26 February 2019

7 Hal yang Perlu Diingat Saat Berlibur di Jepang




Oshin... Ogenki Desu Ka... 

Ah, itu sih aku ngarang aja ya Bahasa Jepangnya, asal nyomot dari google translator. Plus, kelihatan umurnya karena yang disapa Oshin. πŸ˜‰

Buat generasi milenial yang mungkin belum pernah tau tentang Oshin, sini aku bisikin dikit ya. Jaman tahun delapan puluhan dulu, ada film Jepang yang fenomenal. Film yang mengisahkan tentang seorang bocah perempuan bernama Oshin yang masa kecilnya penuh duka. Endingnya sih oke, jadi perempuan pengusaha yang kaya raya setelah mengalami jatuh bangun di dunia usaha maupun percintaan.

Nah, sedemikian halunya aku pada Jepang sampai-sampai ngebayangin Oshin dengan suasana washitsu yang khas banget. Pernah nggak ngeliat ruangan khas di dalam rumah ala Jepang itu?

Iyes, Washitsu merupakan ruangan khas Jepang dimana kita akan melihat hamparan tatami atau tikar khas Jepang yang digelar memenuhi ruangan. Tidak seperti ruang tamu dan ruang keluarga di Indonesia yang ditata dengan aksesoris kursi dan meja, Washitsu lebih fleksibel untuk berbagai keperluan.

Selain tata ruangnya yang khas, aku juga terpesona pada daya tarik wisata di Jepang. Membayangkan Oshin yang berdiri di tengah rinai salju, atau saat ia berada di antara sakura-sakura yang sedang menunjukkan keanggunannya. Duuhh... jadi makin mupeng kan ya pengen ke Jepang. Apalagi jika kita ingat kalau di negeri tropis tercinta ini tak pernah ada salju atau bunga sakura. Lalu, apa saja tujuan wisata di Jepang yang bikin breathtaking saat dikunjungi? Simak artikelnya berikut!



Destinasi Wisata Andalan di Jepang 


1. Gunung Fuji 


Siapa yang tidak mengenal Gunung Fuji? Dalam Bahasa Jepang, akan lebih familiar saat disebut Fujiyama yang memiliki arti sama. Gunung tertinggi di Jepang ini terletak pada 3776 m di atas permukaan laut.

Banyak spot yang bisa dipilih untuk menikmati keindahan Gunung Fuji, salah satunya melalui Danau Ashi atau Ashinoko. Memandang kecantikan Gunung Fuji melalui Ashinoko akan membuat siapa saja tercengang kagum.


Gunung Fuji dilihat dari Ashinoko, sumber foto : overseasattractions.com


Di Ashinoko terdapat gerbang berwarna merah yang sangat menarik dan sayang sekali jiak tidak dijadikan latar belakang berfoto ketika kita berlibur. Bahkan, saat ini ada beberapa tempat wisata di Indonesia yang juga menyertakan style gerbang berwarna merah tersebut untuk membuat tampilan makin unik dan menarik para wisatawan.


2. Arashiyama 


Bamboo Grove di Arashiyama, sumber : feel-planet.com


Salah satu tempat menarik lainnya dan mengundang decak kagum adalah wilayah Kyoto. Ketika kita berkunjung ke Arashiyama, di sana akan banyak kita lihat candi dan kuil yang khas banget dengan nuansa Jepang.

Namun, daya tarik paling memikat justru terletak pada jajaran tanaman bambu yang menjulang tinggi. Terletak dekat dengan Tenryu-ji Temple, deretan bambu yang mengantarkan pandangan kita ke angkasa ini tampak syahdu. Jika biasanya kita akan melihat pohon dengan batang-batang raksasa di dalam hutan, maka jajaran bambu nan tinggi ini akan membuat kita serasa berada di dunia yang berbeda.

Keindahan alam seperti ini jarang kita temukan di banyak tempat. Hanya di Arashiyama lah kamu bisa menyaksikan pemandangan indah tersebut.


3. Kuil Itsukushima 


Jepang identik dengan agama Shinto yang dianutnya. Tak heran, di sepanjang daratan Jepang berbagai kuil Shinto tersebar mewarnai kehidupan Jepang yang bergerak cepat dan amat modern.

Salah satu kuil Shinto yang istimewa terdapat di Pulau Itsukushima. Maka saat ini kita bisa mengenal kuil tersebut dengan sebutan Kuil Itsukushima. Apa yang unik dari kuil ini?


Torii di Kuil Itsukishima, sumber foto : id.wikipedia.org


Dari sejarah berdirinya Kuil Itsukushima tadinya tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang. Makanya, kuil ini dibangun di tempat terpencil di dalam Teluk Itsukushima.

Pemandangan paling menarik perhatian di sini yaitu torii atau gerbang berwarna merah yang kesannya mengambang ketika air laut sedang pasang. Ketika air beranjak surut, orang-orang bisa mendekat ke gerbang ini untuk berfoto dengan berlatar belakang Gunung Misen.

Pemandangan gunung dengan latar belakang gerbang merah ini merupakan salah satu view paling indah di Jepang. Dengan latar belakang Gunung Misen nan cantik, berfoto di sana akan sangat berkesan. Terlebih, jika didampingi orang tersayang.



Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Liburan di Jepang 


Masih banyak lagi sebenarnya tujuan wisata yang mengundang decak kekaguman saat kita berkunjung ke Jepang. Dengan budayanya yang unik, tak heran jika banyak orang memasukkan Jepang ke dalam bucket list liburan.

Jauh-jauh liburan ke Jepang, kamu perlu menyiapkan segalanya dengan sempurna. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum pergi ke Jepang, yaitu:


1. Siapkan tiket pesawat sejak jauh hari 


Saat merencanakan perjalanan jauh, sebaiknya persiapkan tiket sejak jauh hari. Untuk lebih aman, pesan tiket untuk pergi-pulang agar perjalanan kamu terasa lebih tenang karena tidak perlu memikirkan tiket pulang saat di tempat tujuan.

Tak hanya itu, mempersiapkan tiket dari jauh-jauh hari juga akan membuat kita merancang itinerary sebaik mungkin. Jadi, kamu tidak asal berangkat dan bingung sampai di tujuan mau ngapain.


2. Paspor 


Nah, soal paspor ini juga penting banget diperhatikan, ya. Jangan sampai ketika hendak melakukan perjalanan, eh ternyata masa berlakunya sudah mau habis. Duuhh... zonk banget kalau begini.

Selain itu, jika ingin mendapatkan free visa ke Jepang, bisa juga loh ajukan E-Passport. Caranya, langsung saja ke kantor imigrasi terdekat.


3. Biasakan antri saat menggunakan sarana transportasi publik 


Saat berlibur ke Jepang, usahakan untuk selalu patuh pada peraturan. Pasalnya, di sana semua serba tertib, antri, dan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu, biasakan antri dan mendahulukan penumpang lain yang hendak turun kereta ataupun bus ketika kita akan naik ke moda transportasi tersebut.


4. Jangan makan sambil berjalan 


Sebenarnya dimanapun kita berada, memang tidak baik ya makan sambil berjalan. Dalam ajaran agama Islam pun hal ini diajarkan. Ternyata di Jepang pun juga sama. Makan sambil berjalan dianggap sangat tidak sopan. Selain itu, hal tersebut berpotensi menyebabkan makanan tercecer di jalan sehingga bisa mengotori baju sendiri ataupun orang lain.

Oleh karena itu, sebaiknya selesaikan dulu aktivitas makan kita sebelum melanjutkan perjalanan. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak mendapat pandangan penuh cela dari orang Jepang.


5. Wajib bawa coat ketika liburan di musim dingin 


Salah satu pesona yang ingin kita kejar ketika liburan ke Negeri Sakura ini tentu saja saljunya. Datang ke Jepang saat musim dingin merupakan impian banyak orang yang tinggal di negeri dengan iklim tropis, dimana salju merupakan hal yang amat sulit untuk didapatkan.

Kalau ingin foto-foto cantik bareng salju, jangan lupa bawa jaket atau coat untuk melindungi diri. Benda tersebut wajib banget ini dibawa oleh para pelancong yang memutuskan untuk liburan ke Jepang di saat winter.


6. Tetap waspada saat di tempat umum 


Dimana pun kita berada, kewaspadaan tetap diperlukan. Bukannya ingin menakut-nakuti, tapi kamu harus tetap antisipasi di manapun karena kejahatan bisa ada di mana saja.

Apalagi, wisatawan asing bisa menjadi sasaran empuk para pencopet dan pencuri yang bisa saja berkeliaran di tempat-tempat wisata. Oleh karena itu, perlu sekali bagi kita untuk tetap waspada dan menyiapkan peralatan untuk melindungi diri.


7. Tetap online untuk mendapatkan informasi 


Di zaman serba teknologi ini, kamu bisa mencari informasi apa saja melalui internet. Saat liburan pun akses internet bisa dimanfaatkan untuk berburu informasi tentang rute kereta ataupun tempat terdekat mana saja yang bisa dikunjungi sebagai lokasi wisata.

Selain itu, kondisi yang selalu online juga memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan keluarga ataupun teman agar mereka tau kondisi selama liburan.



Agar tidak mengalami kesulitan untuk tetap online di luar negeri, kamu bisa menggunakan rental Pocket WiFi Japan murah yang bisa dibeli di Traveloka. Selain lebih mudah dan praktis, saat menyewa Pocket WiFi Jepang di Traveloka kamu akan mendapatkan router beserta perlengkapannya seperti pocket WiFi, kartu SIM, charger, baterai, power bank, kabel data USB, adaptor, dan buku petunjuk untuk membantu dalam penggunaan.

Cara menyewanya juga tidak sulit, kamu hanya perlu masuk ke menu “Internet Luar Negeri” yang ada pada halaman depan Traveloka App. Lalu, pilih “Jepang” sebagai negara tujuan dan masukkan lama hari bepergian jika kamu sudah tahu berapa lama berada di sana. Klik “Cari Produk” dan pilih menu “WiFi” pada halaman yang ditampilkan. Selanjutnya, kamu hanya perlu memilih paket WiFi mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Pocket WiFi ini sangat cocok untuk kamu yang bepergian dengan kelompok. Pasalnya, router bisa tersambung untuk banyak perangkat dalam waktu bersamaan sehingga akan lebih menguntungkan bagi grup wisatawan. Selain itu, ukuran router yang kecil dapat sangat memudahkan untuk dibawa bepergian. Hanya dengan sekali bayar, kamu bisa bebas mengakses internet bersama rombongan. 

Gimana, nggak sulit kan untuk mempersiapkan perlengkapan saat liburan ke Negeri Sakura nanti? Selain persiapan barang, kamu juga perlu menyiapkan badan agar tetap sehat selama berlibur. Sudah siap berlibur ke Jepang? Yuk susun itinerary-nya dari sekarang!

Yorokobi ni michita shiawasena kyΕ«jitsu... Selamat berlibur penuh kegembiraan.

35 comments:

  1. Jalan jalan ke Jepang, pengen banget 😍 waah hal2 yang perlu diingat itu bener banget mba. Pas kesana tapi melewatkan yg tempat penting bersejarah di Jepangnya biar ga kelewat. Makasih infonya ya mba. Saya juga kalau liburan, beli tiket segala macem di Traveloka 😊

    ReplyDelete
  2. Kl film Oshin sih bunda nonton tuh sampe punya cucu keponakan yg putih , cantikt mata sipit bunda panggil Oshin. Gak berani ngebaying tentang indahnya Jepang .Sangking pengennya ke Jepang selalu sukak liat pemandangan tentang indahnya Jepang dan memukaunya bunga Damura. Md2an bisa terwujud keinginan ini sesuai dengan sakura berbunga

    ReplyDelete
  3. berapaan mbak harganya itu router?
    kebetulan dalam waktu dekat saya juga mau keluar negeri dan belum menentukan akan memakai sim card apa, hehe..

    betewe, aku juga kagum banget sama Jepang dan kebudayaannya yang keren banget sih..:D

    ReplyDelete
  4. Jepang... Oh betapa indahnya membayangkan bisa berlibur kesana. Membaca tulisan mbak Uniek jadi berharap kelak bisa ke Jepang.. Ingin menikmati keindahan serta segala keramahan masyarakat Jepang.

    ReplyDelete
  5. Wah, ternyata sekarang Traveloka menyediakan penyewaan pocket wifi yah mbak, barusan udah ngintip dan harga sewa per-hari nya lumayan murah ternyata. Enak siiiih jadi lebih nyaman.

    Dulu aku waktu ke Korea nyewa pocket wifi juga di bandara Incheon. Patungan bareng temen2. tapi emang prosesnya ribet, isi form ini itu, copy passport dan harus deposit lumayan besar, walo ketika barangnya balik uang depositnya dikembalikan sih.

    Tapi yah mending via traveloka aja sih, lebih praktiiiis

    ReplyDelete
  6. Oshinnya udah jadi oma-oma skr mbak, jadi waktu itu Mbak Unieknonton Oshin jaman kapan ya? aku belum lahir kayanya :-D

    lihat jajaran pohon bambu gitu aku jadi inget panda, eh ada gak ya mbak di sana?

    Enak banget ya di Jepang ada rental Pocket WiFi ternyata dan bisa dibeli dari sini juga.

    ReplyDelete
  7. Oshin oh oshiin...mba Uniek, kita seumuran iniii. Aku juga ngebayangin persis seperti yang mba Uniek ceritakan di atas pas nonton Oshin. Duh semoga target mengunjungi Jepang saat musim bunga sakura bisa terwujud satu saat nanti.

    ReplyDelete
  8. Dulu waktu masih kuliah, pelajaran dasar bahasa Jepang termasuk yang wajib diambil. Suka jadi agak menyesal kenapa gak dilanjutkan sama saya supaya bisa lebih mahir.

    Sebetulnya, saya lebih punya impian bisa keliling ke berbagai daerah Indonesia. Tetapi, bila kemudian ada rencana ke luar negeri, Jepang termasuk salah satu negara yang paling pengen saya kunjungi. Mungkin karena agak mirip dengan Indonesia, ya. Banyak kulinernya, pemandangan alamnya bagus, dan budayanya juga masih kental. Satu lagi pastinya pengen lihat sisi modern Jepang

    ReplyDelete
  9. Waktu oshin tayang aku blum terlalu ngerti tapi tetep gak pernah ketinggalan nonton. jepang emang keren luar biasa yaa, apalagi kalo pas musim sakura, cuma liat fotonya aja udah baper hahaa..

    ReplyDelete
  10. Aku dari dulu pengen banget ke Jepang mba tapi belum kesampaian hehe. Kalau kesana mending pakai rental pocket wifi ya jadi kita bisa tetap online dan eksis di sosmed hehe.

    ReplyDelete
  11. Bismillah.. baca-baca dulu tentang Jepang dan segala persiapannya.. nanti jika saatnya tiba ke Jepang sudah tahu harus kemana saja selama di Jepang dan apa saja yang perlu dilakukan sebelumnya termasuk urusan jaringan internet ya mba.. siap!

    ReplyDelete
  12. Beberapa tahun belakangan aku gak tertarik sama sekali pergi ke Jepang, tapi setelah membaca banyak ulasan blogger yg pernah ke sana, aku jadi mupeeeng. Asli, selain Selandia Baru, negara yg ingin kukunjungi itu Jepang.

    ReplyDelete
  13. Swkarang kalau jalan-jalan yang penting eksis yaaa mba Un.. enak kalau ada rental begini yaaa

    ReplyDelete
  14. Kapan ya bisa ke Jepang? Semoga ada rezeki melancong ke sana mba. Btw bener banget itu harus ngantri dalam menggunakan sarana publik. Waktu ke Singapura juga ya ampun itu orang pada antri semua, memang kita harus banyak belajar soal yang satu ini.
    Semoga bisa dalam waktu dekat melancong ke LN lagi, wah untung sekarang ada rental Pocket WiFi jadi bisa eksis dan internetan kapan dan dimana saja.

    ReplyDelete
  15. Jepangggg.. Pengen banget aku kesana mba. Cantik ya tempatnya. Penasaran banget. Dan bener ya mba, sebelum kesana memang baiknya pelajari sedikit budaya dan kebiasaannya. Biar kita ga melanggar norma gitu hehe

    ReplyDelete
  16. aku nemu Arashiyama KW di Jakarta, hahaha, langsung deh foto-foto di situ. Eh rental pocket WIFI ada di Traveloka ya? Buat negara mana aja?

    ReplyDelete
  17. Sebelum Korea menyerang, aku juga ada keinginan buat ke Jepang. Mungkin dipengaruhi oleh kartun2 juga drama Jepang macam Ultramen gitu. Dan kalau di tempat umum memang kudu waspada dan online terus biar tetap update

    ReplyDelete
  18. Saat ini biarlah saya baca-baca dulu tentang tempat-tempat liburan di Jepang, mudah-mudahan suatu saat nanti saya diberi kesempatan olehNya menginjakkan kaki di negara indah ini, amiiin

    ReplyDelete
  19. Sekarang, liburan di luar negeri tak perlu khawatir kegiatan online kita akan terganggu yaa, Mba. Kita sudah bisa menyewa pocket Wifi di traveloka :)

    ReplyDelete
  20. Kuil Itshukisima itu ngehits banget buat foto di gerbangnya. Ponakanku jalan-jalannya di kuil, trus gunung yang jarang dikunjungi wisatawan selama tinggal di Jepang untuk ngambil S2 nya mbak. Katanya aura mistisnya penuh pesona, nggak banyak wisatawan yang datang

    ReplyDelete
  21. Jepang memang ngangenin. Saya blm ke puncak Fujiyama atau ke itsukisima. Abis Mayan juga kalau mau jalan jalan di sana. Sementara suamiku student . Alhamdulillah masih sempat ke asakusa, ke Ueno dobutsuen, shibuya dan Niko.

    ReplyDelete
  22. Sekarang wifi jd salah satu the must have thing yak kalo bepergian. Sering banget aku baca atau demger dr para blogger atau vlogger kl mrk lagi jalan2 ke luar negeri pasti selalu urus paket internet. Kl ga punya akses internet jaman now ya bakal tersesat kayanya ...

    ReplyDelete
  23. Jaman 80an itu saya belum lahir mbak jadi kurang tahu sama si Oshin ini, hehe eh tapi saya juga pengen banget deh berkunjung ke Jepang.

    Wah, fitur dari Traveloka ini lengkap banget ya mbak. Sampai menyediakan rental pocket WIFI dengan harga murah. Kalau kayak gitu mah enak. Jadi bisa online sepuasnya sekalipun lagi di LN.

    ReplyDelete
  24. Mpo baru tahu kalau di Jepang dan negara maju . Ada copet. Serem juga ya. Makanya perlu kata bang napi. Waspada. Waspada . Sebelum jalan jalan ke Traveloka dulu cek harga tiket

    ReplyDelete
  25. Asiknya ke Jepang khusunya ke gunung Fuji dan pengen lihat bunga sakura.

    WiFi yang bisa di sewa di Traveloka akan membuat kita nyaman dan terus update status

    ReplyDelete
  26. Pingin banget lihat gunung fuji dari dekat, seringnya cuma lihat di tv dan foto foto hahaha. Unik banget gerbang merah yang di pinggir laut. Kalo jalan jalan paling nyaman kalo Internet lancar, salah satunya dengan cara sewa wifi. Sekarang zaman serba dipermudah ya mbk.. Liburan makin yahud

    ReplyDelete
  27. Oo di Jepang juga ada copet toh Mbak, aku kira di Jakarta aja yang banyak copet nya,

    ReplyDelete
  28. Wah itu gerbangnya di laut ya. Kalo air pasang, keliatannya dalam juga. Ngeri terbawa arus..

    ReplyDelete
  29. Wah aku baru tau kalau org jepang juga gak suka kalau ada yang makan sambil makan. Hmmm tapi emang kalau liat sinetron2 Jepang, makan itu ya sambil duduk sih, kecuali lagi icip2 makanan di counter gtu ya berdiri. Jepang destinasi impian jg, moga2 bisa ke sana kelak. aamiin

    ReplyDelete
  30. Aku mbayangin jepang pengen menjelajah kaya di pelem Oshin, rumah2 ala jepang
    ku suka, pelem fenomenal ntu yaa. LAgian sekarang udah jadi destinasi fav, cuss kapan kitah kesanaa..

    ReplyDelete
  31. Anakku yang sulung pengen banget main ke Jepang. Mau ke museum Conan.

    ReplyDelete
  32. Penting ini mak. Punya eh bawa pocketwifi jd bisa tetep eksis mau dimanapun. Ngomongin jepang, jd makin pengen kesana, tp belum ada rezekinya hehe

    ReplyDelete
  33. Jepang memang salah satu destinasi wisata impian di Asia bagi banyak orang ya. Ya yang tradisionalnya, ya yang modernnya. Semua keren-keren. Semoga aku bisa nginjekkan kaki di sana segera. Aamiin. :D

    ReplyDelete
  34. Oshin ... sepertinya familier, apa, ya? ��
    Dari dulu selalu suka sama Jepang, bahkan sempat jadi waifu, dan sampai sekarang suka banget sama anime. Dari anime, aku jadi suka search soal Jepang, gitu. Dan paling pengin ke Arashiyama. Suasananya itu, loh, bikin ngiler.

    ReplyDelete
  35. Wah ada Paket wifi murah ya kalo ke Jepang? Well noted mba kubookmark nih

    ReplyDelete