Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

18 February 2016

Pentingnya Merawat Wajah

Bagi rata-rata perempuan, penampilan itu perlu dijaga dan menjadi amat penting saat berkaitan dengan berbagai kepentingan dalam hubungan sosial. Misalnya nih ya, bila penampilan kita lusuh padahal harus selalu berurusan dengan para pebisnis kalangan atas, duh duuuhh... bisa jatuh citra kita kan ya.

Meskipun penampilan memang bukan segala-galanya dan yang maha penting, namun menjaga kredibilitas diri melalui perawatan tubuh perlu diperhatikan. Salah satu bagian dari tubuh yang bakalan keliatan pertama kali adalah wajah. Saat bertemu dengan orang kan yang pertama kali dipandang tentunya wajah. Saat bercakap-cakap dengan teman maupun kolega, kita akan dipaksa untuk terus bertatap muka. Oleh karena itu penting sekali diperhatikan perawatan wajah yang benar agar kita bisa selalu percaya diri saat bertemu dengan orang lain.

Bagi yang memiliki wajah berminyak, tentunya nggak mau dong sepanjang pertemuan dengan orang lain kita malah sibuk mengelap wajah terus menerus saking banyaknya minyak di area T (seputar dahi dan hidung). Begitupun bagi yang berjerawat, pastinya tidak ingin galau berkepanjangan kan saat berusaha menyembunyikan jerawatnya.

Perawatan wajah bagi masing-masing orang tentu berbeda-beda, tergantung dengan jenis kulitnya. Banyak web-web yang membahas tentang kecantikan telah memberikan banyak tips perawatan wajah. Intinya sih ya, perawatan wajah itu ada pada beberapa point berikut ini  :


Membersihkan wajah di malam hari

Setelah seharian beraktivitas di luar ruangan, terpapar sinar matahari maupun terkena debu, sudah menjadi hak bagi wajah kita untuk mendapatkan perawatan. Cuci muka di malam hari sangat membantu terpeliharanya kebersihan kulit wajah. Beragam kotoran yang menempel di pori-pori wajah dapat kita bersihkan dengan berbagai cara. Mulai dari penggunaan pembersih wajah, dilanjutkan dengan toner, lalu membasuhnya dengan air.



Menggunakan pelembab dan scrub untuk menjaga kesehatan kulit wajah

Secara alamiah, nutrisi yang kita asup memang akan mensupply kebutuhan tubuh. Vitamin A, C, E dan B kompleks sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Kita bisa menyusun menu seimbang yang kita asup sehari-hari agar kebutuhan vitamin di atas tadi tercukupi

Selain mengandalkan faktor pendukung dari dalam, kita bisa membantu menjaga kelembaban wajah dengan secara rutin mengoleskan pelembab wajah sebelum memulai aktivitas harian kita. Bagi yang sering berada di luar ruangan, pilihlah pelembab yang mengandung SPF agar terhindar dari radiasi ultra violet sinar matahari.

Di samping menjaga kelembaban, jangan lupa juga bahwa akan ada bagian-bagian dari kulit wajah yang butuh kita kelupas. Mencuci wajah belum cukup membersihkan dengan tuntas. Sekali dalam seminggu perlu juga tuh scrubbing kulit wajah agar sel-sel mati terangkat dari pori-pori.


Memijat wajah dan menggunakan masker

Nggak cuma tangan dan kaki saja loh yang bisa mengalami keletihan. Wajah juga perlu mendapatkan treatment yang sama dalam mengatasi keletihan. Pijatan pada wajah secara teratur sesaat setelah dibersihkan dapat membantu menghilangkan keletihan. Wajah akan tampil lebih sehat dan segar.

Setelah wajah dibersihkan dan dipijat, dua kali seminggu boleh lah kita maskeran. Pori-pori yang melebar dapat kita kembalikan ke kondisi semula dengan menggunakan masker. Pilih yang sesuai dengan kondisi wajah tentunya.

Minum air putih dan menjaga pola hidup sehat

Konsumsi air putih yang cukup amat membantu terjaganya kesehatan kulit, tak terkecuali kulit wajah. Takaran minimal 8 gelas sehari itu telah menjadi standar tercukupinya air bagi tubuh kita. Nggak mau dong ya wajah kita jadi cepat keriput gara-gara kurang minum.

Selain itu, menjaga pola makan dan melakukan olah raga yang teratur merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tercukupinya kebutuhan istirahat bagi badan dapat mempengaruhi kesegaran kulit. Orang yang kurang tidur akan memiliki kulit wajah yang kusam dan tidak sehat.

Yuk, penuhi hak badan kita dengan mempraktekkan tips-tips di atas tadi :)

6 comments:

  1. Baca postingan ini bikin inget pembersih n tonerku udah habis hehehe.

    ReplyDelete
  2. iya nih, kalo gk dirawat sekarang, ke depannya baru keliatan nih. Jangankan ke depan, gk dirawat semingu jerawat uda trus rewel hihihi...tfs mb cantik ^^

    ReplyDelete
  3. pria juga perlu perawatan wajah, kalo aku sih paling banter pakai pembersih wajah pas mandi pagi dan sore Mbak.

    ReplyDelete
  4. Satu lagi, mbak. Minum vitamin E :)

    ReplyDelete
  5. Udah dilakukan semua. Tapi kadang males maskeran :)

    ReplyDelete
  6. Baru sadar pentingnya merawat wajah setelah berumur kayak sekarang ini. Mukaku..wadooh..kuper (kurang perawatan)..

    ReplyDelete