07 April 2020

Benarkah Banyak Makan Buah dan Sayur Bikin Kita Tak Kena Corona?

Betapa rindunya aku dan keluarga pergi ke area Car Free Day di Minggu pagi nan ceria. Rindu pada aneka bau jajanan dan lalu lalangnya orang yang bergembira di hari istimewa itu. 




Namun kini sudah 3 minggu berlalu dan diri ini harus terus berada di rumah. Demi apa?

Ketika awal merebak berita munculnya virus Corona yang lebih dikenal dengan sebutan Covid-19 (karena ditemukannya di akhir tahun 2019), banyak yang jumawa dan bilang nggak mungkin virus ini masuk ke Indonesia. Kehadirannya bakalan dihadang oleh kurap, kudis, panu dan bengek yang katanya jauh lebih 'hebat' dibandingkan Covid-19.

Namun dalam perkembangannya, virus ini berpindah dari inang satu ke inang-inang berikutnya secara masif. Berbagai belahan bumi, bahkan yang jauh dari Wuhan China pun sudah 'menikmati' 'belaian' si Covid-19 ini. Lalu ketika di Indonesia keluar pernyataan dari presiden, bahwa sudah ada yang terinfeksi oleh virus ini, gonjang-ganjing lah bumi Nusantara tercinta.

Sejak itu semua tak sama.

Aku yang semula juga tak begitu yakin bahwa Covid-19 bakalan segitunya meluluhlantakkan negeri, akhirnya harus mempercayai takdir yang sedang berlaku ini. Penyebaran virus Covid-19 sangat cepat karena masih banyak yang kurang peduli terhadap isu kesehatan terkait hal ini. Masih ada yang sembrono bepergian kemana pun tanpa menggunakan masker, masih sibuk bergerombol dan tak peduli dengan anjuran pemerintah. Hingga akhirnya banyak negara memberlakukan lockdown dan karantina wilayah untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang bandelnya nggak ketulungan ini.

Lalu apa yang bisa kita lakukan secara mandiri untuk melindungi badan kita dari serangan virus Covid-19?



Makan Buah Segar dan Sayur untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh


Ngeri juga melihat makin banyak korban tumbang gara-gara virus Covid-19 ini. Kebanyakan yang serius terkena efek dari virus ini berusia lanjut, di atas 50 tahun dan telah terdeteksi memiliki penyakit sebelumnya.

Ya, Covid-19 yang semula dikira orang kayak virus influenza ini memang 'nantangin' kekebalan tubuh kita. Bagi yang masih muda dan tidak memiliki penyakit serius apapun, bisa jadi dia terpapar virus Covid-19 tanpa terlihat gejalanya. Tubuhnya secara alami memerangi virus tersebut dan dia tidak sakit apapun.

Namun, virus Covid-19 ini pantang menyerah. Dari si sehat tadi, yang bisa jadi tidak peduli dan senggol sana sini dan ngobrol sana sini hingga menularkan virus tersebut ke orang lain, maka Covid-19 ini 'bahagia' banget ketika menemukan inang barunya. Ketika virus menginfeksi orang berusia lanjut dan telah memiliki riwayat penyakit berat, maka orang tersebut akan kepayahan untuk membentengi dirinya. Sistem imunitas tubuhnya kan sedang digunakan untuk melawan penyakit yang lain. Kedatangan Covid-19 makin memperberat perjuangan imunitas tubuh dalam menyehatkan dirinya sendiri.

Oleh karena itu, selain mengikuti anjuran untuk physical distancing, kita perlu memperkuat diri dengan asupan nutrisi yang bagus untuk tubuh. Buah segar dan sayuran amat membantu kita untuk memperkuat imunitas tubuh.

Sampai dimana sih kekuatan buah dan sayur itu dalam menjaga imunitas tubuh? Yuuk kita lihat manfaat masing-masing di bawah ini.


Manfaat Sayur untuk Kesehatan


Berikut ini 5 jenis sayuran segar yang sangat mudah kita dapatkan di pasar, minimarket ataupun pedagang sayur keliling. Nggak perlu mahal-mahal lho, aneka sayuran ini sudah bisa melindungi diri kita dari penyakit melalui kandungan berkhasiat yang ada di dalamnya.


1. Wortel

Selama ini kita sudah banyak yang tahu jika wortel baik untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Selain itu ternyata wortel juga dipercaya dapat berperan baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.




Fungsi lain dari kandungan vitamin A pada wortel dan kandungan beta karoten dipercaya dapat memerangi infeksi dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih tinggi.


2. Brokoli

Ingat kan dengan si hijau keriting yang satu ini?

Iyes, brokoli termasuk sayuran yang banyak manfaatnya. Terdapat kandungan vitami A dan C di dalam sayuran hijau yang digemari banyak pencinta kesehatan ini.

Di dalam brokoli juga terdapat zat antioksidan dan serat yang tinggi. Oleh sebab itu, brokoli sangat baik untuk dikonsumsi sebagai sayuran yang menambah sistem kekebalan tubuh.


3. Bayam




Bayam merupakan jenis sayuran yang kaya akan vitamin C, antioksidan dan beta karoten. Dengan begitu, bayam berfungsi untuk meningkatkan dan melawan infeksi pada sistem kekebalan tubuh kita.


4. Tomat

Tomat yang berwarna merah menggoda ini memiliki kandungan lycopene yang tinggi serta vitamin yang sangat melimpah seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalium, dan folat. Semuanya berguna untuk menjaga kekuatan sistem imun di dalam tubuh.

Jadi nggak heran ya jika tomat menjadi salah satu  sayuran yang baik untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Mau diolah apa saja bebas. Namun akan lebih baik jika kita menyantapnya dalam kondisi segar.


5. Pakcoy

Pakcoy memiliki kandungan selenium yang  cukup tinggi. Kandungan selenium tersebut dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap infeksi dengan merangsang produksi sel-T dan membunuh bakteri ataupun virus yang dapat mengancam tubuh.

Pakcoy juga kaya akan kandungan vitamin C dan zat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Tepat sekali jika kita menambahkan pakcoy dalam daftar belanja sayuran keluarga.



Makan Buah untuk Menjaga Imunitas Tubuh


Selain sayuran, kita bisa memperbaiki sistem imunitas tubuh dengan rajin makan buah. Beberapa jenis buah di bawah ini dapat membuat kita tetap fit sepanjang hari dan tidak mudah terpapar virus.


1. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C diyakini sebagai nutrisi penting untuk menjaga daya tahan tubuh.


Vitamin C diklaim dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi untuk memerangi infeksi. Hampir semua buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.


2. Pepaya

Pada buah pepaya terdapat vitamin C yang kita butuhkan dalam keseharian. Enzim pencernaannya yang disebut papain membantu tubuh melawan peradangan.

Pepaya juga memiliki jumlah kalium, vitamin B, dan folat yang cukup. Kesemuanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.


3. Kiwi

Secara alamiah kiwi memiliki banyak nutrisi penting, termasuk di antaranya folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C.

Vitamin C meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Sementara nutrisi pada kiwi lainnya dapat membantu menjaga seluruh organ tubuh berfungsi dengan baik.


4. Blueberry

Tahukah kita jika blueberry mengandung jenis flavonoid yang disebut anthocyanin?




Anthocyanin ini bersifat antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada sebuah studi di tahun 2016 tercatat bahwa flavonoid berperan penting dalam sistem pertahanan tubuh, khususnya pada kekebalan saluran pernapasan. Para peneliti menemukan, orang yang kaya asupan flavonoid lebih kecil kemungkinan terserang infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).


5. Kurma

Kurma diyakini memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Setidaknya terdapat 15 jenis mineral di dalam kurma, termasuk selenium yang dipercaya oleh banyak peneliti sebagai agen anti kanker yang kuat dan penguat kekebalan tubuh.

Kurma mengandung 23 jenis asam amino dan beberapa asam lemak tak jenuh yang cukup bagus seperti palmitoleat, oleat, linoleat, dan asam linolenat. Kandungan mineral, vitamin, dan fitonutrien nya bermanfaat bagi kesehatan.

Selain kandungan mineral dan vitamin di atas, kurma kaya serat yang amat berguna untuk membantu tubuh membuang racun dengan cara yang mudah dan efektif.

Jenis kurma apa yang bisa kita pilih untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh?



Khasiat Kurma Meedjol untuk Tubuh


Kapan hari saat aku sedang belanja kebutuhan sehari-hari ke salah satu supermarket, aku melihat tumpukan kurma dengan kemasan yang lain dari yang lain. Dikemas di dalam wadah mika dengan pinggiran warna merah. Keberadaannya di dekat  antrian kasir membuatku tertarik untuk melihat-lihat.




Hmm.. apa nih Kurma Meedjol, kok merknya beda banget dengan kurma yang sering kulihat. Ternyata jenis kurmanya spesial banget. Gede-gede gitu dan tampak kering, bukan kayak kurma yang benyek gitu.

Ini pasti kurma pilihan nih pikirku. Kalau enggak ya masak dari segi price lumayan juga. Ada harga ada rupa nih pastinya.

Kurma Medjool berasal dari Maroko yang kemudian dibawa hingga ke Negara Bagian Nevada, Amerika Serikat pada tahun 1927. Buah ini cocok ditanam di Amerika Serikat yang beriklim lebih tropis seperti Arizona, California, dan Florida.

Kurma Medjool dipetik dan dikemas dalam kondisi segar, sehingga terasa lembut dan tidak ada bagian tekstur yang keras sebagaimana kurma kebanyakan. Panjang Kurma Medjool bisa mencapai 10-15 cm, namun bijinya terbilang kecil. Dagingnya padat, rasanya manis mirip karamel. Maka tak heran jika kurma ini bisa diolah menjadi saus hingga dessert.

Menurutku dimakan begitu saja sudah enak tuh. Kurma Medjool mengandung fruktosa dan glukosa alami, sejenis karbohidrat sederhana yang baik untuk meningkatkan energi, apalagi nanti ya saat masuk bulan Ramadhan dimana kita berpuasa seharian.

Kurma Medjool bisa dijadikan sebagai sumber vitamin, mineral dan kalium bagi tubuh. Ketiga zat tadi merupakan serat larut makanan. Selain baik untuk tubuh, kurma ini juga bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama.




Saat harus #dirumahaja gini, banyak hal lain yang tadinya kayak tidak sempat kukerjakan, akhirnya bisa kulakukan kembali dan menebus kesalahan. Tumpukan buku bacaanku di rak kian hari memang kian tinggi, tapi energi membacaku sudah tak setinggi dulu. Akhirnya masih banyak deh yang belum terbaca.

Alhamdulillah, dengan banyak di rumah aku jadi bisa membaca buku sembari ngemil Kurma Meedjol yang kapan hari kubeli. Emang enak, legit tapi tak terlalu manis. Bijinya beneran kecil banget loh, ndaging gitu istilahnya ya.


Nah, Kawan, saat menghadapi kondisi di rumah ini, asupan makanan apa yang sudah kauberikan untuk tubuhmu?

Jangan biarkan dirimu sakit ya di saat-saat seperti ini. Jaga selalu imunitas tubuh dengan makan yang bergizi. Perbanyak makan buah dan sayur agar selalu fit. Jauhi junk food dan berbagai minuman yang menggunakan pemanis dan pengawet. Mari kita sayangi tubuh agar dia juga menyayangi kita dan mau diajak bekerja sama untuk melawan Covid-19.



****

Sumber bacaan:
  • femina.co.id/food-story/apa-itu-kurma-medjool-
  • food.detik.com/all-you-can-eat/d-1700519/medjool-si-raja-kurma
  • alodokter.com/tingkatkan-sistem-kekebalan-tubuh-dengan-makanan-dan-kebiasaan-ini
  • cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200319081429-255-484795/7-buah-untuk-menjaga-daya-tahan-tubuh

43 comments:

  1. aku dah pernah makan kurma meedjol. wah makan satu aja kenyang banget karena ukuranya yg gede. duh jadi pengen lagi

    ReplyDelete
  2. Kurma ini makanan favorit bangeeett.
    Meedjol juga endolita ini Mbaaa
    Rasanya mak nyus, dan harganya ga bikin dompet sengsara ya.

    ReplyDelete
  3. saat kondisi seperti ini menjaga kesehatan dengan asupan yang tepat itu emang penting banget yaaa, btw kepo ih jadi pengen cobain juga Kurma Meedjol ini

    ReplyDelete
  4. Pas banget ini mau puasa. Kudu sedia kurma juga. Sebelum ada Corona ini orang rumah makan buah sayur juga. Kudu tetap strong agar jauh2 dari penyakit

    ReplyDelete
  5. Bener banget ya Mbak..harus banyak konsumsi buah dan sayur. Dan jdnya perlu perjuangan lebih ketika anak picky banget sama sayuran. Semoga badai corona ini segera berlalu.

    ReplyDelete
  6. Buah dan sayur aku juga suka bangeett.
    Yg PR nih anakku Mba. Doi ga doyan, hiks.
    Maunya ayam goreng mulu Kzl

    ReplyDelete
  7. Kebetulan saya tak bisa makan tanpa sayur. Alhamdulillah selama pandemik ini meningkatkan jumlah asupannya. Begitu pula dengan buah. Semoga Vovid-19 jauh dari kita semua

    ReplyDelete
  8. Baru tahu kurma medjool ini, pas banget ini mau bulan puasa, mesti stock kurma di rumah. Tapi belum bisa keluar rumah buat belanja, semoga sebelum ramadhan kondisi sudah membaik ya mbak, bisa belanja-belanja buat keperluan ramadhan

    ReplyDelete
  9. Bener aku setuju. Makanya buah2an dan sayuran yang tinggi vitamin C nya suka pada habis di supermarket :))
    Alhamdulillah anakku juga suka sayur dan buah.

    ReplyDelete
  10. Memang ya buah dan sayur itu snagat penting untuk tubuh. aku suka banget makan sayur dan buah, karena bikin tubuh aku lebih sehat dan buang air juga lancar, hihihi.

    ReplyDelete
  11. Baru tahu tentang kurma meedjol.
    Etapi kenapa tetiba aku jadi ingat Kajool.
    Apakah mereka sepupu?

    Mba Un,
    Aku juga buah en sayur lover.
    Minimal tomat kudu aku santap setiap hari.
    Campur di omelet, mie atau sambal is a must!
    Atau tomat di makan mentah juga, hayyuuuk



    ReplyDelete
  12. Pokoknya makan makanan bergizi kaka...trus jangan lupa minum air putih. Semoga qt diberikan kesehatan ya semua. Amin

    ReplyDelete
  13. Iya nih mau beli sayur dan buah agak banyakan biar banyak vit masuk tubuh. Sayangnya bapak mlijo gak pernah bawa buah hiks. Kurma cocok banget buat camilan sehat, apalagi saat puasa ya.

    ReplyDelete
  14. bayam dan wortel wajib ada dikulkas kak hampir every day all day sayurnya ad itu . entah kenapa. semoga kita smua sehat yah k

    ReplyDelete
  15. Di minimarket kampung saya juga sudah banyak dijual kurma. Tapi bukan jenis ini Mbak. Kalau harga sayur tetap. Harga buah-buhan yang pada naik di tempat saya. Mungkin karena dampak lokal lockdown kali ya

    ReplyDelete
  16. iya nih di rumah walau udah dewasa mamaku tetap parno sama kesehatan anak2nya, beliau belikan bnyk buah di pasar termasuk kurmaa ini disuruh makan tiap hari hihii

    ReplyDelete
  17. lepas dari benar nggaknya, yang penting buah dan sayur tu kandungan vitamin dan gizinya tinggi ya mbak :)

    ReplyDelete
  18. aku sukaaa bangeeet buah-buahaaan dan juga sayur-sayuraaan mba. Rasanya memang enaak banget kok dan bagus untuk kesehatan yaaa

    ReplyDelete
  19. Buah dan sayur tetep penting buat kesehatan ga hanya dimusim corona aja, meski ku kurang banget makan sayur ijo, hihiii.
    Nah kalo Kurma doyan banget, teman cemilan berbuka puasa nih,aww ga berasaa ya bentar lagii. Btw mo kepoin Kurma meedjol ahh.

    ReplyDelete
  20. wah, udah deket Ramadhan gini saya pun udah kebayang Kurma mbak, hihi. Yup penting banget sekarang ini kondisi begini menjaga imunitas dengan buah dan sayur. Saya juga di rumah sedia lemon setiap hari bikin badan segar dan lebih sehat ^^

    ReplyDelete
  21. Kurma itu selain manfaat vitamin dan mineralnya juga bikin kenyang sih kalo dimakan hehehe secara kurma manis jadi dikit aja sesuai sunnah 3 biji sudah kayak re-charge gitu

    ReplyDelete
  22. Nah ini nih yang bener. Makan sayur dan buah untuk ningkatin imunitas tubuh. Jadinya kita gak gampang terinfeksi kuman. Termasuk virus Corona. Aku belom nemu nih kurma. Kudu nyetok deh. Udah mah mau puasa, terusnya butuh doping biar badan tahan ya makan kurma ini.

    ReplyDelete
  23. aku makan kurma setiap hari, untungnya sekarang mudah didapatkan meskipun bukan Ramadhan, mengingat manfaatnya banyak untuk kesehatn ya mba

    ReplyDelete
  24. Tadi pagi bikin jus buah2an berarti sdh tepat yah.hehe btw aku penasaran sama kurma ini namanya aja baru denger apalagi nyicip..ah mudah2an bs cpt nemu hehe...

    ReplyDelete
  25. Baru kali ini aku denger nama sayur pakcoy unik gitu. Googling ah mngkin q pnh mkn tapi namanya beda

    ReplyDelete
  26. Nama brand kurmanya lucu mba Uniek, Medjol hehehe
    gede-gede keliatannya, aku seringnya beli kurma di Kampung Arab Pekalongan
    udah lama ini nggak nyetok. Sehat selalu sekeluarga ya Mba.

    ReplyDelete
  27. Nah ini, kurma yang kaya gizi yang di sukai semua anggota keluarga. ETapi, saya baru tahu kurma yang dikemas dengan merk Meedjol.

    Kalau wortel, tomat, apel, jambu biji, adalah jus kombinasi favorit saya (aslinya alasan kepraktisan saja, hehehe)

    ReplyDelete
  28. Wah allah sudah siapin semua buat kehidupan manusia, ada wabah penyakit pasti ada cara buat mencegahnya ya

    ReplyDelete
  29. Buah baik banget untuk daya tahan tubuh mbak, apalagi kandungan vitamin membuat tubuh selalu sehat. Btw aku belum pernah cobain kurma medjool ini mbak, asik juga nih buat santapan bareng keluarga.

    ReplyDelete
  30. Wiihh.... kurma adalah salah satu buah kesukaanku.
    Apalagi mendekati ramadhan kyak gini, semua orang jadi jualan kurma.
    Jadi pingin nyetok kurma di rumah nih

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah sayuran yang ditulis di atas itu rutin menjadi masakan di rumah, mbak. Terutama wortel dan pokcoy itu favorit dijadikan tumisan, bahkan juga dibikin jus sayur

    ReplyDelete
  32. Yang pasti emang sayur dan buah banyak mengandung vitamin yang bagus buat kesehatan tubuh ya.
    Wah baru denger kurma meedjol. Puasa emang udah makin deket. Supermarket mana yang jual kurma ini mbak?

    ReplyDelete
  33. Samaa.. saya juga di rumah konsumsi kurma madu tiap hari. Prioritasnya buat papa deh yang sudah lansia. Kan lansia lebih diincer sama covid 19

    ReplyDelete
  34. I still have some dates at home and they taste really good indeed. Fruits and fetch the bus will always be good for our body

    ReplyDelete
  35. Kurma medjol tu enak dan manteb banget. Daging buahnya tebal dan rasanya legit. Dibikin air nabeez atau susu kurma yummy dan seger. Kurma favorit ini...

    ReplyDelete
  36. Kurma, favorite saya. Setiap hari dikonsumsi. Alhamdulillah semenjak rutin konsumsi kurma, biasanya saya paling cepet kena flu, tapi sekarang engga.

    ReplyDelete
  37. Wih asih ini makan kurma emang bikin daya tahan tubuh makin sehat ya, aku pun senang kalau makan kurma. Makasih infonya Kurma Meedjol semoga bisa nemu di Lampung ya.

    ReplyDelete
  38. wah belum pernah makan kurma jenis ini, ada dijual online nggak yaa? iya kurma untuk stamina bagus banget

    ReplyDelete
  39. aku sejak ada asam urat, mulai mengurangi dan memilih asupan sayuran, kalo buah masih amanlah,

    kalo untuk Kurma, kami suka stok di luar puasa pun begitu. sehat dan enak

    ReplyDelete
  40. Kurma always bisa membantu kesehatan dalam tubuh ya Mba Uniek
    sayur dan buah nggak cukup, multivitamin dan kurma ini yang juga sangat mendukung
    aku belum pernah mamam kurma meedjol mba

    ReplyDelete
  41. Belum pernah makan kurma jenis ini. Kek nya enak. Apalagi kalau buat ngemil sambil beraktivitas saat di rumah aja

    ReplyDelete
  42. Belum pernah makan kurma meedjol ini dan ini pun baru tahu setelah mampir disini :) Selain enak pasti juga sangat dibutuhkan oleh tubuh dari kandungan kurma ini, apalagi di musim virus corona ini, sangat baik mengkonsumsi sayur dan buah agar imun tetap terjaga.

    ReplyDelete
  43. Pada kondisi saat ini harus abnyak makan buah...sayur jaga kesehatan..agar imunitas tubuh kuat. Serem juga ..kalo sakit disaat Sekarang

    ReplyDelete