28 January 2020

Di Balik Kesuksesan Seorang Didi Kempot, Inilah Kisah Nyata yang Belum Banyak Orang Tahu


Kisah di balik kesuksesan Didi Kempot
Didi Kempot, sumber gambar : shopee.co.id

Siapa yak tak kenal dengan Didi Kempot sih, The Godfather of Broken Heart? Saat ini Didi Kempot telah ‘merasuki’ jiwa banyak orang dengan popularitas kata-kata ‘Ambyar’. Tak hanya di Indonesia saja lho ngetopnya, bahkan banyak warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri pun sampai terheran-heran dengan istilah baru ini. 

Ambyar sendiri sebenarnya sudah ada ya di dalam kamus besar, yang memiliki arti tercerai-berai atau pun terpisah-pisah. Nah, dalam lagu yang dilantunkannya, Didi Kempot menjadikan kata ‘ambyar’ ini sebagai representasi kondisi seseorang yang hancur berkeping-keping akibat patah hati. Saking hancurnya ya, sampai tidak tahu harus ngapain lagi. Do you feel ‘ambyar’, gaes? πŸ˜Š 


Dukungan Keluarga Atas Karier Didi Kempot 


Di balik kesuksesan dalam dunia tarik suara ini, ada peran penting seseorang dalam karier menyanyi Didi Kempot. Tak lain dan tak bukan adalah mendiang pelawak yang juga merupakan anggota Srimulat, Mamiek Prakoso. Mamiek adalah satu di antara sosok yang ada di balik kesuksesan Didi Kempot. 

Tentu sudah banyak yang tahu ya kalau Mamiek merupakan kakak kandung Didi Kempot. Tak hanya terlahir lebih duluan, Mamiek pun menjadi teman Didi ketika mereka mempelajari kepandaian dalam bidang seni dari ayah mereka. Mamiek Prakoso dan Didi Kempot terlahir dalam keluarga seniman, ayah mereka yang bernama Ranto Edi Gudel atau lebih terkenal dengan julukan Mbah Ranto, memiliki aktivitas sebagai pemain ketoprak. 

Didi dan Mamiek punya jarak umur lima tahun. Sejak kecil mereka selalu diajak oleh Mbah Ranto ke tempat dia bermain ketoprak. Dari kebiasaan masa kecil inilah, mereka berdua jadi tahu apa saja yang dilakukan oleh sang ayah saat sedang pentas. Kepiawaian Mbah Ranto dalam melawak, bermain musik dan menciptakan lagu sangat menginspirasi Mamiek dan Didi. 

Ada satu hal yang diingat oleh Didi Kempot ketika dirinya dan Mamiek mengikuti ayah mereka latihan. Biasanya mereka berdua duduk di dekat alat musik gamelan. Walaupun masih kecil dan bawaannya pengen bermain dengan kakaknya, namun Didi selalu memperhatikan apa yang dilakukan ayahnya ketika sedang berlatih itu. 

Dalam beberapa kesempatan, Mbah Ranto memberikan petuah kepada Mamiek dan Didi seputar dunia seni yang ditekuninya. Tak heran jika kedua anaknya ini di kemudian hari juga mengikuti darah seni dari ayahnya. 



Peran Mamiek Prakoso di Balik Kesuksesan Didi Kempot 


Tak banyak yang tahu bahwa di balik kesuksesan yang diraih oleh Didi Kempot, ada peran penting dari sang kakak. Awal kesuksesan Didi di dunia tarik suara berawal dari dukungan Mamiek yang menemani Didi untuk bertemu dengan orang Suriname. Dari pertemuan inilah akhirnya Didi berhasil konser di luar negeri untuk pertama kali. 

Mamiek juga memiliki peran yang cukup penting terkait dengan apresiasi lagu-lagu karya Didi Kempot. Salah satunya saat Didi menunjukkan lagu berjudul ‘Pantai Klayar’, Mamiek memberikan respon yang bisa membantu semangat berkarya Didi makin melambung. Mamiek menilai lagu itu bagus dan pasti akan sukses di pasaran. Didi menceritakan jika Mamiek tak hanya memuji lagunya, namun dia juga memberikan kritik membangun terhadap hasil karyanya. 

Saling memberikan dukungan inilah yang terus mereka lakukan hingga menua bersama. Sebelum meninggal Mamiek masih sempat memberikan pesan khusus untuk adiknya. Pada 3 Agustus pagi sekitar pukul 08.00 Didi berada di samping Mamiek dan mendapatkan pesan terakhir dari kakaknya untuk terus berkarya. Peluang untuk sukses masih terbentang lebar, begitulah yang dikatakan Mamiek kepada Didi Kempot. Tepat pukul 14.00 WIB pada tanggal 3 Agustus 2014, Mamiek meninggal dunia. Ia meninggalkan tiga istri dan juga lima anak. Sebelumnya dia telah meminta Didi untuk mengawasi anak-anaknya. 





Didi Kempot, Brand Ambyarssador Shopee Indonesia 


Berkat dukungan dari sang kakak dan tekun berkarya, Didi Kempot mencapai banyak kesuksesan di dunia seni. Selain itu pada bulan Desember 2019 lalu, Didi Kempot resmi diangkat sebagai brand ambyarssador Shopee Indonesia. 

Sebagai brand ambyarssador terbaru, Didi Kempot pun mulai ikut meramaikan kampanye diskon 2.2 Men Sale di Shopee yang berlangsung selama bulan Januari sampai Februari 2020. Jangan ketinggalan lho untuk pantengin Shopee, karena selain menawarkan promo diskon hingga 50% dan gratis ongkir, ada juga promo spesial produk-produk pria pilihan seperti Shopee Super Brand Day, Fashion Pria Day, Tagihan & Tiket Day, Pulsa, dan masih banyak lagi.

78 comments:

  1. Owalaaah ... Aku baru tahu kalo Mamiek itu kakaknya 🀭 kemana aja aku selama ini? Hahaha
    Istilahnya keren ya, kak, Ambyarssador 😍

    ReplyDelete
  2. Baru tahu kalo Mamiek dan Didi Kempot bersaudara. Makin kesini Didi Kempot makin hits ya mbk, lagu lagunya dari dulu enak didenger

    ReplyDelete
  3. Ouww, aku baru tahu lhooo kalo Didi Kempot ini adeknya Mamiek, yg rambutnya putih separo itu kan Mbaaa?
    Keren yaaa, saling mendukung antar sodara
    Bravo Didi Kempot!!

    ReplyDelete
  4. Sekilas didi kempot mirip bruno mars, penyanyi dunia hehe

    ReplyDelete
  5. Jujur saya kurang familier dengan lagu-lagunya Didi Kempot.
    Cuman akhir-akhir ini banyak banget yang suka muter lagunya yang ambyar-ambyar itu, sampai pada bikin hashtag sobat ambyar segala, jadinya mulai ngeh.

    Sekarang jadi booming ya, dan jadi brand ambyarsador hahaha.
    Etapi, jadi pengen intipin 2.2 men sale di Shopee dong saya :)

    ReplyDelete
  6. Ehm... Aku beneran baru tau mb kalau didi kempoet sodaraan sama mamiek karena yg kudengar slama ini enggak gitu
    Pun d infotainment sepertiny gak pernah muncul berdua wkk
    Dan trnyata keluarga mereka emng seniman y
    Masya Allah
    Buah jatuh enggak jauh dr pohonny
    Mnunggu bang didi kempot konser d jepang hehe

    ReplyDelete
  7. Mpo sempet buka kkbi mencari arti kata ambyar. Kata tersebut jadi trending topic di twitter.

    Kalau keluarga memang harus saling dukung dengan karir yang masing-masing di pilih. Sukses didi kempot tidak berjalan sendiri tapi dukungan keluarga, tuhan dan fans

    ReplyDelete
  8. Wah.. jadi liat masa mudanya didi kempot disini.. dan memang sosoknya saat ini sangat dikenal ya dengan ambar nya hehe.. dan bintang iklan shopee pun.. anakku sampai hapal lho.. dan seorang mamik prakoso ada dibalik kisah suksesnya dan banyak orang sukses sekarang berkat seorang mamik prakoso juga..

    ReplyDelete
  9. Hihi ambyarsador, hmm emang emang nih orang indonesia paling pinter bikin plesetan kata, tapi aku saut sih dg kiprahnya beliau... kerenn

    ReplyDelete
  10. Wah, Fathir tuh suka banget dengerin lagu-lagunya Didi Kempot padahal dia gak ngerti bahasa Jawa sama sekali.

    Beneran ikutan nyanyi dan hapal liriknya, ketika aku tanya artinya dia ribet nyari di google hahaha. Fathir mau daftar jadi Sobat Ambyar katanya hahaha

    ReplyDelete
  11. Waw, sobat ambyaaaar... ternyata yaa lika-liku hidupnya menarik banget sampe sekarang sukses jadi ambyarsador Shopee dan istilah ambyarnya trending di kalangan anak muda.

    ReplyDelete
  12. Akutu lope banget sama Didi Kempot, di rumahku sewaktu masih ada alm Bapak dijejelin semua lagu2nya ampe hapaaaal.
    Sukses buat Didi kempot yaaa

    ReplyDelete
  13. Kesuksesan didi kempot memang anomali ya. Udah surut, tiba2 bisa come back & come backnya di kalangan anak muda perkotaan, yg nggak sebelumnya nggak paham musiknya, apalagi boso jowonya. Sukses terus pakdhe.

    ReplyDelete
  14. Mas Didi Kempoot, sekarang wajah mas didi kempot bertebaran di baliho baliho hihi. Dulu orang tua suka banget nyetel lagu nya mas didi kempot ini kalau di mobil. hihi

    ReplyDelete
  15. Pantesan kok mirip Mamiek Prakoso, ternyata kakak adik to. Mantap y ini smpai jadi brand ambas nya Shopee

    ReplyDelete
  16. The Godfather of Broken Heart. Memang lagu-lagunya banyak yang broken sih. Favorit saya tetap Stasiun Balapan.

    ReplyDelete
  17. Aku juga termasuk yang percaya, peran orang terdekat sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan seseorang.
    Itulah kenapa aku juga menerapkannya ke Yasmin, putriku semata wayang.
    Mendukung dan juga memberikan kritik membangun

    ReplyDelete
  18. Saluut utk Didi Kempot yg semakin eksis di era milenial ini. Setuju banget bahwa dukungan kelg adalah salah satu faktor menuju sukses..

    ReplyDelete
  19. Hebatnya, Didi kempot jadi brand ambassador shoppe untuk produk sale man... Cocok ya.. apalagi melihat latar belakang suksesnya Didi berasal dari sang kakak...

    ReplyDelete
  20. Saluut banget sama Father Of Heartbroken, Didi Kempot.
    Bangga juga karena budaya Jawa tidak asing di kalangan millenials berkat Didi Kempot dan #SobatAmbyar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yang awalnya ga tau cendol dawet gegara Father of Broken Heart, jadi tauuu...
      Huhuu~
      Berasa terpoteque hatikuu...

      Delete
  21. Aku baru tau kalo didi kempot itu adiknya mamiek hahaha. Dua kakak beradik ini emang jempolan deh!

    ReplyDelete
  22. Masih inget jamanku SD dulu, kaset vcd didi kempot punya bapak di rumah byk bgt..

    Nggak nyangka.. Diusiaku 27 inu didi kempot hits lagi bahkan viral krna karya2nyaaa. Salutt atas eksistensinya

    ReplyDelete
  23. Aku baru tau soal didi kempot, termasuk soal beliau yg didaulat jadi ambassador Shoppee, keren

    ReplyDelete
  24. OMG... meninggalkan 3 istri dan 5 anak? betapaaaa...

    salah fokus sih ini, harusnya kan komennya tentang Didi kempot, ya brand ambyar-sador ^_^

    ya pokoke di balik kesuksesan seseorang tentu saja ada sejtua orang di belakangnya

    ReplyDelete
  25. Wah aku baru tau kalau blm adiknya Mamiek P aku juga baru tau kalau dia itu brandambasador Shopee kudet aku tu hehe

    ReplyDelete
  26. Waahhhh, terharu keren
    Setiap orng sukses pasti bnyak cerita di belakang nya karena sukses itu gak ada yang instan 😁

    ReplyDelete
  27. Shopee merupakan e-commerce fav aku, aku karena sering banget ada gratis ongkir, hihihi.
    Btw, aku baru tau kisah kesuksesan Didi Kempot. Dukung keluarga memang pengaruh dan semangat yang paling besar untuk kesuksesan seseorang ya, mbak :)

    ReplyDelete
  28. Didi Kempot ini sukses membawa campur sari ke ranah nasional ya mbak Uniek. Sekarang dimana-mana orang bisa menikmati lagu campursari dengan bangga

    ReplyDelete
  29. Akuuuu sobat ambyar, seneng banget dengan lagu-lagunya Mas Didi Kempot, my Lord... Dulu sering denger lagu-lagunya diputer Bapak di kaset dan tape, sekarang nular ke aku dan anak-anakku. Apalagi pas lihat Didi Kempot didapuk jadi Brand Ambyarsador nya Shopee... ah loveeee

    ReplyDelete
  30. Duh, sebagai Sobat Ambyar aku kudet soal beliau. Tapi kalo dia jadi duta Shopee aku tahu. Dan setuju banget. Seluruh rakyat ambyar pasti pada suka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, salut dengan Mas Didi Kempot ini. Dia masuk artis yang fenomenal kataku. Dulu awal tahu, lagunya bikin heboh. Aku denger di semua tempat. Ya tv, ya radio. Nah sekarang, heboh di dunia maya. Yang keren, fenomenalnya bukan karena hal yang aneh-aneh semacam skandal. Top deh

      Delete
  31. Saya dulu pertama kenal didi kempot pas lihat video klipnya di acara musik TVRI, jaman saya masih kecil. Setelah itu, lama nggak pernah tahu kabarnya. Dan lalu muncul dengan lagu Stasiun balapan, kala saya sudah besar. Hingga kini, dia makin terkenal

    ReplyDelete
  32. Aku kenal sama mas didi kempot waktu jaman sd mbak, sama2 orang solo, beliau sederhana banget. Lagi yg dibikin itu ngena semua, bagus-bagus banget karyanya

    ReplyDelete
  33. Ngakak akutu pas baca brand ambyarssador, beneran yah itu tag line nya Pak Dhe Didi KEmpot?
    Kreatif banget siii

    ReplyDelete
  34. Iya ya lihat Didi Kempot, saya selalu terngiang mas Mamiek
    Kalau kata suami, lagunya sudah lama tenar tetapi baru kali ini bener bener booming

    ReplyDelete
  35. Sibling kakang adik yg begitu bagus . Aku udah pernah denger kalau (alm) Mamik Prakoso adalah kakak Didi kempot, tp sayang jarang tersorot media
    Saat ini taglinenya ambyar itu telah menggaung dimana2
    Yg aku inget juga Didi kempot yg nyanyi stasiun balapan kan ya ??

    ReplyDelete
  36. Wah, bukan perjalanan yang mudah ya untuk menjadi King of Ambyar Indonesia :)
    Tapi karya yang dihasilkan memang bagus-bagus ya lagu Didi Kempot ini

    ReplyDelete
  37. MasyaAllah hubungan kakak beradik ini luar biasa ya. Btw aku kaget juga nih Mbak, ternyata alm Mamik Prakoso tuh punya 3 istri ya? Tapi aku herannya, dari kedua anak Mbah Ranto, tidak ada satupun yang pengen jadi pemain ketoprak ya :D

    ReplyDelete
  38. Baru tau kalo didi kempot jd brand ambyarsaddor wkwkwk.. saat sukses gini pasti baper banget kalo ingat sang kakak yg total mendukung ya

    ReplyDelete
  39. Keren yah Didi Kempot menjadi brand ambasadornya Shopee, semoga cerita kesuksesannya ini menjadi inspirasi untuk yang lainnya. Aamiin.

    ReplyDelete
  40. Perjalanan hidupnya patut dicontoh ya, asyiknya beliau punya mentor yang selalu support!

    Pertama kali liat Didi kempot di beranda shopee auto inget jokes ambyar πŸ˜‚

    ReplyDelete
  41. emang nih sobat ambyarrr bikin geger dunia permusikan, perjogedan, perjagonan sagalanya, sampe bokap, suamik pun ikutan teracuni hahahah

    ReplyDelete
  42. berkat postingan ini saya baru tahu kalau Mamiek tu kakaknya Didi Kempot hahahaaa salam Ambyarsador ya kak :)

    ReplyDelete
  43. aku baru tauuu lho kalau Didi kempot itu brand ambassadornya Shoppe..eh Ambyarsaddor yah hehehe. Ayoo buru salenyaa..

    ReplyDelete
  44. Didi Kempot sudah berkiprah cukup lama tapi sepertinya baru sekarang beliau berada di puncak kesuksesan berkat viral. Memang sih sekarang ini sesuatu yang viral bisa membuat nama seseorang naik dan kesuksesan menyusul di belakangnya. Tapi perjuangan beliau ternyata untuk sampai ke titik ini juga patut diacungi jempol

    ReplyDelete
  45. Sebagai orang asli Kediri, Jawa Timur, aku fans garis keras Didi Kempot sejak dia nyanyi lagu Campursari..Makin ke sini karyanya mengikuti jaman dengan keambyarannya tapi Didi sendiri tetap membumi

    ReplyDelete
  46. baru tahuuu. maklum saya dulu jg gak ngeh kalau tokoh penting di Srimulat adalah kakaknya mas didi kempot. wow dukungan yg bikin sukses ya

    ReplyDelete
  47. wah gitu ya the journey nya dari mas Didi Kempot, yang mana sekarang ini makin happening banget. Hampir seluruh masyarakat, bukan jawa timur, tengah aja yang nyanyiinnya. Ternyata ada sosok Mamiek P ini yang berjasa banget

    ReplyDelete
  48. Kagum aku sama Didi Kempot bisa jadi Presiden of Broken Heart. Pas pernah nonton konsernya wah semua hapal. Usia muda juga. Dukungan keluarga memang sangat besar untuk meraih kesuksesan.

    ReplyDelete
  49. Waahh..ternyata Mamiek tuh kakak kandungnya Didi Kempot tohh..baru tau saya..hahaha

    ReplyDelete
  50. Aku baru tau mereka teh kakak ade. Hebat yah warisan seni dari Mbah Ranto bisa jadi sukses. Jarang jarang loh seni tradisional bisa jadi jalan hidup makmur

    ReplyDelete
  51. AmbyarsadoorπŸ˜‚πŸ˜‚ bisaan ya shopee, dulu lagu didi kempot itu kesukaan alm ayah 😊 jadi sering denger ehh jadi suka juga 😁

    ReplyDelete
  52. aku tau Didi Kempot itu dulu waktu aku masih kecil karena papa mama ku suka nyetel lagunyaa. Dan sekarang ternyata lagi hype banget yaa

    ReplyDelete
  53. AmbyarsadoorπŸ˜‚πŸ˜‚ bisaan ya shopee, dulu lagu didi kempot itu kesukaan alm ayah 😊 jadi sering denger ehh jadi suka juga 😁

    ReplyDelete
  54. Seriusan aku baru tau lho kalau Didi Kempot dan Mamiek ini adik kakak. Kalau ga terdampar ke sini aku ga bakalan tau. ke mana aja ya :(

    ReplyDelete
  55. Lah ternyata selama ini mamiek itu kakaknya didi kempoet toh baru tau aku tuh.

    ReplyDelete
  56. Aku ngakak ketika baca Ambyarsador. Wkwkwk istilahnya lucu banget ya. Bisa-bisa aja nih orang Shopee nyambunginnya. Ya ampun baru tahu banget juga ternyata Didi Kempot itu adik dari maiek Prakoso?

    ReplyDelete
  57. baru tahu kalau Mamiek Prakoso kakaknya DIdi Kempot, belom pernah liat konsernya tapi dari cerita temen-temen kayaknya asik banget dan jadi penasaran dong pengen lihat

    ReplyDelete
  58. Didi kempot ini orangnys gigih dan konsisten. Terus berkarya di jalur musik yang disenanginya. Kesuksesan sekarang yang diraih adalah hasil kerja kerasnya. Patut ditiru nih...

    ReplyDelete
  59. Ternyata Om Didi sebelum terkenal sudah memiliki darah seniman dari ayahnya ya mbak.
    Pantas aja skrg karya Om Didi lebih banyak dikenal. Apalagi sampai ada istilah sobat Ambyar juga
    Tapi beneran Ambyar sihh πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
  60. Istri Didi Kempot ini orang Ngawi. Tapi gak tahu ya istri pertama atau keberapa. Dulu anaknya sempat mau daftar ke sekolah tempat aku kerja di Magetan. Waktu itu Didi datang sendiri untuk mendaftarkan anaknya. Low profile banget. Jan biasa gak kayak artis.

    ReplyDelete
  61. Pas aku lihat iklannya kok aku kyk familiar sama wajahnya,,beneran baru pas baca ini iya Didi kempot ya...untuk sukses pasti penuh perjuangan ya mba.. dukungan saudara Juga berpengaruh

    ReplyDelete
  62. Sobat Ambyaarr! Hahaha.

    Aku udah tau lama kalo Mamiek Prakoso itu kakaknya Didi Kempot. Ini gara-gara Ayahku yang ngefans banget sama Didi Kempot makanya tau info-infonya dan dari dulu aku udah familiar sama lagu-lagunya. Nggak heran sekarang hype banget. You deserve it Mas Didi!

    ReplyDelete
  63. Aku tuh suka banget nie sama didi kempot lagunya enak banget dan sangatlah menghibur

    ReplyDelete
  64. aku tau om didi jadi ambyarsadornya shopee. si om wajahnya lawak bgt apalagi pas aku liat banner doi pake baju ala-ala bts.. :P

    ReplyDelete
  65. Wah.. Darah seninya dari ayahnya rupanya ya mba. Aku baru nyadar ini didi kempot yg sering iklan di Shopee akhir2 ini. Hihi. Mayan nih ad voucher gratis ongkir ga kepake buat februari.

    ReplyDelete
  66. Aku terharu baca ceritanya. Peran alm Mamiek besar banget ya dalam kesuksesan Didi. Salut dgn mereka berdua yang berkarya & saling mendukung. Akur gitu.

    ReplyDelete
  67. baru tau didi kempot dan mami prakoso bersaudara, ini aq juga suka ngomong2 ambyar dan tahu sih dari salah satu lagu didi kempot cuma gak tau judul lagunya yg mana... Btw bisa aja yah shopee bikin istilah ba jd kocak gitu

    ReplyDelete
  68. Aku baru tau alm. Mamiek dan didi kempot ternyata kakak adik dan didi kempot srkg disapuk jd ambyarsador shopee. Hehehe.

    ReplyDelete
  69. Owalah aku baru tau kalau Didi Kempot saudaranya pelawak Mamiek.
    Memang dukungan keluarga sangat penting ya buat meraih kesuksesan.
    Haha lucu itu seriusan nyebutnya ”ambyarsador” ya hehe

    ReplyDelete
  70. Aku br tau kl Mamiek itu ternyata kakaknya Didi Kempot! Tapi emang support keluarga itu penting bgt, skrg udah terkenal jd ambyarsador shopee, keren bgt deh ah mas didi πŸ˜„

    ReplyDelete
  71. beliau iin memang namanya selalu besar di daerah tengah jawa, cuma karena skrg tren kaum urban lagi klasik dan back to basic jd traditional art lagi di gandrungi jd nama beliau ikut keangkat di sekitaran kaum urban hehe

    ReplyDelete
  72. Mungkin ini mbak yang disebut, dibalik orang hebat ada orajg hebat lain yang mendukung karirnya hehe. Ngomong ngomong aku juga penggemar didi kempot, tapi blm pernah nonton konsernya heheuuuu

    ReplyDelete
  73. Udah familier sma lagu2 didi kempot dr kecil soalnya ak dari solo haha, keren ya bisa jadi ambyarsadornya shopee πŸ‘πŸ»

    ReplyDelete
  74. aku baru tau ceritanya mas didi kempot kayak gitu. ternyata memang dari kecil udah kenal sama dunia seni ya, dibantu juga sama kakaknya sampai bisa konser. keren banget deh kekeluargaannya :)

    ReplyDelete
  75. kalau inget lagu-lagu didi kempot tuh lucu-lucu deh.. Shopee kepikiran aja pula bikin brand AMBYAARRRsador wkwk sobat ambyaarr merapaaat XD

    ReplyDelete
  76. Dulu taunya didi kempot cuma lagu stasiun balapan saja.Lama tak terdengar sekarang malah ngehits, dikalangan milenial pula. Keren emang the king of broken heart ini.

    ReplyDelete