Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

26 September 2016

Kiat Membeli Cooler Box Sesuai Kebutuhan



Gimana sih ya biar bisa awet menyimpan segala rupa bahan pangan?

Hare geneee kan udah ada kulkas sis, masak masih nanyak ya ;)

Uhuks, iya juga, ada kulkas yang siap menyimpan bahan pangan kita terutama semacam sayuran, buah, daging dan ikan. Tapi gimana caranya coba kalau pas kita bepergian dan ingin membawa aneka bahan pangan maupun minuman dingin yang kita perlukan? Masak geret kulkas kesana kemari? :))

Don't worry be happy lah yaaa... kan ada cooler box. Cooler box merupakan suatu tempat penyimpanan bahan-bahan makanan agar selalu terjaga kualitas dan suhunya. Biasanya cooler box digunakan untuk menyimpan daging, buah, es batu, minuman dan berbagai macam bahan makanan lainnya.

Saat ini, kisaran harga cooler box yang dijual di pasaran sangatlah beragam karena ada banyak pilihan merk, ukuran dan kapasitas cooler box yang tersedia. Agar tidak salah pilih, berikut ini beberapa kiat membeli cooler box yang tepat berdasarkan kebutuhan kita, antara lain:

salah satu jenis cooler box, sumber gambar : Ralali.com


  1. Pertimbangkan fungsi dan pemakaian cooler box yang diperlukan. Dalam memilih atau membeli suatu benda, hal utama yang harus diperhatikan ialah faktor kebutuhan. Kita harus memastikan bahwa benda yang kita beli memiliki spesifikasi atau fungsi yang cocok berdasarkan keperluan. Hal ini bukan hanya berlaku ketika akan membeli cooler box saja, tetapi juga perlu dilakukan ketika membeli dispenser ataupun benda-benda lainnya. Oleh sebab itu, tentukanlah fungsi dan pemakaian cooler box yang kita perlukan untuk mendapatkan produk yang paling tepat, misalnya untuk kebutuhan rumah tangga, untuk usaha, untuk berpergian atau untuk kepentingan lainnya. 
  2. Perhitungkan ukuran atau dimensi cooler box yang dibutuhkan. Saat ini, ada banyak pilihan produk cooler box dalam berbagai macam ukuran yang berbeda-beda. Ukuran panjang, lebar dan tinggi cooler box yang tersedia di pasaran dapat kita pilih sesuai kebutuhan. Hal ini akan sangat menentukan kisaran harga cooler box yang ditawarkan. Bukan hanya dari segi ukurannya saja, tetapi jenis bahan dan tingkat ketebalan cooler box yang dijual juga mempengaruhi penawaran harga di masing-masing toko atau dealer cooler box terdekat. 
  3. Pertimbangkan kapasitas cooler box sesuai kebutuhan. Ada banyak cooler box yang dijual di pasaran. Setiap cooler box dijual dengan kapasitas yang berbeda. Biasanya, pembeli akan memilih kapasitas cooler box berdasarkan jenis pemakaian dan kebutuhan. Misalnya untuk pemakaian rumah tangga, cooler box yang biasa digunakan hanya berkapasitas 6 sampai 10 liter saja, sedangkan untuk kebutuhan usaha tentu lebih besar, mencapai puluhan atau bahkan ratusan liter kapasitasnya. Semakin besar kapasitas cooler box yang ditawarkan, semakin besar pula harga cooler box yang diberikan. 
  4. Pertimbangkan merk cooler box dan kualitasnya. Berbagai macam kebutuhan seperti cooler box, dispenser dan berbagai macam kebutuhan lainnya tentu tersedia dalam berbagai macam pilihan merk produsen yang berbeda-beda. Setiap merk memiliki tingkat kualitas yang bervariasi sehingga kita wajib memilih dan membandingkan kualitas masing-masing merk cooler box untuk mendapatkan produk yang paling bagus kualitasnya. 
  5. Perhitungkan harga dengan anggaran. Setiap cooler box dijual dengan variasi harga yang beragam. Harga cooler box ditentukan oleh merk, kapasitas, ukuran dan juga kualitasnya. Selain mempertimbangkan semua hal tersebut, kita juga wajib memperhitungkan anggaran atau budget yang tersedia sehingga cooler box yang kita beli adalah produk yang tepat, efektif dan paling berkualitas untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan bahan makanan di rumah atau untuk kepentingan usaha. 
 
Dengan memilih cooler box yang tepat hingga membandingkan harga cooler box dari masing-masing toko dan menyesuaikannya dengan anggaran, maka cooler box yang kita butuhkan pasti bisa  kita dapatkan. Segala macam bahan makanan yang ingin kita simpan dapat terjaga dengan baik kualitasnya di dalam cooler box yang kita miliki. Selain itu, cooler box yang kita beli itu juga pasti efektif digunakan untuk membawa makanan ketika bepergian ke suatu tempat tanpa harus khawatir kondisi dan kualitas makanan yang dibawa.

14 comments:

  1. Mau dong mbak cooler boxnya mb lemparin ke sini duong..

    ReplyDelete
  2. kalo liburan bareng keluarga,seru kali ya bawa cooler box..pernah lihat soalnya..seru aja lihatnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia si kak, kalo bawa cooler enaknya bisa bawa makanan dan minuman biar lebih seger dan fresh

      Delete
  3. Wah lumayan ya cooler boxnya pas banget buat traveling atau mudik jauh kaya aku heuheu

    ReplyDelete
  4. Sudah cukup akrab dengan cooler box gegara trip mancing bos di Semarang dulu jg kakak plus suami aku di trip2 mancing mereka selama di Lombok.
    Jadi makin lengkap deh pengetahuannya dg ulasan kk Uniek..^_^
    TFS..

    ReplyDelete
  5. Piknik bawa cooler box jadi semarak ya acaranya :)

    ReplyDelete
  6. Cooler box jg bermanfaat buat emak2 yg pergi sambil bawa bayi under 1 y.o. Maklum, makannya kan masih beda :)

    ReplyDelete
  7. Makasih mba uniek, tips pilih cooler box nya pas banget..

    ReplyDelete
  8. aku butuh cooler box saat nanti mau offline frozen Kuro..duh harganya itu hohohoho...

    ReplyDelete
  9. udah lama pengen punya. tapi lupa aja pas mau beli :)

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  10. Aku punya satu coolerbox dan masih berguna n bagus sampai sekarang. Beli pas mau naruh ASI saat mau keluar kota. Emang harus hati2 sih beliny

    ReplyDelete
  11. Kalo travelling biasanya cooler box nya diisi minuman sama buah..hehe. Enak lah kalo punya ini

    ReplyDelete
  12. Ini akan jadi solusi baik dalam artian lebih irit duit, gak perlu beli diluar kalo pengin something yg cool pas bepergian jauh atau piknik kel besar☺

    ReplyDelete
  13. Cooler box ini penting buat yang suka jalan ke pasar/ pantai dan beli seafood, hihihi... Sayang banget kalau dapet sea food murah, dibawa pulang jadi ga seger karena cooler box yang ga bermutu :) Makasi tipsnya mbaaa... :)

    ReplyDelete