10 March 2019

7 Tips Perawatan Wajah yang Tepat untuk Kulit Sensitif





Jerawatmu kok tumbuh subur gitu sih?

Dulu jaman kuliah aku sering menanyakan hal ini kepada salah satu teman kuliah yang jerawatnya seperti tidak pernah absen dari wajahnya. Suka prihatin sih melihatnya. Temanku itu sudah melakukan pengobatan dengan segala macam cara dan menghindari banyak makanan penyebab jerawatnya.

Namun tetap saja deh, jerawat terus menyerang. Bekas-bekasnya pun jadi lama hilangnya. Mungkin temanku ini termasuk yang memiliki kulit sensitif ya.

Emang kalau kulit sensitif tuh seperti apa? Harus bagaimana cara perawatannya?


Perawatan kulit sensitif memang harus ekstra hati-hati. Pada wajah dengan kulit yang sensitif, rentan munculnya jerawat maupun reaksi tak wajar lainnya. Bisa berupa kemerahan, gatal-gatal, bahkan merasakan sensasi terbakar ketika memilih kosmetik yang kurang tepat.

Memang sih, kulit sensitif itu rentan terkena iritasi. Penyebabnya macam-macam sih, mulai dari efek sinar matahari yang terlalu membakar, produk kecantikan yang tidak tepat, perubahan hormonal, hingga faktor psikis seperti stres yang tengah melanda.

Setelah browsing sana-sini, akhirnya jadi tau bahwa cara merawat wajah dengan kulit sensitif ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yuk simak 7 tips perawatan kulit sensitif berikut ini :



1. Minum air lemon


Mengawali perawatan dari dalam diri, pemilik kulit sensitif bisa membiasakan diri untuk minum air lemon setiap hari. Mudah banget kaaann... Lemon bisa didapatkan dengan mudah di minimarket, toko buah ataupun pasar.




Menurut penelitian, buah berwarna kuning yang memiliki cita rasa asam ini kaya akan vitamin C dan antioksidan. Lemon memiliki banyak sekali manfaat, antara lain melawan radikal bebas, menghilangkan racun dari darah, serta membuat kulit lebih cerah dan terhindar dari berbagai problem kulit.

Aiiihh... asam banget bo, ga tega mau minum.

Triknya agar tak terlalu asam, tambahkan madu ke dalam segelas air lemon hangat. Minum setiap pagi ya agar khasiatnya cepat dirasakan.



2. Gunakan produk perawatan khusus kulit sensitif


Apakah pemilik wajah sensitif lalu tidak boleh dandan atau menggunakan produk skincare?




Tentu saja tidak.

Boleh saja kok berdandan dan merawat wajah bagi teman-teman yang memiliki wajah sensitif. Hanya saja pastikan sebelum membeli makeup atau skincare, pilihlah yang dibuat khusus untuk kulit sensitif.

Perhatikan juga komposisi produknya, lihat dan hindari bahan-bahan di dalam kosmetik ataupun skincare yang keras bagi kulit seperti alkohol, zat pewarna, dan pewangi. Bahan-bahan ini memiliki andil memicu kerusakan pada kulit sensitif.

Sebagai alternatif, pilihlah produk makeup dan skincare yang dominan mengandung bahan alami. Banyak kan kandungan skincare seperti teh hijau, chamomile, lidah buaya, calendula, dan masih banyak bahan alami lainnya.



3. Pilih produk berlabel hypoallergenic


Selain memilih makeup dan skincare khusus kulit sensitif, jangan lupa perhatikan produk yang berlabel hypoallergenic. Sesuai dengan labelnya, produk tersebut dibuat agar tidak menyebabkan reaksi alergi dan iritasi.

Produk berlabel hypoallergenic umumnya tidak menggunakan zat kimia yang berpotensi menimbulkan reaksi keras pada kulit. Oleh karena itu, produk tersebut dianggap cukup lembut, aman, dan tak akan mengiritasi kulit sensitif.



4. Lakukan tes skincare




Sebelum mencobakan produk yang sudah dibeli ke wajah, ada baiknya lakukan tes skincare atau makeup terlebih dulu. Cara melakukan percobaan yang tepat adalah di belakang telinga atau di bagian dalam siku.

Keduanya memiliki banyak jaringan saraf dan dianggap yang paling sensitif. Bila area yang diolesi tak menunjukkan reaksi apapun, maka produk kosmetik tersebut aman untuk diaplikasikan ke wajah.

Cocok atau tidaknya sebuah produk pada kulit biasanya bisa dilihat dalam waktu 1-3 hari. Tapi perlu diingat, reaktivitas kulit seseorang bisa berbeda-beda.



5. Hindari gonta-ganti produk skincare


Nah, ciwi-ciwi nih biasanya kepincut mencoba produk skincare yang sedang tren dan banyak mendapat review positif. Bagi yang merasa sering melakukan gonta-ganti produk ini, ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan ini.

Hobi gonta-ganti skincare bisa menjadi salah satu penyebab kulit menjadi sensitif. Sebab, hal ini bisa merusak pertahanan kulit wajah.



6. Gunakan tabir surya setiap hari

Tabir surya atau sunscreen adalah salah satu skincare wajib yang harus digunakan setiap hari. Apalagi bagi pemilik wajah sensitif yang lebih rentan terhadap kerusakan dibandingkan dengan jenis kulit lain.




Sebagai tips, pilihlah produk sunscreen dengan kandungan titanium dioksida dan zinc oxide. Sebab, dua bahan ini cukup aman digunakan oleh kulit sensitif.



7. Ganti produk makeup remover dengan susu


Di pasaran banyak ya produk makeup remover yang mengandung alkohol. Nah, padahal bahan yang keras ini tidak cocok untuk pemilik kulit sensitif.

Trus gimana dong, masak enggak bersihin wajah?





Agar masih aman membersihkan wajah, pemilik kulit sensitif bisa memanfaatkan susu sebagai pengganti produk makeup remover. Pilih susu murni ya, ada kandungan anti inflamasi di dalamnya yang bisa membantu merawat kulit sensitif.

Cara membersihkan wajah dengan susu pun cukup mudah. Siapkan semangkuk kecil susu lalu tambahkan satu sendok teh minyak esensial. Gunakan campuran tersebut untuk membersihkan wajah dengan bantuan kapas.



Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit sensitif. Tidak sulit kaaan... Teman-teman yang memiliki kulit sensitif sudah mencoba melakukan yang nomer berapa?

31 comments:

  1. Baru tau produk makeup remover nya bisa diganti dengan susu. Cukup mudah ternyata. Jadi untuk kulit sensitif sebaiknya di test dulu ya sebelum dipakai di wajah, takutnya nggak cocok untuk kulit senditif. Noted!

    ReplyDelete
  2. Kulit saya berminyak, Mbak. Baca ini tetap bisa nambah referensi, kok. Jadi tahu mengenai kegunaan lemon untuk membersihkan darah dari racun. Mau praktikkan itu soalnya gampang, cuma kemarin lupa beli lemon di pasart. Pesan pada bibi warung dekat rumah saja. Saya harus membersihkan darah dari racun yang bikin saya sakit dan kemarin sudah berobat ke dokter dibilang ada kuman atau bakteri dari makanan pedas juga junk food lainnya.
    Antioksidan penting juga bagi wajah Apalagi usia sudah kepala 4 jadi harus perhatikan skincare yang akan dipakai. Lain kali saya coba beli yang hypoallergenic, untuk jaga-jaga karena sudah lama sekali tak beli produk perawatan wajah. Siapa tahu kulit saya sensitif.
    Dandan cakep itu wajib bagi istri agar suami betah lihat istrinya, ha ha.

    ReplyDelete
  3. Adekku tipe kulit sensitif. Aku kadang kasian sama adek. Padahal dia lebih rajin ngerawat kulit wajahnya ketimbang aku tapi masih aja disambangin jerawat. Entar deh, kalau pas aku komunikasi sm dia, aku kasih tau cara2 yg dikai jentrengin ini mbk uniek ke adekku itu, makasih yak

    ReplyDelete
  4. Hah? susu?
    serius baru tau aku kalau itu bisa dipakai untuk jadi remover

    ReplyDelete
  5. aku sering,banget trauma sama sun cream kadang malah dipake malah panas. terimakasih tipsnya mba

    ReplyDelete
  6. Sama dengan Mak Lianny, baru tahu kalau susu bisa menjadi alternatif make up remover.

    Nah, yang nomor 4 itu sering banget aku saksikan saat ada demo produk skincare baru.

    ReplyDelete
  7. Wah sama nih kayak temanku juga mbak Un. Anaknya sampai stress banget, bingung caranya biar gak sering jerawatan. Ternyata baru tahu kalau dia sering coba- coba produk baru. Sekarang akhirnya udah detox dari dalam dan mulai pakai produk yang sesuai sama kulitnya..

    ReplyDelete
  8. Nomor 1 mbak, lagi seneng minum air lemon. sebab ada temen suami rutin minum air lemon mukanya bersih ga ada jerawat

    ReplyDelete
  9. Kulit muka saya sejak dulu gak sensitif. Jarang banget ada jerawat di wajah. Tetapi, anak-anak saya mulai remaja. Jerawat kecil mulai kelihatan. Jadinya saya yang mulai peduli untuk mengingatkan mereka. MAkanya mulai rajin cari info juga tentang perawatan wajah

    ReplyDelete
  10. Entahlah apakah kulitku termasuk sensitif atau gak yah mbak, tapi emanh ada beberapa produk pelembab dan bedak yang ketika aku pakai, muka langsung gatel dan bruntusan gitu mbak.

    Waktu adek aku nikahan, aku kan didandanin tuh mbak, entahlah pake make up apa. Hasilnya bagus sih, aku jadi pangling, tapi udahnya langsung gateeeel hahaha.

    Makanya aku gak pernah berani gonta ganti make up dan skincare, kalo udah cocok terus aja dipake hahahaha

    ReplyDelete
  11. Kalo bersihin wajah pake susu, pada meleleh gitu pasti yaa, kak Uniek..?
    Secara aku kalo bersihin wajah suka aga berlebihan gitu...
    Berasa belom bersiih..aja.

    Tapi mau cobaaak~
    Beli susu murni di Lembang niih...

    ReplyDelete
  12. Punya kulit sensitif emang agak PR karena kudu agak hati-hati. Btw, yg makeup remover diganti susu murni baru tahu juga. Enak langsung diminum padahal yaaa

    ReplyDelete
  13. Memang harus hati-hati dalam merawat wajah yaa para pemilik kulit sensitif ini, karena sekali salah, akibatnya bisa parah banget. Untuk yang pakai tabir surya, kayaknya bukan cuman pemilik wajah sensitif aja yaa, pemilik wajah normal dan berminyak juga tetap harus pake demi kesehatan kulit :)

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah wajahku termasuk yang gak rewel (walau sekarang makin banyak muncul bitik hitam, huhuhu). Untuk yang gonta ganti skin care itu memang gak disarankan untuk pemilik kulit sensitif yaa, kalo udah cocok sama 1 produk baiknya gunakan produk itu aja :)

    ReplyDelete
  15. Susu ternyata okee ya mba.. aku sih mencoba banyak minum air putih biar segar dan kulit pun cerah

    ReplyDelete
  16. Tabir surya emang penting banget ya gak cuma untuk si pemilik kulit sensitif tapi semua tipe kulit supaya gak terbakar matahari

    ReplyDelete
  17. kulit saya campuran antara kering dan berminyak, terutama minyak di bagian T, jadi saya lebih memeilih pakai skincare yang berbahan dasar aqua atau air.

    tipsnya boleh juga ini mba, kayaknya pengen sekali kali cuci muka pakai susu ini ya .. biar halus lembut :-)

    ReplyDelete
  18. Aku lagi lakukan yang no 1 & 6 mba. Kalau no 5 itu emang susah banget dilakuin mba. Aku suka terpengaruh dengan review2 skin care di internet hehehehe. Tapi memang ga boleh ya mba sering2 ganti skin care.

    ReplyDelete
  19. Kebetulan aku kulit normal, tapi tertarik yang removernya diganti susu mba pasti tambah sehat dan lembab kenyal ya

    ReplyDelete
  20. Dulu kulitku berminyak, tapi sekarang cenderung kering..faktor U kali ya? Hehe.. Tips nya ok banget nih, bisa kuteruskan ke teman yg sensitif kulitnya.. thx ya..

    ReplyDelete
  21. Di rumahku stok lemon juga mbak, suamiku yg rutin minum, aku sesekali aja. Baiklah kl gitu mau aku rutinkan tiap pagi minum air perasan lemon ditambah madu supaya lebih manis kaya manisnya hidup :)
    Wah aku gak pernah ngecek dulu produknya di belakang telinga nih, makasih infonya mbak.

    ReplyDelete
  22. Kulit sensitif memang membutuhkan perawatan ekstra ya.. karena tidak semua produk skincare cocok untuk kulit sensitif, jadi butuh kejelian pemilik kulit sensitif salah satunya menggunakan produk khusus untuk hypoalegenic ya mba.. Alhamdulillah kulit aku cenderung normal jadi pemakain produk skincare apapun cenderung cocok..

    ReplyDelete
  23. Nah setuju nih lemon di minum aja jangan dipakai langsung di muka hehr

    ReplyDelete
  24. Setiap pagi aku minum perasan jeruk lemon hangat, seger deh, baru tahu ternyata manfaatnya bagus banget membersihkan racun, alhamdulillah sih tidak mengalami problem kulit sensitif, tapi tetap kulit mesti dirawat sih, apalagi sekarang butuh antiaging

    ReplyDelete
  25. Aku banget ini mba Uniek ngurusin drama jerawat huhu tapi sekarang lagi coba skincare baru sih semoga cocok. Btw kayaknya harus di coba itu ya minum air lemon setiap pagi.

    ReplyDelete
  26. Wajib Banget perawatan dengan rajin ya Mba buat wanita, biar kiya makin cetar hehehhe. Aku yapi kadang juga suka moodyan males. Tapi setelah baca postingan ini kudu up lagi merawat kulit

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah, kulitku termasuk jenis kulit normal, jadi lebih tenang. Tapi kebablasen, saking tenangnya sampe malas perawatan, padahal usia udah 35 tahun. Btw, kalau lemon mahal bisa di ganti yang lebih murah meriah, yaitu jeruk nipis. Konon khasiatnya hampir sama...

    ReplyDelete
  28. Aku pake vco untuk make up removernya bahkan ga dandan aja pake vco tiap hari. Suka banget rasanya bersih banget di wajah

    ReplyDelete
  29. Wajahku nggak masuk tipe kulit sensitif sih tapi boleh juga nih nerapin tips mbak di atas. Btw saya juga baru tahu, susu bisa dipake untuk remover.

    ReplyDelete
  30. Anakku nih kulitnya cukup sensitif, pake sabun mukanya sampe ganti2. Tak suruh nyoba pake susu, deh

    ReplyDelete
  31. diantara semua tips sebagian besar sudah saya lakukan biasanya
    tapi tips yang ke 7 nih ya aku biasanya emang selalunya cleanserku micellar water
    kapan2 mau ganti juga yang milk ah

    ReplyDelete