Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

07 August 2015

5 Hal Yang Menyenangkan Saat Cuti

5 Hal Yang Menyenangkan Saat Cuti. Kenapa tiba-tiba kepikiran soal cuti?

Cuti lebaran belum lama berlalu, kenapa sekarang sudah ngomongin soal cuti lagi ya? Masih kurang?

Yang kebetulan pada bekerja di luar rumah ngikut orang (alias mburuh), rata-rata pada dapet cuti lebaran berapa lama sih? Hanya tanggal merah saja? 3 hari? 5 hari? Seminggu? Rata-rata memang segitu sih ya, plus cuti tambahan yang diambil dari jatah cuti tahunan.

Eike libur 2 MINGGU sodara-sodaraaaahh... Cukup sekali bila ada kelonggaran rejeki untuk bepergian ke luar kota, bahkan ke luar negeri. Mimpi-mimpi untuk bisa sampai ke Mekah, Madinah, Heidelberg, London, Venice, dan berbagai kota di belahan bumi yang lain tetap membara di dada. Namun apa daya, sekedar pergi ke Ungaran saja tidak terlaksana. Ungaran yang hanya sepelemparan kolor saja tidak tersentuh, bagaimana bisa bepergian ke luar negeri hahahaaa...

Teruuuss... nyesel gituh lebaran nggak kemana-mana?

Tidak juga, banyak hal yang bisa dilakukan meskipun tidak bepergian kemana-mana. Menjadi pencuci piring, pencuci baju, petugas nyapu dan ngepel, tim eksekutif belanja dari satu warung ke warung yang lain. Ternyata asyik juga loh. 

Cuti tidak sebatas saat lebaran dan masa libur sekolah anak-anak saja. Pada waktu-waktu tertentu, terutama setelah gelombang taifun pekerjaan mendera kita sepanjang waktu, cuti sehari saja rasanya sudah luar biasa.

Memang apa enaknya sih cuti? Ini dia 5 hal yang menyenangkan saat cuti versi buruh ngamplas ;)

  1. Bisa bangun siang. Iya beneeeerr.... Habis shubuhan memang sebenarnya disarankan untuk tidak kembali ke peraduan. Tapi bisa bangun siang itu surgaaaaa banget rasanya. Kan cuma sesekali. Kalau tiap hari bangun siang ya ke laut aja sana :)
  2. Bisa lebih dekat dengan anak-anak. Si kakak dan si adek ya, kalau ibunya pengin istirahat di rumah, nggak mau rugi mereka. Kakak yang sehari-harinya berangkat sekolah naik sepeda, dari malam sebelumnya pasti sudah bikin jadwal untuk ibunya. Antar sekolah maksimal pukul 06.30 karena pukul 06.45 gerbang sekolahnya akan ditutup, trus pulangnya nanti minta dijemput pukul 12.00 kalau hari biasa, kalau pas ada jam tambahan ya pukul 14.00. Nah, lebih bossy mana coba, bos di kantor yang nggak pernah minta diantar jemput atau si kakak? hahahahaa.... Tapi di balik instruksinya itu, sebenarnya dia pengin pamerin ibunya yang selama ini nggak pernah nganterin sekolah. Ibunya kan cantik jelitaaaa *plaaaakkkk... Sedangkan adek yang biasanya di TK dijemput si bibik, mendadak nggak kenal sama bibiknya, maunya nempel ibunya. Bahagia macam mana lagi coba yang coba kudustakan? *berkaca-kaca  *lanjut tidur lagi setelah anter sekolah
  3. Bisa menata rumah dengan seksama. Jangan dikira pencitraan doang loh ini, karena seperti yang sudah diketahui oleh khalayak ramai, menata rumah itu tidak bisa dilakukan dalam hitungan menit dan jam. Butuh waktu khusus untuk sekedar memutuskan mau digeser kemana ini rak buku. Hal sesimpel itu baru akan terpikirkan saat kita ada di rumah cukup lama. Kitaaaa??? Gw aja keleusss.... hihihii... maap maaaappp.... Iya, diriku memang tipikal ibu bekerja yang kurang concern dengan ketertiban perabotan, ada kursi malang melintang aja berasa masih indah loh dunia :)
  4. Bisa mengeksekusi hobi yang kusukai dengan tenang. Bagi sobat blogger yang sering ngintipin timeline dan blogku, tentunya menemukan fakta bahwa aku ini suka banget tuker-tukeran postcard / kartu pos. Nah, selama ini karena sering lelah sepulang kerja, kartu-kartu kiriman dari luar kota dan luar negeri itu hanya kusimpan di dalam kotak. Kadang bacanya saja cuma sekilas. Nah, dengan libur satu hari saja, kumpulan kartu pos itu bisa kutata rapi di folder-folder khusus yang telah kusiapkan. Plus membacanya satu-satu dengan perlahan sembari googling nama tempat yang tertera di kartu pos, biar lebih tau fakta-fakta menarik yang ada di balik pengiriman kartu tersebut. Bisa jadi tambahan pengetahuan juga loh.
    maem nugget tahu buatan ibu-kakak-adek
  5. Bisa belajar masak. <<<MASAAAAKKK>>>... Meski kehidupan keluarga tidak begitu terpengaruh oleh ketidakbecusanku dalam memasak, sebenarnya malu juga loh udah sekian lama bisanya cuma masak itu dan ituuuu ajah. Pengin sesekali bikin masakan spesial untuk keluarga. Pernah sekali waktu mencoba, bikin hidangan dengan nasi, waktu itu ada sisa sambal trasi semalam. Kubikinlah nasi goreng sambal terasi sebagian. Trus karena si kecil nggak doyan pedes, kubikin nasi kuning. Nasi kuning kan gampang, bumbunya cuma kunyit, serai, garam dan santan kan? CMIIW. Trus di piring besar, nasi goreng dan nasi kuning itu kucetak bersebelahan. Alay alay gitu dibentuk love. Ternyata langsung licin tandas. Anak-anak bilang ibu hebat bisa masak. Oalaaahh Ngger, cah ayu lan cah bagus, keterlaluan ya ibumu ini nggak pernah masak. Saking nggak pernahnya, cuma bikin nasi kayak gitu aja kalian sudah bahagia :)
Itulah 5 hal yang menyenangkan saat cuti untukku. Bagi teman-teman yang masih bekerja di luar rumah dan ngikut orang gini, biasanya cutinya dimanfaatkan untuk apa saja kah? Bagi teman-teman yang menguasai area rumah lebih baik dibandingkan aku, kasih saran dong aktivitas apalagi yang bisa kulakukan dengan ceria bersama keluarga. Please share your thought, thanks.

21 comments:

  1. Aku malah nggak pernah buat nasi kuning mak Uniek, sepertinya susah dan ribet gitu, lebih gampang bikin nasi goreng. Klo aku nggak ada yg namanya cuti, lha tiap hari di rumah. Cuti buatku bisa dibilang klo liburan keluar kota, refreshing *habis itu siap2 bersihin rumah yg tambah berantakan abis ditinggal pergi :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya maksudku Mba Li bisa kasih saran aktivitas apa lagi gitu yg bisa dipake utk mengisi cuti ala aku mba. Tapi jangan nyuci nyetrika lho mba hahahaaa

      Delete
  2. Mbak koreksi dikit, yang atas 10 hal eh isinya hanya 5 hal.

    Hihihi...namanya emak-emak ya, kalau as dapat cutiii pasti yang diutak-utak perkara rumah tangga dan jangan sampai ketinggalan hobi kita ya Mak :D

    ReplyDelete
  3. Mbaaaak...
    Secara aku pengangguran dan nongkrong di rumah terus sih yaaah...*jujur amat anaknya bhahaha...*

    Tapi kalo anak2 libur emang asyik banget karena bisa nebeng bangun siang...
    Secara kalo malem akikah sibuk banget gitu lhoooo...sibuk nge-drama sampe begadang hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciyeee saingan ama petugas ronda ni yeeee....

      Delete
  4. Hehe...seneng ya mbak, bisa hepi-hepi sama anak-anak. saking senengnya sampai nulisnya di diskon, dari 10 hal jadi 5 hal...wkwkwk ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa mba, emak2 kan penyuka diskon hahahaaa

      Delete
  5. Kalau cuti enaknya tidur sampe siang, baca buku, dan nonton film seharian. Tapi aku kan kerjanya di rumah. Tetep aja nggak bisa nata rumah, nggak bisa masak juga. Hiks T.T

    ReplyDelete
  6. Tidur sampai siang itu kayaknya cita-cita semua buruh ya, wkwkwkkkk *berasa surga dunia*

    Anak-anak memang paling senang kalo ibunya cuti kerja, kayak anakku dulu langsung nyodorin list pesan jajanan minta dibikinin :D

    ReplyDelete
  7. kalo cuti bisa leha2 ya mak... :)

    ReplyDelete
  8. Waaah senengnya liburan panjang. Tadi kayaknya udah komen deh heheee... Apapun kegiatannya bersama keluarga pasti menyenangkan.

    ReplyDelete
  9. Yaaay... Aku juga paling bahagiaaa bisa cutiii... Intinya terseraaaah mau ngapain hehehehe

    ReplyDelete
  10. kolornya memang sudah jadi hak paten ya mbak :)

    ReplyDelete
  11. Yakin belajar masak? Hahaha... Sebagai org yg gagap dapur, aku meragukanmu. *dilempar pompa*

    ReplyDelete
  12. oh iya kemarin ke Semarang aku belum nyicipi masakan mbak uniek

    ReplyDelete
  13. aku gak ada cuti mbak, kecuali hari libur bisa bangun lebih siang :)

    ReplyDelete
  14. Yg pasri bisa ritual bersih2 sampek kinclong pas libur hihi

    ReplyDelete
  15. Aku cuti tiap hari, Mak. Ntar kalo udah bisa cuti tiap hari kaya aku gini, gak perlu pusing nyari kegiatan apa. Pasti banyak ide deh :D

    ReplyDelete