17 March 2020

5 Tempat Wisata Impian Si Pencinta Air


Rasa-rasanya aku mulai sakau pengin nyebur ke  air nih.

Iya. Kondisi yang kurang baik saat ini membuatku harus banyak menahan diri untuk tidak keluar rumah. Biasanya dalam seminggu ada aja aktivitas olahraga. Ya aerobik, jalan-jalan mengitari lapangan, bahkan pergi berenang.


Jenis olahraga yang terakhir inilah yang menjadi favoritku. Ya, sudah banyak teman yang tahu bahwa renang sudah mendarah daging bagiku sejak kecil. Beberapa cerita tentang bagaimana aku bisa mahir 4 gaya berenang sejak kecil telah kutuliskan di blog ini. Rasanya malu ah kalau mau mengulang lagi. ;)

Jika ada yang tanya, kamu tim apa, pantai atau gunung, tentu saja bakalan kujawab bahwa aku tim pantai. Meskipun ketika remaja hobi naik gunung, tetap saja kalau lihat air rasanya seperti magnet tersendiri. Udah otomatis pengin nyemplung gitu deh.

Apabila kondisi Indonesia sudah mereda dari gempuran pandemic Covid-19, aku pengin banget bisa menjelajah berbagai pantai ataupun wisata air di Indonesia. Kira-kira tempat apa saja ya yang bagus untuk dikunjungi?


5 Tempat Wisata Impian bagi Pencinta Air


1. Angel Billabong, Nusa Penida, Bali


Ketika kita membincang tentang Bali, siapa sih yang tak bakalan membayangkan kecantikan pantai-pantai yang ada di sana. Orang luar negeri saja banyak yang memutuskan untuk menetap di Bali demi menikmati pantainya yang selalu menjanjikan kehangatan.

Aku sudah pernah beberapa kali ke Bali dan dimanjakan oleh belaian pasir putih di Pantai Kuta. Tetap saja loh kalau diajak ke sana lagi ga bakalan nolak. ;)

Namun aku ingin menjelajah sudut Bali yang lain. Beberapa tahun yang lalu aku sudah pernah ke Nusa Lembongan, salah satu pulau kecil yang bisa dijangkau dengan naik speed boat sekitar 30 menit dari Pantai Sanur. Pulau ini berdampingan dengan Nusa Ceningan dan Nusa Penida. Ketiga pulau yang berdampingan ini menawarkan sejuta pesona airnya untuk para penikmat bahari. 


sumber foto : infokebali.com

Ada salah satu surga air tersembunyi yang ada di Nusa Penida, yaitu Angel Billabong. Billabong sendiri memiliki arti ujung dari suatu sungai yang buntu. Lokasi ini memang seperti sungai yang tidak nyambung kemana-mana, padahal di ujungnya persis adalah lautan lepas.

Dari foto di atas terlihat, hamparan air yang sangat bening hingga bisa dilihat dasar sungainya, menghadap langsung ke deburan ombak yang sedang menghempas dari lautan. Bermain air di Angel Billabong sangat aman karena tidak harus menghadapi gelombang lautan. Tapi yang harus diwaspadai, jangan terlalu dekat ke batas antara sungai dengan lautan. Juga perhatikan saat air pasang, segera sudahi main air di sana.

Buatku yang sangat menggemari aktivitas berenang dan berendam, menghabiskan waktu di Angel Billabong merupakan impian yang amat mewah. Apalagi kalau ditemani oleh kekasih hati. Uwuwww...



2. Danau Toba, Sumatera Utara


Keberadaan Danau Toba telah kuketahui sejak masih berada di bangku Sekolah Dasar. Tahu saja lah dimana letaknya dan ada pulau apa di tengahnya. Namun untuk tahu lebih lanjut dan melihat sendiri keindahan danau terbesar di Indonesia ini, rasanya masih jauh perjalanan yang harus kutempuh.

Jerat keindahan Danau Toba makin mencengkeramku saat membaca novel Toba Dreams. Novel itu menggambarkan dengan begitu intens bagaimana cantiknya Danau Toba dan kehidupan masyarakat di sekitarnya. Ya yaa... novel memang fiksi sih, tapi kepiawaian TB Silalahi dalam menyampaikannya ke pembaca memang amat mengesankan.

Aku jadi penasaran, bagaimana bisa orang tinggal di pulau tersebut. Pulau yang ada di tengah danau lho ini. Bagi mereka, hal itu romantis atau malah udah biasa aja gitu ya? Hahaaiii... sebagai pemimpi aku jelas tergoda banget untuk bisa sampai ke Danau Toba suatu hari nanti. Doakan yaaa...



3. Pink Beach, Komodo Island


Ada yang tergila-gila foto dengan komodo?

Aku sebenarnya juga penasaran sih gimana caranya bisa berfoto bareng dengan komodo seperti yang dilakukan oleh banyak orang. Tapi kok sepertinya bagi penikmat air sepertiku, hal itu kurang menggairahkan.

Iya sih mumpung ke sana, kenapa enggak sekalian toh berfoto dengan komodo. Namun jika ditanya apa yang paling kuimpikan untuk kukunjungi selama di sana, aku bakalan jawab : PINK BEACH.


Pink Beach, sumber : juliet1news.com

Masya Allah... secantik itu ya Pink Beach. Luar biasa lukisan alam yang hanya bisa dibuat oleh Allah SWT.

Pink Beach terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Adapun sebab pantai tersebut terlihat pink yaitu karena percampuran antara pasir putih dengan butiran terumbu karang berwarna merah. Ditimpa sinar matahari, maka efek warna merah muda alias pink ini akan semakin kentara.

Baru di Pulau Lombok ini loh aku melihat ada pantai dengan warna sekemayu ini. Jadi enggak nahan kan pengin ke sana. Ada yang mau traktir? *hellawww...



4. Gili Trawangan, Lombok


Masih di Pulau Lombok nih, aku juga pengin bisa mengunjungi salah satu 'surga dunia'nya Indonesia, yaitu Gili Trawangan. Di antara beberapa gili yang menjadi andalan Lombok, Gili Trawangan menjadi salah satu magnet tersendiri bagiku.

Gili Trawangan, sumber : indonesiaituindah.com

Lihat dong beningnya perairan di sana. Banyak turis manca juga berburu untuk menikmati Gili Trawangan karena pesona airnya yang luar biasa cantik ini.

Di Gili Trawangan, selain bisa menikmati kulineran khas Lombok, kita tentu saja bakalan dimanjakan dengan berbagai aktivitas di air seperti snorkling, diving dan surfing. Aaahh... ga sabar pengin bisa snorklingan di sini bareng anak-anak. Bakalan jadi pengalaman tak terlupakan bagi keluarga kami. Doakan kami bisa ke sana yaaa... 


5. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara


Jika ditanya, tempat wisata terjauh mana yang sanggup hadir dalam mimpiku, maka tak ragu lagi akan kujawab : BUNAKEN.

Entah sudah berapa ratus kali aku membaca artikel di web yang menceritakan keindahan taman laut yang satu ini. Besarnya biaya yang harus kukeluarkan pun tak sanggup membuyarkan impianku untuk bisa menyambangi taman laut yang memiliki biodiversitas kelautan yang merupakan salah satu terbaik di dunia.




Coba deh bayangin, gimana rasanya berengan di antara keindahan karang dan cantiknya aneka rupa ikan yang terdapat di berbagai titik penyelaman di Taman Laut Bunaken. Ada 20 titik penyelaman yang merupakan favorit para penyelam yang datang ke Bunaken. Tak hanya dari dalam negeri, banyak sekali turis luar yang memimpikan untuk bisa melihat surga lautannya Indonesia ini.

Aku penasaran loh ingin melihat juga great wall di dalam lautan di sekitar Pulau Bunaken. Dinding raksasa dari karang ini tegak secara vertikal dan menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan yang ada di perairan tersebut. Aaahh... indah banget ya keserasian alam yang ada di bawah laut ini.



Menikmati Bunaken dan Sulawesi Utara


Mimpi untuk bisa menjelajah hingga ke Taman Laut Bunaken ini tentu saja harus diimbangi dengan ikhtiar untuk mengumpulkan dana dan pengetahuan tentang Sulawesi Utara.

Taman Laut Bunaken terletak utara Pulau Sulawesi, masih masuk bagian Manado yang merupakan ibukota provinsi Sulawesi Utara. Terkenal dengan nama Taman Laut Bunaken karena terletak di sekitar Pulau Bunaken, bisa ditempuh menggunakan speed boat sekitar 30 menit dari pelabuhan Kota Manado.

Bagi penyuka air sepertiku, jika suatu hari nanti bisa mengunjungi Bunaken, tentu saja tak akan kulepas destinasi wisata bahari lainnya yang ada di Sulawesi Utara. Udah ngumpulin nih berbagi tujuan wisata air favorit lainnya nih, antara lain :
  • Pantai Pal, Kab. Minahasa Utara
  • Pantai Lakban, Kab. Minahasa Tenggara
  • Selat Lembeh, Kota Bitung
  • Danau Tondano, perbatasan Kab. Tomohon dan Kab. Kawangkowa
  • Pantai Pulisan, Kab. Minahasa Utara
  • Pantai Lihaga, Kab. Minahasa Utara
  • Pantai Likupang, Kab. Minahasa Utara
Selain berburu wisata air, ada juga nih satu tempat spesial di sana, yaitu Kota Bunga Tomohon. Lumayan jauh letaknya, sekitar 22 kilometer dari Manado.

Saat bepergian ke Manado, untuk mencari penginapan tidak lah sulit. Kita tinggal buka aplikasi online travel agency dan klik nama kota dan seberapa budget yang kita tetapkan untuk memilih suatu penginapan. Untuk mencari hotel ataupun villa di Manado tidak lah sulit.




Aku udah nyobain niih via Traveloka, wuiiihh gampang banget. Aku nyobain search pake kata kunci villa pun langsung keluar banyak pilihannya. Kalau piknik bawa keluarga memang sepertinya lebih nyaman tinggal di villa ya daripada hotel, dimana kita harus menyewa beberapa kamar gitu.

Hmm... selain daftar villa di atas, enaknya nginep mana lagi di Manado yaa biar bisa jadi cerita yang berkesan untuk anak cucu di kemudian hari?


Apakah teman-teman juga memiliki tempat yang diimpi-impikan untuk dikunjungi? Boleh dong bagi ceritamu di kolom komentar. Tentunya akan sangat berbeda ya dengan tempat wisata impianku, atau malah sama?

Jika ada rejeki usia dan rejeki lainnya, semoga saja kesampaian ya berkunjung ke berbagai tempat wisata di atas. Semoga Allah mengijinkan. Begitu juga dengan harapan teman-teman, semoga kesampaian ya mendatangi berbagai tempat idaman bersam keluarga tercinta.

59 comments:

  1. Mbak, kok semua yang disebutkan di atas itu list impianku juga sih ๐Ÿฅบ๐Ÿฅบ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ aku pengen banget ke sana..

    ReplyDelete
  2. 2014, pertama kali aku ke Angel Billabong, sempet takut banget karena sempet keseret ke arah laut. Sejak itu ngga berani nyemplung kalau main ke angel billabong

    ReplyDelete
  3. Dari lima lokasi wisata surga dunia milik bangsa kita itu, hanya Gili Trawangan Lombok yang baru saya kunjungi secara langsung. Sisanya mentok di budget hahaha... Semoga suatu saat ada kesempatan dan rezekinya sehingga bisa mengunjungi empat destinasi wisata tersebut. Aamiin...

    ReplyDelete
  4. Aku pingiiinnn ke Lombok, Mbaaaa
    Ada sodara di sana, sekalian mau silaturahim.
    Tapi nginepnya pengin di villa atau hotel aja, pakai Traveloka ofkorsss

    ReplyDelete
  5. mbaa.. ajak aku ke pinkbeach.. haha..
    tapi harus sabar dulu ya sampai masalah corona teratasi, baru deh kita bisa jalan-jalan syantiek.. hihi

    ReplyDelete
  6. MasyaAllah, cantik-cantik banget.
    Wisata alam semua ya sist. Semoga bisa segera kesana yaaa. Aamiin
    Syukur-syukur bisa sekeluarga, pasti seru banget hihi

    ReplyDelete
  7. Aku dong termasuk si pecinta air, bawaannya betah aja mba kalo lagi vacation terutama ke Pantai tuh, padahal aku gak bisa berenang hehehhe, tapi adem gitu rebahan dan leyeh-leyeh berlama-lama disitu

    ReplyDelete
  8. udah lama pengen banget bisa berkunjung ke pink beach di komodo island nih, semoga suatu saat nanti bisa berkunjung ke sana hihi

    ReplyDelete
  9. Danau toba jadi dambaan destinasi wisata banget mba, lagi nabung terus pengen kesana, mudah2an tahun ini bisa, amin.

    ReplyDelete
  10. Dari kelima destinasi, malah pengin ke sumatera sama ke Sulawesi. Khususnya Sulawesi, kayak beneran bikin surprise. Nabung dulu mungkin yaa :))

    ReplyDelete
  11. Kalau aku pingin banget ke pulau cinta di Gorontalo! Mirip Maldives soalnya hehe.. btw pink beach di memang cakep banget yaa

    ReplyDelete
  12. Embaakkk slametee saya sudah ke Gili Trawangan, dari sekian destinasi itu semua destinasi impianku๐Ÿ˜

    Indonesia pantainya juaraa banget, cuman sayangnya agak sulit aksesnya. Eh, gampang ding kalau dilakoni. Nek dibayangkan aja memang angel haha

    Sing penting niat. Sama sangu jelase๐Ÿ˜. Tapi kalau beli di Trvaeloka kan bisa jauh-jauh hari. Setidaknya bisa nyicil. Sekarang beli tiketnya. Bulan depan penginapannya. Sebulannya lagi nyari sangunya. Wes tinggal memantapkan hati ketika ditagih oleh-oleh ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  13. Kalau ditanya tentang tempat wisata impian, ya ini udah disebutkan semua. Aku pengen banget ke Nusa Penida, udah banyak baca tentang tempat itu. Gili Trawangan apalagi, itu sumpah pengen banget aku ke sana kak, menyelami indahnya Bunaken. Aduh, kan jadi keingat bucket list. Cus ah, nabung

    ReplyDelete
  14. sedihnya diantara 5 list itu belum satupun pernah kesana.. hiksss.. tapi dari 5 itu pengen banget ke pantai pink itu... semenjak punya anak-anak, pantai menjadi list pertama kalau pergi liburan hehehe...

    ReplyDelete
  15. Orang rumah udah mulai bete nih pengin piknik. Udah engap banget cuma belajar & makan. Pengin jalan2 yg jauh & asik. Semoga wabah segera berlalu & ada banyak rejeki buat ngilangin stress terkurung di rumah.

    ReplyDelete
  16. Sama mbaaak. Lima tempat tersebut juga pengin banget aku kunjungi. Sebagai penawar keinginan ke pantai dan danau, setia[ mudik selalu berkunjung ke pantai.

    ReplyDelete
  17. Indonesia punya ribuan destinasi yang menawan dan memikat hati, duuhh list-listnya ga begitu jauh dengan impian aku tapi Alhamdulillah danau Toba Done
    Pingin wujudkan yang lainnya juga ^_^

    ReplyDelete
  18. Sbage orang yang ga bisa berenang tentunya aku ga pernah milih wisata air mbaa.. tapi kalo menikmati pantainya dengan jalan jalan sambil menikmati semilir angin bersama yang terzeyeng ya mau bangeedd... Btw aku pengen bisa ke Toba.. semoga cita cita kita kesampaian ya mbaksay..

    ReplyDelete
  19. Aseliii bagus2 banget mba apalagi pink beach nya itu beneran memanjakan mata bgt yaAllah ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ enaknya bisa renanggg aku pengen bisa kok ya belom lancar2.. Buka les dong mba, tapi di Solo :P

    ReplyDelete
  20. Saya dong tim rumahan, hehe, karena jarang ke gunung maupun ke laut. Dari destinasi wisata di atas paling familiar sama Bunaken dan Gili Trawangan, tapi setelah melihat Pink Beach jadi pengennya ke sana. Itu seperti pantainya Barbie gitu ya, seolah hanya ada di Negri Dongeng. Betapa indah dan kayanya Indonesia kita ya mbak.

    Meskipun saya belum pernah mengunjungi tempat-tempat tersebut namun lumayanlah sudah punya referensi dan gambarannya :)

    ReplyDelete
  21. Huaaa, samaan nih Mbak, pengen ke Pink Beach itu juga sama Gili Trawangan juga.
    Tentunya ingin ke Bunaken juga doong. Meski masih sama-sama Sulawesi, tapi saya belum pernah jejakkan kaki di Bunaken nih. Nginap di villa pasti akan lebih asyik ya Mbak :)

    ReplyDelete
  22. Kapan kita liburan bareng lagi mbak? pingin ke pink beach seru kali ya. Udah lama gak liburan bareng lagi nih kita

    ReplyDelete
  23. segera setelah Corona virus pergi mari kita jelajahi tempat - tempat super cantik ini yaa mba Un

    ReplyDelete
  24. Ah jd kangen mantai..kangen banget sama pantai pink..semoga si virus cpt berlalu..

    ReplyDelete
  25. Aduh bener-bener deh mbak Uniek. Semua yang ada di atas itu tempat impian semua karena emang indah banget. Pengen banget ke semua tempat itu, semoga bisa bareng mba Uniek lagi ngetripnya. heheh aamiin

    ReplyDelete
  26. Semua pantainya cantiknya. Tapi aku baru yang ke Nusa Penida, yang lainnya belum euy. Kurang jauh nih aku masih mainnya. Semoga ya kondisi saat ini segera berlalu biar kita bisa jalan-jalan lagi.

    ReplyDelete
  27. Semua pantainya indah banget. Tapi aku baru ke yang Nusa Penida. Lainnya belum. Kurang jauh nih aku mainnya. Semoga kondisi saat ini segera berlalu supaya kita bisa jalan-jalan lagi. Aku pengen banget suatu hari nanti ke Bunaken atau ke Danau Toba nih

    ReplyDelete
  28. Waaa....mau nyontek 5 destinasi wisata impiannya dooong..apalagi yg Pink Beach tuh. Mauuuu banget kalo diajaki ke situ..hehe..

    ReplyDelete
  29. Pink beach tu bgs bgt ya mb uniek..jd pingin nyemplung kesitu.. sayangnya blum bisa skrg Krn Corona ..huhu..mb uniek suka renang to?wah sama dong

    ReplyDelete
  30. Lagi stay at home liat pemandangan cantik2 gini jadi bahagia deh. Lumayan menyegarkan mata. Btw bjnaken juga impian aku banget,semoga Allah kasih kesempatan menjejak ke sana

    ReplyDelete
  31. Samaan nih Mbak, saya juga punya mimpi bisa mengunjungi tempat2 wisata seperti yang disebutkan di atas apalagi di pink beachnya itu, beneran pengen banget bisa menginjakkan kaki di sana. Yah semoga saja impiannya kesampaian ya Mbak

    ReplyDelete
  32. Dari kelima tempat impian mba Unik, aku paling mupeng ke Danau Toba. PEngen ke Pulau Samosir dan mengenal kehidupan warga di sana, pasti menarik banget untuk dikunjungi

    ReplyDelete
  33. Indonesia ituuu indah banget. Dari ujung ke ujung semuanya ada wisata airnya. Ya Allah, rasanya pengen ke Angel Bilabong di Bali.

    ReplyDelete
  34. Indah semuanya mba Uniek, pengen banget bisa ke sana semuanya
    MasyaAllah ciptaan-Nya. Luar biasa.
    Semoga ada rejeki bisa main ke sana.

    ReplyDelete
  35. Tempatnya bagus-baguus. Saya belum pernah kesana semua, memang benar-benar tempat wisata impian ya mb. InsyaAllah jika diberikan kesempatan juga ingin pergi ke semua yg mb sebutkan. Bagi maya terutama Taman Bunaken

    ReplyDelete
  36. Aku juga hobby banget berenang. Pantai udah kangen banget. Semoga social distancing ini segera berlalu.

    ReplyDelete
  37. masya Allah mba aku tuh selalu pengen balik lagi ke pink beach, secara emang asli benerrr pantai itu miliki pasir yang pink. Aku pas ke Bali sedih banget ga ke Nusapenida ini, noted harus k Angel Billabong ini

    ReplyDelete
  38. Huhuu dari semuanya saya br ke Danau Toba karena cuma 5 jam an dari kota Medan. Danau Toba itu punya macem² sudut yg masing² cantik luar biasa kl dipandang. Kaya ada magnetnya, bikin kita pingin balik terus melihat keindahannya

    ReplyDelete
  39. Subhanallah, pink beach bagus banget. Waktu saya ke lombok, belum tahu. Semoga ada kesempatan kesana juga.

    ReplyDelete
  40. Sebagai anak gunung aku tuh suka banget jg main air, ya ampun semuanya kok memikat hati

    ReplyDelete
  41. Ya Alloh, keren banget ini. Semuanya memanggil manggil buat berkunjung. pengen banget ke Danau Toba. Semoga ada kesempatan dan rejeki bisa mengunjungi aamiin.

    ReplyDelete
  42. Jujur, dibanding pegunungan, aku tuh paling seneng kalo main di pantai, main air. Meski panas, tapi kalo kena air ya sejuk, apalagi luas membentang, bikin mata takjub

    ReplyDelete
  43. indonesia memang ga ada habisnya ya keindahan alamnya, luv banget deh and bangga banget sama negeriku ini

    ReplyDelete
  44. Itu beneran yah pasir pantainya berwarna pink? Jadi penasaran dan pengen ke sana juga tapi nunggu kondisi semuanya aman dulu deh hihi ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  45. Kalo aku pengen bamget ke angel billabong sama pink beach deh. Nti deh kalo anak2 udah gedean.

    ReplyDelete
  46. aku tuh senang kalau ke pantai mbak, karena pemandangannya indah dan kl di foto ga usah pake skill khusus pasti keliatan oke aja :) tapi saya nggak kuat panasnya euy, langsung merah2 gosong biasanya kalau abis ke pantai tuh :(

    ReplyDelete
  47. Bener nih, lagi begini rasanya udah gerah pengen nyebur main air di pantai. Aku suka banget pantai! Menurutku wisata dengan paket lengkap.

    ReplyDelete
  48. Kalo di Indonesia yg aku mau kunjungi adalah ke Labuan Bajo salah satunya Mba. Liat ulasan dirimu aku jadi rindu pantai

    ReplyDelete
  49. Mbaaa, impianku yang masih belum terwujud salah satunya adalah bisa berenang, haha. Udah seumur gini apa mungkin aku bisa belajar lagi dan ngilangin trauma pernah hampir tenggelam di laut ya, huhu. Tapi kalau antar Anak2 berenang, aku suka iseng minta Suami ajarin renang. Mba kereeen sampai bisa 4 gaya berenang, udah pasti seru kalau liburan ke tempat yang banyak lautnya ya. Huaaa.. Mauuuk

    ReplyDelete
  50. Yang gak boleh terlupa...Raja Ampat, kaka...
    Emm, sebenernya pantai-pantai di Kepulauan Babel juga wajib yaa, kak Uniek.
    Semoga Allaah ijinkan melihat bumi Allaah yang lain sehingga bisa menjadi kenangan indah tak terlupakan.

    ReplyDelete
  51. cantik semuaaa tempat - tempat iniii..aku jadi pengeeen segera main ke sana. Tapi harus tunggu situasi kondusif duluu ya mba..

    ReplyDelete
  52. Semuanya surga banget ya Mba Uniek hahahah
    ngiler bisa plesiran ke sana, semoga ada rejeki kita bisa main ke sana
    apalagi bareng sama kesayangan ya kan.

    ReplyDelete
  53. Pink beach itu aku gaberenti aku move on sama dia hahaha, sebagus itu sih masya Allah. Dan yg belum kesampaian itu d Nusa Penida nih

    ReplyDelete
  54. Akuu akuu pecinta laut mbaa tapi belum pernah ke 5 tempat itu huhuhu paling kepingin ya ke bunaken ama pink beach. Ya Allaah moga2 kesampaian pada tahun2 berikutnya aamiin

    ReplyDelete
  55. Belum pernah semuanya huhuhuu.. Tapi aku sudah lama penasaran sama pink beach, pingin banget pegang langsung pasirnya. Semoga secepatnya terkabul bisa kesana :)

    ReplyDelete
  56. Dan aku jadi sakauuuu ke laut nih mba Un..dan pengen diving juga huhuhu

    ReplyDelete
  57. Aku suka banget wisata pantai..salah saty bucket list aku ya pantai bunaken.

    ReplyDelete
  58. Impian banget tuh ke pink beach aku pernah liat foto2 dianpelangi di sana dan mupeng banget pengen juga foto2 di sana

    ReplyDelete
  59. Wew, ada Gili Trawangan.
    Setuju bener, karena di Gili T, buanyak banget aktifitas pantai yang bisa dilakukan.

    Yang penting, berani gosong dan eksplor sampai jauhhhh ^^

    ReplyDelete