05 May 2018

Membincang Food Photography bersama Kumpulan Emak Blogger dan Pesonna Hotel Semarang



Awww... ngiler ih lihat foto makanan itu, yuukk kita cobain...

Pernah nggak sih mengalami hal seperti ini? Saat sedang scroll scroll sosmed lalu kita terpesona pada foto makanan yang diunggah oleh orang lain. Kalau aku sering banget begini. Perasaan yang di-upload ya cuma makanan biasa, tapi kok bisa benar-benar menggugah selera gitu ya. Piye carane kuwi?

Beneran jadi penasaran deh bagaimana sih cara menghasilkan foto makanan yang bisa cetar begitu. Tapi kira-kira kudu butuh piranti memotret yang canggih nggak sih untuk menghasilkan foto makanan yang asyik untuk dinikmati?

Sabtu, 5 Mei 2018, berbagai tanya dalam hati seputar food photography itu menemukan jawabnya. Alhamdulillah Semarang kembali dikunjungi oleh makmin-makmin Kumpulan Emak Blogger (KEB) dalam event KEB Intimate. KEB sudah melaksanakan event ini di beberapa kota, nah giliran kota lunpia nih sekarang. Tak hanya blogger saja yang digandeng oleh KEB dalam acara ini, komunitas lain seperti Kompakers (pegiat Instagram) dan Ibu Profesional juga turut serta meramaikan KEB Intimate.

KEB Intimate kali ini mengusung tema Talk About Food Photography. Seneng banget bisa ikutan materi ini, apalagi ternyata pembahasan food photography-nya lebih ke smartphone. Sebagai pengguna smartphone untuk memotret segala macem, jelas aku senang sekali bisa menimba ilmu lebih jauh seputar smartphone food photography. Hinu Indra Wardhana sebagai pemateri menyampaikan bahwa saat ini memotret makanan dengan menggunakan smartphone tak kalah cantiknya dibandingkan dengan hasil kamera DSLR / SLR / mirrorless.





Pacari smartphone-mu, begitu Hinu menyampaikan sembari bercanda. Dengan mengenal lebih jauh smartphone yang kita miliki, kita jadi tau bagaimana mendapatka hasil foto terbaik. Foto yang tepat angle-nya, pas pencahayaannya ataupun yang rapi komposisinya. Mencoba untuk terus praktek food photography amat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas foto kita.

Berkaitan dengan komposisi foto, Hinu mengangkat salah satu teknik komposisi yang cukup banyak digunakan, yaitu rules of thirds. Pada teknik yang satu ini, bidang foto dibagi menjadi 3 bagian yang sama besar, baik secara vertikal maupun horizontal sehingga membentuk 9 area yang sama besar. Nanti akan tercipta 4 titik pertemuan dari garis-garis yang ada di dalam area tadi. Masing-masing smartphone memiliki menu untuk mengaktifkan mode panduan garis rules of thirds ini.

Letak point of interest di titik kanan atas merupakan posisi terbaik selama ini. Rata-rata mata manusia akan langsung mengarah ke titik tersebut, sehingga foto yang menerapkan teknik komposisi yang satu ini bisa seketika mendapatkan perhatian. Namun penempatan fokus foto di titik yang lain pun sah sah saja untuk dilakukan, asalkan pada saat memotret tidak lupa untuk mempertimbangkan kira-kira nanti obyek foto utamanya jadi tersamarkan atau tidak.

JANGAN PERNAH GUNAKAN ZOOM PADA KAMERA PONSEL ANDA. Hal ini sangat ditekankan oleh Hinu kepada para peserta KEB Intimate. Lensa yang ada di kamera smartphone jelas berbeda dengan yang ada di kamera DSLR maupun mirrorless. Hasil zooming di kamera smartphone akan mengakibatkan kualitas foto yang kurang bagus. Nantinya akan tampak seperti pecah saat gambar diperbesar. Eman-eman kan ya jika seperti itu. Lebih baik posisi badan kita bergerak maju ke arah obyek yang akan difoto.

Suasana KEB Intimate yang seruuuuu....



Food Photography di Pesonna Hotel Semarang

Membincang teknik-teknik food photograhpy tentunya nggak afdol dong kalau tidak langsung mempraktekkannya saat itu juga. Mumpung ada pakarnya nih, jadi para peserta KEB Intimate bisa mencoba untuk memotret hidangan yang disediakan oleh Pesonna Hotel Semarang berdasarkan insight yang diberikan oleh pemateri tadi.

Kenapa harus di Pesonna Hotel Semarang?

Jelang Ramadhan kali ini, Pesonna Hotel Semarang memiliki program Buko 'Poso' ing awang-awang. Bagi masyarakat umum dibuka kesempatan untuk menikmati buka puasa dengan konsep Angkringan Berkah & Halal dari ketinggian lantai 9 di Pesonna Hotel Semarang. Woww... asyik bangeeeettt...

Aneka pilihan buka puasanya oke banget loh, beraneka ragam penganan maupun minuman pelepas dahaga setelah seharian berpuasa telah disediakan oleh Pesonna Hotel Semarang. Dengan harga Rp. 49.000 net/pax kita bisa menikmati semua sajian yang telah disiapkan. Alhamdulillah ya, saat berbuka puasa jadi menyenangkan kalau pilihan menunya bisa beragam.

Keragaman menu tersebutlah yang cucok sekali dijadikan bahan belajar food photography kali ini. Berdasarkan panduan dari pemateri tadi, semua peserta KEB Intimate mencoba untuk menghasilkan foto makanan semenarik mungkin. Deg-degan juga nih saat mencoba memotret, mana ingat pula nantinya selepas potret-potret, hasilnya akan dinilai dan dilombakan untuk mendapatkan hadiah menarik dari Pesonna Hotel Semarang.

Maunya sih dapet hadiah, makanya berusaha bener-bener nih saat mengambil foto-foto berikut ini :

Aneka macam 'nasi kucing' sebagai hidangan khas a la angkringan


Berbagai sate yang bakal jadi favorit anak-anak maupun dewasa



Aneka bacem

Yang manis untuk berbuka pun ada, seperti kolak ini :

Belum lengkap puasamu tanpa kolak πŸ˜‰

Saat berlatih memotret makanan ini, Hinu juga meminjamkan properti yang sering dibawanya kemana-mana saat melakukan pemotretan. Aneka mini figurine ditunjukkannya sebagai pelengkap food photography. Ketika melihat ketela rebus cantik yang disajikan oleh Pesonna Hotel, jadi pengin banget pasang figurine tersebut di atas makanan. Dan jadilah seperti ini :




Lucu banget yaaa... Aku sendiri jadi gemes ngeliat hasil fotonya. Meskipun belum tergolong foto makanan yang bagus, aku cukup senang melihat foto ini. Ternyata mengambil fokus pada obyek yang sangat kecil itu susaaaaahhh banget kalau menggunakan smartphone. Berkali-kali memfokuskan  point of interest pada figurine warna putih itu meleset terus. Sampai keringetan deh πŸ˜‚

Selain makanan, Pesonna Hotel Semarang juga menyediakan berbagai wedang yang bisa menjadi pilihan berbuka puasa. Ada lemon tea, wedang jahe dan wedang uwuh. Penyajian minuman ini ada yang menggunakan cangkir keramik, ada pula yang menggunakan cangkir seng yang vintage banget tampilannya. Jadi unyu banget saat difoto.

Belajar komposisi dengan menyertakan pelengkap berupa potongan jeruk dan bebatuan kecil



Pesonna Hotel Semarang ~ Hotel Berkonsep Halal

Kemudahan mendapatkan segala fasilitas yang mendukung hidup halal kini semakin mendapat perhatian dari masyarakat. Tentunya akan lebih nyaman di hati saat yakin makanan yang kita konsumsi sudah dinyatakan halal, menggunakan kosmetik halal pun bikin hati tenang. Hal ini berlaku pula saat mencari tempat menginap. Hotel yang bersih, aman, nyaman dan menggunakan konsep halal bakal terus dicari oleh masyarakat.

Hotelnya cakep banget buat pepotoan 😍


Kesadaran akan konsep halal di Indonesia sudah mulai tinggi, maka meningkat pula permintaan masyarakat seputar makanan halal dan penginapan yang menyediakan berbagai fasilitas halal. Halal ini esensinya ke arah kebaiakan bagi manusia dan lingkungan lho ya, jadi hotel halal itu tidak terbatas bagi Muslim saja. Semua orang bisa menikmati fasilitas halal yang ditawarkan oleh hotel.

Pesonna Hotel adalah milik PT. Pegadaian (Persero) yang hingga saat ini telah memiliki 9 hotel di Indonesia. Pesonna merupakan kependekan dari "Pegadaian Selalu Optimalkan Nilai-Nilai Aset". Baru tau loh singkatan ini tadi ketika Mba Inka selaku Public Relation Pesonna Hotel Semarang memberikan sambutan. Pesonna Hotel ada di kota Makassar, Pekanbaru, Surabaya, Gresik, Semarang, Tegal, Pekalongan, Yogyakarta Tugu dan Yogyakarta Malioboro. Seluruh hotel tersebut tergabung dalam sinergi Hotel Indonesia Group (HIG) yang merupakan konsolidasi seluruh hotel yang dimiliki BUMN untuk kebutuhan supply chain, SDM dan hotel management.

Pesonna Hotel Semarang berlokasi di Jalan Depok no. 33 Kembangsari Semarang. Hotel ini memiliki 152 kamar, 3 meeting room, ballroom dengan kapasitas 625 pax, restoran dengan varian menu lengkap, kolam renang, mushola, parkir luas, layanan laundry dan sky meeting room di lantai 9. Pada tiap kamarnya terdapat fasilitas memadai seperti AC, LED TV, coffee and tea maker, minibar, save deposit box, air panas, keran untuk wudlu, sajadah, mukena dan Al Quran. Komplit pliiittt yaaaa...

Letak hotel yang ada di pusat kota menjadikan Pesonna Hotel Semarang mudah dijangkau dari mana saja. Dari bandara hanya sekitar 15 menit perjalanan, kalau stasiun kereta api malah lebih dekat lagi, hanya sekitar 7 menit. Ke Pelabuhan Tanjung Emas juga nggak lama amat perjalannya, berkisar 17 menitan. Mau mengunjungi berbagai lokasi wisata juga gampang, seperti Lawang Sewu, Tugu Muda, Gereja Blenduk, Sam Poo Kong, Kampung Pecinan, Kampung Pelangi, dan lain-lain. Jika ingin membeli oleh-oleh pun gampang, tidak jauh-jauh amat dari hotel kok lokasinya.

Berikut ini beberapa fasilitas yang disediakan di tiap kamar Pesonna Hotel Semarang :


Kamar tipe Deluxe Queen



Kamar Deluxe Twin


Dilengkapi working space bagi yang kudu kejar deadline menulis πŸ˜‰


Selain disediakan minibar, Pesonna Hotel juga menyediakan Al-Quran bagi kaum Muslim


Kamar mandi dengan shower yang bersih dan nyaman

Bagi yang membutuhkan kamar lebih besar lagi dari yang tipe Deluxe, Pesonna Hotel Semarang juga menyediakan tipe Suite seperti ini  :


Kamar tipe Suite



Kamar tipe Suite yang dilengkapi dengan living room




Shower part di kamar mandi


Kamar mandi dengan bath up

Berminat untuk menginap di Pesonna Hotel saat berkunjung ke Semarang? Atau untuk warga Semarang yang ingin staycation bareng anak-anak, bisa juga loh menjadikan hotel ini sebagai salah satu pilihan karena di Pesonna Hotel terdapat kolam renang yang bakalan jadi favorit anak-anak.




Monggo loh bisa reservasi dan mendapatkan berbagai informasi lanjutan ke nomor telepon 024-86570840 ext. 41/11

Have a wonderful stay at Pesonna Hotel Semarang, my dearest friends....

29 comments:

  1. Hotelnya kece...fotonya kece..sayang kmrn g bs dtg ada acr πŸ˜₯.nyesel g ikut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar lah kapan2 bisa ikutan lagi ya mbaaa... Iya, hotelnya kece ini.

      Delete
  2. Pengen banget belajar food photografi ini tapi hiks belum bs datang. Thanks for sharing mba niek..

    Hotelnya jg nyaman bgt yaa, smg suatu saat bisa staycation di situ hehe..Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga kapan2 bisa staycation di sini ya Icha, aku juga mau nih ;)

      Delete
  3. Alhamdulillah belajar banyak dari mas Hinu kemarin. Semoga hasil jeperatanku kedepannya makin bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, aku juga penginnya makin bagus nih hasil pota potoku, enggak kebanyakan narsis melulu hihiiii

      Delete
  4. Aih...foto2mu cakep2 dik...secakep suasana hotelnya ya.. duh jadi pengen nyobain ik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur nuwun, mbakku sayang :* Yuk kapan2 nyobain hotelnya bareng2.

      Delete
  5. wahh ternyata ada kolam renang nya dan hotel ini milik pegadaian kereeen yaa.. foto makanannya menggodaa..

    ReplyDelete
  6. Kamarnya Pesonna hotel luas banget,, bisa buat salto dikit. Aku baru ngeh kalo di Pesonna ada kolam renangnya. Ntar kalo ada temen nginep Smg,, aku rekomendasiin utk nginep situ ah,, mau nebeng renang :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajakin aku juga ya Lint... nebeng rame2 :))

      Delete
  7. badut bergaya di ketela, cakep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Badut ga mau kalah, pengin eksis juga dia mba :)

      Delete
  8. Huhu, sedih kemarin gak bisa ikut hadir mbak. Tapi jadi merasa ikut hadir setelah baca cerita mbak uniek :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ga pa2 mba, ntar kapan2 ikutan yaaaa...

      Delete
  9. Foto2nya cakeppp, yang bacem itu bikin pengen.

    ReplyDelete
  10. Wah makasih sharingnya mbak, hasil jepretan makananya kece :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur nuwun juga yaaa... masih belajaran nih.

      Delete
  11. Lucu banget itu foto boneka kecil (eh apa tadi sebutannya?) dan ketela rebusnyaaaa. Btw jadi pengin makan nasi kucingnya dan minum wedang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mini figurine mba.

      Hayuk kita cobain nasi kucing dan wedangnya rame2 mbaaa

      Delete
  12. Enak dong mbak, jadi feel nya bener-bener kerasa

    ReplyDelete
  13. Tadinya sebelum belajar motret, suka asal-asalan aja kalo motret makanan atau pemandangan. Setelah belajar, jadi mending lah sekarang, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga makin membaik ya mba kualitas foto kita, biar makin kece tampilan artikel blognya.

      Delete
  14. wahhh ini menarik buat belajar fotografi makanan.. mau juga ah belajar sama pembicaranya hihih..

    Hotel nya juga asik buat bobo manja :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deddy mah jago motret laaahh... aku mau kursus advance nih ke Deddy ;)

      Delete
  15. wih, seru banget acaranya Mbak Uniek.
    belajar foto makanan dan kamu udah berhasil bikin saya ngiler liat foto2 makannya mbak Uniek :D

    btw hotelnya asik mbak, suka sama hotel yg ada kolam renangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Lianaaaaa... kangennya lama tak bersua. Kapan ke Semarang lagi mba? Ntar kapan2 meet up dong ex kontrib Hallo ;)

      Delete