30 April 2020

Blogger Berbagi Informasi di Saat Berjangkitnya Virus Corona


Pernah nggak sih mengalami kebingungan ketika berbagai grup Whatsapp, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya, isinya 'pasokan' informasi tentang virus Corona yang bertubi-tubi?


Yang kadang bikin bingung bin puyeng, informasinya itu saling tidak sinkron. Misalnya tentang wilayah yang telah terkena paparan virus, ataupun ada informasi tentang pasien yang telah terkena virus Covid-19 di suatu rumah sakit. Padahal faktanya tidak ada. Udah terlanjur geger warga setempat, ternyata kabar itu hoax semata.

Di sinilah peran blogger sebagai pembuat content dalam bentuk tulisan, grafis maupun video untuk memberikan wacana yang baik terkait virus Corona ini. Bisa berdasar informasi akurat dari instansi terkait, bisa pula berupa opini tentang apa saja yang sebaiknya dilakukan selama berada #dirumahaja pada kondisi pandemi yang belum juga berakhir ini.

Artikel apa saja sih yang bisa ditulis oleh blogger selama pandemi Corona ini?


1. Kesehatan


Situasi serba sulit yang sedang dihadapi masyarakat dunia saat ini terkait virus Corona tentu tak lepas dari isu kesehatan. Di berbagai portal telah tersedia aneka macam informasi tentang bagaimana menjaga kesehatan sebagai ikhtiar menjauh dari virus tersebut.


Blogger bisa membagikan informasi kesehatan terkait usaha preventif untuk menjaga diri, salah satunya tentang cara menggunakan masker. Ringan dan sederhana kan, tapi bukan berarti tak bermanfaat.

Masih ada loh yang tidak tahu kalau masker itu tidak selamanya bisa dipakai tanpa dicuci atau dibuang. Terlebih masker sekali pakai, setelah beberapa jam digunakan juga harus diganti dengan yang baru. Sebelum dibuang ke sampah, ada baiknya digunting terlebih dahulu agar tidak dipungut orang dan disalahgunakan.

Tambahan informasi tentang berbagai web yang bisa digunakan sebagai sumber informasi juga bisa disampaikan oleh blogger dalam tulisannya. Salah satunya adalah halodoc.com, platform kesehatan yang memiliki website maupun aplikasi yang bisa kita instal di smartphone agar makin mudah mengaksesnya.


Berbagai informasi simpang siur kadang bikin kita khawatir, duuuh jangan-jangan kita kena Covid-19 ya. Nah, bisa banget nih langsung gunakan web atau aplikasi di smartphone kita untuk berkonsultasi dengan dokter.



2. Kuliner


Salah satu yang membuat banyak orang merasa terasing dari dunia adalah perubahan kebiasaan yang sangat drastis. Yang semula hobi kumpul-kumpul di cafe, senang kulineran, memotret aneka tempat makan yang unik ataupun kekinian, rasanya langsung kehilangan eksistensi.

Di rumah doang ngapain coba?

Perlu lho melepaskan segala kegalauan itu dengan kesibukan baru, yaitu mencoba membuat sendiri makanan maupun minuman kesukaan yang biasanya hanya bisa kita nikmati di cafe. Kadang-kadang pasti ada ya yang resepnya sulit, tapi jadi tantangan loh. Apalagi kalau berhasil bikin, terus upload di medsos, huaaaaa... senangnya. 😍

Blogger pun bisa berpartisipasi dengan membuat aneka artikel kuliner. Bisa tentang hidangan kekinian, bisa juga sajian berbuka puasa dan sahur. Banyak yang butuh tuh saat ini, sedang menjalani puasa bulan Ramadhan kan. Aku aja hobi berburu artikel yang memuat resep-resep buka puasa dan sahur. Yaaa meskipun banyak disimpennya daripada dibuat. πŸ˜€



3. Religi dan Motivasi Diri


Tak hanya badan yang perlu dijaga kesehatannya, jiwa pun butuh dipupuk dengan 'stok pertahanan' agar tidak ngedrop. Banyak loh yang mulai down karena terkena dampak ekonomi dari virus Corona yang tak kunjung sirna ini.

Sebaik-baiknya tempat bersandar memang Allah Sang Maha Pemberi Kenikmatan dan Maha Pengasih. Salah satu cara untuk menguatkan jiwa adalah dengan memperbanyak ibadah. Terutama di bulan Ramadhan ini, ketika biasanya muslim bisa bersuka cita menjalankan ibadah di masjid bersama, maka anjuran pemerintah untuk #dirumahaja tak menghalangi ibadah kita kan?

Blogger bisa menuliskan artikel seputar amalan apa saja yang bisa dilakukan selama puasa. Misalnya membaca Al-Qur'an yang tiada terhalang dengan kondisi apapun. Bisa ikutan gerakan One Day One Juz, tantangan menulis 30 hari seperti yang sedang marak saat ini, atau aktivitas menulis lainnya yang bisa dibaca oleh banyak orang.

Anjuran untuk memperbanyak sedekah juga bisa dituliskan. Dukungan berbagai organisasi pengelola zakat, infaq ataupun donasi sudah banyak kan. Ini bisa menjadi bahan tulisan tersendiri. Bisa jadi masih ada orang yang masih bingung hendak menyalurkan bantuannya harus kemana dan gimana caranya.

Sedangkan bagi yang memiliki disiplin ilmu terkait kesehatan jiwa ataupun motivator, bisa menuangkan opininya yang bisa membangkitkan semangat. Tak perlu merasa tulisannya tak berarti, karena sesungguhnya setiap tulisan itu sudah punya jodoh masing-masing kan. Siapa tahu kali ini tulisan kita berjodoh dengan orang yang sedang terpuruk dan membutuhkannya. Meski kita tak pernah tahu seberapa pengaruh dari tulisan itu, kita upayakan saja agar bermanfaat untuk sesama.



4. Teknologi


Penggunaan berbagai gadget untuk mengakses informasi sudah sedemikian luas. Oleh karena itu blogger bisa menuliskan hal tersebut agar makin banyak orang yang mengambil manfaat dari informasi yang disajikan.

Misalnya nih membahas aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membaca Al-Qur'an dimana pun kita berada. Meskipun lupa tidak membawa kitab di tangan, dengan membuka smartphone maka kebutuhan ruhani untuk makin dekat dengan ayat-ayat Allah bisa terpenuhi.




Keinginan untuk bertatap muka dengan teman dan saudara juga bisa terjembatani dengan teknologi yang sudah serba oke. Ngikutin kan ya maraknya komunikasi online melalui aplikasi semacam Zoom, Jitsi Meet, Hangout dan lainnya. Bisa banget tuuuh ditulis dan dijadikan artikel yang menarik. Informasi ini bakalan lama lho dibutuhkan. Jadi tulis aja laaah...



5. Hiburan


Daripada stres mendingan kita tiktokan yuuukk.. Pernah dengar ajakan seperti itu?

Yes, anak muda banget deh itu yang relate dengan aplikasi hiburan seperti Tiktok, Smule, We Sing, serta aplikasi ringan menghibur macam ini. Tak ketinggalan juga aplikasi berbayar sepertin Viu dan Netflix yang menjadi idola para pencinta drama Korea (drakor).



Blogger bisa banget bikin tulisan yang menghibur terkait dengan berbagai aplikasi tadi. Bisa tentang aplikasinya, trik dan tips penggunaannya, ataupun menulis review filmnya. Bagi para pekerja kreatif, informasi ini sangat dibutuhkan. Bisa jadi ada beberapa hal yang tidak disadari oleh pengguna aplikasi tadi bisa kita tuliskan dan menjadi referensi banyak orang.



Masih banyak ya tema tulisan yang bisa kita tuangkan dalam blog. Yuk teman-teman bisa tambahkan apa saja itu di kolom komen. Terima kasih banyak sebelumnya.

Semoga saja dengan andil kecil yang dilakukan oleh blogger ini bisa memberikan manfaat bagi sesama manusia. Stay happy... stay healthy. Dear Corona, go away, please...





------
*sumber infografis : canva.com

60 comments:

  1. Bener banget, Mbak, sebagaimana saya, dengan adanya #diRumahSaja, akhirnya lebih banyak bisa nulis di blog.

    Apa kabar, Mbak Uniek? Semoga sehat selalu ya. Selamat berpuasa Ramadhan. Semoga wabah ini segera berakhir.

    ReplyDelete
  2. wah peran blogger di masa pandemi covid19 ini cukup bermanfaat ya, karena banyak informasi positif, tips yang bisa dibagikan

    ReplyDelete
  3. setuju banget nih peran blgger untuk berbagi infomasi yang bisa dipercaya yaa, soanya sekarang agak takut salah bacaan hihhi

    ReplyDelete
  4. Benar mbak peran blogger disini juga penting banget ya mbak untuk informasi karena sekarang semua orang butuh info akurat dan benar, soalnya banyak hoax yang bermunculan di grup WA

    ReplyDelete
  5. aku lebih tertarik menulis hiburan aja biar bisa menghibur orang-orang yang bosen di rumah hehehe, tapi saya belom nulis sih soal ini, mau ah ikutan saran mba Uniek

    ReplyDelete
  6. Nah aku tadinya sempet pengen cb bikin artikel tentang makanan tp ga pede. Akhirnya buat tutorial singkat di tiktok eh sampe ribuan ternyata viewsnya hehe

    ReplyDelete
  7. aku juga banyak bagi info dan hal2 lain di media sosial mbak, cuma aku batesin berita2 yang bikin stres gak banyak aku share haha hanya saja aku belum nulis informasi2 ini di blog

    ReplyDelete
  8. Makanya aku pilih posting ttg dampak positif corona supaya kita bs rileks sejenak. Kebanyakan berita di media mainstream isinya negatif sih heheh

    ReplyDelete
  9. Nah ini nih harusnya yang bisa dilakukan blogger ya. Terutama dalam hal berbagi informasi serta fakta terkait wabah virus corona. Bukan sebaliknya malah dengan menyebar hoax yang meresahkan. Dan tentu, informasi yang benar ini bisa diperoleh dari sumber yang terpercaya seperti Halodoc

    ReplyDelete
  10. Dear Corona,
    Please go away!
    Your seat is not on earth.

    Menjaga kewarasan dari berbagai berita yang beredar ini penting banget, kak Uniek.
    Karena barusan aja aku dapat wa dari temen menanyakan apakah daerah rumahku aman? Karena baru ada yang meninggal lagi akibat positif Covid-19.

    Seketika,
    Aku gak mood makan. Rasanya mulai berada di wilayah zombie. Huhuu...
    Semoga dibawa santai dan membaca berita positif bisa membawa keadaan fisik yang lebih sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu sebelum pandemi, aku sungguhah gak tahu kalau masker itu sekali pakai.
      Jadi kalau habis pakai, selama belum lungset, aku simpan di dashboard dan besoknya bisa dipakai lagi.

      Delete
  11. Yess, aku percaya tugas kita tuh emang menyebarkan informasi yang valid dan no hoax. Sekaligus memberi ide dan inspirasi kegiatan hehehe

    ReplyDelete
  12. Menulis jadi salah satu bagian solusi hidup biar nggak stres hadapi ini. Aku ga bisa main tiktok jadi nikmatin hasilnya aja. Heheh

    ReplyDelete
  13. Aku kebanyakan sih menulis tentang keseharianku dengan anak anak mbak, kadang jalan jalan, kesehatan dan buku yang sudah aku baca. masa pandemi begini memang perlu pikiran yang sehat agar badan juga sehat.

    ReplyDelete
  14. Selama masa pandemi ini malah aku bisa punya waktu luang yang banyak untuk nulis. Memang sebagai blogger salah satu menebar kebaikan ya lewat tulisan kita ya Mba. Apalagi di masa pandemi seperti ini, perlu banget menyebar kebaikan

    ReplyDelete
  15. Amin ya mba semoga masa pandemik covid19 ini cepat berlalu, bagaimanapun kita pengen ngelakuin yg terbaik ya termasuk berbagi informasi ttg covid ini

    ReplyDelete
  16. Ma Syaa Allah Tabarakallah semoga kita semua bisa memberikan peran positif di tengah Pandemi Corona ini, Semoga corona segera berlalu ya

    ReplyDelete
  17. Bener peran blogger ini sangat pengaruh buat nebar kebaikan aku searching resep masakan

    ReplyDelete
  18. per harii ini udah dirumah nih, drpd binung ngpain ngonten di instgram dan nulis blog seperti ngeluangin hobi dan emosi sih wkwkkw

    ReplyDelete
  19. Lagi keadaan seperti ini, yang poin 5. Hiburan harus banget mba un, tik tok, smule, ya walaupun ga bisa buat lucu lucuan diri sendiri aja jadi happy, mood jdi bagus

    ReplyDelete
  20. Setuju banget kalau blogger sebaiknya share hal-hal positif aja asal realistis. Kalau bisa kasih hiburan malah saya seneng banget deh. Life hack di rumah riweh krn sedang PSBB covid 19 seru2 juga sepertinya dijadikan konten :D

    ReplyDelete
  21. Aku menghibur diri sendiri dulu aja deh mbak lewat tontonan sambil sesekali berbagi lewat tulisan di blog ya. Kalau tik tokan aku belum berani share masih private aja

    ReplyDelete
  22. Pengen coba tiktok untuk share2 tutorial gitu, cuma aku belum pede and males aja bawaannya, kayak alay aja pikirku :) jadi sekarang masih nyaman bersosmed biasa and plus sama ngeblog aja untuk share2 hal positif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pikir Olin pede tiktokan, apalagi aku nih yang gak biasa bikin video hehehe

      Delete
  23. ternyata peran blogger di masa pandemi ini cukup luar biasa ya mbak :)

    ReplyDelete
  24. Saya ga bisa masak-masak, jadi cuma nulis-nulis buat motivasi diri dan orang lain aja

    Kesehatan mental sangat penting sih di saat seperti sekarang

    ReplyDelete
  25. Sepakat banget Mbak. Karena harus stay at home jadi banyak waktu untuk ngeblog, hehe

    ReplyDelete
  26. Blogger bisa berkontribusi banyak banget karena sekarang semua orang di rumah saja, mereka punya banyak waktu untuk melihat-lihat blog kita. Kalau hiburan aku masih tetap keep private, udah commit nggak diunggah. Jadi kelihatannya serius terus di blog wkwkwk wes ben.

    ReplyDelete
  27. Aku ikut yang BPN Challenge ...lumayan banyak tema tulisan bisa diikutkan, kalo gak ikutan challenge, kadang males nulis, cuma nunggu placement doang, wkwkwk

    ReplyDelete
  28. peran blogger disaat kondisi kaya gini juga penting yaa, bisa memberikan informasi yang valid, karena masih banyak yang simpang siur soal info mengenai pandemic ini

    ReplyDelete
  29. wah makasih pencerahannya mba Uniek, enak bgt udah diklasifikasi gini, kadang aku suka bingung deh mu nulis apa, jadi kepikiran deh mau nulis apaan skrg

    ReplyDelete
  30. Selama pandemi aku cukup terhibur sama banyak video hiburan sekarang dari yg lucu sampe yg viral heboh. Hehehe. Lumayan banget

    ReplyDelete
  31. Iya, ngga hanya tenaga medis yang berperang lawan Corona, blogger juga bisa membantu membagikan informasi tentang Corona dll untuk masyarakat lewat blognya ya, bisa dapat pahala juga kita..

    ReplyDelete
  32. Setuju banget, peran blogger itu cukup penting, sharing dan update informasi. Banyak blogger juga yang menulis dari riset-riset tulisan yang bersumber valid. Banyak niche artikel yang bisa jadi inspirasi. Untuk niche kesehatan aku banyak dapet info dari situs halodoc, rekomendasi banget buat cari seputar kesehatan.

    ReplyDelete
  33. Asal jangan nonton drakor pelakor, trus insecure trus makin galau ya Mba hahahaha.
    Untungnya saya kurang begitu menyimak berita-berita yang disebarkan orang tanpa mencari klarifikasi langsung dari pusat yang terpercaya.

    Kayak dulu awal-awalnya corona masuk Indonesia, saya cuman mantengin portal berita yang terpercaya, dari website-website besar yang terkenal.
    Karena jika mereka yang nyebar hoax, cepat ketahuan :D

    Dan memang benar juga, peran blogger sangat bermanfaat di saat seperti ini.
    Memberikan informasi yang benar-benar valid dan menenangkan.

    Juga menulis hal-hal yang kita sukai dan bisa jadi hiburan bagi orang lain.

    Btw, aplikasi Halodoc ini jadi sering saya buka demi mendapatkan informasi yang akurat mengenai virus corona ini.
    Lebih baik membaca artikel di halodoc atau bertanya langsung di chat dokternya, ketimbang percaya hoax-hoax yang beredar di luar sana :)

    ReplyDelete
  34. Ada banyak yang bisa kita tulis di blog kita. mnuurtku ini jadi sumber motivasi buat berbagi melalui karya tulisan ya mba

    ReplyDelete
  35. Aku belum punya waktu luang banget nih mbak karena sambil WFH juga. Ada waktu pun aku keburu capek nggak sempat nulis. Masa sebulan cuma nulis sekali. Haha! semoga habis ini idenya langsung ngalir buat nulis blog lagi.

    ReplyDelete
  36. So, blogger punya peran penting ya Mbak. Jadi gregetan itu sama sesembak yg katanya influencer yg malah ngremehin si coronce. Malah jadi contoh yg buruk. Menginfluence untuk jorok.

    ReplyDelete
  37. Aku ngerasa kebantu banget nih sama Halodoc, karena anakku Taruli lagi ada masalah dengan masa haidnya yang kacau.
    Cari-cari informasi dan pertanyaan via aplikasinya, lumayan tercerahkan. Tinggal tunggu pandemi redaan, baru bawa ke rumah sakit.

    ReplyDelete
  38. Sebagai blogger curhat hehehe, aku berusaha menangkis info² hoax yang bertebaran di grup WhatsApp.. selain itu aku juga nggak sembarangan share info yg belum pasti ku tau kebenarannya

    ReplyDelete
  39. Aku juga hanya mau baca yang sumber terpercaya.. dan sekarang lagi mencoba beberesan lagiii. Udah musti siap - siap hehe, udah 2 tahun di tanah air. Pokoknya Stay at Home malah banyaak kerjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan banyak juga sumber atau referensi yang terpercaya yang bisa kita pakai. Aku suka liat juga Halodoc untuk cek berbagai info mba

      Delete
  40. saat di rumah aja aku juga makin sering ngeblog nih mbak.. Tapi lebih banyak tema seputar passion dan self improvement. Selain itu juga lebih update sosmed lainnya. Jadi selama WFH tetep bisa berkreativitas

    ReplyDelete
  41. Aku mestinya bisa berbagi info dan apa aja yang bisa dibagi selama itu bermanfaat dan dpt membantu para pembaca ya Mba. Semoga aku bisa

    ReplyDelete
  42. Setuju banget mbak, banyak tema yang dapat dijadikan sebagai tulisan baru atau judul baru. Btw aku juga pakai aplikasi Halo Doc untuk berbagai informasi khususnya terkait covid 19 ini mbak.

    ReplyDelete
  43. Sejak pandemi dan diberlakukannya jam kerja secara ON/OFF, WFH dan WFO bergantian, jadi lebih jenak kalau mau buat postingan blog. Tapi ya masih belum sesuai harapan, postingan yang ta buat masih dominan postingan partnership. Sebenarnya kangen ngeblog kayak dulu, nulis apa saja (yang penting gak melanggar HAM dan tidak mengandung SARA), hehehehe

    ReplyDelete
  44. Selama liburan atau masa pandemi di rumah aja ini aku juga sering berbagi melalui blog tentang kesehatan kak. Kemarin jg sempat nyoba rapid test di halodoc, karena udah langganan, biasa kalo sakit tinggal chat lewat aplikasi, dapat resep, obat meluncur via gojek. Setelah itu share pengalaman ke blog. 😊

    ReplyDelete
  45. Peran blogger sangat dibutuhkan saat pandemi ini ya mbak. Lewat tulisan di blog sang blogger bisa berbagi banyak hal. Selain membuat tenang pikiran penulisnya sendiri juga mampu memotivasi pembaca untuk tidak stress menghadapi situasi yang serba sulit saat ini. Semoga aku juga bisa berbagi pengalaman melalui blog.

    ReplyDelete
  46. Beneran nih pas wfh ini waktuku me time buat ngeblog makin leluasa. Jatahnya malem menulis paling nyaman, begitu pun konten2nya ya paling happening saat ini seperti poin2 di atas.

    Ngeshare konten2 yang pastinya bikin asik dan happy semuaa.

    ReplyDelete
  47. Iya betul. Aku juga udah ada rencana menulis berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar selama SFH.

    ReplyDelete
  48. Di masa pandemi gini memang harus mencari informasi yang bermanfaat, jauh dari hoax biar imunitas tubuh nggak turun ya mbak. Aplikasi halodoc emang sangat membantu, saya suka baca berbagai artikel kesehatan di sana.

    ReplyDelete
  49. Selama pandemi aku menghibur diri dengan ikut kelas2 online mbak, membuatku tetep stay connected dan membantu otak tetep fresh :D mudah2an kita bisa segera melalui pandemi ini dengan baik yaa aamiin

    ReplyDelete
  50. Salah satu tugas blogger memberikan informasi yang tepat ya ke pembaca apalagi ini terkait pandemi corona yang bikin panik masyarakat kalau tidak tahu bagaimana menanganinya

    ReplyDelete
  51. Samaan ya ama aku. Koleksi resep tapi paling buatnya hanya beberapa resep aja. Hahaha

    ReplyDelete
  52. Aku menulis apa aja yang selintas ada dikepala Mbaa. Kadang ga terencana kecuali skedul yang blogpost berbayar hahaa. Semoga saja bermanfata apa yang kita tulis yaaa

    ReplyDelete
  53. Banyak info covid 19 simpang siur dan goak yang bikin masyarakat bingung. Peran blogger sounding yang positif lewat tulisan ya

    ReplyDelete
  54. Yang penting blogger kudu andil dalam hal kebaikan dan tetep sharing hal hal positif. Kalo uulisan yang menghibur mungkin bisa menjadi pelipur lara dari kesdihan

    ReplyDelete
  55. wah bener ini, blogger bisa punya peran apapun ngadepin pandemi ini, asalkan tetep ngonten yg positif. Semangat!

    ReplyDelete
  56. Semoga bukan hanya masa pandemi yah mba,, setelah pandemi pun blogger sudah banyak memberikan sumbangsi banyak informasi..

    ReplyDelete
  57. Tiktokan bikin lbh santai drpd mikirin penyakit yg skrg makin ngeri datangnya ya. Untung aku udh rajin tiktok...hihi.
    Lumayan meringankan beban

    ReplyDelete