31 Mei 2023

Menikmati Liburan di Pulau Tidung Yang Berkesan

 


Liburan selalu menjadi kisah menyenangkan, yang selalu asyik untuk diceritakan maupun dikenang. Tul kan? Tempat liburan kalian yang manakah yang paling bikin berkesan? Sini yuuk kali ini aku ingin cerita dikit tentang salah satu surga tersembunyi di bumi Indonesia tercinta.

Salah satu surga tersembunyi tersebut terletak di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta. Bagi kalian yang ingin berlibur ke sana, tidak perlu jauh-jauh titik kumpulnya. Di Jakarta aja sudah paling tepat. Surga tersembunyi itu tidak lain dan tidak bukan adalah wisata Pulau Tidung. Obyek wisata yang satu ini menawarkan berbagai keindahan alam yang sangat mengagumkan dan menakjubkan serta sayang untuk dilewatkan.

Wisatawan yang menginginkan destinasi wisata dengan suguhan keindahan alam serta mampu memberikan ketenangan, maka Pulau Tidung lah solusinya. Jika kalian kepengin banget untuk mengunjungi obyek wisata tersebut, saat ini sudah ada paket wisata Pulau Tidung murah yang bisa dijadikan pilihan.




Panduan Merencanakan Perjalanan Liburan Yang Tak Terlupakan di Pulau Tidung


Liburan di Pulau Tidung akan terasa semakin damai, menyenangkan dan berkesan apabila sebelum berangkat kita melakukan perencanaan pada perjalanan liburan yang hendak dilakukan. Untuk itu, kita dapat mengikuti panduan dalam merencanakan perjalanan yang tak terlupakan di Pulau Tidung seperti yang akan kutulis di bawah ini.



Pilih Waktu yang Tepat dan Sesuai


Supaya liburan nantinya tidak terganggu, pastikan kita memilih waktu liburan yang tepat dan sesuai. Usahakan untuk meluangkan waktu dari segala rutinitas dan aktivitas kerja sebelum benar-benar melakukan perjalanan liburan ke Pulau Tidung.

Selain itu hindari juga momen-momen dimana obyek wisata Tidung berpotensi memiliki banyak pengunjung. Contohnya seperti saat akhir pekan maupun di musim liburan sekolah. Kita bisa memperoleh ketenangan dan kedamaian jika memilih berlibur di masa-masa kerja.



Susun Rencana Perjalanan





Gimana sih agar liburan jadi tambah asyik dan seru? Pastikan kita melakukan perencanaan secara terperinci sebelum berangkat berlibur. Tentukan durasi liburan kita, serta akan menuju destinasi apa saja saat sedang berada di obyek wisata Pulau Tidung.

Supaya liburan berjalan dengan lancar dan lebih optimal, pastikan kita memperhatikan estimasi jadwal keberangkatan kapal yang menuju Pulau Tidung. Dengan demikian, perjalanan liburan jadi lebih maksimal dan tidak ada waktu yang terbuang.



Sesuaikan Anggaran untuk Akomodasi


Terdapat banyak sekali pilihan akomodasi yang bisa kita gunakan di obyek wisata Pulau Tidung. Kita dapat memilih akomodasi yang paling sederhana hingga akomodasi mewah yang menawarkan segala jenis fasilitas yang dapat menunjang masa liburan itu.

Ada satu opsi nih yang bisa dipilih dalam hal akomodasi, yaitu dengan menyewa homestay yang dikelola oleh penduduk maupun pemerintah setempat. Dengan menyewa homestay, kita bisa mendapatkan pengalaman liburan yang lebih autentik dan natural.




Kesampingkan Urusan Pribadi dan Pekerjaan Saat Liburan


Supaya perjalanan liburan terasa semakin menyenangkan dan mengesankan, sebisa mungkin kesampingkan dulu urusan pribadi dan pekerjaan ketika sedang berlibur. Nikmati waktu liburan kita sebaik dan semaksimal mungkin tanpa adanya gangguan.

Sesuai dengan tujuannya kaann... Liburan berguna untuk menyegarkan pikiran dari segala rutinitas dan juga kepenatan aktivitas sehari-hari. Jadi saat kembali bekerja nantinya kita dapat mengerjakan semua tugas dan rutinitas dengan lebih baik. Oleh karena itu, maksimalkan waktu liburan yang kita miliki.




Rincikan Estimasi Anggaran yang Dibutuhkan


Supaya Anda tidak kerepotan masalah finansial saat berlibur, pastikan Anda merincikan estimasi anggaran yang Anda butuhkan selama liburan. Misal saja, biaya transportasi, biaya akomodasi dan juga biaya-biaya tambahan yang lainnya seperti oleh-oleh untuk sanak saudara dan kerabat.
Usahakan Anda merincikan anggaran melebihi estimasi dana yang Anda butuhkan, demi mengantisipasi biaya-biaya yang tak terduga selama perjalanan liburan. Untuk mendapatkan biaya yang murah, Anda dapat menggunakan paket wisata Pulau Tidung murah demi mendapatkan biaya yang terjangkau.




Destinasi Wisata Menarik di Pulau Tidung yang Bisa Dikunjungi


Di Pulau Tidung ada banyak sekali destinasi wisata menarik yang tidak boleh dilewatkan ketika kita memutuskan untuk menjalani masa liburan di sana. Berikut ini ada beberapa jenis destinasi wisata yang mengagumkan yang bisa kita kunjungi saat berada di Pulau Tidung.



Pantai Tidung Besar

Jika mengunjungi obyek wisata yang berbentuk pulau, tak heran jika jenis destinasi wisata yang dapat dikunjungi adalah wisata pantainya. Salah satu pantai dengan suguhan pemandangan indah yang bisa kita kunjungi di Pulau Tidung adalah Pantai Tidung Besar.


Pulau Tidung Besar, foto milik : Rochelimit/id.wikipedia.org


Pantai yang merupakan pantai utama di Pulau Tidung ini menawarkan hamparan pasir putih yang sangat lembut ditambah dengan air lautnya yang sangat jernih. Di sana kita dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berjemur hingga menyaksikan matahari terbenam.


Pantai Tidung Kecil

Selain Pantai Tidung Besar, di pulau tersebut juga terdapat destinasi wisata pantai lainnya yang tak kalah menarik. Nama dari pantai tersebut adalah Pantai Tidung Kecil. Pesona alam yang disuguhkan oleh pantai ini pun tidak kalah menarik dibandingkan dengan Pantai Tidung Besar.

Selain ukurannya yang tidak sebesar Pantai Tidung Besar, destinasi wisata pantai yang satu ini juga terkenal sepi alias tidak terlalu ramai pengunjung. Oleh karena itu, jika saat liburan kita membutuhkan ketenangan dan tempat yang lebih privasi, Pantai Tidung Kecil inilah yang jadi destinasi pantai yang cocok banget untuk dikunjungi.


Jembatan Cinta

Salah satu ikon kebanggaan Pulau Tidung dan juga salah satu obyek wisata andalan yang dapat dikunjungi adalah Jembatan Cinta. Jembatan ini merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dan juga Pulau Tidung Kecil.


Jembatan Cinta, sumber : joglowisata.com


Kita dapat menikmati pesona dan pemandangan alam yang disuguhkan kedua pulau ini dari atas Jembatan Cinta. Di samping itu, bagi yang punya hobi jeprat-jepret cantik alias berfoto di sana sini, hayuklaaah... bisa swafoto di atas Jembatan Cinta ini looohh...



Desa Wisata Pulau Tidung


Bagi yang menyukai perjalanan liburan sembari memahami kebudayaan sekitar, bisa banget loh mencoba mengunjungi desa wisata dari Pulau Tidung itu sendiri. Berlibur sendiri tidak hanya menikmati pemandangan alamnya yang indah saja, namun kita juga bisa menikmati kebudayaan dari lingkungan sekitar destinasi wisata yang kita tuju.

Di Pulau Tidung, jenis kebudayaan yang bisa kita nikmati bisa berupa menyaksikan aktivitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar. Di samping itu, kita juga dapat menikmati hidangan tradisional hingga mempelajari kegiatan tradisional yang dilakukan di Pulau Tidung.



Menyewa Sepeda untuk Mengelilingi Pulau

Terutama bagi penggemar kegiatan bersepeda, di Pulau Tidung ini kita bisa juga menyewa sepeda untuk alat transportasi sehari-hari saat sedang berlibur di Pulau Tidung. Sepeda menjadi alternatif transportasi yang tepat saat kita sedang menjelajah berbagai tempat di sana.

Selain berfungsi sebagai sarana transportasi di Pulau Tidung, sepeda yang kita sewa tersebut dapat pula digunakan untuk menjelajah dan mengelilingi pulau tersebut. Sembari menjelajah, kita dapat menikmati keindahan dan pesona alam yang disuguhkan di Pulau Tidung.



Gimana, seru kaaann berbagai aktivita yang bisa kita lakukan selama di Pulau Tidung. Demikian juga dengan pilihan destinasi wisatanya, menarik semuanya. Teman-teman bisa coba kunjungi berbagai destinasi yang telah kutulis di atas saat berlibur ke Pulau Tidung. Dengan menggunakan paket wisata Pulau Tidung murah, kita dapat mengunjungi banyak destinasi wisata Pulau Tidung dengan harga yang terjangkau.


48 komentar:

  1. indonesia, negeri 1000 surga pulau kecil ya mbak. cantik banget pulau dan desa tidung

    BalasHapus
  2. Aku udah pernah ke Tidung dan Pari, menurut aku bagusan pulau Pari, di sana ada yg namanya pulau perawan, masha Allah bagus bgt itu mbak Uniek.

    BalasHapus
  3. Asyik juga ada penyewaan sepedanya. Bisa boncengan sama pasangan sambil menyusuri pantai. Romantis juga. Hehehe.

    BalasHapus
  4. Banyak yang membicarakan tentang Pulau Tidung, dan memang indah di sana ya, cocok buat traveling bareng keluarga. Sehingga perlunya perencanaan keberangkatan biar makin asik liburannya

    BalasHapus
  5. Terima kasih tips travelling nya mbak. Di pulau Tidung ini ada resort or homestay juga mbak?

    BalasHapus
  6. Jakarta yang saya kira termasuk kota yang sangat ramai dengan lalu lintas padat ternyata masih ada bagian yang bisa dikunjungi. Sumpah baru tahu tentang destinasi wisata di Pulau Tidung ini. Dan ternyata berlibur di tempat ini sangat menyenangkan karena banyak fasilitas menarik yang bisa dinikmati. Jadi pengen liburan ke pulau Tidung dan menikmati panorama keindahannya.

    BalasHapus
  7. jadi kangeeen ke Pulau Tidung dan jajaran Kepulauan Seribu lainnya mba. Terakhir ke saini udah lama banget euy

    BalasHapus
  8. Ternyata di Jakarta ada pulau yg keindahannya bagai tersembunyi oleh hiruk pikuk Jakarta. Noted Mbak. Kalau ke Jakarta saya akan luangkan waktu ke pulau ini.

    BalasHapus
  9. Dengan merencanakan liburan dengan tepat dari mulai menetapkan tujuan hingga biaya, semoga liburan seru ke Kepulauan Seribu bisa menjadi kenangan indah. Apalagi ke Pulau Tidung yang udah jadi rekomendasi ketika ingin berlibur ke Kepulauan Seribu.

    BalasHapus
  10. MasyaAllah pulau tidung ini memang luar biasa indahnya ya mbak, nggak rugi deh berwisata bersama keluarga kesana.

    BalasHapus
  11. Astaga, aku sudah karatan di Jakarta tapi belum pernah sekalipun ke pulau Tidung. Serunya sih ke sini rame2 ya, jadi bisa diatur2 dulu nih budget untuk menikmati keindahan pulau Tidung.

    BalasHapus
  12. Destinasi liburan yang cakep banget & cocok buat melipir sejenak dari keriuhan Jakarta ya, Kak. 😍

    BalasHapus
  13. Akuuu nih kepengen banget berwisata ke Pulau Tidung :D Rayu suami dulu ah biar dia bisa cuti agak lama hahaha. Ada paketnya juga nih jadi praktis ya. Indah banget pulau ini. Pengen beraktivitas air di sana sama anak2ku aamiin. Bagai surga dunia dekat Jakarta ini ya mbak.

    BalasHapus
  14. MasyaAllah indahnya pulau Tidung ini. Kebetulan aku belum pernah ke Kepulauan Seribu Mba, jadi ingin masukkan pulau Tidung ke list deh.

    BalasHapus
  15. MasyaAllah indahnya pulau Tidung ini. Kebetulan aku belum pernah ke Kepulauan Seribu Mba, jadi ingin masukkan pulau Tidung ke list deh.

    BalasHapus
  16. Kepulauan Seribu terlihat dari atas Jakarta saat kita naik pesawat..Pulau-pulau kecil yang dari atas pun terlihat cantiknyaaa...Belum kesampaian juga mengunjungi Pulau Tidung yang ternama keindahannya. Padahal biar praktis kan tinggal ambil paket wisata Pulau Tidung ya..

    BalasHapus
  17. Saya agak jarang wisata pantai. Tapi, jadi kepengen kalau lihat foto-foto yang indah kayak gini. Kayaknya memang harus direncanakan untuk main ke pulau Tidung

    BalasHapus
  18. Wah, makasi referensinya Mbak. Bisa jadi opsi untuk liburan keluarga ya Pulau Tidung ini. Tadinya yang terpikir baru Pulau Pari dan Ayer, tapi jadi teringat lagi dengan Pulau yang satu ini. Liburan di kepulauan seribu memang seru ya. Selain lebih mudah dijangkau, suasana pantainya pun masih cukup menyenangkan untuk dieksplorasi.

    BalasHapus
  19. kangen Pulau Tidung! Di sana banyak tempat wisata ramah anak di Pulau Tidung loh mbak Uniek. Anakku malah seneng bisa main ke pantai tiap hari dan jajanan murah, hahahaha.

    btw yang Desa Wisata itu aku ga ngeh di bagian mana yah soalnya di Pulau Tidung Besar itu ya isinya rumah-rumah penduduk. Barangkali aku kelewatan info ini.

    BalasHapus
  20. Walah aku malah belum pernah ke Pulau Tidung, malah sibuk scroll destinasi wisata lain padahal ada destinasi wisata keren di Jakarta. Tapi memang sih kalau urusan naik kapal aku paling anti soalnya fobia laut apalagi kapalnya kecil, entahlah...mungkin suatu saat ingin juga jalan-jalan ke pulau tidung.

    BalasHapus
  21. Ya ampun udah lama banget sejak ke Pulau Tidung belum pernah balik lagi ke Kepulauan Seribu. Jembatan cintanya ikonik banget itu. Dulu pagi sarapan dekat jembatan itu, trus liat orang main banana boat. Seru.Tapi kalo kampungnya dan beberapa sisi pantainya, dulu agak kurang nyaman karena (maaf) kotor. Pas ke Pulau Harapan, trus hopping island, baru nemu yang bagus-bagus dan lebih nyaman.

    Tapi itu duluuuu ya. Kalo sekarang aku belum lihat lagi. Siapa tahu udah cakep, bersih, dan makin menyenangkan. Baca tulisan ini bikin aku pengen ke Tidung lagi.

    BalasHapus
  22. Kebayang bahagianya main ke Pulau Tidung.
    Karena ada banyak kesederhanaan yang ditawarkan sembari dekat dengan alam, pantai, dan laut. Juga menikmati semilir angin yang ramah.

    BalasHapus
  23. Masyaallah bagusnya, belum pernah kesana, Indonesia ini keren kok memang ga perlu jauh-jauh ke luar negeri, eksplore wisata Indonesia aja ga habis-habis ya

    BalasHapus
  24. Jembatan di panta Tidung bagus banget. Semoga suatu saat bisa ke sana. MasyaAllah bagus banget pantainya

    BalasHapus
  25. Salah satu list Travelling yang mau banget dikunjungi. Seru dan tenang pastinya berada disini. Semoga bisa kesnaa bareng suami dan anak-anak

    BalasHapus
  26. Masya Allah itu jernih airnya Mba, bisa mandi dong di sana, Rasanya rugi kalo gak basahbasahn yah

    BalasHapus
  27. Jembatan cintanya memgingatkanku pada suramadu ya mbak.. duh apiknya wsata Pulau Tidung nih. Dikelilingi birunya laut

    BalasHapus
  28. Baca cerita soal Pulau Tidung dan foto-fotonya jadi kangen liburan ke pulau lagi. Terakhir piknik ke pulau-pulau kecil jauh sebelum pandemi. Rindu snorkling di laut jernih dan main di pantai-pantainya yang bersih. Apalagi Tidung ada jembatannya yak, cakep banget euuuy.

    BalasHapus
  29. Masya Allah. CAkep bangeet pemandangannya.. Indonesia itu indaah banget ya. Gak afdol rasanya kalo blm pernah eksplore indonesia sampe ke pulau tidung. Semoga kelak ada kesempatan bisa jalan-jalan kesinii

    BalasHapus
  30. Whoooaaaa... kangen banget sama Pulau Tidung, terakhir kesini waktu masih lajang, pergi sama teman-teman. Aku dulu senang banget main ke pantai, sampai sekarang juga sih.

    BalasHapus
  31. ih aku belum pernah ke Pulau Tidung sama sekali dan mupeng lho melihat keindahan Pulau Tidung sebagai destinasi wisata

    BalasHapus
  32. Pulau Tidung masih masuk wilayah DKI Jakarta. Tapi kalau piknik ke sini rasanya sudah berada di luar Jawa. Selain pantai, bersepeda, snorkeling adalah hal yang sangat menyenangkan kalau piknik di Kepulauan Seribu. Bisa berinteraksi dengan penduduknya, mendengar cerita mereka, dan melihat pembuatan ikan asin, beberapa hal yang membuat saya betah ke sini :)

    BalasHapus
  33. Waahh asik banget.. aku dari kapan deh pengen ke pulau tidung tapi belum kesampaian.. semoga next ada kesempatannya. Baca review disini semakin menggebu2 pengen kesana

    BalasHapus
  34. Seru sih Mak bisa main ke kepulauan kecil-kecil kayak gini. Berasa masuk di wahana wisata yang luaaasss banget dan pemandangannya juga cakep!

    BalasHapus
  35. Indonesia tuh kaya akan pulau-pulau. Jadi kalau mau wisata tuh sebenarnya banyak banget pilihannya kalau ke Pulau Tidung ini. Buat seharian udah cukup ya. Syukur kalau agak banyakan liburannya

    BalasHapus
  36. Kesampingkan pekerjaan saat lburan..jadi gosah bawa laptop, hp cuma buat ambil bahan konten secukupnya dan nikmati keindahan Pulau Tidung bareng kesayangan...itu rencanaku! Aamiin...:)

    BalasHapus
  37. Menarik sekali Mbak wisata ke Pulau Tidung apalagi ada penyewaan sepeda pastinya makin seru keliling sambil juga olahraga

    BalasHapus
  38. Seru banget kalau wisata ke pulau secantik ini ya mbak
    Pasti akan mengukir kenangan yang indah dan tak terlupakann

    BalasHapus
  39. Fokus sama air lautnya bening bangrt ya mba .. betah nih explore lama2 di pulau Tidung kalau aku dah aenorkeling itu..

    BalasHapus

  40. Next mau juga main ke Pulau Tidung..fokus sama air lautnya jernih banget ya mba... Bikin sejuk mata memandang kalau udah senorkeling mungkin mba

    BalasHapus
  41. Tipsnya membantu buat yang jarang jalan-jalan jauh kayak aku Mak. Jadi tahu gambarannya apa saja yang harus disiapkan kalo mau wisata.

    BalasHapus
  42. cantik banget ya mbak pemandangan pulau tidung dari atas, beneran Indonesia itu surga yaa, makanya banyak yang kepingin ke Indonesia dan tinggal di salah satu pulau di Indonesia. ingin banget ke Pulau tidung mbak, moga kesampaian aamiinn

    BalasHapus
  43. Wah menarik banget dan jadi makin kangen sama pantai! Lama banget nggak liburan ke pantai huhu. Dan baru tahu kalau di Jakarta ada surga tersembunyi seperti Pulau Tidung ini. Jadi tahu deh harus ke pantai mana kalau pas jalan-jalan ke ibu kota ~

    BalasHapus
  44. Dari dulu pengen banget ke pulau tidung, liat tulisan mbak jadi ga sabar buat kesana

    BalasHapus
  45. Pengen ajak bocah ke Pulau Tidung ini mumpung musim kemarau ya jadi lebih enak untuk berwisata, semoga ada rezekinya

    BalasHapus
  46. Salah satu pulau di kepulauan seribu Jakarta ya, pengen ngajak anak-anak ke sana belum kesampaian padahal deket

    BalasHapus
  47. Untuk visit ke pulau tersebut ada waktu-waktu yang direkomenin ngga sih mba? Pengen kapan-kapan liburan ke sana sama keluarga

    BalasHapus
  48. Suami dulu pernah ngajakin nih ke pulau tidung tapi belum kesampaian. Dia pernah wisata kesini juga katanya bagus banget tempatnya

    BalasHapus