Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

27 February 2014

Menyoal Galaksi

Apa pentingnya sih menyoal galaksi itu? Penting gak penting sih. Bikin pusing sebenarnya saat ada yang tanya, "Tinggal di galaksi apa, Bu?" Pertama yang bikin pusing itu adalah : tuh orang kayak tinggal di galaksi lain aja pakai nanyak-nanyak gak mutu kayak gitu. Emangnya kita tinggal di galaksi mana sih? :p  Terus yang kedua, berani-beraninya dia panggil eike "Bu". Gak sopan tujuh turunan, masih kenceng langsing singset kinyis-kinyis gini looohh.. Belum pernah digeragoti drakula menor ya? *panggil mamanya Jiwo 

Eh.. eh...kok bawa-bawa mamanya Jiwo segala. Siapa Jiwo? Siapa pula mamanya? Penting gak penting sih sebenarnya. Males bener aslinya mau ngobrolin desye (bukan Jiwo, tapi mamanya), orangnya tengil, suka sirik ama makhluk cantik dan super ramah seperti eike ini. Tapi mau gimana lagi, cuma dia satu-satunya yang bisa kucomot namanya gegara punya blog yang pake judul galaksi galaksi gitu. 

Galaksi tau kan ya artinya? Jangan tanya padaku, mendingan buru-buru googling sana. Nah, kalau blog orang tengil yang judulnya Galaksi Pungky itu apaan?  *tarik nafas dulu sebelum ngomongin lebih jauh lagi, berusaha menepis rasa gak rela untuk membahas blog ini, ooh God please gimme strength.



Yaelah, blog apaan sih itu. Denger-denger yang punya jago desain, tapi kok nggak manis bener sih headernya itu. Eee..ee...ee...nggak boleh sensi ya yang punya, hidup itu kadang-kadang memang pahit, apalagi saat harus mendengarkan sebuah kejujuran. Percayalah, kejujuran itu sepahit apapun masih lebih baik daripada obat yang pahit. *piye to iki maksude :D

Menyoal galaksi Pungky itu tentu ada kaitannya dengan title yang terpampang di sana. Mo Cuishle. Eike cari kemenong-menong artinya apa di blog ini koq ya gak ketemu ya (sebenernya males sih mau buka-buka semua isinya, gak jelas gitu). Perasaan pernah dengar deh some years ago, kalau nggak salah pas nonton cewek petinju Maggie Fitzgerald di film berjudul Million Dollar Baby. Keren bener filmnya, ada Clint Eastwood, Morgan Freeman dan Hilary Swank (pemeran Maggie). Bercerita tentang seorang Maggie yang memulai debutnya sebagai petinju perempuan hingga akhirnya mengalami kelumpuhan. Oleh pelatihnya, dia diberi julukan Mo Cuishle. Semula Maggie tak paham artinya, namun di saat-saat terakhir dimana Maggie minta di-euthanasia, sang pelatih baru memberitahu bahwa Mo Cuishle itu artinya 'my darling' also 'my blood'. Dari penggalan ceritanya tampak 'pekat' ya kisahnya.

Hmmm.. untung bukan menyoal film tadi loh di sini, bisa nangis berdarah-darah. Etapi terus nemu di Irish Gaelic Translator, ternyata spelling mo cuishle di film Million Dollar Baby itu salah. Yang betul adalah Mo Chuisle, kependekan dari a chuisle mo croi yang artinya pulse of my heart. Well, eike sih kagak tau nih yang punya blog ambil dari literatur yang sama atau tidak, tapi kan ya suka-suka eike lah ya mencari tau sepotong kebenaran, setidakpenting apapun nilainya. Agree?

Itu tadi menyoal galaksi Pungky dari judul blognya. Isinya? Hedeeeww... beda frekuensi sih dengan diriku. Isi blogku kan lemah lembut, santun, enggak pecicilan kayak begitu *apaaa... gak usah melotot gitu, ntar bulu mata anti kecemu sempal loh ;)  Ya tapi suka-suka dirimulah ya Pung, mau nulis apa aja boleh, mau soal blogger keren kayak diriku ya boleh, suri tauladan ibu nan bijaksana kayak diriku pun boleh, apalagi kalau menyoal kepiawaianku masak, wohoooo...boleh banget lah ya. Kamu aja nulis galaksi selangkangan juga eike bebasin. 

No problemo sih masalah isi Galaksi Pungky itu. Mau jumpalitan, mau nungging ataupun mekangkang sekalian gaya nulisnya, monggo mawon, namanya juga media bebas ekspresi. Nyatanya ya sudah sukses bikin buku keren untuk anak-anak gitu lho. Sudah pernah baca bukunya yang berjudul Peri-peri Bersayap Pelangi? Belum? Kebangeten loe, eike aja ya belum hihihiii...

So far saat ngintip-ngintip tulisan di situ, gak ada yang aneh, meskipun cara nulisnya memang ajaib. Yah, faktor umur yang kurang matang aja kale ya (tetep gak mau memuji). Cumaaa...cuma satuuuu aja kale ya permintaanku, mbokyao itu tulisan dikasih 'jump break' biar yang mampir kagak pegel scrooooooollll mulu. Yang punya blog tau kagak ya jump break? Kalau nggak tau bisa les ke mamak tiri dulu lah ya hihiiii... Eike gak bisa njelasin soalnya *aatttaaaahhh...

Kira-kira tulisan segitu cukup untuk memahami seonggok Galaksi Pungky? Belum? Ya sana mampir sendiri, tuh udah kukasih link-nya kan. Silakan aja obrak-abrik sendiri, dijamin pusing dan seneb. Ho oh, kayak aku nih, sampe nyiapin obat maag, diare, aspirin dan penenang jiwa saat harus menuliskan ini.

Pesan serius untuk pemilik Galaksi Pungky 


Biarpun chapter terakhir tulisanku ini enggak nyambung dengan yang telah tersaji di atas, aslinya inti tulisan itu ya justru di sini. Cuma mau bilang pada pemilik Galaksi Pungky untuk terus berkarya, jangan pernah biarkan gelombang tinggi imajinasimu terhalang oleh keterbatasan diri. I'm proud of you, emak muda dengan segudang prestasi yang bisa menginspirasi. Tetaplah hidup bersama satu pesan : Kami ada untuk berbagi.


http://galaksipungky.blogspot.com/2014/02/galaksi-pungky-giveaway.html



oyeah...diminta milih hadiah yaa... Ya kalau beruntung sih aku mau itu novelnya mamak tirimu yang super duper keren itu. oke, kamsiyaah ya Srikandi Purwokerto :)

15 comments:

  1. Menyoal galaksi, hehehe menyoal ...Sukses GAnya ya buuu, hehee

    ReplyDelete
  2. emak muda nan produktif berkarya ya, mbak :D

    ReplyDelete
  3. Mbak Uniek judulnya kepo bingiiit..
    Mbak Pungky ini kan yang kemarin jadi modelnya Blogcamp, oalah ternyata sedang ngadain GA toh.. keren ya masih muda tapi sudah nerbitin buku. aku kapan ya? hehe..
    makasih infonya Mbak Uniek..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan memuji desye di sindang, Mb Yuni, bisa GR dia hehehe.... *tetepantagonis :D

      Delete
  4. Waaa.... ternyata di sini pun Mak Uniek tetap aja antagonis ama MakMud.... hehehe
    Semoga MakMud gak senep bacanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus tetep begitu atuh Mba, tapi kan penutupannya manis banget tuh ;)

      Delete
  5. Aku rasa Pungky sudah dipuncak keGRan ini karena diulas orang banyak. Ya eyalah maaak, GA gitu loh hihihiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. yakali ada orang yang kayak gitu hihihii... aku seprene ra mudeng yakali ki maksude opoooooo :p

      Delete
  6. tetao antagonis ya bulik..hihihihi..
    main sinetron aja dahhhhhhh kalian tuhhh

    ReplyDelete
  7. Wah mak Uniek sukses ya give awaynya..
    aku belum sempa kenal sama pungky, jadi kali ini saya baca saja punya mak uniek..

    ReplyDelete