25 September 2018

Ekspor Perdana Tolak Angin Sido Muncul ke Filipina




Sido Muncul merupakan salah satu aset daerah yang patut diperhitungkan. Sebagai pabrikan jamu herbal, masyarakat sekitar ikut terlibat dalam aktivitas produksinya. Apalagi Sido Muncul terkenal sangat memperhatikan masyarakat dan lingkungan sekitar. Jadi ikutan bangga banget karena pabrik yang satu ini berada di Kabupaten Semarang.

Banggaku menjadi makin plus plus pluuuss lagi saat  PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk pada 20 September 2018 yang lalu melakukan ekspor perdana. Sido muncul telah berhasil mengirim salah satu produk unggulannya yaitu Tolak Angin Cair ke Filipina. Seremonial dilaksanakan di Pabrik Sido Muncul, Ungaran, Kabupaten Semarang.

Ekspor perdana ini ditandai dengan pemotongan pita, pemecahan kendi, dan pelepasan container berukuran 40 ft High Cube. 




Wooww... ekspor perdana aja sudah pake container high cube gitu ya. Keren banget laaahh... All thumbs up for Sido Muncul, kebanggaan orang Jawa Tengah nih.


Turut hadir dalam seremonial ini, Kepala Badan POM RI Dr. Ir. Penny K. Lukito, M.CP., Philippine Embassy Attache Ms. Buenaflor Cruz, PLT Kepala Balai POM Semarang Dra.Zeta Rina Pujiastuti,M.Kes.Apt, Kepala Balai Karantina Semarang Drh. Wawan Sutian, M.Si., Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, Distributor Sido Muncul Filipina, dan pejabat terkait lainnya. 

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menjelaskan,”Ekspor perdana Tolak Angin ke Filipina ini adalah bukti keberhasilan bahwa obat herbal asli Indonesia dapat diterima oleh negara lain. Keberhasilan Sido Muncul bisa sampai hari ini pun karena tidak lepas dari kepatuhan perusahaan dalam menaati peraturan dari pemerintah dan Badan POM. Saya berterima kasih kepada Badan POM yang sudah membantu dan memfasilitasi ekspor perdana ini hingga bisa terlaksana. Setelah ini, Sido Muncul juga berencana untuk melakukan ekspansi ke negara-negara lain.” 

Pak Irwan, kusungguh bangga pada keberhasilan Sido Muncul ini. Tak hanya pada keberhasilan ekspor perdana saja, namun juga sumbang sih pabrik Sido Muncul pada lingkungan sekitar. Seputar kontribusi Sido Muncul sudah pernah loh kutulis di sini : Ade Rai dan Kekuatan Eceng Gondok.

Bisa baca-baca ini juga ya : Sido Muncul Peduli Kaum Dhuafa

Irwan Hidayat juga menambahkan pertama kali ide ekspor Tolak Angin ke Filipina ini berasal dari Maria Reviani Hidayat. Sejak dua tahun lalu, Wakil Direktur Marketing Sido Muncul tersebut bertekad melakukan ekspor ke Filipina. Berbagai persiapan dan pengujian dilakukan, sehingga tepat 20 September rencana ini dapat terealisasikan. 

Tolak Angin pun akan didistribusikan secara merata di seluruh mainstream market yang terdapat di Filipina, agar masyarakat mudah mendapatkan Tolak Angin. Bahkan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat Filipina terhadap Tolak Angin, Sido Muncul juga membuat iklan dengan menggandeng artis yang juga anak dari presiden ke-11 Filipina Corazon Aquino, Kris Aquino sebagai Brand Ambassador. Iklan ini akan ditayangkan di TV lokal Filipina. 

“Kris Aquino memiliki image baik dan bisa menjadi good influencer bagi masyarakat di negaranya. Kami harap melalui Kris, masyarakat Filipina semakin mudah mengenal Tolak Angin dan dapat menerima produk-produk Sido Muncul. Apalagi masyarakat Filipina memiliki tradisi minum jamu yang hampir sama dengan Indonesia,” lanjut Irwan Hidayat. 




Di tengah-tengah kegiatan seremonial, Badan POM RI memberikan Sertifikat Perluasan Pabrik COD/Cairan Obat Dalam kepada Sido Muncul. Sertifikat diberikan karena Sido Muncul telah memperluas pabriknya dengan menambah pabrik baru yang sistem produksinya full automatic, sehingga dapat meningkatkan kapasitas produksi. Sertifikat diserahkan langsung oleh Kepala Badan POM RI Dr. Ir. Penny K. Lukito, M.CP dan diterima oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat.

Semoga Sido Muncul makin berkembang dan menjadi sendi perekonomian yang penting bagi masyarakat Jawa Tengah. 

34 comments:

  1. paporrittttt aku banget nih, selalu sedia tolak angin di tas ataupun di rumah, kapanpun butuh tinggal settt sett glek glekk

    ReplyDelete
  2. AKu kenal Sido Muncul sejak kecil nih suuka diajak bapkku minum jamu di pinggir jalan gitu pakai madu sama telor :-D
    hebat ya skr udah bisa diekspor ke FIlipina

    ReplyDelete
  3. Sido Muncul mah emang hebat. Produk sachetnya wuenaak, favorit keluarga.

    ReplyDelete
  4. Tolak angin ini andalanku banget, kalau anak2 sudah mulai batuk pilek, lebih manjur pakai tolak angin anak ketimbang obat.
    Btw, Indomie dan sidomuncul ini sama2 kearifan lokal Indonesia yang menembus dunia yaa. Ikut banggaaa..

    ReplyDelete
  5. Apakah kualitas eksport sama dengan untuk konsumsi lokal, mba Uniek?
    Juga kemasan, ukuran, harga dan bahannya?

    ReplyDelete
  6. kereeen ya...makin banyak pasar internasional yang dirambah oleh Sido Muncul

    ReplyDelete
  7. Sudah lama banget saya konsumsi produk Sido Muncul. Masuk angin cari jamu Sido Muncul, BAB tidak lancar cari Sido Muncul.
    Mungkinkah itu karena namanya Sido MUncul? Muncul setiap saat. hehehe....

    Semoga perusahaan lokal kian mendunia. Aamiin

    ReplyDelete
  8. Selamaaat untuk Sido Muncul. Merk yang sangat terkenal dan mempertahankan bahan alami. Aku senang konsumsi Tolak Angin karena memang pas banget buat usir masuk angin. Badan jadi enak. Moga ke depan Sido Muncul makin berkembang ya

    ReplyDelete
  9. Waah keren, Tolak Angin Siido Muncul tembus Filiphina, salut dengan Pak Irawan dan PT Sidomuncul yang bisa memajukan industri jamu di tanah air

    ReplyDelete
  10. Yeeaayy..aku suka kalo produk obat tradisional go internasional. Jadi kalo tiba2 masuk angin pas lagi jalan2 bisa mudah mendapatkan jamu tolak angin

    ReplyDelete
  11. Semoga produk indonesian makain di kenal dan dinikmati negara-negara tetangga ya mba

    ReplyDelete
  12. tolak angin ini emang produk berkualitas banget. Suka liat di Instagram dibawa-bawa traveler mpe kemana aja dicobain orang luar negeri juga pada suka meski awalnya pada asing sama rasanya. tapi khasiatnya joss banget

    ReplyDelete
  13. Wiih sudah sampe Filipina, btw tolak angin ini salah satu obat2an yg wajib dibawa klo lagi halan-halan mba, biar tetep fit dan sehat.

    ReplyDelete
  14. tolak angin jadi andalanku saat mulai merasa gejala masuk angin, Mba.

    ReplyDelete
  15. Salut deh sampai ke Filipina...aku dan keluarga selalu stok Tolak Angin di rumah.

    ReplyDelete
  16. Wah.. keren. Salut sama produk lokal yang mulai mendunia. Moga industri jamu bisa makin berkembang dengan kualitas bagus. Good luck Sido Muncul

    ReplyDelete
  17. Makin mantep nih Sido Muncul. Keluargaku percaya juga sama Tolak Angin. Seringnya ngemut permennya

    ReplyDelete
  18. Ikut bangga. Salut sama produk lokal yang go international bersrti kualitas nya benaran gak diragukan ya

    ReplyDelete
  19. aku pernah mbatin pengen masuk pabriknya pas lewat di jalanan Semarang, tp blm kesampaian,hehe. Bangga juga bs ekspor herbal Ind ke negara lain!

    ReplyDelete
  20. Wow. Keren !
    Biar makin terkenal seperti indomie.
    Tp penasaran.
    Apakah smua tulisan covernya jd bahasa filipina yaaa.

    ReplyDelete
  21. Sido muncul termasuk brand legendaris ysng terus mengembangkan produk dan berinovasi untuk tetap dapat dicintai pelanggan setianya. Sukses terus Sidomuncul

    ReplyDelete
  22. Lho, ternyata belum ada ya di Filipina? Kupikir udah ekspor ke semua negara Asia. Alhamdulillah kalau begitu ya, WNI yang di sana nggak perlu nitip2 Tolak Angin lagi sama yang pada mudik. Ini aku banget soalnya, dulu pas lagi tinggal di Suly mesti nyetok tolak angin, hihihi.

    ReplyDelete
  23. Aku fansnya sido muncul lo. Selalu nyetok tolak angin. Bahkan klo traveling selalu bawa tolak angin di tas

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah Indonesia go Internasional dengan produk Sido Muncul.
    Aku bangga banget kalo ada produk luar bisa masuk pasar internasional, waktu kerja di Hongkong sering nemuin produk Indonesia di pasarkan di sana. Produk Indonesia beneer-bener bersaing, bahkan indomienya indofood jadi kegemaran orang CHina, salut. Semoga banyak produk lain yang bisa go internasional dan Indonesia menjadi salah satu penghasil yang diakui kualitas dan pelayannannya. Aammiin

    ReplyDelete
  25. Wah keren nih jamu Indonesia udah ekspor..Semoga banyak komoditas lainnya yg diekspor.

    ReplyDelete
  26. Jamu dikenal hingga keluar negeri...
    Bangga banget...karena ini warisan nene moyang yang patut dilestarikan.

    ReplyDelete
  27. Keren banget, ntr kalau pas ke Filipina pas huek2 masuk angin bisa cari Tolak Angin di apotek or mininarket di sana ya mbak hehe

    ReplyDelete
  28. Tolak angin ini andalan banget kalauu lagi gak enak badan, malah kalau mau berenang minum dulu deh hahah

    ReplyDelete
  29. Wah, inovasi kerem ya produk jamu tradisional Indonesia bisa go international

    ReplyDelete
  30. Sampai sekarang produk Sido Muncul masih kubeli Mbak. Soalnya pas rasanya dan pas harganya. Seneng ya, negara Filipina sekarang sudah dapat menikmati produk Sido muncul,

    ReplyDelete
  31. Senang sekali membacanya. Tolak Angin semakin berkembang dan sukses. Senang mendengar produk Indonesia yang semakin tersebar di seluruh negara, semoga semakin mendunia.

    ReplyDelete
  32. Keren banget ini, Sido Muncul goes to internasional. Aku kalo masuk angin biasanya minum Tolak Angin cair dan alhamdulilah jadi nggak masuk angin lagi.

    ReplyDelete
  33. Ini salah satu produk favorit aku banget. Emang Tolak Angin kudu mendunia nih. Keep the good work Sido Muncul!

    ReplyDelete