11 November 2020

Loading ke Website Lola? Ketahui Penyebab Server Down Ini

 
sumber: freepik.com

Akses menuju ke website harus bisa berlangsung secara cepat. Website dengan akses yang lama dapat menyebabkan pengunjung malas datang ke website tersebut. Imbasnya adalah penurunan jumlah pengunjung. 

Tahukah teman bahwa server down memiliki banyak penyebabnya. Lambatnya akses bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Mengetahui apakah yang bisa menyebabkan server mengalami downtime dapat membantu kita menghindari berbagai penyedia layanan hosting yang bermasalah. Namun sebelum membahas tentang masalah yang sering terjadi pada server, maka kita perlu untuk memahami tentang pengertian dari server dahulu, karena masih banyak orang yang belum paham tentang hal ini.



Definisi Server


Orang yang bidang pekerjaannya tidak berkaitan dengan IT seringkali belum mengerti apa itu server. Definisi server adalah suatu sistem pada komputer yang berfungsi memberikan layanan dalam jaringan komputer. Peranan lain server adalah menjalankan software yang bertugas mengendalikan jaringan dan memberikan akses terhadap workstation kepada anggota dalam jaringan.

Ketika server tersebut mengalami kegagalan dalam menjalankan fungsinya, maka sering disebut dengan server down. Sebuah kegagalan pada saat mengakses akan menyebabkan pengunjung tidak bisa masuk dalam suatu website.


Penyebab Server Down yang Perlu Kita Ketahui


Ada banyak hal yang bisa menyebabkan akses ke website mengalami kegagalan. Biasanya ditandai dengan akses menuju website yang lama. Beberapa penyebab tersebut dapat kita ketahui sebagai berikut:


1. Trafik Mendadak Melonjak


Suatu layanan hosting yang dipakai oleh pemilik website biasanya menyediakan jumlah kuota pengunjung yang spesifik. Misalkan saja memiliki kuota maksimal pengunjung harian sebanyak 2000 pengunjung. Apabila jumlah pengunjung yang datang lebih dari jumlah tersebut, maka website akan mengalami down. 

Pemilik website perlu memahami bahwa ini bisa terjadi akibat serangan hacker yang menyebabkan website mengalami down. Cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan filter terhadap IP yang mencurigakan dan diduga bisa menyebabkan traffic melonjak. Solusi lain yang bisa dilakukan adalah menaikkan jumlah trafik yang dapat ditampung oleh website



2. DNS Mengalami Masalah


DNS adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mengubah URL website ke dalam kode IP Address. Setiap pemilik website perlu untuk memastikan bahwa DNS sudah terpasang dengan baik atau belum. DNS yang belum terpasang dengan baik dapat menyebabkan website tidak dapat ditemukan melalui browser sama sekali.

Sudah pasti hal tersebut akan sangat merugikan pemilik website bukan? Lakukan pengecekan berulang kali secara teliti pada saat melakukan integrasi antara DNS dengan website.



3. Data Center Down


Ada banyak proses yang terjadi dalam data center, seperti backup data, sinkronisasi, dan lain-lain. Bisa ada banyak kemungkinan masalah terjadi akibat fungsi yang sangat beragam tersebut. 

Hampir sebagian besar down pada data center pernah terjadi pada suatu penyedia layanan hosting. Hanya saja hal itu jarang terjadi pada DomaiNesia.


4. Serangan Hacker


Hacker yang ahli akan bisa masuk dan mengambil alih sistem komputer seseorang. Mungkin saja terjadi bahwa hacker mengambil alih suatu website untuk keuntungan mereka sendiri. Ini mereka lakukan ketika terdapat celah pada suatu sistem. Bisa juga terjadi akibat kelalaian seseorang dalam melakukan logout setelah login dalam suatu akun media sosial atau website.

Kelalaian dalam menjaga privasi password bisa membuat website atau media sosial bisa diakses orang tidak bertanggung jawab. Pastikan untuk tidak pernah melakukan save terhadap suatu password. Melakukan pengingat terhadap password memudahkan orang lain untuk bisa masuk ke suatu akun dengan menggunakan pengingat password tersebut.


5. Listrik Mati


Suatu pemadaman listrik yang terjadi mendadak dapat mengganggu infrastruktur TI. Ini bisa masuk dalam tahapan berbahaya, terutama saat terjadi pada data center maupun jaringan internet. Kasus ini pernah terjadi pada marketplace besar di Indonesia, seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Layanan di marketplace tersebut sempat tidak dapat diakses untuk beberapa waktu akibat mengalami listrik mati. DomaiNesia selalu menjaga agar daya tidak mati, sehingga tidak perlu mengalami pemadaman listrik pada bagian data center



6. Bencana Alam


Manusia memang bisa berusaha untuk menghindari berbagai macam insiden yang mengganggu performa server. Hanya saja tidak semua masalah tersebut dapat dihindari. Salah satu faktor yang tidak dapat dihindari oleh penyedia layanan hosting adalah bencana alam. Untuk mengatasi hal tersebut, pihak DomaiNesia akan mengalami recovery

Nama dari perencanaan recovery tersebut adalah Disaster Recovery Plan atau DRP. Itulah mengapa lokasi peletakan data center selalu  berjauhan dengan lokasi yang sering mengalami bencana alam. Ini dapat meminimalisir potensi server down akibat bencana alam.



7. Plugin atau Aplikasi Bajakan


Pengguna komputer bukannya tidak mungkin menggunakan aplikasi bajakan untuk diinstal ke website mereka. Tentunya penggunaan aplikasi bajakan tersebut dapat menimbulkan kesulitan ketika harus menjaga kestabilan akses website yang dimiliki. Itulah pentingnya mengetahui aplikasi atau plugin yang asli dan yang palsu, karena memang akan mempengaruhi performa hosting.



8. Pilih hosting terbaik 


DomaiNesia adalah hosting yang mumpuni dalam hal server dan hosting. DomaiNesia sudah berpengalaman selama 11 tahun dalam melayani pelanggan dalam memberikan pelayanan prima hosting ter murah, Hal ini dibuktikan banyak sekali review yang menjelaskan bahwa hosting DomaiNesia memiliki kualitas yang mumpuni dengan harga termurah. 


Jadi, teman-teman sudah paham kan ya sekarang mengapa pada suatu waktu tertentu website bisa lama sekali waktu loadingnya. Jika teman-teman merupakan pengelola website, semoga sudah ada gambaran penyedia hosting mana yang unggul dalam menyediakan server dan hosting. 

39 comments:

  1. bener juga, kalau pilih layanan hosting harus minta rekomendasi teman, biasanya di mana dan gimana, biar minim lola ya

    ReplyDelete
  2. Memang harus berlangganan hosting erpercaya ya biar nggak stres, kalau gangguan bisa langsung laporan ke mereka dan responsif, nggak dicuekin pelanggannya..

    ReplyDelete
  3. Penting memang nyar4i hosting yg bagus dan terpercaya ya. Aku pun kalo masuk situs yg pola males bgt dan ga sabar jd sebisa mungkin jangan sampe blog ku gtu juga

    ReplyDelete
  4. ternyata banyak penyebabnya ya mbak, nggak kepikiran lho listrik mati juga. berarti perusahaan yg bergerak di bidang IT hrs pny support listrik sendiri ya. nice info nih selama ini aku masih langganannya domain aja belum hosting. bisa dipertimbangkan lah, ya..

    ReplyDelete
  5. Yuni pernah tu mengalami. Tiba-tiba traffic melonjak. Waktu itu pas baru pasang adsense. Kan adsensenya menganggap itu mencurigakan ya. Jadi kena pembatasan gitu.

    Ternyata malah bisa bikin server down juga ya masalah lonjakan traffic ini. Info baru buat yuni yang newbie nih mbak.

    ReplyDelete
  6. Pantesan situs seperti prakerja lowongan atau CPNS itu suka down servernya dan akhirnya susah diakses, ternyata tiap hosting itu ada batas trafik pengunjungnya ya mba, baru tau banget soal ini

    ReplyDelete
  7. Duhhh jadi ingat website ku yang satu kena hack. Harus memilih hosting yang kualified ya agar tidak gampang dihack gitu

    ReplyDelete
  8. Selama ini aku mikirnya cuma karena 2 hal, pengunjung melonjak dan jaringan internet yang bermasalah. Ternyata penyebabnya macam-macam, ya.

    Ngomong-ngomong soal hosting murah ko jadi pengen yak 😁

    ReplyDelete
  9. Ini hal-hal yang juga kudu banget di tahu oleh para pekerja digital ya.
    Biar nggak buru-buru nyalahin satu pihak saja.

    ReplyDelete
  10. Nhah, sebagai orang yg gaptek, perlu banget nih diurusin sama yg lbh ahli spy ga bikin jengkel ngejalanin web.

    ReplyDelete
  11. Wah Domainesia penyedia layanan hosting yang ngerti banget permasalahan kenapa server suka down di saat² tertentu ya... Salah satunya saat terjadi lonjakan trafik pada waktu tertentu ya

    ReplyDelete
  12. Aku belum pakai hosting karena masih newbie dalam hal blogging, takut kenapa-kenapa jadi untuk sekarang belum pakai. Makasih ya mba, jadi tau lebih banyak tentang server yg down

    ReplyDelete
  13. Aku baru tau ada domainesia mbak hahaha

    ReplyDelete
  14. Banyak faktor ya mbak yang bikin akses ke web lambretaa... Pilih2 hosting emang penting banget selain pertimbangan harga dan layanan,kalo sering down bisa pindah ke lain hati ..

    ReplyDelete
  15. Serem juga ya, kalau kena hack.
    Lebih serem lagi kalau listrik mati di server, yang kena banyak orang, deh.

    ReplyDelete
  16. aku kurang paham tentang server down. kirain karna sinyal dan banyak yg akses aja. ternyata banyak faktor peyebabnya ya. emang kudu pasang domain yg berkualitas ya mak... biar hati jadi tenang :)

    ReplyDelete
  17. Ternyata banyak sekali yg hrs dipelajari dan dipahami ya soal yg berkaitan dengan Website ini. Th 2014 hingga saat ini bunda blm sewa hosting hanya pake yg gratisan di blogger blogspot dan domainnya dr QWords. Inipun bunda dibantu total th 2014 oleh Mbak Shintaries, sampe2 begitu baiknya datang ke rmh bunda ngajarin. Alhamdulillah, hingga kini tak pernah ada masalah yg mengganggu aktivitas bunda di Web. Masih bnyk yg hrs bunda pahami dari tulisan mbak Uniek ini yg sarat dengan pengetahuan yg menyangkut "skill" gimana beraktivitas di Website. Mksh mbak Uniek.

    ReplyDelete
  18. Pernah ngalami server pembelajaran daring di kantor nggak bisa diakses. Gegara listrik yang mendadak mati, terus UPS juga waktu kerjanya terbatas, bisa bikin server akhirnya mati juga. Terus mulai deh banyak pesan masuk di wa karena web nggak bisa diakses.

    ReplyDelete
  19. Buat anak IT, ini pasti istilah-istilah remahan ya.
    Tapi buat yang ga akrab dengan IT seperti saya, ada istilah2 yang tidak bisa sekali baca langsung paham hahaha. Pilih penyedia jasa domain dan hosting yang mumpuni memmang penting kalau blog mau bagus. So fara, saya baru pakai domain aja sih heheheh

    ReplyDelete
  20. Aku punya food blogger Surabaya favorit, namanya laurentiadewi.
    Tapi blognya sering error, kemungkinan karena serangan hacker sih mba.
    Karena kata doi, haters-nya mayan banyak :d
    kayaknya daku bakal rekomen artikel ini dah

    ReplyDelete
  21. ternyata banyak faktor yang membuat web jadi lola. Dan pilih-pilih hosting terpercaya juga penting nih. Kalau lola kan bisa mengecewakan pengunjung yang sedang bertandang ke blog

    ReplyDelete
  22. wah ternyata begitu ya beberapa faktor yang menyebabkan loading lambat. iya sih mbak, salah satu yang membuat saya males bertandang ke website seseorang, selain iklan pop up dimana-mana juga sebab lola, sebaiknya memang memakai hosting yang terpercaya yaa.

    ReplyDelete
  23. Aku baru tahu mba kalau traffic melonjak itu bisa menyebabkan server down. Aku jadi bertanya-tanya, server web aku bisa menampung berapa ribu traffic perhari ya hihihi. Soalnya dulu nggak pernah kepikiran. Sebagai orang awam aku juga kurang ngerti soal DNS gitu. Jadi mending pilih hosting yang terpecaya ya mba kayak Domainesia ini ya? Nggak nyangka ternyata Domainesia ini udah lama juga ya mba. Baru tahu aku

    ReplyDelete
  24. Mbak, selama ini aku blm pernah beli hosting cuma domain aja. Kebtulan aku pake blosgpot. Jujur lho aku suka bingung apa bedanya klo kita beli hosting sama ngak beli hosting?Hehhehe..maksudnya ketika beli hosting ada benefit lain? cz aku emg selalu beli domainnya aja.

    ReplyDelete
  25. Trafik tiba-tiba meloncak, wah lagi viral nih webnya tiba-tiba banyak pengunjung:)
    Hebat deh buat mereka yang ngeblog pakai hosting mau gak mau harus belajar ini itu supaya tau kalau ada masalah di server. Banyak juga ternyata penyebab server jadi lambat makanya penting banget memilih hosting yang bagus

    ReplyDelete
  26. Hmm jadi banyak tahu aku ttg penyebab web lola, dan memang pilihan hosting itu sangat berpengaruh ya mbak..makanya harus pilih hosting yg berkualitas y

    ReplyDelete
  27. Sebetulnya paling keder juga emang kalau kena serangan hacker. Aduh bisa keringat dingin deh. Dan teryata banyak ya penyebabnya

    ReplyDelete
  28. Aku baru tau plugin dan aplikasi bajakan juga mempengaruhi ya mbak, mending yang ori2 aja berarti ya. Beda kaya bencana alam dan listrik mati yg gak bisa di prediksi

    ReplyDelete
  29. Dari 8 penyebab server down, kayaknya yang paling ngeri itu serangan dari hacker, ya, Mbak. Takutnya kecil kemungkinan website kita bisa kembali lagi. Bisa-bisa diambil alih selamanya, jangan sampai, deh!

    ReplyDelete
  30. Ternyata listrik mati bisa jadi salah satu penyebab website lola ya, kirain sekarang udah canggih ternyata ini masih berlaku. Hosting yang berkualitas memang jadi pilihan utama, jangan sampai pilih hosting yang abal abal ya mbk

    ReplyDelete
  31. Saya sedang mengalami ini nihmbak dan belum tahu penyebabnya apa, kemarin cek GTMetrik hancur skor blog padahal tadinya aman saja, sedang dicari penyebabnya apa dan belum ketemu, mumetlah aku πŸ˜‚

    ReplyDelete
  32. Sudah lama gak mampir kesini. Kangen untuk blog walking lagi.
    Sukses selalu.

    ReplyDelete
  33. mebludaknya pengunjung bisa membuat server down ternyata ya. tapi jadi kepo deh.. itu bisa tau kapasitas batasan jumlah pengujung di websitenya dari mana?dan server yang dimaksud ini, servernya hosting atau server dari kita?

    ReplyDelete
  34. Hosting yang bagus dan baik itu sangat penting. Biar loading website lancar dan tanpa hambatan. Setuju banget, kalau kita buka website terus loadingnya lama, kan jadinya sebel.

    ReplyDelete
  35. Hostingku yang dulu tu gak tau kenapa ra cocok sama blogku, masa di aku kebuka lancar di temen2ku gak bisa T.T
    Jd kadang aku menyarankan teman2ku masuk pakai proxy huwaaa lha kan ngrepotin.
    Makanya bener banget kalau punya blog cari penyedia hosting yg solutif deh. Murah bonus, asal pelayanannya memuaskan yaaaa.

    ReplyDelete
  36. Ternyata banyak hal yang menjadi penyebab webnya lola ya...seram banget kalau ternyata karena dibajak hacker jadi kudu pilih hosting terpercaya dan responsif deh...

    ReplyDelete
  37. Yang kayak gini kadang banyak blogger yang ga ngerti. Apalagi kalo urusannya sama server biasanya langsung panik ngontak providernya. Itu aku hahaha

    ReplyDelete
  38. Ternyata banyak penyebabnya yah. Next try to nulis yang hackwr itu lo mba. Kepo pengen tahu ulasan sis gimana

    ReplyDelete
  39. Pernah banget mengalami hal ini, kak Uniek.
    Tapi biasanya dikabari dari penyedia hostingnya yaa...kaya mau maintenance gitu.
    Alhamdulillah~

    ReplyDelete