25 February 2019

Mengapa Harus Terus Ngeblog?




Alamaaakkk... seiring dengan makin dekatnya Pemilihan Umum yang kali ini berbarengan antara pemilihan presiden dan pemilihan legislatif, suasana beranda sosial media pun ikutan memanas. Semua orang berlomba-lomba menuliskan analisa terkini dan terhebat. 

Sayangnya, aku ini termasuk bukan konsumen ‘news ala ala’ seperti itu. Jadi kayaknya kasihan banget deh itu para penyuplay kabar dan opini politik jelang Pemilu, ga masuk target setoran pembacanya karena minus diriku hehehee... 

Duuhh... hidup itu kan sudah berat ya. Apalagi dengan segala rutinitas keseharian yang mau nggak mau harus terus dilakukan demi keberlangsungan hidup. Yang bekerja kantoran, meskipun kondisi facebooknya memanas, toh harus tetap menerima instruksi atasan yang kadang-kadang datangnya kayak jaelangkung. Masak sih masih harus meladeni si jaelangkung ini sembari ikut berpanas hati menyikapi sosial media? 

Atau seperti aku nih yang sekarang udah resmi jadi ibu rumah tangga sejati (meskipun dalam hal masak-memasak ya tetep aja stagnan ga ada pergerakan), segala rutinitas dari pagi hingga petang nguplek di rumah, kan tidak bisa dipungkiri bikin emosi turun naik seperti roller coaster. Jangan dibilang karena tidak ikhlas lho yaaa... ini kan manusiawi berkaitan dengan hormonal. 

Nah, dengan berbagai permasalahan hidup yang dihadapi tadi, butuh hal lain dalam hidup dong untuk menyeimbangkan diri. Keluar dari segala rutinitas dan melakukan aktivitas yang berbeda, tentunya akan terasa bagaikan tetesan embun di gurun tandus. Serasa mendamba gitu kan, pengin mendapatkan kesegarannya lagi dan lagi. 

Emang apaan yang bikin segar hidupku? 

NGEBLOG

Loh, nggak salah tuh? Ngeblog kan kudu mikir, kudu menyusun rangkaian kata yang harus disampaikan kepada pembaca. Apa nggak malah tambah stres tuh jika harus ngeblog di tengah riweuhnya kehidupan sehari-hari? 



Ngeblog untuk Penyeimbang Hidup 


Sebenarnya, rata-rata yang teman-teman pernah alami berkaitan dengan proses awal mulanya ngeblog tuh gimana sih? 

Kalau aku pribadi, dulu pertama kali ngeblog gara-gara pengin jualan. Sudah beberapa tahun jualan hasil karya rajut di facebook, terus kok pengin memasukkan ke web gitu agar bisa dengan mudah dideteksi oleh search engine. Maka mulailah aku ngeblog dengan tujuan tersebut. 

Berangsur-angsur, kok rasanya sayang aja ya blog pribadi sekedar untuk jualan. Ada banyak hal yang melintas di kepala yang rasanya ingin dituangkan dalam bentuk tulisan. Hanya saja terasa lucu kan ya masak blog jualan kok isinya curcol. Apa kata para konsumennya ntar, dikira bakul galau malah. 

Akhirnya bikin blog baru lagi deh untuk menampung segala sesuatu yang ingin ditulis. Tadinya hanya satu blog saja, diisi dengan curhatan-curhatan terselubung plus catatan harian. Udah lumayan nih dijadikan sarana untuk menyeimbangkan hidup, biar enggak garing gara-gara hanya melakukan rutinitas hidup yang tiada henti. Terus kok ketagihan lagi bikin blog baru yang isinya khusus untuk parenting. 

Meskipun aku mulai ngeblog di saat anak-anak sudah besar, rasanya tidak ada kata terlambat untuk mencatat berbagai hal seru tentang pertumbuhan mereka. Nantinya saat mereka dewasa, bakalan senyum-senyum deh baca catatan penting nggak penting tentang diri mereka di blog ibunya. 

Buatku sendiri, menuliskan keseruan aktivitas kedua anakku yang sudah beranjak besar itu juga memiliki efek psikologis yang luar biasa. Salah satunya adalah makin tau banyak sekali hal yang harus kuperbaiki dalam berkomunikasi dengan mereka. 

Anak sulungku kan sekarang sekolah di luar kota, setiap kali bisa bertemu aku suka nanya-nanya apa saja aktivitasnya di sana. Jawaban dan ekspresi yang dikeluarkannya kadang suka bikin takjub. Antara percaya nggak percaya, owhhh inilah anak yang kayaknya belum lama kulahirkan, tapi kok sekarang udah remaja dan telah mencapai tahapan perkembangan perilaku yang tak kusangka-sangka. 

Menuliskannya di blog membuatku jadi punya catatan tentang banyak hal, baik yang duka maupun suka. Sama-sama bermanfaat untuk dibaca kembali di masa-masa mendatang. Itulah enaknya ngeblog, bebas menulis dan membacanya ulang kapan pun kita mau. Dengan kembali menelusuri cerita-cerita parenting itu, rasanya hidupku jadi seimbang. Tak melulu menjalankan rutinitas saja, tapi ada momen istimewa ketika aku berinteraksi dengan blogku sendiri.






Memilih Domain dan Hosting untuk Blog 


Salah satu yang kulakukan ketika membuat blog berikutnya ini, aku inginnya bisa langsung Top Level Domain (TLD). Salah satu pertimbanganku untuk bikin TLD blog parentingku ini adalah agar gampang diingat aja. Nggak enak banget kan menyebutkan alamat blog dengan panjang berderet menggunakan domain gratisan dari salah satu platform penyedia blog. 

Maka berburulah informasi mana saja penyedia domain yang bisa kupake jasanya. Ketemu deh dengan review Qwords di internet. Juga atas anjuran salah satu teman yang menyarankan aku untuk handle sendiri seputar pemesanan domain ini.




Oke, akhirnya aku meluncur dong ke web Qwords ini dan mencari tau gimana caranya untuk bisa punya domain sendiri dengan harga yang ekonomis. Emak-emak ini kan, cabe aja ditawar, apalagi bikin domain. 

Ternyata, harga domain di sini tuh nggak mahal-mahal amat ya. Bisa banget disesuaikan dengan budget masing-masing orang. 

Sependek pengalamanku menggunakan Qwords ini ya, tidak ada hambatan sama sekali. Apalagi pihak customer servicenya helpful banget. Di saat kegaptekan melanda, aku bisa bertanya-tanya banyak hal kepada mereka tanpa takut dijutekin. 

Iya loh, awal-awal punya domain dulu suka katro, nanya-nanya yang ga penting, yang sejujurnya menurutku sendiri udah ngeselin banget. Tapi petugas di Qwords sabar banget, menjawabnya satu persatu dan langsung menolong di kala ada salah satu prosedur yang sepertinya aku kesulitan melakukannya. 

Meskipun dipandu secara online dan tidak berhadapan secara langsung, aku amat terbantu loh. Penjelasannya mudah dan bisa ditangkap oleh orang awam sepertiku. Yah, kadang kala ada juga sih yang masih kutanyakan ulang. Yang sabar ya mba atau mas petugas CS nya. πŸ˜‰

Bagi yang membutuhkan domain plus hosting sekaligus, bisa juga loh mendaftarkan di Qwords. Ada beberapa keunggulan web hosting Indonesia ini : 
  • Layanan bantuan pelanggannya 24 jam. Technical support & Customer Service Qwords siap membantu selama 24 jam melalui layanan terpadu Live chat, Call Center, dan Support Ticket. 
  • Tersedia manual yang lengkap. Qwords dilengkapi dengan halaman knowledge base yang berisi tutorial & tips seputar pengelolaan website. Halaman ini dapat diakses dengan mudah dan memberikan solusi sesuai kebutuhan. 
  • Private Data Center. Web Qwords memiliki Private Data Center yang berlokasi di Jakarta dengan backup server di Surabaya. Data Center Qwords berada di jalur utama Indonesia Internet Exchange (IIX) sehingga lebih cepat diakses, serta memiliki Server dengan Uptime 99.99%. 
  • Akses Cepat dari seluruh dunia. Website yang dihosting di Qwords lebih stabil & cepat diakses dari seluruh dunia karena network yang baik dengan kecepatan 1Gbps serta dukungan Ultrafast SSD. 
  • Garansi 30 hari uang kembali. Nah, ini dia yang paling nyenengin. Saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pelanggan bisa mendapatkan garansi uang kembali yang berlaku 30 hari setelah Hosting aktif. Perlu diingat, garansi ini berlaku untuk akun baru di Qwords dengan pemesanan Hosting minimal 1 tahun. 

Banyak sekali kan kelebihan yang ada di Qwords terkait layanan dan kemampuan web hostingnya. Silakan lho jika teman-teman butuh untuk bikin domain dan hosting untuk blognya, bisa meluncur aja ke https://www.qwords.com/ agar bisa mencari detail informasi tentang apa saja yang dibutuhkan. 

Oke, jangan lupa bahagia dan menyeimbangkan hidup. Happy blogging..


56 comments:

  1. Jadi awal mula mbak Uniek ngeblog itu karena untuk jualan produk rajut ya. Baru tahu aku malahan. Kalau aku bikin blog karena untuk memenuhi tugas KKPI pas jaman SMK.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget kalau ngeblog sebagai penyeimbang hidup. Kalau nggak ada pelarian sesuai hobi/passion bisa-bisa nenggak panadol melulu ngadepin kerjaan emak nggak abis-abis hihi.

    ReplyDelete
  3. ngeblog memaaang asli bikin relax..kecuali dikejer deadline yaaa hehehe. Btw, Aku nyimak nih soal hostingnya..mau beli buat Bo hehehe

    ReplyDelete
  4. Aku awalnya ngeblog buat curhat, eh jadi keterusan....curhatnya *lah gimana jal

    ReplyDelete
  5. Jadi pingin ngeblog lagi... Lama nggak juga nggak buka blog

    ReplyDelete
  6. Aku awal mula ngeblog karena penasaran nulis di blog itu apa beda sama nulis novel hehehe, sampai sekarang malah keranjingan ngeblog dari pada nulis bukunya. harusnya bisa seimbang ya, hehehe makasih Mba uniek sudah membimbing banyak dalam dunia ngeblog. Love you.

    ReplyDelete
  7. Waaah, sama. Aku juga beli domain di Qwords. Sering ngasih promo nih, pelayananny juga puas deh.

    ReplyDelete
  8. Udah kenal lama sama Qwords nih suka karena orang kita yang handle seru juga karena sekarang lagi banyak promo nih kebetulan di Bandung juga ada kantornya sering adain gathering juga. Laaaav banget sama Qwords

    ReplyDelete
  9. Aku sering liat qwords ini. Tp ga pernah gubris saking ga care nya sama iklan πŸ™ˆ. Giliran butuh baru deh ngubek2 info lagi. Jadilah baru tau dr tulisan mba uniek kl qwords ini penjual jasa domain πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ

    ReplyDelete
  10. Kalau buat saya ngeblog itu sekarang untuk media berbagi hal lewat tulisan, syukur bisa menghasilkan, heuheu. Btw, Bagi yang mau pakai TDL kayaknya qwords bisa jadi pilihan yaaa

    ReplyDelete
  11. Tos mba, jadi IRT full time di rumah. Salah satu kegiatan yang menyenangkan dan membuat saya waras itu adalah ngeblog. Akhirnya dua tahun lalu memberanikan diri untuk beli domain dan hosting. Wah Qwords saya baru dengar mba tapi untuk 5 keunggulannya bisa jadi bahan pertimbangan untuk domain saya yang baru nanti.

    ReplyDelete
  12. saya juga pake qwords mak, tosss..sekarang pengen beli domain lagi untuk blog masak..tapiii..ditunda dulu kayanya..soalnya masaknya lagi males hehe

    ReplyDelete
  13. Makasih Mbak, saya harus terus bahagia, karena yang membuat kita bahagia ya kita sendiri. Ngomong-ngomong soal pertama kali bikin blog, itu karena membaca catatan seorang artis di tahun 2011. Saya pelajari dan ternyata media itu bernama blog, kepingin dong punya blog juga. Alhamdulillah setelah otodidak bikin sendirilah blog dan aktif mengisi di tahun 2012. Sekarang Mbak Uniek full time di rumah? ini yang kubaru tahu. Kalau Qwords saya teh, sering sekali mendengar dan membaca tapi belum pernah sekalipun berhubungan. Makasih ya, sharingnya tentang Qwords

    ReplyDelete
  14. Blog awalnya saya gunakan untuk curhat semacam diary gitu deh, lama2 koq lebih enak curhat sambil membahas sesuatu yang lebih penting kan jadi nambah pengalaman, oiya saya baru tahu qwords ini loh harganya juga murah ya, bisa lah buat blog saya yang beda niche :)

    ReplyDelete
  15. CS yg helpful jadi patokan utama nentuin webhost buatkuu, bakal aku jadiin opsi nih qwords. Mayan jadi dapt referensi baru nih Mak :)

    ReplyDelete
  16. Aku catat dulu deh domain dan hosting di Qwords ini. Siapa tahu ntar kepikiran beli untuk blog buku.

    Nah iya sih, kalo ngeblog itu untuk penyeimbang hidup. Dan makin kesini, juga bikin penyeimbang rekening, hihihiii

    ReplyDelete
  17. Tadinya aku ingin pake qwords juga bun tp udah terlanjur pasang pake hosting lain. Next kalo diperpanjang kira2 bisa ga yay ganti ke qwords?

    ReplyDelete
  18. Waaahhh mba Uniek udah di rumah aja nih?
    Welkam yaakkk dalam dunia emak2 di rumah aja hahaha.
    Sangat manusiawi mba kalau sering emosian.
    Saya aja yang meskipun kalau disuruh balik kerja udah males banget.
    Tetep aja uring2an di rumah.
    Bosaaaaannnnnn hahahah

    Tapi keren ya mba Uniek, blognya banyak..
    Saya urus 1 blog aja ngos2an.
    Pengen punya tongkat ajaib atau remote ajaib deh, biar bisa pencet2 aja semua kerjaan rumah selesai, jadi saya punya banyak waktu dalam mengelola blog.

    Kalau saya awal ngeblog cuman buat curhat mba, eh bentar, sekarang juga tetep curhat, ga puas curhat di blog sendiri, eh numpang juga curhat di blog orang wakakakkaka.

    Hidup saya emang penuh dengan curhat, hidupppp curhaaatt wakakak

    Tapi Alhamdulillah sih, curhatnya bisa manfaat, meskipun satu dua orang, adalah pembaca setia yang mau mengorbankan waktunya buat baca curhatan si ratu curhat ini qiqiqiqi

    Btw sayang ya saya baru tau qwords ini, mungkin bisa lah buat nanti beli domain buat blog lainnya, kalau saya udah bisa punya waktu lebih buat mengelola lebih dari satu blog kayak mba Uniek.
    Baca reviewnya di sini kok ya menarique, bikin mupeng mau beli domain lagi *eh :D

    ReplyDelete
  19. layanan 24 jamnya itu loh. kan kita ngeblog juga sewaktu2. nah kalau ada masalah tengah malam misalnya, jadi ada yg ngebantuin deh, asyik yah

    ReplyDelete
  20. Pagi ku juga sebagai penyeimbang hidup, Mbak. dari punya satu blog kemudian jadi dua untuk menampung berbagai kebutuhan mengeluarkan semua undang-undang dari kepala.jadi merasa senang kalau dapat hosting atau pembayaran domain dengan segala kemudahan nya. Semangat terus ngeblog ya mbak. Mencatat perkembangan anak-anak untuk bisa mereka baca nanti. So sweet

    ReplyDelete
  21. Aku juga sama dengan mba. Bedanya aku kerja kantoran, jadi aku ngeblog supaya ga terlalu stress dengan kerjaan kantor dan tetep happy. Mau tanya sekalian mba. Web hosting itu bisa untuk blogger juga?

    ReplyDelete
  22. Asyik, tosss mbak sama-sama pakai qwords, memang recomended ya... Semangat blogging :)

    ReplyDelete
  23. Setuju banget mba, ngeblong bagi aku juga untuk menyeimbangkan hidup, setelah peran sebagai istri dan Ibu.. ngeblog ya saat aku me time menunjukan pribadi aku hehe.. duh inget domain jadi langsung ngecek tanggal kadaluarsa hosting aku.. Alhamdulilah masih bulan Mei.. mmm jadi mulai ngelirik qwords domain ini.. okay aku baca-baca dulu lebih dalam ya sebelum memutuskan hehe

    ReplyDelete
  24. Ah iya sama mbaa
    Ngeblog inj juga beneran jd life balance buat akuh
    Bahkan circle dr lingkungan ngeblog jg jd penyeimbang irama hidup di kehidupan ku yg "sebenarnya"...

    ReplyDelete
  25. Setuju mbk ngeblog bikin nagih kalau gk nulis di blog serasa ada yang kurang. Oh iya .Mbk itu serius 10 rb kol murah banget yahh

    ReplyDelete
  26. saya awalnya ngeblog karena curhat, kalau baca postingan saya 2009 kebanyakan alay hihihi. Cukup murah ya di QWords ini jadi kepikiran mau ternak blog lagi :D

    ReplyDelete
  27. banyak banget manfaat positif yang saya dapatkan dari kegiatan ngeblog ini, Mba. Selain jadi media untuk menampung uneg-uneg, ngeblog juga mengenalkan saya pada banyak teman-teman hebat, salah satunya Mba Uniek :)

    ReplyDelete
  28. Selain 2 manfaat yang saya sebut sebelumnya, masih ada juga manfaat lain yang bikin bahagia yaitu bisa menambah penghasilan setiap bulan, hehehe

    ReplyDelete
  29. Ngeblog itu ya emang kadang bikin mumet juga tapi banyak senengnya. Biasanya kalau udah mulai uring2an, aku udah ngerasa ngeblog-nya nggak sehat. Terus berusaha selow lagi. Gitu terus aku biasanya. Soalnya ada keinginan pribadi sama blog, yang kadang2 bikin nggak santai, hehe.

    ReplyDelete
  30. Sebagai emak blogger kudet bin gaptek, layanan bantuan pelanggan 24 jam itu yang aku butuhkan..Dan, bantuannya beneran ngasih solusi..duh. Seneng banget kalo kek gini.
    Kalau QWords memberikan banyak plus begini bisa deh bikin aku pindah ke lain hati dari yang kini hihihi. Berangkaat kepoin Qwords!

    ReplyDelete
  31. Awal aku ngeblog untuk curhat mba, keluarin unek" tanpa ada org yang tahu πŸ˜‚πŸ˜‚ Nah kalo sekarang untuk penyeimbang antara curhat, kasih tips dan cari sampingan hihihi

    ReplyDelete
  32. Ngeblog ben rak ngganjel to yaa...hehe.. Oya, sdh banyak info ttg QWords ini..dan rata2 memang bagus ya..

    ReplyDelete
  33. Aku gak pernah baca di timle mbak apalagi soal politik hihihi biar adem ayem aja lah.
    Justru naik roller coaster itu ngeri2 sedap mbak jadi ya wajar aja sih kalo di rumah agak emosi:) apalagi kalau kerjaan banyak ya. Untung aja sekarang para IRT bisa menyalurkan ide & bakatnya lewat ngeblog.

    ReplyDelete
  34. Setuju bahwa CS Qwords itu membantu sekali. Terus banyak juga promo2 domain dan hosting. Pas lah kalau kita mau serius ngelola blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku baru tahu lho kalau di Qwords juga ada promo2 gtu. Bisa nih kalau kapan2 mau bikin blog lagi kedua gtu pakai Qwords ya mbak TFS

      Delete
  35. Kalau aku sendiri ngeblog itu semacam refleksi diri dan ingin berbagi dengan apa yang aku dapatkan. Apalagi kalau tulisan kita dibaca banyak orang dan bisa bermanfaat bisa bikin kita terus semangat untuk ngeblog.

    Kebetulan banget nih mbak, aku juga sedang mencari web hosting. Kemarin juga sempat ngecek di Qword ini juga cuma ku belum berlangganan. Baca ini jadi semakin mantap ingin pakai Qword

    ReplyDelete
  36. Semenjak ngeblog, ada hal baru atau sensasi yang saya rasakan, seolah merasa lebih hidup. Apalagi bisa menambah teman baru yang hobinya sama, termasuk kak Uniek 😊 makin ke sini ngeblog makin btuh dgn tools yang menunjang, ntuk beli domain saya kee deh infonya 😊

    ReplyDelete
  37. 4 tahun pakai Qwords belum pernah ngalami blog ga bisa dibuka karena masalah server, terus CS dan tim tekniknya sabar banget menghadapi emak-emak rewel tapi ngga ngerti apa-apa kayak aku, sampai domainku pun dipasangi masnya hahaaa :))

    ReplyDelete
  38. Aiiihhh murah banget ya kak qword ini... Cuma 10rb an aja per bulannya, ya Allah jauh banget Ama biaya domain yang sekarang aku pakai kak, jadi pengen pindah euy

    ReplyDelete
  39. Waah bener banget mba uniek, ternyata tinggal di rumah itu bikin emosi jungkir balik, apalagi dengan dua balita yang caper hehehe, penting banget nih layanan domain hosting punya service 24 jam, soalnya emak-emak khan waktu tidurnya nggak tentu, dan muncul ide untuk nanya pun random waktunya, bisa tiba-tiba bangun pukul satu pagi dan muncul ide buat nanya, saya pun pengennya beli domain ke qwords nih untuk blog keduaku, soalnya murah ya

    ReplyDelete
  40. Aku jadi pengen punya blog lagi baca postingan mba Uniek, yang puasakan pelayanan qwords hehehhehe soalnya belum pernah beli di qwords. Penasaran

    ReplyDelete
  41. InsyaAllah gak akan berhenti ngeblog selama mata dan jari (utamanya) masih sehat hehe.
    Kalau memang dasarnya hobi nulis dan sharing pasti akan konsisten ngeblog. Beda lagi kalau niatnya ngeblog mungkin cuma buat materi, eh ini #imho sih hehe. Soalnya yang namanya passion itu gak bohong akan lbh abadi :D

    ReplyDelete
  42. blog baruku juga beli domainnya di Qwords lho Mbak.
    harganya lumayan terjangkau dan yang paling penting gak ribet apalagi CSnya emang beneran helpful banget.
    keren deeh Qwords ini :)

    ReplyDelete
  43. Punua domain TLD memang impuan banget. Apalagi hosting. Aku sempat si di qwords tapi udah nggak lagi.

    ReplyDelete
  44. Emang nyenengin banget kalau udah ngeblog, ya, Mbak. Bisa nulis semua kisah perjalan kita dan anak-anak. Kadang saya juga suka baca-baca tulisan lama di blog, ternyata bisa menimbulkan kenangan tersendiri. Jadi suka senyum atau bahkan ngelus dada, saat membacanya :))

    ReplyDelete
  45. Aku dulu pas milih domain masih agak sedikit alay soale jadi kaya pengen narsis. Hiks. .alhamdulillah ya mba ngeblog bisa menjadi penyeimbang hidup biar hidup jadi semakin hidup

    ReplyDelete
  46. Domain dan hosting gitu berapa sih Mak? Pertahunnya? Terus bisa settingin nggak ya pihak Qwords?

    ReplyDelete
  47. Dua domain blog ku sewa di Qwords juga mbak Niek, yg pertama udah mau 4 tahun, yang kedua sdh 3 tahun. Bentar lg mau nambah juga buat yg parenting, nih.

    ReplyDelete
  48. Wah masa sih Mba Uniek ga ada pergerakannya soal memasak. Perasaan sering belanja sayur dan masak xixi... tapi memang harus diselingi ngeblog ya buat refreshing.

    ReplyDelete
  49. Tahu Qwords dari suami yang uda lama banget punya web sendiri lalu aku disuruh pake qwords juga alhamdulilah deh sampe sekarang mba :)

    ReplyDelete
  50. wahh banyak juga ya kelebihannya.. hehhe apalagi servernya di Indonesia.. kebayang kecepatannya..

    ReplyDelete
  51. Wah kalau ditanya sulu kenapa bikin blog, awalnya karena pengin punya wadah aja untuk cerita2. Aku kan orangnyajarang ga betah diem2 aja penginnya semua orang itu tahu. πŸ˜… Tapi sekarang aku udah dewasa (wkwkwk) nggak begitu lagi. Ya pantesan aja blognya sepi yak πŸ˜…

    ReplyDelete
  52. Aku ngeblog biar tetep waras mbak haha.
    Krn ngeblog bisa melepas penat, bisa melepas beban dg bercerita.
    Btw, aku jg pake qword, hampir 4 tahun. Suka pelayanannya baik.

    ReplyDelete
  53. Awal saya ngeblog ngejarnya atau niat karna adsense, eh ternyata adsensenya dikit. mending ngeblog aja untuk. kemaslahatan

    ReplyDelete
  54. Blog nya mbak uniekkas memang cetar membahana. Terima kasih sudah menginspirasi. Salam sayang sll dari emak titis.

    ReplyDelete