26 December 2019

Cara Mengetahui Luas Permukaan Luka Bakar




Dalam melakukan pertolongan pertama pada luka bakar berdasarkan tingkatannya, luas permukaannya pun sangat berperan penting. Pedoman untuk dapat memperkirakan sebesar apa luas permukaan luka bakar dapat dilakukan dengan hukum sembilan (menurut ilmu kedokteran), yaitu membagi daerah tubuh dengan persentase sembilan per daerah tubuh yang terkena luka bakar.

Biasanya, masyarakat secara umum melakukan tindakan pengobatan, yaitu dengan cara mengoleskan salep untuk luka bakar yang dibelinya di apotik. Itu pun harus sesuai dengan anjuran dokter.

Untuk mengetahui, seperti apa hukum sembilan tersebut, yuk simak penjelasannya di bawah ini:

  • Kepala (9%): bagian depan = 4,5%, bagian belakang = 4,5% 
  • Tubuh (36%): dada, perut = 18%, punggung = 18% 
  • Lengan (18%): lengan atas depan-belakang (9%), lengan bawah depan-belakang (9%) 
  • Kaki (36%): tungkai atas depan-belakang (18%), tungkai bawah depan-belakang (18%) 
  • Alat kelamin (1%) 


Adapun cara lain menghitung luas permukaan kulit yang terbakar, yaitu dengan membandingkan luka dan telapak tangan pasien. Pada telapak tangan pasien dianggap memiliki luas luka bakar sebesar 1% dari luas permukaan tubuhnya.


luka bakar


Perhitungan tersebut diperkirakan dengan bersandar pada masing-masing tingkatan luka bakar itu sendiri. Adapun tingkatan luka bakar sendiri ditentukan berdasarkan 2 faktor utama, yaitu luas permukaan tubuh yang terbakar dan lokasinya.

Luka bakar ringan 

⮚ Luka bakar derajat 3 kurang dari 2% luas, keculi pada tangan, wajah, kaki, saluran napas, dan kemaluan.
⮚ Luka bakar derajat 2 kurang dari 15% luas
⮚ Luka bakar derajat 1 kurang dari 50% luas

Luka bakar sedang 

⮚ Luka bakar derajat 3 antara 2%-10% luas, kecuali wajah, kaki, tangan, dan saluran napas
⮚ Luka bakar derajat 2 15%-30% luas
⮚ Luka bakar derajat 1 lebih dari 50%

Luka bakar berat 

⮚ Semua luka bakar yang disertai cedera pada saluran napas, cedera jaringan lunak, dan cedera tulang.
⮚ Luka bakar derajat dua atau tiga pada wajah, tangan, kaki, kemaluan, atau saluran napas.
⮚ Luka bakar derajat dua di atas 10%
⮚ Luka bakar derajat dua lebih dari 30%
⮚ Luka bakar yang disertai cedera alat gerak
⮚ Luka bakar mengelilingi alat gerak

Apabila mengalami luka lama sembuh ataupun ingin luka bakar segera kering, sebaiknya kita konsultasikan secepatnya kepada dokter.

Semoga artikel ini cukup memberikan informasi seputar cara mengetahui luas permukaan luka bakar ya. Harapannya sih kita dihindarkan dari bahaya luka bakar. Namun apabila di sekeliling kita terjadi bencana seperti ini, kita bisa membantu dengan informasi yang kita miliki tentang luka bakar ini. 

39 comments:

  1. Terima kasih infonya ya. Luka bakar ternyata punya derajat dan penanganan berbeda ya

    ReplyDelete
  2. Pernah ikutan acara bloger bareng produk salep perawatan kulit luka bakar, dan ternyataaaa ngeri bgt ya macam2 luka bakar ituuu

    ReplyDelete
  3. Mbak, kesimpulannya, dengan mengetahui luas permukaan luka bakar, penanganannya bisa lebih tepat, ya, berarti?

    ReplyDelete
  4. Kalau gini jadi tau luka bakar yang aku alami dan langkah seperti apa yang harus di ambil. Makasih sharenya kaka

    ReplyDelete
  5. Saya pernah mengalami luka bakar, membaca artikel ini memberikan pengetahuan saya. Ternyata ada ukurannya ya luka bakar itu

    ReplyDelete
  6. bener banget sebaiknay menghindari luka bakar, tapi kalau udah mengerti perhitungannya buat jaga-jaga aja siapa tau ada yg butuh bantuan ya

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas informasinya mbak uniek. Aku baru tahu ada presentasenya untuk masalah luka bakar

    ReplyDelete
  8. Aku ada luka bakar di paha dari kecil , duly main api sama tali rapia gt di bakar akhirnya kena paha, bekasnya sampai sekarang. Dulu salah penanganan sih jadi pas luka gitu di olesin minyak sama sodara.

    ReplyDelete
  9. Wah bagus nih artikelnya apalagi kalo agak panjang lagi. Aku sering nyari informasi yg deep writing kayak gini. Bagus buat pengetahuan

    ReplyDelete
  10. Saya juga ada luka bakar ditangan dlu mbak. Emang harus telaten.. Dlu luoa sih pake salep apaa.. Emang butuh waktu juga biar ilang huhu

    Jadi tau masakah luka bakar berkat artikelnya mbak

    ReplyDelete
  11. Baru tau luka bakar ada luas permukaan & derajat derajatnya. Luka bakar berat atau ringan mudah mudahan kita bisa terhindar. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Memang harus paham ya mba biar kita bisa tau tingkat keseriusan luka bakarnya yaa

    ReplyDelete
  13. Wah, ternyata luka bakar juga ada ukuran dan tingkatannya yah jadi harus tepat penanganan pertamanya juga yah mbak, biar ti

    ReplyDelete
  14. Wah ternyata luka bakar ada ukuran dan tingkatannya yah mbak. Jadi penanganan pertamanya juga harus tepat agar tidak menimbulkan bekas.

    Tapi kalau sudah parah memang lebih baik segera ke dokter saja yah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ya Mbak. Dan ternyata dengan mengetahui luaannya maka penanganannya juga bisa lebih tepat, tidak ngasal.

      Delete
    2. Iyak betuuull ya Teh.
      Karena luka bakar bisa berimplikasi pd hal2 lain

      Delete
  15. aku baru tahu hal ini pas sodaraku ada yang kena luka bakar kesiram minyak bumi pas lagi kerja di lepas pantai... itu seluruh badannya dibungkus. Tapi alhamdulillah sembuh loh meski derajatnya parah banget waktu itu

    ReplyDelete
  16. ada hukum angka 9 ya rupanya, jadi kelipatan angka 9 ya persentasenya.

    Semoga ini cuma bakal jadi pengetahuan saja, nggak sampai harus diterapkan. Semoga kita semua terhindar dari segala hal yang berkaitan dengan luka bakar

    ReplyDelete
  17. Duh penanganan luka bakar memang harus hati-hati dan telaten ya karena jika sembarangan luka bisa berbekas dan nampak kurang bagus..

    ReplyDelete
  18. Mba Uniek orang kesehatankah? Soalnya sampai tahu detail tentang ngitung luas luka bakar. Hebat 😊. Soal luka bakar ini emang ngeri ya mba dan seringnya terjadi ama ibu-ibu kalau lagi masak ya.

    ReplyDelete
  19. Informasi yang sangat bermanfaat.. pengetahuan baru yang membantu mempercepat penanganan sesuai kondisi luasan luka bakar

    ReplyDelete
  20. Ohh ternyata gitu ya, dikit2 jadi tau. Pantesan kadang luka bakar itu pake perwakilan angka dalam bentuk persen ya. Rumit juga cara ngitungnya ya

    ReplyDelete
  21. Pembelajaran juga nih, saat nanti ada yang terkena luka bakar jadi tau penanganannya. Aku baru tau loh ini ada perhitungan luasnya juga.

    ReplyDelete
  22. Dulu anakku pas masih bayi pernah kena setrika panas. Diperiksa sama dokter dan dijelaskan tentang luka bakarnya berapa persen, bagaimana tingkatannya, dan juga bagaimana cara pengobatannya. Saya baru tahu pas dokter ini jelasin. Tambah jelas lagi pas baca di blog Mba Uniek.

    ReplyDelete
  23. wah baru tahu kategorisasi untuk luka bakar ringan hingga berat sangat bermanfaat mba jadi sekarang jelas dimaksud kategori berat tuh yang gimana

    ReplyDelete
  24. Yap beneer banget kalau ada luka bakar yang lama sembuh emang sebaiknya ke dokter. Soalnya biar penanganannya lebih cepat dan baiik

    ReplyDelete
  25. Betul cara tepat adalah mengoleskan salep khusus luka bakar atau langsung ke klinik terdekat biar dapet pengobatan yang cepat.

    ReplyDelete
  26. Baru tahu kalau ada hukum sembilan tentang luka bakar pada tubuh kita. Dan paling banyak memang di badan, ya. Kalau luka bakarnya lama sembuhnya, alangkah baiknya memang segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut dan jelas.

    ReplyDelete
  27. Baru tau ada daerah2 yang bisa terkena luka bakar. Saya mah taunya seluruh permukaan kulit. Ternyata ada hitungannya sendiri.

    ReplyDelete
  28. Kemarin waktu wajahku kena cipratan minyak panas, terasa perih banget. Bekasnya juga terasa perih, ternyata ada kategori tingkat luka bakar

    ReplyDelete
  29. Dulu sempet d rumah sakit lihat nih orng yg kena Luka bajar itu sampai dagingnya berasap padahal bagian tubuh yg lain udah ngga ternyata bisa meluas ngeri bngt

    ReplyDelete
  30. Waah baru tau ada cara mengetahui tingkat luas luka bakar. Ini pengaruhnya ke pengobatan yang diterapkan ya mbak? Ingat dulu sulungku pas balita tangannya kena solder Panas bapaknya gak sengaja

    ReplyDelete
  31. Wah, ternyata luka bakar punya perbedaan derajat n penangan nya juga ya. Kalau bekas lukanya juga beda sih ini. Pernah kena setrikaan beda durasi sembuhnya sama yg kena wajan.

    ReplyDelete
  32. Jadi tahu seputar luka bakar saya
    Dulu saat masih bekerja sebagao manajer McD, pernah ada kasus kebakaran di chicken fryer . Tuas gas dari semalam masih terbuka, opening crew waktu pagi tiba, tekan ON, langsung kesambar apinya. Kena luka bakar sedang dia. Padahal aku baru 3 langkah dari situ. Hiks kalau ingat, sampai sekarang aku jadi trauma pasang gas sendiri..:(

    ReplyDelete
  33. Luka bakar biasa aja bikin senut2 huhuhu
    Aku sedia bioplacenton sama mebo

    ReplyDelete
  34. Nah ini saya jadi faham bagaimana cara mengukur tingkat luka bakar. Biasanya sering bertanya-tanya kalau ada berita kebakaran dan korban kena luka bakar biasanya diaampaikan luka bakarnya sekian persen.

    ReplyDelete
  35. Pernah nonton berita orang yang menderita luka bakar hampir 90% badannya.
    Subhanallah~
    Merinding ngilunya...

    Semoga selalu dalam penjagaan Allah.

    ReplyDelete
  36. luka bakar ternyata ada ukurannya. saya pas liat berita ada yg tentang korban kebakaran bilang lukanya 30% langsung ngira yg kebakar lutut sampai mata kaki πŸ˜†salah kaprah

    ReplyDelete
  37. Ternyata gini ya cara ngitung luasnya luka bakar. Jadi paham sekarang. Kalau dulu ada berita kena luka bakar 20% atau 60% mikir sendiri itu gimana bisa tahu prosenannya. Ternyata begini to cara ngukurnya.

    ReplyDelete