06 November 2019

Perlukah Meningkatkan Kunjungan Pembaca ke Blog? Yuk Terapkan 7 Tips Berikut Ini



Siapa yang nge-blog asal nulis aja, hanya tulis lalu lupakan gitu? 

Pertama kali nge-blog dulu ya begitulah diriku. Pada dasarnya aku memang gemar bercerita. Sejak kecil memang hobi banget menuangkan segala imajinasi ke dalam coretan pena.




Seiring berkembangnya waktu, kini menulis bukan lagi sekadar merealisasikan imajinasi. Menulis bisa menjadi sarana self healing. Ketika kita menemukan suatu masalah, tak lagi hanya berkeluh kesah melalui tulisan tersebut, namun ada tindakan lebih lanjut untuk mencoba mencari solusinya. 

Berbagai referensi bisa kita gunakan sebagai sumber tulisan untuk memperkaya content dari tulisan kita. Lalu kita olah dengan gaya bahasa kita sendiri dan sesuaikan dengan kebutuhan dari tema yang hendak kita tuangkan. 

Media apa sih yang paling lengkap digunakan untuk menuangkan segala ide yang ada di kepala? 

Saat ini blog menjadi media yang paling menyenangkan bagiku untuk menuliskan segala macam hal yang terjadi di sekitar. Aku bisa menulis tentang anak-anakku, tentang hobiku, tentang pendapatku terhadap perilaku sosial dengan caraku sendiri, tentang apa saja. 

Orang lain yang menggunakan blog sebagai media untuk menulis juga melakukan banyak hal menarik di dalam blog mereka. Aku senang sekali berkunjung ke berbagai blog milik teman-temanku. Dari banyak membaca karya mereka, aku jadi tahu masing-masing kekuatan tulisan mereka. Salut sekali dengan upaya menguatkan content di dalam blog tersebut. 



Pentingnya Traffic Blog 


Setelah selesai menulis artikel dan publish di blog, ada lagi yang perlu kita kerjakan? 

Ada yang menjawab, ah udah deh biarin, tulisan kan bakalan nemuin jodohnya sendiri. Pendapat ini tentunya tidak salah. Setiap orang memang memiliki kepentingan yang berbeda-beda ketika membuat tulisan di blognya. 

Namun bagi mereka yang ingin blognya banyak dikunjungi orang, tentu tak salah juga bila cita-citanya itu ingin diwujudkan. Kunjungan orang ke blog kita, seberapa lama dia berada di sana, lalu klik-klik artikel yang ada di blog, sering diistilahkan sebagai traffic blog. Blog kita akan merekam aktivitas tersebut dan kita bisa melihat kecenderungan orang mengunjungi bagian blog yang mana saja dari angka-angka statistik yang terekam. 

Emangnya segimana pentingnya sih kunjungan pembaca di blog kita, atau lebih tepatnya sejauh mana traffic blog mempengaruhi performance blog kita? 
  1. Semakin tinggi traffic blog, semakin kuat juga ikatan kita dengan pembaca blog. Kita jadi tau jenis artikel mana saja yang pembacanya paling banyak di blog. 
  2. Ketika ada isu khusus terjadi, entah itu politik, ekonomi, teknologi dan lain sebagainya, kita bisa segera menuliskannya untuk mendapatkan respon yang up-to-date dari para pembaca. Sharing itu tidak hanya dari sisi kita yang menulis blog saja loh. Respon dari pembaca, yang bisa jadi memiliki pengetahuan lebih banyak, juga bisa jadi sumber inspirasi si penulis blog. 
  3. Traffic blog yang tinggi mencegah tulisan kita tenggelam dimakan jaman. Setiap harinya ratusan bahkan ribuan tulisan muncul secara online. Bisa jadi tulisan kita di blog ‘dihajar’ oleh ratusan tulisan lainnya yang sejenis dan tenggelam begitu saja tanpa pernah menemukan jodohnya. *lebay 

Menulis satu di artikel blog itu tentunya tak lepas dari effort yang cukup tinggi ya. Selain menemukan ide dasarnya, mencari tambahan bacaan dan studi kasus merupakan pekerjaan yang cukup melelahkan. Udah capek-capek nulis trus tulisannya ga ada yang baca, nyesek nggak siiyyy… 

Lalu, sebaiknya gimana tuh untuk meningkatkan kunjungan pembaca ke blog? 



7 Tips Meningkatkan Kunjungan ke Blog 


Sebenarnya kalau untukku pribadi, lebih seringnya nulis ya nulis saja, karena aku merupakan salah satu penganut prinsip ‘Ngeblog ben ra nggandjel’. Tau kan ya itu slogan milik siapa? 😍 

Namun dalam perkembangannya, keinginan untuk terus sharing berbagai hal bermanfaat juga kerasa banget di dalam hati. Nggak mau dong nulis hanya sekadarnya saja. Sesekali nulis curhat oke lah, tapi content lain juga harus mengimbangi curhatan tersebut. 

Ketika tulisan sudah dipublikasikan, ada harapan tulisan tersebut akan menemukan pembacanya yang tepat. Bagi orang yang membutuhkan, terkadang hal kecil yang kita tuliskan bisa saja sangat berguna. Hal ini pernah banget kualami beberapa tahun ke belakang. Ketika sedang berada di titik terendah dalam hidup, ketika tumpukan kesedihan terasa menghimpit, secercah cahaya masuk dalam kehidupan ‘hanya’ dengan membaca tulisan orang lain. It’s true… so so true. 

Oleh karena itu, penting juga bagi pemilik blog untuk mengetahui berbagai tips untuk meningkatkan kunjungan pembaca ke blognya. Ada beberapa tips yang kudapat dari redbooth.com yang sebenarnya digunakan untuk meningkatkan content marketing traffic, namun bisa juga kita terapkan untuk blog pribadi: 

1. Mengetahui karakteristik pembaca blog 

Saat kita tahu seperti apa karakteristik pembaca blog (bisa dilihat dari google analytics ataupun statistik blog, kita bisa menentukan jenis tulisan apa yang kira-kira sesuai dengan keinginan pembaca. 

Misalnya nih jika ternyata pembaca blogku rata-rata perempuan berusia sekitar 25 tahun hingga 50 tahun, yakali aku banyak nulis tentang dugem ataupun berita bola. Akan lebih mengundang kunjungan jika kuperbanyak menulis tentang parenting, kuliner, keluarga, dan sejenisnya.


2. Menerapkan SEO dan Pilih Hosting Terpercaya 


Terkadang kita kurang menyadari bahwa salah satu kekuatan dari tulisan kita selain content-nya yang memang oke, faktor optimasi SEO juga berpengaruh. Lebih detail tentang penggunaan SEO dalam mendatangkan traffic ke blog mungkin bisa teman-teman browsing sendiri ya. Soalnya kalau dijelaskan tahapan-tahapannya, ntar bisa jadi satu blogpost sendiri nih. πŸ˜‰

Selain itu untuk faktor keamanan kita juga sebaiknya menggunakan Hosting Indonesia yang terpercaya seperti Qwords. Kemudahan dalam mengatur besaran bandwidth dan pelayanan dari pihak hosting membuat pemilik blog makin nyaman mengoptimasi blog miliknya. 


3. Menulis Evergreen Content 


Apa tuh evergreen content

Seperti jenis lagu-lagu yang disebut evergreen, begitu juga dengan artikel ya. Evergreen alias everlasting ini akan selalu dibutuhkan oleh siapa saja ketika sedang browsing dan ingin mendapatkan informasi tertentu. Misalnya artikel tentang pengembangan diri, cara mendidik anak secara Islami, menu-menu sehat, dan sebagainya. 


4. Tulisan Mudah Dibaca 


Ada kan ya orang baca artikel hanya di-scroll aja lalu buru-buru pergi? Ada berbagai sebab yang membuat hal itu terjadi. Bisa saja karena loading time blog kita lama, bisa juga karena terlalu panjang tulisan dan membuat mata lelah. 

Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa mengubah tampilan tulisan dengan selingan gambar/ilustrasi yang berkaitan dengan konten, membuat poin-poin tulisan dalam bentuk bulleting atau numbering, dan menggunakan paragraf-paragraf pendek agar lebih eye catching. 

Masih sering menemukan artikel blog yang paragrafnya puanjaaaangg banget kah? Berasa lelah dan terengah-engah kan ya.



5. Menambahkan Infografis 


Tak dapat dipungkiri lagi, kini para blogger dituntut untuk makin menguasai banyak hal selain kemampuan membuat content. Ada banyak blogger yang melengkapi tulisannya dengan video maupun infografis.


Contoh Infografis


Lalu gimana dong nasib blogger gaptek kayak diriku ini? 

Membuat infografis tak sengeri dugaan para gaptekers. πŸ˜‰ Ada banyak aplikasi yang membantu kita untuk membuat infografis. Search aja deh di playstore, appstore maupun web-web online. Tinggal pilih salah satu template, jadi deeeh… Tampilan infografis yang menyertai artikel akan membuat tampilan blog lebih segar dan meriah. 



6. Menggunakan Social Media Share Button 


Salah satu cara mudah untuk mendatangkan kunjungan ke blog adalah dengan membagikannya ke akun media sosial yang kita miliki. Bisa saja kita lakukan dengan cara manual. Kita masuk ke medsos dan letakkan URL link postingan blog kita. Tinggal tunggu aja. 

Selain itu kita juga bisa meletakkan share button di dalam blog kita. Jadi misal ada pembaca yang tertarik dan merasa tulisan tersebut bermanfaat, dia akan dengan senang hati membagikannya kepada orang lain. Keberadaan share button di blog amat membantu aktivitas share ini. 



7. Membalas Komentar di Blog 


Nah, bagiku pribadi hal ini masih PR banget nih. Setelah mempublikasi tulisan, masih jarang nih tengok-tengok komen, padahal bisa jadi ada yang membutuhkan informasi tambahan dan ingin berdiskusi dengan kita. Yuk, mulai kita perhatikan komentar-komentar yang masuk ke blog kita. Kalau spam tukang obat atau penawaran pembesar alat kelamin dan buah dada mah hempas aja udaaahh….




Masih adakah lagi tips lain yang bisa teman-teman tambahkan untuk meningkatkan kunjungan ke blog? Boleh dong bagi sarannya di kolom komentar. Terima kasih.

49 comments:

  1. Semangat, semangat, semangaaattt!
    Aku tadinya lunglai Mba kalo diajak ngobrol soal traffic, haha.
    Tapiiii karena banyak berinteraksi dgn felllow bloggers yg rajin bagi tips, jadinya makin semangaaattt!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. desain blog kayaknya ada pengaruh ya.. kalo backgron blognya gelap kadang malas bacanya.. banyak ya tips buat bikin traffic tinggi.. semoga bisa menerapkan tips2nya

    ReplyDelete
  3. Terimaksih banyak sudah berbagi informasi yang sangat bermanfaat sekali ini Mbak.

    ReplyDelete
  4. menurut saya perlu banget Mbak untuk meningkatkan pengunjung di blog kita.

    ReplyDelete
  5. Terimakasih untuk tips-tips yang sudah dibagikan ini Mbak, pasti akan sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat sekali Mbak informasinya, semangat terus dalam berkaya.

    ReplyDelete
  7. Benar sekali Mbak, membalas komentar di Blog itu memang sangat penting.

    ReplyDelete
  8. huwaaa...daku bgt nih mbak tipe yang nulis lalu udah hahajaha
    meski blog sdh dimonet tp blm bener2 serius mengelolanya. thanks boosternya mbak uniek ^_^

    ReplyDelete
  9. Menulis Konten evergreen nih, ragamnya banyak ya.. Tapi harus menarik dan beda biar orang berkunjung terus...

    ReplyDelete
  10. ya ampun SEO aku ya masih ga mudeng udah baca-baca bener2 harus belajar tatap muka mba hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baca tentang SEI, berkali² baru ngerti itu pun sedikit2 hehehe

      Delete
  11. haha aku juga nih blogger gaptek, bingung kalo mau bikin infografis :)
    Qwords hosting terpercaya ya, aku mau kepoin deh websitenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep! QWords recommended banget, Mak.
      Banyak fellow bloggers yg fanatik QWords utk hosting

      Delete
  12. Tips 3-4-5 ini buatku yang sangat informatif, kalo SEO yaaa.. semua udah tau lah yaa, SEO butuh effort lebih, kalau mau blognya maksimal.

    untuk aku yang salah satu dari sekian banyaaaaakkkk blogger yang berkutat dengan nulis "suka-suka", kalo mau blognya terdepan ini PE-ER, tapi jika aku pikir lagi, aku nulis suka-suka karena memang nieche blog-ku lebih ke penulisan dan tutorial gambar itu sendiri kebanyakan.

    btw thanks udah diingetin!

    ReplyDelete
  13. Saya masih sering ketinggalan menjawab komentar di blog, Mak .... Senang bacain komen-komen yang masuk tapi sering gak bisa jawab semua komen :D

    ReplyDelete
  14. Bikin infografis nih yang aku lagi angot2an sekarang. Karena waktu terbatas dan hanya pegang hp aja, jadi kayak susaah bgt, huhu

    ReplyDelete
  15. aku bikin infografis cuma buat postingan lomba doang. kebayang udah lama banget ga bikin infografis hahaha

    aku pake qwords juga. baruu aja perpanjangan domain buat 2 blog berbayar. kalo blog yg dipake buat komen ini spesial buat keluarga jadi balik lagi ke gratisan :D

    ReplyDelete
  16. Infografis nih sama SEO jd kendala heheh soalnya masih minim ilmunya tentang itu harus banyak belajar nih, thanks sharingnya mbak Uniek.

    ReplyDelete
  17. Aku tuh belajar infografis masih tersendat-sendat. Gaptek harus tetap belajar ya mbak, agar bisa menyajikan artikel yang menarik, nggak hanya tulisan

    ReplyDelete
  18. Kalau tulisannya bagus, informatif, dan eye catching, meskipun panjang banget biasanya gak bikin saya lelah. Kalau infografis masih jadi PR banget buat saya. Suka buntu menemukan ide

    ReplyDelete
  19. Iya nih, membalas komen yang mampir di blog itu penting, supaya ada interaksi antara penulis dan pembacanya. Kadang perlu waktu khusus untuk balesin satu-satu, ini juga lagi berusaha disempatkan, deh! hihih

    ReplyDelete
  20. Duh iya, aku jarang balas komentar di blog, kadang pas lagi nggak sempat eh malah numpuk huhu..PR jugaa..

    ReplyDelete
  21. Membalas komentar blog ternyata menambah traffic yah kak, dlu awal2 aq rajin banget tp skrg Smnjak hamil udh jarang huhu, btw thanks tipsnya kak jd smngt ngeblog lagi

    ReplyDelete
  22. Saya juga masih PR banget nih meningkatkan tulisan dal blog, masih mood moodan. Padahal kalau abis dari acara gitu, semangat banget mau nulis ini dan itu, eh sampai rumah, melempem hahaha pantes aja traffic blogku masih rendah

    ReplyDelete
  23. Menurutku penting sih mbak, tapi maunya karena tulisan kita memang bermanfaat hehe. Makanya cukup happy kalau liat trafik pengunjung yang datang masih lebih banyak pengunjung organik, semoga emang bener2 terbantu ma apa yang kita tulis.

    Oh ya buat yg ada adsense juga penting sih yang namanya trafik :D

    ReplyDelete
  24. ternyata membalas komentar itu penting juga toh. saya juga ada tulisan evergreen di blog, yg tanya jg setiap waktu. sayangnya pertanyaan sama mulu, makanya malas jawab

    ReplyDelete
  25. 2 bulan terakhir kemarin blogku error dan aku tak menyadarinya, sampai sadar pas klien minta PV terus agak kaget dong. Dan gara-gara itu juga traffic blogku merosot, sekarang lagi meningkatkan kembali traffic blognya.

    ReplyDelete
  26. Peer memang ya mba biar blog berkualitas harus benar tekun tahapannya.. tinggal jawab Komen d blog tuh yg masih males kadang cuma 1 atau ,2

    ReplyDelete
  27. mantap sekali nih mba tulisannya, tipsnya pun masih bisa diikuti. masalah infografis aku moody banget mba hahahah.. awal-awal masih demen itu bikin inforgrafis sendiri pake PSD buat tambahan tulisan

    ReplyDelete
  28. Balesin komentar itu masih jarang saya lakukan mbak. pengennya sih balesin semua, walau hanya dengan kata "terima kasih".
    Terus soal SEO, masih buta saya.

    ReplyDelete
  29. Belakangan ini aku nggak selalu sempta balas komentar teman di blog mba. Kecuali ada yang japri nanya urgent. Atau yang aku rasa harus aku balas cepet. Makasih mba infonyaa

    ReplyDelete
  30. Kalau cerpen atau cerber meski panjaaaang tetap saya baca sampai habis. Beda lagi malah kalau tulisan pendek tapi banyak iklan, saya langsung ilfil. Klik x saja.

    ReplyDelete
  31. Kadang suka menyepelekan SEO padahal penting ya mbk...

    ReplyDelete
  32. Pengunjung blog tuh ibarat tamu yang harus dijamu ya mba. Mosok udah kulonuwun ga ditanggapi alias ga dijawab komennya πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
  33. Aku info grafisnya yang masih PR karena kadang males edit2 foto dan lainnya. Terus balas komen juga, hahaha. Paling komen teratas atau yang memang butuh dijawab baru kubalas. Gini kok mau viewnya nambah yaaa

    ReplyDelete
  34. Bener banget nih mbak....jadi blogger harusnya tidak sekedar nulis di blog lalu biarkan tulisan itu berlalu ya. Duh bener-bener PR ku banyak banget....terutama saat ada yang berkunjung di blog, kadang aku gak sempat kunbal ke blognya atau sekedar membalas komentarnya di blog ku...... terimakasih mbak tulisannya yang inspiratif bisa jadi panutan nih buat jadi blogger yang sesungguhnya hehehe....

    ReplyDelete
  35. Masih banyak banget nih PRku, yg SEO itu apalagi nih. Tulisan ever green nya juga masih kurang, balas komen juga udah gak pernah, padahal dulu awal2 ngeblog senang balas sekarang sok sibuk sih, huhuhuh

    ReplyDelete
  36. Lengkap tipsnya. Setuju banget tuh yang poin rajin nulis evergreen, lalu didukung pula dengan SEO. Ini manjur banget untuk menaikkan trafik ya, Mbak. Untuk membalas komentar di blog, masih jadi PR-ku banget nih

    ReplyDelete
  37. Trims untuk artikel bergizi ini.. penting nih buat blogku yg masih misqueen trafik..hehe.. No 5 tuh salah satu yg masih jadi PRku selama ini..hehe..

    ReplyDelete
  38. perlu banget mbak meningkatnya traffic

    aku lagi suka2nya nih bikin infografik hihi

    ReplyDelete
  39. Makasih tipsnya mbak,jd dpt byk input ttg naikin trafic blog bgmn utk pemula seperti aku hehehe

    ReplyDelete
  40. Kemarin sempet naik PV nya gegara rutin ikutan share link di twitter.
    Tapi kok jadi gak punya waktu untuk mikirin dunia nyata yaa..
    Jadi turun lagi.
    Bener-bener belum bisa balancing antara kehidupan maya dan nyata niih...

    ReplyDelete
  41. baca artikelnya Mba Uniek langsung jadi semangat buat bikin konten yang bagus hehe buat dongkrak PV blog

    ReplyDelete
  42. Thank for sharing kak Uniek aku setuju banget konten everlasting ini kadang lebih banyak pengunjungnya dan untuk SEO pasti lah ya hehe tapi aku masih kurang istiqomah menerapkannya.

    ReplyDelete
  43. Iya Mbak membalas komentar di blog itu PR banget. Dulu aku sudah rajin balas tapi sekarang duuh berat berhubung gak bisa membagi waktu.

    ReplyDelete
  44. Wah iya nih aku ngrasa trafikku turun krn gak rajin apdet konten organik huhuhu. Apalagi persaingan keyword makin ketat haha. Kudu bener2 usaha lagi nih buat naikin trafik. Makasih tipsnya mbak Uniek :D

    ReplyDelete
  45. Makasih tipsnya mba uniek. Ada beberapa point yang masih PR banget buatku nih mba. Susah banget diterapkan kayanya. Seperti SEO dan balesin komen. Bismillah deh moga bisa kedepannya bis konsisten

    ReplyDelete
  46. Langsung dicatat dan di praktekkan tipsnya

    Makasih ya mamak :)

    ReplyDelete
  47. saya betah berkunjung kembali ke blog yg bahasanya enak dibaca. kayak baca novel, tapi sebenarnya artikel yg sarat ilmu

    ReplyDelete