16 August 2017

Asus ZenBook 3 Deluxe UX490 untuk Performa Kerja Tak Tertandingi





Saat ini sudah makin banyak saja anak muda yang menekuni kerja kreatif dengan bantuan perangkat digital. Sudah tak asing lagi kala kita melihat orang-orang berseliweran dimana pun sambil menenteng notebook. Bahkan berbagai coworker space kian banyak disiapkan untuk menyambut semangat kerja di bidang dunia digital ini.

Tentunya agar makin mobile dan lincah, plus enggak kena serangan encok akut gegara bawa-bawa laptop yang berat, kita semua butuh perangkat yang dimensinya memudahkan untuk dimasukkan ke dalam tas sekaligus memiliki bobot yang tolerable bagi kesehatan tubuh.

Ada gitu ya notebook dengan spesifikasi seperti itu?

Hyuuukkk boleh baca dulu nih tulisanku sebelumnya The Edge of Beyond : Pesona 6 Notebook Baru dari Asus.


Senang sekali nih pada tanggal 15 Agustus 2017 yang lalu aku mendapat kesempatan untuk hadir langsung di Pullman Central Park Jakarta untuk menyaksikan secara langsung launching 6 notebook baru besutan Asus yang bertajuk The Edge of Beyond.

Seperti yang sudah-sudah, tiap kali ada launching produk baru Asus memang menyajikan penampilan terbaiknya. Tak hanya perangkat yang berperforma kece, gelaran event pun selalu memukau.




Pada launching 6 notebook dalam The Edge of Beyond ini, aku bisa menyaksikan secara langsung kehadiran para brand ambassador Asus yang baru maupun artis-artis keren. Nggak pasti sekali dalam setahun loh aku bisa melihat mereka secara langsung. Ada Chandra Liow, Eka Gustiwana, Nadine Chandrawinata, Raditya Dika dan Sandra Dewi.

Pengin tau lebih lanjut tentang keenam notebook baru itu?

Pada postingan kali ini aku bagi lebih detail tentang ZenBook 3 Deluxe UX490 dulu yaaaa... Masih ada 2 notebook seri ZenBook lainnya yang dijamin bikin kalian semua termehek-mehek ngiler dan kepengin deehh.. Yuk cuuuzz ke yang pertama ini dulu deeehh...



ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490



Ultrabook tertipis di kelasnya ~ Dirancang untuk siapa saja yang begitu mencintai penampilan dan estetika

Welcome, my beautiful ASUS ZenBook 3 Deluxe atau ZenBook UX490. Nggak heran lah ketika pertama kali dimunculkan di muka publik pada event Computex lalu, perangkat ini menuai begitu banyak pujian karena desainnya yang sangat elegan, cantik serta dimensinya yang amat ramping.

Gimana caranya ya kalau notebook seramping ini harus bekerja ekstra membantu tugas-tugas kita yang seabrek? Bukannya kalau dipakai secara maraton notebook bakalan jadi panas?

Ternyataaa... meski memiliki body yang super langsing, ultrabook berbasis Windows 10 dan prosesor Intel Core generasi ke-7 ini mengadopsi teknologi cooling system yang inovatif. ZenBook 3 Deluxe memiliki sistem pendingin berbasis liquid crystal polimer yang dilengkapi dengan kipas (fan). Tau nggak sih, ketebalan sirip-sirip kipasnya hanya 0,3 milimeter saja. Berkat pendinginan mutakhir ini, ZenBook 3 Deluxe UX490 sanggup bekerja ekstra meski tubuhnya berdimensi sangat ramping yakni 12,9 mm dengan bobot hanya 1,1 kg. Nggak heran lah bila ZenBook 3 Deluxe UX490 disebut-sebut sebagai perangkat yang paling tipis dibandingkan para kompetitornya.

Tapi tak sekedar cantik dan ramping saja loh, teman. ZenBook 3 Deluxe juga didukung sepenuhnya oleh komponen dan hardware mutakhir yang mampu mengolah sistem komputasi dengan baik. Seluruh generasi ZenBook terbaru, termasuk ZenBook 3 Deluxe dipersiapkan untuk menjadi pendamping yang handal untuk para professional hingga pekerja kreatif yang punya mobilitas tinggi.


Cooling System yang Inovatif plus Hardware Level Premium


Meski memiliki ukuran yang slim, tidak serta merta membuat ZenBook 3 Deluxe memiliki keterbatasan dalam hal spesifikasi. Di dalam body langsingnya, terdapat berbagai komponen canggih antara lain, prosesor Intel® Core™ i7 generasi terbaru, serta memory RAM 16GB 2133MHz seri LPDDR3 RAM, dan juga 512GB PCIe® Gen 3 SSD. Notebook ini juga dilengkapi layar eksternal ganda 4K UHD. Jadi tidak perlu kuatir adanya keterbatasan saat menggunakan sebuah notebook, nih ZenBook 3 Deluxe dibuat untuk memenuhi semua kebutuhan digital kita yang semuanya penting.

Ada 2 buah port konektor USB Type-C berfitur Thunderbolt tambahan pada ZenBook UX490 sehingga notebook ini sekarang memiliki 3 buah port USB konektor Type-C. Dua port USB Type-C pada perangkat ini mendukung display eksternal hingga resolusi 4K.


Lalu bagaimana dengan cooling system alias sistem pendinginnya, masak sih notebook setipis ini bisa mumpuni untuk mengatasi masalah over heat yang biasa terjadi pada notebook tipis?
ASUS telah mendesain ulang sistem pendingin (fan) serta mereduksi ketebalannya mencapai 3mm saja. Sementara heatpipe-nya juga direduksi ketebalannya menjadi hanya 0,1 mm. Cara kerjanya fan akan mengalirkan udara panas melalui heatpipe kemudian mengeluarkannya lewat ventilasi yang terletak di belakang engsel laptop. Jadi deeeh notebook ini dapat bekerja dengan efisien dan sejuk meski saat full load.
Baling-baling kipas yang sangat tipis ini bisa tetap kuat berkat material bernama liquid crystal polymer. Material ini lazim juga disebut sebagai Vectran atau polymer kristal cair. Serat dari Vectran memiliki kekuatan hingga dua kali lipat dibandingkan Kevlar, yang biasa dipergunakan sebagai bahan pembuat rompi anti peluru. 


Multimedia Mumpuni dengan Layar yang Lebih Lebar 


ASUS ZenBook 3 Deluxe UX490 menawarkan dimensi layar yang lebih besar dibandingkan pendahulunya yakni 14 inci. Layar yang lebih akan memaksimalkan pengalaman bermultimedia terutama untuk pengguna yang sering melakukan editing dokumen pada perangkatnya.




Notebook kece ini menggunakan panel layar beresolusi Full HD dan dilapisi oleh materi pelindung kaca Corning Gorilla Glass 5 sehingga kita sebagai penggunanya tidak perlu galau layar akan kena sabet pulpen atau kunci ketika menaruhnya di dalam tas. Bezelnya pun semakin tipis yakni 7,46 mm dengan rasio screen to body mencapai 84 persen dengan ukuran layar 14 inci di dalam bodi 13 inci.

Lapisan IPS juga membuat pengguna dapat melihat konten tanpa terganggu meski dilihat dari sudut manapun, hingga 178 derajat. Adapun rasio kontras yang mencapai 1000:1 dapat membuat warna hitam menjadi sangat pekat, serta cakupan warna sRGB mencapai 100 persen guna menghasilkan reproduksi warna yang sangat baik dan detail.

Untuk video, ZenBook 3 Deluxe UX490 juga punya fitur bernama ASUS Tru2Life Video Technology. Kita nggak perlu khawatir mata akan terpapar radiasi cahaya biru yang berlebih, yang dapat merusak fungsi dan ketajaman retina. ASUS telah menanamkan sebuah fitur bernama ASUS Eye Care Technology yang mampu mereduksi hingga 30 persen paparan cahaya biru yang dapat menyebabkan kerusakan mata.



Yang tak kalah menarik loh dari notebook ini adalah adanya touchpad yang dilengkapi fingerprint scanner yang bisa digunakan sebagai pengamanan biometrik. Letaknya ada pada sudut kanan atas area touchpad, fingerprint scanner memungkinkan pengguna untuk membuka notebook dan kembali ke Windows hanya dengan sentuhan jari. Autentifikasi berbagai aplikasi dan program juga bisa dilakukan dengan fitur yang satu ini.

Catatan lain yang tak kalah pentingnya bagi notebook slim ini, meski bentuknya sangat tipis, ZenBook 3 Deluxe punya kedahsyatan performa suara yang terdiri dari empat buah speaker. Quad speaker system tersebut terdiri dari dua buah speaker di bagian atas keyboard dan dua lainnya di bagian depan. Speaker tersebut dirancang dengan teknologi ASUS SonicMaster Premium dan dioptimalkan oleh sejumlah pakar dari Harman/Kardon. Ini merupakan buah karya pertama hasil kombinasi kedua pakar tata suara tersebut.



Untuk konektivitas yang lebih luas, ASUS juga menyediakan dongle konektor yang terdiri dari (USB3.1 to USB3.0) ditambah dengan dongle (USB3.1 to HDMI). Dengan dongle ini, pengguna akan mendapatkan tambahan port USB 3.1 Type-C, HDMI, dan USB 3.0.

Dan agar makin kece sekaligus aman saat sedang mobile, kita bakalan dapet sleeve exclusive agar aktivas jinjing-menjinjing ZenBook 3 Deluxe UX490 terasa menyenangkan.

Kalau ingin tau spec-nya secara detail, boleh loh diintip data-data di bawah ini :



Main Spec.
ZenBook UX490UA
CPU
Intel® Core™ i7 7500U (2.7GHz with Turbo Boost up to 3.5GHz, 4MB cache)
Operating System
Windows 10 Home
Memory
16GB DDR3L 2133MHz SDRAM
Storage
512GB PCIe *4 M.2 SSD
Display
14” LED-backlit Full HD (1920 by 1080), 60Hz refresh rate, wide 100% sRGB color gamut, 178° wide-view technology, Corning® Gorilla® Glass 5 cover, 1000:1 TV-grade contrast ratio, ASUS Eye Care technology for up to 30% blue-light reduction, 7.46mm-thin bezel with 84% screen-to-body ratio
Graphics
Intel® HD Graphics 620
Input/Output
1x combo audio jack, 1x USB 3.1 Type-C port, Fingerprint Reader, Backlit keyboard with 1.2mm Keyboard Travel Distance, Glass Touchpad
Camera
VGA Web Camera
Connectivity
Integrated 802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio
Quad-speaker ASUS SonicMaster Premium stereo audio system with surround-sound effects, Harman Kardon-certified, Smart amplifier for maximum audio performance, Array microphone with Cortana voice-recognition support, 3.5mm headphone jack
Battery
Up to 9 hours battery life, 46Wh 4-cell lithium-polymer battery, Fast-charging technology: 60% in 49 mins, 65W USB-C™ power adapter
Dimension
329 x 210 x 12.9 mm
with Aerospace-grade aluminum alloy 6013
Weight
1,1Kg with Battery
Colors
Royal Blue, Quartz Grey
Accessories
FREE Sleeve Bag & Dongle (type C to type A/type C/HDMI) senilai Rp 1.500.000
Warranty
2 tahun garansi global senilai Rp1.250.000

No comments:

Post a Comment