:
  • https://rog.asus.com/phones/rog-phone-8/
  • press release ASUS Republic of Gamers Reveals ROG Phone 8 Series at CES 2024

16 komentar:

  1. Harga ponsel gaming emang rata2 pricey karena sesuai dengan spesifikasi dan thermal dalemnya yg bagus. Apalagi ini bisa buat content creator juga Krn kameranya udh ada gimbal.. bikin ngiler pengen punya

    BalasHapus
  2. wiiih ternyata spek gahar level dewa ASUS ROG Phone 8 nih siap membius para gamers termasuk diriku jugaaa mupeeeng mbak :)

    BalasHapus
  3. Demi apa, keren banget smartphone ini. Masak cuma butuh waktu 39 menit doank ngechacenya. wuih... mantap banget ROG phone 8 ini

    BalasHapus
  4. Memang ASUS ROG ini dri sebelum rilis sampe udah perilisan pun tetap menyita perhatian publik. Karena fitur dan tampilanmya memang sangat bagus. Gak cuma buat game pula. Jdi siapapun bisa pakai

    BalasHapus
  5. Wow.. Mantap banget nih spek sesuai dengan keinginan aku nih dan kaya meski beli nih mumpung ada promo

    BalasHapus
  6. pec-nya memang keren banget ASUS ROG Phone 8 ini, sebagai gamers yang suka main di handphone dan bekerja mengandalkan handphone juga, saya mupeng banget. Wkwk.. Nabung dulu deh supaya bisa beli ASUS ROG terbaru ini.

    BalasHapus
  7. Wow, spesifikasinya sungguh gamer sekali ya Mbak. Kalau ponsel biasa bisa-bisa ngelag nih dipakai main game berjam-jam πŸ˜†

    BalasHapus
  8. Spesifikasi ROG Phone 8 memang keren banget untuk kali ini, revolusioner dan tidak lagi berkutat sebagai smartphone gaming belaka tapi mulai melangkah menuju ponsel cerdas untuk penuhi kebutuhan hidup manusia sehari-hari alias ponsel lifestyle. Duh...kapan ya punya ponsel berfitur premium ini?

    BalasHapus
  9. Jadi pengen punya
    Meski sudah terlewat seri seri sebelumnya
    Tapi saya yakin ROG Phone 8 penyempurnaannya

    BalasHapus
  10. Bener banget, Mba. Di lingkungan kerja saya saja orang yang punya keahlian lebih di bidang teknologi bisa menempati posisi lebih. Jadi terbuka deh cakrawala bahwa ponsel gaming dimiliki orang yang nggak nge-game pun ya gahar banget.

    BalasHapus
  11. Iya Doong emak-emak jug jangan kalah sama anak-anak muda. Terus berkarya dan bermanfaat sepanjang masa. Hidup yang keren banget menurutku sih

    BalasHapus
  12. Ponsel ASUS tuh selalu keren ya, kelihatan tangguh bahkan dair bodynya saja

    BalasHapus
  13. Spesifikasi HP nya memang bikin ngiler sekali, jangankan para gaming, diriku yang tidak suka game saja ingin sekali HP asus ini

    BalasHapus
  14. Aku dulu juga punya pemikiran yang sama. Kalau ga suka main games, buat apa beli ponsel gaming?

    Dan sejak baca review ASUS ROG Phone 8, semua jawaban itu terjawab yaa.. Bahwa ponsel gaming ini kemampuannya luar biasa untuk anak muda genzi. Buat nonton, bikin konten dan yang paling penting, kerjanya satset anti lagging. Juara banget sii..

    BalasHapus
  15. Saya yakin, meskipun ini ponsel gaming, tetapi para pengincarnya pasti dari berbagai kalangan. Secara ponsel gaming itu tentu sat set sat set dengan performa mumpuni. Bikin semua pada mupeng.

    BalasHapus
  16. dec kemarin pas nyari hp baru, udh kepikiran mau beli rog 7. tapi krn aku selalu cari hp yg kameranya oke , rog 7 msh kurang mumpuni walopun batrenya udah sesuai yg di mau. krn pas traveling yg aku cari batre kuat dan kamera bagus mba.

    akhirnya beli brand lain. eh ternyata si rog8 yg jauuuh lbh canggih drpd 7 malah kluar maret ini yaa hahahahah. dah terlanjur ganti hp nya.

    sukaaa sih ama produk2 asus. hp nya nih yg belum kesampaian coba. kalo laptop aku dah pasti asus. moga2 ntr kalo pas ganti hp lagi, bisa jodoh ama rog hp, yg ntah udah keberapa nanti :D

    BalasHapus