14 December 2019

Mendulang Rejeki dari Internet


Kian hari, persaingan kerja makin terasa. Keraaddd bro, gitu sih kata generasi jaman now. 


mencari uang dari internet


Bisa dipahami sih, makin padat penduduk Indonesia, maka butuh langkah-langkah yang tepat untuk menyediakan lapangan kerja bagi kalangan produktifnya. 

Kalau jaman sekarang ya, kulihat makin banyak anak muda kreatif yang menunjukkan eksistensinya melalui karya-karya yang tadinya tak terpikirkan. Karya kreatif mereka tak sebatas di dunia offline saja. Ketika perkembangan jaman melaju dengan kekuatan teknologi yang tak terbendung, makin banyak peluang yang bisa ditangkap dari aktivitas daring. 

Semakin banyak penyedia jasa jaringan internet berlomba-lomba memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Kecenderungan orang untuk selalu online membuat lahan yang satu ini kian riuh.  
Jadi sudah tidak heran lagi jika ada orang yang bilang bisa menghasilkan uang dari internet. Melalui dunia maya, apa saja bisa dilakukan. Tak hanya untuk membaca berita, bermedia sosial ataupun nge-game ya. Banyak sekali peluang rejeki yang bisa didapatkan melalui internet. 

Yang perlu diingat, seperti usaha lainnya di bidang apa pun, hasil yang kita dapatkan melalui internet ini jelas butuh waktu untuk tumbuh. Kita harus bersedia mencurahkan waktu dan energi yang dibutuhkan untuk menggali ide bisnis yang tepat sasaran. Butuh ketekunan dan pengetahuan yang bisa kita gali dari hari ke hari untuk merawat ide bisnis online



Peluang Menghasilkan Uang dari Internet


Sebagian besar orang sudah masuk kategori melek internet. Dari berbagai lapisan masyarakat, kini dunia serasa dalam genggaman ketika jaringan internet telah tersambung. 

Berbagai peluang untuk menghasilkan uang dari internet pun telah dilakukan oleh banyak orang, di antaranya sebagai berikut: 


1. Kontributor & Penulis Freelance 


Saat browsing di berbagai kanal berita, kita sering menemukan nama-nama yang tercantum sebagai penulis artikelnya. Kian banyak orang yang memanfaatkan kebutuhan masyarakat akan berita dengan menjadi kontributor maupun penulis lepas di berbagai kanal berita. 


Menghasilkan Uang dari Internet


Website dengan tema tertentu dari suatu perusahaan pun gencar menerbitkan artikelnya. Ada yang berupa artikel kesehatan, kecantikan, hukum, traveling, bisnis, olahraga, dan masih banyak lainnya. Perusahaan-perusahaan tersebut tentu membutuhkan orang yang sanggup menghasilkan tulisan untuk dipublikasikan di website mereka.

Nah, peluang inilah yang bisa ditangkap untuk menghasilkan uang dari internet. Teman-teman yang sudah terbiasa menulis, ataupun yang ingin menajamkan kemampuan menulisnya, bisa banget nih memilih cara yang satu ini.



2. Menerima Sponsored Post di Blog 


Berbahagialah teman-teman yang telah terjun ke dunia blog. Saat ini, makin banyak perusahaan yang melirik bloger untuk dijadikan partner untuk memperkenalkan produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Memiliki blog dengan tampilan yang bagus dan enak dipandang mata menjadi salah satu aset. Buatlah setiap orang yang berkunjung ke blog terbantu dengan informasi yang ditulis meskipun artikelnya berupa sponsored post. Pastikan juga sudah memiliki domain sendiri dan hosting yang stabil.

Hosting yang oke tak selalu harus yang mahal lho. Salah satu penyedia hosting murah yang bisa kurekomendasikan adalah QWORDS. Teman-teman bisa mencoba memesan domain dan hosting di sana.



3. Berkarya melalui Youtube 


Ah, udah kalah saingan lah sama seleb Youtuber..

Mungkin pada awalnya ada yang sudah pesimis seperti itu ya. Apalagi makin ketat kebijakan Youtube ketika kita membahas seputar monetisasinya. Channel yang melibatkan anak pun telah dibatasi untuk iklan.

Tak selamanya pendapatan hanya melalui iklan di akun youtube saja. Konten dari video yang kita upload pun bisa menjadi nilai tersendiri. Ada orang yang dibayar untuk menghasilkan video secara teratur dengan menampilkan tema-tema tertentu.

Mirip lah ya dengan dunia bloger yang memiliki niche masing-masing. Berkarya melalui tampilan video di Youtube pun bisa diarahkan ke tema tertentu, sehingga ketika orang lain membutuhkan referensi, maka channel Youtube yang kita miliki akan ditonton oleh mereka.



4. Jualan Online 


Situasi dan tren jual beli saat ini sudah mulai berubah. Kian banyak orang yang lebih menggemari belanja online dibandingkan harus bersusah payah untuk pergi ke pasar ataupun toko. Barang yang hendak dibeli pun beragam. Tak hanya baju dan kosmetik saja lho yang bisa dijual secara online, kini belanjaan berupa sayuran segar pun dapat dipasarkan secara online.




Peluang inilah yang bisa digunakan untuk mendulang rejeki. Kemudahan bertransaksi dan berkirim barang melalui internet bisa membuka peluang bagi siapa saja untuk berdagang secara online.

Yang penting tetapkan saja market yang akan dibidik, lalu mulai mengumpulkan supplier yang terpercaya. Itu jika hendak berdagang dengan sistem kulakan. Bagi yang mengerjakan produk sendiri, tetap juga harus mencari partner supplier yang bisa menyediakan berbagai perlengkapan untuk mendukung ketersediaan bahan baku maupun aksesorisnya.



5. Membuka Kursus Online 


Aneka macam tutorial membuat kerajinan ataupun barang-barang kreasi lainnya memang telah banyak disediakan di internet. Namun jika kita cermat menangkap peluang, biasanya kita akan menemukan bahwa tutorial itu masih ada saja yang kurang.

Untuk melengkapi kekurangan itu, butuh pengetahuan dasar dan lika-liku teknik pembuatan yang lebih detail. Tutorial bisa dibuat dan dipublikasikan di internet, namun sebagai langkah lanjutan, kita bisa juga menawarkan kursus online untuk masuk ke level yang lebih tinggi.

Aneka macam kursus online bisa dilakukan berdasarkan kemampuan yang kita miliki. Tak terbatas hanya dalam membuat barang kerajinan saja, kursus kepenulisan pun bisa dilakukan secara online loh.



Masih banyak sebenarnya peluang lain yang bisa didapatkan melalui internet. Jika kita bersedia untuk mengamati trend yang sedang berjalan, selalu ada celah untuk menghasilkan uang dari internet.

Dari kelima peluang mendulang rejeki dari internet tadi, mana yang kira-kira sudah dilakukan? Atau mungkin teman-teman bisa memberikan tambahan informasi yang lainnya?

37 comments:

  1. dulu saya pernah jualan online mbak tapi karena nggak telaten jadi nggak jalan hahaha sekarag cukup mengisi waktu luang dengan menulis blog saja

    ReplyDelete
  2. Banyak caraaa ya mba Un untuk mendapat rezeki dari internet. Aku masih suka on et off nih mendulang berliannya

    ReplyDelete
  3. Jualan online nih asyik banget, apalagi sekarang ada internet yg bisa kita gunakan untuk memasarkan barang/produk kita. Makin mudah aja deh sekarang tuh cari duit ya mbak...

    ReplyDelete
  4. Aku sendiri sih mulai mencoba didunia blog ya hahaha dan engga nyangka banget kalo blog bisa seinfluence itu sampai akhirnya mengubah pandanganku juga hahaha

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah dari menulis blog aku bisa dpt sponsored blog , bner bgt selain tampilan yg menarik, isi yg berkualitas bisa bikin peluang sponsored mkin tinggi

    ReplyDelete
  6. Iya mba..semua bisa dilakukan viaonline dlm mencari rezeki. Zaman sdh beda soalnya ya.

    ReplyDelete
  7. Aku pribadi gak yang terlalu memikirkan kalau ngeblog dapat uang sih mbak . Tapi kalau memang dengan cara kita konsisten dengan niche yang kita punya . Lalu foto atau video kita niat . InsyaAllah semua rejeki mengikuti

    ReplyDelete
  8. Sudah beberapa taun ini mencari rezeki dari internet tapi masih sekadar penghasilan sampingan. Entahlah kalau hanya mengandalkan internet, apakah pengeluaran bulanan bisa tertutupi. Karena masih mengandalkan gaji kantor suami hehe

    ReplyDelete
  9. Sekrang apa-apa bisa walau di sosial media pun bisa dapat rejeki. Usaha dan belajar terus tentunya. Aku jg nggak pernah kepikiran bakal ada brand yg ngelirik blog aku. Alhamdulillah, rencana Allah lebih indah. Lewat hobi ini mengenal banyak temen-temen brand dan juga teman sehobi yg berasal dari berbagai kota di indonesia

    ReplyDelete
  10. banyak banget memang ya cara menghasilkan uang dari internet. main game juga bisa loh menghasilkan uang beneran haha.

    ReplyDelete
  11. Zaman sekarang ya, gak ada alasan untuk bilang nyari uang susah. Iya sih susah, tapi kalo usaha, apalagi dengan adanya internet, pasti bisa. Aku juga dulu gak kebayang bisa dapet uang. Gak bisa kerja kantoran karena banyak anak, terusnya gak bisa bisnis juga. Tapi dengan internet, dan hobi baca, yang akhirnya jadi bikin seneng nulis, nemu juga deh celah untuk dapet uang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang, dengan menjamurnya blog, banyak orang yang bisa berpenghasilan dari blog.

      Delete
  12. Banyak yang bisa dilakukan dengan internet ya, tentu saja sebaiknya utk hal positif dan syukur menghasilkan ya mbak kyk nulis, dll. Jd gak sia2 juga bayar kuotanya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal tau cara dan jalannya insyaAllah pekerjaan yang bisa dilakukan via online itu banyak ya mbak :D
      Aku sbnrnya pengen ngeOS lagi tapi khawatir gak responsif jawabin pesen kyk dulu. Skrngaanaknya lbh minta perhatian hehe #curcol

      Delete
  13. alhamdulillaah berkat online aku jadi kenal banyak orang, dan dapat banyaaaak job cantique menarique

    ReplyDelete
  14. Sekarang tuh...kemana-mana harus ada internet...aja yaa, kak.
    Makanya kalau pas perjalanan darat, sinyal kan kadang luplep, jadi pilih provider terbaiq, biar gak makin emozi ziwa. Hehhe~
    **segitu besar pengaruh internet cepat di Indonesia.

    ReplyDelete
  15. Aku pernah jualan online, tapi barang habis modal pun ludes. Hahaha. Emang ga bakat jualan. Akhirnya kubanting stir jadi blogger aja. Alhamdulillah, ternyata lebih nyaman nyari uang di internet lewat blog ini.

    ReplyDelete
  16. Anak2 muda jaman now makin kreatif banget ya Mba.
    Apalagi pake internet, segala macam profesi bisa dilakoni.
    Ada kerjaan baru yg muncul d era digital ini

    ReplyDelete
  17. nah yg yutuber nih aku kagum banget dg perjuangannya untuk bisa menghasilkan uang. bikin konten video itu susah banget lalu jaring subscribernya juga. salut dah!

    kalo yg lain udh kucoba kecuali bikin kursus online :)

    ReplyDelete
  18. Aku sangat menyadari kalo dunnia digital preuneur jaman now digandrungi banget, ga ada alasan lagi main internet cuma main2, ga kreatif banget ya.
    Kalo kitanya ulet, banyak peluang mencari pundi2 lewat internet.

    Alhamdulillah, masih digaji dari bekerja onlen ya.
    Ku masih mainan adsense hiiii..

    ReplyDelete
  19. Sekarang semua dipermudah ya mbk, salah satunya daoet uang dari internet. Caranya pun macam-macam, mulai dati nulis, bikin konten sampai jualan online. Kerja dirimah pun bisa, nggak perlu kwluar rumah

    ReplyDelete
  20. Nah betul, ada banyak cara ya mba sebetulnya untuk menghasilkan di internet. Aku lagi kepengen coba bikin konten di Youtube nih 😁

    ReplyDelete
  21. Dulu awal jadi ibu rumah tangga, pernah jualan online, tapi enggak bisaeun... Lebih enak nulis blog aja, hehehe...

    ReplyDelete
  22. Meskipun bukan pekerjaan utama, Alhamdulillah, bisa dapat penghasilan dari ngeblog. Dulu pernah nyambi jualan online, tapi saya gak bisa atur waktu antara jam kantor dan balas chat calon pembeli. Ya, daripada kurang maksimal, mending ya udahlah, berhenti jualan online.

    Dan sekarang saya pengen belajar bikin konten video, tapi masih malu-malu di depan kamera. Hahaha

    ReplyDelete
  23. Paling banyak orang memilih jualan online karena gak semua suka nulis kan. Harus pintar2 manfaatin peluang. Kan sayang cuma main2 di dunia maya, ngabisin kuota dan gak dapat apa-apa

    ReplyDelete
  24. Dan kita bukan hanya dpt rejeki uang tapi juga rejeki pertemanan :*

    ReplyDelete
  25. Betul..internet membuka peluang byk profesi yang dulu tidak terbayangkan ya...pendapatannya juga lumayan..hihi. .

    ReplyDelete
  26. Kita ini, yang udah berusia menuju 'tidak lagi tua', saingannya ya anak2 muda yang dr lahir udah melek teknologi. Kita harud belajar 2x lebih giat dr mereka. Itu menandakan, kalau peluang mereka sebenarnya lebih besar. Tinggal mau mengasah atau tidak

    ReplyDelete
  27. Bener bngt mba klo Kita melihat Sisi positive nya internet ini bnyak sekali bisa mnghasilkn,, dulupun sempet Buka ol shope jd dropshiper Juga lumayan bngt hasilnya

    ReplyDelete
  28. Dulu saya pernah jualan online, tapi karena barang dari supplier sering telat, akhirnya sering membatalkan pesanan dan akhirnya macet.

    Emang butuh kreatif dan usaha serta kerja keras juga ya, walau namanya "kerjaan online"

    ReplyDelete
  29. Kerja gak harus ngantor, dr rumah jg bs jd freelancer. Gajinya kalau rajin jg bs setara dg yg kerja kantoran kan ya

    ReplyDelete
  30. hampir semuanya si mak, tapi belum bisa fokus sama semuanya 🀣🀣. aku wes orangnya moodyan. sing penting hepi. etapi aku belom nyobain tuh yg poin terakhir "kurus onlen"

    ReplyDelete
  31. Setuju banget tuh mba, emang sebenernya banyak banget cara buat menghasilkan uang apalagi sekarang semua sudah lebih canggih. Dan hebatnya generasi zaman sekarang sudah bisa memanfaatkannya dengan baik

    ReplyDelete
  32. Banggalah kita bisamenikmati dan berkecimpung langsung di era ini, karena Internet adalah fasilitas terbaik yang positif dimaksimalkan

    Aku udah plan jualan juga ni, lagi mikir konsep dan maunya apa yang aku banget

    ReplyDelete
  33. Dari sekian peluang yg belum kukerjain yg Youtube. Akunya juga angot2an ngedit video hehee. Memang menyenangkan mencari peluang dan uang dari internet

    ReplyDelete
  34. bayaran dari internet pertama kali yang aku dapat itu tahun 2012 dari pasang iklan di blog. hehe. alhamdulillah makin ke sini makin banyak peluang rezeki dari internet

    ReplyDelete
  35. Blog bukan sekedar buat sponsor post aja, Mba. Tapi bisa buat adsense juga. Mendulang rejekinya jauh lebih banyak dr sponaor poat.

    ReplyDelete