09 July 2019

Jangan Sepelekan Anyang-anyangan

Uri-cran mencegah anyang-anyangan


Pernah nggak sih mengalami kondisi dimana kita bawaannya pengin pipis melulu, tapi begitu sampai di kamar mandi, urine yang kita keluarkan cuma seiprit. Padahal tadi pas kebelet rasanya udah kayak mau tumpah-tumpah aja. 

Buat yang sedang sibuk menuntaskan pekerjaan, keadaan ini sungguh gengges ye kaaann... Lagi dikejar deadline malah bawaannya kok pengin pipis melulu. Mending kalau ada yang keluar gitu ya pipisnya, nah ini justru malah keluarnya dikit dan disertai rasa perih gitu. Awww....



Kondisi yang tidak menyenangkan tadi biasa kita sebut dengan anyang-anyangan, atau istilah medisnya disuria. Saat mengalami hal tersebut, kita bawaannya kayak pengin pipis atau buang air kecil (BAK) terus menerus. Kayak ada yang mau keluar gitu. Eh, begitu sampai toilet yang kita keluarkan hanya seiprit. Malah kadang-kadang tidak ada yang keluar.

Gangguan anyang-anyangan ini disertai dengan rasa tidak enak yang lain, misal rasa sakit, nyeri, bahkan bisa jadi ada rasa panas yang kita alami di area kelamin. Duuuh... jelas banget ini menyiksa ya.

Apa sih sebenarnya yang menimbulkan anyang-anyangan ini dan siapa saja yang potensial terkena anyang-anyangan?


Ancaman Infeksi Saluran Kemih pada Tubuh Manusia


Sudah pernah mendengar istilah Infeksi Saluran Kemih (ISK)?

ISK merupakan infeksi yang terjadi pada saluran kemih yang dipicu oleh adanya mikroba di dalam tubuh. Sebagian besar kasus ISK disebabkan oleh bakteri meskipun bisa juga dipicu oleh adanya jamur maupun virus.

ISK merupakan salah satu infeksi yang paling umum terjadi pada manusia. 5 dari 10 wanita pernah terserang ISK ini, dan 2 di antaranya akan mengalami ISK berulang. Jadi setelah sembuh dari ISK yang dialaminya, nantinya dia bisa terserang kembali.

Salah satu gejala terkena ISK adalah munculnya kondisi tak menyenangkan berupa anyang-anyangan tadi. Sudah bisa dipastikan seseorang terkena anyang-anyangan ketika dia merasa :
  1. Ingin buang air kecil (BAK) terus menerus.
  2. Saat BAK timbul rasa sakit atau nyeri.
  3. BAK tidak lancar



Pada sebagian besar kasus terjadinya ISK, penyebab utamanya adalah bakteri E. Coli yang menempel pada saluran kemih. Awalnya bakteri tersebut ada di dalam saluran pencernaan dan akan keluar bersamaan dengan feses ketika kita buang air besar.

Bakteri E.Coli ini secara tidak sengaja bisa masuk ke saluran kemih dan kemudian menempel di dinding saluran kemih. Jika didiamkan saja, maka tubuh kita bisa terserang ISK.

Kok bisa sih bakteri E.Coli ini masuk ke dalam tubuh kita?




Ada banyak sebab kenapa bakteri E.Coli ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia. Biasanya hal ini berkaitan dengan faktor kebersihan yang kita lakukan dalam aktivitas harian.

Bakteri E.Coli masuk ke dalam tubuh ketika:
  1. Kita menggunakan toilet yang kurang bersih.
  2. Menggunakan air yang kotor atau terpapar bakteri ketika cebok.
  3. Sering menahan buang air kecil.
  4. Membasuh organ intim dengan cara yang salah.
  5. Melakukan hubungan seksual dalam kondisi tidak bersih.

Pernah nggak sih ketemu orang yang riweuh bin rempong ketika hendak menggunakan toilet? Ya sibuk ngelap dudukan toilet lah, repot nyiram-nyiram dudukan tersebut, bahkan mengusapkan cairan anti bakteri ke tempat tersebut.

Bukan tidak mungkin orang tersebut pernah kena efek buruk masuknya bakteri E.Coli ke dalam tubuh. Makanya dia jadi parno tuh pada toilet yang kurang bersih. Tak sekedar dudukan toilet saja yang bikin parno, bak penampungan air maupun lantai yang kurang bersih bisa jadi membuat kita merasa tidak nyaman ketika BAK maupun BAB. 

Apalagi jika di tempat umum yang kebersihan airnya kurang terjaga ya. Meskipun tampaknya bening dan bersih, kita tidak pernah tau apakah air untuk cebok itu bebas bakteri atau tidak. Belum lagi kalau cara membasuh organ intimnya kurang benar. Harusnya kan cebok itu arahnya dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Jika dari belakang ke depan, dikhawatirkan bakteri yang keluar bersama dengan feses masih menempel di sekitar anus dan terbawa masuk ke saluran kemih.

Kebiasaan suka menahan buang air kecil juga bisa memicu masuknya bakteri E.Coli masuk ke dalam saluran kemih. Pipis kan memang aktivitas untuk membuang kotoran dalam tubuh melalui urin. Kenapa harus ditahan-tahan coba kotoran yang harus kita buang itu? 

Rawan juga ya kondisi tubuh kita kalau kitanya sendiri kurang menjaga kebersihan di seputar organ intim. Bagi orang dewasa yang telah berhubungan seksual, ketika kebersihan organ intim tidak terjaga, dikhawatirkan bisa membuat bakteri E.Coli tadi terbawa masuk ke saluran kemih pasca melakukan hubungan.

Gejala terkena ISK yang ditandai dengan anyang-anyangan ini bisa terjadi kepada siapa saja, mulai dari wanita (termasuk wanita hamil dan wanita menopause), anak-anak, juga kaum pria. Namun wanita jauh lebih rentan terkena anyang-anyangan ini, karena : 
  1. Secara anatomi saluran kemih wanita lebih dekat dengan anus dibandingkan pria.
  2. Wanita harus menggunakan air saat membasuh organ intim seelah BAK. Air inilah yang bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri E.Coli.
  3. Sering menahan BAK ketika tidak menemukan toilet di sekitarnya.
  4. Memiliki resiko terekspos bakteri lebih tinggi ketika bersentuhan dengan dudukan toilet di tempat umum.

Duuhh... susah juga ya jadi wanita hehehee... Mudah banget deh terkena bakteri E.Coli karena memang secara anatomi saluran kemih lebih dekat dengan anus. Dan faktanya, sebagian besar wanita yang terserang anyang-anyangan ini tidak melakukan upaya apapun untuk mencegah maupun mengobati kondisi tersebut.

Padahal kan menyiksa banget ya ketika anyang-anyangan menyerang. Mau ngapa-ngapain jadi terganggu ketika anyang-anyangan datang. Masak cuma berdiam diri saja sih...

Kebanyakan memang merasa tidak perlu pergi ke dokter. Ntar paling sembuh sendiri. Ada juga yang tidak berani mengkonsumsi obat apapun, terutama antibiotik, karena tubuhnya sensitif terhadap antibiotik.

Lalu yang paling tepat dilakukan apa dong untuk mengusir si anyang-anyangan yang menyebalkan tadi?



Khasiat Cranberry untuk Mencegah Infeksi Saluran Kemih


Melalui berbagai penelitian, telah ditemukan khasiat cranberry yang efektif untuk mencegah infeksi saluran kemih. Pada buah yang satu ini, terdapat Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E.Coli pada dinding saluran kemih. 

Cranberry sebagai pencegah anyang-anyangan, sumber : uricran.co.id

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) merupakan salah satu jenis tanaman berry yang masuk kategori tanaman semak yang biasa tumbuh begitu saja di alam terbuka. Cranberry ini punya banyak kesamaan dengan blueberry, cuma beda warna saja sih. Cranberry berwarna merah tua, sedangkan blueberry lebih cenderung ke warna biru.

Cranberry banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon kabarnya, buah ini telah ditemukan khasiatnya oleh nenek moyang suku Indian kuno. Cranberry digunakan sebagai penyembuh luka akibat terkena panah.

Lalu beberapa tahun terakhir ini cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Cranberry diyakini mengandung anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Banyak banget ya manfaat cranberry ini. Ketika diolah menjadi minuman berbentuk jus, cranberry  ini diyakini efektif mencegah infeksi saluran kemih. Hal ini karena buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut Proanthocyanidin (PAC).

PAC dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa memicu ISK. PAC juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, jadi penularan infeksi dari bakteri E.Coli dapat dicegah secara maksimal.

Jadi langsung bikin jus cranberry nih agar tidak terserang anyang-anyangan?




Tidak semudah itu, Alfonso. Cranberry tuh susah banget carinya. Udah nyoba cari di simbok bakul belanjaan maupun di pasar kok ya enggak nemu tuh.

Berhubung cranberry ini tanaman asal daratan Amerika sono, tentu saja jadi sulit ditemukan di pasar maupun supermarket yang ada di Indonesia. Kalaupun ada sebagian besar merupakan hasil impor. Sudah pasti mihiiilll lah...

Belum lagi rasa cranberry asli yang asam, bakalan bikin kita ogah bikin jus sendiri. Udah susah-susah ngejus ntar malah ga doyan kan jadi sia-sia ya.

Makanya seneng banget nih ketika tau Combiphar memproduksi Prive Uricran. Pertama kalinya loh di Indonesia ada yang menyediakan ekstrak cranberry yang bermanfaat untuk mencegah anyang-anyangan.

Aku jadi tau ada Prive Uricran ini berkat mengikuti UriCrevent, bincang-bincang seputar kesehatan saluran kemih yang dihelat oleh Combiphar. Ini kali kedua aku ikutan acara yang padat penuh manfaat dengan informasi kesehatan yang disampaikan oleh ahlinya. Combiphar memang aktif berbagi informasi kesehatan yang amat berguna untuk keseharian kita semua.



Pada bincang-bincang Uricran Woman Community ini, hadir Ibu Dyah Pari Koening selaku Brand Activation PT. Combiphar dan Ibu Michelle Talitha sebagai Brand Manager Uricran. Dari kedua wanita hebat dan aktif inilah aku mendapatkan banyak informasi tentang produk dari Combiphar yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan saluran kemih.


Peserta UriCrevent yang selalu padat memenuhi ruangan 😍

Acara yang berlangsung di Normans Hotel Semarang ini dipadati oleh para peserta yang rata-rata merupakan kaum ibu yang peduli pada kesehatan keluarga. Salah satu ancaman kesehatan yang perlu diwaspadai oleh kaum wanita adalah infeksi saluran kemih.

Oleh karena itu, para peserta yang hadir antusias sekali dalam mengikuti bincang-bincang yang juga menghadirkan dokter obgyn muda nan cantik, dr. Olivia Franciska Laksmana, SpOG. Selain cantik, cara membawakan materi pun penuh keceriaan.

Dokter Olivia secara runut menjelaskan anatomi tubuh manusia yang terkait dengan saluran kemih ini. Mulai dari ginjal, renal pelvis, ureter, saluran kemih dan urethra. Bu dokter cantik ini juga menjabarkan kenapa wanita mudah sekali terserang ISK.

Pada kondisi normal, sebenarnya urin tuh tidak mengandung bakteri, virus, maupun mikroorganisme yang lain. Terpaparnya bakteri sudah dijelaskan oleh Ibu Michelle sebelumnya di atas. Kondisi fisik juga bisa mempengaruhi masuknya bakteri E.Coli penyebab ISK tadi. Wanita yang sudah menopause potensial terpapar bakteri karena kadar estrogen dalam tubuh sudah menurun.

Anyang-anyangan tidak selalu tampak melalui gejala khusus. Kondisi berikut ini secara umum dapat terlihat sebagai tanda-tanda orang yang sedang mengalami anyang-anyangan:

  • Kecenderungan untuk buang air kecil secara berlebihan. 
  • BAK lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit. 
  • Nyeri pada panggul (wanita). 
  • nyeri pada anus (pria). 
  • Rasa perih ketika buang air kecil. 
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah. 
  • Badan sering terasa lelah dan kurang sehat. 
  • Muncul tanda-tanda demam pada tubuh

Beberapa pencegahan terhadap anyang-anyangan sebagai gejala ISK bisa dilakukan dengan konsumsi probiotik, terapi akupunktur, dan konsumsi buah cranberry. Dokter Olivia menambahkan jika kita rajin minum setiap hari Prive Uricran ketika terkena gejala anyang-anyangan, maka kemungkinan besar keluhan ini akan segera bisa diatasi.


Mba Ika Puspita, blogger kece dari Semarang yang menceritakan pengalamannya terkena anyang-anyangan 

Selain semua pembicara cantik yang hadir tadi, ada juga seorang blogger kece yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia blogging. Ya, Mba Ika Puspita pada kesempatan kali ini juga menceritakan tentang betapa tidak enaknya kondisi tubuh ketika terserang anyang-anyangan. Mba Ika juga memberikan testimoni seputar penggunaan produk yang digunakannya untuk hempaskan anyang-anyangan tersebut.


Yang patut kita jadikan pertimbangan juga, jika dari sisi pengobatan seringnya dokter meresepkan antibiotik untuk membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Seperti yang kita tau, pada umumnya konsumsi antibiotik dilakukan dalam periode tertentu. Obat yang mengandung antibiotik harus dikonsumsi sampai habis agar tidak menimbulkan resisten obat.

Terlebih lagi cara kerja antibiotik adalah dengan mematikan seluruh bakteri yang ada di dalam tubuh kita, entah itu bakteri jahat maupun bakteri baik. Padahal tubuh kita masih memerlukan bakteri baik untuk mendukung metabolisme.

Penggunaan antibiotik pada ibu hamil pun tidak dianjurkan. Sedangkan khasiat antibiotik untuk menyembuhkan anyang-anyangan berulang pun tidak terlihat.

Bagi yang ingin mengurangi konsumsi obat plus bawaannya pelupa melulu ketika minum obat, ada solusi praktis dalam mencegah dan mengobati anyang-anyangan tersebut. Minum saja Prive Uricran untuk membebaskan diri dari dorongan ingin BAK melulu.




Ada 2 varian sediaan Prive Uricran dari Combiphar, yaitu berbentuk kapsul dan sachet.

URICRAN CAPSULE memiliki komposisi 250 mg Cranberry Extract dan dikemas dalam box yang berisi 30 kapsul. Dosis penggunaannya adalah 1-2 kapsul per hari.

URICRAN PLUS mengandung 375 mg Cranberry Extract, 60 mg Vitamin C, 0.1 mg Bifidobacterium bididum dan 0.1 mg Lactobacillus acidophillus. Dalam 1 box Uricran Plus terdapat 15 sachet yang dapat dikonsumsi sebanyak 1-2 sachet per hari.

Kalau teman-teman pembaca blog ini pernah nggak sih terkena anyang-anyangan? Boleh dong diceritakan pengalaman terkait hal tersebut dan cara mengatasinya waktu itu.




Kalau sekarang sih sudah ada Prive Uricran yaaa.. tinggal glek aja udah beres deehh... Aku udah nyobain loh, emang seger banget rasanya. Tuh, aku pilih yang Prive Uricran Plus, 1 box isinya ada 15 sachet. Tinggal sobek ujung sachet-nya dan tuangkan ke dalam segelas air. Lebih enak kalau airnya dingin loh, nyeeess... tapi jangan menggunakan es batu ya, lebih baik air yang didinginkan di kulkas aja agar tidak mengurangi khasiat cranberry extract-nya.

Heiii.... bakalan lebih okesip kalau pada ikutan weekly quiz yang diadakan di akun instagram @uricran.id, terdapat berbagai hadiah menarik untuk teman-teman yang ikutan quiz seseruan di sana. Buruan yuuukk..




Jika ingin mendapatkan Prive Uricran ini, teman-teman bisa kunjungi gerai Watson, Guardian, Century, Apotek K24, VivaHealth, Kimia Farma, rumah sakit, apotek terdekat, atau bisa juga membeli secara online melalui Lazada. Untuk detail produk dan berbagai informasi kesehatan seputar saluran kemih, bisa kunjungi web http://uricran.co.id/.

#uricran #uricranwomenscommunity #combiphar #Semarang


41 comments:

  1. Jaman nom aku sering kena anyang-anyangan mba, entah apa seebabnya, lali, ehehe. Nggak enak banget, selain sakit juga nyiksa nggak karuan.
    Sekarang ada UriCran ya bisa mengobati aanyang-anyangan

    ReplyDelete
  2. perempuan emang beresiko banget ya kena anyang-anyangan. Aku belum pernah kena sih, tapi pernah nahan pipis lama banget dulu, ya alloh perih banget pas pipis, dan kaki sampe ga bisa gerak. Aku pernah minum uricran, rasanya emang enaakkk, asem manis gtu

    ReplyDelete
  3. Suka deh baca penjelasan detil di sini..infografis ya juga ok punya tuh.. Intine anyang2an Ki nyebelin serta bisa berbahaya juga dan minum uricran salah satu upaya pencegahannya ya.. sip deh..

    ReplyDelete
  4. Suka serba salah memang kalau pas lagi di luar dan kita mau buang air itu ya. Toilet ga bersih, ditahan juga ga baik. Ini sekarang ada uricran bisa jadi solusi ya. Yg penting pastikan kita bawa tisu basah sendiri buat menjaga kebersihan

    ReplyDelete
  5. Bidiiih traveling sering keganggu gegara beser/anyang2an macam ini Mak.
    Uricran emang sahabat wanita bgt.
    Moga2 abis gini ada acara Uricran di Sby jugaaakk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Anyang-anyangan gak cuma mengganggu. Malah waktu itu saya sampai nangis hehehe. Makanya kapok deh kena anyang-anyangan. Tetapi, tetap stok Uricran. Kadang-kadang kan ada kondisi di mana lebih rentan terkena anyang-anyangan. Misalnya saat lagi traveling

    ReplyDelete
  7. Dulu aku pas masih zaman sekolah, emang sering banget kena anyang-anyangan. Meski konsumsi air putihpbanyak, tapi emange suka nahan pipis sih. Anyang- anyangan rasanya gak enak banget.

    Syukur sekarang udah ga pernah lagi, karena udah ga pernah nahan pipis dalam waktu yang lama. Selain itu habis pipis dan cebok pakai air, selalu mengeringkan bagian organ intim dg tisu.

    Aku juga sedia Uri-Cran mbak. Masih ada stoknya di rumah.

    ReplyDelete
  8. Emang nyiksa banget kak kalau anyang-anyangan, bolak balik ke kamar mandi tapi ga pipis huhu. Dan memang sih jangan disepelekan soale takut kenapa2 juga dan sepertinya enak ya mengatasi anyang2an pake UriCran ini.

    ReplyDelete
  9. Untung sekarang udah ada Prive Uricran ya untuk membantu mengatasi anyang-anyangan. Coba kalo harus beli buah cranberry, bukan cuma harus beli di supermarket gede aja tapi juga pasti harganya mahal hehehe

    ReplyDelete
  10. nyang - anyangan memang bahaya yaa mbaaaa. Aku alhamdulillah udah jarang karena selalu jaga minum dan buang air kecil teratur. enaknya sekarang sudah ada UriCran juga yaa

    ReplyDelete
  11. Aku ini sering banget, kak..nahan pipis.
    Dan bener aja..pas cek ke dokter, aku kena ISK.
    Hiiks~
    Ga nyaman.

    Aku coba minum Prive Uri-Cran.
    Bismillah~

    ReplyDelete
  12. Aku pernah minum juga Mba.. rasanya seger loh ya. Dan aman buat bumil, buat anak2 puun.. sekarang stok uricranku yg serbuk dah abis haha

    ReplyDelete
  13. aku pernah sekali terserang anyang-anyangan dan beneran gak nyaman banget bahkan tidur pun gak nyenyak karena masih terasa gitu mba, Uricran ini solusi banget deh, rasanya manis, seger, asem.

    ReplyDelete
  14. AKu pernah anyang-anyangan waktu kuliah, bikin nggak nyaman banget karena jadi pingin bolak balik toilet pas dosen lagi ngajar, dicemberutin terus deh. Kalau sekarang sih begitu mulai anyang-anyangan gampang banget, tinggal minum Uri-cran plus aja langsung sembuh :)

    ReplyDelete
  15. Abis baca tulisan silvia yang cerita bahwa kucingnya meninggal karena kena fus alias infeksi saluran kemih pada kucing, aku jadi inget lagi tulisannya silvi yang sedih karena kucingnya mati akibat infeksi saluran kemih

    ReplyDelete
  16. Jangan sampai deh aku terkena penyakit anyang-anyangan. Alhamdulillah selama ini nggak pernah sih. Semoga selamanya sehat. Aamiin

    ReplyDelete
  17. ALhamdulillah sekarang kalo dapet anyang-anyangan aku nggak galo lagi Mba Uniek
    soalnya pernah coba minum uricran, berkah banget langsung topcer. Pengen ikutan event ini kapan hari itu, tapi pas ada acara gagal deh. Semoga lain waktu bisa nimba ilmu di event macam ini. Makasih sharingnya mba Uniek

    ReplyDelete
  18. Uricran ternyata membantu mematikan bakteri tertentu saja ya. Ga kayak antibiotik.

    Btw tertarik dengan kalimat,
    Wanita harus menggunakan air saat membasuh organ intim setelah BAK.
    Nah berarti, kalau buat toilet yang pake tissue doang itu gimana yaa

    ReplyDelete
  19. Aku pernah anyang-anyangan, Mbak.. Nggak enak banget, sakit.. Jadi karena takut itu terulang, setiap ke toilet umum aku akan nyari yang jongkok aja. Kalau adanya toilet duduk, aku semprot trus lap dulu sebelum kupake..

    Pas Ramadhan kemarin, adik ipar kena anyang-anyangan juga. Trus aku saranin minum Uricran deh..

    ReplyDelete
  20. Saya baru tau kalo penyebab utama anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih itu adalah bakteri E.Coli.
    Saya pernah juga mengalami nih, menyiksa banget deh! Badanku demam sampai menggigil, hiks...

    Makasih rekomendasi Uri-Crannya. Mbak.

    ReplyDelete
  21. Aduduuuh pernah ngalamin tp tpah lama bngt. Sekarang udah gak lagi karena rajin bawa ke mana2 uricrane sachet yg tinggal dikucurin air dingin rasanya segaaar. Jadikan kebiasaan membawa uricrane dlm sachet di tas.

    ReplyDelete
  22. Iya loh Mbak, asaya paling sering bersihkan dudukan closet saat mau nongkrong di toilet duduk itu soalnya risih takut kulit orang sebelum saya ada penyakit ini itu. Bukan sebab pernah kena anyang-anyangan juga sih tapi emang risih aja.

    Mengenai anyang-anyangan saya baru ngeh ternyata penyebabnya bakteri E. Coli ya. Duh serem juga kalau nggak cepat-cepat diobati. Itu bisa masuk lwbih dalam lagi hingga ke rahim nggak sih Mbak?

    ReplyDelete
  23. Benet bngt nih kmrin aku sempet ngalamin anyang2 3hr krn awalnya nahan pipis waktu PP k Bogor Jakarta untung skrng Ada uricran bisa cepat ditangani

    ReplyDelete
  24. Anyang-anyang emang paling gak enak banget deh, aku tuh belum tau kalau ada Prive Uricran ini. Asli dulu mah kesel kalau pas anyang-anyangan, sekarang mau sedia dirumah ah.

    ReplyDelete
  25. Kalau habis bepergian, kadang kena anyang-anyangan mbak, soalnya sering nahan pipis. Apalagi suami saya tipe yang nggak percaya kebersihan toilet umum, jadi walau saya minta berhenti di POM bensin buat ke toilet, kalau dia nggak kenal area pom itu ya nggak mau berhenti. Tahan dulu katanya.
    Jadi kalau bepergian, kayaknya saya mesti sedia uricran ini deh, biar aman dari anyang-anyangan

    ReplyDelete
  26. Aku pernah nih mba minum urican dan aku suka minum dingin. Menyegarkan sekaligus menyehatkan. Makasih tulisannya mba, jadi tahu tentang anyang-anyangan :)

    ReplyDelete
  27. Aku termasuk yang cukup sering mengabaikan anyang-anyang an nih. Padahal akibatnya gak baik banget ya buat kesehatan.

    ReplyDelete
  28. Aku sejak tahu uri-cran, tiap anyang2an pasti minum uri-cran ini. Dan aku cocok, mana rasanya manis, enak lagi... Hehe

    ReplyDelete
  29. Aku pernah tuh sepelein anyang2an. Abis bingung juga kalau anyang2an ngobatinnya gmn. Jadi kudiemin aja. Kirain bakal ilang sendiri. eeehh ternyata malah makin parah. Malah pas periksa ke dokter, dibilang infeksinya udah mpe ginjal. Duuhh kapok deh

    ReplyDelete
  30. Pernah anyang-anyangan pas lagi travelling. Duh tersiksa banget. Harus sering lari-lari ke kamar mandi. Kalau sekarang lebih tenang. Sudah ada uricran. Begitu terasa gejala anyang-anyangan segera beli uricran.

    ReplyDelete
  31. aku banget tuh, dulu sering nyepelein anyang-anyangan. Padahal kan annoying banget. Mana gak diobatin pula kalo kena. Nunggu waktu aja sembuh sendiri. Tapi sejak kenal Prive Uricran enggak lagi. Begitu kena, langsung nyeduh. 1-2 kali aja minum, langsung sembuh.

    ReplyDelete
  32. Yang paling nggaK enak itu kalau sudah kejadian berulang, rasanya trauma banget. Makanya aku sedia Prive Uri-Cran,Mbak. Takut kambuh, Mbak.Ampun deh gak nyamannya.

    ReplyDelete
  33. Rasanya mirip jus gak berasa obat ya, manis asem seger apalagi kalau dingin deh. Uri cran top markotop deh teman para wanita

    ReplyDelete
  34. Aku ini juga rentan anyang2en, soalnya suka males bak di toilet umum... Hiks... Tapi demi kesehatan ya harus diubah sih kebiasaan nahan pipis ini, dan untuk pencegahan harus rajin minum uricran...

    ReplyDelete
  35. Aku pernah beberapa kali kena anyang-anyangan dan itu tersiksa banget mba. Untung aja aku udah kenalan sama prive uri cran beberapa tahun belakangan, jadi di rumah udah sedia selalu deh. Paling suka varian yang serbuj sih, enak serasa minum juice. Hehe

    ReplyDelete
  36. Duh aku pernah mbak, rasanya gak enak bangeeett, kyk sakit2 tapi agak geli2 gimana gtu.
    Aku juga pernah minum prive uricran, rasanya enak gak kyk obat.
    Skrg sih kapok nahan pipis, kapok anyang2an lagi.

    ReplyDelete
  37. Aku udah nyoba lo Uricran ini. Suka sama rasanya. Seger banget. Andalan kalo anyang-anyangan.

    ReplyDelete
  38. Aku pernah ngerasain anyang-anyangan ini terutama saat hamil. Informasi ini penting banget dibaca oleh kaum wanita deh.

    ReplyDelete
  39. Banyak orang yang masih abai terhadap anyang-anyangan. Padahal anyang-anyangan ini bisa jadi indikasi awal adanya masalah pada saluran kencing. Klo saya sih, langsung ambil tindakan dengan minum cukup air putih. Klo belum membaik juga, langsung minum uricran.

    ReplyDelete
  40. Berarti aman ya buat ibu hamil
    Duh senangnya jika demikian
    Saya juga suka nahan pipis kalau di sembarang tempat apalagi pas keluar rumah

    ReplyDelete
  41. Wah, dulu aku sering nih. Biasanya malem pas mau tidur. Ganggu banget dan jadi gak bisa tidur. Katanya cara meredakannya gosokin belakang mata kaki sambil jongkok trus bisa berkurang nyerinya. Mungkin sugesti aja kali ya.

    ReplyDelete