17 Oktober 2018

Jagalah Hati Jangan Kau Nodai

menjaga fungsi hati dengan herbadrink temulawak



Jagalah hati, jangan kau nodai
Jagalah hati lentera hidup ini...

Ada yang familiar dengan lirik lagu ini?

Iyes, lagu ini pernah dilantunkan oleh Aa Gym. Bahkan disebutkan dalam rangkaian lagu tersebut, bila hati kian bersih, pikiran pun kian jernih.

Jika kita menarik pengertian soal hati ini ke makna sebenarnya, sama saja loh. Hati yang merupakan salah satu organ tubuh kita, perlu mendapat perhatian. Harus dijaga kebersihan dan kesehatannya.

Bagi kaum muda aktif jaman now, pekerjaan seperti tiada habisnya. Pada suatu saat masih mengerjakan sesuatu di kantor, lalu tak lama kemudian sudah harus berpindah ke tempat lain. Bertemu dengan klien, presentasi, kemudian sesegera mungkin mengejar flight terdekat agar tidak terlambat untuk pertemuan selanjutnya.

Duuuhh... gaya hidup yang super sibuk dan kurang istirahat begini bukannya tidak memiliki efek negatif loh. Berbagai organ tubuh dipacu untuk bekerja keras secara berlebihan. Apalagi didukung pola makan yang tidak karuan. Segala fast food disantap demi kepraktisan, lalu lupa untuk menjaga keseimbangan nilai gizi bagi tubuh.

Menyantap fast food sih oke oke saja ya asalkan tidak setiap saat dan tetap mengimbangi pola konsumsi di lain waktu dengan makanan yang berasal dari bahan-bahan segar, seperti sayur dan buah-buahan. Jangan lalu dibikin mudah saja, dimana ketemuan dengan teman atau partner kerja, ya sudah makan apa adanya saja. Jika dilakukan terus menerus, kasihan lah raga kita.

Hati merupakan salah satu organ tubuh yang bisa mengalami gangguan dengan pola hidup yang serba sibuk dan lembur tiada henti begini. Makin banyak orang dengan usia belum terlalu tua mengalami gangguan hati. Bukan sakit hati gara-gara putus cinta loh yaaa.. πŸ˜‰



Menjaga Kesehatan Hati dengan Temulawak


Berbagai tuntutan hidup memang serasa terus mengejar kemana pun kita pergi. Urusan keluarga saja tak ada habisnya, belum lagi tekanan dari tempat kerja. Uugghh... badan cuma satu tapi rasanya harus memiliki kekuatan ganda.

Pemaksaan kerja ragawi yang terlalu tinggi tak jarang menghasilkan dampak yang tidak diinginkan. Jatuh sakit dan untuk kemudian tidak dapat beraktivitas normal menjadi momok tersendiri.

Lalu gimana dong, kesibukan tidak bisa ditinggal kan? Ntar enggak kerja, anak istri makan apa?

Iya juga sih. Manusia dengan segala kebutuhan dan keinginan, mau tak mau harus terus melangkah untuk menggapai apa yang dicita-citakan. Namun bukan berarti kita tak punya solusi untuk ancaman kesehatan yang setiap saat mengintai.

Berkaitan dengan kesehatan hati, sebenarnya di sekitar lingkungan kita telah tersedia tanaman berkhasiat yang bisa kita petik manfaatnya.


sumber gambar : herbadrinknatural.com

Ada yang tau tanaman herbal apakah di atas?

TEMULAWAK. Ya, betul sekali jika tebakanmu itu, kawan. Dalam satu rimpang temulawak, ternyata terkandung begitu banyak zat yang bermanfaat, antara lain :
  • Kalagoga berfungsi sebagai peluruh atau penghancur batu empedu. Batu empedu merupakan penyakit yang terjadi di saluran atau kandung empedu. Salah satu penyebabnya adalah kolesterol yang terlalu tinggi. 
  • Xanthorrhizol. Zat ini hanya ada pada temulawak serta tidak ditemui dari jenis Curcuma yang lain. Xanthorrhizol berfungsi sebagai antifungi, antibakteri, antioksidan dan antiinflamasi. 
  • Glikosida berfungsi sebagai sarana pengobatan dalam arti luas yang beberapa di antaranya adalah sebagai obat jantung, pencahar, analgetik dan beberapa fungsi lainnya. 
  • Minyak atsiri berfungsi sebagai penekan pembengkakan jaringan dan meningkatkan produksi getah empedu. Minyak atsiri juga bisa membunuh mikroba.
  • Flavonoid dalam tubuh manusia berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghambat proses penuaan serta mencegah berkembangnya sel kanker. 
  • Kurkumin. Kenapa ramuan temulawak berwarna kuning? Salah satunya ya karena ada kandungan kurkumin ini. Kurkumin bermanfaat untuk antiinflamasi yang dapat mengurangi radang sendi pada tubuh. Kandungan kurkumin pada temulawak juga dapat menghambat penggumpalan darah yang bisa menyebabkan penyakit stroke dan serangan jantung.

Wowww... ternyata dalam sebentuk temulawak ini terdapat banyak zat yang bermanfaat untuk tubuh. Tak heran, para penjual jamu dan minuman herbal memasukkan temulawak ke dalam racikannya. Temulawak memiliki fungsi untuk memelihara kesehatan hati, mengurangi radang sendi, menjaga fungsi lambung dan menurunkan lemak dalam darah.



Menikmati Temulawak secara Praktis


Meski sudah memahami manfaat tanaman herbal yang satu ini, masih banyak orang yang enggan untuk mengonsumsinya secara rutin demi menjaga kesehatan fungsi hati.

Malas aaah harus berkotor-kotor untuk membersihkan tanaman temulawak...

Aih, alasan tersebut sudah tak berlaku lagi lho. Saat berbelanja di salah satu minimarket, aku melihat ada kemasan minuman siap seduh dari Herbadrink. Ada banyak variannya loh, antara lain sari jahe, sari temulawak dan lidah buaya.





Punya suami yang memiliki aktivitas padat seperti yang kusebutkan di atas tadi membuatku tak bisa abai untuk ikut serta menjaga kesehatannya. Mana suamiku itu kalau ketemuan dengan orang selalu di tempat makan. Otomatis makan segala macam yang kadang terlalu berlebihan untuk tubuh.

Sering luar kota, kalau di rumah hobi kerja sampai malam, duuuhh... apa ya enggak capek sih, Yah?

Bawaanku jadi sering kayak nenek nenek yang memberi wejangan ini itu. Mungkin mas bojo sampai udah hapal kali ya, habis kalimat A ntar nyambung ke yang B dan seterusnya. πŸ˜ƒ

Ya gimana lagi sih ya, kalau tidak seperti itu nanti dia lupa menjaga kesehatan tubuhnya sendiri. Harus selalu diingatkan.

Selain menyeduh Sari Temulawak dari Herbadrink untuk diriku sendiri, aku menawarkannya juga kepada suami. Dengan segala kebaikan temulawak seperti yang kutulis di atas tadi, tak ada alasan baginya untuk menolak minuman ini ketika kusajikan di atas meja.

MINUUUMMM.... *bergaya mandor 😎

Aman nggak sih mengkonsumsi Herbadrink Sari Temulawak?

Insya Allah aman ya, karena semua produk dari Herbadrink dikemas secara praktis dan higienis.  Tinggal diseduh, bersih dan tanpa endapan karena diproduksi dengan teknologi tinggi.


Jagalah hati dengan temulawak ini πŸ˜‰



53 komentar:

  1. Aku belum ngerasain yang temulawak mba Uniek..pasti enak yaaaa

    BalasHapus
  2. Temulawaknya herbadrink itu enak. Palagi diminum dingin. Segeeer banget.

    BalasHapus
  3. Kalau rajin konsumsi herbal dan selalu berpikiran positif insyaAllah sehat yo mba ^_^

    BalasHapus
  4. Aku perlu niiih mengkonsumsi herbal yang manfaatnya oke bangeet seperti ini

    BalasHapus
  5. Bener banget Mbak, kerjaan zaman now memang banyak yg menguras tenaga dan terutama waktu, ya. Kudu banget dijaga kesehatannya. Untung Herbadrink menawarkan cara yang praktis dan enak.
    Aku juga suka Herbadrink sari temulawak ��

    BalasHapus
  6. Hati fungsinya sebagai Penyaring racun (bukan racun cinta tapinyaaa) makanya dia kerja paling berat. Udah paling benar deh rajin minum Herbadrink temulawak, buat menjaga hati dengan cara praktis :)

    BalasHapus
  7. Yang temulawak bunda belum pernah nyoba, tapi teratur bulan2 terakhir minum beras kencur. Wuenaaak banget, sueger. Yang temulawak karena ada yang sachet gak usah ribet bikin sendiri, tinggal beli, tuang di cangkir, sedu, aduk-aduk, anget-anget diminum. Hheeemmm...pastinya sih ada pahitnya.

    BalasHapus
  8. Kalo dulu mau konsumsi temulawak susah ya harus ke tukang jamu dulu, skr ada yang instan dan praktis

    BalasHapus
  9. dengan menjaga hati, cara kita berterima kasih juga ya kepada hati yang telah bekerja mendetoksifikasi racun yang masuk ke dalam tubuh. Aku belum pernah lihat tanaman temulawak mbak, apa mungkin sudah pernah lihat tapi agak nyaru dengan kunyit,

    BalasHapus
  10. Setuju banget untuk tidak lalai untuk menjaga hati karena bagaimanapun hati juga memmiliki fungsi bagi tubuh. Herbadrink ini ada yang temulawak ya? Aku biasanya yang kunyit. Penasaran mau nyoba karena praktis juga ya

    BalasHapus
  11. Ternyata temulawak banyak banget manfaatnya yah :)

    BalasHapus
  12. praktis ya mba, gausah parut2 dulu. jarang nemu juga temulawak, di tukang sayur adanya kunyit ><

    BalasHapus
  13. Ibuku dulu biasa godokin temu kalau badan cepet capek. Sekarang minum herbadrink sari temulawak aja apalagi suka lupa kl nyalain kompor. Bahaya ntar haha

    BalasHapus
  14. Praktis banget nich menjaga hatinya smebari nyanyi, sembari wedangan, sembari makan camilan ya

    BalasHapus
  15. Suka minum temulawak di tukang jamu tapi baru ini tau manfaat temu lawak banyak banget. Jadi pengen sedia di rumah biar bisa minum sering-sering

    BalasHapus
  16. Temulawak ternyata banyak mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Dan sekarang, tidak perlu repot-repot memarut atau mencari temulawak ke pasar tradisional, karena sudah ada Herbadrink Sari Temulawak yang khasiatnya top cer.

    BalasHapus
  17. Saya juga konsumsi mbk temulawak dari herbadrinknya. sebelum ada temulawak yang instan, dulu ayah saya malah buat manual mbk

    BalasHapus
  18. Kalau mendengar temulawak itu agak sedikit trauma, ingat masa kecil saat dicekoki jamu temu lawak yang nggak enak. Katanya biar doyan makan. Eh nggak taunya sekarang temu lawak sudah dibikin wedang instan yang enak gini. jadi nggak trauma lagi deh hehe.

    BalasHapus
  19. bahkan saya baru dengar seminar dari dokter, 'kalau hatimu sehat, yang lain ya sehat. Kau sehatkanla hatimu itu' begitu katanya

    BalasHapus
  20. Belum pernah coba, sepertinya patut dicoba nih.. biar hati terjaga jangan ternoda ya mak. 😁

    BalasHapus
  21. baca judulnya saya sambil nyanyi loh mak, suer. hihi

    BalasHapus
  22. Saya gagal untuk gak bernyanyi saat baca judulnya hahaha. Btw, saya belum pernah cobain temulawak. Rasanya kayak kunyit gak, sih? Tapi, kalau Herbadrink Sari Jahe memang saya suka minum. Rasanya enak kalau yang jahe

    BalasHapus
  23. Kalau pas lagi musim panas, temulawaknya susah nyari. Ini udah ada Herbadrink tinggal seduh aja. Dan manfaatnya banyak banget

    BalasHapus
  24. Menjaga kesehatan hati itu penting banget, saya pun punya pengalaman pahot saat alm. bapak terkena kanker hati dan baru ketahuan setelah stadium 4

    BalasHapus
  25. Waktu baca kalimat awal.
    Auto nyanyi aku mba
    Hahahaha

    Btw baru tau.
    Temulawak selama ini kupikir hanya untuk penambah napsu makan.
    Ternyata bagus jg buat hati yaaa

    BalasHapus
  26. Mantab memang ni si minuman herbal temulawak ini..penjaga hati sekaligus pereda haus kan ya..lha wong suegeeer begitu ..

    BalasHapus
  27. Sama kayak mba Desi.
    Aku juga langsung nyanyi, HIHIHI...

    Pas BW tadi siang aku juga browsing tentang temulwak dan kunyit, ternyata mereka saudara sepupu ya, sepupu satu kali, sama-sama genus Curcuma, suku temu-temuan.

    Dijamin yang BW periode kali ini langsung sehat, disuguhin herbadrink, susu, lapis talas, habis itu diajak berenang bareng ubur-ubur. ^^

    BalasHapus
  28. Minuman herbal emang banyak khasiatnya ya. Dan untungnya karena sekarang udah praktis tinggal seduh

    BalasHapus
  29. Inget banget dulu suka minum temulawak yang kemasan botol kaca itu. Dulu sih gampang carinya karena semua warung pada jual, sekarang udah jarang banget.

    Sekarang ada minuman temulawak yg praktis, ya.

    BalasHapus
  30. Herbadrink temulawak ini aku suka banget, tambahin es batu dan daun mint. Syeger

    BalasHapus
  31. Jadi penasaran pengin minum Sari Temulawak ini, baru pernah minum yang jamunya, dan merem melek minumnya, hahahahaha

    BalasHapus
  32. Aku...aku uda nyoba, kak...
    Enyaak~

    Padahal pake air hangat siih...karena memang lagi butuh yang hangat-hangat...
    Eaa...

    BalasHapus
  33. Herbadrink ini andalan banget ya untuk menjaga kesehatan tubuh. Aku juga udah nyoba yang Sari jahe dan lidah buaya tapi yang temulawak tidak ditemukan di Bandar Lampung, nanti dicari lagi

    BalasHapus
  34. Temulawak emg dikenal ampuh sbg obat herbal untuk hati ya. Sdh terbukti khasiatnya. Ad keluarga ak yg kena hepatitis, dua rutin minum temulawak ini. Katanya langsung berasa efeknya. Nnti ak saranin mnm herbadrink temulawak jg deh.

    BalasHapus
  35. saya juga minum ini, Mba. Tapi saya seduhnya pake air panas, segar deh diminum pagi-pagi sebelum ke kantor :)

    BalasHapus
  36. Temulawak banyak banget manfaatnya ya, Mbak... Aku waktu kecil malah sering banget minum, sekarang yg enggak pernah

    BalasHapus
  37. Nah kalo yang temulawak saya udah minum. Emang sedaaap sangat.

    BalasHapus
  38. Aku suka bgt ini Herbadrink temulawak. Ga pait ya..

    BalasHapus
  39. Mbak Uniek ..aku suka banget Herbadrink Lidah Buaya diminum pakai es batu swegeer banget, pencernaan juga jadi lancar.

    BalasHapus
  40. aku kenalan sm saritemulawak herbadrink ini bbrptahun lalu gegra suami ada fatty liver dan disarankan mengonsumi temulaewak awal bikin sendiir minuman buat suami tp rasanya ga neka getir...untung ketemu herbadrin temulawak jadi lah sy lbh praktis nyiapinnya rasanya juga enak...

    BalasHapus
  41. Salah satu tugas istri memang menjaga kesehatan suami ya, Mbak. Untung ada herbadrink, jadi gak perlu susah-susah ngiris-ngiris temulawak :))

    BalasHapus
  42. Aku pernah dibuatin minuman temu lawak saat masih kecil, sampai sekarang masih ingat gimana rasa pahitnya yang nylekit sampai telinga ( istilahku).

    Asyik ya sekarang ada versi temulawak dr herbadrink ini, dan tentunya rasanya lbh nyess dengan manfaat yang sama baiknya dengan temulawak yang pernah ta minum sewaktu kecil dulu.

    BalasHapus
  43. Jadi inget papaku beberapa tahun lalu kena sakit liver, harus konsumsi temulawak diparuut gitu.

    Enak ya kalau ada yg praktis gini..

    BalasHapus
  44. Waktu penelitian dulu saya meneliti temulawak Mba, ada kandungan antibakteri juga
    Cuma kalau ga niat ke pasar agak susah cari, karena ga umum dibawa tkg sayur or di supermarket ya
    Ada produk ini enak malah, praktis

    BalasHapus
  45. Temulawak emang bagus buat kesehatan liver/ hati ya mbak. DUlu aku pernah opname krn kurang minum dan kecapekan trus disuruh minum teulawak jg, sayang dulu blm kenal hebadrink...

    BalasHapus
  46. Enak ya Mbak temulawak nya?
    Kalau saya suka jahe itupun harus memaksa untuk kehangatan tubuh. Soalnga saya agak begitu gimana dengan bahan yang disebutkan. Maksudnya, masih harus terbiasa

    BalasHapus
  47. Sari Jahe nya aku suka diminum hangat dan namanya jahe memang bikin badan hangat, kalau yang Lidah Buaya aku justru suka diminun dalam keadaan dingin karena bikin seger.:)

    BalasHapus
  48. Tinggal diseduh, bersih dan tanpa endapan inilah yang membuat saya senang dan sering meminumnya.

    BalasHapus
  49. Cocok banget minuman ini buat aku dan suami loh Mbak. Apalagi praktis tapi dengan segudang manfaat.

    BalasHapus
  50. Saya suka temulawaknya, bikin sehat. Pun dengan varian yang lainnya ^^

    BalasHapus
  51. Aku jadi keinget temenku yang tiap pagi selalu minum temulawak, buat nambah nafsu makan katanya biar tambah berisi, hihi. Ternyata khasiat temulawak jauh lebih banyak dr itu ya..

    BalasHapus
  52. wahh kalo produk herbadrink sih udah teruji dan terbukti yo mbak. Praktis dan berkhasiat.. mau diminum hangat atai dingin.. sama enaknya.. Sehat selalu ya mbak

    BalasHapus
  53. Baru nyadar opening Kita samaan mbak buat artikel ini hahaha. Jangan2 Kita sehati. Langsung dipleroki mbak Uniek. Aku juga suka iih temulawak.. segeeer.

    BalasHapus