19 February 2020

Tak Hanya Oli, 5 Bagian Mobil Ini juga Harus Diganti Secara Berkala


sumber : futuready.com

Dibanding menggunakan sepeda motor, mengendarai mobil akan memberikan kenyamanan yang lebih karena kita bisa terhindar dari polusi udara. Selain dari faktor keselamatan yang lebih, berkendara menggunakan mobil juga harus menjaga tenaga supaya lebih prima. Oleh sebab itu dibutuhkan perawatan ekstra. Kebanyakan orang hanya mengacu pada oli saja yang diganti saat mengetahui jarak tempuhnya di speedometer.

Padahal sebenarnya ada bagian mobil lain yang harus kita perhatikan dan menggantinya secara berkala supaya laju mobil lebih optimal di medan apapun. Apa saja?

Yuk, ketahui bagian-bagian mobil yang harus diganti secara berkala ketika sudah mencapai batas kilometernya. Check this out!


1. Kampas kopling



sumber : momobil.id

Kampas kopling memiliki peran yang sangat penting bagi kendaraan terutama pada mobil. Fungsi dari kampas kopling ini sendiri untuk menghindari selip ketika kita menyetir, apalagi buat tipe mobil manual. Batas maksimal kilometer yang dianjurkan untuk mengganti kampas kopling kamu adalah ketika angka jarak tempuh pada kilometer sudah mencapai 20.000.

Adapun ciri-ciri sebuah mobil yang kampas koplingnya sudah harus diganti yakni ketika mobil sudah cenderung terbebani dan terasa berat saat digunakan untuk berkendara.

Oya, kalau mengalami mabuk perjalanan ketika naik mobil, boleh loh intip artikel tentang cara mengatasinya di sini.

2. Busi



sumber : teknisimobil.com

Sama seperti halnya kampas kopling, ketika kilometer sudah mencapai angka 20.000 maka tandanya busi sudah harus diganti. Sebab, busi akan menjadi lebih kotor karena pengaruh karbon yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar dari mobil tersebut.

Jika tidak segera diganti, maka akan timbul karat pada busi dan bisa mengganggu performa mobil. Gejala yang dapat timbul saat busi harus diganti dengan yang baru adalah ketika mobil mau menyala saat distarter atau bahkan sulit untuk dipanaskan.



3. Kampas rem


sumber : auto2000.co.id

Ketika mengendarai sebuah kendaraan, rem memiliki peran paling utama untuk memegang keselamatan dalam berkendara. Adapun ciri-ciri kampas rem yang harus diganti yakni ketika rem susah untuk diinjak dan akan terasa lebih keras.

Selain itu, akan timbul bunyi berdecit yang disebabkan oleh rem karena pelumasnya sudah mulai berkurang. Jika kilometer jarak tempuh sudah mencapai angka 10.000 maka tandanya kampas rem sudah harus diganti supaya daya cengkramnya lebih maksimal dan berkendara menjadi aman.



4. Filter oli 


sumber : tazvita.com

Ketika kita sedang mengganti oli, alangkah baiknya cek kondisi filternya juga apakah sudah harus diganti atau belum. Karena filter oli bisa meninggalkan kotoran sisa oli yang sebelumnya sehingga akan teroksidasi dengan oli barunya.

Jika kita tidak segera menggantinya maka akan menjadi sia-sia ketika kita baru saja mengganti oli. Tetapi jika mobil jarang dipakai kita bisa mengganti filter oli ini ketika jarak tempuh kilometer sudah mencapai 10.000.



5. Filter udara 


sumber : yureotomotif.blogspot.com

Prioritas utama untuk bisa berkendara dengan nyaman adalah kita bisa menikmati udara yang sejuk dan nyaman saat di dalam mobil. Filter udara pada mobil bisa kita ganti ketika kilometer sudah mencapai angka 30.000.

Meskipun begitu ternyata udara kotor juga bisa masuk ke dalam mobil lho. Oleh sebab itu, filter udara mobil diwajibkan untuk diganti secara berkala. Selain itu, filter udara yang tak kunjung diganti akan berakibat komponen mesin maupun lainnya menjadi rusak karena kinerjanya yang terbebani.


Meskipun penggantian komponen-komponen mobil di atas sangat menguras kantong, tetapi itu semua bisa menjaga keselamatan dan kenyamanan kita dalam berkendara. Selain itu, biaya tersebut tentunya akan menjadi lebih murah jika dibandingkan saat mobil sudah bermasalah di kemudian hari.

Jadi, jangan sampai menunggu masalah datang pada mobil kita baru menggantinya, ya!

57 comments:

  1. Sebagai perempuan yg cuma taunya pake mobil doang sesekali pengetahuan kayak gini ada perlunya juga yaa buat dibaca, mana tahu kampas rem kapan kudu diganti klo ga baca2 beginian... ngga boleh dependen sama lakik terus klo urusan begini

    ReplyDelete
  2. Pernah lalai nggak ganti kampas rem, akibatnya sungguh lebih mahal ketimbang ganti di awal. Hiks

    ReplyDelete
  3. Noted. Kalo beli beli mobil harus siap pengeluaran untuk perawatan rutinnya jg ya mba

    ReplyDelete
  4. baru tahu nih, soalnya selama ini soal mobil sih apa kata suami hehehe, jadi tahu lah kalau memang butuh pengeluaran 5 poin di atas ya

    ReplyDelete
  5. bener bngett, pernah motor cuma dganti oli dn pas jalan tanjakan nggk bs nanjak, rasanya makjleb, ternyta aku tdk merawat motor dg benar

    ReplyDelete
  6. Naah...penting nih apalagi buatku yg awam.banget ttg mesin..bisane naik tok! Haha.. Thanks sharingnya ya Dik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.aku baru tahu lho aa kampas kopling ada juga kampas rem. Ingat pas di jalan ada bau2 aneh menyengat waktu itu adikku bilang kampas kebakar. Lha..kampas yg mana tuh ya? Hihi..

      Delete
  7. Kampas kopling, ya Allah asli ini penting banget. Pengalaman dulu lagi liburan tanpa ngecek-ngecek gitu, ternyata ditengah jalan, kampas koplingnya aus, untung bgt itu kejadiannya enggak di tengah hutan :(

    ReplyDelete
  8. Yang paling penting emang kampas rem sama kampas kopling... itu paling wajib diantara yg lain, biar jalannya si mobil mulus

    ReplyDelete
  9. Duh asli, Mba saya nggak paham banget dengan mesin mobil. Bisanya cuma pake doang, lalu tiap bulan cek rutin ke bengkel. Nggak tau apa yang dicek hahahaha... tapi dengan baca tulisan Mba, sekarang jadi paham sedikit-sedikit. Jadi besok kalau ke bengkel lagi dah paham lah. Biar ga gampang dikelecin montir.. xixixi

    ReplyDelete
  10. Iya mmg menguras kantong y mb klu servis mobil itu...jangan ditunda2 ya baiknya

    ReplyDelete
  11. Betul, perawatan secara rutin termasuk mengganti komponen yang sudah aus adalah tindakan pencegahan terhadap resiko yang lebih besar dalam penggunaan mobil. Jadi memang harus dilakukan.

    ReplyDelete
  12. huwah baru tahu nih mba uniek, biasanya saya dan suami cek oli kampas rem,tapi memang di bengkel bagian bagian diatas tadi jarang disebutkan untuk ganti sih mungkin depends juga sama pemakaian ya

    ReplyDelete
  13. Aku nggak ngerti kalo ursan mobil, kalo motor masih paham lah.
    Urusan mobil biar paksuami aja yang megang dan dia rutin selalu servis ke bengkel resmi. Tapi untuk kelima bagian mobil di atas memang harus diperhatikan jangka waktu servisnya, bahaya kalo kelupaan. Yang kampas rem itu baunya gak enak pas di jalan gitu, katanya itu salah satu tanda udah abis dan kudu diganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah aku baru tahu juga kalo udah mencapai 20.000 itu busi pun harus diganti. Ah sebagai perempuan kayaknya aku harus belajar lagi soal onderdil mobil. Dulu sih suka ikut suami kalo ke bengkel, apalagi ada kopi di loby nya, ahahahhha

      Delete
  14. Penting banget nih buat kita ketahui ya mbak. Walaupun penanganan nanti pastinya tetep ke bengkel. Ya iyalah, kecuali di rumah buka bengkel sendiri hihii....

    ReplyDelete
  15. Noted banget ni mbak aku taunya pake aja kalo ada apa2 langsung panik. Abangku sering banget ngingetin supaya belajar hal2 kek gini. Langsung bintangin ah tulisannya mbak niek

    ReplyDelete
  16. Banyak ya ternyata printilan si kendaraan roda empat ini perawatannya. Beneran harus ditulis per sekian kilo meternya dan dipantau apa-apa yang perlu diganti.

    ReplyDelete
  17. Kita harus ngerti ya soal begini jangan hanya tahu pakai, karena keselamatan berkendara juga salah satunya karena kondisi mobil prima

    ReplyDelete
  18. Walaahh, pantesan mobil bojoku beberapa kali bermasalah.
    Tibakno banyak komponen yg blum rutin diganti, Mba
    Makasiii makasiii reminder-nya

    ReplyDelete
  19. Keren amat sih bisa ngerti sparepart, aku bawa mobil aja udah lupa hehe..artikel bermanfaat bagi para cewek nih

    ReplyDelete
  20. Jadi ingat beberapa waktu lalu, babang suami bilang mau ganti busi dan filter udara.

    Tinggal tunggu invoice cair.
    Muahahaha
    Invoice, mulu, Ann.
    Yang lain, napa!

    ReplyDelete
  21. Aku selalu lebih concern ke FIlter AC, karena yang lain ga ngerti, hihihi.

    Terus juga Filter AC itu aku sering ganti karena, kan setiap naik mobil selalu hirup AC, hihihi.

    Terima kasih sharingnya ya, mbak :)

    ReplyDelete
  22. Kadang, auto pusing aku tuh kalo udah service-service gitu..
    apalagi kudu bebarengan service nya, misal pas waktunya ganti kampas rem plus ada masalah juga dibagian lainnya.. aduhh.. *langsung elus-elus dompet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha samaa dan suka emosi aja kalo suami bilang harus ganti ini itu. Trus kubilang perasaan kemaren udah ganti, jawabannya oh itu part yang laiin. OMG!!! Tapi punya mobil ya resikonya gt ya biar enak tumpakanne.

      Delete
  23. Supaya lebih aman, harus usaha maksimal pemilik mobil ya Mbak Uniek. Harus memperhatikan hal-hal yang butuh diganti itu ya, Mbak.

    ReplyDelete
  24. Kalo aku tahunya pake mobil aja. Hahahaha.
    Sebaiknya emang ngerti hal-hal yang kudu diganti supaya mobil sehat selalu yaaa. Kalo kata pepatah lebih kenal lebih sayang gitu.

    ReplyDelete
  25. Duuh nggak ngerti aku, tau make aja hahahha. Tapi kalau mau keluar kota biasanya dibawa suamiku ke bengkel langganan. Kalau nggak, ya aku yg berangkat tapi dikasih instruksi sama suami apa aja yg perlu diganti. Kayaknya yg udah pernah tu ganti kampas rem.

    ReplyDelete
  26. Aku menyerahkan sepenuhnya sama suami hahaa. Tapi kayaknya kita perempuan juga kudu ngerti lah yaa dikit2 soal mobil apalagi kalo suka nyetir sendiri.

    ReplyDelete
  27. Perawatan kendaraan ini memang penting banget. Seringkali karena sibuk dan bawa kendaraan ke sana sini, jadi kelupaan servisnya

    ReplyDelete
  28. Perawatan kendaraan ini memang penting banget. Seringkali karena sibuk dan bawa kendaraan ke sana sini, jadi kelupaan servisnya

    ReplyDelete
  29. Nah yang begini, saya biasanya menyerahkan ke bengkel untuk ngecek berkala. Jangan ditiru hihihi. Saya taunya cuma rutin ganti oli aja :D

    ReplyDelete
  30. Setuju mbak, naik mobil itu memang lebih nyaman sih. Bisa bawa barang banyak, terlindung dari panas dan hujan, juga bisa pake ac. Harus paham dulu sama kondisi mobilnya tapi ya baru bisa berkendara dengan aman

    ReplyDelete
  31. aku langsung inget filter udara spci ku kudu ganti tapi di pekalongan nyari yang orinya kok ga ada, kudu sampe Tegal

    ReplyDelete
  32. Suka takjub sama kendaraan antik yang tetep bisa dipakai sampai sekarang. Perawatannya ngga mudah pasti, onderdilnya juga sudah terbatas

    ReplyDelete
  33. punya kendaraan harus benar-benar memperhatikan perawatannya juga ya mbak, agar lebih aman dan nyaman ketika dipakai berkendara

    ReplyDelete
  34. Pernah sekali ganti oli, mbak. Karena terpaksa harus saya dan yang pasti bawa pengawal 4 anak, jadinya lebih mahal. Karena sebelah bengkel ada warung jajan . Hahahaha.

    Btw thanks ya infonya, informatif.

    ReplyDelete
  35. Aku yang paling rajin ganti kampas rem wkwkwk
    selalu mengandalkan itu untuk perjalanan yang jauh.
    Makasih mba uniek udah dibocorin apalagi yang kudu diperhatikan

    ReplyDelete
  36. Jadi bagaimanapun, emang perawatan rutin itu perlu ya mba, selain buat ngejaga performa mobil juga buat keselamatan berkendara..

    ReplyDelete
  37. Wah,emang ya mbak uniek ni, aku aja ga ngerti, taunya ya duduk di kursi penumpang aja. Anteng. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
  38. Wah, nggak mudeng nih soal beginian. Biasanya tahu beres. Apalagi belum punya mobil. Kalau motor, tahunya ya cuma servis sama ganti oli, wkwk. Palingan kalau remnya udah mulai nggak enak, berarti minta dicek kampas remnya.. selebihnya, terima pakai aja daah.

    ReplyDelete
  39. Suka kagum sama perempuan yang ngerti masalah spare Part. Bukan hanya oli tapi masalah poin-poin yang disebutkan diatas sangat penting.

    ReplyDelete
  40. Pernah banget ngerasain suami lupa ganti filter udara alhasil udara dalam mobil jadi nggak nyaman dan kami terpaksa menggunakan angin sepoi-sepoi

    ReplyDelete
  41. Nah itu dia, beneran kudu rajinn servis, biar awet dan tetep enak di pake. Olinya juga ga pake sembarangan produk.

    ReplyDelete
  42. Aku taunya kampas kopling sama kamoas oli aja, gak paham lainnya. Biasanya pasrah sm tukang servisnya aja, pokok yang terasa gak enak minta dicek kalau perlu diganti

    ReplyDelete
  43. Setuju banget, kan bahaya banget klo ga rutin ngecek tetiba ada masalah pas di jalan.

    ReplyDelete
  44. Wah saya sama sekali ga paham soal mobil mbak, untung ada suami yang paham sih jadi aman. Hehe
    Tapi emang bener sih kalau punya mobil kudu dirawat juga termasuk penggantian beberapa komponen yang vital. Siap--siapin budget lebih aja deh kayaknya wkwk

    ReplyDelete
  45. Iya mbak, terasa banget sih sekarang kalo kudu lebih rajin periksain mobil. Lebih kompleks perawatannya haha agar lebih aman dan nyaman terus dipakenya ya mbak

    ReplyDelete
  46. Faham banget Mbak seluk beluk mesin kendaraan. Kalo saya mah cuma faham naikin aja. Kapan waktunya ganti oli aja gak tau, apalagi ampek komponenya gini. Salut ih sama Mbak Uniek.

    ReplyDelete
  47. Informasinya bermanfaat banget, terutama bagi pengendara mobil, kalau mobil terawat spare partnya pastinya lebihbawet dan enak digunakan ya

    ReplyDelete
  48. Buat perempuan juga kudu tau ya mbak. Ga cuma macet dikit langsung bengkel xixixi. Kayak aku banget πŸ˜‚

    ReplyDelete
  49. Aw aw aw, aku yang gak punya mobil jadi tahu nih. Kalo kita juga kudu merawat 5 Bagian Mobil itu tadi ya mbak, biar aweeet. Secara, selama ini yang ku tahu cuma ganti oli sama cuci motor aja saat motor kotor dan suka ngadat aka udah agak nggak enak kalo dibawa. Nice sharing mbak uniek :")

    ReplyDelete
  50. Aku rutin servis terutama untuk shock braker, rem sama AC.
    Eh tapi ganti oli juga kadang sama aku...sama centering stir.
    Tapi ini servis siih...kalo ganti sparepart, aku gak pernah, kak.

    ReplyDelete
  51. Punya mobil tuh bukan sekedar mengendarai yah harus paham bagian mana saja yang harus diganti secara berkala yah.

    ReplyDelete
  52. Betul mba Unik, baru saja sabtu lalu aku anterin mobil ke Bengkel jajan banyak karena perawatan ini itunya ga rutin huhuhu sesek dompetku harus keluarin banyak :D makanya ntar mah mendingan rutin daripada jeger abis banyak

    ReplyDelete
  53. ya ampyun yang kutahu cuma isi bensin doang sama carwash ternyata busi kudu diganti rutin juga

    ReplyDelete
  54. Ban mobil juga mba maksimal 4 thn sekali atau tergantung pemakaian. Pengalaman waktu akhir thn kemarin mudik ban pecah ternyata udah tipis

    ReplyDelete