26 February 2021

Belanja Praktis Saat Pandemi, Gunakan Produk UKM dengan Semangat Gotong Royong

 

Bagaimana stok beras harian, bu ibuuu??

Trus stok garam, jajanan dan produk bersih-bersih gimana, aman juga?


Dalam keseharian, setiap saat para ibu selalu berusaha memastikan persediaan logistik di rumah aman dan terkendali. Persediaan mencukupi dan semua yang dibutuhkan ada di lemari penyimpanan. Jadi tiap kali hendak menggunakan, tidak gedubrakan akibat ketiadaan barang yang hendak dipakai. 

Kalau dulu yaa… setiap kali barang habis, misalnya nih mau masak ternyata garam habis, ga pake lama langsung meluncur ke warung. Ntar beras menipis, langsung cuuuzz belanja juga ke warung. Tapi sekarang ketika pandemi, dimana kita berusaha banget untuk mengurangi kemungkinan keluar rumah kalau nggak penting-penting banget, rasanya was-was deh tiap kali mau beli sesuatu ke warung dekat rumah. Mana yang punya warung hobi banget tuh ngajak ngobrol tapi dia ga pake masker. Huhuhuuu… Tak diladeni kok rasanya ga sopan, tapi kalau berlama-lama di warung kok ya cemas.

Kenapa enggak belanja di minimarket aja, kan aman tuh?

Iya sih, kalau ke minimarket memang lebih terjaga. Petugasnya sudah mengenakan masker dan di loket kasir sudah diberi plastic shield untuk meminimalkan paparan virus yang bisa terjadi kapan saja.

Sebenarnya aku lebih suka sih belanja di warung. Jadi tak cuma mendapatkan barang belanjaan saja dari situ, tapi kita juga membantu perekonomian tetangga. Yah namanya warung kecil-kecilan gitu kan butuh putaran uang yang cepat agar arus kasnya kembali dengan cepat dan bisa kulakan kembali.

Namun ketika pandemi ini tak juga berakhir dan aktivitas belanja di luar rumah menjadi salah satu hal yang bikin cemas, harus gimana dong?



Belanja dari Rumah Saja Sekaligus Bantu UKM 


Kalau mau aman dan tak mudah terpapar virus yang saat ini belum juga mau pergi, memang lebih baik menggunakan fasilitas belanja online saja. Sudah banyak juga tuh aneka platform marketplace yang menjual segala macam barang. Tak hanya fashion dan skincare loh, belanjaan berupa sayuran dan daging segar aja ada. 

Tak terkecuali dengan barang kebutuhan rumah tangga sehari-hari seperti beras, garam, kecap, hingga sabun cuci yang tak pernah berhenti kita perlukan. Kebutuhan pokok seperti ini nggak bisa habis dong, harus selalu ada di rak penyimpanan.

Trus belanja onlinenya dimana dong?

Belanja online dimana saja memang bisa sih, hanya saja yang perlu kita pertimbangkan adalah bentang jarak dari asal barang menuju tempat tinggal kita. Belanjaan kayak beras dan sabun gitu kan berat ya, kalau di online shop biasa waduuwww wadidawww... ongkirnya bisa bikin pingsan. 

Alhamdulillah… kayak ketemu jodoh nih ketika tau informasi tentang ISC. Apaan tuh?



PT Indo Supply Chain (ISC) yang saat ini berkantor pusat di MTH Square, Jakarta Timur, didirikan di tahun 2017. Menilik visinya aku jadi merasa klik aja gitu. ISC ingin  membantu masyarakat untuk mendapat kehidupan yang lebih baik, yaitu dengan memberikan alternatif solusi untuk mendapatkan sumber penghasilan dari penjualan langsung produk-produk kebutuhan dasar dengan dasar kemitraan dan semangat gotong royong.

Bentar… bentar… tadi ngomongin belanja kebutuhan sehari-hari, kok ini malah jualan?

Itulah yang bikin ISC istimewa kalau menurutku. Selain bisa membeli secara langsung kebutuhan pokok sehari-hari, kita juga bisa menjadi mitra ISC dan mendapatkan keuntungan dari penjualan produk tersebut. Jadi nggak cuma belanja nih, kita bisa sekaligus berjualan produk tersebut.

ISC melakukan terobosan dengan menjadi penyedia barang kebutuhan dasar melalui metode penjualan langsung. Kita dapat bergabung menjadi mitra ISC, mengubah tempat pembelian kebutuhan dasar, dari toko orang lain menjadi toko virtual milik kita sendiri. Kita juga nantinya bisa mereferensikan mitra baru untuk melakukan hal yang sama dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan sumber penghasilan yang menjanjikan dan dapat diwariskan.

Pada tanggal 13 Februari 2017, ISC membuka cabang pertama di kota Jakarta. Hingga tahun 2019, ISC sudah memiliki 5 cabang yang berada di Bandung, Semarang, Surabaya dan Bali.

Tidak hanya fokus pada pengembangan bisnisnya saja, ISC juga membantu perkembangan UKM lokal Indonesia. Saat ini ISC telah bekerjasama dengan puluhan UKM sebagai penyedia produk ISC yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali. Bisa dibilang, dengan menggunakan produk-produk ISC, kita juga telah membantu kehidupan dan perkembangan UKM Indonesia.

Setuju kan ya jika kita simpulkan bahwa setiap orang berhak mendapatkan kesempatan untuk meraih kehidupan yang lebih baik. Nah, melalui ISC ini semua orang dengan latar belakang apapun bisa berhasil. Asalkan memiliki semangat dan tekad yang kuat, pasti bisa deh. 

Nggak pake modal loh soalnya daftar ISC tuh, gratis tisss tisss…




Mengapa Harus Pilih Indo Supply Chain?


Setelah mendapatkan informasi tentang Indo Supply Chain (ISC), gerak cepat dong aku segera ingin nyobain belanja di sana. Buka webnya, cek aja kesempatan bisnis tanpa modal ini dan melihat-lihat barang apa saja yang tersedia.

Oke juga nih belanjaan yang ada di situ. Berbagai belanjaan yang memang amat kubutuhkan ada di situ. Emangnya hanya dari ketersediaan barang aja ya sehingga aku memutuskan untuk gabung ISC?

Enggak dong, ada beberapa kelebihan yang terdapat pada ISC sehingga akhirnya aku memutuskan untuk belanja di sana sekaligus menjadi mitranya. 

7 keunggulan ISC:

1. Gratis biaya pendaftaran
2. Gratis biaya kirim (sesuai lokasi store masing-masing area)
3. Cara memesan produk terbilang mudah
4. Produk yang tersedia merupakan kebutuhan sehari-hari
5. Harga bersaing dengan pasaran
6. Bisa mendapatkan komisi
7. Bisa diwariskan

Biasanya kan kalau mau join direct selling tuh harus bayar biaya pendaftaran ya. Nah, di ISC ini enggak. Asalkan bersedia memberikan data diri sesuai KTP, beres deh. KTP dibutuhkan karena untuk mengetahui lokasi dimana kita tinggal.

Secaraaa.... emak-emak kan, kalau gratis gini hayuukk aja lah. Sama-sama belanja, kalau bisa praktis ga pake keluar dari rumah tentu senang sekali. Apalagi tidak kena ongkos kirim. Semarang sudah memiliki store sendiri nih, jadi karena sama-sama di Semarang, aku tidak kena ongkos pengiriman ketika memesan barang. 

Tadi dibilang cara pesannya mudah, gimana sih mudahnya?

Sesuai dengan gambar di atas, aku bisa pesan apa saja dari ISC hanya melalui aplikasi di smartphone. Teman-teman bisa instal dari playstore ya, cari saja aplikasi ISC Globe, log bertuliskan ISC dengan background warna kuning. 


Nah, ketika memesan barang, aku tinggak masuk menu Pemesanan, akan muncul berbagai barang yang dijual di ISC. Langsung bisa masukkan keranjang belanjaan dengan klik tanda + yang berwarna hijau.


 Yup, semudah itu. Bahkan ketika kita memutuskan untuk berjualan juga, kita bisa memesankan untuk downline kita melalui menu ini.

Setelah selesai melakukan pesanan, tinggal pastikan alamat kita dan metode bayar yang kita pilih. Meskipun belum ada menu trackingnya, tapi belanjaanku aman-aman saja, selang 1 hari sudah sampai kok. 

Gimana, tertarik untuk nyobain juga?




Pengalaman Menggunakan Produk Merk Gotong Royong


Aku menulis artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi loh. Memang udah beneran belanja di ISC dan menggunakan produk-produk yang dijual di sana.



Kali ini aku mau menceritakan pengalamanku menggunakan salah satu produk dari ISC. Oya, semua produk dari ISC memang diberi label Gotong Royong

Sesuai dengan prinsip kerja ISC yang telah kutuliskan di atas, jadi kita selain bisa belanja dan jualan produk-produk tersebut, kita juga mendukung pelaku UKM. Secara bergotong-royong, kita semua saling membantu roda perekonomian rakyat terus berputar. Jadi bukan hanya barang-barang milik pengusaha besar saja yang kita beliin terus, yang dari pemilik UKM juga harus kita dukung dong. Setuju kan?

Salah satu produk Gotong Royong yang sudah kucoba dan senang sekali dengan hasilnya adalah deterjen cair. Sudah beberapa saat aku mencuci dengan produk ini.


Selama ini kalau mencuci baju menggunakan deterjen bubuk, rasanya tuh busanya kalau dibilas nggak hilang-hilang. Bahkan menurut beberapa referensi, deterjen seperti ini memang kurang ramah lingkungan. Air bilasannya yang penuh dengan busa bisa mencemari lingkungan dalam jangka waktu tertentu.

Makanya, senang sekali nih aku bisa membeli deterjen cair di ISC. Satu botol besar berwarna hitam ini memuat 1 liter deterjen cair. Cairannya berwarna biru bening dengan aroma yang segar. Dalam sekali putaran di mesin cuci, kira-kira memuat 15 hingga 20 potong baju, hanya butuh setengah gelas takar saja deterjen cairnya. Gelas takarnya menggunakan tutup botolnya saja ya untuk gampangnya.


Membilasnya pun tak perlu berkali-kali, jadi sangat menghemat waktu. Mana sekarang musim hujan kan, setiap kali kelihatan ada sinar matahari dikiiit aja langsung cepat-cepat mencuci baju. Maksudnya biar langsung kering dan semua cucian bersih gitu loh.


Harga deterjen cair Gotong Royong ini jauh di bawah harga deterjen cair lainnya, yang biasanya berkisar di harga 40 ribuan. Deterjen cair Gotong Royong ini harganya hanya 26 ribu rupiah saja. Huhuuyy… sangat ekonomis kaaan.. dambaan para ibu nih kalau kayak gini. 


Gimana teman-teman, jika kita bisa belanja kebutuhan sehari-hari dari rumah saja, bahkan bisa menjadikannya sebagai usaha untuk memperoleh pendapatan, tentunya tertarik yaaa… Apalagi kita sekaligus bergotong royong membantu para pemilik UKM yang saat ini terkena dampak pandemi.

Jika ingin nyobain belanja praktis via ISC, bisa ceki-ceki informasinya di web Indo Supply Chain ataupun berbagai media sosialnya ya. Instagramnya bisa juga dicek @iscglobe

Kalau mau jadi mitra lewat aku juga bisa ya, teman. Ntar kubantuin untuk submit data-datanya. Bisa baca-baca web ISC dulu ya agar mantap. Happy shopping….  




Tulisan ini diikutsertakan pada Blogging Competition Indo Supply Chain bersama komunitas blogger Gandjel Rel

39 comments:

  1. Nah aku kebetulan baru saja bergabung di evermos,
    syaratnya pendaftaran adlah 300K
    so jadi pengen gabung di ISC ini kalo gratis

    ReplyDelete
  2. Asyik sih kalau ada ISC di sekitar kita. Apalagi masa Pandemi kaya gini. Mau belanja, kumpul banyak orang bikin deg-degan. Yang paling menyenangkan karena gratis biaya kirim

    ReplyDelete
  3. ENJOYYY dan anti ribet club kalo belanja pakai ISC ini ya mba
    Setelah aku ceki2 webnya, ternyata Ada cabangnya juga di Sby, ga terlalu jauh dari rumahku
    sip markosip!

    ReplyDelete
  4. ISC ini punya merek sendiri ya? berarti dia sebagai produsen juga kah? atau kerja sama dengan produsen untuk bagian distribusi supaya jangkauannya makin luas?

    ReplyDelete
  5. rasanya lebih puas belanja di warung atau pasar ya, mau beli kebutuhan dapur atau rumah, biar nawar juga hehehe

    ReplyDelete
  6. Langsung deh ceki2 website Indo Supply Chain nih akyuh hehehe :) Kepengen nyobain sabun pencuci baju dari Gotong Rong seperti yang mbak Uniek pakai :D Dari 40K diskon jadi 26K mau lah emak2 hihihi. Praktis banget belanja online kayak gini. Bisa bergabung jadi mitra pula. Mantap :D

    ReplyDelete
  7. wah gerakan bagus buat mendorong perekonomian UMKM ya mbak, jadi rantai perekonomian kita tetap bisa hidup, sama seperti kang emil bilang, skrg waktunya belanja bukan nabung hahahaa

    ReplyDelete
  8. Aku sejak pandemi juga belanja online, Mbak. Meski enggak semua tapi beneran praktis memang. Apalagi mengingat kondisi pandemi kalau ada tempat belanja yang praktis seperti ISC ini akan memudahkan kita. Dan ternyata kita huga bisa jadi mitra ya...wah, menarik sekalii

    ReplyDelete
  9. cara baru memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari ya Mbak. bisa berbelanja dan juga bisa bermitra di ISC ini ya.

    Apalagi produk produknya lengkap juga aku lihat yaaa. Saling gotong royong menghidupkan kembali perekonomian masyarakat khususnya UMKM.

    ReplyDelete
  10. praktis banget nih belanja dalam satu aplikasi indo supply chain, gak perlu ke luar rumah, tinggal pilih-pilih barang yang dibutuhkan masukin keranjang bayar deh, siap antar ke rumah

    ReplyDelete
  11. Pernah denger sepintas soal ISC tapi baru tahu loh kalau produknya dikasih label GOTONG ROYONG, unik heuheu...

    ReplyDelete
  12. Huaaa mau banget coba belanja di isc. Ngebantu banget umkm ya. Sudah saatnya beli produk anak bangsa dan isc ini jadi jalan rezeki buat umkm ya. Keren!

    ReplyDelete
  13. Paket lengkap nih. Bisa belanja, membantu sesama tapi satu sisi juga memberikan keuntungan. Aku baru tahu tentang ini mba. Makasih informasinya :)

    ReplyDelete
  14. ISC sampai nggak ya di Kalimantan? Di kotaku juga lumayan banyak nih UKM, kalo ada ISC pastinya terbantu distribusinya. Kadang produk UKM nih terbatas distribusi & kurang promosi.

    ReplyDelete
  15. Memang di masa pandemi sekarang ini paling aman belanja online aja yah mbaak, praktis banget nih dengan adanya ISC jadi bisa sekalian mendukung UMKM kan yaaah

    Itu kok sama banget kasusnya, aku kalo belanja di warung Mama Ajeng juga gak bisa sebentar karena sering diajak ngobrol dulu ahahaha

    ReplyDelete
  16. Wah inovasiny bagus ya. Sesuai sama kondisi sekarang ini. Better emang belanja online biar aman semuanya. Sekaligus suport produk ukm ya

    ReplyDelete
  17. Kyanya aku telat haha baru tau ada ISC ini donggggg. Lg pndemi gini emang paling aman belanja online ya kakk praktis juga tinggal nunggu hihi

    ReplyDelete
  18. ISC ini tersedia di semua kota ya mbak? Wah penasaran nih sama produk Gotong Royongnya...

    ReplyDelete
  19. Saya mau ikutan cek juga kalau begini. Belanja online di saat pandemi rasanya lebih aman dan nyaman. Apalagi kalau bisa sekalaian membantu UMKM, ya

    ReplyDelete
  20. jadinya praktis banget niiih selama di rumah aja, ga perlu pergi ke tempat pembelanjaan yang emang agak serem sih liatnya aku tuu, huhu

    ReplyDelete
  21. wah aku baru tahu soal ISC ini mbak
    Produk apa saja mbak yang ada di ISC? semua kebutuhan rumah tangga ada ya mbak?
    Apakah ISC ini sudah ada di Surabaya ya mbak?

    ReplyDelete
  22. Nah bener, ini yang selalu aku usahakan. Di masa pandemi, kita kudu belanja produk UMKM. Biar mereka tetap bisa steady. Yang deket-deket dulu, baru deh kalo produknya gak ada, cari dan belanja brand besar.

    ReplyDelete
  23. Waah baru tau ada aplikasi ISC ini, zaman sekarang jadi lebih praktis dan memang yaa di masa pandemi ini belanja online lebih aman

    ReplyDelete
  24. Waah, tertarik banget pingin cobain ISC, harganya jauh lebih murah lagi.. kalau sistemnya ini MLM bukan ya mba?

    ReplyDelete
  25. Enak ya belanja jadi lebih praktis kalo pakai ini. Jadi nggak repot keluar rumah lagi

    ReplyDelete
  26. Cakep banget ini, kak Uniek.
    Bisa beli secara langsung kebutuhan pokok sehari-hari, tapi juga sekaligus menjadi mitra ISC dan pastinya mendapatkan keuntungan dari penjualan produk ISC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku akhir-akhir suka curhat sama suami mengenai enaknya pakai detergen cair. Tapi suami masih mengeluh mahal.
      Kalau belanja di ISC, harganya terjangkau dan bisa sekaligus membantu UKM untuk tetap produksi.

      Delete
  27. Penasaran nih ISC sampai ke DEPOK juga gak ya? Aku rajin belanja online dan offline hehehe. Bagus nih kalo mendukung UMKM.

    ReplyDelete
  28. Asyik banget nih bisa jadi mitra ISC, pastinya bisa menambah rejeki buat para UMKM. Saya juga punya bisnis kue, bisa kali ya bergabung disini :D

    ReplyDelete
  29. Aku berkomitmen untuk mendukung produk umkm nih mba. Jadi bisa beli di sini ya produk-produknya.

    ReplyDelete
  30. iya aku jga selama pandemi ini sebisa mungkin ngebantu produk2 umkm sekitar soalnya aku yakin kalau ekonomi kecil jalan, perlahan ekonomi nasional juga jalan

    ReplyDelete
  31. Aku belum unduh aplikasinya nih, masih keasikan liat2 webnya, ternyata banyak banget produk2 yg bakal dibutuhin untuk tiap bulannya kayak beras, gula aren, dan mau coba untuk pake ISC aja, karena hampir tiap bulan beli gula aren untuk masak dan minuman

    ReplyDelete
  32. bagus ya mba kalau prinsipnya gotong royong gini, jadi bisa membantu juga buat yanng lagi butuh usaha.. bisa usaha tanpa modal juga di musim pagebluk sepertik sekarang jadi akan membantu banyak keluarga ya...

    ReplyDelete
  33. aku selama pandemi belanja bulanannya online lho, mba..
    segala macem sabun mandi, shampoo dkk semuanya beli online
    masih parno kalau harus ke keramaian...

    ReplyDelete
  34. Niat awal belanja aja ya Mbak, tahu nya malah bisa jualan juga. Dapat keuntungan dobel nih jadinya, bikin hepi lah kalo gini

    ReplyDelete
  35. Unik banget namanya "Gotong Royong"
    Harga2 produknya juga bersahabat dengan kantong masyarakat kebanyakan ya mbak?
    Bener2 gotong royong deh dari usaha kecil buat masyarakat, saling bantu :D
    Tengkyu infonya mbak Uniek

    ReplyDelete
  36. Belum pernah juga nih belanja di ISC.. kalo sodaraku ada yang udah join. Kayaknya menarik ya.. produknya juga berkualitas..

    ReplyDelete
  37. Baru tahu soal ISC ini, Mbak. Sebenarnya lebih suka belanja di warung tapi kalau lewat aplikasi adanya cuma minimarket/supermarket. Dengan ada ISC ini bisa lebih mudah belanja di warung yaaa.

    ReplyDelete
  38. Baru tau mba ISC ini tapi memang kita harus support ukkm sih. Ditambah masa pandemi gini. Mau coba juga ah nanti

    ReplyDelete