15 December 2019

Hanya Ada Dua Pilihan : ROG Phone atau Lainnya


There are only two kinds of gaming phones : 
ROG Phones and others ~ Jimmy Lin




Luar biasa. Hanya itu yang bisa kuucapkan ketika Jimmy Lin selaku ASUS Regional Director South East Asia menyatakan bahwa hanya ada 2 jenis hape gaming : ROG Phone atau lainnya. Mantabz....

Menjadi pengguna setia smartphone dan laptop ASUS benar-benar menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan untukku. Brand kesayanganku ini tak pernah berhenti berinovasi, menyediakan aneka piranti yang dibutuhkan oleh penggunanya dari berbagai segmen.

Lajunya perkembangan teknologi tak bisa terbendung. Kian banyak kaum milenial yang membutuhkan perangkat teknologi andal untuk menyelesaikan berbagai tuntutan kerja. Di sisi lain, para pengguna teknologi yang berasal dari Generasi X seperti aku juga tetap membutuhkan kepiawaian perangkat sesuai loncatan jaman yang berlaku.

Kebutuhan masing-masing generasi ini amat dipahami oleh ASUS sebagai pemimpin industri teknologi melalui desain serta inovasi canggih yang menghasilkan perangkat cerdas terbaik yang dapat dinikmati oleh semua penggunanya.

Bu, kapan aku bisa main Free Fire dan Mobile Legend pake ROG Phone?

Pertanyaan ini serasa menusuk-nusuk kalbuku. Bocah kecilku yang baru kelas 4 SD aja udah tau ya ROG Phone, meskipun ibunya selalu sembunyi-sembunyi saat kepoin hape gaming yang satu ini.

Bocah sekarang loh udah cerdas banget, meskipun tidak mendapatkan cerita langsung dari orangtuanya, dia bisa browsing sendiri. Apalagi tontonan youtube-nya juga mendukung banget. Si bocah sampai tau segala macam game yang ibunya aja enggak ngerti. πŸ˜€




Kalau hapenya lemot gini kapan aku bisa kayak Lemon, Buuuu...

Haduh... niy anak ya, sudah punya aja tim idola. Iya, anak lanang mengidolakan Lemon dari tim RRQ. Tim e-sport yang punya kepanjangan nama Rex Regum Qeon yang dalam Bahasa Latin berarti King of Kings ini memang sudah tenar di kalangan para penggemar mobile game.

RRQ tidak hanya merajai berbagai jenis permainan yang berbasis komputer atau PC, RRQ juga ngetop banget di ranah mobile esport. Jadi nggak heran deh kalau anakku yang masih SD aja tau seputar tim yang satu ini.

Kadang-kadang aku pilih Hayabusa, Bu. Tapi kalau pas pengin pake tombak ya aku pilih Moskov. Keren nih bu Hero-nya.

Lalu ibunya melongo, niy bocah ngomongin apa sih. Ada Hayabusa yang skill 1-nya pake shuriken, ntar skill 2-nya pake teleport 4 arah, dan untuk skill 3 si Hayabusa ntar pake pedang.

DOUBLE KILL.

TRIPLE KILL.

MAN....  Iiihh keseell... niy hapenya kenapa nge-lag mulu sih Buuu...


Ya, gitu deh setiap kali weekend dan si bocah dapet jatah boleh pinjem hape. Ketika ibunya hobi double plate alias makan 2 piring, anaknya malah demen double kill. πŸ˜„

Bolak-balik teriak jengkel setiap kali mau nambah keberhasilan dari double kill, triple kill, maniac ke savage, eeehh hapenya malah nge-lag.

Bu, kapan aku bisa main Mobile Legend pake ROG Phone?

Kembali pertanyaan ini terucap. LAGI. DAN LAGIIII...



Smartphone Gaming Paling Powerful


Seperti tau derita batin seorang ibu yang terus 'dirongrong' anaknya untuk mendapatkan smartphone gaming tergahar di kelasnya, pada tanggal 5 Desember 2019 ASUS  menghadirkan ROG Phone II di Indonesia.


ROG Phone 2
ROG Phone II, pic source : Askar

Melalui helatan akbar bertajuk We Own The Game, ASUS resmi memperkenalkan ROG Phone II, smartphone gaming paling canggih dan powerful di dunia. Acara ini juga sekaligus sebagai penanda ROG Phone II Grand Launching.

ROG Phone II merupakan smartphone gaming-centric dengan performa paling powerful dan fitur gaming tidak tertandingi. Sejak pertama kali hadir, ROG merupakan brand gaming yang konsisten mengedepankan performa serta pengalaman gaming terbaik. Hingga saat ini, tidak ada smartphone gaming yang bisa menandingi ROG Phone II.


ASUS tau banget bahwa untuk memberikan layanan maksimal kepada anak muda dan siapa saja pencinta games, maka butuh smartphone gaming yang sangat powerful. ROG Phone II merupakan smartphone gaming pertama di dunia yang mengusung Qualcomm® Snapdragon™ 855 Plus Mobile Platform dengan CPU clockspeed hingga 2,96GHz.

Letak keistimewaan dari ROG Phone II yang lain, dia hadir dengan mengusung fitur layar AMOLED yang tidak dimiliki oleh smartphone lain di kelasnya. ROG Phone II menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan response time 1ms.

Ditegaskan oleh Jimmy Lin selaku Regional Director ASUS Southeast Asia bahwa fitur tersebut tidak pernah diusung oleh produsen smartphone lainnya karena fokus utama mereka memang bukan pada segmen gaming. Untuk gamers, layar dengan refresh rate tinggi dan memiliki respons cepat sangat penting keberadaannya.

Pengaruh Refresh Rate Tinggi dalam Game


Bagi teman-teman yang belum tau, refresh rate merupakan istilah yang sering muncul ketika membahas sebuah layar digital. Refresh rate merupakan kemampuan layar untuk melakukan refresh dan menampilkan frame dalam satu detik yang ditampilkan dalam bentuk frekuensi dengan satuan Hertz (Hz).

Refresh rate erat kaitannya dengan berapa banyak frame yang bisa ditampilkan layar dalam satu detiknya. Sebagai contoh, jika sebuah layar memiliki refresh rate 60Hz, maka layar tersebut hanya bisa menampilkan 60 frame per detiknya (60fps).

Semakin tinggi refresh rate maka jumlah frame yang dapat ditampilkan semakin banyak, dan semakin banyak frame yang ditampilkan maka tampilan visual dan animasi akan terlihat semakin halus. Para gamers membutuhkan frame rate yang tinggi saat bermain game karena hal tersebut sangat berpengaruh pada setiap aksi yang dilakukannya.

Nah, pengalaman bermain game yang bikin sebel sudah dialami oleh anakku. Gara-gara hape yang digunakan memang bukan untuk nge-game, maka frame rate yang dihasilkan teramat rendah. Maka  akibat yang timbul tak hanya tampilan animasi yang terlihat seperti patah-patah, gamer yang sedang konsentrasi menghadapi lawan pun akan sangat terganggu.




Bu, kapan aku bisa main Mobile Legend pake ROG Phone?

Itu lagiii... teriakan ituuuu lagi. *ibu mulai stres


Di dunia PC, sebagian besar gamers eSport sudah terbiasa dengan standar refresh rate 144 dan 240Hz. Sementara di lini mobile gaming, ROG Phone II ingin menaikkan standar gaming melalui layar 120Hz yang mampu menampilkan framerate hingga 120fps.


Pentingnya Response Time Bagi Gamers


Siapa bilang kemampuan gamer adalah satu-satunya faktor penentu kemenangan di dalam pertandingan?

Faktor teknis seperti response time pada layar perangkat juga memiliki peran penting. Response time adalah waktu yang diperlukan layar untuk menampilkan perintah atau masukan (input) gamer menjadi animasi di dalam game.

Response time yang tinggi membuat input dari gamer terlambat untuk ditampilkan sehingga menimbulkan fenomena jeda input atau input lag. Setiap milidetik bagi gamer adalah pertaruhan hidup atau mati dan menang atau kalah, sehingga perangkat yang memiliki layar dengan response time lebih rendah tentu saja lebih diminati.

Selain memiliki response time yang sangat rendah dan refresh rate yang sangat tinggi, layar AMOLED yang digunakan di ROG Phone II juga mampu menyajikan konten HDR serta memiliki warna yang sangat akurat. Tidak tanggung-tanggung, layar di smartphone gaming ini bahkan memiliki tingkat reproduksi warna di color space DCIP-3 hingga 111,8% dengan Delta E < 1.





The Real Smartphone Gaming


Kemeriahan luar biasa terasa di Pullman Central Park Jakarta pada tanggal 5 Desember 2019 lalu ketika hadir tim esport dan Brand Ambassador ROG Phone II. Sudah tau siapa BA ROG kali ini?


ROG Phone II
Pevita Pearce, pic source : Katerina S

Aiihh... gemes sama si cantik rupawan satu ini. Iya sih, siapa yang enggak tau Pevita Pearce kan ya. Doi ini hobi banget main PlayerUnknown's Battlegrounds alias PUBG. Bahkan Pev udah beberapa kali 'Chicken Dinner' dalam permainan kegemarannya ini.


We own the game - ROG Phone II, courtesy : Caroline Adenan

Selain Pevita Pearce yang begitu menyemarakkan suasana launching ROG Phone II, hadir pula para tim esport dari RRQ, Aerowolf, juga Atta Halilintar.

Wiiyy jadi mupeng dong ya pengin punya ROG Phone II yang memiliki beragam keandalan. Tidak hanya unggul dari sisi layar, ROG Phone II sejak awal tampil sebagai smartphone yang dirancang khusus untuk gamer. 



Performa Wus Wus Wus...


Sebagai smartphone yang ditujukan khusus untuk para gamer, ROG Phone II hadir dengan performa paling kencang. ROG Phone II tak hanya unggul dari satu sisi performa saja, tetapi semuanya mulai dari performa CPU, performa grafis, hingga performa pendinginan. 

ROG Phone II ditenagai oleh Qualcomm® Snapdragon™ 855 Plus Mobile Platform yang dibekali Qualcomm® Kryo™ 485 CPU dengan clockspeed hingga 2,96GHz. Bersama dengan CPU powerful tersebut adalah chip grafis Adreno 640 yang bahkan memiliki performa 15% lebih kencang dari GPU yang ada di Qualcomm® Snapdragon™ 855. 

Tidak berhenti di situ, Qualcomm® Snapdragon™ 855 Plus juga telah terintegrasi penuh dengan Qualcomm® Snapdragon™ Elite Gaming dan membuat ROG Phone II tidak hanya tampil sebagai smartphone paling bertenaga yang pernah ada, tetapi juga telah dioptimalisasi khusus untuk bermain game.
ROG Phone 2 dan paket aksesorisnya

Untuk memastikan hadirnya performa maksimal sepanjang waktu, ROG Phone II menggunakan sistem pendingin khusus yaitu GameCool II yang memanfaatkan 3D vapor chamber yang memungkinkan panas dapat dihantarkan dan dibuang dengan sangat baik. 

ASUS juga menghadirkan AeroActive Cooler II yang dapat membantu sistem pendingin di ROG Phone II menjadi lebih baik lagi. Hadir dengan desain baru dan kipas yang lebih senyap dari pendahulunya, AeroActive Cooler II juga dapat dikombinasikan dengan berbagai aksesoris ROG Phone II, seperti Aero Case dan ROG Kunai controller.

Semua yang ada di ROG Phone II merupakan yang terbaik, termasuk penyimpanan dan konektivitas. ROG Phone II menggunakan penyimpanan UFS 3.0 berkapasitas hingga 512GB, sehingga memastikan waktu loading di dalam game dapat berjalan sangat cepat. 

Sementara dari sisi koneksi, ROG Phone II tidak hanya mendukung konektivitas 4G LTE Cat 18 dengan kecepatan download hingga 1,2Gbps, smartphone gaming ini juga dilengkapi dengan WiFi 802.11ad yang menggunakan koneksi 60GHz serta memiliki kecepatan transfer data hingga 4,6Gbps. Gamer tidak akan menemukan smartphone dengan performa yang lebih baik dari ROG Phone II.



Layar Kelas Profesional 


ROG Phone II bukan hanya sekadar menghadirkan performa terbaik, tetapi juga menyajikan tampilan visual yang belum pernah ada sebelumnya dalam sebuah smartphone. Untuk menyajikan pengalaman gaming terbaik, ROG Phone II dilengkapi dengan layar AMOLED dengan refresh rate kencang 120Hz dan response time 1ms, mengalahkan seluruh smartphone yang ada saat ini. 

Tidak hanya dapat menampilkan kualitas visual terbaik berkat warna yang sangat akurat dengan tingkat Delta E<1, ROG Phone II juga mampu menghadirkan pengalaman gaming dengan framerate terbaik serta tampilan jelas tanpa blur.
Layar berukuran 6,59 inci tersebut telah dioptimalkan agar nyaman digunakan saat bermain game dengan posisi landscape. Menggunakan ROG Phaone II, gamer akan tetap dapat melihat tampilan game dengan sangat jelas dan tidak terhalangi oleh jari. 

Layar premium di ROG Phone II tentu saja membutuhkan perlindungan terbaik. Untuk itulah ROG Phone II menggunakan kaca pelindung Corning® Gorilla® Glass 6 yang sangat kuat. Berkat perlindungan tersebut, ROG Phone II tampil sebagai salah satu smartphone flagship paling tangguh.



Stamina Masih Teratas di Kelasnya


Semua gamer ingin bermain lebih lama, namun kebanyakan smartphone hanya memiliki kapasitas baterai kecil yang akan cepat habis jika digunakan untuk bermain game. ROG Phone II berbeda dengan smartphone lainnya. Berkat baterai berkapasitas 6.000mAh, gamer dapat bermain lebih lama tanpa harus mengisi ulang daya smartphone-nya.

ROG Phone II juga mendukung teknologi Qualcomm QuickCharge 4 dan hadir dengan adapter charger khusus berteknologi ROG HyperCharge. Adapter berdaya 30W tersebut mampu mengisi daya ROG Phone II sebesar 66% hanya dalam waktu 58 menit. ROG Phone II juga mendukung teknologi USB Type-C Power Delivery sehingga gamer dapat menggunakan adapter USB Type-C apapun untuk mengisi ulang daya smartphone gaming ini.



Fotografi Dual Kamera yang Epik


Sistem dual-kamera di ROG Phone II dilengkapi dengan Sensor Sony (R) IMX 586 andalan yang merupakan andalan fotografi seluler. Kamera utama 48MP memberikan resolusi yang belum ada tandingannya saat ini. Menampilkan teknologi Quad Bayer yang mutakhir untuk tingkat sensitivitas cahaya dan piksel yang besar. Kita pun bisa selalu mendapatkan foto terbaik, baik siang maupun malam.




Kamera sekunder 13MP ultrawide menempatkan lebih banyak pemandangan dalam bidikan. Yang tak bisa dilupakan, ada juga kamera depan 24MP yang kuat untuk selfie resolusi tinggi, pemotretan tim dan streaming langsung.



Sensasi Tak Terkalahkan Saat Nge-game


ROG Phone II merupakan smartphone gaming-centric yang sejak awal didesain untuk landscape gaming. Selain hadir dengan rancang bangun bodi yang ergonomis dan nyaman digenggam untuk bermain game secara landscape, ROG Phone II juga dilengkapi dengan segudang fitur gaming eksklusif. AirTrigger II merupakan salah satunya.




AirTrigger II merupakan fitur gaming yang kini tampil dengan sensor khusus sehingga memiliki latency lebih rendah dari pendahulunya, yaitu hanya 20ms. AirTrigger II menawarkan kontrol lebih dalam game dan menghadirkan pengalaman layaknya menggunakan tombol trigger di controller konsol. AirTrigger II juga didukung oleh teknologi Dual Surrounding Vibration yang menawarkan pengalaman penggunaan terbaik.


ROG Phone II masih tetap dilengkapi dengan 3.5mm headphone jack untuk gamer yang masih suka menggunakan headphone kabel. Sementara fitur side-mounting port memungkinkan game untuk mengisi ulang daya smartphone gaming ini tanpa mengganggu sesi bermain. Side-mounting port di ROG Phone II juga berperan sebagai fasilitas untuk menghubungkan berbagai aksesoris khusus. 

Pengin tau aksesoris khusus yang menyertai kenikmatan nge-game dengan ROG Phone II? Ini dia aksesoris tersebut:



Harga ROG Phone II dan Aksesoris Istimewanya


Hape gaming pasti mahal ya?

Perkara mahal memang akhirnya masuk ke ranah abu-abu. Untuk mendapatkan kemampuan smartphone level sultan, tentunya segala macam teknologi yang dibenamkan ke dalam smartphone tersebut juga enggak main-main.

Hal ini terbukti dengan tingginya animo pembeli yang memadati Pullman Central Park Jakarta jelang launching ROG Phone II ini. Malam hari sebelum tanggal 5 Desember 2019 itu, antrian telah tampak mengular. Mereka yang masuk kategori die harder ROG, rela nungguin hadirnya hape gaming kesayangan terbaru.

Bagi 100 orang pembeli pertama ROG Phone II versi RAM 8GB / penyimpanan 128GB ini bakalan mendapatkan free gift senilai 4 juta yang diwujudkan dalam bentuk ROG G-Shock, ROG Jacket dan ROG Cap.

Adapun untuk pembeli ke 101 hingga 200 mendapatkan gift berupa ROG Jacket, ROG 30W Adapter dan ROG Cap. Nah, untuk pembeli ke 201 hingga 300, giftnya berupa ROG Jacket dan ROG Cap.

Uwuwuuu... nggak main-main ih giftnya. Aku yang dari dulu pengin jaket ROG sampai envy berat dengan kegigihan para pengantri yang rela bermalam di ballroom Central Park ini. Kalian emang pantas mendapatkan ROG Phone II dengan segala kelebihannya itu, braaayy...


Harga ROG Phone II, pic source : Caroline Adenan



Hard Core ROG Fans Package, pic source : Katerina S

Dalam 1 paket lengkap untuk para penggemar ROG Phone, semua aksesoris pendukung masuk ke dalam koper khusus. Jika membeli secara terpisah, harganya Rp. 22. 891.000. Namun jika langsung membeli semuanya dalam 1 paket, maka harga menjadi Rp. 21.999,000. Terpaut lumayan jauh kaaaan...

Nah, untuk para game mania yang mendambakan smartphone gaming no kaleng-kaleng, boleh intip dulu deh spesifikasi di bawah ini. Kalau udah cocok dengan kebutuhanmu, tunggu apa lagi. Segera dapatkan ROG Phone II ini ya di berbagai counter offline maupun e-commerce.









24 comments:

  1. Aku malah ga tau hp game selain rog phone hehehe. Pevita emang jago banget ya ngegamenya

    ReplyDelete
  2. ROG cethaaarrr menggelegaaarrr
    Anakku juga bolak/i nanyain nih, kapan bisa punya ROG
    Apalagi pas iklan Pevita viral tuh Mak. Dia makin semangaatt nanya ROG

    ReplyDelete
  3. Hihihi, sama kaya anak saya... Enggak minta rog phone sih, cuma minta ganti hp aja soalnya udah lemot banget... Bisa aja pakai hp bekas saya, terus saya beli baru... Cuma masalahnya saya belum ikhlas ganti zenfone 3 sama hp lain, maunya sama rog phone 2 :D

    ReplyDelete
  4. Aku emang ketawa ketiwi ngerasain stress setiap baca : Bu, kapan aku bisa main Free Fire dan Mobile Legend pake ROG Phone?

    Mamamaaaaaaaa ngelag lagi ngelag lagiiii

    Turut merasakan deritamu jeng Unieeeek

    ReplyDelete
  5. Memang ngeselin sih kalau lagi main game trus ngelag. Anak saya juga suka protes kalau HPnya lemot. Bisa kepengen banget deh dia sama hp ini :D

    ReplyDelete
  6. Adikku tuh mba lagi nyari handphone ROG ini mba. DIa suka main games walaupun nggak terlallu addict. Gagah banget liat dari bentuknya juga :)

    ReplyDelete
  7. Untuk para gamers memang waktu dan kecepatan sangat penting ya. Kecewanya bisa luar biasa. Tapi harganya yang terendah di 8 juta lumayan juga ya hihihi

    ReplyDelete
  8. Kebayang ini kalau aku punya ROG Phone pasti bisa lupa diri, malem drakoran bisa ku ganti dengan main games. Seru sih kalau punya ini ya mbak.

    ReplyDelete
  9. Mantap jiwa banget ini ROG phone. Kualitasnya tak diragukan lagi. Pasti ligat dan cekatan dalam memproses setiap informasi yang masuk ke otaknya.

    ReplyDelete
  10. Ini yg dibilang hp sultan y mba keren bngt paling naksir sama Sistem dual-kamera di ROG Phone II Ada Sensor Sony andalan fotografi seluler itu gk mesti bawa Kamera lg

    ReplyDelete
  11. Keren ya spesifikasinya. Bisa memuaskan kebutuhan para mobile gamer. Asesorisnya juga mantab...

    ReplyDelete
  12. waa..ini, klo anakku tahu tentang ROG phone ribut juga paling. Sekarang sering ngomel2 gitu klo ngegame, karena hpnya ( nerk lain) sering trouble klo dipake nge game... hi..hi, masih RAM 1 punya dia

    ReplyDelete
  13. Wah gak nyangka Pevita suka main PUBG hehe. Itu aksesoris henponnya pernak perniknya banyak yaa. Kalau pecinta game pastinya kudu punya nih. Btw jelang tahun baru gini kira2 ada promo gak yaaa :D

    ReplyDelete
  14. Wah. Kualitas tingkat dewa ini mah. Aku skip deh ceritain ini ke suami. Entar dia mupeng n gak perhatiin keluarga lg. Haha

    ReplyDelete
  15. Wah wah baca specnya asus rog hp aja dah geleng2. Saya sambil baca menanti tulisan harganya berapa, pasti mahal deh. Dan bener kaan.. utk sebuah hp rog 8,5jt. Mayaaan..

    Buat desain2 foto bagus juga tuuh.

    ReplyDelete
  16. Betul juga ya, Mbak. Asus selalu berinovasi untuk memuaskan keinginan penggunannya. Buktinya sekarang menghadirkan produk baru untuk generasi milenial

    ReplyDelete
  17. Aku speechless banget baca speknya mba. Bagus banget! Asus ROG Phone II ini bener-bener manjain para gamers. Puas banget mainnya. Worth it banget kalau harganya mulai 8jtan gitu. Hihi.

    ReplyDelete
  18. Kayaknya hapeku kudu genti ini. Jangankan maen game buka browser saja ngelagnya lamaaaa😭 sampai ditinggal cuci tangan aja masih ngelag huhu

    ReplyDelete
  19. Giillss abiisss!!
    Aku liat reviewnya dari video yutubnya Atta Halilintar. Doi jadi duta ROG Phone juga...
    Ini mah...bener-bener PC dalam bentuk mini buat para gamers niih...

    ReplyDelete
  20. Kalo gadget udah nggak bisa diandelin, misal tampilan animasi yang terlihat seperti patah-patah udah pasti gamer bakal keganggu banget konsentrasinya. Cocok niiih buat beli ROG phone ajaaaa

    ReplyDelete
  21. Huaaaa makin oke aja ini ASUS. Gamers sejati ada bersorak2 bahagia nih.

    ReplyDelete
  22. Aku paham banget rengekan anaknya Mbak. Suamiku pernah banting HP ke kasur gara-gara lagi seru main game eh ngelag. Untung bantingnya di kasur hiks. Cuma ROG Phone yang paham ngegame itu harus lancar tanpa hambatan. Bukan sekedar ngelag juga kekuatan batrenya. Smartphone idaman suamiku banget nih mbak.

    ReplyDelete
  23. Aku bukan tipikal yg suka ngegame sih. Tp kalo baca artikel ini, aku jd pengen rekomendasiin hapenya ke sepupuku yg doran bgtmain game

    ReplyDelete
  24. Wkwkwkwkw seriiingg banget denger double kill, padahal ni bocah masih kelas 2 SD. Untungnyaa belum ngerti mengenai hp khusus gamers.

    ReplyDelete