24 Juni 2023

Ini Loh 8 Manfaat Membaca Novel Romantis Bagi Perempuan



 
Hampir semua perempuan akan senang jika diperlakukan like a princess. Bahkan, tak jarang mendambakan sosok pasangan bak pangeran di karya-karya romantis. Hal ini normal saja, mengingat perempuan memang lebih sering membaca novel romantis yang penuh dengan kisah cinta seru. 

Tak banyak yang mengetahui ternyata novel romantis menyimpan beberapa manfaat bagi perempuan, loh. Apa saja itu? Simak yuk manfaat tersebut di sini. 



1. Mendapat Pelajaran Hidup


Novel romantis memang sering berdasarkan kisah dengan konflik yang relate dengan kehidupan nyata. Oleh karena itu, jika kita rutin membaca novel bergenre ini akan memberikan banyak pelajaran. Kita akan lebih mudah memahami atau mencari solusi ketika dihadapkan dengan kisah serupa di kehidupan nyata. 

Selain itu, bumbu-bumbu kisah cinta yang terdapat di novel romantis membuat kita dapat merenungkan kehidupan yang ada di realita. 



2. Mengurangi Penurunan Fungsi Mental


Sebuah penelitian sains menunjukkan bahwa membaca novel romantis berdampak pada kinerja neuron otak. Hal ini terjadi manakala kita menemukan pengalaman emosional ketika membaca cerita romantis. Dengan begitu, neuron otak akan terstimulasi dan efeknya dapat mengurangi penurunan fungsi mental hingga 32%. 



3. Novel Romantis Memberikan Banyak Kebebasan




Membaca novel romantis tanpa kita sadari dapat meningkatkan daya imajinasi daripada menonton film. Pasalnya, kita dapat membayangkan semua adegan sesuai impian yang kita miliki, mulai dari suara, wajah tokoh utama, cara berjalan dan lainnya. Bahkan, tak sedikit pembaca yang membayangkan dirinya sebagai si tokoh utama dalam cerita fiksi romantis yang dibaca. 



4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung


Membaca novel romantis dapat menurunkan stres dan menenangkan detak jantung hingga tekanan darah. Tentu saja hal ini dapat mengurangi risiko serangan jantung. 

Apalagi novel dengan cerita romantis yang lebih sederhana, menampilkan konflik-konflik yang tidak rumit sehingga dapat membuat rileks. 



5. Menambah Keintiman Hubungan Dengan Pasangan 


Ada sebagian novel romantis yang menuangkan kisah cinta dan keintiman tokoh utama. Hal ini bisa menjadi inspirasi bagi pembaca dan pasangan  dalam mengekspresikan cinta di kehidupan nyata.  Meskipun tidak signifikan, namun inspirasi kecil ini dapat menjadikan hubungan lebih hangat. Boleh dicoba kaaann....



6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Ada beberapa novel romantis dengan tokoh utama yang tidak sempurna, seperti disabilitas, tidak cantik atau lainnya. Membaca karakter yang demikian dapat mengubah pandangan kita tentang diri sendiri. Karakter tersebut akan membantu kita untuk melihat sisi unik dari setiap manusia tanpa harus melihat “kekurangan”. 




7. Meningkatkan Empati


Sebuah novel romantis dapat merekonstruksi imajinasi kita sebagai pembaca. Secara tidak langsung hal ini dapat mengasah insting serta perasaan kita terhadap orang lain. 




8. Bantu Berdamai Dengan Diri Sendiri


Novel romantis dengan cerita cengeng yang penuh lika-liku memaksa pembaca untuk merefleksikan dengan diri sendiri. Tidak semua cerita cinta berakhir bahagia. Namun ketika kita menemukan kisah yang pas maka dapat membantu kita untuk berdamai dengan diri sendiri. 




Baca Novel Romantis Hanya Di GoodDreamer


Kini untuk teman-teman semua, tidak perlu bingung lagi mencari referensi judul novel romantis untuk bahan bacaan. Cukup unduh Aplikasi GoodDreamer dari Play Store dan nikmati puluhan judul novel romantis yang bisa kita baca secara gratis. 

Mengapa harus membaca melalui aplikasi ini? Sebab ada banyak author terkenal yang menuliskan karyanya di platform ini. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan banyak genre lain, seperti horor, thriller, misteri dan lainnya. Jadi, silakan mengunjungi https://gooddreamer.id/novel_romantis sekarang juga.




41 komentar:

  1. Duh, jadi kangen baca novel romantis mba. Kalau sekarang sih lebih seneng komik romantis, hehehe...

    BalasHapus
  2. Meningkatkan empati. Bener banget nih... Biar jadi orang ga egois tapi juga mau melihat dari sisi lawan bicara, terutama pasangan... Semoga makin romantis hidup setelah baca novel romantis ya πŸ˜„

    BalasHapus
  3. Yah benar banget Mba. Aku kalo fi rumah lihat suami muter berita, nonton yg berat2 pun suka komen ,hidup aku udah berat. Jadi pengennya yang romance ajalah. Tanpa ada banyak mikir dan tekanan

    BalasHapus
  4. Perempuan paling senang baca novel romantis karena ada kebahagiaan tersendiri, tidak jarang dari mereka yang punya bakat menulis akan memosisikan dirinya sebagai peran utama. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  5. Menurut aku baca novel romantis bikin kita jadi belajar bagaimana cara memperlakukan pasangan dengan romantis. Karena realitanya menurut aku malah banyak kehidupan pernikahan yang ga romantis hahaha πŸ˜‚. Jadi bisa belajar nih dari novel yang bertemakan romantis 😍. Oh ya aku baru tahu ada aplikasi baca novel yang romantis trus gratis lagi. Surga ini buat yang suka tema ini ya 😊

    BalasHapus
  6. Manfaatnya sama nggak sih mbak sama nonton film romantis :D, tapi memang bener sih, kalau kita baca kisah orang lain, secara nggak langsung bisa dapat banyak pelajaran hidup, itu yang sering saya rasain juga. Btw.. Saya belum punya aplikasi gooddreamer nih.

    BalasHapus
  7. Sekarang saya suka cerita yang ringan. Novel romantis pun harus yang ringan ceritanya. Jangan yang berbelit urusan percintaannya hehehe.

    BalasHapus
  8. Sebagai perempuan sepertinya sudah fitrah suka yang romance gitu ya mbak. Apalagi kalau baca novel, terus tokoh cowoknya romantisss banget.. langsung deh di otak terbayang bagaimana karakternya hahhaa.

    Asal terus jangan jadi cemberut aja kalau lagi baca ditepuk sama suami.. laah buyar deh lamunan membayangkan si tokoh di novel, hihi.

    BalasHapus
  9. Aku sekarang udah ngga pernah baca novel romantis. Lebih suka ke buku motivasi dan pengembangan diri. Padahal baca novel romantis punya segidang manfaat ya. Selain dapet pelajaran hidup juga bisa mengurangi streessss. Bener banget ini. Ntar baca ah di GoodDreamer!

    BalasHapus
  10. Meningkatkan empati nih yg aku rasakan banget. Ya novel, ya nonton film, ya baca komik.. banyak manfaatnya. Cuma kalau membaca lebih bermain imajinasi jadinya dan lbh fokus. Waktu remaja suka banget baca novel.. Tp gak bs disambi multi tasking as a mom..wkwk

    BalasHapus
  11. Jadi ga ada alasan untuk ga baca novel romantis ya mbak, karena ada manfaat baiknya buat kita yang baca. Aku pun suka baca novel romantis. Baeklaaah mulai sekarang aku akan download Aplikasi GoodDreamer dari Play Store biar makin sering dapat bacaan novel romantissss.

    BalasHapus
  12. Walau novel itu kebanyakan ceritanya fiksi belaka, tapi kalau jeli bacanya kita tetap bisa dapat pelajaran dari ceritanya ya Mba. Perlu banget nih baca novel sebagai selingan dari bacaan favorit lainnya.

    BalasHapus
  13. Wah aku gak nyangka manfaat juga buat jantung ya. Bagiku baca buku itu me time, kayanya habis ini bakal makin rajin baca bukunya hehehe

    BalasHapus
  14. Sebenernya aku lebih suka genre thriller si mbak tapi ada kalanya pengen bacaan ringan ya baca juga romance.. apalagi yg komedi romance bisa sambil ketawa2 bacanya

    BalasHapus
  15. Terimakasih informasinya. Asyik nih dapat info aplikasi baca online gratis. Selama ini saya baca yg gratis juga di sebelah. Alhamdulillah memang manfaatnya terasa banget ...
    Semoga saya bisa download aplikasi gooddreamer juga nih. Penasaran soalnya...

    BalasHapus
  16. aku termasuk yang menyukai genre psikologis thriller, tapi kadang butuh juga yang romantis-romantis yang bikin senyum-senyum sendiri

    BalasHapus
  17. Semua orang bisa ikutan jadi kontributor di Aplikasi GoodDreamer kah, kak Uniek? Aplikasi GoodDreamer ini semacam wattpad?

    Aku pelototin aja nih covernya.. Ternyata Mas Jaehyuuuun...
    Auto ke Aplikasi GoodDreamer dan cari judul novelnya.

    BalasHapus
  18. Ternyata ada manfaatnya juga yaa baca novel genre romance, aku dari dulu suka banget baca novelnya chicken soup

    BalasHapus
  19. Saya termasuk penikmat novel romantis...Apalagi dibaca saat sendiri ditemani secangkir kopi, me time banget ini. Auto kepoin apps GoodDreamer karena banyak novel romatis rekomended nih pasti

    BalasHapus
  20. Saya juga suka sekali baca novel romantis. Tapi kadang bikin iri sih. Realita tak sama dengan cerita cerita romantis tersebut

    BalasHapus
  21. Saya pun suka menikmati novel-novel romantis. Aura deg-degannya ikutan hadir hehehe. Tapi memang membaca novel itu nyatanya memang memperkaya wawasan dan empati ya Mbak.

    BalasHapus
  22. Kalau aku sih manfaatnya bisa jadi ide inspirasi dulu cerita gitu Mbak kalau baca novel romantis. Soalnya kalau mau bikin cerita yang segmennya remaja kan kita harus mendalami lagi dunia romantis Seperti apa kadang kalau udah menikah itu udah lupa nih romantis yang seperti apa

    BalasHapus
  23. Semakin banyak saja ya aplikasi untuk membaca buku. Bisa jadi peluanh untuk menukis novel juga nggak nih?

    BalasHapus
  24. Ternyata banyak ya manfaatnya, aku enggak tahu lo kalau manfaatnya banyak, yang aku tahu hanya dengan membaca novel aku jadi terhibur dan bisa melepas penat

    BalasHapus
  25. wah aku banget nih mbak suka baca novel-novel romantis soalnya seru dan kadang bikin senyum-senyum salting sendiri baca ceritanya. hihi

    BalasHapus
  26. saya belum pernah nih baca novel di gooddreamer. ntar mampir ah siapa tahu dapat novel yang bagus

    BalasHapus
  27. widiihhh, klo dijabarkan gini mindblowing sekaliii

    aku baru ngeh faedah2nya ini.
    thanks much mba

    BalasHapus
  28. Aku suka banget deh kalau baca atau nonton cerita romantis, karena memang bakal banyak jalan cerita yang bisa ditemui. Kadang ada juga yang ceritanya kok mirip sih sama kisahku, wakakakaa

    BalasHapus
  29. Banyak juga manfaatnya baca novel romantis ini. Aku pun dari dulu lebih suka romance, entah buku atau film dan drama. Biar kata hidupku gak romantis amat, yang penting tetap terhibur, epi dengan kisah orang lain

    BalasHapus
  30. Setuju dengan semua manfaat yg dituliskan dalam artikel ini. Selain itu, saya menemukan petualangan jiwa manakala membaca novel romantis dan serasa kembali muda lagi, Aups.

    BalasHapus
  31. aku masih suka baca yang romantis - romantis sampai sekarang. soalnya bikin hati bahagia dan senyum - senyum biasanyaaa hehehe

    BalasHapus
  32. Dulu senang sekali baca novel romantis. Pas baca sambil dag dig dug. Lama-lama enggak lagi karena ngerasa jauh dari kenyataan dan usia 20-30an kan sering oleng, jadinya nyalahin hidup kenapa suami ga romantis. Wkwkwkwk
    Sekarang emosi sudah mapan dan kayaknya perlu dibuat dag dig dug lagi agar peredaran darah lancar.

    BalasHapus
  33. Udah lama banegt gak baca novel, apalagi yang romantis hihihi. Sejak muda sukanya novel misteri, thriller, pembunuhan wkwk. Kalau yang romantsi2 sekarang seringnya ndrakor.
    Ternyata baca novel romance banyak manfaatnya nih yaaa. Baiklah nanti liat koleksi novel ah, kyknya ada beberapa romance novel yang belum dibuka sampulnya #eh :D

    BalasHapus
  34. Memang kalau baca novel romantis itu always menyenangkan dan banyak manfaatnya. Suka dapat pengalaman atau nilai-nilai kehidupan setelah baca novel. Dulu zaman masih single sering baca novel, udah jarang setelah nikah dan punya anak.

    BalasHapus
  35. Aku iya sii..ngefek banget abis baca novel romantis.
    Jadi berasa semakin banyak kosa kata romantis dan imajinasi yang bikin butterfly in my stomach. Mau banget baca novel romantis di GoodDreamer.

    BalasHapus
  36. Etapiii mbak Uniek, aku sering dan suka baca novel - terutama chiklit
    nah, ternyata yhaaa .. kehidupan manusia Indonesia itu juga tak jauh dari chiklit yang seolah imajinatif but it's true!

    (semalam dicurhatin temen, dan ternganga karena it is just like i read at one of the novel !)

    BalasHapus
  37. Waahh ini kayak webweb yang biasanya suamikuu kunjungi wkwk dia biasanya juga baca novel dari web gitu, gapernah mau beli wkwkw mantap jg nih kalo ada aplikasi kek gini, gratisss lagi. mana novelnya romantis2 banyak ngeet kesukaan akuu hihi

    BalasHapus
  38. mbak aku nih sudah ketagihan baca novel romantis sejak dulu, karena semenyenangkan itu baca novel romantis

    BalasHapus
  39. Hihihi, senyum-senyum sendiri baca manfaatnya...setuju sih, ada sisi-sisi yang tersentuh saat baca novel romanti. Hati lebih lembut dan peka, juga lebih tenang...

    BalasHapus
  40. Wah ternyata banyak ya manfaat membaca novel romantis, apalagi ada kata kata yang bisa dijadikan booster hubungan suami istri.

    BalasHapus
  41. Alhamdulillah ada manfaatnya soal.y aku suka nih banya novel romance hihi. Tapi ngerasain sih beberapa manfaat di atas.

    BalasHapus