13 September 2019

Tidak Ingin Boros? Yuk Ikuti Tips Menabung Ala Ibu Rumah Tangga Berikut Ini


Bagi sebagian orang, menabung sering kali menjadi hal yang sulit. Padahal dengan menabung kita bisa mendapatkan banyak manfaat. Mulai dari untuk modal usaha, pendidikan anak, investasi, atau berbagai kebutuhan lainnya di masa mendatang. 




Dulu waktu masih ngantor sih perasaan uang selalu ada aja, tapi kok ya cepat habis. Apakah karena terlalu percaya diri akan selalu ada uang gitu ya jadi aku kurang memperhatikan perihal menabung?



Sekarang jadi ibu rumah tangga yang selalu di rumah baru deh kerasa. Uang harus diatur beneran dan keinginan menabung malah tambah membara. Sebagai ibu rumah tangga kita juga harus bisa menabung dooongg....

Kita masih bisa kok menabung dengan uang dari suami atau didapat dari hasil usaha kita. Memang tidak mudah, tapi jika lakukan secara tekun maka hasil yang didapat bisa menjadi besar. 



Tips Menabung Ala Ibu Rumah Tangga yang Bisa Kita Ikuti 



1. Selalu perhatikan arus kas keuangan kita 


Memerhatikan pengeluaran dan pemasukan kita cukup penting untuk dilakukan agar bisa menabung dengan baik. Kita harus mencatat berapa besaran uang yang masuk dan keluar. Jangan ragu juga untuk menghentikan pengeluaran yang tidak perlu seperti membeli aksesoris, makan di restoran, berbelanja dan banyak lagi lainnya. 

Kita juga bisa merubah kebiasaan dari belanja di supermarket jadi belanja di pasar tradisional untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Barang tersedia juga hampir sama kualitasnya dengan harga yang lebih murah, sehingga kita bisa melakukan penghematan terhadap pengeluaran. Jika kebiasaan ini kita lakukan terus menerus, setiap bulannya kita pasti bisa menabung dan berhemat. 


2. Tidak membuang recehan 


Sering kali jika mendapat uang recehan, kita malah menaruhnya sembarang bahkan membuangnya. Mulai saat ini jangan anggap uang receh sebagai sesuatu yang merepotkan atau tidak penting. Kadang kala uang receh bisa sangat membantu pada saat tertentu. Namun jika kita tabung setiap hari, maka manfaatnya akan menjadi lebih besar. 

Pernah mendengar berita seseorang yang membeli kendaraan dengan uang receh? Nah, mereka bisa melakukan hal tersebut karena menempatkan uang receh sama pentingnya seperti jenis uang yang lain.

Oleh karena itu tidak salahnya jika kita menyimpan uang receh sedikit demi sedikit. Jika sudah terkumpul banyak uang tersebut bisa kita gunakan untuk membeli barang yang inginkan. 


3. Menyisihkan uang pada awal bulan 


Mendapat gaji memang menyenangkan, namun hari pertama atau awal bulan kita sering menjadi boros. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa sudah banyak yang kita rencanakan saat akan menerima gaji, sehingga sulit menyisihkan uang. 

Oleh karena itu mulai saat ini, cobalah untuk membuat rencana keuangan berdasarkan tingkat kebutuhannya. Jika barang yang ingin kita belum terlalu dibutuhkan, sebaiknya ditahan terlebih dahulu.

Prioritaskan untuk membeli barang-barang atau kebutuhan yang diperlukan untuk rumah tangga selama satu bulan ke depan. Dengan demikian kita bisa menyisihkan sebagian dari penghasilan kita untuk ditabung. 


4. Tetap konsisten 


Menabung rasa-rasanya memang cukup sulit jika kita tidak memiliki tujuan dan prinsip yang kuat. Oleh karena itu jika kita ingin tetap konsisten, kita harus punya tujuan yang kuat. Misalnya kita ingin membeli barang yang sangat mahal namun sangat kita idam-idamkan. Dengan demikian kita bisa memiliki konsistensi untuk selalu menabung. 

Saat menabung proses yang paling penting tentu saja adalah ketekunan. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit tentu kalimat yang harus kita pegang teguh selama menabung. Oleh karena itu kita harus mensyukuri berapa pun uang yang bisa kita tabung setiap bulannya. Tetaplah menabung dan jangan pernah menyerah sekali saja. Sensasi ketika membeli barang yang kita suka dengan menabung tentu akan terasa lebih nikmat.





5. Ikut Asuransi 


Ternyata bagi ibu rumah tangga penting lho memiliki produk asuransi tertentu. Ada banyak jenis asuransi yang bisa kita gunakan, namun harus sesuai dengan kebutuhan dan keluarga. Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang membuat produk sesuai dengan kebutuhan ibu rumah tangga, sehingga tidak perlu khawatir atau bingung lagi untuk memilih jenis asuransi yang mana. Kalau memang dirasa membingungkan, bisa juga memanfaatkan situs seperti Lifepal yang merangkum beragam produk asuransi di Indonesia. 

Ada banyak sekali manfaat asuransi yang bisa kita gunakan mulai dari mendapat fasilitas kesehatan yang memadai, keuangan tetap terjaga dengan baik, menjamin pendidikan anak, serta saat terkena sakit kita tidak perlu mengeluarkan uang. Oleh karena itu, dengan adanya asuransi kita sebagai ibu rumah tangga bisa menabung dengan baik. 

Maka dari itu, coba deh bandingkan asuransi yang satu dengan yang lainnya yang sesuai kebutuhan ibu rumah tangga maupun keluarga. Selain itu, coba pertimbangkan pula untuk punya asuransi lebih dari satu. 

Jadi, tidak hanya proteksi dalam bentuk BPJS, tetapi juga asuransi swasta dengan perlindungan beragam, mulai dari kesehatan, jiwa, dan kecelakaan, hingga asuransi rawat inap. Ada banyak kok asuransi yang bisa dipilih, misalnya asuransi AXA Mandiri.

Sudah memilih asuransi mana yang akan kaugunakan, Teman? Share di kolom komen ya jawaban maupun opinimu seputar asuransi dan tips menabung ala ibu rumah tangga ini. Terima kasih.

20 comments:

  1. Dulu waktu masih single walau sudah bisa cari uang sendiri, cuek bebek sama pengaturan keuangan. Tapi pas sudah nikah dan punya anak, waduh berasa ditampar kenyataan kalau kebutuhan keluarga itu banyak banget. Jadi kudu pinter-pinter ngaturnya. Setuju sama semua poin di atas, walaupun konsisten itu paling sussyaaaah.

    ReplyDelete
  2. Nah ini...tips2 nya realistis nih. Mudah2an bisa kylskdanakan juga ah..biar gaji nggak 10 koma alias tgl 10 sdh koma..hehe.. TFS dik..

    ReplyDelete
  3. Hahaha aku nih sempet menyepelekan uang receh. Padahal kalau dikumpulin lumayan banget! Sekarang malah diambilin anak cewek buat uang saku, LOL.

    Nah asuransi buat ibu rumah tangga juga penting ya. Mau ah ceki2 Lifepal buat nentuin yg tepat

    ReplyDelete
  4. Tipsnya mantul abis mba Uniek
    Karena memang jadi IRT itu kudu pintar jadi tukang akrobat :D
    Asuransi adalah salah satu instrumen yg bikin hidup kita jadi lebih aman, ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Soal uang receh setuju banget tuh. Kami selalu memperlakukan uang receh seperti yang nominal besar pada umumnya karena menurut kami sejuta pun gak akan jadi sejuta kalau kurang 500 perak.
    Hasilnya uang receh kami lumayan lah. Kalau lebaran ditukar ke minimarket wow berasa punya THR deh

    ReplyDelete
  6. Sama dengan menabung uang yang harus dibiasakan dari awal, asuransi juga harus dipunyai ketika kondisi badan sedang sehat2nya. Secara teori udah paham banget, prakteknya? Masih harus sering2 baca tulisan seperti ini, selalu khilaf jauh dr konsisten, hiks.

    ReplyDelete
  7. Menabung itu bagi saya tidak mudah, padahal ada celengan kaleng susu yang bisa diisi dengan recehan untuk hal darurat. Saya merasa selalu saja ada yang harus dibeli untuk kebutuhan dapur. Yang bikin saya merasa berdosa adalah jika jajan untuk diri sendiri karena kasihan suami sudah kerja keras banting tulang bersimbahkan keringat plus papanasan.
    Yah, saya jajan juga tidak banyak dan tidak setiap hari, maksimal 5 ribu rupiah, minimal gopek untuk beli bala-bala di warung dekat rumah. Akan tetapi, rasanya gimana karena upah suami yang jadi laden bangunan 70 ribu per hari, itu pun jika sedang kerja, jadi saya harus lebih usaha keras bisa kelola uang dan punya simpanan plus bikin usaha agar punya penghasilan.
    Menabung memang butuh ketekunan. Semoga saya bisa lebih tekun dan bisa menahan diri agar bisa mengatur keuangan dengan benar.

    ReplyDelete
  8. Tips menabungnya boleh juga nih dicoba. Terutama yang tentang recehan. Seringkali duit recehan disepelekan. Padahal ya recehan ini kalau dikumpulkan jadi banyak juga. Makasi banyak atas tipsnya ya, Mbak Uniek.

    ReplyDelete
  9. Tips kayak gini nih yang diperlukan irt kayak saya. Ternyata penting ya memerhatikan arus keluar masuk uang agar bisa menabung.

    ReplyDelete
  10. Menyisihkan uang di awal bulan (wajib ini) kalau gak bisa-bisa gak punya simpanan ya. Oh ternyata pengumpul receh juga toh mbak hehehe. Kadang kalau udah kebanyakan aku tuker loh ke mini market

    ReplyDelete
  11. Tips menabungnya sangat mudah dilakukan sebenarnya ya.. tapi memang kadang butuh konsisten alis disiplin ya.. sejak awal harus dibuat posting posting khusus jadi lebih memudahkan ya.. bismillah semoga ngga boros lagi nantinya.. aamiin

    ReplyDelete
  12. Harus pinter-pinter ngatur emang, jangan sampai lbh besar pasak daripada tiang ya... Syukur2 bs menyisihkan utk tabungan tiap bulannya

    ReplyDelete
  13. Aku termasuk yang paling suka ngumpulin recehan kak, hehehe mayan banget tau hasilnya kalo udah kekumpul mah...

    ReplyDelete
  14. aku udah ikutan axa mandiri nih uniek... enaknya karena ada layanan kesehatan gratis juga yang jadi satu dengan axa mandiri dan boleh double claim lagi

    ReplyDelete
  15. aku ngerjain nih semua tipsnya sejak lama. Begitu terima duit langsung deh masuk-masukin ke dalam amplop dan ada celengan kaleng buat nabung. harus diisi dan setelah diisi nggak boleh diambil

    ReplyDelete
  16. Bener banget ya pisahkan sejak dari awal bulan kalau gajian. Saya sendiri karena freelance sih jadi pas ada duit langsung masukin pos pos penting dan ga lupa konsisten untuk investasi.

    ReplyDelete
  17. Asuransi memang bantu banget ya mba.. banyak jalan untuk menabung kalau memang niat

    ReplyDelete
  18. Menyisihkan uang di awal bulan,udah dilaksanakan mom, tp ada aja kebutuhan tak terduga yg jadi nyomot lagi2 n nyomot lagi hehe

    ReplyDelete
  19. Aku lagi eksis soal recehan nih mb, karena suamiku tuh suka main sapu aja recehan yang kececer. Aku awalnya gak begitu meratiin, tapi di taman banyak recehan. Waktu lihat postingan temen yang nabung uang resehan sampai 4 juta, aku terinspirasi. Lalu mengajak anak anak ambil uang recehan yang kebuang karena kesapu. Sebagian sudah ada yang rusak sih hiks

    Terus kusimpan di wadah.. Alhamdullilah sejak itu recehan ga terbuang buang dan disimpan di wadah. Rencana klo sudah banyak banget baru ditukar

    ReplyDelete
  20. Keliatannya recehan ini memang kecil sekali ya tapi pasti ada saatnya dibutuhkan juga. So boleh juga nih tipsnya Mbak. Saya noted ya terutama yang no. 2 itu karena masih sering mengabaikan uanh recehan.

    ReplyDelete