02 July 2020

Didukung Pos System yang Andal, Bisnis Kopi Kekinian Tetap Diminati



Didukung Pos System yang Andal, Bisnis Kopi Kekinian Tetap Diminati. Beneran nih di musim pandemi gini bisnis kopi kekinian masih mendapatkan hati para pelanggannya?

Jika kita amati kondisi yang sedang terjadi di musim pandemi, makin banyak pemilik usaha yang satu demi satu tumbang. Terbatasnya pergerakan manusia menyebabkan banyak lini usaha yang makin minim mendapatkan pemasukan.


pos system dukung bisnis kopi kekinian


Lihat saja contoh paling nyata. Berbagai cafe kekinian yang semula menjamur dengan pesatnya di setiap sudut kota, perlahan tapi pasti mulai sepi pelanggan. Para pengunjung yang biasanya bertemu dengan relasi dan membahas banyak hal dengan kolega sembari menyesap kopi, kini tak tampak lagi. Puluhan, bahkan ratusan tempat makan pun terancam tutup karena tiada pergerakan laju keuangan. 

Sedih sekali mengamati fenomena ini. Jadi membayangkan gimana coba jadinya nih sektor perekonomian yang menjadi tulang punggung bangsa. Kok tampaknya semua menjadi suram. Masih mungkin kah para pemilik bisnis ini bertahan di tengah dahsyatnya gempuran pandemi yang tak kunjung pergi?



Peluang Usaha di Masa Pandemi


Kita bisa melihat banyak sekali orang kehilangan mata pencaharian di masa pandemi ini. Tak sedikit karyawan maupun pengusaha yang harus menghadapi kenyataan pahit. Ada yang terpaksa diberhentikan dari tempat bekerjanya karena perusahaan sudah tak mampu lagi menanggung biaya operasional.

Begitu juga dengan para pengusaha besar maupun kecil, goncangan ekonomi sangat terasa. Pendapatan merosot drastis seiring dengan pembatasan pergerakan fisik. 

Di balik hujan badai, selalu ada pelangi yang muncul. Itu kata orang bijak ya. Namun terkait dengan permasalahan yang terjadi di masa pandemi ini, ada benarnya juga loh kata-kata bijak tadi. Ada beberapa peluang bisnis di tengah pandemi Corona ini. 

Seperti yang ditulis oleh Siti Ngainnur Rohmah, pengajar pada Prodi Hukum Tatanegara (Siyasah) Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Al Zaytun Indonesia dalam 'Adalah, Buletin Hukum dan Keadilan, sektor bisnis yang meliputi usaha di bidang kesehatan dan kebersihan lingkungan memiliki celah usaha yang paling besar. 

Kita pasti tahu, sejak pandemi ini mulai menyerang, ada beberapa produk yang langsung hilang di pasaran. Entah karena saking larisnya atau ditimbun oleh spekulan. 

Ya, perusahaan yang memproduksi hand sanitizer, sabun tangan, dan tissue basah menangguk keuntungan luar biasa di masa pandemi. Begitu juga dengan perusahaan farmasi yang memproduksi beragam vaksin untuk keperluan penanganan virus Covid-19 seperti Inovio, Modern dan Novavax. 

Produsen masker merk Unicharm penjualannya meningkat 10 kali lipat atau 1000%, adapun penjualan masker merk Kowa meningkat 90%. (sumber: journal.uinjkt.ac.id)

Nah, yang kusebutkan di atas tadi adalah perusahaan skala besar. Tentu saja dukungan dana dan manajemen yang andal memiliki peran tersendiri. Namun di antara sekian juta masyarakat Indonesia yang mengandalkan pendapatan di sektor usaha, tidak semua kan memiliki modal besar untuk mendirikan perusahaan seperti di atas.

Ada beberapa jenis usaha yang bahkan bisa dilakukan oleh para pemula untuk meraih peluang usaha di masa pandemi. Beberapa di antaranya adalah:
  1. Jasa logistik. Di tengah keterbatasan masyarakat yang mengikuti anjuran pemerintah untuk menjauhi kerumunan dan pergi keluar rumah untuk hal-hal yang urgent saja, maka peluang usaha di bidang jasa logistik terbuka lebar. Bahkan dengan modal sepeda motor ataupun mobil pickup sudah bisa membuka jasa pengantaran logistik. 
  2. Makanan olahan yang dibekukan. Usaha di bidang yang satu ini menawarkan solusi yang praktis bagi masyarakat yang terbatas pergerakan di luar rumah. Makanan jenis ini disukai karena tahan lama, praktis, dan mudah untuk disajikan.
  3. Bisnis makanan dan minuman non frozen, yang bekerja sama dengan platform ride-hailing, misal GoFood. Kebijakan pemerintah untuk melakukan pembatasan berskala besar membuat banyak orang untuk memilih tinggal di rumah dan menjalankan berbagai aktivitasnya dari rumah saja. Jika dulu kebanyakan orang memilih untuk bekerja di working space ataupun cafe sembari bertemu dengan klien, sejak pandemi menyerang semua pun berubah.  Bagi pengusaha makanan dan minuman kekinian yang menjadi favorit kaum muda, peluang usaha masih terbuka sangat luas.




Kopi Kekinian yang Tetap Diminati


Dalam kondisi apapun, manusia tetap membutuhkan makanan dan minuman. Bahkan di masa pandemi seperti ini, ketika kita mengalami pembatasan gerak berskala besar, kebutuhan untuk mendapatkan makanan dan minuman tak pernah berhenti.

Tak sekadar makanan pokok saja beserta lauk-pauk yang laris digemari masyarakat, trend menikmati minuman kekinian pun tetap mendapatkan tempat tersendiri di hati penggemarnya.




Salah satu minuman favorit banyak orang, termasuk aku juga nih, adalah kopi. Kopi dengan segala variasinya merupakan pilihan minum yang tak pernah lekang oleh jaman. Penikmat kopi terdiri dari berbagai jenis, mulai dari penyuka kopi hitam hingga kopi yang telah divariasi sedemikian rupa. 

Kegemaran kaum muda milenial untuk membeli kopi dari gerai berkonsep siap saji menjadikan segmen pasar kopi kekinian sebagai salah satu lini bisnis yang tak ada matinya. Bahkan ketika kaum muda yang rata-rata bekerja di bidang yang berkaitan dengan kreativitas tak lagi bisa nongkrong dan ngobrol cantik di kafe, kebutuhan mereka akan kopi tetap ada. 

Bisnis kopi kekinian tetap menjanjikan. Mengapa bisa begitu?


Mencoba Hal Baru


Yang namanya anak muda tuh nggak jauh-jauh amat dari rasa penasaran dan selalu ingin mencoba hal baru. Dulu ketika pandemi belum menyerang negeri ini, kecenderungan mereka untuk mencoba berbagai tempat makan dan tempat nongkrong luar biasa tinggi. Apalagi jika tempat tersebut memiliki pojok-pojok yang menarik untuk dijadikan lokasi jeprat-jepret cantik. 

Berbagai variasi racikan kopi bakalan laris dinikmati sepanjang memenuhi unsur kebaruan dan unik. Rasa ingin tahu dan mencoba hal baru dari anak muda itu bisa dijadikan modal bagi para pengusaha kopi kekinian untuk menyajikan kopi terbaiknya.


Jangankan anak muda, mamah ngaku-ngaku muda padahal udah jelita (jelang lima puluh tahun) seperti aku pun masih gemar mencoba kopi kekinian. Terutama kalau ada yang menarik. Salah satu gerai kopi kekinian yang sempat kudatangi menyajikan paduan kopi dengan enting-enting gepuk. 

Ada yang belum tau apa itu enting-enting gepuk? Itu tuh, cemilan khas daerah Salatiga yang berasal dari kacang tanah yang dihaluskan dan dicampur gula. Rasanya krenyes-krenyes gurih dan manis. Unik banget kan ketika enting-enting ini ditaburkan di atas kopi. Menu kopi favoritku nih kalau pas pesan kopi di sana, baik beli langsung ataupun pesan melalui GoFood. 


Efektivitas Promosi via Media Sosial


Hari gini mana ada sih anak muda yang tak memiliki akses masuk ke media sosial. Berbagai platform media sosial ramai digunakan untuk mengunggah foto tempat-tempat menarik, makanan dan minuman kekinian, juga hal-hal lain yang berkaitan dengan gaya hidup saat ini. 

Ketika seseorang telah mengunggah foto, informasi tentang tempat atau produk yang ada dalam foto tersebut akan langsung dinikmati oleh banyak orang. Penyebaran informasi seperti ini amat efektif menjadi pendukung bisnis kopi kekinian.  



Kemudahan Transaksi Online


Tak bisa keluar rumah di musim pandemi gini bukan berarti orang-orang berhenti untuk memesan makanan dan minuman, termasuk juga kopi kekinian. Salah satu keuntungan bisnis food & beverage adalah adanya keleluasaan bekerja sama dengan platform penyedia jasa pengantaran dan pemesanan produk. 

Pengin pesan kopi apa saja, tinggal klik aplikasi di smartphone dan memilih dari menu kopi yang tersedia. Kemudahan inilah yang menjadi kekuatan pebisnis kopi kekinian meski pandemi belum juga berakhir. Siapapun bisa memesan kopi melalui smartphonenya. Makin senang untuk memesan berbagai jenis kopi ketika ada promo atau diskon yang ditawarkan. Ye kaaann...





Memenangkan Persaingan Bisnis dengan Dukungan Pos System


Dari sisi pembeli, kehadiran aplikasi pesan antar makanan dan minuman membuat semuanya menjadi mudah. Berbagai jenis vendor penyedia F&B ada dalam genggaman. Tinggal pilih aja mana yang kita suka, klik, pesan, bayar, makanan dan minuman pun segera disiapkan dan diantar.

Untuk menghadirkan semua kemudahan bagi pembeli itu, terkadang kita tak terlalu memperhatikan apa yang dilakukan oleh sang penjual. Padahal di balik semua kemudahan itu ada upaya khusus yang dilakukan oleh pemilik bisnis. 

Sempat penasaran juga nih bagaimana pemilik usaha kopi kekinian mengelola bisnisnya. Persaingan makin ketat kan ya sekarang ini. Butuh kreatifitas dan dukungan sistem pos yang memungkinkan owner bisnis bisa memantau pergerakan usahanya dari mana pun, tak harus selalu berada di outlet. 

Hal ini baru kuketahui ketika bertemu secara langsung dengan Mirza, owner Kopi Maju57, salah satu usaha kopi kekinian yang ada di Semarang. Untuk menjalankan bisnisnya ini, dia memanfaatkan pos system dari GoBiz. 

Pos System (sistem point of sale) mencatat semua pesanan online maupun pesanan offline di counter secara cepat, serta mendapatkan laporan yang terintegrasi. Laporan penjualan pun bisa didapatkan secara harian melalui satu aplikasi. 

Fitur sistem pos dari GoBiz ini mempermudah para pemilik usaha memantau operasional 'dagangan' secara detail. Adapun manfaat pos system secara praktis dapat dilihat dari:

1. Mudah mengatur menu yang ditampilkan di GoFood dan di outlet 


Jika dahulu untuk upload menu baru ataupun memasukkan promo pemilik outlet harus minta bantuan PIC dari GoFood, kini makin mudah untuk melakukannya sendiri. Owner bisa langsung melakukan upload produk baru ataupun promo produk tertentu.


pos system memudahkan atur menu dan promo
Ilustrasi pengaturan menu via GoBiz, olah gambar oleh @uniekkas

Kemudahan dalam melakukan input menu maupun program promo ini amat membantu pemilik usaha untuk memaksimalkan strategi penjualannya. Pos system memungkinkan fleksibilitas pengaturan bisnis secara mandiri.


2. Tidak perlu lagi pencatatan manual


Melalui pos system, pesanan yang masuk ke outlet tercatat secara lengkap. Pencatatan ini meliputi menu yang dipesan dan metode pembayaran yang digunakan. 

Ribetnya membuat nota sudah tidak diperlukan lagi. Tak ada lagi nota rangkap tiga yang harus ditulis manual untuk kemudian diinput ke mesin kasir. Sudah so old banget sepertinya ya pencatatan pesanan dengan metode seperti ini. Selain rempong, tentu saja membuat sampah kertas kian banyak. 


3. Mudah mencetak struk penjualan 


Pos system dari GoBiz membantu pemilik usaha untuk menjalankan proses pencetakan struk di outlet dengan mudah. Hanya dengan satu klik dari pembeli yang telah melakukan pesanan, makan secara otomatis semua pesanan akan direkap ke dalam satu struk / bukti pembelian. 


pos system mudah mencetak struk penjualan
Mudah sambung ke printer dan cetak struk, sumber ilustrasi : gobiz.co.id



4. Laporan harian terintegrasi untuk semua transaksi


Fitur pos system yang ditawarkan oleh GoBiz memudahkan pemilik usaha untuk memantau bisnisnya. Kapan pun ingin mendapatkan rekapan secara lengkap dan terperinci, tinggal akses data melalui aplikasi maupun dashboard. 


pos system laporan harian terintegrasi untuk semua transaksi
sumber grafis : gobiz.co.id


Omzet harian bisa diawasi secara langsung oleh owner tanpa harus meneliti berbagai laporan administrasi yang rawan untuk diotak-atik jika dilakukan secara manual. Apalagi kalau owner termasuk orang yang sibuk dan jarang bisa berada di outlet.

Satu klik pesanan dari pelanggan langsung diolah oleh pos system hingga proses akhir masuk ke laporan harian. Tak ada item penjualan yang akan luput masuk ke dalam rekapan. Lebih aman dan terpercaya. 


Persaingan bisnis dari hari ke hari kian ketat. Dibutuhkan kemampuan untuk melakukan inovasi dan terobosan baru dalam bisnis yang dijalankan, termasuk bisnis kopi kekinian ini. Sebut saja deh aneka varian kopi yang sekarang digemari masyarakat. 

Untuk para pemilik usaha, membuat inovasi merupakan salah satu tugas terberat untuk terus bertahan dalam bisnisnya. Jadi dalam urusan lainnya, yaitu pengelolaan point of sale, sudah tepat bila memasrahkannya pada fitur Pos System yang ada di GoBiz. 





---------------------
Sumber referensi:
  • http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15448/7222#


175 comments:

  1. Weitsss, kopi dgn enting2 gepuk ini endolitaaaa ya Mak
    Kayaknya cuma ada di sekitaran JaTeng ya?
    Kalo di Sby sini, kopi kekinian paling yaaa gitu2 aja, kasih boba dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang endess nih Mak.
      di BAndung ada ko, aku pernah ngerasain beli, huhuu nikmat gurih2 enyooy hhaaa

      Delete
    2. waini... perlu dicoba kalo pas ke Bandung.. wkwk.. Bisnia kopi sekaranh emang lagi hits ya... perlu banget didukung dari sisi teknologi untuk manajemennya

      Delete
  2. Adikku ada pembicaraan mau bikin warung kopi. Tapi sementara kularang dulu karena dia kan maunya orang ngopi di rumah. Di masa pandemi kaya gini kan gak mungkin. Tapi kalau online, no problem. Apalagi kalau sudah pakai Pos System ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak Jiah. Musim seperti ini mending jual via online dulu aja. Sayang kalau sudah mengeluarkan banyak modal tapi belum banyak pengunjung yang datang. Kalau online kan pengeluaran modalnya bisa dihemat ya

      Delete
  3. Nah ini keren


    Pos system dari GoBiz membantu pemilik usaha untuk menjalankan proses pencetakan struk di outlet dengan mudah.

    Jadinya gampang, membantu pengusaha kecil untuk lebih teratur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pencatatan keuangannya jadi aman ya bun, nggak ada yang namanya lupa atau keselip dalam arus keluar masuk duitnya

      Delete
    2. bener nih bunda, sebagai ukm gobiz bisa jadi salah satu alat bantu untuk operasional kita ya

      Delete
  4. Aku nih sama suami suka nyobain icip-icip kopi kekinian karena kami berdua doyan banget ngopi. Emang bisnis sekarang harus di support sistem yang mumpuni ya Mba biar terus berlanjut usahanya.

    ReplyDelete
  5. Aku langsung ngebayangin kopi dengan taburan enting-enting gepuk.. Duuuh nikmatnyo! Emang sekarang bisnis dengan POS system gini tuh lebih diminati soalnya lebih memudahkan penjual maupun pembeli ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mbak. Jadi pembeli dan penjual bisa sama-sama dapat kemudahan dari teknologi kekinian. Ikut bayangin kopinya juga deh, hahaha

      Delete
    2. Walaupun saya bukan pecinta kopi tapi sistem seperti ini memang memudahkan penjual kopi kekinian ya..

      Delete
  6. Terkadang kangen nongkrong sembari ngopi, tapi masih gak berani nih mbak jadi cuma delivery aja deh.

    System ini cocok buat para pengusaha kopi yang baru merintis juga yah, jadi gak ribet karena semua dilakukan secara manual, tingkat error juga jadi lebih minim kalau pake program ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, akupun begitu. Apa-apa sekarang pilih masak sendiri. Nggak pakai jajan-jajan dululah.

      Delete
  7. pengusaha kuliner ga usah pusing lagi sama laporan karena udah di bantu sama POS Sistem ini ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya salut sih, selain memberi pinjaman modal, juga di bantu dengan pengadaan aplikasi pencatat seperti POS ini, keren

      Delete
    2. tp aku sekarang ga berani jajan sembarangan mba, apa2 masak sendiri kecuali jualannya temen, aku berani beli

      Delete
  8. Aku pun salah satu penyuka kopi dan biasanya suka ngecekin ada kopi baru gak ya sekarang ini. Btw itu kopinya unik banget ya, dengan cemilan jadul.

    ReplyDelete
  9. Bagus, nih, sistemnya GoBiz. Kalau sistem sudah terintegrasi, bikin laporan sambil merem santuy ya, Bunda Jelita. Btw, di sini juga mulai menjamir kopi kekinian. Hihihi

    ReplyDelete
  10. Bagus, nih, sistemnya GoBiz. Kalau sistem sudah terintegrasi, bikin laporan sambil merem santuy ya, Bunda Jelita. Btw, di sini juga mulai menjamir kopi kekinian. Hihihi

    ReplyDelete
  11. Cafe kopi kekinian memang lagi marak. Di Makassar juga gitu.
    Dengan menggunakan POS system, transaksi jadi lebih mudah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Jakarta nyaris setiap pengkolan ada kopi kekinian deh, jadi sekarang kita juga dipermudah ya kalau mau melakukan bisnis rumahan dengan menggunakan POS System

      Delete
  12. Bagus nih sistemnya terintegrasi jadi mulai pemesanan hingga pencatatan pbelian tercatat semua di sistem ya Mbak, nggak bakal ada yang keselip..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kangen pengen nongkrong di kedai kopi sambil ngopi syantik dan rumpiiii huhu

      Delete
    2. Yuk mba..kapan2 ngumpul2 lagi kita di kedai kopi nan syantiek sambil ngerumpi asyik nan berfaedah..

      Delete
    3. Aku mau ikutan ngumpul ngopi sambil ngobrol2 asyik. Duh kangeeeen banget ya. Apalagi kalau bayarnya pakai POS System dari GoBiz ini jadi lebih mudah.

      Delete
  13. now,
    it's easy to find a coffee shop. more over with support good marketing online. as use application. there is to be easy and smart

    ReplyDelete
    Replies
    1. someday, you should go to Bengkulu, to try coffee Bengkulu loh. then you will be addict

      Delete
  14. Aku dulu sering makan enting2 gepuk. Kalau dikombinasi dengan kopi, pasti rasanya unik banget memang, ada krenyes2 gurihnya. Anakku juga suka nyobain kopi kekinian, aku biasanya icip2 dikit aja hehe.

    ReplyDelete
  15. Keren nih Fitur pos system dari GoBiz, jadi memudahkan pebisnis online, kayaknya semua pebisnis b&f wajib punya ya, biar lebih cepat dan praktis juga

    ReplyDelete
  16. Keren nih Fitur pos system dari GoBiz, jadi memudahkan pebisnis online, kayaknya semua pebisnis b&f wajib punya ya, biar lebih cepat dan praktis juga

    ReplyDelete
  17. Keren nih Fitur pos system dari GoBiz, jadi memudahkan pebisnis online, kayaknya semua pebisnis b&f wajib punya ya, biar lebih cepat dan praktis juga

    ReplyDelete
  18. Aku pun lagi cari peluang buat bisnis makanan frozen mba Niek. InsyaAllah mau mulai produksi lagi. BUat persiapan suami yang bentar lagi pensiun juga. Masih harus belajar banyak nih

    ReplyDelete
  19. Apalagi di Balikpapan, ya ampun mba.
    Setiap pojokan ada kopi kekinian.

    ... and I do hope, semoga mereka sudah mengadopsi sistem pos system ini juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, mbak. Di kotaku juga sekarang banyak banget kopi kekinian bahkan yang bentukannya cuma pojokan kecil juga ada

      Delete
  20. dari pagi tadi galau mau pesen kopi kekinian secara online hahha.. sebagai pecinta kopi rasanya ada yang kurang kalo gak ngopi sekali aja seharian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya pesen apa, kak Ai?
      Haahha...temen aku pada punya usaha kopi yang dijual per-liter.
      Asik yaa..bisa ngopi kapan aja.

      Delete
  21. Kopi emang tiada matinya. Apalagi kalo produksi minuman kopi yang kekinian dengan rasa yang endul. Laris diserbu pecinta kopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tempatku sini juga mulai menjamur penjual kopi kekinian, Mbak. Nggak hanya yang di depan minimarket-minimarket. Yang rumahan juga banyak. Lebih keren lagi kalau pada jaualan di Gofood gini, ya, jangkauannya bisa ke mana-mana.

      Delete
  22. kopi kekinian emang lagi banyak digandrungi yaaa, aku bahkan hampir setiap hari pesen kopi susu via online hihihihi, walaupun nggak selalu kopi, kadang minuman seger lainnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw kalo di bandung sendiri akhir akhir ini emang lagi banyak banget coffee shop yang bermunculan hihihi, covid nggak menghalangi munculnya coffee shop baru ternyata hihihi

      Delete
    2. Biasanya nongkrong bareng Demia nih nyari tempat kopi kekinian di Bandung hehehe tapi udah 4 bulan terpaksa di rumah aja dan cuma bisa delivery kopi doang huhuhu

      Delete
  23. Kopi kekinian itu salah satunya dengan inovasi toping juga ya. Asli aku penasaran gimana rasanya kopi dengan toping enting-enting gepuk, pahit dicampur enting-enting yang manis, kayaknya enak sih

    ReplyDelete
  24. Sejak pandemi udah jarang nongkrong di coffee shop. Tapi sejak 2019 semakin banyak coffee shop di Indonesia ya benar-benar menjamur.

    ReplyDelete
  25. Masa pandemi ini bener-bener 'memaksa' sebagian besar orang untuk lebih kreatif demi survive ya, Mbak. Teman-teman MUA-ku juga beralih jadi jualan masakan siap saji, cemilan kekinian, dan minuman berupa KOPI! emang lagi hits juga sih minuman kopi susu ini. Peminatnya pun banyak, apalagi sekarang dipermudah dengan adanya aplikasi yang bisa diakses secara online untuk jual-beli kopi kekinian ini.

    ReplyDelete
  26. Iya mbak, saya juga suka gimun gitu, penasaran, siapa ya yang menciptakan mesin order jarak jauh yang rapi banget. Keren banget lah mereka, jadi membantu pengusaha pengusaha kecil dan menengah yang mulai menggeliat yaa.

    ReplyDelete
  27. Aku suka enting-enting, tapi belum pernah coba varian kopi ada enting-entingnya.
    Unik yaa..
    Pinter banget inovasinya.

    Tapi sejak WFH, banyak yang menawarkan varian kopi kemasalan 1 L.
    Ini enak juga sih yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penikmat kopi yaa, kak Uniek.
      kalau kami penikmat Boba.
      hehhee...jadi kebayang kalau punya usaha Boba, harus didukung sama Pos System GoBiz.

      Delete
    2. Udah paling bener zaman sekarang segala transaksi menggunakan cashless yaa..soalnya kalau pegang-pegang uang juga was-was banget.
      Huhuu~
      Dan bisnis online makin menjangkau lebih luas.

      Delete
    3. Sekeren itu ya...menggunakan POS System.
      Pencatatan teratur dan sistematis.
      Sangat membantu para pelaku usaha UMKM.

      Delete
  28. Jadi kangen minum kopi di kopisyop huhu. Untung ya zaman skrng masih bisa pesan antar diantar babang ojol, jd dimanfaatin aja selama blm bisa keluar2.
    Pos system ini memudahkan sekali buat penjual ya mbak, bisa buat support bisnis utk mengecek transaksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun udah pengen banget nongkrong sembari ngopi nih, tapi masih belum berani deh. Paling masih mengandalkan delivery aja kalo pengen ngopi hehehe

      Para pengusaha kopi sebaiknya mulai menggunakan aplikasi ini nih, untuk memudahkan transaksi yah

      Delete
  29. nah ini kerasa banget waktu buka usaha banyak note hehehe sekarang mah ga perlu ya keren bangets deh makin ke sini makin berkembang dan memudahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kalau mau buka usaha sudah dipermudah ya mbak dengan adanya aplikasi dari Pos System ini.

      Delete
  30. Kopi kekinian lagi berjaya sekarang ya mbak Un. Senang aja lihat masyarakat doyan kopi. Membangun petani kopi dan juga bisnis Masyarakat

    ReplyDelete
  31. Makin hari kopi kekinian variannya makin banyak. Kreatifitas dan kualitas rasa yang jika tetap terjaga malah justru akan membaik dan melahirkan para entrepeneur yang tahan banting.

    ReplyDelete
  32. Usaha kekinian kopi gula aren lagi booming banget ya saat ini, mungkin mereka bakal terbantu sekali dengan laporan oleh POS Sistem ini :)

    ReplyDelete
  33. Zaman sekarang aplikasi itu serba bikin mudah deh, bahkan untuk bisnis sekalipun. Owner ga harus di tempat tapi tetap bisa mantau sales dan stok. Mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perusahaan gojek emang selalu inovatif lah. Ada aja idenya untuk membantu memudahkan masyarakat. And that's what a technology should be.

      Delete
  34. Fitur yang sangat menarik banget ini. cocok untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19. biar usahanya tetap jalan dengan lancar harus dicoba nih pakai pos system ini.

    ReplyDelete
  35. Ini aplikasinya sangat membantu para pelaku usaha ya mbak, jadi kita tidak perlu pencatatan manual lagi ya?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, setahu aku udah gak perlu nyatet manual lagi. Jd gak ribet meti catet2 dan juga udah langsung bisa ngluarin struk2 pembelian dr pelanggan juga.

      Delete
  36. such a handy tool ya mba.. Pos system will help all these sellers and I hope the business will flourish!

    ReplyDelete
  37. Kopi kekinian bukan hanya milik anak milenia, yang berasal dari zaman old pun pasti suka. Minum kopi yang ada toping berbagai rasa dan unik itu pasti dicari oleh penikmat kopi

    ReplyDelete
  38. Wajah..kopi dg enting2 gepuk? Asli bikin penasaran nih.. Bikin penasaran. Memang inovasi harus selalu ada utk kesuksesan usaha ya..

    ReplyDelete
  39. Meskipun di tengah pandemi seperti ini tp kita sudah hidup di zaman yang serba canggih, segala sesuatunya jadi lebih mudah dengan online ya.

    ReplyDelete
  40. Anak aku nih lagi suka banget bisnis Kopi kekinian pdhal masih 15th. Belum coba sih pakai Gobiz.

    ReplyDelete
  41. ngomongin bisnis kopi meski sudah menjamur memang ga pernah ada habisnya ya Mba Unik, pas tinggal di Jogja ratusan cafe yang menjual macam-macam kopi berdiri dengan keunikannya masing-masing. jadi kepikiran apa buka usaha cafe kopi aja ya hehe. btw POS SYstem ini apakah dikhususkan untuk makanan saja mba UNiek atau kita bisa pakai juga buat pencatatan usaha lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kemarin nemu ada usaha UMKM pake pos system juga Mbak. Jadi meskipun pemiliknya di luar kota, jadi terpantau semua usahanya.

      Delete
  42. Enting-enting gepuk berpadu dengan kopi? Duh, aku ngiler, mba. Aku penggemar keduanya.

    POS system seperti yg dimiliki GoBiz memang sangat membantu gerai kopi kekinian, baik untuk pemilik usaha ataupun konsumen. Aku pernah belanja di gerai yg menggunakannya, memudahkan proses transaksi banget.

    ReplyDelete
  43. Penasaran pengen download juga aku jadinya mba Uniek, biar tahu kalau diterpakan dengan usahaku pasti membantu ya. Banyak juga usaha yang bisa dibangun untuk pemula ternyata yang dibutuhkan ketekunan pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download aja, Mbak. Aku sudah coba download di HPku. Ternyata memang fiturnya banyak dan mudah dioperasikan.

      Delete
    2. Iya Mbak pengen belajar mengetahui juga fitur yang bisa digunakan dan bermanfaat buat aku apa aja. Thanks mbak

      Delete
  44. Kopi kekinian bukan hanya sekedar tempat ngopi pada zaman sekarang ini, tapi sudah menjadi gaya hidup. Dan selalu ada terobosan baru untuk suguhan rasa dan manajemen system pengelolaan, salah satunya dengan POS System dari GoBiz dan kopi enting2 gepuk ini. Perpaduan yg okeh punya.

    ReplyDelete
  45. Wahh bagus ni GoBiz ngebantu banget yang para pebisnis pemula lbh mudah

    ReplyDelete
  46. Bener banget sekarang ini banyak banget yang namanya bisnis kopi itu jadi memang namanya peluang usaha itu harus dimanfaatkan

    ReplyDelete
  47. Memakai POS atau Point of Sale, seperti kita sedang melihat system penjualan di layar monitor karyawan suatu perusahaan/toko ya.
    Salut untuk GoBiz yang mengembangkan fitur ini.

    ReplyDelete
  48. Keren banget inovasinya mbak. Kedai kopitermasuk salah satu usaha yang tetap diminati ditengah pandemi ini. Dengan memakai pos system' yang dimiliki GoBiz tentunya sangat membantu proses transaksi makin mudah. Semoga pandemi ini segera berakhir supaya kondisi ekonomi yang porak poranda bisa kembali normal. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mbak. Di kala pandemi gini, kedai kopi peminatnya masih banyak. Mmg perlu difasilitasi dg proses yang nyaman dan andal ya

      Delete
  49. Kemudahan di masa pandemi inithe didukung dua hal, yaitu kemauan dan teknologi. Kalau keduanya berjalan beriringan, ekonomi untuk masyarakat bakal jalanada bagus ya, mbak

    ReplyDelete
  50. bener juga.. usaha logistik sama frozen food sekarang cukup laris. tapi kopi kekinian juga gak kalah laris kok.. krn bisa dipasarkan secara online juga ya kan?

    ditambah lagi sekarang ada ada pos system.. jadi memudahkan banget yaa gak perlu secara manual lagi

    ReplyDelete
  51. Sekarang kopi sedang di atas puncak. Bahkan ngopi sudah jadi tujuan buat deal-deal bisnis. Herannya lagi anak muda sekarang menjadikan warung kopi buat nyari gratisan wifi. Makanya sampe merk warung kopi dibikin galau dan aneh-anehπŸ˜…

    Kalau saya ke warung kopi pesennya tetep es teh wkwk

    ReplyDelete
  52. Waaahh itu Enting2 fav aku banget, di Bandung pun ada menu kopi unik begini dengan aneka pilihan toping salah satunya enting2. Huhu makin banyak yang usaha kopi mejamur semoga tambah sukses dengan menggunakan pos system yang mempermudah dalah dalam hal report penjualan dan transaksi. Semoga semua yang memiliki usaha kopi ato lainnya sadar akan pentingnya pos system ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah? Di Bandung juga ada enting-enting? Aku pikir di Jawa doang yang menyebar enting-enting ini.

      Delete
  53. buat mereka yang ingin memulai usaha kopi kekinian ini memang bisa menjadi salah satu alternatif yang oke untuk membantu proses penjualannya ya mba Un

    ReplyDelete
  54. Purwodadi juga mulai banyak kopi kekinian.... Dan selama pandemi ini kalau dr crita temen yg grabfood gt mereka sering nerima orderan kopi2 gt

    ReplyDelete
  55. Punya bisnis UMKM sekarang bisa dimulai dengan aplikasi pos system seperti ini ya Mak supaya bisa memantau perkembangan pemasukan dan pengeluaran. Enak banget ga perlu repot belajar akuntansi tinggal masukin data aja udah bisa memantau semua transaksi gitu ya :D

    ReplyDelete
  56. habis baca tulisan ini, jadi pengen beli kopi dong sambil nemenin nulis di sore hari pas banget kan yahh trus pesan online dirumah aja duduk cantik

    ReplyDelete
  57. Baca ini jadi pengen minum kopi masa hehe. Btw baru tau mengenai pos system ini , kayaknya temenku yang punya usaha kopi perlu tau ini nih biar emmudahkan usahanya juga.

    ReplyDelete
  58. Meskipun aku ga hobi ngopi. Tapi kalo ada bisnis kopi gini seneng e poll aku. Tandanya semua pada pengen maju

    ReplyDelete
  59. Dari yang ga suka kopi sampe jadi kopi addict gegara menjamurnya kopi kekinian sekarang2 ini.

    Baca postingan ini jadi pengen bikin usaha kopi jugaaa πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
  60. Kopi kekinian tuh emang mesti dicoba ya. Kalau ga, rasanya ketinggalan kereta banget hahaha :) Bisnis kopi makin marak dan menarik jadi mesti ulet dan dipelajari dengan baik. Enaknya ada pos system yang mendungung usaha mulai dari promosi, foto, pencatatan, pemesanan dll mantab amat nih :)

    ReplyDelete
  61. Untuk sebagian besar orang, kopi memang sangat menyenangkan utk dikonsumsi. Dapat menambah semangat.

    ReplyDelete
  62. Makin canggih ya teknologi masa kini, membantu banget utk yg punya usaha2 macam ini. Sangat mempermudah hidup. Hehe

    ReplyDelete
  63. Wah, unik banget ya enting-enting ditabur di atas kopi. Jadi pengin nyobain :)

    ReplyDelete
  64. itu kopi sama enting2? wah keren amat inovasinya. bener nih gobiz memudahkan transaksi ukm ya mbak dalam pencatatan apalagi

    ReplyDelete
  65. Aku rasa menggunakan POS Sistem seperti ini banyak keuntungannya ya. Mengurangi khilaf saat pencatatan, actual dan masih banyak lagi. POS Go biz ini apa cuma buat F & B ya Mba?

    ReplyDelete
  66. Nah aku baru tahu kalo sebelum ada post system, owner mesti minta tolong pic Go-food untuk upload foto menu baru.

    Mungkin maksudnya untuk mempermudah juga ya karena makin banyak orang buka usaha makanan secara online

    ReplyDelete
  67. iya memang kopi kekinian yang unik itu banyak digandrungi. Apalagi terdaftar di gojek, jadi makin mudah orang untuk membeli tanpa harus datang. Btw, kopi enting2 gepuk beli dimana deh, Mak? Jadi penasaran mau coba kaan.. xixixi..

    ReplyDelete
  68. Banyak untungnya ya POS Sistem ini, alhamdulillah jadi ngebantu banget buat yang jualan yah.

    ReplyDelete
  69. Asik deh kalau ada kemudahan buat cetak struk pembayaran juga ya mba. Proses transaksi pun menjadi lebih mudah ya dalam jual beli

    ReplyDelete
  70. Kopi Maju57 ini yang di area Tri Lomba Juang bukan sih, Mba. . Kalau iya, aku pernah icip juga dan emang enak rasanya...baca2 ttg Gobiz ini jd kekepikiran untuk daftar Gofood untuk bisa bikin usahaku lebih tertata nih Mba, sistemnya rapi dan terstruktur ya

    ReplyDelete
  71. Betul sekali mbak, Inovatif adalah usaha untuk bisa mengembangkan bisnis. Karena, banyak yang berjualan dengan produk yang sama tapi tanpa inovasi dan kreatifitas menurut Simbok hasilnya juga gak maksimal. GoBiz mungkin bisa jadi jalan untuk itu.

    ReplyDelete
  72. Wah ngebantu banget ya ini pos dari Gobiz ini terutama buat para pengusaha kuliner. Pastinya bikin pencatatan lebih rapi

    ReplyDelete
  73. bagi aku pecinta kopi adanya kopi baru karena bisa merasakan keahlian barista dari kopi yang diseduh, apalagi sekarang ada pos system yang super canggih dan bisa membantu usaha kecil

    ReplyDelete
  74. Indonesia memang sebagian besar pecinta kopi. Kalau dah kecanduan sehari bisa 2 sampai 3 kali ngopi. Kalo saya sih cuma tim kopi instan. Hehe

    ReplyDelete
  75. Usaha kecil bisa jadi lebih profesional dengan adanya Go Biz gini ya mbak. Semua transaksinya jadi tercatat dengan baik.

    ReplyDelete
  76. Keren ya... Bisnis makin gampang sekarang ada gobiz. Pencatatan lebih mudah apalagi manusia suka luput.. Jadi dengan Gobiz nggak khawatir lagi..

    ReplyDelete
  77. Komplit banget ya fasilitas POS System ini Jadi kalau mau berbisnis kita gak bingung lagi ini gemana itu gemana...Bisa langsung eksekusi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya kak ada yang memudahkan, jadi ukm nggak ribet atau susah memulainya ada bala bantuan ehehee

      Delete
  78. Aku tuh suka memperhatikan kalau kita pesan makanan/minuman via Gofood pada salah satu merchantnya, suka muncul notification kalau pesanan kita sudah dikirimkan ke resto terkait dan drivernya nanti tinggal ambil aja. Ternyata itu yang dimaksud dengan Post System ya, jadinya nggak lama ojol kirim pesanan kita.

    ReplyDelete
  79. Kok bikin ngiler yaa...kopi ditaburin enting-enting. Jadi ada kreces-krecesnya gitu deh. Bagus ya ada aplikasi yang memudahkan para pebisnis kopi...

    ReplyDelete
  80. mantap ya mba sekarang ini dukung bisnis kekinian banget memudahkan ga cuman pembeli tapi juga penjualnya..btw aku belum pernah icip2 kopi kekinian nih hehehe maklum ga doyan

    ReplyDelete
  81. Aku gagal fokus ke foto koya mbak, itu camilan deket kopi :-D jadi pingin itu makanan msa kecilku.
    Bener juga nih sebelum pandemi warung kopi ramai dikunjungi pecinta kopi buat nongkrong2. Pakai pos system jadi pemilik mudah memantau penjualan & bisa print struk juga ya

    ReplyDelete
  82. Setuju, Mbak Uniek, butuh terobosan baru dalam berbisnis di masa sekarang ini. Dan kopi memang pilihan yang tepat.

    ReplyDelete
  83. Keponakanku nih, bikin cafe pas jadinya pas pandemi April. Kasihan juga. Jadinya belum buka sampai sekarang, tapi tetap menerima pesanan PO & kirim pakai ojol. Untungnya pakai lahan keluarga besar, jadi nggak pusing bayar sewa tempat. Tapi keluar modal besar juga karena peralatannya mahal2.

    ReplyDelete
  84. Semakin kesini, bukan hanya pembeli saja yang menikmati berbagai lmeudahan transaksi ya. Penjual pun dapat menikmatinya juga. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  85. Makin beragam ya aplikasi dan peralatan sistem kasir. Pastinya sangat memudahkan segala sesuatu mengenai pencatatan transaksi dan juga pencatatan produk. Gak perlu ditulis-tulis lagi. Kudu pada pake deh para pelaku usaha. Mana support transaksi cashless pula ya.

    ReplyDelete
  86. Solusi banget ya buat pebisnis pemula. Jadi sebagian energi buat pembukuan dan segala tetek bengek catatan keuangan bisa dialihkan buat inovasi bisnis lainnya.

    ReplyDelete
  87. emang POS System yg satu ini top markotop bisa jangkau semua bisnis dan pastinya mudah di operasikan

    ReplyDelete
  88. Sudah terbukti sih ini.. bisnis kopi kekinian semakin banyak dan memang pasarnya sangat banyak termasuk diri saya sendiri yang suka banget order kopi kekinian.. nah apalagi di dukung pos system yang mempuni.. semakin marak deh bisnis kopi kekinian ini

    ReplyDelete
  89. Bisnis minuman kopi memang semakin menjamur. Untuk bisa sukses, gak cukup sekadar enak aja kayaknya. Harus ada inovasi lain. Kalua bisa yang unik kayak dikasih enting-enting kacang itu.

    Pencatatan keuangan juga penting banget. Bagus juga kalau ada sistem seperti itu. Gak merepotkan dan sudah tercatat dengan rapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai mantan anak akuntansi, catatan keuangan yang benar, rapi dan jelas itu penting sekali untuk bisnis apapun

      Delete
  90. Wah lumayan banget sih ini untuk pebisnis pemula yang butuh pembukuan praktis, aku kasih tahulah ke kawanku untuk mulai menggunakan ini

    ReplyDelete
  91. Enting-enting gepukitu seperti apa, ya, Mbak? Kebetulan Bapak dari Salatiga, jangan-jangan saya sudah pernah memakannya hihihi
    Senangnya sekarang yang memiliki bisnis bisa lebih mudah menjalankan bisnisnya karena ada aplikasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di foto di atas mba, yang gelas kopi ada tulisan kopi kekinian itu. Dibungkus kecil-kecil dengan ciri khas gambar kelenteng. Enting-enting gepuk tuh kacang tanah yang dihancurkan mix dengan gula. Rasanya khas sekali.

      Delete
  92. Kayaknya di Surabaya di setiap sudut kota pasti ada kedai kopi, dan kopi kekiniannya namanya selalu bikin galau, cuma beda galaunya aja hehe. Wah memudahkan banget ya mbak, gak perlu ribet catet manual, semua jadi satu deh dengan POS System :D Memudahkan penjual. juga pembeli :)

    ReplyDelete
  93. Sepertinya recommended ya GoBiz ini. Memudahkan pengusaha masa kini. Saya pernah lihat di twitter ada usaha kopi dijual di vespa, kreatif sekali. Memang harus berinovasi agar stand out

    ReplyDelete
  94. Penasaran banget rasa kopi yang ditaburin enting-enting gepuk itu Mba 😁
    Bukan hanya untuk kopi saja, sepertinya semua usaha kecil akan terbantu dengan Pos System dari Gobiz ini yah

    ReplyDelete
  95. jadi nget jaman kuliah punya bisnis kuliner tapi masih serba manual pakai excel, enak banget sekarang ada pos system begini

    ReplyDelete
  96. eh, kok unik mbak ada kopi dengan enting2 ya, jadi penasaran. Btw, GoBiz sangat membantu ya daripada harus rekap manual. Kayaknya pengen coba juga nih.

    ReplyDelete
  97. Sistemnya bagus yaa, semua sudah terintegrasi jadi gak ada resiko keselip-keselip atau gak ke catat. Aku sendiri gak suka ngopi, tapi suka lihat bisnis kopi kekinian yang makin banyak, tanda ekonomi kreatif kita makin bagus

    ReplyDelete
  98. pos system nih ngebantu banget ya buat yang punya usaha. pengen coba pelajari ah, siapa tau bisa aku terapin buat kebab fozen di rumah.

    kopi kekinian sih aku juga ga nolak, mbak. doyan banget ngikutin tiap ada yang baru

    ReplyDelete
  99. Suatu usaha tanpa disertai inovasi dan kreatifitas itu bakalan tertinggal. Apalagi sekarang ini banyak bermunculan usaha yang sama ya mbak, yang membedakan mungkin disistemnya. Sistem yang ditawarkan GoBiz bisa jadi solusi untuk mengejar ketertinggalan ni. Keren

    ReplyDelete
  100. Aku merasa terbantu banget setelah lini usaha pake pos system. Jadi kelihatan berapa sih omzet yang didapetin hari itu. Mana aja produk yang laris. Sebelum pake pos system, kadang ambil uang buat jajan aja ga kerasa. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tertarik buat gabung setelah baca komentar Widi.
      Tapi usaha F&B nya yang belum ketemu, masih observasi dulu. Nanti pasti akan memilih kerja bareng Go-Biz dengan post system nya yang udah komplit fasilitasnya

      Delete
    2. Wah sudah pakai pos system ya Wis usahamu, keren...

      Delete
  101. Pos System ini apa bisa diaplikasikan untuk usaha kuliner rumahan, Mbak? Kan kayanya efektif ya mencatat pembukuan jadi ketahuan transaksinya gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mba. Teman-teman yang bergerak di bisnis kuliner rumahan dan frozen food terbantu banget dengan pos system yang ada di GoBiz ini.

      Delete
    2. Menarik sekali. Adikku baru buka usaha kuliner rumahan. Nanti aku rekomendasikan untuk pakai POS System ini deh.

      Delete
  102. Mantab banget nih... bisnis semakin mudah dan lancar dengan GoBiz. Ngomong-ngomong, itu kopi campur enting-enting gepuk mbak? Enggak terbayang rasanya,hehe. Tapi mungkin enak ya, jadi ada rasa kacang gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak mba, aku udah merasakannya sendiri. Jadi pengin pesan lagi nih hehehe...

      Delete
  103. Saya juga mengamati fenomena ini, Mbak Uniek. Jadi memang disaat pandemi ini ada sesuatu yang turun, tapi sebaliknya ada sesuatu yang melejit juga. Jadi intinya selama bisa memanfaatkan peluang, pasti selalu ada jalan ya, Mbak.
    Misalnya makanan beku. orang kan kalau penting tidak boleh keluar rumah. Jadi bisa pesan online dan diantar Babang driver ojol juga. Termasuk promo lewat online juga.

    ReplyDelete
  104. Benar sekali mbak, bisnis kopi kekinian makin marak sekarang..
    Apalagi didukung oleh pos system, sangat membantu bagi pebisnis pemula

    ReplyDelete
  105. Dari dulu pengen nyobain kopi ini belum sempat-sempat, pasti unik banget ya kopi ditambahi enting2 gepuk. Apalagi denagj adanya POS system, pengelolaan bisnis jadi lebih mudah, jadi customer lebih terlayani dengan baik. Jadi nggak cuma soal kualitas Rasa tapi Juga kualitas layanan yang jadi andalan. Mantap

    ReplyDelete
  106. Aku penggemar kopi banget Mba. Jadi pengen coba kopi ini .... unik yah.

    ReplyDelete
  107. Karena bisnis kopi ini masuk ke semua kalangan, baik tua maupun muda menyukai minuman yang satu ini. Apalagi disaat malam hari ketika cuaca kurang bersahabat ataupun saat ajang kumpul bareng teman.

    Apalagi sekarang minuman kopi yang satu ini harga nya bersahabat, tentu akan semakim laris manis.
    Kopi kekinian yang menyesuaikan dengan kemajuan trend pasti sangat diminati

    ReplyDelete
  108. Kok aku malah jadi minat usaha kopi juga yah...tapi ya kalau disekitarku warungkopi sudah terlalu banyak. hmmm.....jadi suplier kopi ajalah kali ya :D

    ReplyDelete
  109. Lucu banget kopi pake enting2 gepuk. Bisnis kopi tetep lancar kalau berkolaborasi dengan aplikasi online, ya.

    ReplyDelete
  110. Untuk mencari peluang bisnis dimasa seperti sekarang harus dengan pemikiran yang matang juga ya. Dan bisa dengan menonjolkan sesuatu yang unik dari bisnis yang akan diluncurkan tersebut

    ReplyDelete
  111. Fitur-fitur di pos system dari GoBiz jadi memudahkan para pebisnis ya ka, apalagi saat pandemic seperti ini. Saling memudahkan pemilik usaha dan pembeli

    ReplyDelete
  112. Jadi inget anak tetangga kuliah ambil jurusan logistic, diarahin orangtuanya karena bidang ini gak ada matinya, apalagi saat pandemi gini malah lagi naik daun ya

    ReplyDelete
  113. Ya ampun enak banget kalau buka usaha kopi. Bisa ngajak teman kongkow bareng di kafe sekaligus menghasilkan duit. Enaknya lagi kalau pakai teknologi sehingga kelihatan arus kas nya

    ReplyDelete
  114. saat ini bisnis kopi-kopi kekinian masih diminati ya, apalagi ditambah dengan adanya POS System ini

    ReplyDelete
  115. Kalau mau buka usaha rumahan jadi ga kesulitan lagi ya sekarang, ada aplikasi yang bantu mengenai kasir dan arus keuangan kita

    ReplyDelete
  116. Memulai usaha udah ada sistem yg terintegrasi gini enak ya mbak. Sangat memudahkan pembukuan juga jd rapi

    ReplyDelete
  117. Kopi kekinian emang nggak ada matinya ya? Suka banget sama kopi aren, dan males nyoba lainnya

    ReplyDelete
  118. Wah sekarang kopi uda semakin kece ya penasaran banget pengen myobain kopi kekinian yang satu ini.

    ReplyDelete
  119. Penasaran sama kopi kekinian yang dicampur dengan enting-enging. Enak kayaknya..

    ReplyDelete
  120. Jadi pengen ngopi. Hehhe. D tempatku banyak kopi kekinian yang aku suka, mba. Enak banget rasanya juga. Kalo ada kemudahan, bisnis makin lancar ya

    ReplyDelete
  121. Kopi emang gak ada matinya, buka usaha kaya gini emang udh tepat banget ya kak. Di tambah kalau pake pos system dari obiz agar lebih terpantau, enak banget juga.

    ReplyDelete
  122. bagus bagus ya aplikasinya POS System ini membuat semuanya makin mudah bagi para pemilik usaha makanan khususnya buat para pemilik kopi kekinian ini. Jadi pengen punya usaha cafe kopi gitu, aamiin allahuma aamiin

    ReplyDelete
  123. Bagus ya mbak pos sistem ini, jadi membantu pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya dalam sekali klik. Moga seterusnya dapat dipergunakan dan secara berkala di update

    ReplyDelete
  124. kalo kayak gini jadi lebih rapih tapi kita ga perlu repot ya mba. Apalagi kalo tentang keuangan tuh pasti riweuh

    ReplyDelete
  125. nah bener banget nih mbak. Karena jarang yang dateng ke lokasi karena pandemi, jadi berubah ke menyediakan kemasan literan sekarang hehe

    ReplyDelete
  126. Kopi kekinian memang idola tidak hanya para remaja, tapi juga generasi old juga kayak saya hehehe. Bisa di terapkan untuk home industri juga ya mbak, POS sistem ini. Lebih efektif dan memguntungkan tentunya.

    ReplyDelete
  127. Ini info bermanfaat sekali buat yang berbisnis. Dan jadi rekomended untuk buat penyuka kopi.πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  128. Alhamdulillah, bahkan kafe yg biasany harus disamper pun bisa "dipindah" ke rumah y, Mbaaa
    Tinggal beli kopi by online terus mengondisikan salah satu space d rumah biar mirip kafe
    Udah, deh
    Xixixi
    Alhamdulillah
    Selalu ada hal positif dalam situasi apa pun memang y, Mbaa

    ReplyDelete
  129. Boleh dicoba kopi kekinian pakai enting-enting gepuk.
    Memang bisnis harus terus menyesuaikan dengan perkembangan jaman ya mbak :)

    ReplyDelete
  130. Betul ya, jaman sekarang sudah pada canggih. Kalau tidak mengikut perkembangan teknologi, kita akan diam di tempat atau justru tertinggal. Termasuk dalam dunia bisnis. Transaksi, pencatatan keuangan, pembukuan, dll memang akan lebih profesional kalau menggunakan kecanggihan teknologi

    ReplyDelete
  131. Memang di masa pandemi kalau tidak pintar cari peluang bisa stuck di tempat kayaknya ya mba. Ikhtiar dan berdoa saat ini dibutuhkan untuk bertahan hidup. Apalagi skrng hampir semua lini kehidupan menggunakan cashless. kopi kekinian sepertinya cukup mampu bertaham di masa pandemi saat ini

    ReplyDelete
  132. Kayanya mudah dipakai ya GoBiz. Senang melihat berbagai aplikasi hadir untuk memudahkan pengusaha berbisnis

    ReplyDelete
  133. Sistem postingan penjualan ini sangat membantu sekali. Jadi lebih praktis.

    ReplyDelete
  134. bener kak, aku yang anak milenial jadi punya temen padahal kakak ku beda umur jauh tapi tetap suka kopi kekinian :D hebat ya dunia F&B bisa menyatukan kita semua

    ReplyDelete