Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

18 May 2016

Kuliah Online bersama Binus Online Learning



Sampai sekarang masih keingetan terus jaman kuliah dulu. Pertama masuk kuliah sudah 'teracuni' dengan berbagai aktivitas di alam bebas. Jadinya yaaahhh... akhirnya kuliah itu seakan-akan jadi mengganggu hobi gituh.

Pernah ya waktu semester 1 aku dapet E untuk mata kuliah statistika. Padahal waktu ujian aku bisa mengerjakan soal-soal yang diberikan loh. Meski jarang kuliah karena rajin 'ngelayap', aku tetap belajar dengan rajin setiap kali akan ujian. Lalu kenapa oh kenapa dapet nilai E gituh?

Nyesek banget waktu mendapat jawaban dari dosen matkul tersebut. Aku diganjar nilai E karena ketauan pernah nggak masuk kuliah saat beliau mengajar. Tidak ada ampun lagi kata beliau, sekali mahasiswa tidak datang saat ada tentamen / ulangan, maka ya segitu itu standar nilainya.

Pedih... pediiiihh Bang hati Adek. Tapi apa daya, sudah seperti itu sih ya titah pak dosen. Terpaksa mengulangi mata kuliah tersebut di semester berikutnya.

Sebenarnya bisa nggak sih kuliah tapi nggak harus selalu datang ke kampus gitu? Apalagi bagi mereka yang sudah sibuk bekerja namun ingin melanjutkan kuliah gitu. Kan repot ya kalau harus membagi waktu antara bekerja dan kuliah. Bisa-bisa malah pontang-panting nggak keruan kesana kemari. Yang ada justru capek hati dong nanti.

http://bulc.binus.ac.id/


Heloooo... kata siapa kuliah harus selalu datang ke kampus? Semua orang berhak untuk #MajuTanpaBatas di era digital seperti sekarang ini. Untuk mendapatkan ilmu lanjutan di saat sudah sibuk bekerja, kita dapat memilih untuk kuliah online.

Kuliah online itu memangnya seperti apa sih?

Kuliah Online itu sama saja seperti kuliah pada umumnya. Setiap peserta kuliah tetap belajar, mendapatkan materi dan berdiskusi. Bedanya, peserta kuliah bisa melakukan semuanya melalui internet. Tidak bisa dipungkiri jika kita seringkali memiliki keterbatasan waktu untuk kuliah karena kesibukan sehari-hari. Kita bisa saja mengikuti kuliah kelas karyawan ataupun kuliah di malam hari.

Berarti kita masih harus tetap datang ke kampus dan mengikuti pembelajaran di kampus setiap saat dong. Yaaahhh... masih repot lah kalau seperti itu. Kan capek ya setelah pulang kerja masih harus mikir kuliah lagi. Apalagi bagi karyawan sepertiku yang sepulang kantor sudah harus mengurus keluarga juga.

Salah satu cara agar kita dapat kuliah dan tidak perlu datang ke kampus setiap saat ya dengan kuliah online. Untuk kuliah online kita perlu memilih universitas penyelenggara yang dapat dipercaya dan berkualitas tentunya.

Kualitas ini mencakup kegiatan belajar serta interaksi mahasiswa tersebut. Belum banyak universitas yang dapat menyelenggarakan sistem kuliah online yang terpercaya dan berkualitas. Untuk itu, Binus Online Learning hadir memberikan kemudahan pendidikan untuk kita semua. Sistem Binus Online Learning ini sangat fleksibel. Dalam kegiatan belajar, mahasiswa dapat melakukan interaksi dengan dosen tanpa ada batasan waktu dan tempat. Kehadiran dalam tatap muka di ruang kelas tetap akan dilakukan, tetapi terbatas pada kegiatan yang bersifat pembahasan kasus, diskusi pemantapan / pemahaman materi kuliah, dan pada saat mengikuti ujian.

Interaksi dengan dosen dan praktisi sangat diutamakan untuk mendapatkan dan meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata. Metode ini sangat cocok untuk pekerja professional dan entrepreneur, bahkan ibu rumah tangga yang ingin melanjutkan studi S1 tanpa terkendala dengan waktu dan tempat.

Untuk kegiatan belajar mahasiswa, Binus Online Learning sudah mempersiapkan dan memperhitungkan agar mahasiswa mendapatkan hasil yang berkualitas. Mahasiswa dapat fokus belajar dengan jumlah mata kuliah yang terbatas di tiap periode/semester, sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal. Mahasiswa Binus Online Learning juga akan mendapatkan Pembelajaran Global, dimana mahasiswa Binus Online learning tidak saja akan diajar oleh dosen dari kota lain seperti Jakarta, tapi juga dengan dosen-dosen yang ada di luar negeri.

Binus Online Learning menggunakan LMS (Learning Management System) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, dan mahasiswa dengan pembimbing akademis. Dengan demikian mahasiswa online learning dipastikan mempunyai kualitas yang sama dengan mahasiswa yang melakukan sistem perkuliahan pada umumnya.

Untuk metode perkuliahan, setiap mata kuliah akan diterima dalam beberapa bentuk seperti, diskusi di forum, tugas individu / kelompok, video conference, maupun video pembelajaran. Semua ini dilakukan secara online. Namun untuk awal masuk perkuliahan dan ujian, setiap mahasiswa harus datang ke BULC atau kampus BINUS.



Binus University Learning Community atau yang dikenal sebagai BULC sudah hadir di beberapa kota, diantaranya Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi. Dengan adanya BULC ini jika mahasiswa Binus Online Learning sedang ada tugas keluar kota dan bertepatan dengan waktu ujian ataupun perkuliahan Face to Face, maka dapat datang ke BULC terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Dengan progam EES (Employabiity & Entrepreneurial Skill) yang dimasukkan kedalam mata kuliah, Binus Online Learning tidak saja menyiapkan lulusannya untuk siap bekerja, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan. Saat ini Binus Online Learning juga telah menghasilkan lebih dari 300 lulusan terbaik yang tersebar di berbagai instansi dan perusahaan, baik nasional maupun multinasional.

Nah, keliatan banget kan keuntungan metode pembelajaran secara online. Kita bisa #MajuTanpaBatas karena dapat kuliah kapan saja dan di mana saja. Tidak ada lagi penghalang bagi kita yang sibuk bekerja untuk terus maju kaaannn.... Sekarang kita dapat melakukan kuliah sambil bekerja, mengejar passion, mengurus bisnis, bahkan travelling ke luar negeri.

Sudah siap untuk #MajuTanpaBatas? 

Yuk ikutan Photo Competition dengan total hadiah 10 juta rupiah. Wooww...ngileeerrr... Cuma foto gaya atau tempat belajar aja bisa dapet hadiah. Capcusss ah ke http://bit.ly/ntphcontest untuk dapetin detail informasinya.


32 comments:

  1. Sekolah S2 lagi Yuk mbak, asyik nih kalau bisa online

    ReplyDelete
  2. Waahh kalau ada S3 online, aku mau mbak

    ReplyDelete
  3. Kuliah online memang seruuu kayaknya ya.. Tapi harus disiplin pastinyaaa

    ReplyDelete
  4. Waah...enaknya..bisa belajar dimana saja dan kapan saja berarti ya mbak? Bisa nih kurekomendasikan ke adikku

    ReplyDelete
  5. Praktis dan fleksible. Patut dicoba buat yang ingin maju tanpa batas....

    ReplyDelete
  6. Terobosan baru bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dgn fasilitas dari Binus secara online.Keren bgt ya mbk😊😊😊

    ReplyDelete
  7. Terobosan baru bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dgn fasilitas dari Binus secara online.Keren bgt ya mbk😊😊😊

    ReplyDelete
  8. Praktis ya memang kuliah online ini. Modalnya cuma dana, kemauan, disiplin dan internet :)

    ReplyDelete
  9. Betuuuul sekali mak uniek. Sekarang, dengan kemajuan teknologi tidak menutup kemungkinan kita bisa belajar di mana aja, kapan aja, dunia seolah dlm genggaman. Asalkan ada kemauan yg sungguh2 aj, di era sekarang harus punya semangat #majutanpabatas sampai raga tak lagi bernafas. Chayoooo!!!

    ReplyDelete
  10. Hebaaat, hari gini udah ada kuliah online. Eh udah dari dulu kali ya? hahaha. Aku sempat belajar di Binus Coursenya di Palembang.

    ReplyDelete
  11. sudaaah siap majuu *hloohh
    kalo kaya aku emak2 masih bisa ga ya maak ngikot kuliah online nya xixiix

    ReplyDelete
  12. Wah asyik dong ya mbak kalau kuliah ngga perlu datang ke kampus, jadi bisa mengatur waktu luang dan bisa mengerjakan hal lain.

    Binus keren ya bisa mengadakan kuliah on line karena ngga semua bisa melakukan :)

    ReplyDelete
  13. Jadi gak ada alasan malas macet dan tua di jalan ya, bisa belajar secara online gini.

    ReplyDelete
  14. INI kuliah, ada yg buat anak SD nggak mbak? Kepikiran homeschooling buat Najin. Sekolah online

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masih usia SD dibanyakin gaholnya aja maaakkk...

      Delete
  15. Wah enak tuh bisa S2 dan S3 online bisa dari rumah ya, jurusan apa aja ya yang bisa online 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Vit di webnya Binus, coba diklik tuh, ntar ada macam2 jurusan yang di-online-kan.

      Delete
  16. Kereeeeeennn! Terbuka kesempatan luas untuk mencari ilmu dari memanfaatkan online ya.. Pioneer ni utk kemajuan pendidikan. Mantaapp!

    ReplyDelete
  17. Bayarnya brapa tu kuliahnya mba? Binus smg dmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba klik webnya yg kutulis di atas Susan, ada kok keterangan Binus Semarang dimana.

      Delete
  18. wah baru tahu nih mbak ada kuliah online macam gini, tp otaknya udah ga bs diajak kerjasama nih mbak he..he..

    ReplyDelete
  19. Andaikan dikampusku bisa kuliah online juga..ga perlu jauh2 tiap hari ke kaligawe yah :p

    ReplyDelete
  20. Dari s1 sampai s2 statistik ku A mba, Alhamduliah.. Suka banget sama pelajaran dan dosen nya mantap. Jadi mudah mengerti.. Walau sekarang mah lupakan saja sudah hehee.. Aku masih gak percaya dengan kualitas kuliah online, binus s2 lumayan deket sih dari rumahku

    ReplyDelete
  21. asik ya sekarang bisa kuliah online. Coba sekolah juga bisa begitu, ya. Kayaknya bakal tambah asik :D

    Kalau saya paling lemah pelajaran akuntansi. ampun, deh hehe

    ReplyDelete
  22. Jadi pengin melanjutkan studi yang tertunda, apalagi ga harus datang langsung ya ? Bisa di sambi momong hehehe.. Tp kayaknya dah ga nyaman pikirane mbak

    ReplyDelete
  23. wahwah, di Semarang ada ya?
    kmrn ada temen lagi nyari kuliah yg bisa sambil kerja, nanti aku kasih tau deh.

    makasih Mak Niek.. :)

    ReplyDelete
  24. Tapi cm jurusan IT kah mbak? Wah bs buat suami nih :) thx infonya mbak..

    ReplyDelete
  25. Kalau sekarang lg kuliah S1 trus mau ngambil lagi kuliah online di binus gitu bisa gak ya mbak?

    Oiya, ditunggu kunjungannya di ittihadulmuslimeen(dot)blogspot(dot)com ya mbak

    ReplyDelete
  26. BINUS nih salah satu univ swasta favorit ya, temanku ada bbrp lulusan sana.

    ReplyDelete
  27. Serius mbak Statistik dapat E? *salah fokus.

    ReplyDelete
  28. Aku dulu juga gak suka statistik. hahaha. Lemah hati bungsu untuk masalah hitung-hitungan :D

    ReplyDelete
  29. Jaman pnline skrg serba mudah ya, termasuk kuliah aja bs online. Tinggal kitanya nih, mau disiplin diri ngga kuliah model online begini

    ReplyDelete