29 September 2020

Pentingnya Vaksin di Saat Pandemi

 
Ini kenapa sih pandemi Covid-19 tak juga segera pergi ya? Rasanya hati dan pikiran sudah terlalu lelah memikirkannya. Bahkan sudah banyak saudara dan teman yang terkena imbas dari kondisi ini. 

Lalu kita bisa apa dong kalau kayak gini?



Di berbagai artikel dan berita yang tayang di media mainstream maupun online, aneka tips untuk menyiasati kondisi selama pandemi ini sudah tersedia lengkap. Bagi yang mengalami kesulitan ekonomi gara-gara kehilangan pekerjaan, berbagai peluang lainnya juga diinformasikan.

Lantas apa kabarnya nih terkait dengan perawatan kesehatan bagi diri sendiri? Faktor kesehatan juga penting banget loh untuk menjaga stabilitas ekonomi. Udahlah keuangan lagi sulit, jika kita berada dalam kondisi kesehatan yang buruk, tentu akan makin berat tekanan hidup.

Berbagai tips hidup sehat pernah kutuliskan di dalam blog ini. Beberapa artikel membahas tentang pola hidup sehat yang harus dilakukan di saat pandemi ini, seperti : 
  1. Makan asupan yang bernutrisi, termasuk banyak makan sayur dan buah.
  2. Olah raga secara teratur
  3. Cukup istirahat dan tidur
  4. Jangan lupa bahagia

Namun bagi yang masih saja khawatir tentang gangguan kesehatan yang disebabkan oleh virus, tak ada salahnya ya jika kita juga mencari tahu tentang kemungkinan vaksinasi untuk membentengi diri. 



Vaksin di Saat Pandemi


Tentu kita sudah familier ya dengan istilah vaksin, yaitu bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit. Langkah pemberian vaksin dilakukan untuk mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi dari penyebab penyakit-penyakit tertentu. (id.wikipedia.org)

Selama ini kita tahunya yang divaksin tuh anak kecil saja. Yang vaksin DPT, BCG, Hepatitis, Polio dan lain sebagainya. Mungkin banyak yang kurang aware jika orang dewasa pun tidak ada salahnya membentengi diri terhadap serangan aneka virus dengan vaksinasi/imunisasi. 

Yang harus kita ingat, di masa pandemi ini prioritas kesehatan berada pada kondisi tubuh yang prima. Untuk mencapainya, kita harus memiliki tingkat imun yang bagus dalam tubuh. 

Salah satu upaya untuk mendapatkan daya tahan tubuh lebih kuat ya dengan melakukan vaksin di saat pandemi ini. Vaksin akan merangsang antibodi kita agar lebih tahan atau kuat terhadap paparan penyakit ke tubuh. Ini salah satu bentuk investasi kesehatan looohh.. Kan kita jadi enggak gampang sakit gituh. 

Vaksin pada orang dewasa efektif dilakukan saat seseorang mulai menginjak usia 19 tahun. Hingga seseorang berada di fase lanjut usia, vaksinasi bisa dikatakan penting untuk menambah imunitas tubuh pada serangan virus tertentu.

Emang apa aja sih vaksin yang bisa didapatkan orang dewasa di saat pandemi ini?


Mengutip dari pernyataan dr. Ida Melani Santoso, SpPD FINASIM, dokter spesialis penyakit dalam dari Siloam Hospital Lippo Cikarang di laman tribunnews.com, saat ini dari belasan vaksin untuk orang dewasa yang ada di Indonesia, ada tiga jenis vaksin yang penting.

Ketiga vaksin yang penting dan sesuai dengan anjuran WHO untuk diberikan selama masa pandei Covid-19 tersebut adalah:
  1. influenza
  2. pneumoni
  3. pertusis
Influenza adalah penyakit yang menyerang salura pernapasan. Penyakit ini disebabkan oleh virus, penularannya terjadi melalui cipratan cairan dari saluran pernapasan (droplet) saat penderita batuk, bersin, maupun saat berbicara. Influenza umumnya menimbulkan gejala seperti demam tinggi, nyeri, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk, atau pilek. 

Bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh rentan, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi pneumonia, gagal ginjal, hingga sampai pada kematian. Oleh karena itu banyak yang menyarankan pentingnya pemberian vaksin influenza di masa pandemi Covid-19. 

Melakukan vaksinasi influenza tidak serta merta bisa mencegah Covid-19, namun pemberian vaksin tersebut bermanfaat untuk melindungi diri dari penyakit yang menyerang saluran pernapasan. 

Selain concern dengan ketiga vaksin tadi, ikhtiar penyediaan vaksin Covid-19 juga terus dilakukan oleh berbagai negara, termasuk republik kita tercinta. Indonesia saat ini sedang mengembangkan vaksin Covid-19. Menurut laman covid19.go.id ada 2 opsi pengembangan vaksin tersebut.

Opsi pertama yaitu mengembangkan vaksin Merah Putih yang dikembangkan Kementerian Riset dan Teknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional serta Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Adapun opsi kedua dilakukan melalui kerja sama internasional. Kerja sama yang pertama yang sudah dalam pendampingan BPOM yakni PT Sinovac dengan PT Biofarma, lalu kerja sama kedua Sinopharm dengan Kimia Farma bersama Grup 42 dari Uni Emirat Arab. Juga ada kerja sama ketiga yaitu antara Genexine dengan PT Kalbe Farma.  

Berapa sih harga vaksin Covid 19 tersebut?

Sementara menunggu kesiapan vaksin Merah Putih dan yang lainnya itu, kita bisa memanfaatkan berbagai informasi seputar harga vaksin bagi orang dewasa yang bertujuan meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi ini. Teman-teman bisa buka web Halodoc dan mencari informasi harga berbagai vaksin, juga rumah sakit mana saja yang menyediakannya.

Mengapa harus mengakses Halodoc? 

Jika sebelumnya kita hanya tahu bahwa Halodoc bisa digunakan untuk memesan obat dan konsultasi dokter, maka saat ini aneka macam fitur baru telah disediakan oleh Halodoc. Salah satunya terkait dengan pencarian informasi tentang vaksin bagi orang dewasa. 

Sudah pernah membuka web Halodoc? Bisa banget ya mulai saat ini teman-teman memaksimalkan informasi kesehatan yang disajikan di laman tersebut. Tanpa harus pergi kesana kemari untuk mencari informasi ketersediaan vaksin, kita bisa dengan mudah menemukan informasi bermanfaat di Halodoc.


Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan selalu dalam menghadapi masa-masa sulit pandemi ini ya. Keep healthy, stay happy.... 



Sumber referensi :
  • https://www.tribunnews.com/corona/2020/06/19/pentingnya-imunisasi-orang-dewasa-untuk-meningkatkan-imun-tubuh-saat-pandemi-covid-19
  • https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4305869/ketahui-pentingnya-vaksinasi-dewasa-di-masa-pandemi
  • https://covid19.go.id/p/berita/indonesia-miliki-dua-opsi-pengembangan-vaksin-covid-19

32 comments:

  1. Halo, Uniek. Mudah2an saja Covid 19 cepat hengkang dari bumi tercinta ini ya. Vaksin penangkal Covid 19 pun bisa segera direalisasikan ketersediaannya demi .embsgikan imuniti tubuh melawan vjfus mematikan ini. Aamiin.

    ReplyDelete
  2. Terbantu banget ngibstal aplikasi Halodoc, bisa baca berbagai informasi. Yang palingbaku suka dari aplikasi Halodoc adalah bisa cari info rumah sakit, dokter yang kita butuhkan

    ReplyDelete
  3. wah, semakin lengkap yang informasi tentang kesehatan di aplikasi halodoc, jadi ini vaksinya harus ke RS ya mbak? bisa petugas dari ke rumah ngga ya, home service gitu deh mbak.. sip sip aku ceki ceki halodoc ya

    ReplyDelete
  4. Selain asupan makanan yang bergizi, suplemen maka vaksin juga penting ya di saat pandemi, Mbak Uniek. SAya sudah divaksin flu bulan Juli kemarin.

    ReplyDelete
  5. Orang dewasa juga bisa vaksin ya, Mba. Biasanya anak kecil yang suka dapat vaksin. Pencerahan banget ini apalagi bisa cek di halodoc untuk vaksinnya.

    ReplyDelete
  6. informasi dan referensi di Halodoc ini lengkap ya mba, harus diinstal nih supaya nggak bingung kalau butuh infor tentang dunia medis.

    ReplyDelete
  7. Wah, kemarin2 aku juga cari info2 vaksin di Hallo DOc. Btw lihat di berita2, vaksin corona bakalan direalisasikan ke guru2 dulu ya? Mestinya wakil wakyar duluan yang dicoba. Btw kalau aku pernah divaksin influenza tahun lalu di RS. Fatmawati sebelum umroh.

    ReplyDelete
  8. Andalanku banget tuh Halodoc untuk segala masalah seputar kesehatan, termasuk informasi pengobatan dan sebagainya.

    Apalagi di masa pandemi sekarang, vaksin sebagai benteng tubuh juga penting.

    ReplyDelete
  9. Aku masih vaksin-in anak-anak Mba, bulan Agustus kemarin si kaka vaksin campak, ngambil tempat yang ga banyak orang. Suka was-was sekarang nih, orang sudah pada sabodoh sama pandemi, etapi bawa anak ke keramaian, anak juga (lupa) ga divaksin. Ah, semoga kita bisa melewati pandemi dengan kondisi sehat walafiat

    ReplyDelete
  10. Salah satu fitur di Halodoc yang saya sukai adalah informasi tentang vaksin ini. Soalnya otakku tuh sering terinfeksi beruta hoaks, untung ada halodoc yang kasi penjelasan. Terima kasih halodoc

    ReplyDelete
  11. Ahh iya, vasksin itu penting ya...
    Mantap ya halodoc makin lengkap sekaramg

    ReplyDelete
  12. halodoc ini update banget ya seputar vaksin dan info-info covid hehe. selama pandemi aku juga pake halodoc untuk konsul2 karena masih takut mau ke rs langsung. kalo sm dokternya disuruh ke RS baru deh aku ke RS

    ReplyDelete
  13. Halodoc sekarang solusi ya karena kita gak mesti harus ke rumah sakit menemui dokter, semoga segera ditemukan obat dari Pandemi Covid-19 ini

    ReplyDelete
  14. iya nih selama pandemi rada parno kalo udah sakit. Untungnya ada Halodoc yang membantu nemuin info mengenai kesehatan, salah satunya vaksin ini ya mba. Semoga pandemi segera bisa dikendalikan, esok kita bisa kumpul tanpa ada saling curiga saling menularkan

    ReplyDelete
  15. bener banget mba...kita sudah terbiasa sejak di YC dapat vaksin flu menjelang winter supaya lebih kuat

    ReplyDelete
  16. Vaksin penting banget, pokoknya gmn caranya supaya tubuh kita imunitasnya meningkat gtu.
    Tentu saja didukung sama pola hidup yang sehat terutama dari asupan makanannya gtu deh

    ReplyDelete
  17. Aplikasi Halo Doc cukup lengkap untuk kebutuhan kesehatan keluarga, dua minggu yang lalu aku transaksi swab test adik di aplikasi Halo doc ini, mudah dan cepat sekali

    ReplyDelete
  18. Mba Uniek aku sepakat buat vaksin. Dan aku pribadi juga udah vaksin bbrapa untuk tubuh. Termasuk vaksin HPV. Sehat sehat kita ya mbaa

    ReplyDelete
  19. Perlu banget ini ya vaksin, info lengkap nih di halodoc aku pun sering konsul kesehatan di sana, banyak info kesehatan.

    ReplyDelete
  20. Ternyat apenting juga ya dewasa melakukan vaksn, yang paling sering aku dengar sih vaksin influenza katanay tiap tahun harusdiebrikan apalagi pada orang tua

    ReplyDelete
  21. Udah pasti andalan banget instal apps Halodoc.
    Dapar berbagai informasi dari ahlinya plus dapat menentukan rumah sakit terdekat untuk melayani segala kebutuhan user.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Portusis itu apakah kak Uniek?
      Sekarang harus merubah gaya hidup menjadi lebih sehat plus penambahan vaksin agar tubuh lebih kuat dan tidak rentan terhadap penyakit.

      Delete
  22. Halodoc tiu fiturnya lengkap banget ya dan bisa diandalkan untuk nyari informasi kesehatan.

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah sekarang untuk mendapatkan vaksin itu mudah ya, apalagi sekarang sudah ada halodoc untuk akses informasi vaksin, jadi lebih simpel deh

    ReplyDelete
  24. semoga segera berlalu ya mba, kabarnya vaksin covid19 ini akan diutamakan untuk tenaga kesehatan dulu ya mba sebelum diberikan juga untuk masyarakat.

    ReplyDelete
  25. Belum pernah vaksin 3 itu πŸ™ˆ di Bali tuh pernah ada khusus dari pemerintah, tapi lupa2 ingat itu influenza atau vaksin lain. Waktu itu juga pas baru pindah jadi belum bisa ikut.

    Memang penting banget menjaga imunitas tubuh di masa pandemi, juga cari info seputar kesehatan dari situs terpercaya seperti Halodoc πŸ‘

    ReplyDelete
  26. Mbak Uniek, temenku pernah vaksin influenza juga. Kata dia emang badannya jadi lebih enakan dan gak gampang sakit loh. Aku kan juga jadi tergoda

    ReplyDelete
  27. Kemarin baru aja cari info obat di Halodoc. Informatif banget webnya.

    ReplyDelete
  28. Aku udh bbrp kali beli obat di Halodoc. Apalagi dia link ke Gojek jd bisa skaligus. Enak deh

    ReplyDelete
  29. Sepakat Mbak, di masa pandemi ini kita harus memiliki tingkat imun yang bagus dalam tubuh. Semoga pandemi bisa segera berlalu ya, Aamiin.

    ReplyDelete
  30. Berharap banget vaksin covid bisa segera dilaksanakan ya mbak, semoga kondisi ini bisa segera berlalu huhu

    ReplyDelete
  31. Aku pernah pakai halodoc untuk beli obat hehehe.Bisa juga ya untuk vaksin mbak? Mudah2an cepet ditemukan juga ya vaksin covid 19. Udah ga sabar pengen bebas keluar rumah lagi.

    ReplyDelete